10 Rekomendasi Peeler (Alat Pengupas Kulit Buah dan Sayur) Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Peeler (Alat Pengupas Kulit Buah dan Sayur) Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Pengupas kulit buah dan sayur dapat kita gunakan untuk menghemat waktu sewaktu melakukan kegiatan pengupasan, dibandingkan dengan menggunakan pisau dapur biasa. Dapat dikatakan, pengupas kulit buah dan sayur merupakan salah satu inovasi dalam kegiatan masak-memasak.

Pada artikel ini, kami akan memperkenalkan 10 buah pengupas kulit buah dan sayur yang kami rekomendasikan, serta cara memilih peeler yang baik.  Mari simak produk-produk pilihan yang kami sajikan untuk Anda.

Daftar isi

Cara memilih pengupas kulit buah dan sayur

Janganlah kaget apabila Anda datang ke bagian pengupas kulit buah dan sayur, dan Anda menemukan begitu banyak varian pengupas dengan berbagai bentuk, warna, serta kegunaan yang berbeda. Untuk mendapatkan pengupas kulit buah dan sayur yang tepat untuk Anda, maka perhatikanlah hal-hal berikut ini.

Pilihlah bahan yang tajam dan mudah dibersihkan

Pilihlah bahan yang tajam dan mudah dibersihkan

Hal terpenting dalam memilih pengupas kulit buah dan sayur adalah ketajamannya. Biasanya, pengupas terbuat dari bahan stainless steel dan keramik.

Untuk bahan stainless steel, Anda perlu mencuci dan mengeringkannya setelah digunakan untuk menghindari terjadinya karat. Sedangkan bahan keramik tidak mungkin terjadi karat, sehingga sangat direkomendasikan bagi Anda yang khawatir akan adanya bau besi dari stainless steel yang digunakan pada pengupas. Namun, bahan keramik memiliki kemungkinan untuk pecah apabila terjatuh atau terbentur dengan benda lainnya.

Pilih bentuk yang sesuai dengan kebutuhan Anda

Tahukah Anda, bahwa ada berbagai bentuk pengupas yang disesuaikan dengan bentuk buah atau sayur yang kita kupas tersebut? Mari kita lihat berbagai bentuk pengupas kulit buah dan sayur.

Pengupas untuk sayur yang lebar dan besar

Pengupas bentuk T

Pengupas berbentuk T ini adalah pengupas yang paling banyak beredar di pasaran. Pengupas ini cocok untuk mengupas bahan makanan yang berbentuk besar dan panjang, seperti lobak, wortel, atau labu siam. Karena bentuknya yang lebar, maka pegangannya pun berukuran lebar sehingga mantap untuk dipegang. Alat ini dapat digunakan oleh anak-anak, tentunya dengan pengawasan Anda.

Namun, ada kelemahan dari bentuk pengupas ini. Pengupas ini sulit untuk mengupas bahan makanan yang memiliki cekungan atau bagian tidak datar, seperti kentang yang memiliki tekstur tidak rata dan banyak bolongan-bolongan kecil pada permukaannya.

Pengupas bentuk I

Pengupas bentuk I

Pengupas berbentuk huruf I ini adalah jenis yang sangat populer di negara-negara Eropa dan Amerika Serikat. Pengupas ini dapat digunakan seperti pisau buah dan berfungsi untuk mengupas bahan makanan yang berbentuk bulat, seperti apel dan kentang. Pisau yang terdapat pada pengupas ini memiliki dua buah bilah pisau, sehingga dapat digunakan oleh tangan kanan atau tangan kiri Anda.

Kelemahan dari pengupas ini, panjangnya pisau yang ada pada pengupas lebih pendek daripada pengupas berbentuk T. Sehingga Anda akan kesulitan saat mengupas bahan makanan yang berbentuk lebih besar, seperti membuat irisan kol tipis. Pada saat penggunaan, sayur atau buah yang dikupas harus Anda pegang, tidak dapat diletakkan pada talenan. Anda harus lebih berhati-hati pada saat penggunaannya, karena kedua tangan harus terkordinasi dengan baik agar pengupasan berjalan dengan baik. Pengupas ini lebih berbahaya jika digunakan oleh anak-anak.

Pengupas bentuk lainnya

Pengupas bentuk lainnya

Seiring dengan berkembangnya peralatan masak, maka jenis pengupas kulit buah dan sayur pun mengalami inovasi. Saat ini banyak terdapat pengupas yang dikhususkan untuk mengupas buah atau sayuran tertentu, seperti pengupas khusus untuk mengupas apel, nanas, jagung, kentang, dan lain sebagainya.

Dengan varian yang sangat banyak ini, bayangkanlah bahan masakan yang sering Anda kupas pada dapur, sehingga Anda dapat menghindari pembelian alat pengupas yang hanya Anda pakai satu atau dua kali saja, karena Anda melihat desain pengupas yang begitu menarik. Hal ini merupakan pemborosan yang tidak diperlukan, bukan?

Pegangan pengupas yang nyaman akan membuat Anda aman

Pegangan pengupas yang nyaman akan membuat Anda aman

Untuk Anda yang memiliki anak-anak, tentunya cara penggunaan yang aman merupakan hal penting yang perlu Anda perhatikan. Pegangan pengupas yang nyaman tentunya tidak licin pada saat digunakan. Pengupas yang baik dapat digunakan dengan mudah, tanpa adanya tekanan berlebih dari tangan si pengguna.

Produk yang beredar saat ini banyak yang memiliki desain dengan pegangan yang nyaman. Pilihlah pengupas yang nyaman di genggaman Anda.

Jangan sampai ada yang menyangkut pada pengupas

Jangan sampai ada yang menyangkut pada pengupas

Ketika Anda melakukan pengupasan kulit buah atau sayur, terkadang kulit yang telah terkupas akan menyangkut pada bagian tengah pisau. Bagi Anda yang tidak terbiasa menggunakan pengupas, mungkin hal ini akan menyulitkan Anda, dan bisa jadi pengupas langsung Anda tinggalkan dan beralih ke pisau dapur biasa.

Sebenarnya, penggunaan alat pengupas ini dapat menghemat waktu Anda. Hanya saja Anda perlu membiasakan diri dalam menggunakannya. Apabila ada kulit buah atau sayur yang tersangkut, cukup lepaskan kulit tersebut dari pisau, dan Anda dapat menggunakan pengupas itu kembali.

Fitur tambahan pada pengupas kulit buah dan sayur

Fitur tambahan pada pengupas kulit buah dan sayur

Coba perhatikan pengupas kulit buah dan sayur Anda yang berbentuk T. Biasanya, terdapat sebuah tonjolan kecil pada sisi samping dari pisau pengupas. Tonjolan tersebut dapat Anda gunakan untuk membuang bolongan-bolongan kecil atau kecambah yang terdapat pada permukaan kentang, ubi, atau sayuran lainnya.

Untuk menghilangkan kecambah, penggunaan tonjolan ini akan lebih praktis dan cepat daripada penggunaan pisau dapur biasa. Cobalah Anda buktikan sendiri pada saat Anda mengupas kentang dan menghilangkan kecambahnya.

10 Rekomendasi pengupas kulit buah dan sayur terbaik

Berikut ini kami akan merekomendasikan 10 pengupas kulit buah dan sayur terbaik. Kiranya rekomendasi kami dapat membantu Anda untuk memilih pengupas yang sesuai dengan kebutuhan dapur Anda.

10. Pengupas Buah Apel

10. Pengupas Buah Apel

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 57.000

Sangat mudah untuk mengupas buah Apel

Anda sangat menyukai buah apel tetapi merasa kerepotan dalam mengupasnya? Pengupas apel ini dirasa sangat cocok untuk Anda. Pengupas ini sangat mudah untuk digunakan, serta aman untuk Anda karena tidak perlu menggunakan pisau dapur biasa yang memiliki risiko untuk melukai tangan Anda.

Anda cukup menusukkan apel pada tempat yang disediakan, dan memutar tuasnya. Dalam waktu singkat, apel Anda sudah terkupas dan siap disantap. Keuntungan lain dari pembelian pengupas ini adalah adanya bonus tambahan berupa pemotong apel, yang tentu saja menambah kepraktisan dalam menyiapkan apel Anda.

9. Pengupas Kulit Jeruk

9. Pengupas Kulit Jeruk

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.900

Kuku bersih saat mengupas kulit jeruk

Pernahkah Anda merasa kuku Anda menjadi kotor dan terganggu pada saat mengupas kulit jeruk? Jika ya, maka pengupas kulit jeruk ini bisa menjadi solusinya. Alat ini sangat praktis untuk digunakan mengupas kulit jeruk kesuakaan Anda. Cara penggunaannya adalah dengan menusukkan alat ini ke dalam kulit jeruk, menariknya sehingga kulit jeruk tergurat, dan kupaslah jeruk Anda.

Pengupas praktis ini berukuran kecil sehingga sangat mudah untuk Anda simpan. Warna yang ditawarkan pun sangat beragam, ada hijau, oranye, dan biru. Dengan penggunaan pengupas ini, tentunya akan memudahkan Anda saat mengupas kulit jeruk.

8. BonBon Pengupas Kulit Buah dan Sayur Hello Kitty

8. BonBon Pengupas Kulit Buah dan Sayur Hello Kitty

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 22.800

Hello Kitty hadir di dapur, untuk membantu mengupas kulit buah dan sayur

Hello Kitty adalah sebuah karakter yang berasal dari Jepang, dan ketenarannya sudah sangat mendunia. Karena penggemarnya yang sangat banyak, maka barang-barang berkarakter Hello Kitty pun sangat banyak di pasaran. Pengupas Hello Kitty ini memiliki bentuk T yang nyaman digunakan untuk mengupas kentang, wortel, lobak, dan lain sebagainya. Lengkap juga dengan tonjolan untuk mengambil kecambah dan mengupas kulit pada lubang di kentang.

Bahan dasar pisau pengupas ini adalah stainless steel yang tajam, dan dilengkapi oleh gagang yang kuat. Desain dengan bentuk Hello Kitty ini sangat menarik untuk melengkapi koleksi dapur Anda. Dengan menggunakannya, kegiatan persiapan memasak Anda tentunya akan lebih menyenangkan.

7. IKEA Stam

7. IKEA Stam

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 19.900

Warna-warni dari Swedia, aman untuk mesin cuci piring

IKEA, toko peralatan rumah tangga asal Swedia, mengeluarkan pengupas kulit buah dan sayur dengan tipe Stam. Pengupas ini memiliki bentuk I. Bahan dasar dari pisau pengupas ini adalah stainless steel, dan pegangan dari pengupas berbahan dasar plastik. Pengupas ini cocok digunakan untuk mengupas kentang serta membuang kecambahnya dengan ujung pisau.

Pengupas ini memiliki panjang 19 cm, dan bentuk I yang tidak memakan tempat, untuk Anda simpan pada laci dapur Anda. Warna yang ditawarkan pun ada 3 pilihan, hijau, merah, dan biru. Warna-warni ini akan menambah kecantikan pada dapur Anda. Apalagi untuk Anda yang tak mau repot mencuci, masukkan saja ke mesin cuci piring Anda!

6. Pengupas Buah Nanas

6. Pengupas Buah Nanas

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 49.900

Tidak susah lagi mengupas buah nanas

Pengupas buah nanas merupakan solusi bagi Anda yang kesulitan untuk mengupas buah nanas dengan menggunakan pisau dapur biasa. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memotong kepala nanas, lalu letakkan pengupas nanas ini ke permukaan rata buah nanas yang telah Anda potong, Anda tekan dan putar alat ini. Setelah itu, Anda angkat pengupas dengan isi nanasnya. Nanas segar ini siap untuk Anda nikmati.

Bahan yang digunakan oleh pengupas ini terbuat dari stainless steel yang kuat dan kokoh. Keuntungan lain dari menggunakan alat ini adalah Anda mengupas nanas dengan tidak merusak kulitnya, sehingga kulit nanas dapat Anda gunakan untuk hal lainnya, seperti untuk mangkok salad, wadah nasi goreng nanas, ataupun sebagai dekorasi lainnya saat menghidangkan makanan.

5. Pengupas Kulit Buah dan Sayur dengan 3 Pisau

5. Pengupas Kulit Buah dan Sayur dengan 3 Pisau

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 42.000

3 Pisau dalam 1 pengupas, sesuaikan saja menurut kebutuhan Anda!

Pengupas berbentuk T ini memiliki 3 jenis pisau yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Pisau ini dapat diputar sebanyak 360 derajat, sehingga mudah untuk mengganti jenis pisau sesuai dengan yang diinginkan. Bahan pisau yang digunakan adalah stainless steel dengan kualitas yang tinggi.

Dengan adanya 3 jenis pisau yang berbentuk datar, bergerigi, dan bergelombang, maka pengupas ini cocok untuk Anda gunakan pada berbagai macam bahan masakan. Seperti untuk mengupas kentang, menyerut wortel, ataupun mengupas mentimun. Pengupas bentuk T ini tentunya memiliki pegangan berbahan dasar plastik yang nyaman untuk Anda pegang.

4. Pengupas Kulit Buah dan Sayur dengan Tempat Pembuangan

4. Pengupas Kulit Buah dan Sayur dengan Tempat Pembuangan

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 25.000

Mengupas buah dan sayur, dapur tetap bersih

Ketika menggunakan pisau dapur atau pengupas biasa, tentunya Anda harus lebih berhati-hati akan pisaunya dan kulit buah dan sayur Anda akan mengotori dapur Anda. Dengan pengupas ini, Anda dapat lebih tenang karena pisau berada di dalam kotak berbahan dasar plastik yang juga berfungsi untuk menampung kulit buah dan sayur yang telah Anda kupas.

Kebersihan dapur Anda akan terjamin dengan menggunakan pengupas ini. Alat ini juga mudah disimpan, karena ukurannya yang kecil, yaitu sebesar 6 cm x 12 cm saja. Pisau dari pengupas ini juga menggunakan bahan stainless steel yang berkualitas baik.

3. Shogun Power Peeler

3. Shogun Power Peeler

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 199.000

Pengupas serbaguna dengan 5 fungsi berbeda

Pengupas kulit buah dan sayur ini memiliki 5 fungsi yang akan memudahkan kerja Anda di dapur. Fungsi yang dapat digunakan dari alat ini adalah sebagai pengupas, pengiris, penyerut, penggerus, dan dapat mendekorasi masakan Anda. Pisau pada pengupas ini berbahan dasar stainless steel dari Jepang dengan 2 arah mata pisau yang berbeda. Pengupas ini dilengkapi dengan v-decorator yang berfungsi sebagai alat tambahan pada saat Anda mendekorasi bahan masakan Anda.

Fitur lainnya adalah adanya lubang gantungan, yang dapat memudahkan Anda pada menggantungkannya pada dinding dapur Anda. Tonjolan kecil pada bagian samping pisau yang berfungsi untuk mengangkat kecambah pun tidak dilupakan pada pengupas ini. Pengupas ini juga dilengkapi oleh plastik kecil yang berfungsi sebagai penutup pisau, sehingga keamanan Anda akan terlindungi pada saat alat pengupas ini tidak Anda pakai.

2. Maxim Swivel Peeler

2. Maxim Swivel Peeler

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 45.000

Pengupas dengan pegangan yang mantap

Maxim, salah satu produsen alat masak anti lengket yang sudah dikenal sejak 31 tahun yang lalu, mengeluarkan pengupas kulit buah dan sayur dengan bentuk I. Keunggulan pengupas Maxim ini adalah pegangannya yang terbuat dari bahan silikon sehingga sangat nyaman saat Anda pegang. Anda tidak akan khawatir si pengupas ini tergelincir pada saat Anda gunakan. Bahan dari pisau pengupas ini adalah stainless steel yang awet dan tahan lama.

Fitur lainnya adalah adanya tonjolan kecil yang berfungsi untuk mengupas kecambah pada buah atau sayur Anda. Desain dari pengupas ini juga memiliki desain yang modern dan inovatif. Cocok untuk melengkapi dapur Anda.

1. Victorinox Swiss Army Peeler

1. Victorinox Swiss Army Peeler

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 52.500

Pengupas dengan ketajaman pisau Victorinox

Victorinox adalah produsen pisau yang telah berdiri sejak tahun 1884, di negara Swiss, sangat dikenal oleh masyarakat akan pisau lipatnya. Sehingga pengupas kulit buah dan sayur Victorinox ini pasti mengutamakan keunggulan pada kualitas pisau yang dimilikinya. Bahan pengupas ini adalah stainless steel yang berkualitas tinggi.

Desain yang ditawarkan pun sedikit berbeda dari pengupas T yang banyak beredar di pasaran. Ada sedikit bengkokan pada bagian pegangan pisaunya, yang akan memberikan kenyamanan yang lebih pada Anda sewaktu menggunakannya. Warna yang ditawarkan pun terdiri dari 3 pilihan, hitam, putih, dan merah. Tajam, dengan desain menarik, pilihan tepat bagi dapur modern Anda.

Tips menggunakan pengupas kulit buah dan sayur

Tips menggunakan pengupas kulit buah dan sayur

Ketika Anda baru saja menggunakan alat pengupas dan merasa kesulitan dalam memakainya, ingatlah tips berikut ini.

Pisau pengupas dibagi menjadi bagian atas dan bawah. Penggunaan yang tepat adalah mendorong pisau secara perlahan, sambil memberikan tekanan pada pisau bagian bawah. Dengan adanya tekanan pada pisau bagian bawah, maka pisau bagian atas akan bekerja untuk mengupas kulit buah dan sayur Anda. Lakukan hal ini berulang kali, dan dalam waktu yang singkat, proses pengupasan kulit buah dan sayur Anda sudah selesai.

Kesimpulan

Dengan penggunaan pengupas kulit buah dan sayuran ini, tentunya aktivitas menyiapkan bahan makanan menjadi lebih mudah dan cepat. Inovasi pengupas kulit ini tentunya akan semakin berkembang dan ragam yang ditawarkan semakin banyak di pasaran.

Sudahkah Anda memiliki dan menggunakan pengupas kulit buah dan sayuran? Tidak ada salahnya Anda mencobanya untuk menyiapkan masakan lezat hari ini.