1. TOP
  2. >
  3. Ibu & anak
  4. >
  5. Perlengkapan & perawatan bayi
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2023)

Botol susu bayi adalah salah satu perlengkapan yang penting untuk dipersiapkan sebelum kelahiran bayi dan setelah bayi lahir. Ada berbagai merek botol susu yang bagus untuk bayi. Karena pilihan yang banyak itu, Anda harus memilih produk yang tepat.

 

Botol dengan dot yang bagus harus mampu mengurangi kolik, BPA-free, dan tidak membuat tersedak. Lalu, apa saja merek botol bayi yang bagus? Kali ini, kami telah menghimpun beragam botol susu terbaik, seperti Philips Avent, Pigeon, Momi Homi, dan masih banyak lagi. Langsung saja intip rekomendasi botol bayi berikut ini, yuk!
Diperbaharui 09-28-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih botol susu untuk bayi

Ingin menemukan botol susu yang tepat untuk si kecil? Anda perlu memperhatikan beberapa poin yang akan kami ulas sebagai panduan memilih botol susu terbaik. Simak ulasannya di bawah ini!

① Perhatikan bahan dan daya tahannya

Sebelum memutuskan membeli botol susu bayi, Anda harus mempertimbangkan bahannya terlebih dahulu. Kami akan menjabarkan bahan yang kerap digunakan dalam produk botol susu sebagai pertimbangan Anda. 

Kaca: Bebas BPA dan mudah disterilkan

Kaca: Bebas BPA dan mudah disterilkan
Botol susu yang terbuat dari kaca merupakan produk yang bebas zat kimia, khususnya BPA (bisphenol A). Kaca juga materi yang tahan panas dan mudah disterilkan. Anda dapat merebus, mencuci, hingga mensterilkannya dengan microwave. Bahan kaca juga tidak menimbulkan penyerapan atau pelepasan zat sehingga susu tetap hangat dalam waktu lama.

Terlepas dari keuntungannya, botol kaca cenderung lebih berat dan mudah pecah yang memungkinkan bayi Anda terluka. Botol susu bayi yang terbuat dari kaca juga cenderung lebih mahal dibanding bahan lainnya.

Plastik: Murah dan praktis dibawa

Plastik: Murah dan praktis dibawa

Bahan yang kerap digunakan lainnya adalah plastik. Berbobot lebih ringan dan mudah dibawa dibanding bahan kaca menjadi keuntungan tersendiri dari botol plastik. Bahan plastik juga memiliki harga lebih murah dan mudah ditemukan di pasaran. Bahan ini tidak berpotensi pecah jika jatuh dan melukai bayi.


Di sisi lain, perlu diperhatikan bahwa bahan plastik yang dipilih aman. Ini dikarenakan bahan plastik mudah melepaskan partikel mikroplastik yang dapat diserap dalam aliran darah manusia. Oleh karenanya, pastikan botol susu terbuat dari plastik polypropylene (PP).

Tritan: Antigores dan antibau

Tritan: Antigores dan antibau

Tritan merupakan bahan plastik yang aman dan 100% bebas BPA. Selain bobotnya ringan, tritan juga bersifat bening seperti kaca dan tidak mudah tergores. Bahan tritan juga antibau dan antinoda serta tahan panas.

 
Namun, bahan ini tidak bisa disterilkan menggunakan microvawe. Bagi Anda yang cukup sibuk, menggunakan mesin pencuci piring bisa dilakukan sebagai alternatif lain untuk membersihkan yang cepat. Sayangnya, botol bayi berbahan tritan kurang populer di Indonesia. Anda mungkin perlu menggunakan jasa titip luar negeri yang tentu saja merogoh kocek lebih dalam.

Silikon: Nyaman digenggam untuk melatih motorik kasar bayi

Silikon: Nyaman digenggam untuk melatih motorik kasar bayi

Bahan lainnya yang kerap digunakan untuk dot bayi adalah silikon. Tekstur yang lembut dan elastis memungkinkan bayi berlatih memegang botol susu sendiri. Ini juga dapat digunakan sebagai alat stimulus motorik kasar bayi. Meski nyaman digunakan, bahan silikon sering kali meninggalkan aroma. Jadi, Anda perlu mensterilkan dengan baik untuk menghilangkan baunya.

② Sesuaikan ukuran dot dengan usia bayi

Sesuaikan ukuran dot dengan usia bayi

Hal lain yang tak kalah penting dalam memilih botol bayi terbaik adalah ukurannya harus disesuaikan dengan usia bayi. Berikut acuan ukuran botol yang sesuai dengan usia bayi:


  • Usia 0–3 bulan: Ukuran S dengan kapasitas botol antara 40–100 mililiter. Dot bayi usia 0–3 tahun memiliki satu lubang kecil. Lubang kecil tersebut agar aliran susu tidak terlalu banyak dan deras, sehingga bayi tidak tersedak.

  • Usia 3–7 bulan: Ukuran M dengan kapasitas botol 160–200 mililiter. Dot bayi ukuran M ini memiliki lubang cenderung lebih besar.

  • Usia 7–12 bulan: Ukuran L dengan kapasitas botol 200–220 mililiter.

Untuk menaikkan tingkat ukuran dot, Anda juga bisa mengacu pada kecepatan bayi dalam menghabiskan susu dari botol. Waktu normal yang bisa dijadikan acuan adalah sekitar sepuluh menit. Jika bayi Anda menghabiskan susu lebih cepat, ada baiknya untuk menurunkan ukuran dot yang digunakan. Sebaliknya, jika bayi Anda minum dengan lambat, cobalah ganti ukuran dot dengan yang lebih besar. 

③ Tentukan jenis lubang dot

Tentukan jenis lubang dot

Perhatikanlah bentuk lubang dot bayi agar sesuai dengan kebutuhan si kecil. Umumnya, terdapat tiga jenis lubang pada dot, yaitu lubang bulat, tiga lubang, dan lubang Y. Selain itu, gantilah dot secara berkala agar tetap dapat memenuhi perkembangan dan kebutuhan bayi.


  • Lubang bulat banyak ditemukan di pasaran. Lubang dot bulat dapat digunakan sejak usia bayi baru lahir. Jika Anda mencari produk untuk dipakai langsung setelah bayi dilahirkan, pilihlah dot dengan lubang bulat.

  • Tiga lubang bisa digunakan untuk bayi yang merasa lubang bulat tidak dapat mencukupi kebutuhan minumnya. Pada lubang dot jenis ini, jumlah susu yang keluar dipengaruhi oleh kekuatan isap bayi. Jenis ini biasanya dapat digunakan ketika bayi sudah berusia 3 bulan.

  • Lubang Y dipakai untuk bayi yang masih belum cukup terpenuhi kebutuhannya dengan dot jenis tiga lubang. Lubang silang dari dot akan membuat susu mengalir dalam jumlah lebih banyak.

④ Cek desain dot yang memudahkan bayi menyusu

Cek desain dot yang memudahkan bayi menyusu

Selain tips memilih di atas, ada juga desain dot botol susu bayi yang perlu diperhatikan. Ini berguna agar bayi Anda merasa nyaman selama aktivitas menyusu menggunakan botol. Ada tiga bentuk dot susu bayi yang perlu Anda tahu:


  • Dot cherry yang memiliki batang dot serupa buah ceri. Dot ini tidak berlabel "ortodentik" sehingga dibuat tanpa memperhatikan tumbuh kembang gigi si kecil.

  • Dot dengan permukaan miring, bagian batang dot melengkung sehingga pas untuk mulut si kecil.

  • Dot datar dengan kedua sisi gepeng, memudahkan bayi dalam mengisap.


Desain lain yang perlu Anda perhatikan adalah memastikan desain tersebut lembut dan nyaman diisap bayi. Jadi, carilah dot bayi yang memiliki desain menyerupai puting payudara ibu. Penting juga memastikan ada katup khusus agar udara tidak mudah masuk ke dalam botol untuk mencegah kolik pada bayi.

⑤ Perhatikan kriteria botol susu yang aman

Perhatikan kriteria botol susu yang aman

Di dalam memilih botol bayi terbaik, Anda juga perlu memperhatikan keamanannya. Ini bisa dilihat dari kualitas bahan hingga beberapa unsur kandungannya yang harus dihindari. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan:


  • Bebas BPA: Pastikan merek botol susu yang Anda pilih mencantumkan label "BPA-free". Zat ini umumnya terdapat pada bahan plastik yang berbahaya bagi sistem reproduksi, saraf, dan daya tahan tubuh bayi.

  • Antikolik: Pastikan botol dirancang untuk meminimalisasi gangguan pencernaan akibat aktivitas menyusu bayi yang kurang tepat. Anda bisa memperhatikan label "antikolik" pada merek yang dipilih.

  • Perhatikan kode botol: Kode botol menentukan keamanan jenis bahan yang digunakan. Pada botol susu plastik, Anda dapat memiliki wadah bernomor 2 yang terbuat dari bahan high-density polyethylene (HDPE). Anda bisa juga memilih nomor 4 yang terbuat dari low-density polyethylene (LDPE). Selain itu, plastik nomor 5 yang terbuat dari bahan polypropylene (PP) juga bisa dipilih.


Anda juga perlu memperhatikan cara mensterilkan botol yang benar. Pastikan Anda merendamnya dalam baskom berisi air panas atau di bawah air panas yang mengalir. Khusus botol plastik, hindari memanaskan botol dalam microwave untuk mencegah pelepasan zat kimia di dalamnya.

 
Selain itu, Anda juga perlu memastikan kualitas botol yang digunakan. Gantilah botol susu apabila terlihat retak, tergores, atau ada perubahan warna yang disebabkan pelepasan zat kimia.

10 Rekomendasi botol susu terbaik untuk Bayi

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk botol susu terbaik untuk bayi yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Momi Homi

01 Cartoon Series

Momi Homi 01 Cartoon Series 1枚目

Botol dengan fitur antikembung dan banyak pilihan ukuran

2

Mama's Choice

Anti Colic Baby Bottle

Mama's Choice Anti Colic Baby Bottle 1枚目

Dot antikolik dengan desain untuk menstimulasi motorik kasar

3

Philips Avent

Botol susu Natural

Philips Avent Botol susu Natural  1枚目

Desain sempurna untuk bayi baru lahir

4

Pigeon

PP Clear Streamline 150M

Pigeon PP Clear Streamline 150M 1枚目

Antikolik dan peristaltic plus, dot bayi yang aman untuk newborn

5

Dr. Brown’s

Options+™ Anti-colic GLASS Baby Bottle, Wide-Neck

Dr. Brown’s  Options+™ Anti-colic GLASS Baby Bottle, Wide-Neck 1枚目

Mampu mempertahankan kandungan nutrisi dalam susu

6

Comotomo

Baby Bottle

Comotomo Baby  Bottle 1枚目

Bahan silikon antigores dan nyaman digenggam bayi

7

Medela

Calma

Medela  Calma 1枚目

Satu ukuran dot untuk seluruh masa menyusui

8

Heorshe

Ultra wide neck baby bottle

Heorshe Ultra wide neck baby bottle 1枚目

Desain ergonomis senyaman menyusu dari payudara ibu

9

Tommee Tippee

Botol PP Close to Nature

Tommee Tippee Botol PP Close to Nature 1枚目

Silikon lembut dan nyaman, didesain membiasakan bayi menyusu di botol

10

Mimijumi

Very Hungry

Mimijumi Very Hungry 1枚目

Dot bayi antikolik berstandar internasional

Perincian produk
Close
No.1

Momi Homi01 Cartoon Series

Mulai dari Rp31.499,00

Botol dengan fitur antikembung dan banyak pilihan ukuran

Kelebihan:
  • Ada sedotan pemberat yang mengikuti posisi air susu
  • Plastik tebal
  • Botol dengan banyak pilihan ukuran

Kekurangan:

  • Tidak diperuntukkan bagi bayi baru lahir

Dot bayi yang bagus merek Momi Homi ini dilengkapi teknologi terbaru yang memungkinkan ujung sedotan mengikuti posisi air susu. Botol susu ini terbuat dari silikon lembut dan alami yang menjamin kenyamanan si kecil. Selain itu, botol ini juga memiliki beragam pilihan ukuran, mulai dari 60 mililiter hingga 150 mililiter.


Merek Momi Homi juga dirancang cerdas agar ujung sedotan tidak bercampur udara. Fitur tersebut dapat menjauhkan anak Anda agar tidak tersedak dan kembung. Mudah dibersihkan dan bebas BPA, produk ini cocok untuk Anda yang mencari dot bayi yang bagus dan aman.

No.2

Mama's ChoiceAnti Colic Baby Bottle

Mulai dari Rp169.000,00

Dot antikolik dengan desain untuk menstimulasi motorik kasar

Kelebihan:

  • Desain antikolik 
  • Kontur botol ideal
  • Memiliki banyak varian warna menarik

Kekurangan:

  • Harganya pricey dibanding produk dengan kualitas sejenisnya

Anda mencari botol susu bayi antikolik sebagai syarat utama? Mama's Choice adalah pilihan cocok. Batang dot dirancang khusus untuk meminimalkan udara masuk dan menghindari resiko kembung, serta kolik pada bayi. Selain itu, botol ini juga memiliki kontur yang mudah untuk diremas untuk menstimulasi motorik kasar bayi. 


Produk ini tersedia dalam dua ukuran. Ada ukuran 150 mililiter untuk bayi usia 0–3 bulan dan ukuran 250 mililiter untuk bayi usia 3–6 bulan.

No.3

Philips AventBotol susu Natural SCF690/13

Mulai dari Rp109.000,00

Desain sempurna untuk bayi baru lahir

Kelebihan:

  • Sangat cocok digunakan untuk bayi baru lahir
  • Design spiral dengan dot lebar seperti payudara
  • Dot ekstralembut untuk bayi baru lahir

Kekurangan:

  • Kurang cocok digunakan untuk usia 6 bulan ke atas

Merek botol susu yang satu ini memiliki desain dot mirip payudara, sangat cocok bagi si kecil yang baru lahir. Selain itu, bahan dotny juga nyaman digunakan karena dilengkapi ukuran dot yang lebar. Selain itu, Philips Avent juga didesain dengan kelopak dot yang lentur. Botol susu ini pun sangat mudah dibersihkan.

No.4

PigeonPP Clear Streamline 150M

Mulai dari Rp57.700,00

Antikolik dan peristaltic plus, dot bayi yang aman untuk newborn

Kelebihan:
  • Bebas BPA dan BPS
  • Dot silikon yang elastis dan lembut 
  • Botol tahan panas hingga suhu 110 ℃

Kekurangan:
  • Penggunaan terbatas hingga usia bayi 3 bulan

Anda tentu tak asing dengan merek Pigeon. Dot berbahan peristaltic slim neck dan botol berbahan polypropylene (PP) ini akan membuat bayi menyusu lebih nyaman.


Dot bayi ini juga dilengkapi antikolik untuk meminimalkan gangguan pencernaan. Ukuran botol susu 150 mililiter ini mudah digenggam, sangat cocok untuk Anda yang mencari botol volume sedang. Botol dot bayi Pigeon ini cocok untuk bayi usia 0–3 bulan.

No.5

Dr. Brown’s Options+™ Anti-colic GLASS Baby Bottle, Wide-Neck

Mulai dari Rp243.000,00

Mampu mempertahankan kandungan nutrisi dalam susu

Kelebihan:

  • Menjaga kandungan vitamin dalam ASI maupun susu formula
  • Bahan kaca yang mudah disterilkan
  • Disertai cleaning brush untuk membersihkan internal vent system

Kekurangan:

  • Rawan pecah

Botol susu ini tepat untuk bayi baru lahir, bahkan untuk bayi prematur sekalipun. Selain itu, produk ini juga dilengkapi teknologi yang dapat mempertahankan kandungan nutrisi pada susu. Produk ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang khawatir kehilangan kandungan nutrisi ketika menggunakan botol susu untuk si kecil.


Khawatir bayi terkena kholik? Botol susu Dr. Brown's juga dilengkapi sistem vent yang berfungsi sebagai antikolik. Uniknya, vent ini dapat Anda lepas pasang sehingga sesuai dengan kebutuhan si kecil.

No.6

Bahan silikon antigores dan nyaman digenggam bayi

Kelebihan:

  • Botol silikon yang aman dan antigores
  • Sensasi mencengkeram botol yang menyenangkan untuk bayi

Kekurangan:

  • Harga pricey untuk produk dengan bahan sejenisnya.

Dot Comotomo berbahan silikon ini mudah dibersihkan dan memiliki ventilasi antikolik yang baik. Dot ini sangat lembut dan didesain khusus agar menyerupai puting ibu.


Bagi Anda yang mencari botol bayi yang nyaman digenggam dan memiliki bahan aman, ini bisa menjadi rekomendasi baik. Bahan silikonnya dijamin antigores sehingga meminimalkan kemungkinan bakteri berkembang biak di dalam botol.

No.7

Satu ukuran dot untuk seluruh masa menyusui

Kelebihan:

  • Ukuran dot disesuikan untuk berbagai usia
  • Desain yang mendukung transisi antara dot dan payudara
  • BPA-free

Kekurangan:

  • Hanya terdapat satu ukuran botol

Botol susu bayi Medela mungkin cocok untuk Anda yang memiliki bayi aktif. Hal tersebut karena botol susu ini terbuat dari plastik polypropylene yang tahan pecah. Botol bayi yang dibuat di Swiss ini juga bebas BPA sehingga aman untuk bayi Anda.


Bentuk dan ukuran dot ini ideal dengan kebutuhan dan perkembangan bayi. Anda tidak perlu repot membeli banyak ukuran dot, cukup satu ukuran cukup untuk seluruh masa menyusui.

No.8

HeorsheUltra wide neck baby bottle

Mulai dari Rp195.000,00

Desain ergonomis senyaman menyusu dari payudara ibu

Kelebihan: 

  • Dilengkapi sistem kontrol udara mencegah kolik
  • Desain botol yang baik untuk mencegah refluks

Kekurangan:

  • Produk jarang ada di toko offline, pemesanan di toko online atau website resmi lebih disarankan

Heorshe memiliki desain yang ergonomis sehingga memudahkan si kecil untuk memegang botol dan menemukan posisi menyusu yang nyaman. Produk ini juga dilengkapi penutup botol berdesain khusus yang berfungsi melindungi dot dari debu dan kontaminan lainnya. 


Botol bayi ini memiliki desain unik dengan warna coklat madu yang menarik. Jika Anda penyuka barang-barang estetik, produk ini bisa Anda pilih.

No.9

Tommee TippeeBotol PP Close to Nature

Mulai dari Rp123.900,00

Silikon lembut dan nyaman, didesain membiasakan bayi menyusu di botol

Kelebihan:

  • 100% silikon medical grade
  • Disertai teknologi katup ventilasi yang mengurangi udara dan menjaga kualitas nutrisi ASI
  • Bebas BPA dan bahan berbahaya lainnya

Kekurangan:

  • Harganya pricey dibanding produk dengan kualitas sejenisnya

Mengalami kesulitan membiasakan bayi Anda berpindah menyusu dengan botol? Botol Close to Nature Timmee Tippee ini mungkin jawabannya. Dirancang dengan dot mirip puting ibu, si kecil jadi mudah beradaptasi dan Anda pun dapat menjalani rutinitas prakehamilan. Produk ini dilengkapi katup antikolik dan tutup cakram untuk mencegah kebocoran saat bepergian.

No.10

Dot bayi antikolik berstandar internasional

Kelebihan:

  • Bahan berstandar internasional
  • Ada ventilasi untuk mencegah kolik
  • Bebas BPA, lateks, dan EA

Kekurangan:

  • Harganya pricey dibanding produk dengan kualitas sejenisnya

Mimijumi diproduksi dengan standar tinggi bebas EA dan standar keamanan Amerika. Botol yang mudah dibersihkan ini berbahan lateks dan plastik medis rekayasa dari Swiss. 


Botol ini dilengkapi ventilasi yang membuat si kecil terhindar dari kolik. Desainnya yang menyerupai payudara membuat si kecil mudah beradaptasi. Ditambah leher botol yang lebar, botol susu ini mudah dibersihkan. Bahannya juga berbeda dari merek kebanyakan karena memiliki campuran nilon yang menambah umur pakai produk.

Tips memilih dot untuk mencegah overweight

Tips memilih dot untuk mencegah overweight

Jika Anda khawatir bayi Anda mengalami overweight, Anda dapat memberikan dot ukuran S kepada si kecil. Lubang dot yang kecil otomatis hanya akan mengeluarkan tetesan susu dalam jumlah sedikit. Dengan begitu, bayi lebih banyak mengisap dan menelan. Dengan banyak mengisap, bayi akan lebih cepat merasa puas dan kenyang tanpa minum susu terlalu banyak.


Anda juga dapat menyiasati kekhawatiran Anda terhadap overweight dengan merapatkan dot pada botol. Makin rapat dot pada botol bayi, makin sedikit pula susu yang keluar dari botol. Hal ini dapat Anda terapkan jika Anda merasa bayi telah meminum susu terlalu banyak.

Baca juga rekomendasi perlengkapan untuk membersihkan botol susu bayi di sini

Penting untuk menjaga botol susu bayi Anda tetap bersih dan higienis. Karena itu, kami juga memberikan rekomendasi sikat botol bayi, sabun pencuci botol bayi, dan bottle sterilizer terbaik. Anda dapat membacanya pada artikel berikut ini.

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menentukan botol susu bayi terbaik untuk bayi Anda? Untuk menentukan botol susu bayi terbaik, Anda perlu memperhatikan bahan, daya tahan, ukuran, serta jenis dan desain dot


Selain itu, pilihlah botol susu bayi yang paling sesuai dengan kebutuhan dan usia buah hati Anda. Dengan artikel kami, semoga Anda terbantu untuk menemukan dot bayi terbaik bagi si kecil. Selamat memilih!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer