• 10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)

Botol susu bayi adalah salah satu perlengkapan yang penting untuk dipersiapkan sebelum kelahiran bayi. Di antara sekian banyak botol susu yang dijual, Anda harus memilih produk yang tepat. Hal ini dilakukan demi memberikan kenyamanan pada bayi Anda nantinya.

Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih botol susu bayi dengan pertimbangan material, bentuk, dan usia bayi. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk-produk terbaik, seperti Comotomo, Putti Atti, Medela, Sweety, BABY HUKI, dan PIGEON. Baca sampai selesai, ya!
  • Pembaharuan terakhir: 06 April 2020
  • 57.471 Views
Daftar isi

Cara memilih botol susu untuk bayi

Saat memilih botol susu untuk bayi, terdapat beberapa poin penting yang harus Anda perhatikan. Hal ini bertujuan agar bayi dan orang tua sama-sama merasa puas dan nyaman. Kami akan menjelaskan poin-poin yang dapat dijadikan sebagai panduan dalam memilih botol susu terbaik. Simak ulasannya di bawah ini!

Periksalah bahan dan bentuk botol susu yang hendak dibeli

Pertama, periksalah terlebih dahulu dua poin penting dalam memilih botol susu terbaik. Perhatikan ulasan dari kami mengenai bahan dan bentuk botol susu sebelum membelinya!

Pilihlah material botol berdasarkan penggunaannya

Pilihlah material botol berdasarkan penggunaannya
Saat ini, sebagian besar botol susu bayi terbuat dari kaca tahan panas atau plastik. Botol susu yang terbuat dari kaca tidak mudah retak dan lebih higienis. Selain itu, bahan kaca mudah dibersihkan dan disterilkan. Anda dapat merebusnya, mencuci dengan sabun disinfektan khusus, menggunakan microwave, dan juga menggunakan mesin pencuci piring. Hanya saja, material ini cukup berat dan mudah pecah. Jadi, akan lebih aman jika Anda hanya menggunakannya di rumah.

Sebaliknya, bahan plastik memiliki bobot lebih ringan dan mudah dibawa. Botol susu dari bahan plastik sangat disarankan untuk dipakai, terutama jika bayi Anda sedang suka melempar botol.


Selain bahan kaca dan plastik, botol susu bayi berbahan tritan juga mulai marak di kalangan masyarakat. Tritan adalah bahan yang menggabungkan transparansi kaca dan elastisitas plastik. Botol berbahan tritan menjadi sangat populer karena bobotnya ringan, tidak mudah retak, dan terkesan lebih bersih. Ditambah lagi, material ini tahan panas dan dapat didesinfeksi dengan beragam cara dan alat cuci. Sayangnya, Anda tidak dapat menggunakan microwave untuk mensterilkan botol berbahan tritan. Hal ini mungkin cukup menyulitkan bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk membersihkan.

Periksalah bentuk, ukuran lubang, hingga material dot botol susu

Selanjutnya, perhatikan dot dari produk yang Anda pilih. Pastikan bahwa dot tersebut mempermudah bayi dalam minum susu serta tidak sulit untuk dibersihkan.

Pilih ukuran dot berdasarkan usia bayi Anda

Pilih ukuran dot berdasarkan usia bayi Anda

Dot botol susu terbagi menjadi beberapa ukuran. Ukuran SS hingga S ditujukan untuk bayi berusia kurang dari tiga bulan (untuk kapasitas botol 80-160 ml). Selanjutnya adalah ukuran M. Ukuran M dapat digunakan oleh bayi berusia tiga hingga enam bulan (untuk kapasitas botol 160-200 ml). Terakhir, bayi dengan usia lebih dari enam bulan dapat menggunakan ukuran L (untuk kapasitas botol 200-220 ml).


Akan tetapi, cukup sulit menemukan toko yang menjual dot botol susu ukuran SS. Jadi, Anda bisa mempertimbangkan untuk mulai menggunakan dot ukuran S dan menaikkan ukurannya perlahan sesuai dengan kebutuhan. Di samping itu, Anda juga perlu memperhatikan kecepatan bayi dalam menghabiskan susunya dari botol. 


Waktu normal yang bisa dijadikan acuan adalah sekitar sepuluh menit. Jika bayi Anda menghabiskan susu dalam waktu cepat, ada baiknya untuk menurunkan ukuran dot yang digunakan. Sebaliknya, jika bayi Anda minum dengan lambat, cobalah ganti ukuran dot dengan yang lebih besar. Akhir-akhir ini, terdapat botol susu yang dijual satu set dengan dot berukuran S hingga L. Jadi, periksalah terlebih dahulu cadangan dot pada susu botol yang hendak Anda beli. 


Jika Anda khawatir bayi Anda mengalami overweight, Anda dapat memberikan dot ukuran S pada bayi Anda. Lubang dot yang kecil otomatis hanya akan mengeluarkan tetesan susu dalam jumlah sedikit. Dengan begitu, bayi harus lebih banyak mengisap dan menelan. Dengan banyak mengisap, bayi akan lebih cepat merasa puas dan kenyang tanpa harus minum susu terlalu banyak.


Anda juga dapat menyiasati kekhawatiran Anda terhadap overweight dengan merapatkan dot pada botol. Makin rapat dot pada botol bayi, makin sedikit pula susu yang keluar dari botol. Hal ini dapat Anda terapkan jika Anda merasa bayi telah meminum susu terlalu banyak.

Pilih bentuk lubang dot yang sesuai dengan kemampuan bayi mengisap dan jumlah susu yang diminum

Pilih bentuk lubang dot yang sesuai dengan kemampuan bayi mengisap dan jumlah susu yang diminum

Pada umumnya, terdapat tiga jenis lubang pada dot, yaitu lubang bulat, tiga lubang, dan lubang silang. Pertama, lubang bulat, yang merupakan jenis lubang yang banyak digunakan. Jenis ini dapat digunakan sejak bayi baru saja dilahirkan. Jika Anda sedang mencari produk untuk dipakai setelah bayi dilahirkan, pilihlah dot dengan lubang bulat.


Kemudian, dot jenis tiga lubang, untuk bayi yang merasa lubang bulat tidak dapat mencukupi kebutuhan minumnya. Pada lubang dot jenis ini, jumlah susu yang keluar dipengaruhi oleh kekuatan isap bayi. Selanjutnya, jenis lubang silang, untuk bayi yang masih belum cukup terpenuhi kebutuhannya dengan dot jenis tiga lubang. Lubang silang dari dot akan membuat susu mengalir dengan jumlah lebih banyak.


Setiap jenis dan jumlah lubang dari dot bayi ditujukan untuk bayi dengan usia yang berbeda-beda. Umumnya, dot lubang bulat cocok digunakan oleh bayi yang baru dilahirkan. Sedangkan jenis tiga lubang dapat digunakan ketika bayi sudah berusia sekitar tiga bulan. Anda diharapkan memeriksa bentuk dot dan jenis lubangnya agar sesuai dengan kebutuhan bayi. Kemudian, ubahlah dot agar tetap dapat memenuhi perkembangan dan kebutuhan bayi.


Namun, ada beberapa produsen yang hanya membuat dot dengan lubang bulat. Oleh sebab itu, carilah juga informasi mengenai jenis dot yang diproduksi oleh merek yang Anda pilih.

Pilih dot dari karet silikon supaya lebih tahan lama

Pilih dot dari karet silikon supaya lebih tahan lama
Terdapat dua material yang sering digunakan sebagai bahan baku dot, yaitu karet sintetis dan karet silikon. Keduanya sama-sama dapat disterilkan dengan cara direbus, dicuci dengan sabun disinfektan khusus, dan menggunakan microwave. Selain itu, keduanya juga dapat dibersihkan dengan menggunakan mesin pencuci piring. Anda juga tidak perlu khawatir mengenai bau karet pada kedua bahan ini. Baik karet sintetis maupun karet silikon tidak akan menghasilkan bau yang aneh pada dot dan mulut bayi. Namun, kami lebih merekomendasikan dot yang terbuat dari karet silikon karena lebih awet dan tahan panas.

Selanjutnya, pertimbangkan juga tentang kesukaan bayi Anda. Jika bayi Anda enggan untuk mengisap susu dari botol, coba ganti dengan bahan atau bentuk yang berbeda. 

Tidak perlu terlalu memusingkan fitur-fitur tambahan botol susu

Tidak perlu terlalu memusingkan fitur-fitur tambahan botol susu

Akhir-akhir ini, penelitian dan inovasi terbaru mengenai botol susu bayi telah banyak dilakukan. Tujuannya adalah agar bayi dapat mengisap dot botol dengan sensasi yang sama seperti menyusu dari ibunya. Dengan demikian, setiap merek umumnya telah memproduksi botol dan dot dengan fitur seperti itu. Hal tersebut tentu menguntungkan bagi ibu yang ingin memberi susu di botol, tetapi masih tetap menyusui langsung.


Anda juga dapat mencari tahu tentang kinerja dot botol susu tersebut. Dot botol susu yang baik akan memberi kesempatan agar bayi untuk mengisap seperti ketika menyusu dari ibu. Dot yang demikian tidak akan mengalirkan susu jika tidak diisap terlebih dahulu oleh bayi.

10 Rekomendasi botol susu terbaik untuk bayi

Anda telah mengetahui berbagai faktor yang perlu dipertimbangkan saat memilih botol susu bayi. Sekarang, kami akan merekomendasikan botol susu terbaik yang dapat Anda jadikan referensi sebelum membeli. Berikut pilihannya!

10
Material botolPolypropylene (PP)
Material dotSilikon
Jenis lubang dotBulat
Pilihan ukuran dotS
Cara membersihkanDirebus (tahan hingga 120 derajat Celsius)
9
Material botolPolypropylene (PP)
Material dotSilikon
Jenis lubang dotBulat
Pilihan ukuran dotS, M, L
Cara membersihkanSterilizer, microwave
8
Material botolPolypropylene (PP)
Material dotSilikon
Jenis lubang dotBulat dan silang
Pilihan ukuran dotSS, S, M, L
Cara membersihkanDirebus (tahan hingga 120 derajat Celsius)
7
Material botolPolypropylene (PP)
Material dotSilikon
Jenis lubang dotBulat dan tiga lubang
Pilihan ukuran dot0m, 0m+, 1m+, 3m+, 6m+
Cara membersihkanSterilizer
6
Material botolKaca
Material dotSilikon
Jenis lubang dotBulat
Pilihan ukuran dot0m+
Cara membersihkanDirebus (tahan terhadap suhu tinggi)
5
Material botolPolypropylene (PP)
Material dotSilikon
Jenis lubang dotBulat
Pilihan ukuran dot0m+ (0-3m)
Cara membersihkan-
4

Dr Brown’s Natural Flow® Options+™ Anti-colic GLASS Baby Bottle

Rp 190.000,00

Material botolKaca
Material dotSilikon
Jenis lubang dotBulat
Pilihan ukuran dotLevel 1 (0m+), level 2 (3m+), level 3 (6m+), level 4 (9m+)
Cara membersihkanSterilizer
3
Material botolLiquid silicone rubber
Material dotLiquid silicone rubber
Jenis lubang dotBulat
Pilihan ukuran dotStep 1 (0m+), step 2 (3m+), step 3 (6m+), step 4 (8m+)
Cara membersihkanDirebus, sterilizer
2
Material botolPolypropylene (PP)
Material dotSilikon
Jenis lubang dotBulat
Pilihan ukuran dotAll size
Cara membersihkanDirebus, microwave
1
Material botolSilikon dan PPSU
Material dotSilikon
Jenis lubang dotBulat, tiga lubang, dan silang
Pilihan ukuran dotSlow flow (0-3m), medium flow (3-6m), fast flow (6m+)
Cara membersihkanDirebus, sterilizer, microwave

Tabel perbandingan produk botol susu terbaik untuk bayi

Gambar produk
1
Comotomo Baby Bottle 1

Comotomo

2
Medela  Calma 1

Medela

3
Putti Atti Silicone Handle Baby Bottle 1

Putti Atti

4
Dr Brown’s  Natural Flow® Options+™ Anti-colic GLASS Baby Bottle 1

Dr Brown’s

5
Chicco  NATURALFEELING 0M+ 1

Chicco

6
Sweety Extra Wide Neck Glass Bottle 1

Sweety

7
Philips Avent Natural Baby Bottle 1

Philips Avent

8
PIGEON PP Wide Neck Nursing Bottle 1

PIGEON

9
BABY HUKI Botol PP SP Round 1

BABY HUKI

10
Vita Flow Baby Botol Susu Multifungsi PP 1

Vita Flow Baby

Nama produk

Baby Bottle

Calma

Silicone Handle Baby Bottle

Natural Flow® Options+™ Anti-colic GLASS Baby Bottle

NATURALFEELING 0M+

Extra Wide Neck Glass Bottle

Natural Baby Bottle

PP Wide Neck Nursing Bottle

Botol PP SP Round

Botol Susu Multifungsi PP

KeunggulanTekstur botol terbuat dari ...Dilengkapi dengan teknologi...Tidak perlu khawatir botol ...Membantu mempertahankan kan...Bentuk dot dengan sudut yan...Tidak perlu khawatir warna ...Tekstur dan fleksibilitas d...Dilengkapi peristaltic nipp...Hadir dengan dot ortodontik...Tidak perlu terlalu banyak ...
HargaRp 260.000,00Rp 340.000,00Rp 300.000,00Rp 190.000,00Rp 125.000,00Rp 127.720,00Rp 130.000,00Rp 90.500,00Rp 30.500,00Rp 30.000,00
Material botolSilikon dan PPSUPolypropylene (PP)Liquid silicone rubberKacaPolypropylene (PP)KacaPolypropylene (PP)Polypropylene (PP)Polypropylene (PP)Polypropylene (PP)
Material dotSilikonSilikonLiquid silicone rubberSilikonSilikonSilikonSilikonSilikonSilikonSilikon
Jenis lubang dotBulat, tiga lubang, dan silangBulatBulatBulatBulatBulatBulat dan tiga lubangBulat dan silangBulatBulat
Pilihan ukuran dotSlow flow (0-3m), medium flow (3-6m), fast flow (6m+)All sizeStep 1 (0m+), step 2 (3m+), step 3 (6m+), step 4 (8m+)Level 1 (0m+), level 2 (3m+), level 3 (6m+), level 4 (9m+)0m+ (0-3m)0m+0m, 0m+, 1m+, 3m+, 6m+SS, S, M, LS, M, LS
Cara membersihkanDirebus, sterilizer, microwaveDirebus, microwaveDirebus, sterilizerSterilizer-Direbus (tahan terhadap suhu tinggi)SterilizerDirebus (tahan hingga 120 derajat Celsius)Sterilizer, microwaveDirebus (tahan hingga 120 derajat Celsius)
Tautan produk

Baca juga rekomendasi perlengkapan untuk membersihkan botol susu bayi di sini!

Penting untuk menjaga agar botol susu bayi Anda tetap bersih dan higienis. Oleh karena itu, kami juga memberikan rekomendasi sikat botol dan sabun pencuci botol bayi terbaik. Anda dapat membacanya di sini!

Kesimpulan

Sekarang, apakah Anda sudah dapat menentukan botol susu yang paling tepat bagi bayi Anda? Jangan lupa untuk selalu memperhatikan ukuran, material, dan bentuk botol serta dot. Pilihlah botol susu bayi yang paling sesuai dengan kebutuhan dan usia buah hati Anda. Dengan artikel dari kami, semoga Anda dapat menemukan produk yang mampu menjawab kebutuhan Anda dan bayi. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    Susu formula mengandung berbagai nutrisi esensial untuk bayi sehingga menjadikannya ideal sebagai pendamping atau pengganti ASI saat diperlukan. Ada banyak merek susu formula untuk bayi seperti Enfamil, Similac, dan Lactogen, tetapi bagaimana cara memilih susu formula yang paling sesuai untuk bayi Anda?Pada artikel kali ini kami akan membahas cara memilih susu formula terbaik untuk bayi, selain itu kami juga akan memberikan rekomendasi susu formula terbaik yang telah kami pilih dengan seksama. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang berguna bagi Anda!
    Ibu & anak
    183.954 Views
  • 10 Rekomendasi Test Pack Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Test Pack Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Ketika wanita mengalami tanda-tanda kehamilan seperti mual dan terlambat haid, memastikan kehamilan menggunakan test pack adalah salah satu langkah awal yang perlu dilakukan. Berbagai jenis dan merek produk test pack banyak dijual di pasaran, misalnya Akurat, Sensitif, dan ClearBlue. Akan tetapi, bagaimana cara memilihnya?Di artikel ini, kami akan membahas tentang cara memilih test pack yang mudah dipahami bahkan oleh Anda yang baru pertama kali memakainya. Kami juga akan membantu Anda dengan memberi sepuluh rekomendasi test pack terbaik. Jangan sampai ketinggalan juga ulasan mengenai cara pemakaian yang tepat pada akhir artikel!
    Ibu & anak
    97.051 Views
  • 10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2020)
    Setiap ibu yang baru melahirkan pasti ingin mencari popok terbaik untuk bayinya. Karena kulit bayi yang masih sangat rentan, pemilihan popok bayi tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Banyaknya populer, seperti MamyPoko, Sweety, dan Pampers, tidak sedikit ibu yang kebingungan memilih popok terbaik untuk si kecil.Untuk itu, kami akan menjelaskan poin-poin penting dalam memilih popok bayi sekaligus memperkenalkan produk popok bayi terbaik untuk buah hati Anda. Tidak hanya memilih popok dengan harga murah saja, keamanan dan kenyamanan untuk si kecil juga perlu diperhatikan. Yuk, simak penjelasannya!
    Ibu & anak
    77.528 Views
  • 10 Rekomendasi Bubur Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Bubur Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Ketika makin besar, bayi Anda akan membutuhkan MPASI (Makanan Pendamping Air Susu Ibu). Bubur bayi merupakan salah satu MPASI yang banyak digunakan karena memiliki berbagai rasa, kandungan vitamin dan mineral, dan lain sebagainya. Namun, banyaknya produk yang beredar mungkin membuat Anda bingung untuk memilihnya.Karena itu, kali ini kami akan mengulas cara memilih bubur bayi yang enak dan sehat, serta memberikan sepuluh rekomendasi bubur bayi terbaik untuk bayi Anda. Produk-produk ternama dari Milna, Promina, SUN, dan sebagainya pun tak ketinggalan untuk kami ulas. Yuk, simak ulasan kami!
    Ibu & anak
    48.189 Views
  • 10 Rekomendasi Pompa ASI Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pompa ASI Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pompa ASI merupakan alat perlengkapan wajib bagi ibu menyusui. Anda memerlukannya ketika tidak dapat memberikan ASI secara langsung. Misalnya, ketika si kecil belum sempat menyusu tetapi sudah tertidur. Selain itu, memompa ASI juga dapat mencegah munculnya mastitis di payudara.Pompa ASI tersedia dalam dua jenis, manual dan elektrik. Kali ini, kami akan menjelaskan poin-poin penting dalam memilih pompa ASI. Tidak ketinggalan rekomendasi produk seperti Spectra, Medela, Pigeon, dan Philips juga akan kami berikan. Jadi, baca sampai habis, ya!
    Ibu & anak
    51.870 Views
  • 10 Rekomendasi Tas Ransel Terbaik untuk Anak TK (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tas Ransel Terbaik untuk Anak TK (Terbaru Tahun 2020)
    Anak yang baru masuk TK pastinya membutuhkan tas ransel untuk membawa peralatan sekolahnya. Model tasnya juga perlu disesuaikan dengan ukuran tubuh dan barang bawaan si kecil agar ia merasa nyaman saat menggunakannya.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih sekaligus merekomendasikan sepuluh tas ransel terbaik untuk anak TK. Berbagai merek ternama, seperti Bixbee, Gabag, dan Skip Hop akan turut kami ulas. Selamat menemukan tas yang paling disukai anak Anda!
    Ibu & anak
    2.181 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori