• 10 Rekomendasi Foundation Terbaik untuk Usia 40-an (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Foundation Terbaik untuk Usia 40-an (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Foundation Terbaik untuk Usia 40-an (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Foundation Terbaik untuk Usia 40-an (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Foundation Terbaik untuk Usia 40-an (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Foundation Terbaik untuk Usia 40-an (Terbaru Tahun 2022)

Memakai makeup pada usia 40-an bisa sangat tricky. Pada usia ini pemakaian makeup memerlukan perhatian ekstra akibat beragam tanda penuaan. Saat ini Anda akan membutuhkan foundation yang bagus untuk mendapatkan riasan yang flawless. Anda bisa menggunakan liquid foundation, cream foundation, atau cushion foundation yang praktis.


Kali ini kami akan memberikan tips memilih foundation terbaik untuk usia 40-an. Tak lupa kami juga merekomendasikan beragam merek foundation terbaik, seperti Wardah, ESQA, MAKE OVER, dan yang lainnya. Yuk, simak artikel ini sampai habis!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Ucha Candra
  • Pembaharuan terakhir: 28 September 2022
Daftar isi

Pahami kondisi kulit Anda pada usia 40-an

Pahami kondisi kulit Anda pada usia 40-an

Kondisi kulit terus berubah seiring bertambahnya usia. Pada usia 40-an banyak orang merasakan kulit yang makin kering, kendur, kusam, dan makin banyak tanda penuaan. Hal ini bisa diakibatkan oleh perubahan hormon, gaya hidup, dan paparan sinar UV.


Untuk mendapatkan riasan yang paripurna pada usia ini, Anda membutuhkan foundation yang kaya akan pelembap. Foundation yang kaya akan pelembap biasanya memiliki tekstur yang lembut dan halus. Tekstur semacam ini akan membantu merapikan tampilan pori-pori dan kerutan.

Cara memilih foundation untuk usia 40-an

Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih foundation untuk kulit usia 40-an. Simak tips dari kami dan temukan foundation yang tepat untuk kulit Anda!

Kenali ragam jenis foundation

Saat ini foundation tersedia dalam beragam bentuk. Setidaknya ada lima jenis foundation untuk usia 40-an yang bisa Anda coba. Berikut ulasan lengkapnya!

Liquid foundation, teksturnya lembut dan tersedia dalam banyak pilihan shade

Foundation cair atau liquid foundation memiliki tekstur yang lembut, ringan, dan mudah menyesuaikan dengan tekstur kulit. Foundation cair sangat mudah diaplikasikan bahkan oleh pemula makeup sekalipun.


Foundation ini hadir dengan banyak pilihan shade, finish, dan formula sehingga bisa menjawab semua kebutuhan kulit Anda. Selain itu, foundation cair juga banyak diproduksi dengan tambahan skincare, seperti anti-UV, pelembap, dan bahan aktif lainnya.

Cushion foundation, pemakaiannya praktis dan hemat waktu

Foundation dalam bentuk cushion memiliki keunggulan tersendiri karena penggunaannya yang praktis, hemat waktu, dan kemasannya travel-friendly. Hampir sama dengan foundation cair, cushion foundation juga ringan dan tersedia dalam beragam finish, baik matte atau dewy.


Cushion foundation biasanya hadir dengan tambahan skincare. Jika Anda adalah pemula makeup, cushion foundation bisa jadi pilihan base makeup pertama Anda.

Powder foundation, teksturnya halus dan cocok untuk kulit berminyak

Powder foundation merupakan alas bedak dalam bentuk powder yang halus dengan finish matte. Powder foundation tersedia dalam dua bentuk, yakni bedak padat/press powder atau bedak tabur/loose powder.


Bedak padat biasanya memiliki coverage yang full, sementara loose powder memiliki coverage yang lebih sheer. Foundation jenis ini lebih direkomendasikan untuk kulit oily karena bisa membantu mengurangi tampilan kilap pada wajah.

Cream foundation, lembap di kulit dan cocok untuk kulit kering

Selain foundation cair dan powder, ada juga foundation dalam bentuk krim. Foundation krim adalah alas bedak yang banyak direkomendasikan untuk kulit kering.


Foundation ini memiliki kandungan minyak yang tinggi sehingga mampu menjaga kelembapan kulit. Coverage pada cream foundation juga cenderung full sehingga dapat menyamarkan kekurangan wajah secara sempurna.

Stick foundation, kemasannya travel-friendly

Stick foundation, kemasannya travel-friendly

Jika Anda sering bepergian atau membutuhkan makeup yang praktis, Anda bisa mencoba stick foundation. Stick foundation memiliki kemasan yang travel-friendly, praktis, dan nyaman dipakai. Kandungannya banyak mengandung minyak, tetapi biasanya tidak lengket. Sayangnya, foundation ini cukup jarang ditemukan di Indonesia.

Tentukan finish yang Anda inginkan

Tentukan finish yang Anda inginkan

Saat hendak memilih foundation yang bagus untuk usia 40 tahun, Anda bisa memilih foundation dengan finish mattedewy, dan satin. Pemilihan finish ini tidak hanya memengaruhi tampilan makeup Anda, tetapi juga disesuaikan dengan kulit Anda, lho.


  • Matte finish

Matte foundation memiliki keunggulan memberikan coverage yang full, wajah bebas minyak dan kilap, serta makeup yang tahan lama. Foundation ini memberikan tampilan kulit yang halus dengan menyamarkan pori-pori hingga jerawat.


Matte foundation cocok untuk makeup bold dan sangat direkomendasikan pada kulit berminyak. Jika Anda memiliki kulit yang kering, matte foundation akan membuat kulit makin kering, cakey, dan makeup mudah crack.


  • Dewy finish

Dewy foundation memiliki keunggulan, yaitu ringan serta memberikan kesan wajah yang sehat dan bercahaya. Foundation ini memberikan tampilan kulit lembap dan seperti basah sehingga wajah terlihat segar. Dewy foundation cocok untuk kesan makeup yang ringan serta direkomendasikan untuk pemilik kulit kering dan mature.


Formula foundation ini akan membantu menyamarkan garis halus dan kerutan Anda. Namun, dewy foundation tidak direkomendasikan untuk kulit berminyak karena akan membuat kulit makin mengilap dan pori-pori makin kentara. Tampilan dewy juga kurang tahan lama sehingga kurang cocok dipakai pada cuaca panas maupun lembap.


  • Satin finish

Finish satin berada di tengah-tengah antara matte dan dewy. Satin finish ini memberikan tampilan lembap, tetapi tidak sebasah dewy finish.


Finish foundation semacam ini cocok untuk look makeup sehari-hari. Anda bisa menemukan finish ini pada foundation cair atau cream.

Perhatikan komposisi foundation Anda

Hal penting berikutnya yang perlu Anda perhatikan dalam memilih foundation yang bagus untuk umur 40 tahun adalah komposisinya. Berikut penjelasan lengkap kami.

Pelembap, membuat makeup makin halus dan glowing

Pelembap, membuat makeup makin halus dan glowing

Kulit yang kering dapat mengganggu tekstur makeup dan membuatnya jadi cakey atau crack. Untuk itu, perlu foundation yang diperkaya dengan pelembap. Tambahan pelembap membuat makeup makin menyatu dengan kulit sehingga kulit makin halus dan glowing.


Berikut ini adalah beberapa bahan yang berfungsi sebagai pelembap: 
  • Ceramide
  • Glycerin
  • Asam amino
  • Squalene
  • Hyaluronic acid
  • Collagen
  • Vitamin C derivative
  • Dipropylene glycol
  • Butylene Glycol
  • Fullerenes
  • dan lain-lain

Selain kandungan pelembap, foundation kekinian juga dilengkapi dengan kandungan skincare. Anda bisa menemukan kandungan skincare antiaging, antijerawat, dan masih banyak lagi. Jadi, simak dengan cermat deskripsi produk pilihan Anda, ya.

Silikon, membantu menahan sebum dan keringat

Silikon, membantu menahan sebum dan keringat

Selain kandungan pelembap, Anda juga perlu memperhatikan kandungan silikon. Silikon kerap ditemui dalam makeup waterproof. Kandungan silikon yang umum dalam makeup adalah clopentasiloxane dan dimethicone.


Kandungan silikon punya nilai plus dan minus dalam makeup. Berikut penjelasan lengkapnya:

  • Nilai plus

Silikon dikenal baik dalam menahan air sehingga makeup tidak mudah luntur. Selain itu, silikon juga membantu mempertahankan makeup selama mungkin.


  • Nilai minus

Silikon merupakan bahan yang mudah menempel pada kulit sehingga perlu dibersihkan dengan cermat. Jika kurang bersih, silikon dapat menghambat pori sehingga menimbulkan jerawat. Silikon juga kurang bersahabat untuk kulit sensitif.

Gunakan foundation yang dilengkapi sunscreen

Gunakan foundation yang dilengkapi sunscreen

Sinar ultraviolet mempercepat penuaan dan kerusakan kulit. Oleh karena itu, penggunaan sunscreen sangat penting. Sunscreen dapat mencegah penuaan dini, kulit terbakar, kusam, dan kerusakan skin barrier.


Untuk perlindungan ekstra, periksalah nilai SPF/PA pada foundation Anda. Makin tinggi nilai SPF/PA-nya, maka makin tinggi pula perlindungan yang Anda dapatkan.


Namun, tingginya nilai SPF/PA ini juga berpengaruh pada makeup. Biasanya, foundation akan terasa berat atau gerah. Untuk pemakaian sehari-hari saja, Anda bisa memilih foundation dengan kandungan SPF 30/PA+++.

10 Rekomendasi foundation terbaik untuk usia 40-an

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk foundation terbaik untuk usia 40-an yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Update 25 September 2022:
Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya, Bobbi Brown Intensive Skin Serum Foundation SPF 40/35 menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Maybelline Fit Me! Matte + Poreless memiliki angka penjualan tertinggi.

Gambar produk
1
Maybelline  Fit ME! Matte + Poreless Foundation 1

Maybelline

2
MAKE OVER  Powerstay Demi-Matte Cover Cushion 1

MAKE OVER

3
L’Oréal Paris Infallible 24 Hr Matte Cover  1

L’Oréal Paris

4
ESQA  Flawless Powder Foundation 1

ESQA

5
LT PRO  Smooth Corrector Cream Foundation 1

LT PRO

6
Dear Me Beauty  Airy Poreless Fluid Foundation  1

Dear Me Beauty

7
Mother Of Pearl (MOP) So X-TRA! Peptides Sunscreen Foundation SPF 40 PA ++ 1

Mother Of Pearl (MOP)

8
Wardah  Exclusive Creamy Foundation 1

Wardah

9
BLP Cover Cushion 1

BLP

10
NAMA Trueskin Anti-Aging UV Filter Liquid Foundation 1

NAMA

Nama produk

Fit ME! Matte + Poreless Foundation

Powerstay Demi-Matte Cover Cushion

Infallible 24 Hr Matte Cover

Flawless Powder Foundation

Smooth Corrector Cream Foundation

Airy Poreless Fluid Foundation

So X-TRA! Peptides Sunscreen Foundation SPF 40 PA ++

Exclusive Creamy Foundation

Cover Cushion

Trueskin Anti-Aging UV Filter Liquid Foundation

Keunggulan

Liquid foundation yang mampu menyamarkan pori-pori

Foundation cushion pertama dengan 20 pilihan warna

Foundation yang tahan hingga 24 jam!

Powder foundation lokal yang tak kalah bagusnya dengan brand luar

Foundation cream rekomendasi para MUA

Coverage full dengan tekstur yang ringan

Miliki wajah flawless seperti Tasya Farasya!

Harganya terjangkau, coverage-nya pun nampol!

Daily foundation dengan skincare dan perlindungan sunscreen yang tinggi

Foundation dengan kandungan skincare antiaging

Harga mulai dariRp 165.900,00Rp 218.000,00Rp 169.000,00Rp 135.000,00Rp 135.000,00Rp 179.000,00Rp 249.000,00Rp 97.000,00Rp 189.000,00Rp 179.000,00
Kandungan pelembap×GlycerinButylene glycol×Squalane, beeswaxAllantoinPeptideSqualane, beeswax, avocado oil, jojoba oil, linoleic acidGlycerin, butylene glycol, allantoinAloe vera, hyaluronic acid
Kandungan skincare lainnyaVitamin E×Vitamin E×Vitamin E×Niacinamide, dan yang lainnyaSoybean oil, calendulaVitamin E, chamomileWithania somnifera, Centella asiatica, citric acid, vitamin E
Kandungan silikon×Tidak disebutkanTidak disebutkan
Kandungan sunscreen✓ (SPF 22)✓ (SPF 50/PA++++)××✓ (SPF 18)✓ (SPF 40/PA++)✓ (SPF 50+/PA+++)
FinishMatteDemi matteMatteVelvet matteDewySemi matteVelvet matteSatinSatinMatte
Jumlah shade172010441512593
Isi30 ml15 gram35 ml6,5 gram15 gram30 gram30 ml10 gram13 gram32 ml
BPOM
Tautan produk
10

NAMATrueskin Anti-Aging UV Filter Liquid Foundation

Mulai dari Rp 179.000,00

Kandungan pelembapAloe vera, hyaluronic acid
Kandungan skincare lainnyaWithania somnifera, Centella asiatica, citric acid, vitamin E
Kandungan silikonTidak disebutkan
Kandungan sunscreen
FinishMatte
Jumlah shade3
Isi32 ml
BPOM
9
Kandungan pelembapGlycerin, butylene glycol, allantoin
Kandungan skincare lainnyaVitamin E, chamomile
Kandungan silikon
Kandungan sunscreen✓ (SPF 50+/PA+++)
FinishSatin
Jumlah shade9
Isi13 gram
BPOM
8
Kandungan pelembapSqualane, beeswax, avocado oil, jojoba oil, linoleic acid
Kandungan skincare lainnyaSoybean oil, calendula
Kandungan silikon
Kandungan sunscreen
FinishSatin
Jumlah shade5
Isi10 gram
BPOM
7

Mother Of Pearl (MOP)So X-TRA! Peptides Sunscreen Foundation SPF 40 PA ++

Mulai dari Rp 249.000,00

Kandungan pelembapPeptide
Kandungan skincare lainnyaNiacinamide, dan yang lainnya
Kandungan silikonTidak disebutkan
Kandungan sunscreen✓ (SPF 40/PA++)
FinishVelvet matte
Jumlah shade12
Isi30 ml
BPOM
6

Dear Me Beauty Airy Poreless Fluid Foundation

Mulai dari Rp 179.000,00

Kandungan pelembapAllantoin
Kandungan skincare lainnya×
Kandungan silikon
Kandungan sunscreen✓ (SPF 18)
FinishSemi matte
Jumlah shade15
Isi30 gram
BPOM
5

LT PRO Smooth Corrector Cream Foundation

Mulai dari Rp 135.000,00

Kandungan pelembapSqualane, beeswax
Kandungan skincare lainnyaVitamin E
Kandungan silikon
Kandungan sunscreen×
FinishDewy
Jumlah shade4
Isi15 gram
BPOM
4

ESQA Flawless Powder Foundation

Mulai dari Rp 135.000,00

Kandungan pelembap×
Kandungan skincare lainnya×
Kandungan silikon×
Kandungan sunscreen×
FinishVelvet matte
Jumlah shade4
Isi6,5 gram
BPOM
3

L’Oréal ParisInfallible 24 Hr Matte Cover

Mulai dari Rp 169.000,00

Kandungan pelembapButylene glycol
Kandungan skincare lainnyaVitamin E
Kandungan silikon
Kandungan sunscreen
FinishMatte
Jumlah shade10
Isi35 ml
BPOM
2

MAKE OVER Powerstay Demi-Matte Cover Cushion

Mulai dari Rp 218.000,00

Kandungan pelembapGlycerin
Kandungan skincare lainnya×
Kandungan silikon
Kandungan sunscreen✓ (SPF 50/PA++++)
FinishDemi matte
Jumlah shade20
Isi15 gram
BPOM
1

Maybelline Fit ME! Matte + Poreless Foundation

Mulai dari Rp 165.900,00

Kandungan pelembap×
Kandungan skincare lainnyaVitamin E
Kandungan silikon
Kandungan sunscreen✓ (SPF 22)
FinishMatte
Jumlah shade17
Isi30 ml
BPOM

Tingkatkan coverage foundation Anda dengan produk pendamping

Tingkatkan coverage foundation Anda dengan produk pendamping

Fungsi utama foundation adalah untuk meratakan warna kulit Anda. Namun, untuk menutupi masalah kulit tertentu, seperti flek hitam, mata panda, kusam, dan jerawat foundation perlu dibantu dengan makeup lainnya.


Jika ingin menutupi masalah kulit dengan lebih optimal, gunakan produk yang ditujukan khusus untuk mengatasi titik-titik tertentu di wajah. Dengan begitu, Anda dapat menyelesaikan masalah kulit tanpa lapisan tebal dan tetap tampil alami. 


Berikut adalah produk pendamping yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan:

  • Pore primer digunakan untuk menutupi pori-pori.
  • Concealer digunakan untuk menutupi bintik-bintik hitam, lingkaran hitam di area mata, jerawat, dan lain-lain.
  • Color corrector digunakan untuk menyamarkan kusam, kemerahan, warna kulit tidak merata, dan lain-lain. 

Baca juga rekomendasi perawatan kulit lainnya untuk usia 40-an di sini

Memilih foundation yang sesuai dengan usia adalah hal yang sangat penting. Namun, perawatan kulit juga penting. Berikut ini, kami juga punya rekomendasi skincare untuk usia 40-an. Klik link di bawah ini, ya!

Kesimpulan

Bagaimana tanggapan Anda setelah membaca pembahasan kami kali ini? Saat memilih foundation untuk usia 40-an, carilah yang sesuai dengan kondisi kulit Anda. Selain itu, pastikan foundation pilihan Anda dapat menutupi permasalahan kulit usia 40-an.

Silakan jadikan artikel ini sebagai referensi untuk memilih foundation yang sesuai. Temukanlah foundation favorit Anda dan dapatkan hasil riasan serta tekstur kulit yang sempurna.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Bedak Tabur Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Bedak Tabur Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    Loose powder atau bedak tabur dapat digunakan untuk menyempurnakan riasan Anda. Wajah akan tampak glowing dan makeup pun lebih tahan lama. Bedak tabur juga bisa mengontrol sebum pada kulit berminyak. Namun, banyaknya produk bedak tabur yang beredar mungkin akan membingungkan Anda. Karena itu, kami akan bagikan tips memilih bedak tabur yang bagus beserta produk-produk terbaiknya. Terdapat sepuluh bedak tabur dari berbagai merek, seperti Wardah, Emina, Make Over, dan Focallure. Artikel ini sudah ditinjau oleh makeup artist kami, Teh Dini. Yuk, temukan bedak tabur yang tepat untuk tampil flawless!
    Makeup wajah
  • 10 Rekomendasi Cushion Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Cushion Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Belakangan ini, popularitas cushion makin menanjak di kalangan pengguna makeup. Merek lokal pun tak ingin ketinggalan tren dengan turut memproduksi cushion yang bagus. Selain berkualitas internasional, cushion lokal juga disesuaikan dengan jenis kulit dan warna kulit orang Indonesia. Ada cushion untuk kulit berminyak, kulit kering, dan kulit sensitif.Kami akan memberikan tips untuk memilih cushion lokal beserta sepuluh rekomendasi produk terbaiknya. Anda akan menemukan produk dari Pixy Cosmetics, Somethinc, dan Make Over. Tentu semua produk rekomendasi sudah mengantongi izin BPOM sehingga pasti aman digunakan. Simak artikel ini sampai habis, ya!
    Makeup wajah
  • 10 Bedak Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Blogger (Terbaru Tahun 2022)
    10 Bedak Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Blogger (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi Anda pemilik kulit berminyak, harus jeli dalam memilih bedak. Bedak yang salah akan membuat wajah makin berminyak sehingga rentan menimbulkan beruntusan, komedo, dan jerawat. Lantas, bagaimana cara memilih bedak untuk kulit berminyak? Tenang, Anda akan menemukan bedak yang cocok untuk kulit berminyak di artikel ini.  Kami akan memaparkan cara memilih bedak yang bagus. Selain itu, ada juga rekomendasi bedak untuk kulit berminyak dari berbagai merek, seperti Make Over, Wardah, hingga Focallure. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh beauty blogger kami, Cut Auzola. Yuk, temukan bedak terbaik Anda di sini!
    Makeup wajah
  • 10 Rekomendasi BB Cushion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi BB Cushion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Belakangan ini, BB cushion menjadi salah satu produk yang populer di kalangan penggemar makeup. Hasilnya yang natural saat digunakan sangat pas untuk memberikan tampilan cantik alami. Selain itu, BB cushion banyak dipilih dengan alasan praktis karena sudah dilengkapi aplikator. Banyaknya merek BB cushion yang bagus mungkin membuat Anda bingung.Pada artikel kali ini, kami akan membantu Anda untuk memilih BB cushion terbaik sesuai dengan kebutuhan Anda. Beberapa rekomendasi merek cushion terbaik juga dapat Anda temukan, seperti Wardah, Make Over, SOMETHINC, dan Luxcrime. Selamat membaca!
    Makeup wajah
  • 10 Makeup Primer Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    10 Makeup Primer Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    Sayang sekali jika Anda menggunakan makeup tanpa melengkapinya dengan primer. Primer makeup adalah salah satu produk kecantikan yang dapat membuat makeup lebih tahan lama. Selain itu, primer juga dapat membuat kulit Anda tampak lebih halus sehingga makeup akan terlihat lebih menyatu.Supaya Anda bisa mendapatkan primer yang bagus, kami akan membahasnya secara detail di artikel ini. Anda pun dapat membaca tips tambahan dari beauty content creator, Citta Farenty. Temukan juga rekomendasi primer terbaik dari berbagai merek, seperti Pixy, Maybelline, Heimish, dan lainnya. Langsung saja, ya!
    Makeup wajah
  • 10 Bedak Foundation Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Bedak Foundation Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    Powder foundation (bedak foundation) adalah salah satu complexion yang banyak disukai saat ini. Umumnya, powder foundation memiliki hasil akhir matte. Namun, saat ini sudah banyak powder foundation yang dilengkapi moisturizer agar kulit wajah tidak kering.Banyak brand kecantikan mengeluarkan bedak foundation yang bagus, seperti Maybelline, Revlon, dan Y.O.U. Beauty product lokal, seperti Wardah, Make Over, dan ESQA juga tak ketinggalan. K ali ini, kami akan me-review produk powder foundation terbaik beserta tips cara memilihnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh makeup artist kami, Renata Aprianti. Jadi, simak sampai habis, ya!
    Makeup wajah
  • 10 Primer Terbaik untuk Usia 50-an - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Primer Terbaik untuk Usia 50-an - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    Base makeup atau primer adalah item penting dalam makeup. Primer membantu menyamarkan berbagai ketidaksempurnaan wajah. Primer juga berfungsi sebagai pelembap dan membuat warna kulit menjadi lebih merata. Berbagai merek terkenal, seperti Shiseido, Make Over, dan The Face Shop ikut mengeluarkan produk primer yang bagus.Namun, pada usia 50-an, ada beberapa poin penting yang harus Anda perhatikan dalam memilih primer. Karena itu, dalam artikel ini kami akan membagikan tips memilih primer untuk usia 50-an dan merekomendasikan produk-produk terbaiknya. Artikel ini sudah ditinjau oleh makeup artist kami, Renata Aprianti. Jadi, selamat membaca!
    Makeup wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori