• 10 Rekomendasi Ice Pack Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Ice Pack Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Ice Pack Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Ice Pack Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Ice Pack Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Ice Pack Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Ice pack sangat bermanfaat untuk Anda yang gemar membawa bekal makanan, maupun untuk Anda yang ingin menyimpan sesuatu pada cooler bag (tas dengan insulasi untuk dingin) ataupun cooler box (kotak pendingin). Beragam produk ice pack sudah banyak dijual, mulai dari ice pack keluaran merek ternama seperti Mashala, hingga berbagai produk yang telah banyak beredar. Hal ini tentunya akan membuat calon pembeli bingung dalam memilih, yang manakah yang merupakan produk ice pack berkualitas.

Kali ini, kami akan mengulas tentang cara memilih ice pack, sekaligus merekomendasikan ice pack yang bagus, khusus untuk Anda. Kami akan membandingkan fungsi pendinginnya dan cost performance-nya. Gunakanlah artikel ini sebagai referensi saat Anda ingin membeli ice pack.
  • Pembaharuan terakhir: 08 Mei 2020
  • 11.422 Views
Daftar isi

Cara memilih ice pack

Ice pack sungguh berguna dalam membantu menjaga keawetan bahan makanan maupun bekal. Kali ini, kami akan menjelaskan cara-cara memilih ice pack yang cocok dengan cooler bag dan cooler box. Hal-hal apa saja yang sebaiknya diperhatikan saat memilih ice pack, agar makanan dan minuman bisa dingin lebih lama? Silakan simak ulasannya berikut ini.

Memilih sesuai keperluan

Pada saat Anda akan menggunakan ice pack, hal yang paling penting untuk diperhatikan adalah “suhu” dan “kemampuan mendinginkan”. Anda bisa salah pilih kalau Anda hanya memilih dengan anggapan “sepertinya akan dingin dengan baik”. Oleh karena itu, silakan perhatikan hal-hal berikut ini.

Dingin atau beku? Berapa suhunya?

Dingin atau beku? Berapa suhunya?
Saat akan membeli ice pack, mari ingat dulu benda apa yang ingin kita dinginkan. Misalkan Anda hanya ingin menyimpan minuman atau kotak bekal sebentar saja, maka ice pack tipe 0℃ sudah cukup. Bila Anda ingin menyimpan bahan yang harus segar lebih lama, seperti menyimpan es atau daging untuk BBQ, kami sarankan Anda untuk memilih ice pack tipe di bawah titik beku, yang fungsinya mirip dengan fungsi freezer.
Bila pada bungkus ice pack tidak ada tulisan kisaran suhunya, umumnya ice pack tersebut merupakan tipe 0℃. Namun, hal ini akan berbeda tergantung dari produk dan mereknya. Sebaliknya, saat Anda ingin membeli tipe di bawah titik beku, pastikan untuk mengecek ada tidaknya tulisan tentang derajat pemakaian (-XX℃).
Jangan lupa, makanan dan minuman yang terus-menerus disimpan bersama ice pack tipe di bawah titik beku akan ikut menjadi beku dan hanya bisa digunakan setelah dicairkan. Oleh sebab itu, mari pikirkan terlebih dahulu, berapa suhu dingin yang Anda butuhkan.

Lama waktu penggunaan

Ice pack akan mencair untuk mendinginkan suhu di sekitarnya. Itu artinya, saat Anda ingin mendinginkan sesuatu dalam waktu yang lama, pilihlah ice pack yang ukurannya besar dan tidak mudah mencair. Namun, semakin besar ukuran ice pack, waktu pembekuan yang diperlukan juga semakin lama. Pilihlah yang ukurannya wajar, sesuai kebutuhan Anda.
Lama pemakaian ice pack juga dipengaruhi oleh kondisi sekitar. Biasanya produk-produk ice pack tidak dilengkapi keterangan lama pemakaian yang optimal. Kondisi di dalam cooler bag ataupun cooler box, dan persiapan yang dilakukan sebelumnya (apakah makanan/ minuman tersebut sudah dingin sebelum dimasukkan ke cooler box?), akan berpengaruh pada lamanya fungsi pendinginan.
Ada yang beranggapan bahwa semakin dingin ice pack, maka kemampuannya untuk mendinginkan juga lebih lama. Anggapan itu sebenarnya terbalik. Untuk mendinginkan dengan baik, maka banyak energi panas di sekitar makanan dan minuman yang harus diambil, dan itu akan membuat ice pack menjadi cepat cair. Oleh karena itu, untuk menjaga agar suhu tetap dingin lebih lama, sebenarnya tipe 0℃ lebih baik daripada tipe di bawah titik beku.

Makin efektif bila dikombinasikan!

Makin efektif bila dikombinasikan!
Dilihat dari karakteristiknya, ice pack memiliki sifat yang berkebalikan antara “mendinginkan dengan baik” dan “lama waktu pendinginan”. Apa yang harus dilakukan agar ice pack bisa mendinginkan dalam waktu yang lebih lama? Para pecinta kegiatan outdoor sering menggabungkan tipe 0℃ dengan tipe di bawah titik beku agar makanan dan minuman yang didinginkan bisa lebih dingin dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, ada juga yang mengombinasikan pemakaian ice pack yang bentuknya kecil dengan yang bentuknya besar! Efektifitas pendinginan bisa ditingkatkan dengan cara menghilangkan space atau ruang yang tak terpakai pada tas maupun box, dengan menyumbat setiap celah menggunakan ice pack yang kecil.
Tipe 0℃ yang bentuknya kecil, harganya cenderung lebih murah. Saat Anda ragu-ragu, tidak ada salahnya Anda membeli masing-masing tipe dengan ukuran yang berbeda.

Jangan lupa mengecek waktu pendinginan ulang!

Jangan lupa mengecek waktu pendinginan ulang!
Pada saat Anda ingin camping dua hari satu malam, sebaiknya Anda mendinginkan ice pack di malam hari untuk dipakai di hari berikutnya. Untuk itu, mari cek juga waktu pendinginan ulang ice pack.
Ada ice pack yang ukurannya panjang dan membutuhkan waktu hingga 48 jam untuk kembali mendinginkannya. Supaya Anda tidak kecewa karena ice pack belum siap saat Anda ingin menggunakannya, pilihkan ice pack yang sesuai dengan kondisi dan keperluan Anda. Akhir-akhir ini, ada berbagai macam produk ice pack yang dapat dibekukan dalam waktu yang lebih singkat.

Bila sering dipakai ulang, pilihlah yang hard type!

Bila sering dipakai ulang, pilihlah yang hard type!
Dilihat dari kemasannya, terdapat dua tipe kemasan ice pack, yaitu kemasan hard type dan soft type. Banyak produk ice pack dengan kemasan soft type dijual dengan harga murah, namun kemasan ini cenderung mudah robek jika digunakan berulang kali. Untuk Anda yang menginginkan durabilitas tinggi dan penggunaan yang berkelanjutan, kemasan hard type merupakan tipe yang cocok bagi Anda.
Selain itu, pemakaian ice pack berulang kali akan menyebabkan tetesan air berkumpul di sisi luar kemasan. Jika dibiarkan, tetesan air ini akan membentuk es, yang menyebabkan permukaan menjadi kasar.
Jika Anda menggunakan ice pack yang bagian luarnya dilapisi es, maka bagian dalam cooler bag atau box Anda nantinya akan dipenuhi rembesan air, yang menyebabkan kemampuan pendinginan juga berkurang. Silahkan membaca review terkait produk yang Anda inginkan, untuk mengetahui apakah ice pack pilihan Anda cocok untuk dipakai berulang kali.

10 Rekomendasi ice pack terbaik

Langsung saja, kami akan memperkenalkan ice pack yang direkomendasikan, berdasarkan keterangan cara-cara memilih yang telah kami jelaskan sebelumnya.
10
9
8
7
6
Ice cool 2in1 Pack Ice Gel 1

Ice cool2in1 Pack Ice Gel

Rp 58.017,00

5
Mars Collection Ice pack blue – GEL007   1

Mars CollectionIce pack blue – GEL007

Rp 56.000,00

4
KIS Sun Gel Ice – A – 1 lusin 1

KISSun Gel Ice – A – 1 lusin

Rp 61.080,00

3
Rubbermaid- blue ice 1

Rubbermaid-blue ice

Rp 446.000,00

2
IBERL 5 Pcs Reusable Ice Gel Pack 1

IBERL5 Pcs Reusable Ice Gel Pack

Rp 47.782,00

1

Tabel perbandingan produk ice pack terbaik

Gambar produk
1
Maslaha Ultra Cool kotak 1

Maslaha

2
IBERL 5 Pcs Reusable Ice Gel Pack 1

IBERL

3
Rubbermaid- blue ice 1

Rubbermaid-

4
KIS Sun Gel Ice – A – 1 lusin 1

KIS

5
Mars Collection Ice pack blue – GEL007   1

Mars Collection

6
Ice cool 2in1 Pack Ice Gel 1

Ice cool

7
Little Baby Nano Ice Gel 1

Little Baby

8
Gabag Ice Gel 500 ml 1

Gabag

9
BKA Ice Gel Big size pack 1

BKA

10
Unimom Ice Gel Pack Nano Silver 1

Unimom

Nama produk

Ultra Cool kotak

5 Pcs Reusable Ice Gel Pack

blue ice

Sun Gel Ice – A – 1 lusin

Ice pack blue – GEL007

2in1 Pack Ice Gel

Nano Ice Gel

Ice Gel 500 ml

Ice Gel Big size pack

Ice Gel Pack Nano Silver

KeunggulanHarga terjangkau, aman dan ...Cepat dingin, cepat bisa di...Pas dipadukan dengan kotak ...Praktis untuk sekali pakaiDesain berlekuk, cocok untu...Ice pack kecil yang multifu...Dapat digunakan juga sebaga...Bisa mendinginkan, bisa jug...Ice pack dengan kemasan foo...Ice pack dengan teknologi n...
HargaRp 25.800,00Rp 47.782,00Rp 446.000,00Rp 61.080,00Rp 56.000,00Rp 58.017,00Rp 22.000,00Rp 13.800,00Rp 43.625,00Rp 32.500,00
Tautan produk

Yang harus diperhatikan saat memakai ice pack

Dibawah ini kami akan mengulas hal-hal yang harus diperhatikan saat memakai ice pack, berdasarkan review dan pengalaman dari para pemakai. Pastinya hal ini akan menjadi info yang berguna bagi Anda.

Gunakanlah ice pack yang benar-benar sudah dingin

Gunakanlah ice pack yang benar-benar sudah dingin
Ice pack tipe di bawah titik beku memang praktis, namun cenderung lebih memakan waktu untuk mempersiapkannya. Misalnya, untuk membekukan cool pack -16 ℃, diperlukan freezer dengan suhu -20 ℃, dan untuk mencapai suhu tersebut, kulkas juga perlu didinginkan pada pengaturan suhu yang terdingin (kondisi maksimal). Ada pula ice pack yang harus dibekukan pada freezer yang kosong.
Hal ini memang memakan waktu, namun hal ini perlu dilakukan agar ice pack tidak mudah mencair. Oleh karena itu, Anda perlu berhati-hati bila ingin menggunakan ice pack jenis ini. Banyak review di internet yang menyatakan bahwa ice pack jenis ini “terlalu memakan waktu sampai jadi dingin”, dan ternyata memang benar, butuh waktu hingga 2 hari sampai ice pack tersebut benar-benar dingin.
Ada juga yang menyebutkan bahwa tipe di bawah nol derajat tidak bisa dingin kalau ditumpuk. Untuk mendinginkan ice pack, ada banyak cara yang nantinya akan berhubungan dengan lama tidaknya waktu pendinginan. Silakan menggunakan referensi dari keterangan tiap produk maupun review yang Anda temukan, terkait pemakaian produk tersebut.

Cara membuang ice pack dengan benar

Cara membuang ice pack dengan benar
Ice pack mengandung air dan water absorptive polymer. Polimer ini berdaya serap tinggi, dan biasanya sama dengan polimer yang dipakai pada popok bayi. Secara umum, ice pack termasuk sampah yang dapat dibakar. Karena ice pack banyak mengandung air, mungkin ada yang akan membuangnya di toilet atau wastafel. Namun, Anda perlu berhati-hati karena ice pack bisa menyerap air toilet dan membuat pipa salurannya tersumbat.

Kesimpulan

Bagaimana dengan produk ice pack yang kami rekomendasikan?
Ice pack merupakan produk yang dapat diandalkan untuk kegiatan outdoor dan juga pertolongan darurat saat cedera. Kali ini, kami tidak hanya menjelaskan efek pendinginan dari ice pack, namun kami juga membuat rekomendasi berdasarkan harga dan kemudahan pemakaiannya. Pastikan untuk menggunakan artikel ini sebagai referensi saat Anda ingin membeli ice pack!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sepeda Gunung Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sepeda Gunung Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    Sepeda gunung dapat digunakan untuk berbagai macam medan. Mulai dari jalanan kota yang mulus sampai jalanan pegunungan yang tidak rata bisa Anda tempuh. Ketika memilih sepeda gunung untuk pertama kali, Anda pasti bingung karena terdapat banyak jenis sepeda gunung di pasaran.Produsen ternama seperti United, Polygon, Viva Cycle, dan berbagai produsen sepeda lainnya juga banyak mengeluarkan produk sepeda gunung. Oleh karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta merekomendasikan sepuluh sepeda gunung terbaik untuk pemula. Pilihlah yang paling Anda sukai dan sesuai dengan kebutuhan!
    Outdoor & sports
    303.428 Views
  • 10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sepeda lipat adalah sepeda yang dapat dilipat sehingga mudah dibawa kemana-mana. Saat ini sudah banyak produsen sepeda lipat, seperti Apollo, Evergreen, United Trifold, dan lainnya. Masing-masing produk memiliki karakteristiknya sendiri, sehingga seringkali membuat kita bingung saat memilih.Pada artikel kali ini, kami akan membahas mengenai hal-hal apa saja yang harus diperhatikan ketika memilih sepeda lipat. Kami juga akan memberikan rekomendasi sepeda lipat terbaik yang telah kami pilih dengan seksama. Semoga artikel ini dapat membantu Anda!
    Outdoor & sports
    327.966 Views
  • 10 Rekomendasi Sepeda Balap (Road Bike) Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sepeda Balap (Road Bike) Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    Sepeda balap atau road bike merupakan moda transportasi yang banyak disukai karena menyehatkan dan ramah lingkungan. Road bike yang saat ini beredar di pasaran tersedia dalam berbagai tipe. Sebut saja keluaran merek-merek ternama, seperti Polygon, United, Element, dan sebagainya. Komponen-komponennya pun tergolong banyak sehingga acap kali membuat bingung, khususnya bagi para pemula.Untuk itu, kami akan menjelaskan poin-poin yang perlu diperhatikan ketika memilih road bike. Kemudian, kami akan memperkenalkan rekomendasi produk untuk mengakomodasi berbagai kebutuhan bersepeda Anda. Simak informasinya dan temukan road bike favorit Anda di sini!
    Outdoor & sports
    120.900 Views
  • 10 Rekomendasi Sepeda Hybrid Terbaik yang Cocok untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sepeda Hybrid Terbaik yang Cocok untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    Untuk Anda yang berencana membeli sepeda hybrid, apakah saat ini Anda sedang bingung dalam memilihnya? Sekarang sudah banyak sepeda hybrid yang dijual di pasaran keluaran merek ternama, misalnya Polygon, United, Pacific, dan sebagainya. Masing-masing memiliki ciri khas tersendiri sehingga tidak sedikit pemula yang bingung soal patokan seperti apa yang sebaiknya diperhatikan saat memilih sepeda hybrid.Kali ini kami akan mengulas tentang sepeda hybrid yang direkomendasikan untuk pemula dengan harga cukup terjangkau namun berkualitas, dan mengurutkannya dalam format ranking. Kami akan membandingkan segi harga, kemampuan produk, dan ulasan dari pengguna yang sudah membelinya. Tentu saja kami juga akan menjelaskan tentang cara memilih sepeda hybrid yang tepat. Jadikanlah ulasan kami ini sebagai step awal serta referensi dalam menemukan sepeda hybrid yang paling cocok untuk Anda!
    Outdoor & sports
    66.738 Views
  • 10 Rekomendasi Raket Bulu Tangkis Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Raket Bulu Tangkis Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Olahraga bulu tangkis adalah salah satu dari sekian banyak olahraga yang digemari banyak orang. Mulai dari anak-anak hingga dewasa, dapat memainkan olahraga ini. Raket, menjadi hal yang sangat penting dalam olahraga ini. Untuk mendukung permainan yang berkualitas, dibutuhkan raket yang bagus dan nyaman digunakan.Kali ini, kami akan memperkenalkan produk raket bulu tangkis yang bagus dan berkualitas seperti Yonex, Adidas, Li-Ning, dan sebagainya, yang dapat digunakan untuk pemula atau untuk Anda yang sudah profesional. Namun, sebelum itu kami akan menjelaskan terlebih dahulu poin-poin yang harus Anda perhatikan dalam memilih raket bulu tangkis. Silakan disimak!
    Outdoor & sports
    103.923 Views
  • 10 Rekomendasi Sepeda Polygon Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sepeda Polygon Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bersepeda adalah olahraga yang dapat dinikmati oleh semua usia, mulai dari anak kecil hingga dewasa. Salah satu merek sepeda buatan Indonesia yang cukup terkenal dan diminati banyak orang adalah Polygon. Mengingat banyak jenis sepeda yang ditawarkan Polygon, tentu sebagai pembeli Anda sering merasa kebingungan. Melalui artikel ini, kami akan memberikan tips cara memilih sepeda Polygon terbaik. Tipe sepeda favorit seperti Polygon Urbano 13, Polygon Relic20, dan Polygon Cascade 2 juga masuk ke dalam daftar rekomendasi kami. Untuk itu, baca sampai tuntas dan pilih tipe yang Anda sukai, ya!
    Outdoor & sports
    31.291 Views
  • 10 Rekomendasi Push Up Bar Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Push Up Bar Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Push up merupakan olahraga sederhana yang cukup sering dilakukan masyarakat. Meski dapat dilakukan tanpa alat bantu, penggunaan push up bar dapat mempermudah kegiatan push up. Manfaatnya antara lain membantu memberikan hasil lebih maksimal dan mengurangi potensi cedera pada pergelangan tangan.Banyaknya push up bar yang dijual di pasaran mungkin jadi membingungkan Anda. Beberapa merek di antaranya adalah Xiaomi, Kettler, dan Adidas. Jadi, kali ini kami akan menjelaskan cara memilihnya, terutama bagi Anda yang akan menggunakan push up bar untuk pertama kalinya. Selamat membaca!
    Outdoor & sports
    2.227 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori