10 Rekomendasi Ice Pack Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Ice Pack Terbaik (Terbaru Tahun 2017)

Ice pack sangat bermanfaat untuk Anda yang gemar membawa bekal makanan, maupun untuk Anda yang ingin menyimpan sesuatu pada cooler bag (tas dengan insulasi untuk dingin) ataupun cooler box (kotak pendingin). Beragam produk ice pack sudah banyak dijual, mulai dari ice pack keluaran merek ternama seperti Mashala, hingga berbagai produk yang telah banyak beredar. Hal ini tentunya akan membuat calon pembeli bingung dalam memilih, yang manakah yang merupakan produk ice pack berkualitas.

Kali ini, kami akan mengulas tentang cara memilih ice pack, sekaligus merekomendasikan ice pack yang bagus, khusus untuk Anda. Kami akan membandingkan fungsi pendinginnya dan cost performance-nya. Gunakanlah artikel ini sebagai referensi saat Anda ingin membeli ice pack.

Daftar isi

Cara memilih ice pack

Ice pack sungguh berguna dalam membantu menjaga keawetan bahan makanan maupun bekal. Kali ini, kami akan menjelaskan cara-cara memilih ice pack yang cocok dengan cooler bag dan cooler box. Hal-hal apa saja yang sebaiknya diperhatikan saat memilih ice pack, agar makanan dan minuman bisa dingin lebih lama? Silakan simak ulasannya berikut ini.

Memilih sesuai keperluan

Pada saat Anda akan menggunakan ice pack, hal yang paling penting untuk diperhatikan adalah “suhu” dan “kemampuan mendinginkan”. Anda bisa salah pilih kalau Anda hanya memilih dengan anggapan “sepertinya akan dingin dengan baik”. Oleh karena itu, silakan perhatikan hal-hal berikut ini.

Dingin atau beku? Berapa suhunya?

Dingin atau beku? Berapa suhunya?

Saat akan membeli ice pack, mari ingat dulu benda apa yang ingin kita dinginkan. Misalkan Anda hanya ingin menyimpan minuman atau kotak bekal sebentar saja, maka ice pack tipe 0℃ sudah cukup. Bila Anda ingin menyimpan bahan yang harus segar lebih lama, seperti menyimpan es atau daging untuk BBQ, kami sarankan Anda untuk memilih ice pack tipe di bawah titik beku, yang fungsinya mirip dengan fungsi freezer.

Bila pada bungkus ice pack tidak ada tulisan kisaran suhunya, umumnya ice pack tersebut merupakan tipe 0℃. Namun, hal ini akan berbeda tergantung dari produk dan mereknya. Sebaliknya, saat Anda ingin membeli tipe di bawah titik beku, pastikan untuk mengecek ada tidaknya tulisan tentang derajat pemakaian (-XX℃).

Jangan lupa, makanan dan minuman yang terus-menerus disimpan bersama ice pack tipe di bawah titik beku akan ikut menjadi beku dan hanya bisa digunakan setelah dicairkan. Oleh sebab itu, mari pikirkan terlebih dahulu, berapa suhu dingin yang Anda butuhkan. 

Lama waktu penggunaan

Lama waktu penggunaan

Ice pack akan mencair untuk mendinginkan suhu di sekitarnya. Itu artinya, saat Anda ingin mendinginkan sesuatu dalam waktu yang lama, pilihlah ice pack yang ukurannya besar dan tidak mudah mencair. Namun, semakin besar ukuran ice pack, waktu pembekuan yang diperlukan juga semakin lama. Pilihlah yang ukurannya wajar, sesuai kebutuhan Anda.

Lama pemakaian ice pack juga dipengaruhi oleh kondisi sekitar. Biasanya produk-produk ice pack tidak dilengkapi keterangan lama pemakaian yang optimal. Kondisi di dalam cooler bag ataupun cooler box, dan persiapan yang dilakukan sebelumnya (apakah makanan/ minuman tersebut sudah dingin sebelum dimasukkan ke cooler box?), akan berpengaruh pada lamanya fungsi pendinginan.

Ada yang beranggapan bahwa semakin dingin ice pack, maka kemampuannya untuk mendinginkan juga lebih lama. Anggapan itu sebenarnya terbalik. Untuk mendinginkan dengan baik, maka banyak energi panas di sekitar makanan dan minuman yang harus diambil, dan itu akan membuat ice pack menjadi cepat cair. Oleh karena itu, untuk menjaga agar suhu tetap dingin lebih lama, sebenarnya tipe 0℃ lebih baik daripada tipe di bawah titik beku.

Makin efektif bila dikombinasikan!

Makin efektif bila dikombinasikan!

Dilihat dari karakteristiknya, ice pack memiliki sifat yang berkebalikan antara “mendinginkan dengan baik” dan “lama waktu pendinginan”. Apa yang harus dilakukan agar ice pack bisa mendinginkan dalam waktu yang lebih lama? Para pecinta kegiatan outdoor sering menggabungkan tipe 0℃ dengan tipe di bawah titik beku agar makanan dan minuman yang didinginkan bisa lebih dingin dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, ada juga yang mengombinasikan pemakaian ice pack yang bentuknya kecil dengan yang bentuknya besar! Efektifitas pendinginan bisa ditingkatkan dengan cara menghilangkan space atau ruang yang tak terpakai pada tas maupun box, dengan menyumbat setiap celah menggunakan ice pack yang kecil.

Tipe 0℃ yang bentuknya kecil, harganya cenderung lebih murah. Saat Anda ragu-ragu, tidak ada salahnya Anda membeli masing-masing tipe dengan ukuran yang berbeda.

Jangan lupa mengecek waktu pendinginan ulang!

Jangan Lupa Mengecek Waktu Pendinginan Ulang !

Pada saat Anda ingin camping dua hari satu malam, sebaiknya Anda mendinginkan ice pack di malam hari untuk dipakai di hari berikutnya. Untuk itu, mari cek juga waktu pendinginan ulang ice pack.

Ada ice pack yang ukurannya panjang dan membutuhkan waktu hingga 48 jam untuk kembali mendinginkannya. Supaya Anda tidak kecewa karena ice pack belum siap saat Anda ingin menggunakannya, pilihkan ice pack yang sesuai dengan kondisi dan keperluan Anda. Akhir-akhir ini, ada berbagai macam produk ice pack yang dapat dibekukan dalam waktu yang lebih singkat.

Bila sering dipakai ulang, pilihlah yang hard type!

Bila sering dipakai ulang, pilihlah yang hard type!

Dilihat dari kemasannya, terdapat dua tipe kemasan ice pack, yaitu kemasan hard type dan soft type. Banyak produk ice pack dengan kemasan soft type dijual dengan harga murah, namun kemasan ini cenderung mudah robek jika digunakan berulang kali. Untuk Anda yang menginginkan durabilitas tinggi dan penggunaan yang berkelanjutan, kemasan hard type merupakan tipe yang cocok bagi Anda.

Selain itu, pemakaian ice pack berulang kali akan menyebabkan tetesan air berkumpul di sisi luar kemasan. Jika dibiarkan, tetesan air ini akan membentuk es, yang menyebabkan permukaan menjadi kasar.

Jika Anda menggunakan ice pack yang bagian luarnya dilapisi es, maka bagian dalam cooler bag atau box Anda nantinya akan dipenuhi rembesan air, yang menyebabkan kemampuan pendinginan juga berkurang. Silahkan membaca review terkait produk yang Anda inginkan, untuk mengetahui apakah ice pack pilihan Anda cocok untuk dipakai berulang kali.

10 Rekomendasi ice pack terbaik

Langsung saja, kami akan memperkenalkan ice pack yang direkomendasikan, berdasarkan keterangan cara-cara memilih yang telah kami jelaskan sebelumnya.

10. Unimom Ice Gel Pack Nano Silver

10. Unimom Ice Gel Pack Nano Silver

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 31.900

Ice pack dengan teknologi nano silver

Unimom Ice Pack Nano Silver memiliki lapisan nano silver yang melapisi seluruh permukaan kemasannya. Adanya logam perak dalam coating kemasannya ini mampu menghambat pertumbuhan bakteri. Karenanya, produk ini banyak digunakan oleh para ibu menyusui yang ingin menyimpan dan membawa ASI mereka, apalagi ice pack ini dapat digunakan selama 8-12 jam. Selain itu, nano silver juga berfungsi sebagai penetral bau (deodorizer), yang menjaga cooler bag atau cooler box agar tidak bau.

Kemasannya juga anti bocor dan tidak akan basah saat mencair, sehingga praktis untuk digunakan. Ukurannya yang tipis juga memudahkan penggunaannya, karena Anda tinggal menyisipkannya saja diantara makanan dan minuman yang ingin didinginkan. Perlu diperhatikan bahwa produk ini dapat dipakai berulang kali, namun membutuhkan waktu 8 jam untuk kembali mendinginkannya.

9. BKA Ice Gel Big size pack

9. BKA Ice Gel Big size pack

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 25.900

Ice pack dengan kemasan food grade

BKA Ice Gel Pack adalah pendingin dengan kemasan plastik food grade dan antibakteri. Karena itu, ice pack ini cocok untuk menjaga suhu makanan, minuman ataupun ASI,  agar tetap dingin. Kemasannya yang tipis menjadikannya praktis untuk dibawa dan tidak memakan banyak ruang.

Walaupun tipis, produk ini ukurannya relatif besar (20 x 15 cm), sehingga Anda cukup membawa satu pak saja untuk mendinginkan satu-dua botol minuman atau kotak bekal. Jika banyak yang perlu didinginkan, tentu saja Anda akan perli lebih dari satu ice pack.

8. Gabag Ice Gel 500 ml

Gabag Ice Gel 500 ml

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 16.900

Bisa mendinginkan, bisa juga menghangatkan !

Gabag Ice Gel 500 ml dapat digunakan sebagai pendingin maupun sebagai penghangat. Cocok untuk segala kondisi, terutama bagi Anda yang sering bepergian. Anda dapat menjaga agar suhu makanan Anda tetap hangat. Bila Anda ingin membawa minuman hangat pun, adanya gel penghangat dapat membantu menjaga agar minuman Anda hangat lebih lama.

Walaupun dapat dipakai berulang kali, Anda perlu memperhatikan cara pembekuannya. Bila diletakkan dalam posisi vertikal, ada risiko kemasannya dapat bocor. Karena itu, letakkan Gabag dalam posisi rata dan mendatar saat dibekukan.

7. Little Baby Nano Ice Gel

7. Little Baby Nano Ice Gel

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 40.000

Dapat digunakan juga sebagai kompres

Little Baby Nano Ice Gel Pack terbukti efektif dalam mencegah pertumbuhan bakteri hingga 99%. Fungsi antibakteri menjadi penting karena pemakaian berulang dan pendinginan yang berulang kali dapat meningkatkan risiko pertumbuhan bakteri di kemasannya. Produk ini dapat dipakai berulang-kali selama 6-12 bulan, asalkan gel di dalamnya dan kemasannya tidak rusak.

Tidak hanya dapat membantu Anda dalam mendinginkan ASI, makanan maupun minuman Anda, Nano Ice Gel Pack juga dapat berfungsi sebagai kompres untuk lebam dan memar, bila Anda ataupun anak Anda terluka. Bila digunakan sebagai kompress, jangan lupa untuk membungkusnya dengan kain bersih, supaya lembut di kulit. Hati-hati juga, bila terlalu dingin maka penggunaan pada jangka waktu lama dapat menyebabkan sensasi yang tidak nyaman pada kulit (seperti menempelkan tangan ke es batu).

6. Ice cool 2in1 Pack Ice Gel

6. Ice cool 2in1 Pack Ice Gel

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 67.500

Ice pack kecil yang multifungsi

Dapat digunakan untuk mendinginkan menghangatkan, produk berukuran kecil ini memudahkan Anda yang suka membawa bekal makanan dan buah-buahan untuk makan siang, ataupun camilan. Dengan ukuran 10 x 10 cm, produk ini dapat disisipkan diantara makanan dan minuman Anda. Karena ukurannya yang kecil, Anda yang tidak memiliki cooler bag ataupun cooler box dapat menggunakan produk ini dengan memasukkannya ke dalam tas bekal Anda.

Ice pack ini juga aman untuk digunakan, karena kemasannya food grade, BPA free dan non toxic (tidak beracun). Aman, berkualitas, dan ukuran kecilnya sungguh praktis untuk mendinginkan maupun menghangatkan makanan, minuman, ataupun ASI.

5. Mars Collection Ice pack blue – GEL007 

5. Mars Collection Ice pack blue - GEL007

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 53.833

Desain berlekuk, cocok untuk mendinginkan minuman

Bagi Anda yang selalu ingin menikmati minuman dingin, baik minuman botol maupun minuman kaleng, maka ice pack ini adalah pilihan yang paling tepat. Desainnya yang berlekuk dapat “memeluk” botol maupun kaleng minuman, sehingga suhu di sekeliling kemasan minuman akan selalu terjaga. Masukkan produk ini ke dalam cooler bag atau cooler box Anda, dan nikmatilah minuman yang tetap dingin selama perjalanan Anda.

Wadahnya tebal (hard type), anti bocor dan tahan banting, sehingga dapat digunakan berulang kali dalam jangka waktu lama.  Ice pack ini mampu mendinginkan selama 14 jam, cocok untuk Anda yang menginginkan pendinginan dalam jangka waktu lama.

4. KIS Sun Gel Ice – A – 1 lusin

4. KIS Sun Gel Ice - A - 1 lusin

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 73.380

Praktis untuk sekali pakai

Ice pack ini ukurannya kecil (7.5 x 10 x 2.5 cm) dan didesain untuk sekali pakai. Produk ini sudah banyak digunakan oleh perusahaan farmasi, es krim, dan perusahaan kue, untuk menjaga ketahanan produk mereka agar tetap dingin setelah produk sampai ke tangan konsumen. Anda juga dapat menggunakannya dengan konsep yang sama, misalnya saat Anda hendak memberikan es krim ataupun kue buatan Anda untuk dibawa pulang oleh orang lain yang berkunjung ke rumah.

Karena didesain untuk sekali pakai, maka Anda dapat membuangnya dan tak perlu membawa ice pack ini pulang. Inilah kepraktisan yang ditawarkan oleh produk ice pack ini. Produk ini juga aman, karena telah mendapat sertifikasi dari Depkes RI maupun dari SGS International.

3. Rubbermaid- blue ice

3. Rubbernaid- blue ice

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 446.000

Pas dipadukan dengan kotak makanan Rubbermaid Easy Find Lids

Rubbermaid-blue ice merupakan ice pack hard type yang secara khusus dirancang agar kompatibel dengan produk kotak makanan keluaran merek yang sama (Rubbermaid Easy Find Lids Food Storage Container). Bila Anda sering membawa makanan dingin seperti salad, buah-buahan, yoghurt, keju, ataupun sandwich, maka padanan produk kotak makanan dan ice pack yang kompatibel dengannya merupakan pilihan yang praktis.

Anda juga dapat menggunakan ice pack ini untuk cooler bag maupun cooler box Anda, cukup dengan memasukkannya diantara makanan dan minuman, ataupun di sisi atas dan bawahnya. Bentuknya juga tidak terlalu besar, sehingga praktis untuk digunakan.

2. IBERL 5 Pcs Reusable Ice Gel Pack

2. IBERL 5 Pcs Reusable Ice Gel Pack

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 48.450

Cepat dingin, cepat bisa dipakai kembali!

Walaupun agak repot dalam menyiapkan gelnya untuk pemakaian pertama, namun produk ini unggul dalam kemampuannya untuk kembali dingin. Produk ini hanya butuh 4-5 jam untuk kembali dingin dan siap digunakan. Produk lain umumnya membutuhkan waktu sekitar 8 jam untuk kembali beku. Produk ini sungguh cocok untuk Anda yang sering keluar dan selalu membutuhan ice pack.

Untuk menyiapkannya, Anda hanya perlu memasukkan air secukupnya ke dalam wadah IBERL ini dan bubuk yang ada di dalamnya akan mengubah air menjadi gel. Namun Anda perlu berhati-hati untuk tidak mengocok ataupun menekan IBERL dengan keras, agar ice pack ini selalu awet dan tidak bocor. Dalam satu paket pembelian, produk ini berisi 5 lima kemasan. Cocok untuk cooler bag atau cooler box keluarga Anda!

1. Maslaha Ultra Cool kotak

1. Maslaha Ultra Cool kotak

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 35.000

Harga terjangkau, aman dan tahan lama!

Sebagai ice pack tipe di bawah titik beku (-25°C), Mashala Ultra Cool dapat menjaga agar ikan, daging, es krim, serta makanan beku lainnya tetap beku selama disimpan dalam cooler bag ataupun cooler box. Pilihan yang tepat untuk Anda yang suka camping dan BBQ ke tempat yang jauh. Produk ini juga dapat diandalkan bagi Anda yang perlu membawa enzim (misalnya insulin), vaksin dan obat-obatan tertentu yang harus disimpan pada suhu dibawah titik beku (0°C).

Untuk pemakaian jangka panjang, produk ini juga terjamin mutunya, karena dapat dipakai berulang kali selama 2 hingga 3 tahun. Kemasannya juga terbuat dari plastik polietilena berkualitas (hard type), bahan yang sama seperti yang dipakai pada merek Tupperware.

Yang harus diperhatikan saat memakai ice pack

Dibawah ini kami akan mengulas hal-hal yang harus diperhatikan saat memakai ice pack, berdasarkan review dan pengalaman dari para pemakai. Pastinya hal ini akan menjadi info yang berguna bagi Anda.

Gunakanlah ice pack yang benar-benar sudah dingin

Gunakanlah ice pack yang benar-benar sudah beku

Ice pack tipe di bawah titik beku memang praktis, namun cenderung lebih memakan waktu untuk mempersiapkannya. Misalnya, untuk membekukan cool pack -16 ℃, diperlukan freezer dengan suhu -20 ℃, dan untuk mencapai suhu tersebut, kulkas juga perlu didinginkan pada pengaturan suhu yang terdingin (kondisi maksimal). Ada pula ice pack yang harus dibekukan pada freezer yang kosong.

Hal ini memang memakan waktu, namun hal ini perlu dilakukan agar ice pack tidak mudah mencair. Oleh karena itu, Anda perlu berhati-hati bila ingin menggunakan ice pack jenis ini. Banyak review di internet yang menyatakan bahwa ice pack jenis ini “terlalu memakan waktu sampai jadi dingin”, dan ternyata memang benar, butuh waktu hingga 2 hari sampai ice pack tersebut benar-benar dingin.

Ada juga yang menyebutkan bahwa tipe di bawah nol derajat tidak bisa dingin kalau ditumpuk. Untuk mendinginkan ice pack, ada banyak cara yang nantinya akan berhubungan dengan lama tidaknya waktu pendinginan. Silakan menggunakan referensi dari keterangan tiap produk maupun review yang Anda temukan, terkait pemakaian produk tersebut.  

Cara membuang ice pack dengan benar

Cara pembuangan dan Poit Perhatian yang Tidak Banyak Disadari

Ice pack mengandung air dan water absorptive polymer. Polimer ini berdaya serap tinggi, dan biasanya sama dengan polimer yang dipakai pada popok bayi. Secara umum, ice pack termasuk sampah yang dapat dibakar. Karena ice pack banyak mengandung air, mungkin ada yang akan membuangnya di toilet atau wastafel. Namun, Anda perlu berhati-hati karena ice pack bisa menyerap air toilet dan membuat pipa salurannya tersumbat.

Kesimpulan

Bagaimana dengan produk ice pack yang kami rekomendasikan?

Ice pack merupakan produk yang dapat diandalkan untuk kegiatan outdoor dan juga pertolongan darurat saat cedera. Kali ini, kami tidak hanya menjelaskan efek pendinginan dari ice pack, namun kami juga membuat rekomendasi berdasarkan harga dan kemudahan pemakaiannya. Pastikan untuk menggunakan artikel ini sebagai referensi saat Anda ingin membeli ice pack!