10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2018)

Botol susu bayi adalah salah satu perlengkapan yang penting untuk dipersiapkan sebelum kelahiran. Agar bisa memberikan susu dengan nyaman kepada bayi Anda, tentunya penting untuk memilih produk yang tepat di antara sekian banyak botol susu yang dijual.

Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih botol susu bayi dengan pertimbangan material, bentuk, dan usia bayi. Setelahnya, Anda juga dapat menyimak rekomendasi produk-produk terbaik yang bisa dijadikan referensi, seperti Medela Calma, Comotomo, Tommee Tippee, dan Pigeon Wide Neck. Selamat membaca!

Daftar isi

Cara memilih botol susu untuk bayi

Pada saat memilih botol susu untuk bayi, Anda harus memperhatikan beberapa hal agar bayi dan orang tua sama-sama puas dan nyaman. Untuk itu, kami akan menjelaskan setiap poin penting yang dapat Anda jadikan panduan dalam memilih botol susu terbaik yang sesuai dengan kebutuhan.

Periksalah dot botol susu, mulai dari bentuk, ukuran lubang, hingga material

Pertama, mari perhatikan dot dari produk yang Anda pilih. Pastikan bahwa dot tersebut mempermudah bayi dalam minum susu, serta tidak sulit untuk dibersihkan.

Pilih ukuran dot berdasarkan usia bayi dan kecepatan minumnya

Pilih ukuran dot berdasarkan usia bayi dan kecepatan minumnya

Dot botol susu terbagi menjadi beberapa ukuran. Ukuran SS hingga S ditujukan untuk bayi berusia kurang dari tiga bulan (untuk botol susu berkapasitas 80 ml hingga 160 ml). Selanjutnya adalah ukuran M. Ukuran M dapat digunakan oleh bayi berusia tiga bulan hingga enam bulan (untuk botol susu berkapasitas 160 ml hingga 200 ml). Sementara itu, bayi yang berusia lebih dari enam bulan dapat diberikan dot berukuran L (untuk botol susu berkapasitas 200 ml hingga 220 ml).

Akan tetapi, cukup sulit menemukan toko yang menjual dot botol susu ukuran SS. Jadi, Anda bisa mempertimbangkan untuk mulai menggunakan dot ukuran S dan menaikkan ukurannya perlahan sesuai dengan kebutuhan. Di samping itu, Anda juga perlu memperhatikan kecepatan bayi dalam menghabiskan susunya dari botol. Waktu normal yang bisa dijadikan acuan adalah sekitar sepuluh menit. Jika bayi Anda menghabiskan susu dalam waktu cepat, ada baiknya untuk menurunkan ukuran dot yang digunakan. Sebaliknya, jika bayi Anda minum dengan lambat, cobalah ganti ukuran dot dengan yang lebih besar.

Namun, akhir-akhir ini mulai banyak ibu yang membiarkan bayinya minum dengan lambat. Tujuannya adalah untuk mencegah bayi mengalami overweight. Lubang dot yang kecil otomatis hanya akan mengeluarkan tetesan susu dalam jumlah sedikit. Dengan begitu, bayi harus lebih banyak mengisap dan menelan. Nah, ketika mereka sering mengisap dan menelan, rasa kenyang lebih cepat muncul sehingga tidak membuat bayi menjadi kegendutan. Untuk itu, para ibu yang menerapkan metode ini tidak akan mengganti ukuran dot botol susu hingga bayi berusia enam bulan. Jika Anda ingin menjaga agar bayi tidak overweight, cobalah untuk menerapkan metode yang sama.

Pilih bentuk lubang dot yang sesuai dengan kemampuan bayi mengisap dan jumlah susu yang diminum

Pilih bentuk lubang dot yang sesuai dengan kemampuan bayi mengisap dan jumlah susu yang diminum

Pada umumnya, ada tiga jenis lubang dari dot botol susu bayi, yaitu lubang bulat, tiga lubang, dan lubang silang. Lubang bulat adalah jenis lubang yang banyak digunakan. Jenis ini dapat digunakan sejak bayi baru saja dilahirkan. Jika Anda sedang mencari produk untuk dipakai setelah bayi dilahirkan, pilihlah dot dengan lubang bulat.

Sementara itu, untuk bayi yang merasa lubang bulat tidak dapat mencukupi kebutuhan minumnya, Anda dapat memberikan dot jenis tiga lubang. Di bagian lubang dot jenis ini, jumlah susu yang keluar dipengaruhi oleh kekuatan isap bayi. Apabila dot jenis tiga lubang masih belum cukup memenuhi kebutuhan bayi, jenis lubang silang dapat menjadi pilihan tepat. Lubang silang dari dot akan membuat susu mengalir dengan jumlah lebih banyak.

Setiap jenis dan jumlah lubang dari dot bayi ditujukan untuk bayi dengan usia yang berbeda-beda. Umumnya, dot lubang bulat cocok digunakan oleh bayi yang baru dilahirkan, sedangkan jenis tiga lubang dapat digunakan ketika bayi sudah berusia sekitar tiga bulan. Anda diharapkan memeriksa bentuk dot dan jenis lubangnya agar sesuai dengan kebutuhan bayi, kemudian ubahlah dot agar tetap dapat memenuhi perkembangan dan kebutuhan bayi.

Namun, ada beberapa produsen yang hanya membuat dot dengan lubang bulat. Oleh sebab itu, carilah juga informasi mengenai jenis dot yang diproduksi oleh merek yang Anda pilih.

Dot yang terbuat dari karet silikon akan lebih tahan lama

Dot yang terbuat dari karet silikon akan lebih tahan lama

Terdapat dua material yang sering digunakan sebagai bahan baku dot botol susu yaitu karet sintesis dan karet silikon. Keduanya sama-sama dapat disterilkan dengan cara direbus, dicuci dengan sabun disinfektan khusus, dan menggunakan microwave. Selain itu, keduanya juga dapat dibersihkan dengan menggunakan mesin pencuci piring. Anda juga tidak perlu khawatir mengenai bau karet karena baik karet sintesis maupun karet silikon tidak akan menghasilkan bau yang aneh pada dot dan mulut bayi. Namun, kami lebih merekomendasikan dot botol susu yang terbuat dari karet silikon karena lebih awet dan tahan panas.

Periksa juga bahan dan bentuk botol susu yang hendak dibeli

Selanjutnya, jangan lupa untuk memeriksa material dan bentuk botol susu yang hendak Anda beli. Untuk membantu, kami akan ulas juga beragam bahan dan bentuk tersebut.

Pilihlah material botol berdasarkan penggunaannya

Pilihlah material botol berdasarkan penggunaannya

Saat ini, sebagian besar botol susu bayi terbuat dari kaca tahan panas atau plastik. Botol susu yang terbuat dari kaca tidak mudah retak dan lebih higienis. Selain itu, bahan kaca mudah dibersihkan dan disterilkan. Anda dapat merebusnya, mencuci dengan sabun disinfektan khusus, menggunakan microwave, dan juga menggunakan mesin pencuci piring. Hanya saja, material ini cukup berat dan mudah pecah. Jadi, akan lebih aman jika Anda hanya menggunakannya di rumah.

Sebaliknya, bahan plastik lebih ringan dan mudah dibawa. Botol susu yang terbuat dari plastik dapat digunakan untuk pemakaian sehari-hari, termasuk jika bayi Anda sedang suka melempar botol.

Akhir-akhir ini, beberapa ibu memilih untuk menggunakan kedua tipe botol tersebut, yang menggunakan material kaca sekaligus juga plastik. Umumnya, mereka memiliki dua botol susu dari kaca dan lima hingga enam botol dari plastik. Hal tersebut dikarenakan adanya kekhawatiran mengenai perubahan bau dan warna pada botol plastik setelah digunakan.

Selain bahan kaca dan plastik, botol susu bayi berbahan tritan juga mulai marak di kalangan masyarakat. Bahan tritan adalah bahan yang menggabungkan transparansi kaca dan elastisitas plastik. Botol berbahan tritan menjadi sangat populer karena bobotnya ringan, tidak mudah retak, dan terkesan lebih bersih. Ditambah lagi, material ini tahan panas dan dapat didesinfeksi dengan beragam cara dan alat cuci. Sayangnya, Anda tidak dapat menggunakan microwave untuk mensterilkan botol berbahan tritan. Hal tersebut mungkin cukup menyulitkan bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk membersihkan.

Untuk kemudahan dalam membersihkan, gunakan botol susu berbentuk lurus dan lebar

Untuk kemudahan dalam membersihkan, gunakan botol susu berbentuk lurus dan lebar

Apabila Anda mencari botol susu yang mudah dibersihkan, pilihlah botol susu yang berbentuk lurus dan lebar. Botol yang bentuknya panjang akan sulit dijangkau oleh sikat pembersih botol sehingga Anda tidak dapat membersihkan setiap lekuknya dengan baik. Botol yang lebar juga akan memudahkan Anda dalam memasukkan susu bubuk.

Selain itu, bentuk botol susu yang ramping memiliki keunggulan mudah dibawa. Anda dapat memasukkannya ke dalam tas tanpa menghabiskan banyak ruang. Demi kenyamanan, Anda dapat menggunakan botol susu berbentuk lebar dan lurus untuk di rumah, kemudian juga memiliki botol berbentuk ramping untuk dibawa bepergian.

Jangan khawatir mengenai fitur-fitur yang menguntungkan

Jangan khawatir mengenai fitur-fitur yang menguntungkan

Penelitian terbaru mengenai botol susu bayi banyak yang ditujukan agar bayi dapat mengisap dot botol dengan sensasi yang sama seperti menyusu dari ibunya. Dengan demikian, setiap merek umumnya telah memproduksi botol dan dot dengan fitur seperti itu. Hal tersebut tentu menguntungkan bagi ibu yang ingin memberi susu di botol, tetapi sekaligus ingin tetap menyusui langsung.

Anda juga dapat mencari tahu, apakah dot botol susu yang dipilih dapat memberi kesempatan agar bayi melakukan gerakan mengisap yang sama seperti ketika menyusu dari ibu. Dot yang demikian tidak akan dapat mengalirkan susu jika bayi tidak mengisap seperti sedang menyusu dari puting ibu.

10 Rekomendasi botol susu terbaik untuk bayi

Setelah mengetahui cara memilih botol susu bayi dengan mempertimbangkan berbagai faktor, sekarang kami akan merekomendasikan botol susu terbaik yang dapat Anda jadikan referensi sebelum membeli. Berikut pilihannya!

10. Pigeon PP Wide Neck Nursing Bottle

10. Pigeon PP Wide Neck Nursing Bottle

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 66.900

Dilengkapi peristaltic nipple untuk mendorong gerakan alami lidah bayi

Anda tentu tidak asing lagi dengan merek Pigeon. Produknya yang satu ini terbuat dari bahan polypropylene (PP) yang bebas BPA, menjadikannya aman digunakan. Keunggulan utama produk ini adalah adanya fitur PIGEON peristaltic nipple yang memungkinkan lidah bayi bergerak halus secara alami seperti ketika mengisap ASI dari puting payudara ibu.

Dotnya terbuat dari silikon ultralembut dan lentur sehingga nyaman digunakan. Selain itu, bodi botol ini memiliki lekukan yang mudah untuk dipegang. Material botolnya juga mudah dibersihkan dan awet, serta dapat disterilkan hingga suhu 120 ℃ untuk memastikan kuman-kuman mati.

9. Tommee Tippee Closer to Nature Bottle

9. Tommee Tippee Closer to Nature Bottle

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Liihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 70.900

Dilengkapi katup antikolik untuk mengurangi aliran udara berlebih

Bayi yang menyusu dari botol memiliki risiko mengalami kolik. Untuk mengatasi hal tersebut, Tommee Tippee memproduksi botol susu ini. Botol ini dilengkapi teknologi katup antikolik yang bermanfaat untuk mengurangi aliran udara di dalam botol. Dengan begitu, bayi tidak akan menghirup udara berlebih ketika sedang menyusu.

Bayi Anda dapat beristirahat dengan nyenyak tanpa harus merasakan kembung di perut akibat mengalami kolik. Anda juga tidak perlu khawatir mengenai keamanan produk karena botol susu ini terbuat dari bahan polypropylene (PP) yang bebas BPA sehingga aman digunakan sesering mungkin.

8. Tommee Tippee Glass Baby Bottle

8. Tommee Tippee Glass Baby Bottle

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 140.000

Warna botol susu lama-kelamaan menjadi keruh? Tidak lagi berkat botol kaca ini

Apabila Anda termasuk kelompok orang yang merasa terganggu dengan perubahan warna botol susu, produk ini dapat menjadi pilihan tepat bagi Anda. Botol susu berkapasitas 260 ml ini terbuat dari material kaca yang tentunya aman bagi bayi serta ramah lingkungan. Anda tidak akan mendapati perubahan warna ataupun aroma pada produk ini.

Bentuk botol dirancang unik agar mudah digenggam sehingga terasa nyaman untuk tangan. Di samping itu, produk ini juga awet dan tahan lama karena terbuat dari kaca. Jika bayi Anda sudah tidak membutuhkan botol susu lagi, produk ini dapat dimanfaatkan untuk hal lain, seperti misalnya dijadikan vas bunga mungil.

7. Chicco Natural Feeling 0m+

7. Chicco Natural Feeling 0m+

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 153.500

Bentuk dot dengan sudut yang miring akan menjaga posisi leher bayi tetap nyaman

Dari segi desain, produk ini terlihat unik. Botol susu bayi Chicco yang berasal dari Italia ini memiliki leher dot yang miring agar aliran susu berjalan dengan lancar. Dengan demikian, dot bayi akan selalu terisi penuh ketika bayi sedang menyusu. Hal tersebut akan mengurangi masuknya udara sehingga juga memperkecil kemungkinan munculnya kolik.

Bentuk dot demikian juga menguntungkan bayi karena mereka dapat menyusu dengan posisi yang nyaman. Ditambah dengan material dot yang dirancang agar terasa lembut, bayi akan merasa seperti sedang menyusu dari payudara ibunya. Produk ini juga sangat cocok bagi bayi yang baru lahir.

6. Dr Brown’s Natural Flow® Options™ Glass Wide-Neck Bottle

6. Dr Brown's Natural Flow® Options™ Glass Wide-Neck Bottle

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 199.000

Membantu mempertahankan kandungan vitamin dalam susu

Beberapa botol susu bayi menggunakan sistem vent yang berfungsi sebagai antikolik. Nah, botol susu Dr. Brown’s ini dapat Anda gunakan dengan atau tanpa sistem vent. Vent akan penting untuk digunakan ketika bayi baru saja lahir. Setelahnya, pada saat bayi sudah semakin besar, Anda dapat melepaskan vent agar bayi dapat menyusu dengan lebih leluasa.

Sistem yang digunakan pada botol ini membantu mengatasi masalah yang kerap terjadi pada saat bayi menyusu dengan botol. Selain itu, produk ini mampu menjaga agar kandungan vitamin dalam susu dapat tetap stabil hingga dikonsumsi oleh bayi. Ukuran diameter botol pun dibuat lebar sehingga mempermudah Anda untuk memasukkan susu bubuk ke dalam botol, juga mudah dibersihkan.

5. Philips Avent Natural Baby Bottle

5. Philips Avent Natural Baby Bottle

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukapalak

Harga : Rp 163.200

Tekstur dan fleksibilitas dotnya terasa seperti payudara ibu

Philips Avent Natural Baby Bottle terbuat dari bahan bebas BPA yang aman dipakai dengan intensitas tinggi. Dotnya didesain semirip mungkin dengan payudara ibu, antara lain melalui tekstur yang sangat lembut dan kelenturannya. Kelenturan dot botol ini akan mempermudah proses latch on ketika bayi sedang menyusu.

Botol susu dengan kapasitas 125 ml ini memiliki mulut botol yang lebar dan bodi yang cukup pendek sehingga mudah untuk dicuci. Lekuk pada bodi botol juga dirancang secara ergonomis sehingga nyaman untuk digenggam. Produk ini cocok digunakan oleh bayi yang baru lahir hingga berusia enam bulan.

4. Mimijumi Very Hungry Baby Bottle

4. Mimijumi Very Hungry Baby Bottle

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 360.000

Mulut botolnya lebar sehingga memudahkan persiapan maupun pencucian

Botol susu bayi dari Mimijumi ini memiliki mulut botol yang lebar dan mudah dibuka serta dipasang kembali. Fitur tersebut akan mempermudah dan menghemat waktu yang dibutuhkan untuk membersihkannya. Memasukkan susu bubuk ke dalamnya pun terasa lebih mudah.

Bagian dotnya terbuat dari silikon berkualitas dan didesain dengan warna menyerupai kulit. Bodi botol terbuat dari material yang awet dan tahan terhadap jamur. Sementara itu, bagian dasar botol dilengkapi dengan bantalan antiselip yang memudahkan Anda pada saat menuangkan air panas ketika menyiapkan susu.

3. Mam Anti-Colic 5oz – Baby Bottle

3. Mam Anti-Colic 5oz - Baby Bottle

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 95.000

Mudah disterilkan dengan microwave! Cocok bagi Anda yang memiliki aktivitas yang padat

Apakah Anda membutuhkan botol yang praktis dan mudah disterilkan? Jika ya, produk ini dapat menjadi solusinya. Botol ini terbuat dari bahan yang tahan terhadap suhu panas dan bisa disterilkan menggunakan microwave dalam waktu tiga menit saja! Cara membersihkannya pun mudah karena kompatibel dengan mesin pencuci piring.

Bentuk dotnya sendiri disesuaikan dengan bentuk puting payudara ibu yang bertujuan agar bayi tidak bingung saat menyusu. Bagian dasarnya dilengkapi dengan lubang ventilasi untuk memastikan tekanan dalam botol tetap seimbang. Hal ini berguna agar susu bisa mengalir secara alami tanpa menimbulkan gelembung ataupun buih sehingga mengurangi risiko kolik.

2. Medela Calma

2. Medela Calma

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 200.000

Dilengkapi dengan teknologi yang memungkinkan bayi menyusu seperti pada payudara ibu

Medela Calma memiliki teknologi berbeda dengan botol susu lainnya. Susu baru akan mengalir keluar ketika bayi mengisap dengan cara yang tepat, seperti ketika mengisap payudara ibu. Artinya, bayi dapat mengatur sendiri ketika ingin mengisap susu, bernapas, dan pause sejenak. Bayi Anda akan terhindar dari risiko tersedak yang diakibatkan oleh aliran susu yang keluar tanpa diisap.

Satu ukuran dot Calma ini cukup untuk seluruh masa menyusui bayi karena bentuk dan ukurannya didesain cocok dengan kebutuhan dan perkembangan bayi Anda. Jadi, Anda tidak perlu bingung lagi memilih lubang dot yang sesuai untuk bayi. Bentuk botolnya pun simpel sehingga mudah untuk disimpan di dalam tas.

1. Comotomo Baby Bottle

1. Comotomo Baby Bottle

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 260.000

Tekstur botol terbuat dari silikon lembut yang aman untuk dipegang bayi

Bukan hanya dot, tetapi bagian bodi botol susu Comotomo ini juga menggunakan bahan dasar silikon yang lembut dan higienis. Dengan demikian, botol ini tetap aman jika terjatuh dan nyaman dipegang oleh bayi yang mulai belajar memegang botol sendiri. Dotnya dilengkapi dengan lubang antikolik ganda untuk memastikan bayi Anda terhindar dari risiko kolik, kembung, muntah, ataupun cegukan.

Selain itu, mulut botol yang didesain lebar dan jumlah komponen yang tidak banyak akan memudahkan Anda membersihkan produk ini secara maksimal. Dengan material yang tahan panas, Anda dapat mensterilkan produk ini dengan berbagai cara, mulai dari direbus, menggunakan sterilizer hingga microwave. Untuk menyesuaikan kebutuhan bayi, Anda dapat memilih satu di antara empat jenis dot dengan bentuk lubang yang berbeda.

Baca juga rekomendasi perlengkapan untuk membersihkan botol susu bayi di sini!

Penting untuk menjaga agar botol susu bayi Anda tetap bersih dan higienis. Oleh karena itu, kami juga memberikan rekomendasi sikat botol dan sabun pencuci botol bayi terbaik. Anda dapat membacanya di sini!

Kesimpulan

Sekarang, apakah Anda sudah dapat menentukan botol susu yang paling tepat bagi bayi Anda? Jangan lupa untuk selalu memperhatikan ukuran, material, dan bentuk botol serta dot. Pilihlah botol susu bayi yang paling sesuai dengan kebutuhan dan usia buah hati Anda. Dengan artikel dari kami, semoga Anda dapat menemukan produk yang mampu menjawab kebutuhan Anda dan bayi. Good luck!