• 10 Rekomendasi Peeler (Alat Pengupas Kulit Buah dan Sayur) Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 1
  • 10 Rekomendasi Peeler (Alat Pengupas Kulit Buah dan Sayur) Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 2
  • 10 Rekomendasi Peeler (Alat Pengupas Kulit Buah dan Sayur) Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 3
  • 10 Rekomendasi Peeler (Alat Pengupas Kulit Buah dan Sayur) Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 4
  • 10 Rekomendasi Peeler (Alat Pengupas Kulit Buah dan Sayur) Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 5

10 Rekomendasi Peeler (Alat Pengupas Kulit Buah dan Sayur) Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Pengupas kulit buah dan sayur dapat kita gunakan untuk menghemat waktu sewaktu melakukan kegiatan pengupasan, dibandingkan dengan menggunakan pisau dapur biasa. Dapat dikatakan, pengupas kulit buah dan sayur merupakan salah satu inovasi dalam kegiatan masak-memasak.

Pada artikel ini, kami akan memperkenalkan 10 buah pengupas kulit buah dan sayur yang kami rekomendasikan, serta cara memilih peeler yang baik. Mari simak produk-produk pilihan yang kami sajikan untuk Anda.
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 240 Views
Daftar isi

Cara memilih pengupas kulit buah dan sayur

Janganlah kaget apabila Anda datang ke bagian pengupas kulit buah dan sayur, dan Anda menemukan begitu banyak varian pengupas dengan berbagai bentuk, warna, serta kegunaan yang berbeda. Untuk mendapatkan pengupas kulit buah dan sayur yang tepat untuk Anda, maka perhatikanlah hal-hal berikut ini.

Pilihlah bahan yang tajam dan mudah dibersihkan

Pilihlah bahan yang tajam dan mudah dibersihkan
Hal terpenting dalam memilih pengupas kulit buah dan sayur adalah ketajamannya. Biasanya, pengupas terbuat dari bahan stainless steel dan keramik.
Untuk bahan stainless steel, Anda perlu mencuci dan mengeringkannya setelah digunakan untuk menghindari terjadinya karat. Sedangkan bahan keramik tidak mungkin terjadi karat, sehingga sangat direkomendasikan bagi Anda yang khawatir akan adanya bau besi dari stainless steel yang digunakan pada pengupas. Namun, bahan keramik memiliki kemungkinan untuk pecah apabila terjatuh atau terbentur dengan benda lainnya.

Pilih bentuk yang sesuai dengan kebutuhan Anda

Tahukah Anda, bahwa ada berbagai bentuk pengupas yang disesuaikan dengan bentuk buah atau sayur yang kita kupas tersebut? Mari kita lihat berbagai bentuk pengupas kulit buah dan sayur.

Pengupas untuk sayur yang lebar dan besar

Pengupas untuk sayur yang lebar dan besar
Pengupas berbentuk T ini adalah pengupas yang paling banyak beredar di pasaran. Pengupas ini cocok untuk mengupas bahan makanan yang berbentuk besar dan panjang, seperti lobak, wortel, atau labu siam. Karena bentuknya yang lebar, maka pegangannya pun berukuran lebar sehingga mantap untuk dipegang. Alat ini dapat digunakan oleh anak-anak, tentunya dengan pengawasan Anda.
Namun, ada kelemahan dari bentuk pengupas ini. Pengupas ini sulit untuk mengupas bahan makanan yang memiliki cekungan atau bagian tidak datar, seperti kentang yang memiliki tekstur tidak rata dan banyak bolongan-bolongan kecil pada permukaannya.

Pengupas bentuk I

Pengupas bentuk I
Pengupas berbentuk huruf I ini adalah jenis yang sangat populer di negara-negara Eropa dan Amerika Serikat. Pengupas ini dapat digunakan seperti pisau buah dan berfungsi untuk mengupas bahan makanan yang berbentuk bulat, seperti apel dan kentang. Pisau yang terdapat pada pengupas ini memiliki dua buah bilah pisau, sehingga dapat digunakan oleh tangan kanan atau tangan kiri Anda.
Kelemahan dari pengupas ini, panjangnya pisau yang ada pada pengupas lebih pendek daripada pengupas berbentuk T. Sehingga Anda akan kesulitan saat mengupas bahan makanan yang berbentuk lebih besar, seperti membuat irisan kol tipis. Pada saat penggunaan, sayur atau buah yang dikupas harus Anda pegang, tidak dapat diletakkan pada talenan. Anda harus lebih berhati-hati pada saat penggunaannya, karena kedua tangan harus terkordinasi dengan baik agar pengupasan berjalan dengan baik. Pengupas ini lebih berbahaya jika digunakan oleh anak-anak.

Pengupas bentuk lainnya

Pengupas bentuk lainnya
Seiring dengan berkembangnya peralatan masak, maka jenis pengupas kulit buah dan sayur pun mengalami inovasi. Saat ini banyak terdapat pengupas yang dikhususkan untuk mengupas buah atau sayuran tertentu, seperti pengupas khusus untuk mengupas apel, nanas, jagung, kentang, dan lain sebagainya.
Dengan varian yang sangat banyak ini, bayangkanlah bahan masakan yang sering Anda kupas pada dapur, sehingga Anda dapat menghindari pembelian alat pengupas yang hanya Anda pakai satu atau dua kali saja, karena Anda melihat desain pengupas yang begitu menarik. Hal ini merupakan pemborosan yang tidak diperlukan, bukan?

Pegangan pengupas yang nyaman akan membuat Anda aman

Pegangan pengupas yang nyaman akan membuat Anda aman
Untuk Anda yang memiliki anak-anak, tentunya cara penggunaan yang aman merupakan hal penting yang perlu Anda perhatikan. Pegangan pengupas yang nyaman tentunya tidak licin pada saat digunakan. Pengupas yang baik dapat digunakan dengan mudah, tanpa adanya tekanan berlebih dari tangan si pengguna.
Produk yang beredar saat ini banyak yang memiliki desain dengan pegangan yang nyaman. Pilihlah pengupas yang nyaman di genggaman Anda.

Jangan sampai ada yang menyangkut pada pengupas

Jangan sampai ada yang menyangkut pada pengupas
Ketika Anda melakukan pengupasan kulit buah atau sayur, terkadang kulit yang telah terkupas akan menyangkut pada bagian tengah pisau. Bagi Anda yang tidak terbiasa menggunakan pengupas, mungkin hal ini akan menyulitkan Anda, dan bisa jadi pengupas langsung Anda tinggalkan dan beralih ke pisau dapur biasa.
Sebenarnya, penggunaan alat pengupas ini dapat menghemat waktu Anda. Hanya saja Anda perlu membiasakan diri dalam menggunakannya. Apabila ada kulit buah atau sayur yang tersangkut, cukup lepaskan kulit tersebut dari pisau, dan Anda dapat menggunakan pengupas itu kembali.

Fitur tambahan pada pengupas kulit buah dan sayur

Fitur tambahan pada pengupas kulit buah dan sayur
Coba perhatikan pengupas kulit buah dan sayur Anda yang berbentuk T. Biasanya, terdapat sebuah tonjolan kecil pada sisi samping dari pisau pengupas. Tonjolan tersebut dapat Anda gunakan untuk membuang bolongan-bolongan kecil atau kecambah yang terdapat pada permukaan kentang, ubi, atau sayuran lainnya.
Untuk menghilangkan kecambah, penggunaan tonjolan ini akan lebih praktis dan cepat daripada penggunaan pisau dapur biasa. Cobalah Anda buktikan sendiri pada saat Anda mengupas kentang dan menghilangkan kecambahnya.

10 Rekomendasi pengupas kulit buah dan sayur terbaik

Berikut ini kami akan merekomendasikan 10 pengupas kulit buah dan sayur terbaik. Kiranya rekomendasi kami dapat membantu Anda untuk memilih pengupas yang sesuai dengan kebutuhan dapur Anda.

10. Pengupas Buah Apel

Rp57.000,00

9. Pengupas Kulit Jeruk

Rp1.900,00

8. BonBon Pengupas Kulit Buah dan Sayur Hello Kitty

Rp22.800,00

6. Pengupas Buah Nanas

Rp49.900,00

5. Pengupas Kulit Buah dan Sayur dengan 3 Pisau

Rp42.000,00

4. Pengupas Kulit Buah dan Sayur dengan Tempat Pembuangan

Rp25.000,00

3. Shogun Power Peeler

Rp199.000,00

2. Maxim Swivel Peeler

Rp45.000,00

1. Victorinox Swiss Army Peeler

Rp52.500,00

Tips menggunakan pengupas kulit buah dan sayur

Tips menggunakan pengupas kulit buah dan sayur
Ketika Anda baru saja menggunakan alat pengupas dan merasa kesulitan dalam memakainya, ingatlah tips berikut ini.
Pisau pengupas dibagi menjadi bagian atas dan bawah. Penggunaan yang tepat adalah mendorong pisau secara perlahan, sambil memberikan tekanan pada pisau bagian bawah. Dengan adanya tekanan pada pisau bagian bawah, maka pisau bagian atas akan bekerja untuk mengupas kulit buah dan sayur Anda. Lakukan hal ini berulang kali, dan dalam waktu yang singkat, proses pengupasan kulit buah dan sayur Anda sudah selesai.

Kesimpulan

Dengan penggunaan pengupas kulit buah dan sayuran ini, tentunya aktivitas menyiapkan bahan makanan menjadi lebih mudah dan cepat. Inovasi pengupas kulit ini tentunya akan semakin berkembang dan ragam yang ditawarkan semakin banyak di pasaran.
Sudahkah Anda memiliki dan menggunakan pengupas kulit buah dan sayuran? Tidak ada salahnya Anda mencobanya untuk menyiapkan masakan lezat hari ini.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Wajan Penggorengan Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Wajan Penggorengan Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Frying pan atau wajan penggorengan merupakan alat yang sangat penting dalam memasak. Saat ini telah tersedia beragam merek wajan yang terkenal, seperti Tefal, MAXIM, Oxone, dan lainnya. Jenis wajan pun beragam. Ada yang terbuat dari bahan besi, dilapisi keramik atau teflon, dan yang bisa digunakan untuk kompor induksi.Kali ini kami memberikan rekomendasi wajan penggorengan terbaik bagi Anda. Namun, terlebih dahulu kami akan menjelaskan tentang poin penting yang bisa Anda jadikan panduan dalam memilih wajan. Temukanlah wajan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Peralatan dapur
    1.983 Views
  • 10 Rekomendasi Kompor Gas Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Kompor Gas Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Berbicara mengenai kompor gas, Anda tentu memiliki kriteria pemilihan yang berbeda sesuai kebutuhan Anda sehari-hari. Kriteria tersebut antara lain tampilan kompor yang modis, panggangan tanpa air, dan kemudahan saat dibersihkan. Belakangan, produsen kompor gas juga semakin berlomba-lomba mengeluarkan produk dengan fitur yang semakin canggih.Pada artikel kali ini kami akan menjelaskan secara menyeluruh kriteria apa saja yang perlu diperhatikan dalam memilih kompor gas. Selain cara memilihnya, kami akan memilihkan sepuluh produk terbaik untuk Anda jadikan referensi. Beberapa merek terkenal seperti Modena, Hitachi, dan Rinnai siap untuk Anda pilih. Selamat menyimak!
    Peralatan dapur
    1.620 Views
  • 10 Rekomendasi Slow Juicer Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Slow Juicer Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Slow juicer merupakan peranti elektronik populer pada orang-orang yang menerapkan pola hidup sehat. Slow juicer digunakan untuk membuat jus tanpa campuran air sehingga kandungan gizinya lebih terjaga. Beberapa produsen terkenal seperti Sharp dan Toshiba juga mengeluarkan produk slow juicer. Namun, banyak yang tidak mengetahui produk mana yang sesuai dengan kebutuhan mereka.Kami akan merekomendasikan produk slow juicer yang bisa Anda pilih berdasarkan perbandingan harga, review pengguna, dan tentu saja kualitas. Fungsinya bisa jadi sama, akan tetapi Anda harus cermat yang mana saja produk yang populer dan mudah digunakan. Simak yuk!
    Peralatan dapur
    1.339 Views
  • 10 Rekomendasi Blender Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Blender Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Blender biasa digunakan untuk membuat jus dan menghaluskan makanan. Alat ini termasuk cukup sering digunakan di rumah. Model dan mereknya pun beragam, mulai dari Sharp, Philips, Oxone, dan merek lainnya. Anda mungkin bingung memilih produk yang paling sesuai dengan kebutuhan.Untuk itu, artikel ini akan membahas cara memilih blender dan rekomendasi produk terbaik yang telah kami pilih dengan saksama. Kami juga akan menjelaskan perbedaannya dengan juicer dan food processor. Langsung saja, ya!
    Peralatan dapur
    1.645 Views
  • 10 Rekomendasi Dispenser Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Dispenser Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Dispenser lumrah kita temui di rumah, kosan maupun perkantoran. Dispenser sangat memudahkan kita dalam menyediakan air minum untuk masak maupun konsumsi. Saat ini sudah tersedia berbagai macam merek dispenser , seperti Unilever, Maspion Uchida dan Polytron yang tidak kalah dengan dispenser merek luar negeri.Bagaimana cara memilih dispenser serta apa yang perlu diperhatikan saat memilih dispenser? Mari ikuti artikel menarik ini yang mengulas tentang cara memilih dispenser serta 10 rekomendasi dispenser terbaik. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi yang baik bagi Anda sekeluarga dalam memilih dispenser ya!
    Peralatan dapur
    1.667 Views
  • 10 Rekomendasi Microwave Oven Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Microwave Oven Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Microwave oven merupakan salah satu alat yang digunakan untuk membuat roti, kue, toast maupun kue kering. Berbeda dengan oven biasa, pemanasan makanan dengan microwave oven menggunakan gelombang mikro sehingga masakan matang lebih merata. Jika menggunakan oven biasa, masakan lebih matang di bagian pinggirnya.Beberapa merek microwave oven yang terkenal adalah Hitachi, Sharp dan Panasonic. Kali ini kami akan merekomendasikan beberapa microwave oven dari berbagai merek ternama untuk dibandingkan kualitasnya. Simak ulasan berikut ini dan jadikan pertimbangan Anda sebelum membeli microwave oven.
    Peralatan dapur
    1.129 Views
  • 10 Rekomendasi Napkin Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Napkin Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Napkin atau serbet cantik di atas piring ibarat bunga di meja makan. Napkin yang dilipat akan terlihat menarik di atas piring Anda, apalagi jika berwarna indah dan berbahan linen lembut. Untuk acara spesial, napkin kertas bermotif elegan juga mampu memperindah meja buffet.Manakah napkin yang bagus untuk Anda miliki? Kami memberikan rekomendasi sepuluh produk terbaik dari merek IKEA dan lainnya yang mudah dibeli di toko online. Yuk, buat meja dan peralatan makan Anda lebih modis dengan napkin cantik!
    Peralatan dapur
    232 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori