• 10 Rekomendasi Peeler (Alat Pengupas Kulit Buah dan Sayur) Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Peeler (Alat Pengupas Kulit Buah dan Sayur) Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Peeler (Alat Pengupas Kulit Buah dan Sayur) Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Peeler (Alat Pengupas Kulit Buah dan Sayur) Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Peeler (Alat Pengupas Kulit Buah dan Sayur) Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Peeler (Alat Pengupas Kulit Buah dan Sayur) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Peeler  atau alat pengupas kulit buah dan sayur dapat menghemat waktu mengupas dibanding memakai pisau dapur biasa. Bisa dikatakan, peeler ini merupakan salah satu inovasi dalam kegiatan masak-memasak. Namun, banyaknya produk dengan ukuran dan bentuk yang berbeda-beda mungkin akan membingungkan Anda saat memilih. 

Di artikel kali ini, kami akan menjelaskan poin-poin penting yang perlu Anda perhatikan saat memilih peeler. Tak lupa, kami pun akan memperkenalkan sepuluh rekomendasi peeler dari berbagai merek, seperti Victorinoux, IKEA, Maxim, dan sebagainya. Mari simak terus artikel ini!
  • Pembaharuan terakhir: 16 November 2020
  • 8.628 Views
Daftar isi

Cara memilih peeler (alat pengupas kulit buah dan sayur)

Di bawah ini, kami akan menjelaskan empat poin penting yang perlu Anda perhatikan saat hendak memilih peeler. Silakan perhatikan dengan saksama.

Pilihlah berdasarkan bahan bilah atau mata pisaunya

Pilihlah berdasarkan bahan bilah atau mata pisaunya
Ada dua tipe bahan mata pisau yang biasa digunakan untuk peeler, yaitu stainless steel dan keramik. Di antara dua bahan tersebut, bahan stainless steel memiliki tingkat ketajaman yang paling baik. Akan tetapi, bahan stainless steel lebih rentan berkarat dan menjadi tumpul. 

Bagi Anda yang menginginkan peeler tahan karat, sebaiknya pilihlah yang berbahan keramik. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir akan timbulnya karat atau mata pisau yang kian lama menjadi tumpul. 

Pertimbangkan bentuk yang sesuai dengan kebutuhan Anda

Peeler memiliki bentuk yang beragam. Yang paling populer dan mudah ditemukan tentu saja peeler tipe T dan tipe I. Sebenarnya, selain dua bentuk tersebut masih ada beberapa peeler dengan bentuk yang unik. Berikut penjelasannya!

Tipe T, ideal untuk mengupas buah dan sayur berbentuk lonjong

Tipe T, ideal untuk mengupas buah dan sayur berbentuk lonjong

Sebagian besar pengupas tipe T memiliki gagang yang lebar dan mudah digenggam. Tipe ini ideal untuk mengupas atau mengiris bahan makanan berbentuk panjang seperti wortel, lobak, atau terong. Namun, kekurangan peeler tipe T ini ialah sulit untuk diputar dengan cepat. Selain itu, peeler ini juga cukup sulit digunakan mengupas bahan makanan yang memiliki cekungan atau berukuran kecil.

Tipe I, berfungsi seperti pisau buah

Sesuai dengan namanya, peeler tipe I ini bentuknya menyerupai huruf I dan dapat digunakan seperti pisau buah. Tipe ini terasa nyaman saat digunakan untuk mengupas bahan makanan yang berbentuk bulat, seperti apel dan kentang. Bilah yang terdapat pada pengupas ini memiliki dua mata pisau. Karena itu, tipe ini bisa digunakan baik oleh Anda yang biasa menggunakan tangan kanan maupun tangan kiri (kidal).

Tipe khusus, bentuknya beragam dan memiliki fitur khusus

Tipe khusus, bentuknya beragam dan memiliki fitur khusus

Selain peeler tipe T dan tipe I, ada juga peeler yang tampilannya berbeda dari kedua tipe tersebut. Biasanya peeler tipe khusus ini diproduksi untuk mengupas buah-buahan tertentu. Misalnya, pengupas khusus untuk apel yang cara pemakaiannya dengan memutar tuas. 


Ada juga pengupas untuk nanas yang mata pisaunya lebar dan bisa mengupas tanpa merusak kulit nanasnya. Tak hanya itu, ada juga peeler yang dilengkapi dengan tempat untuk menyimpan kulit yang sudah dikupas supaya tidak mengotori lantai. Jika Anda kerap mengupas buah-buahan seperti apel atau nanas, peeler tipe khusus ini layak untuk dimiliki.

Pilihlah peeler yang mudah digenggam

Pilihlah peeler yang mudah digenggam
Peeler dengan gagang yang mudah digenggam akan membantu Anda menggunakannya dengan lebih leluasa. Dengan kata lain, meskipun ada banyak bahan makanan yang perlu Anda kupas, Anda tidak akan mudah lelah. 

Periksalah gagang peeler, apakah tidak mudah selip dan memiliki ukuran yang sesuai dengan tangan Anda atau tidak. Apabila di rumah Anda ada anak-anak atau orang lanjut usia, sebaiknya Anda memperhatikan keamanan dari peeler yang hendak digunakan. 

Pilih yang mudah dibersihkan

Pilih yang mudah dibersihkan
Berhubung peeler termasuk alat yang sering digunakan, sebaiknya periksa kemudahan dalam membersihkannya. Pertimbangkanlah bentuk yang simpel serta mudah dibersihkan dengan spons. Dengan begitu, Anda bisa selalu menjaga kebersihan peeler Anda sehabis digunakan. 

Selain itu, mungkin ada beberapa bagian peeler yang kurang bisa Anda pahami cara pakainya, kecuali jika sudah mencobanya secara langsung. Namun, jika Anda sudah terbiasa memakai peeler, tentu akan lebih mudah dalam membersihkannya. Apabila ada kulit buah atau sayur yang tersangkut, cukup lepaskan kulit tersebut dari mata pisau. Peeler pun akan lebih awet jika tetap bersih sehabis dipakai.

10 Rekomendasi peeler (alat pengupas kulit buah dan sayur) terbaik

Sekarang, kami akan merekomendasikan sepuluh rekomendasi peeler (alat pengupas kulit buah dan sayur) terbaik untuk Anda. Kiranya rekomendasi kami dapat membantu Anda dalam memilih pengupas yang sesuai dengan kebutuhan dapur Anda.

10

Le ChengStainless Steel Pineapple Corer-Slicer

Rp 22.500,00

Bahan mata pisauStainless steel
Tipe bentukKhusus
9
Bahan mata pisauStainless steel
Tipe bentukT
8
Bahan mata pisauStainless steel
Tipe bentukI
7
Bahan mata pisauStainless steel
Tipe bentukT
6

Pengupas Kulit Buah dan Sayur dengan Tempat Penampungan

Rp 20.500,00

Bahan mata pisauLogam
Tipe bentukKhusus
5
Bahan mata pisauStainless steel
Tipe bentukT
4

Sophie ParisSunday Fruit Peeler And Cutter

X425G2

Rp 42.800,00

Bahan mata pisauTidak disebutkan
Tipe bentukKhusus
3
Bahan mata pisauKeramik
Tipe bentukT
2

MaximTools Flex Grip Swivel Peeler

GD-134-L018

Rp 52.000,00

Bahan mata pisauStainless steel
Tipe bentukI
1
Bahan mata pisauStainless steel
Tipe bentukT

Tabel perbandingan produk peeler (alat pengupas kulit buah dan sayur) terbaik

Gambar produk
1
Victorinox  Potato Peeler 1

Victorinox

2
Maxim Tools Flex Grip Swivel Peeler 1

Maxim

3
Fackelmann Ceramic Peeler 1

Fackelmann

4
Sophie Paris Sunday Fruit Peeler And Cutter 1

Sophie Paris

5
Shogun  Power Peeler Set 1

Shogun

6
Pengupas Kulit Buah dan Sayur dengan Tempat Penampungan 1

7
Roto Peeler 3 in 1 1

8
IKEA STÄM Pengupas kentang 1

IKEA

9
Pengupas Kulit Buah Bentuk Kartun Kucing 1

10
Le Cheng Stainless Steel Pineapple Corer-Slicer 1

Le Cheng

Nama produk

Potato Peeler

Tools Flex Grip Swivel Peeler

Ceramic Peeler

Sunday Fruit Peeler And Cutter

Power Peeler Set

Pengupas Kulit Buah dan Sayur dengan Tempat Penampungan

Roto Peeler 3 in 1

STÄM Pengupas kentang

Pengupas Kulit Buah Bentuk Kartun Kucing

Stainless Steel Pineapple Corer-Slicer

Keunggulan

Merek legendaris dengan kualitas mumpuni

Pengupas dengan pegangan yang mantap

Bahannya awet dan tahan lama

Tak perlu repot lagi saat mengupas buah apel!

Pengupas serbaguna dengan lima fungsi berbeda

Dengan tempat penampungan, dapur pun bersih dari kulit buah dan sayuran

3 pisau dalam 1 pengupas, bisa disesuaikan menurut kebutuhan Anda!

Tidak repot lagi mencuci, masukkan saja ke mesin cuci piring

Peeler fungsional dengan desain kucing yang menggemaskan

Mengupas nanas menjadi lebih praktis dan mudah

HargaRp 52.000,00Rp 52.000,00Rp 44.600,00Rp 42.800,00Rp 150.000,00Rp 20.500,00Rp 12.000,00Rp 18.500,00Rp 36.594,00Rp 22.500,00
Bahan mata pisauStainless steelStainless steelKeramikTidak disebutkanStainless steelLogamStainless steelStainless steelStainless steelStainless steel
Tipe bentukTITKhususTKhususTITKhusus
Tautan produk

Tips menggunakan peeler (alat pengupas kulit buah dan sayur)

Tips menggunakan peeler (alat pengupas kulit buah dan sayur)
Ketika Anda baru mulai mencoba menggunakan peeler, mungkin Anda akan kesulitan dalam memakainya. Karena itu, berikut ini akan kami jelaskan cara menggunakan peeler. Salah satunya adalah dengan memperhatikan mata pisau bagian atas dan bawah. 

Penggunaan yang tepat adalah mendorong mata pisau secara perlahan sambil memberikan tekanan pada mata pisau bagian bawah. Dengan adanya tekanan pada pisau bagian bawah, mata pisau bagian atas akan bekerja untuk mengupas kulit buah dan sayur Anda. Lakukan hal ini berulang kali sampai proses pengupasan kulit buah dan sayur Anda selesai. 

Baca juga rekomendasi pisau lainnya di sini!

Selain peeler untuk mengupas kulit buah dan sayur, mungkin Anda juga sedang mencari pisau untuk keperluan dapur Anda. Karena itu, kami juga sudah menyiapkan artikel-artikel mengenai pisau dapur, pisau set, pisau roti, dan aneka pisau lainnya. Penasaran bagaimana cara memilih serta apa saja produk rekomendasi pilihan kami? Simak informasi selengkapnya pada artikel di bawah ini!

Kesimpulan

Kami sudah memperkenalkan sepuluh rekomendasi peeler terbaik untuk Anda. Sudahkah Anda menemukan produk yang paling sesuai dengan kebutuhan dapur Anda? Dengan menggunakan pengupas kulit buah dan sayuran, tentunya aktivitas menyiapkan bahan makanan menjadi lebih mudah dan cepat. 

Anda pun tidak perlu repot-repot lagi saat hendak mengupas kulit buah dan sayuran favorit Anda. Silakan jadikan artikel ini sebagai referensi dan acuan bagi Anda saat memilih peeler. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sebagai orang Indonesia yang sumber karbohidratnya adalah nasi, tentu rice cooker adalah item yang wajib dimiliki. Tidak hanya untuk memasak nasi, rice cooker juga bisa digunakan untuk memasak bubur, mengukus, dan memasak berbagai jenis makanan lainnya.. Pada artikel ini, kami akan memperkenalkan rekomendasi produk rice cooker, seperti Cosmos, Panasonic, dan Philips. Sebelum itu, kami juga akan memberitahukan cara memilih rice cooker yang tepat untuk kebutuhan Anda. Silakan jadikan artikel ini sebagai referensi Anda, ya!
    Peralatan masak
    197.445 Views
  • 10 Rekomendasi Wajan Penggorengan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Wajan Penggorengan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Frying pan atau wajan penggorengan merupakan alat yang sangat penting dalam memasak. Saat ini telah tersedia beragam merek wajan yang terkenal, seperti Tefal, MAXIM, Oxone, dan lainnya. Jenis wajan pun beragam. Ada yang terbuat dari bahan besi, dilapisi keramik atau teflon, dan yang bisa digunakan untuk kompor induksi.Kali ini kami memberikan rekomendasi wajan penggorengan terbaik bagi Anda. Namun, terlebih dahulu kami akan menjelaskan tentang poin penting yang bisa Anda jadikan panduan dalam memilih wajan. Temukanlah wajan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Peralatan masak
    163.922 Views
  • 10 Rekomendasi Wajan Keramik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Wajan Keramik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Akhir-akhir ini, penggunaan wajan keramik sudah makin populer. Selain karena desainnya yang minimalis, bahan keramik juga jauh lebih aman dan tidak mengganggu kesehatan. Menumis dan menggoreng menggunakan wajan keramik membuat masakan jadi cepat matang secara merata. Itulah sebabnya Anda perlu mempertimbangkan untuk memilikinya di dapur rumah.Jika Anda mencari wajan keramik, Anda akan menemukan beberapa merek, seperti BOLDe, Maxim, LocknLock, dan masih banyak lagi. Sebelum membelinya, sebaiknya ketahui dahulu manfaat menggunakan wajan keramik dan bagaimana tips memilih wajan keramik yang tepat. Yuk, simak artikel ini.
    Peralatan masak
    11.172 Views
  • 10 Rekomendasi Hand Mixer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Hand Mixer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Hand mixer merupakan peralatan dapur yang memberi kemudahan untuk mengaduk adonan. Bahkan, banyak ibu yang menggunakannya untuk membuat MPASI si kecil. Berbagai produsen, seperti Philips, KitchenAid, Kenwood, dan lainnya meluncurkan produk andalannya masing-masing dengan bermacam harga. Bingung harus pilih yang mana?Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih hand mixer yang tepat. Lalu, tidak lupa kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Jangan lewatkan juga ulasan tentang pemakaian hand mixer yang efektif di bagian akhir artikel. Sudah siap membuat dalgona coffee yang populer dengan hand mixer?
    Peralatan masak
    86.896 Views
  • 10 Rekomendasi Timbangan Digital Terbaik untuk Dapur (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Timbangan Digital Terbaik untuk Dapur (Terbaru Tahun 2020)
    Timbangan dapur digital memainkan peranan penting saat Anda ingin mengukur bahan makanan dalam jumlah sedikit. Anda dapat menemukan timbangan dapur digital dengan berbagai variasi bentuk dan performa. Mulai dari produk yang harganya murah, tahan air, sampai yang mudah dibersihkan, semuanya mudah ditemukan di online shop.Nah, sebelum Anda menentukan pilihan, mari simak cara memilih timbangan digital untuk dapur guna mendapatkan produk terbaik. Selain itu, kami akan merekomendasikan sepuluh timbangan dapur digital terbaik dari berbagai merek, seperti Taffware dan Idealife. Mari simak terus artikel ini!
    Peralatan masak
    59.412 Views
  • 10 Rekomendasi Food Chopper Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Food Chopper Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Salah satu hal yang merepotkan saat memasak, yaitu harus mencincang sayuran dan daging ataupun menghaluskan bumbu. Akan tetapi, kini telah hadir food chopper alias alat penggiling bumbu dapur dan bahan makanan yang akan memudahkan Anda.Dengan beragam variasi fungsi, desain, dan cara penggunaan, Anda mungkin akan bingung dalam memilihnya. Kali ini, kami akan memperkenalkan beberapa food chopper yang banyak diminati seperti Zyliss, Tupperware, Slap Chop, dan lainnya. Pilihlah food chopper yang sesuai dengan kebutuhan Anda, ya!
    Peralatan masak
    43.538 Views
  • 10 Rekomendasi Wajan Panggang (Grill Pan) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Wajan Panggang (Grill Pan) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Jenis makanan yang dipanggang seperti ikan bakar, satai, atau steak, memang menjadi salah satu yang banyak digemari. Jika Anda ingin membuat jenis makanan ini di rumah, Anda membutuhkan wajan panggang atau grill pan. Grill pan pun serbaguna karena tak hanya bisa digunakan untuk memanggang, tetapi juga menumis.Berbagai produsen di antaranya Maxim, Ikea, HappyCall, dan Philips, berlomba menawarkan wajan panggang berkualitas tinggi. Berikut ini, kami akan menjelaskan poin penting yang harus Anda perhatikan dalam memilih wajan panggang. Jangan dilewatkan, ya!
    Peralatan masak
    71.235 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori