10 Rekomendasi Helm Sepeda Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Helm Sepeda Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Bersepeda adalah salah satu kegiatan yang banyak digemari orang dari berbagai kalangan dan usia. Sama seperti mengendarai sepeda motor, dalam bersepeda, helm adalah hal penting yang wajib digunakan pengendaranya. Khususnya dalam kegiatan bersepeda dengan jarak yang jauh, helm akan melindungi kepala Anda jika terjatuh.

Berbagai brand  terkenal seperti Avand, Polygon, dan Cairbull berlomba membuat helm sepeda terbaik yang ringan, modis, dan harga yang terjangkau. Kami akan menjelaskan kepada Anda poin penting dalam memilih helm sepeda, serta rekomendasi helm sepeda terbaik yang dapat Anda jadikan pilihan. Yuk, disimak!

Daftar isi

Cara memilih helm sepeda

Saat ini banyak sekali produsen helm sepeda, mungkin Anda kesulitan harus memilih yang mana. Kami akan menjelaskan poin penting dalam memilih helm sepeda yang cocok untuk Anda.

Pilihlah helm sepeda dengan model entry yang sesuai bentuk kepala

Jika hal pertama yang Anda pertimbangkan dalam memilih helm sepeda adalah desainnya, Anda salah! Berbagai model helm sepeda yang Anda temukan tidak jauh berbeda dalam hal performa perlindungan. Model entry dari helm sepeda itulah yang harus Anda perhatikan, terlebih bagi Anda yang baru pertama kali membeli helm sepeda.

Namun untuk pertama-tama, coba perhatikan bentuk kepala Anda. Bentuk kepala dibagi menjadi dua, yaitu bulat dan lonjong. Karena setiap produsen yang menawarkan produk helm sepeda pasti membuat dua model ini, Anda dapat memperkecil pilihan dengan mengetahui bentuk kepala Anda terlebih dahulu. Jika Anda sudah menemukan model entry yang sesuai dengan bentuk kepala Anda, produk tersebut akan Anda gunakan dengan nyaman.

Jenis bulat atau jenis lonjong?

"Jenis bulat" atau "Jenis lonjong"

Jika diperhatikan, bentuk kepala orang Indonesia kebanyakan berbentuk lonjong. Banyak sekali model entry helm yang diperuntukan bagi Anda yang memiliki bentuk kepala lonjong, Anda dapat dengan mudah menemukannya.

Namun, bagi Anda yang memiliki bentuk kepala bulat jangan berkecil hati. Walau helm sepeda dengan jenis lonjong mudah ditemukan, tetapi beberapa produsen tetap memproduksi helm sepeda dengan jenis bulat. Pilihlah produk yang sesuai dengan bentuk kepala Anda.

Pilihlah helm sepeda yang menawarkan fitur menarik

Bagi Anda yang merasa tidak puas jika memilih helm sepeda hanya memperhatikan model entry saja, kami masih memiliki pilihan lain yang dapat Anda jadikan pertimbangan. Seperti smartphone yang menawarkan berbagai fitur menarik, begitu pula Anda dapat menemukannya dalam memilih helm sepeda terbaik. Kami akan membantu menjelaskan beberapa fitur yang banyak ditemui dalam produk helm sepeda.

Pilih produk yang memiliki desain atraktif

Pilih produk yang memiliki desain atraktif

Setelah Anda menemukan model entry yang sesuai dengan bentuk kepala, hal selanjutnya yang perlu Anda perhatikan adalah mengenai desainnya. Utamakanlah desain produk yang aerodinamis, karena terlihat lebih atraktif.

Jika Anda ingin memiliki produk seperti itu, bersiaplah mengeluarkan anggaran lebih banyak, karena helm sepeda dengan desain yang atraktif dan modis dijual dengan harga lebih dari Rp 200.000.

Pilih produk yang memberikan kenyamanan saat digunakan

Pilih produk yang memberikan kenyamanan saat digunakan

Bersepeda seringkali dilakukan saat pagi atau siang hari, oleh sebab itu sebaiknya Anda memilih helm sepeda yang memiliki ventilasi udara yang baik. Walau tidak banyak tetapi sebagian orang memilih pergi ke sekolah atau ke kantor dengan bersepeda.

Hal ini akan merepotkan jika Anda sampai di tempat tujuan dengan rambut lepek dan keringat berlebih karena helm sepeda Anda memiliki ventilasi udara yang buruk. Pilihlah helm sepeda dengan ventilasi udara yang baik, dan menggunakan cool materials, sehingga nyaman digunakan sehari-hari.

Pilih produk resmi untuk Anda yang mengikuti perlombaan

Pilih produk resmi untuk Anda yang mengikuti perlombaan

Jika Anda mendalami kegiatan bersepeda dan akan mengikuti perlombaan, maka Anda harus memilih helm sepeda dengan terakreditasi JCF. Secara umum, helm sepeda yang didesain untuk perlombaan tidak terlihat berbeda dengan helm sepeda biasa, hanya saja memiliki berat yang lebih ringan untuk mengurangi kelelahan pengendara karena digunakan jangka panjang.

Selain itu, tentunya helm sepeda untuk perlombaan dilengkapi dengan kinerja perlindungan yang lebih dari helm sepeda biasa. Hal ini untuk mengurangi resiko benturan jika pengendara jatuh saat kecepatan tinggi. Akan lebih baik lagi jika Anda juga menggunakan helm saat bersepeda sehari-hari.

10 Rekomendasi helm sepeda terbaik

Selanjutnya, kami akan memberikan rekomedasi helm terbaik untuk Anda. Jadikan aspek keamanan, kenyamanan, fungsional, dan harga sebagai pertimbangan Anda.

10. Polygon Helmet Kids Wave Red Orange

10. Polygon Helmet Kids Wave Red Orange

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 165.000

Aman melindungi kepala anak Anda

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, kalau kegiatan bersepeda dapat dilakukan oleh segala macam usia, termasuk anak-anak. Bagian dalam produk ini dilengkapi teknologi glue-on-shell yang menggabungkan shell helm dengan EPS foam yang lembut dan ringan. EPS atau expanded polystyrene adalah foam yang berfungsi memperkecil cedera saat terjadi benturan. Dijamin aman dan nyaman.

Bagian penguncinya dapat Anda panjangkan atau pendekkan sesuai besarnya kepala anak. Helm sepeda ini cocok digunakan anak berusia 3-8 tahun. Tidak hanya untuk kegiatan bersepeda, produk ini dapat digunakan untuk kegiatan outdoor lainnya seperti skateboarding.

9. Avand A-20

9. Avand A-20

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 160.000

Bahan dove dengan desain minimalis

Helm sepeda selanjutnya dikeluarkan oleh brand Avand. Seluruh permukaan produk ini berbahan dove, sehingga terlihat berbeda dengan produk lainnya yang biasanya memiliki permukaan yang mengkilap. Helm sepeda ini berbahan serat EPU styrofoam, busa, 300D yang membuat Anda nyaman saat menggunakannya.

Tidak ketinggalan, adjuster yang mudah digunakan menjadi pelengkap untuk mengatur kelonggaran dan kekencangan helm pada saat dipakai. Ini adalah helm sepeda jenis lonjong yang cocok digunakan bagi Anda yang memiliki lingkar kepala 57-61 cm. Desainnya yang minimalis dan simpel siap menemani kegiatan bersepeda Anda.

8. Genio G16

8. Genio G16

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 130.000

Tetap nyaman bersepeda di cuaca panas

Helm sepeda tidak hanya berfungsi sebagai pelindung kepala dari benturan jika terjatuh, tetapi juga sebagai pelindung dari paparan sinar matahari. Karena alasan itu, produk helm sepeda yang satu ini dilengkapi visor untuk membantu mengurangi paparan sinar matahari.

Berukuran all size, produk ini memiliki knop putar untuk menyesuaikan ukuran entry dengan lingkar kepala Anda. Genio G16 menawarkan empat warna menarik yang dipadukan dengan warna dasar abu-abu, cocok untuk Anda yang ingin tampil sporty saat bersepeda.

7. Aerogo Gloss Titantium

7. Aerogo Gloss Titantium

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 350.000

Kemudahan melepas adjuster

Produk yang satu memiliki keunikan pada bagian pelindungnya. Jika busa pelindung umumnya hanya ditempelkan, helm sepeda ini dilengkapi polyurethane busa liner yang dibentuk langsung ke microsell. Proses ini akan menambah kekuatan dan daya tahan ekstra pada helm. Fitur quick release buckle pada produk ini akan memudahkan Anda saat melepas adjuster.

Selain itu, permukaan luar produk ini terbuat dari microshell dengan gloss berkualitas yang tahan benturan. Struktur selulosa pada busa polyurethane mengandung jutaan sel kecil yang berfungsi sebagai ventilasi udara. Cocok digunakan bersepeda di siang hari. Tunggu apa lagi!

6. Rockbros WT012

6. Rockbros WT012

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 235.000

Desain unik yang tidak dimiliki produk lain

Desain yang atraktif tentu dimiliki produk ini. Warna dominan merah bercampur putih berhasil memberikan kesan atraktif, ditambah desainnya yang unik dan tidak ditemukan pada produk helm sepeda lain. Produk ini adalah helm sepeda jenis bulat. Cocok digunakan bagi Anda yang memiliki lingkar kepala 57-62 cm.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena produk ini juga dilengkapi adjuster yang dapat Anda atur besar kecilnya sesuai ukuran lingkar kepala Anda. Dengan material EPS + PC helm sepeda ini akan terasa nyaman saat digunakan. Permukaan helm yang memiliki banyak lubang berfungsi sebagai ventilasi udara yang akan membuat kepala Anda  tidak mengeluarkan keringat berlebih.

5. Bell BS Stoker Mat TI L 14 US

5. Bell BS Stoker Mat TI L 14 US

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.230.000

Touring dengan club sepeda menjadi lebih aman

Helm sepeda lainnya yang memiliki desain menarik dikeluarkan oleh brand Bell. Dengan warna abu-abu dove pada seluruh permukaannya, produk ini memiliki keunggulan dalam substansi dan style. Selain itu, helm sepeda ini juga dilengkapi ventilasi udara yang akan menyalurkan udara ke belakang, sehingga tetap nyaman digunakan saat bersepeda di siang hari.

Produk ini sudah berstandar SNI, sehingga seluruh materialnya dijamin aman dan kuat terhadap benturan. Anda dapat menggunakan helm ini untuk perjalanan dekat maupun jauh. Cocok untuk Anda yang hobi bersepeda dan sering mengikuti touring dengan club sepeda.

4. Inbike MX-3

4. Inbike MX-3

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 330.000

Kegiatan mountain road menjadi lebih bersemangat

Sesuai dengan desainnya yang berwarna pink, helm sepeda ini cocok digunakan untuk Anda para wanita. Selain warnanya, body helm sepeda ini juga unik dan mampu menampilkan kesan feminim. Namun bagi Anda para pria, produk ini juga menawarkan warna lain seperti hitam, kuning dan biru yang dipadukan warna dasar abu-abu. Produk ini juga dilengkapi kaca mata goggles untuk melindungi mata Anda dari debu.

Terdapat dua pilihan ukuran yang dapat Anda pilih, ukuran M untuk lingkar kepala 56-59 cm, dan ukuran L untuk lingkar kepala 59-62 cm. Produk ini cocok digunakan untuk kegiatan mountain road. Berbahan dasar busa EPS, helm sepeda ini ringan dan antibenturan, sehingga mengurangi beban Anda saat mengendarai sepeda, dan meningkatkan keamanan.

3. Endura Luminite Helmet

3. Endura Liminite Helmet

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.290.000

Helm sepeda yang antibakteri

Jika produk lain menawarkan ukuran all size, helm sepeda yang satu ini menawarkan ukuran yang lebih spesifik. Ukuran S untuk lingkar kepala 51-56cm, ukuran M untuk lingkar kepala 55-59cm dan ukuran L untuk lingkar kepala 58-63cm. Anda dapat memilih ukuran yang pas sesuai lingkar kepala Anda. Tidak perlu khawatir, produk ini juga sudah bersetifikat CE standard EN1078:2012 + A1:2012, dijamin aman untuk Anda gunakan bersepeda.

Produk ini adalah helm sepeda jenis bulat yang dilengkapi dengan removable visor dan lampu LED di bagian belakang produk dengan tiga pengaturan cahaya yang dapat Anda aktifkan saat bersepeda di malam hari. Di bagian dalam terdapat jaring bug yang berfungsi sebagai ventilasi udara. Bagi Anda yang sangat sensitif seputar kebersihan, produk ini cocok untuk Anda karena menggunakan material yang antibakteri.

2. Limar 778 Superlight

2. Limar 778 Superlight

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 898.000

Dengan jaring antiserangga untuk konsentrasi penuh saat perlombaan

Jika Anda mencari produk helm sepeda yang ringan dan keren, produk ini wajib Anda miliki. Teknologi monoshell in-mold-nya memberikan ketahanan dan kenyamanan selama Anda menggunakan produk ini saat bersepeda. Tidak ketinggalan fitur competition + fit-system dan 24 ventilasi udara, menjauhkan Anda dari rasa panas dan keringat berlebih yang dapat mengganggu Anda saat mengayuh sepeda.

Tidak hanya untuk bersepeda santai, helm ini juga direkomendasikan bagi Anda yang sering mengikuti perlombaan balap sepeda. Jaring antiserangga menjadi lapisan kedua setelah body untuk menghindari adanya serangga yang akan mengganggu konsentrasi saat perlombaan. Produk ini tersedia dalam ukuran M dan L yang dapat Anda pilih sesuai lingkar kepala Anda.

1. Cairbull 04 Helm Sepeda MTB

1. Cairbull Helm Sepeda MTB

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 600.000

Aman dan nyaman untuk perlombaan

Anda sedang mencari helm sepeda untuk perlombaan? Kami rekomendasikan produk yang satu ini. Berjenis bulat, helm sepeda ini diproduksi dengan bahan yang kokoh dan tahan benturan. Untuk Anda yang sering mengikuti perlombaan, produk ini juga dilengkapi kaca mata goggles yang akan melindungi Anda dari debu dan paparan langsung sinar matahari selama perlombaan.

Desainnya elegan, dengan pilihan warna merah dan hitam. Selama menggunakan produk ini hawa panas akan ditahan oleh integrated ventilasi aliran udara yang akan meningkatkan sirkulasi udara. Busa EPS seberat 105 gram akan memberikan kenyamanan saat Anda melewati jalan yang bergejolak. Fitur fit system 360 derajat pada adjuster-nya akan menyesuaikan dengan kepala Anda dan mudah diputar hanya dengan satu tangan.

Kesimpulan

Sudahkah Anda menemukan helm sepeda yang cocok? Jika belum, cobalah untuk memperkecil pilihan dengan anggaran yang Anda miliki. Jangan lupa untuk mengutamakan kenyamanan dan keamanan produk.

Perjalanan bersepeda Anda dijamin akan semakin menyenangkan dengan menggunakan helm sepeda dengan kualitas baik. Semoga ulasan mengenai helm sepeda yang kami berikan ini berguna untuk Anda. Good luck!