10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2018)

Botol susu bayi adalah salah satu perlengkapan yang penting untuk dipersiapkan sebelum kelahiran. Agar bisa memberikan susu dengan nyaman kepada bayi Anda, tentunya penting untuk memilih produk yang tepat di antara sekian banyak botol susu yang tersedia di pasaran.

Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih botol susu bayi dengan pertimbangan bahan dasar yang digunakan, bentuk botol dan putingnya, usia bayi, serta ukuran dan beratnya. Setelahnya kami akan merekomendasikan produk-produk terbaik yang bisa Anda jadikan referensi dalam memilih botol susu yang paling tepat untuk bayi Anda.

Daftar isi

Hubungan antara menyusui ASI dan menyusui dengan botol

Hubungan antara menyusui ASI dan menyusui dengan botol

Proses menyusui adalah hal terbaik bagi hubungan ibu dan anak. Pada dasarnya, pemberian ASI langsung dari ibu adalah yang paling ideal bagi bayi. Namun, berbagai kondisi dan faktor tertentu bisa mengakibatkan ASI seorang ibu tidak mengalir dengan lancar sebagaimana yang diharapkan. Atau ada juga kasus di mana bayi tidak bisa menghisap susu secara langsung dari ibunya dengan baik sehingga pemberian ASI melalui botol akan lebih membantu dalam memastikan asupan gizi yang cukup bagi bayi.

Untuk mengatasi hal tersebut, botol susu bayi dirancang sedemikian rupa agar bayi seolah sedang menyusu langsung kepada ibu. Selain pemberian ASI yang sudah dipompa, saat ini sudah banyak susu formula untuk bayi yang mengandung nilai gizi yang cukup dan komposisi yang sesuai dengan standar dinas kesehatan. Dengan kata lain, para ibu tidak perlu merasa khawatir jika ASI-nya tidak keluar dengan baik dan bisa memberikan susu formula yang diproduksi dengan cermat setelah mempelajari komposisi ASI.

Selain untuk ASI atau susu formula, botol bayi juga bisa digunakan untuk memberikan air putih, jus, atau makanan cair untuk bayi. Meskipun Anda tidak mengalami masalah memberikan ASI secara langsung kepada bayi, tidak ada salahnya untuk mempersiapkan botol susu seperti ini di rumah, setidaknya untuk berjaga-jaga dan untuk berbagai keperluan lainnya.

Cara memilih botol susu untuk bayi

Botol susu untuk bayi yang digunakan harus disesuaikan dengan berbagai kondisi, mulai dari usia bayi, jenis makanan atau minuman yang akan diberikan, bentuk botol, dot atau puting karet penutup botol, dan sebagainya agar bayi yang menggunakan dan orangtua yang memberikan sama-sama merasa puas dan nyaman. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat Anda memilih botol susu untuk bayi. Berikut ini kami akan menjelaskan setiap poinnya agar dapat membantu Anda untuk memilih produk terbaik yang sesuai dengan kebutuhan.

Periksa bentuk dan lubang dot botol susu

Dot pada botol susu bayi umumnya terbuat dari karet dan tersedia dengan berbagai ukuran, mulai dari SS, S, M, hingga ukuran L. Karena ukuran karet puting ini bervariasi sesuai dengan bentuk mulut dan usia bayi, pastikan untuk mengecek dengan baik apakah ukuran puting botol susu yang akan Anda beli sesuai dengan yang dibutuhkan.

Karet puting ini memiliki lubang tempat susu akan keluar. Bentuk potongan dan jumlah lubang pada dot botol susu ini juga disesuaikan dengan usia bayi. Misalnya, dot dengan satu lubang biasanya diperuntukkan bagi bayi yang baru lahir, sedangkan dot dengan dua lubang diperuntukkan bagi bayi umur tiga bulan ke atas. Jumlah lubang ini menjadi salah satu hal yang mempengaruhi kenyamanan bayi dalam menyusu. Jadi, pastikan juga untuk memperhatikan poin ini sebelum Anda membeli botol susu.

Pilih ukuran dot berdasarkan usia bayi dan kecepatan minumnya

Pilih ukuran dot berdasarkan usia bayi dan kecepatan minumnya

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pada umumnya ukuran dot botol susu dibagi menjadi 4 ukuran. Ukuran SS (untuk botol susu berkapasitas 80-120 ml) untuk bayi berusia minimal 7 hari sampai 1 bulan, ukuran S (untuk botol susu berkapasitas 120-160 ml) untuk bayi berusia 1-3 bulan, ukuran M (untuk botol susu berkapasitas 160-200 ml) untuk bayi berusia 3-6 bulan, dan ukuran L (untuk botol susu berkapasitas 200-220 ml) untuk bayi berusia 6 bulan ke atas. Akan tetapi, cukup sulit menemukan toko yang menjual dot botol susu ukuran SS. Jadi, Anda bisa memilih untuk mulai menggunakan dot ukuran S dan menaikkan ukurannya perlahan sesuai dengan kebutuhan.

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan kecepatan bayi dalam menghabiskan susunya dari botol. Waktu normal yang bisa dijadikan acuan adalah sekitar 10 menit. Jika bayi Anda menghabiskan susu dalam waktu cepat, ada baiknya untuk menurunkan ukuran dot yang digunakan. Sebaliknya, jika bayi Anda minum dengan lambat, cobalah ganti ukuran dot dengan yang lebih besar.

Pilih bentuk lubang dot sesuai jumlah susu yang diminum dan kemampuan bayi mengisap

Pilih bentuk lubang dot sesuai jumlah susu yang diminum dan kemampuan bayi mengisap

Pada umumnya, ada tiga jenis lubang pada dot botol susu bayi yaitu lubang bulat, lubang silang, dan tiga lubang, tergantung produsennya masing-masing. Tiap lubang dibentuk dengan tujuan agar bayi bisa mengisap susu dengan baik dan agar susu bisa keluar dengan lancar. Mari kita simak fitur dari masing-masing tiga jenis lubang tersebut!

  • Lubang bulat: Botol jenis ini merupakan peralihan dot dari SS ke L. Botol ini perlu dipersiapkan sebelum persalinan karena bisa digunakan sejak bayi baru lahir.
  • Lubang tiga potong (bentuk huruf Y): Botol jenis ini mempunyai lubang dot seperti huruf Y jika dilihat dari atas. Bentuk lubang dot seperti ini menyebabkan susu yang keluar terbagi ke tiga titik tersebut dan jumlah susu yang keluar akan disesuaikan dengan daya isap bayi. Botol susu dengan bentuk lubang dot seperti ini direkomendasikan untuk bayi di atas usia 2 bulan.
  • Lubang silang: Botol jenis ini mempunyai lubang dot berbentuk seperti huruf X jika dilihat dari atas. Dengan bentuk lubang ini, susu bisa keluar tidak merata bergantung pada posisi bayi saat menyusu dan caranya mengisap sehingga lebih direkomendasikan untuk bayi yang sudah terbiasa menggunakan botol susu. Meski botol bisa dipakai sejak usia 2 bulan, banyak orang tua yang menggunakan botol susu jenis ini ketika bayinya berusia 6 bulan ke atas.

Dengan bertambahnya usia bayi, jenis dot dengan lubang silang dan bentuk Y bisa diubah ukurannya. Namun, dengan jumlah susu yang bisa diatur pada lubang dot bentuk ini tergantung pada cara dan daya isap bayi, kemungkinan Anda tidak perlu mengganti ukuran dot jika bayi Anda sudah terbiasa dan lebih suka dengan ukuran dot tertentu.

Periksa bahan botol yang digunakan

Saat ini, sebagian besar botol susu bayi terbuat dari kaca tahan panas atau plastik. Botol susu yang terbuat dari kaca tahan panas disebut-sebut lebih tahan lama karena susu bubuk biasa dilarutkan dalam air panas. Mungkin botol susu ini cocok digunakan oleh bayi yang baru lahir di mana botol susu dipegang oleh orang tuanya. Lain halnya jika bayi sudah bisa memegang sendiri. Botol berbahan plastik akan lebih nyaman digunakan karena lebih ringan dan kemungkinan tidak membuat tangan bayi lelah atau pegal saat memegangnya.

Akhir-akhir ini, selain bahan kaca dan plastik, tersedia juga botol susu bayi yang terbuat dari bahan baru yang bernama tritan. Berikut ini kami akan menjelaskan kelebihan dan kekurangan dari tiga bahan tersebut yang banyak digunakan sebagai bahan baku botol susu bayi.

Bahan kaca, tahan lama dan mudah disterilkan

Bahan kaca, tahan lama dan mudah disterilkan

Botol susu yang berbahan kaca memiliki ciri khas tahan lama dan dapat digunakan dalam waktu yang panjang. Botol ini juga lebih mudah untuk dibersihkan dan disterilkan dengan cara direbus atau dimasukan ke dalam microwave sehingga akan tetap terjaga kebersihannya.

Namun, salah satu kelemahan dari botol yang terbuat dari kaca adalah produk seperti ini lebih mudah pecah. Jika botol retak atau terbentur sesuatu, hal ini akan membahayakan pengguna. Selain itu, bayi juga akan kesulitan saat memegang botol karena bobotnya biasanya cukup berat.

Bahan plastik, ringan dan mudah dibawa-bawa

Bahan plastik, ringan dan mudah dibawa-bawa

Botol susu bayi berbahan plastik memiliki bobot yang lebih ringan dibandingkan dengan bahan kaca. Bagi bayi yang sudah bisa memegang barang sendiri, botol ini akan lebih mudah untuk dipegang. Selain itu, karena bobotnya yang ringan, botol ini mudah dibawa ke mana-mana.

Kelemahan dari botol berbahan plastik adalah mudah tergores sehingga botol gampak terlihat kotor atau kusam. Botol ini bisa dibersihkan dengan cara direbus dalam air panas, atau menggunakan microwave. Namun, ada sebagian produk yang berembun ketika disterilkan dengan microwave sehingga mempengaruhi penampilan botol. Bagi Anda yang memperhatikan segi penampilan, botol jenis ini tidak direkomendasikan.

Bahan tritan, ringan dan tidak mudah retak

Bahan tritan, ringan dan tidak mudah retak

Akhir-akhir ini, botol susu bayi berbahan tritan semakin marak di kalangan masyarakat. Bahan tritan adalah bahan yang menggabungkan transparansi kaca dan elastisitas plastik. Botol berbahan tritan menjadi sangat populer karena bobotnya ringan, tidak mudah retak, dan terkesan lebih bersih. Bahan ini bisa tahan hingga suhu 110 ℃ sehingga bisa dibersihkan menggunakan air mendidih maupun disinfeksi dengan bahan kimia. Namun, botol ini tidak tahan dipanaskan dengan microwave sehingga tidak direkomendasikan untuk Anda yang ingin mensterilkan botol susu dalam waktu singkat.

Periksa ukuran dan berat botol

Periksa ukuran dan berat botol

Bagi bayi yang baru lahir atau berusia beberapa bulan, biasanya orang tua yang akan mengambil peran untuk memegang botol ketika bayi sedang menyusu. Namun, dengan bertambahnya usia, bayi akan mulai memegang sendiri botol susu mereka. Dengan demikian, tugas sebagai orang tua adalah memastikan botol tersebut aman digunakan.

Dengan melihat kondisi tersebut, pastikan Anda memeriksa ukuran dan berat botol sesuai dengan usia bayi. Misalnya, botol yang berukuran besar diperuntukkan bagi bayi usia 6 bulan ke atas. Hal tersebut untuk menghindari botol susu terjatuh karena berat atau sulit dipegang.

10 Rekomendasi botol susu terbaik untuk bayi

Setelah mengetahui cara memilih botol susu bayi dengan mempertimbangkan berbagai faktor, sekarang kami akan merekomendasikan botol susu terbaik yang dapat Anda jadikan referensi sebelum membeli. Berikut pilihannya!

10. Baby Huki Shaped Bottle

10. Baby Huki Shaped Bottle

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 27.300

Dot berbahan silikon yang nyaman untuk bayi yang baru lahir

Botol susu bayi merek Huki merupakan salah satu botol susu bayi yang dotnya dibuat menyerupai puting payudara ibu sehingga bayi terhindar dari bingung puting, sangat membantu saat memberikan susu pada bayi yang baru lahir. Dotnya juga terbuat dari bahan silikon dengan bentuk orthodontic yang akan memberikan rasa nyaman pada bayi.

Botol susu Huki terbuat dari bahan yang masuk dalam kategori BPA-free dan polycarbonate yang tahan sampai suhu 120 ℃. Kualitas botol tidak berubah walaupun sudah berulang kali dipanaskan di dalam microwave. Hanya saja warna botol mungkin akan lebih cepat terlihat usang karena menggunakan bahan dasar dari plastik.

9. Pigeon Wide Neck Nursing Bottle

9. Pigeon Wide Neck Nursing Bottle

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 67.500

Dilengkapi peristaltic plus nipple untuk mendorong gerakan alami lidah bayi

Botol susu bayi keluaran Pigeon yang satu ini terbuat dari bahan polypropylene (PP) yang bebas BPA, menjadikannya aman digunakan. Keunggulan utama produk ini adalah adanya fitur peristaltic plus nipple yang memungkinkan lidah bayi bergerak halus secara alami seperti ketika mengisap ASI dari puting payudara ibu.

Dotnya terbuat dari silikon ultralembut dan lentur sehingga nyaman digunakan. Selain itu, bodi botol ini memiliki lekukan yang memudahkan untuk dipegang. Botol ini terbuat dari bahan plastik yang mudah dibersihkan dan juga awet, serta tahan disterilisasi sampai suhu 120 ℃ untuk memastikan kuman-kuman mati.

8. Chicco Step Up New Feeding Bottle 0m+

8. Chicco Step Up Natural Feeling

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 149.600

Bentuk dot dengan sudut yang miring agar posisi leher bayi tetap terjaga

Botol susu bayi Chicco yang berasal dari Italia ini didesain memiliki bentuk unik dengan leher dot yang miring untuk agar leher bayi tetap dalam posisi yang tepat saat sedang menyusu. Dengan didukung katup ganda antikolik, produk ini mencegah tertelannya udara dan mengurasi risiko kolik pada bayi sehingga bayi Anda bisa menyusu dengan lebih tenang.

Botol susu dengan kapasitas 150 ml dirancang dengan desain yang memungkinkan aliran susu secara normal sehingga cocok digunakan untuk bayi yang baru lahir. Karet dotnya terbuat dari bahan silikon yang lembut agar bayi merasa sedang menyusu ASI langsung pada ibunya.

7. Dr Brown’s Natural Flow Glass Wide Neck Bottle

7. Dr Brown's Natural Flow Glass Wide Neck Bottle

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 230.000

Membantu mempertahankan kandungan vitamin dalam susu

Botol susu bayi keluaran Dr. Brown’s merupakan produk pertama yang dapat digunakan dengan atau tanpa sistem vent (yang berfungsi sebagai anti-colic). Botol merek ini memiliki leher dengan diameter yang lebar sehingga mempermudah untuk memasukkan susu bubuk ke dalam botol serta memudahkan Anda saat mencucinya.

Botol yang berasal dari USA ini dilengkapi teknologi natural flow di mana bayi bisa mengisap susu secara alami seperti menyusu langsung pada payudara ibu. Produk ini juga mampu membantu agar kandungan vitamin dalam susu tetap terjaga sehingga bayi bisa mendapatkan gizi secara maksimal.

6. Philips Avent Natural Baby Bottle

6. Philips Avent Natural Baby Bottle

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 75.000

Desain dot yang lebar dan bentuk menyerupai payudara ibu

Botol susu keluaran Philips ini terbuat dari bahan bebas BPA yang aman dipakai dengan intensitas tinggi. Produk ini didesain dengan dot tipe wide-neck yang menyerupai payudara ibu, serta puting spiral yang fleksibel untuk kenyamanan bayi saat menyusu. Botol susu ini bisa digunakan untuk bayi berumur hingga di atas 6 bulan dengan berbagai pilihan dot yang bisa disesuaikan.

Philips Avent Natural Baby Bottle dengan kapasitas 125 ml ini memiliki mulut botol yang lebar dan bodi yang cukup pendek sehingga mudah untuk dicuci, tentunya akan sangat membantu para ibu yang sibuk. Botol ini juga dilengkapi teknologi anti-colic untuk mencegah bayi terhindar dari segukan, kembung, atau bahkan muntah akibat gas yang berlebihan. 

5. Mam Anti-Colic Baby Bottle

5. Mam Anti-Colic Baby Bottle

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 119.500

Mudah disterilkan dengan microwave!

Botol dari MAM yang satu ini terbuat dari bahan yang tahan terhadap suhu panas dan juga awet sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Botol ini bisa disterilkan menggunakan microwave dalam waktu tiga menit saja! Selain itu, botol ini juga mudah dalam perawatannya karena bisa digunakan pada mesin pencuci piring.

Bentuk dotnya sendiri disesuaikan dengan bentuk puting payudara ibu yang bertujuan agar bayi tidak bingung saat menyusu. Bagian dasarnya dilengkapi dengan lubang ventilasi untuk memastikan tekanan dalam botol tetap seimbang agar susu bisa mengalir secara alami tanpa menimbulkan gelembung ataupun buih guna mengurangi risiko kolik pada bayi.

4. Tommee Tippee Closer to Nature

4. Tommee Tippee Closer to Nature

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 149.900

Dilengkapi katup antikolik untuk mengurangi aliran udara berlebih

Botol susu bayi dari Tommee Tippee ini terbuat dari bahan polypropylene (PP) yang bebas BPA sehingga aman digunakan sesering mungkin. Botol ini dilengkapi teknologi katup anti-colic yang mengurangi aliran udara berlebih guna mencegah bayi muntah atau kembung akibat terhirupnya gas berlebih bersamaan dengan susu yang diminum.

Botol ini dilengkapi dengan karet dot yang fleksibel yang membuat susu tetap mengalir walaupun bagian putingnya terlipat. Bentuk dotnya sendiri didesain menyerupai payudara ibu agar bayi bisa menyusu secara natural. Selain itu, bahan dasarnya terbuat dari silikon yang lembut yang mendekati tekstur kulit sehingga bayi akan merasa lebih nyaman saat menyusu.

3. Medela Calma (with bottle)

3. Medela Calma (with bottle)

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 248.000

Desain dot yang memungkinkan bayi menyusu seperti pada payudara ibu

Produk terkait perlengkapan menyusui keluar Medela sudah cukup dikenal, terutama bagi para ibu yang memompa ASI mereka untuk diberikan kepada bayi menggunakan botol susu. Berbeda dengan botol susu lainnya, dengan menggunakan Calma, susu baru akan mengalir ketika bayi menciptakan vakum seperti halnya ketika menyusu langsung pada payudara ibu.

Dengan dilengkapi sistem yang mengontrol aliran susu pada bagian tutupnya, bayi bisa mengatur sendiri ketika ingin mengisap susu, bernapas, atau beristirahat secara natural. Satu ukuran dot Calma ini saja cukup untuk seluruh masa menyusui bayi karena bentuk dan ukurannya didesain mampu menyesuaikan dengan kebutuhan bayi Anda.

2. Mimijumi Very Hungry Baby Bottle

2. Mimijumi Very Hungry Baby Bottle

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 360.000

Mulut botol yang lebar dan memudahkan persiapan maupun pencucian

Botol susu bayi dari Mimijumi ini mudah dibuka dan dipasang dengan mulut botol yang lebar sehingga menghemat waktu Anda saat membersihkannya. Bagian dotnya terbuat dari silikon berkualitas, didesain dengan warna menyerupai kulit, serta dilengkapi teknologi antikolik agar bayi lebih nyaman saat menyusu.

Produk ini aman disterilisasi dengan air panas, pensteril uap, atau digunakan pada mesin pencuci piring. Bodi botolnya terbuat dari plastik nilon yang awet, tidak mudah retak, dan tahan terhadap jamur. Bagian dasar botol juga dilengkapi dengan bantalan antiselip yang memudahkan Anda saat menuangkan air panas ketika menyiapkan susu.

1. Comotomo Baby Bottle

1. Comotomo Baby Bottle

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 260.000

Tekstur botol terbuat dari silikon lembut yang aman untuk dipegang bayi

Botol susu Comotomo ini menggunakan bahan dasar silikon yang lembut untuk dot maupun bodi botolnya sehingga aman jika terjatuh dan nyaman dipegang untuk bayi yang mulai belajar memegang botol sendiri. Dotnya dilengkapi dengan lubang antikolik ganda untuk memastikan bayi Anda terhindar dari risiko kolik, kembung, muntah, ataupun segukan.

Bentuk lubang dotnya tersedia dalam empat pilihan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan minum bayi. Bagian botol dan dotnya tahan disterilisasi hingga suhu 180 ℃ untuk memastikannya bebas dari kuman. Selain itu, mulut botol yang didesain lebar dan jumlah komponen yang minim, memudahkan Anda membersihkan produk ini secara maksimal.

Kesimpulan

Botol susu bayi adalah salah satu perlengkapan yang wajib dimiliki oleh Anda yang memiliki bayi atau anak kecil. Setelah mengetahui cara memilih botol susu, kini Anda bisa memperhatikannya sebelum menentukan pilihan.

Apakah ulasan di atas dapat membantu Anda memilih produk botol susu terbaik? Pilihlah botol susu yang paling tepat dengan menyesuaikan usia dan kebutuhan bayi Anda.