10 Rekomendasi Gratin Dish (Piring Gratin) Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Gratin Dish (Piring Gratin) Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Au gratin adalah teknik memasak dengan cara memanggang masakan yang menghasilkan remahan renyah berwarna coklat keemasan pada permukaannya. Masakan ini membutuhkan piring khusus yaitu piring gratin, yang juga bisa digunakan untuk hidangan panggang lainnya

Hidangan yang dipanggang banyak digemari karena rasanya lezat dan tidak sulit dibuat. Lalu, bagaimana cara memilih gratin dish atau piring gratin terbaik? Kami akan mengungkapkan caranya di bawah ini, juga memberikan 10 rekomendasi gratin dish terbaik. Selamat membaca!

Daftar isi

Cara memilih gratin dish (piring gratin)

Gratin dish tidak sama dengan piring biasa. Anda tidak bisa memasak hidangan panggang dengan menggunakan piring biasa. Ada beberapa poin penting yang harus dimiliki gratin dish yang bagus. Mulai dari ketahanan akan panas, bahan, mudah atau tidaknya dibersihkan, dan lain-lain. Simak poin-poin tersebut di bawah ini.

Pilih yang tahan panas

Pilih yang tahan panas

Gratin dish harus tahan panas. Ini adalah syarat utama karena memasak dengan teknik au gratin adalah dengan memanggangnya dalam oven atau alat lainnya. Pastikan bahwa piring Anda bisa digunakan untuk memanggang. Biasanya, pada bagian bawah piring terdapat tulisan atau simbol oven safe, atau bahkan ada petunjuk mengenai batas temperatur yang bisa digunakan.

Jangan gunakan piring untuk memanggang bila tidak ada keterangan pada piring. Jika Anda memasak hidangan panggang tanpa piring tahan panas, maka kemungkinan besar piring tersebut akan retak. Hidangan Anda akan gagal, dan bahan masakan akan terbuang percuma. Selain itu, tentu saja ini berbahaya bagi Anda dan keluarga karena dapat menimbulkan cedera.

Pilih desain yang mudah dikeluarkan dari oven

Pilih desain yang mudah dikeluarkan dari oven

Piring gratin tersedia dalan berbagai desain yang akan tampak cantik di atas meja makan Anda. Mulai dari warna, bentuk, dan ukuran. Namun, perlu Anda ingat bahwa hidangan ini dimasak dengan cara memanggangnya di oven. Saat hidangan matang, Anda harus mengeluarkannya dari oven menggunakan cempal. Mungkin Anda juga langsung membawanya ke meja makan untuk disajikan. Pilihlah gratin dish dengan pegangan yang mudah digenggam, untuk memudahkan Anda.

Pilih yang mudah dibersihkan

Pilih yang mudah dibersihkan

Hidangan panggang biasanya bersifat agak lengket, karena bahannya dipanggang dalam temperatur tinggi dan meleleh saat dimasak. Agak sulit untuk membersihkan piring gratin setelah hidangan habis dimakan. Membersihkan sisa masakan yang lengket akan cukup melelahkan.

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Banyak gratin dish yang dibuat dari bahan yang tidak mudah lengket, sehingga sisa-sisa masakan yang menempel mudah dibersihkan dalam sekejap. Biasanya, bahan anti lengket ini juga bisa membantu menjaga gratin dish Anda dari goresan sendok ataupun alat makan lainnya.

Pilih yang mudah disimpan

Pilih yang mudah disimpan

Pastikan ukuran gratin dish pilihan Anda sesuai dengan yang Anda perlukan. Ukuran dan kedalaman piring ini juga berpengaruh terhadap lamanya waktu memanggang. Memang, gratin dish yang berukuran besar berarti Anda bisa memasak lebih banyak. Namun gratin dish berukuran besar akan memakan tempat saat disimpan, terutama jika tempat penyimpanan alat masak Anda terbatas. Bentuk piring juga berpengaruh pada penyimpanannya.

Bisa dihangatkan dalam microwave

Bisa dihangatkan dalam microwave

Oven dan microwave memiliki prinsip pemanas yang berbeda. Oven berfungsi untuk memanggang masakan, microwave berfungsi untuk menghangatkan makanan. Ada pula oven microwave yang bisa digunakan untuk memasak menggunakan gelombang mikro. Tidak semua piring bisa digunakan dalam perangkat-perangkat masak tersebut.

Anda tidak bisa menggunakan piring dengan hiasan emas atau perak dalam microwave. Anda juga tidak bisa menggunakan piring berbahan logam pada oven microwave. Hidangan panggang yang dingin rasanya tidak akan seenak hidangan yang panas. Maka pastikan piring Anda bisa digunakan di oven (untuk memasaknya) dan di microwave (untuk menghangatkannya).

Jika Anda biasa mencuci piring dengan menggunakan mesin pencuci piring, maka pastikan gratin dish pilihan Anda memiliki tulisan atau simbol dishwasher safe. Anda akan tenang membiarkan mesin pencuci piring mencuci gratin dish Anda tanpa khawatir akan adanya kerusakan.

Kenali karakter bahan gratin dish

Gratin dish dibuat dengan berbagai macam bahan yang berbeda. Bahan pembuat gratin dish bagi beberapa orang memberikan kesan yang berbeda terhadap hidangannya. Ada yang memberi kesan hidangan tradisional dan ada yang memberi kesan hidangan modern. Bahkan, bahan juga bisa mempengaruhi penampilan meja makan Anda.

Tembikar

Tembikar

Tembikar memiliki bahan dasar tanah liat dan dibuat dengan cara dibakar. Permukaannya agak kasar dan memiliki kesan tradisional. Gratin dish berbahan tembikar memanas dalam waktu yang cukup lama, namun juga mendingin dalam waktu yang lama. Hidangan panggang Anda akan terasa lezat lebih lama jika dipanggang dengan piring gratin tembikar karena hidangannya tidak lekas dingin.

Porselen

Porselen

Porselen berbahan dasar kaolin (lempung) yang dibakar dengan suhu yang sangat tinggi, antara 1200 hingga 1400°C. Porselen memiliki ketahanan terhadap perubahan temperatur tinggi dan juga tidak tembus air. Gratin dish dengan bahan porselen merupakan salah satu alat memasak hidangan panggang yang bagus.

Hidangan panggang pada piring porselen akan mudah panas dan mudah dingin. Anda perlu memanaskan hidangan ini jika sudah didiamkan beberapa lama. Piring gratin ini cocok untuk hidangan yang langsung disantap segera setelah matang.

Stoneware

Stoneware

Bahan ini memiliki karakter yang berada di antara tembikar dan porselen. Hidangan panggang yang dimasak dengan piring gratin ini akan lebih cepat matang, karena bahan ini cepat panas dan menghantarkan panas secara merata. Namun, hidangan di dalamnya tidak cepat dingin. Seperti porselen, bahan ini juga tidak menyerap air karena tidak berpori.

Kaca tahan panas

Kaca tahan panas

Kaca tahan panas bisa dengan mudah menyesuaikan dengan temperatur yang sangat tinggi, maupun sangat rendah. Gratin dish dengan bahan kaca tahan panas bisa menyimpan panas dalam waktu yang cukup lama. Selain itu, warnanya bening sehingga memudahkan kita melihat hidangan di dalamnya. Anda harus lebih berhati-hati dengan piring gratin berbahan kaca, karena kaca mudah pecah.

Keramik

Keramik

Keramik merupakan bahan yang tahan panas dan tahan goresan. Keramik berasal dari bahan pasir kuarsa atau kaolin. Piring gratin berbahan keramik biasanya lebih rapuh daripada bahan lainnya. Hidangan panggang dalam piring keramik akan terasa panas lebih lama, sehingga Anda tidak perlu terburu-buru menghangatkannya.

10 Rekomendasi gratin dish (piring gratin) terbaik

Jika Anda suka memasak, tentu saja Anda harus memiliki gratin dish agar bisa mencoba resep hidangan panggang. Di bawah ini adalah 10 rekomendasi gratin dish (piring gratin) terbaik yang bisa Anda pilih untuk koleksi peralatan masak Anda.

10. Pyrex Glass Casserole 2.0 L

10. Pyrex Glass Casserole 2.0 L

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 210.997

Berbahan kaca tahan panas, Anda bisa dengan mudah melihat ke dalam hidangan

Gratin dish Pyrex Glass Casserole merupakan piring gratin dengan bahan kaca tahan panas. Material kacanya tebal dan kuat, alat ini cocok untuk digunakan dengan oven, microwave, dan kulkas. Kacanya transparan, memudahkan Anda untuk mengecek hidangan saat masih dimasak. Anda tidak perlu repot mematikan oven, hanya perlu melihatnya dari luar.

Piring ini dapat Anda gunakan setiap hari tanpa khawatir rusak, namun Anda tetap harus berhati-hati menanganinya. Gratin dish ini memiliki kemampuan menyesuaikan temperatur dengan cepat, sehingga hidangan panggang di dalamnya mudah dingin.

9. Daiso Au Gratin Dip Bowl Dish

9. Daiso Au Gratin Dip Bowl Dish

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 498.000

Dua gratin dish mungil yang sangat sesuai untuk masak sehari-hari

Gratin dish ini memiliki bentuk yang mungil, berisi dua mangkuk dalam satu setnya. Sangat sesuai untuk membuat makanan pembuka dan penutup. Alat ini sangat mudah digunakan, mudah dipindahkan keluar dan masuk oven dengan kedua pegangan pada sisinya. Seluruh permukaannya diglasir sehingga memiliki sifat anti gores. Terbuat dari tembikar, panas yang menyebar akan memasak hidangan Anda dengan sempurna dalam waktu yang tepat.

Warna cerah set gratin dish ini menyegarkan dapur Anda. Anda bisa menggunakannya setiap hari untuk memasak. Anda juga bisa menggunakannya untuk menjamu hidangan panggang pada teman-teman Anda. Set ini pun sangat cocok untuk dijadikan kado.

8. Winco Stainless Steel Oval Au Gratin Dish

8. Winco Stainless Steel Oval Au Gratin Dish

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 443.000

Kentang panggang dengan keju akan terasa lebih lezat dengan gratin dish ini!

Piring gratin Winco ini terbuat dari stainless steel yang bisa menghantarkan panas secara cepat dan merata. Piring oval ini sangat sesuai untuk memasak kentang panggang dilapisi keju. Bentuk oval yang lebar dan cukup datar akan membuat kentang matang dengan merata dan sempurna. Juga akan menghasilkan lapisan remahan keju berwarna coklat keemasan yang renyah di permukaannya.

Peralatan masak dari Winco adalah salah satu yang banyak digunakan para profesional di dunia pada bidang perhotelan dan pariwisata. Anda tidak perlu ragu akan kualitasnya. Dengan harga yang cukup terjangkau, gratin dish ini bisa Anda gunakan untuk memanggang dengan oven, memasak di atas kompor, dan dengan alat pemanggang lainnya.

7. Pillivuyt Sancerre Porcelain Cup

7. Pillivuyt Sancerre Porcelain Cup

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 550.000

Gratin dish klasik yang sesuai untuk segala suasana dan acara

Pillivuyt merupakan produk asli Prancis yang sudah memproduksi peralatan masak sejak tahun 1818. Sancerre Porcelain Cup memiliki bentuk yang sederhana, namun terkesan mewah. Warnanya putih bersih sehingga akan sesuai untuk segala suasana dan acara Anda. Ukuran diameternya 11 cm, cocok digunakan untuk menyajikan porsi perorangan, baik hidangan pembuka atau penutup.

Terbuat dari porselen, dinding gratin dish ini tidak terlalu tebal namun bisa menghantarkan panas secara merata. Gratin dish ini bisa digunakan dalam oven, kulkas, alat pemanggang, microwave, dan mesin pencuci piring. Piring gratin ini bahkan bisa digunakan di atas kompor dengan bantuan alat heat diffuser. 

6. Ecolution Mini Cast Iron Au Gratin Pan

6. Ecolution Mini Cast Iron Au Gratin Pan

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 914.000

Di luar ruangan, di dalam dapur, atau di meja makan? Cocok untuk semua!

Piring gratin Ecolution ini terbuat dari besi tempa yang sangat kuat dan memiliki sifat anti gores. Panas menyebar secara perlahan namun merata pada gratin dish ini. Panas yang menyebar tersimpan dalam waktu yang cukup lama, sehingga hidangan Anda tidak akan mudah dingin. Piring gratin ini sangat cocok untuk digunakan dalam penyajian hidangan hot plate.

Gratin dish ini bisa tahan hingga panas 260°C di dalam oven. Selain dalam oven, piring besi tempa ini juga bisa digunakan untuk memasak secara langsung di atas kompor. Anda juga bisa menggunakannya memasak di atas api unggun saat Anda berkemah. Anda yang berjiwa petualang dan suka memasak, pasti akan suka gratin dish ini!

5. Maxwell & Williams Microstoven Au Gratin Dish

5. Maxwell & Williams Microstoven Au Gratin Dish

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 500.000

Berbeda dengan gratin dish tembikar lainnya, yang ini tembikar tahan api

Gratin dish Maxwell & Williams merupakan piring gratin yang berbeda dengan yang lainnya. Terbuat dari tembikar dengan lapisan Spodumene, sebuah mineral yang membuat piring ini tahan api, alat ini bisa digunakan langsung di atas api. Perlu Anda ketahui, pada umumnya bahan tembikar akan retak jika diletakkan langsung di atas api.

Selain bisa untuk memasak di atas kompor, piring ini juga multifungsi. Tahan hingga suhu 200°C di dalam oven, juga bisa dimasukkan ke dalam lemari pendingin, mesin pencuci piring, dan microwave. Anda bisa mencoba resep apa pun dengan piring gratin ini. Tembikar bagian dalamnya dilapisi dua kali dengan Xylan, sehingga anti gores. Anda bisa menggunakan pisau pada piring ini tanpa khawatir risiko permukaan piring tergores.

4. Anolon Vesta Stoneware Oval Au Gratin Pan

4. Anolon Vesta Stoneware Oval Au Gratin Pan

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 898.000

Gratin dish merah yang tampak mewah di meja makan Anda

Anolon Vesta ini merupakan piring gratin yang memiliki kualitas tinggi. Bentuknya cukup besar, dengan pegangan di tepinya yang memudahkan Anda memegang dan mengeluarkannya dari oven. Piring ini tahan hingga temperatur 260°C saat dipanggang dalam oven.

Selain itu, gratin dish dari bahan tembikar ini aman digunakan untuk microwave, lemari pendingin, dan mesin pencuci piring. Warna merahnya yang mewah akan terlihat cantik saat dihidangkan di meja. Bagian dalam piring ini diglasir sehingga aman dari goresan dan tidak lengket. Anda akan dapat menikmati memasak dengan kreatif menggunakan piring ini.

3. KitchenAid Ceramic Au Gratin Bakeware Dish

3. KitchenAid Ceramic Au Gratin Bakeware Dish

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 1.271.000

Gratin dish berbentuk kotak untuk memasak apa pun yang Anda mau

KitchenAid Ceramic Au Gratin Bakeware Dish merupakan gratin dish berkualitas tinggi. Panas pada piring ini menyebar dengan merata. Tahan hingga 260°C di dalam oven, piring ini juga tahan digunakan dalam lemari pendingin, microwave, dan juga mesin pencuci piring. Desain yang berbentuk kotak membuat piring ini mudah disimpan di lemari Anda dan tidak memakan tempat.

Gratin dish dari Kitchenaid ini terbuat dari keramik yang berubah menjadi kaca (vitrified) yang tidak berpori. Piring ini sangat kuat dan awet sehingga bisa Anda gunakan setiap hari tanpa khawatir kualitasnya menurun. Anda bisa memasak apa pun dengan piring gratin ini!

2. Wilton Armetale Gourmet Grillware

2. Wilton Armetale Gourmet Grillware

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 745.000

Masak hidangan panggang Anda dengan gratin dish ini, langsung sajikan di meja makan

Gratin dish dari Wilton Armetale adalah piring dengan bahan utama logam aluminium. Piring ini sangat cocok digunakan untuk mempersiapkan masakan, hidangan panggang, memasak di atas kompor, atau memasak di dalam oven. Namun, piring ini tidak bisa digunakan dalam microwave dan mesin pencuci piring otomatis.

Dengan bahan logam berkualitas tinggi, hidangan yang dimasak dengan gratin dish Wilton Armetale ini akan panas lebih lama. Jika Anda menyimpannya dalam lemari pendingin lalu mengeluarkannya, piring ini juga menyimpan dingin lebih lama. Piring ini mudah dibersihkan dan tahan lama. Sangat praktis untuk digunakan, Anda bisa menyiapkan – memasak – menghidangkan masakan Anda dengan satu piring saja.

1. Le Creuset Heritage Petite Oval Dish

1. Le Creuset Heritage Petite Oval Dish

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 585.000

Piring gratin tembikar yang multifungsi untuk hobi memasak Anda

Gratin dish Le Creuset Heritage Petite Oval Dish ini bisa digunakan pada lemari pendingin, oven, alat pemanggang, microwave, dan alat pencuci piring. Terbuat dari tembikar yang padat, sehingga kelembapan tidak terserap dan mencegah keretakan pada piring. Bagian luarnya dilapisi enamel sehingga anti gores, dan bagian dalamnya diglasir sehingga hidangan tidak lengket.

Piring gratin dari Le Creuset ini memiliki bentuk oval yang lebar dan agak ceper sehingga bahan masakan bisa dengan cepat matang dengan panas yang tersebar merata. Bagian atas hidangan yang dimasak dengan piring ini akan renyah dan berwarna coklat keemasan. Piring ini sesuai untuk berbagai jenis hidangan panggang, mulai hidangan pembuka sampai penutup yang ingin Anda coba resepnya!

Kesimpulan

Sudahkah Anda mengambil keputusan mengenai pilihan gratin dish yang Anda inginkan? Jangan lupa perhatikan poin-poin penting yang harus dimiliki gratin dish Anda. Gratin dish terbaik akan membantu Anda dalam menyiapkan masakah, memasak, dan sekaligus menyajikannya. Meja makan Anda akan semakin menarik dengan hidangan panas dalam gratin dish. Selamat memasak!