10 Rekomendasi Kompor Gas Portabel Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Kompor Gas Portabel Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Kompor adalah salah benda yang wajib ada di setiap rumah. Selain digunakan di dapur, ada juga kompor gas portabel yang dapat digunakan pada saat camping atau kegiatan outdoor lainnya. Saat ini sudah banyak produsen ternama seperti Rinnai, Kenmaster, Oxone dan sebagainya yang memproduksi berbagai jenis kompor gas portabel dengan berbagai varian, desain, dan harga yang beragam.

Kali ini kami akan menjelaskan bagaimana cara memilih kompor gas portabel dan produk-produk terbaik yang direkomendasikan untuk berbagai kegiatan memasak Anda baik di dalam maupun di luar ruangan. Simak pembahasannya berikut ini!

Daftar isi

Cara memilih kompor gas portabel

Sebelum membahas produk-produk yang direkomendasikan, terlebih dahulu kami akan menjelaskan bagaimana cara memilih kompor gas portabel yang bisa membantu Anda dalam berbagai situasi masak-memasak.

Pilih sesuai tempat pemakaian

Tempat pemakaian kompor gas portabel dibagi menjadi dua bagian yaitu indoor dan outdoor. Berikut ini adalah penjelasan poin-poin yang perlu diperhatikan berdasarkan tempat pemakaian kompor gas tersebut. Mari kita simak!

Tipe ekonomis yang hemat bahan bakar untuk pemakaian di rumah

Tipe ekonomis yang hemat bahan bakar untuk pemakaian di rumah

Untuk keluarga yang sering menggunakan kompor gas portabel di rumah, pilihlah produk yang hemat bahan bakar. Kalaupun Anda tidak menemukan keterangan “ekonomis” misalnya pada nama suatu produk, bukan berarti kompor gas portabel tersebut tidak hemat bahan bakar. Intinya, periksalah spesifikasi suatu produk dan pastikan kompor yang Anda pilih tersebut dapat digunakan dalam waktu yang lama dengan konsumsi gas yang hemat.

Kompor gas dengan pelindung angin, cocok untuk di luar ruangan

Kompor gas dengan pelindung angin, cocok untuk di luar ruangan

Tidak seperti kompor gas portabel untuk di dalam ruangan, kompor gas yang didesain untuk digunakan di luar ruangan biasanya memiliki kaca atau penyangga yang berfungsi sebagai pelindung angin agar api tetap bisa menyala dengan tahan lama. Ada beberapa jenis kompor yang sudah dilengkapi dengan pelindung angin tersebut. Seandainya suatu produk tidak menyediakan pelindung angin ini, Anda juga bisa membuatnya sendiri secara terpisah dengan menggunakan berbagai material seperti logam atau kaca.

Bagi Anda yang akan menggunakan kompor gas portabel di luar ruangan, misalnya untuk camping, sebaiknya perhatikan kelengkapan ini sebelum Anda menentukan pilihan. Pengecekan ini agak sulit jika hanya dilakukan sekilas dengan melihat gambar. Jadi, kami sarankan agar Anda mengecek keterangan spesifikasi produk seperti halnya saat memeriksa konsumsi bahan bakar yang digunakan.

Pilih berdasarkan fungsi dasar yang mempengaruhi kemudahan penggunaan

Selain berdasarkan tempat pemakaiannya, pastikan kompor gas portabel yang Anda pilih juga mudah penggunaanya.

Memiliki daya minimal 2500 kkal/jam

Memiliki daya minimal 2500 kcal / jam

Pastikan kompor yang Anda pilih memiliki daya minimal 2500 kkal/jam untuk keperluan masak-memasak. Akan tetapi, perlu diingat juga bahwa keterangan tersebut hanyalah sebagai panduan secara umum karena kita tidak bisa membandingkan secara langsng kekuatan nyala api yang dihasilkan masing-masing kompor.

Contohnya kompor gas portabel jenis ekonomis. Kompor gas portabel tipe ini meminimalisir jumlah panas yang dihasilkan untuk menghemat pemakaian bahan bakar, tetapi tetap mempertahankan kekuatan nyala apinya. Misalnya lagi, kompor dengan sistem panel juga memiliki keunggulan dapat menstabilkan daya panasnya dengan baik. Hal tersebut, membuktikan bahwa tidak cukup hanya membandingkan nilai daya suatu produk, tetapi kita juga memperhatikan spesifikasi lainnya secara keseluruhan.

Badan kompor yang tipis dan ringan

Badan kompor yang tipis dan ringan

Badan kompor gas yang tipis dan ringan akan memudahkannya untuk dibawa kemana-mana, tidak memerlukan tempat penyimpanan yang luas, dan memiliki stabilitas yang tinggi. Anda tidak perlu khawatir panci berat yang Anda letakkan di atas kompor akan terjatuh karena kompor ini cukup stabil dengan badan kompor yang tidak terlalu tinggi.

Akan tetapi, tidak sedikit kompor gas portabel yang bodinya tipis ini yang mengorbankan fitur-fitur lain seperti kekuatan api, pemakaian bahan bakar, pelindung angin dan lainnya. Jadi, pastikan bahwa selain badan kompor yang tipis, kompor tersebut tetap memiliki keunggulan lainnya sesuai dengan yang Anda butuhkan.

Bahan dan desain yang mudah perawatannya

Bahan dan desain yang mudah perawatannya

Hal lain yang harus dicek dalam memilih kompor gas portabel adalah kemudahan perawatannya. Apabila kompor Anda sering digunakan, berarti Anda akan semakin sering membersihkannya. Pastikan bagian penyangga pada kompor mudah untuk dicopot dan dipasang kembali pada saat Anda akan membersihkan dari sisa-sisa makanan.

Kemudahan perawatan pada kompor tergantung dari bahan dasar dan desain kompor itu sendiri. Jika bagian atas kompor dilapisi fluorine, ini akan memudahkan Anda membersihkan kotoran yang jatuh dari masakan yang Anda buat. Selain itu, jika tiap komponennya mudah dilepas, perawatannya juga akan lebih mudah dan Anda bisa menjangkau bagian-bagian kompor yang sulit dicapai sekalipun.

Dilengkapi mekanisme keselamatan

Dilengkapi mekanisme keselamatan

Selain mudah perawatannya, pastikan juga bahwa proses memasang atau melepaskan tabung gas pada suatu produk bisa dilakukan dengan mudah. Jangan lupa untuk mengecek juga apakah kompor tersebut memiliki fitur untuk mematikan api secara otomatis jika mendeteksi bahaya.

Selain fungsi otomastis untuk mematikan nyala api jika kaleng gas terlalu panas, saat ini ada juga jenis kompor gas yang dilengkapi fitur keselamatan untuk mencegah kebocoran gas. Bahkan ada yang secara otomatis menyalakan ulang api kompor jika api kompor mati, sedangkan gas masih dalam kondisi mengalir. Fungsi ini sangat disarankan untuk penggunaan di dalam ruangan tertutup untuk mencegah tersebarnya gas yang bocor dari kompor.

Pilihlah dengan menyesuaikan ukuran panci atau wajan

Pilihlah dengan menyesuaikan ukuran panci atau wajan

Pada saat Anda memilih kompor gas portabel, pastikan ukurannya sesuai dengan panci atau wajan yang akan digunakan. Jika wajan atau panci Anda lebih besar dari ukuran piringan kompor, bagian pinggirnya yang terinduksi panas bisa mengakibatkan kaleng gas ikut memanas yang pada akhirnya dapat memicu terjadinya kecelakaan.

10 Rekomendasi kompor gas portabel terbaik 

Setelah mengetahui cara memilih kompor gas portabel, sekarang kami akan memperkenalkan produk-produk yang direkomendasikan untuk membantu Anda menentukan pilihan. Mari kita simak sekarang!

10. Miyako Portable Gas Stove KG-101 C

10. Miyako Portable Gas Stove KG-101 C

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 190.500

Kompor gas dengan fungsi 2 in 1 

Produk pertama yang kami rekomendasikan kali ini adalah kompor gas Miyako Kg-101 C yang sangat cocok untuk Anda pecinta traveling. Kompor gas ini didesain hemat bahan bakar dengan konsumsi gas 0,15 kg/jam dan efisiensi 64.9%. Dengan ukuran yang kecil dan bobot yang cukup ringan, kompor ini praktis dibawa-bawa dan tidak memakan ruang ketika disimpan.

Kompor ini aman dipakai dan diproduksi sesuai dengan SNI. Nyala apinya berwarna biru serta dilengkapi dengan pengaturan besar kecilnya api yang diinginkan. Tabung gas yang bisa dipakai untuk kompor ini ada dua jenis, yaitu gas kaleng ukuran 220 gr atau tabung gas 3 – 12 kg. Pemakaiannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan memasak Anda.

9. Nikita Portable Gas Stove

9. Nikita Portable Gas Stove

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 204.700

Dilengkapi dengan soup holder 

Kompor gas portabel merek Nikita model 1 tungku ini berfungsi 2 in 1 dengan pemakaian dua jenis gas, yaitu gas kaleng butana dan gas LPG ukuran 3 – 12 kg. Selain slot untuk gas kaleng ukuran kecil, kompor ini dilengkapi dengan konektor nozzle stove untuk tabung gas LPG sehingga dapat digunakan untuk pemakaian setiap hari di rumah maupun untuk di luar ruangan.

Kompor ini sangat cocok digunakan di luar ruangan karena dilengkapi dengan pelindung yang menghalangi angin. Produk keluaran Nikita ini juga dilengkapi dengan pemantik elektronik yang menghasilkan nyala api yang halus dan bersih. Pada kompor Nikita juga tersedia soup holder yang berfungsi mencegah agar air yang tumpah dari masakan tidak mengenai sumber api.

8. Cosmos Gas Travel 2 in 1 CGS123P

8. Cosmos Gas Travel 2 in 1 CGS123P

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 306.000

Menjadikan kegiatan memasak mudah 

Kompor gas portabel keluaran Cosmos yang satu ini hadir untuk menjadikan kegiatan memasak Anda lebih simpel di saat bepergian. Kompor ini mudah untuk dibawa-bawa karena bentuknya yang compact dan bobotnya yang ringan. Produk ini dilengkapi dengan pemantik yang responsif dengan nyala api yang dihasilkan stabil dan berwarna biru.

Anda tidak perlu khawatir akan merasa kerepotan untuk membersihkan kompor ini sehabis memasak karena badan kompor terbuat dari bahan stainless steel yang mudah untuk dibersihkan dan tahan karat. Ukuran tungku yang dimiliki produk ini cukup besar sehingga Anda dapat lebih fleksibel menyesuaikan kapasitas masakan dalam satu kali proses.

7. Winn Portable Stove W-1B

7. Winn Portable Stove W-1B

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 203.900

Dilengkapi sistem pemantik piezo electric 

Winn Portable Stove W-1B ini terbuat dari pelat besi berlapis enamel yang antikarat dengan tungku kompor dari bahan kuningan  yang membuatnya lebih tahan lama dan awet. Kompor ini dilengkapi dengan sistem pemantik piezo electric dan sistem keselamatan pemadam otomatis sehingga Anda akan merasa aman ketika menggunakannya.

Kompor ini bisa menggunakan 2 jenis tabung gas, yaitu gas kaleng dan LPG 3 – 12 kg. Kompor gas portabel ini juga memiliki pengatur api yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan sehingga Anda bisa menghemat pemakaian gas. Hampir seluruh bagian kompor gas ini dicat dengan warna elegan yang akan memberikan suasana tersendiri pada dapur Anda. Membersihkannya pun jadi lebih mudah!

6. Sayota NAC 155

6. Sayota NAC 155

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 200.000

Harga murah dan hemat bahan bakar

Brand Sayota sudah dikenal dengan berbagai jenis produk elektronik yang dikeluarkannya, dan kali ini Sayota mengeluarkan kompor gas portabel yang praktis dibawa kemana-mana! Meskipun badan kompornya tergolong kecil, produk ini mempunyai ukuran tungku yang besar sehingga panci yang dapat digunakan untuk memasak juga berukuran cukup memadai.

Kompor ini dilengkapi dengan pemantik otomatis yang menjamin keamanan selama memasak. Nyala api yang dihasilkan berwarna biru dan stabil untuk hasil masakan yang lebih maksimal. Keuntungan lain jika Anda menggunakan kompor gas ini adalah produk ini hemat dalam pemakaian gas sehingga Anda bisa menekan pengeluaran untuk membeli gas.

5. Quantum QGC-101R

5. Quantum QGC-101R

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 141.000

Burner berbahan besi anti karat

Badan kompor gas portabel Quantum QGC-101R ini terbuat dari teflon sehingga tidak lengket dan mudah untuk dibersihkan dari sisa-sisa makanan yang menempel. Selain itu, bagian burner-nya terbuat dari besi antikarat yang menjadikan kompor ini tahan lama dalam pemakaian jangka panjang.

Kompor Quantum ini juga dilengkapi dengan pemantik elektrik sehingga kompor mudah dinyalakan. Pemakaian bahan bakarnya juga terbilang hemat walaupun Anda memasak dalam waktu yang cukup lama. Kompor gas portabel dari Quantum ini cocok untuk digunakan di dalam ruangan dengan desainnya yang simpel serta ukuran yang kecil akan mempercantik dapur Anda.

4. Progas Portable Gas Stove

4. Progas Portable Gas Stove

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 297.747

Mudah digunakan dan dibersihkan

Kompas gas portabel dari Progas yang satu ini diproduksi sesuai dengan SNI sehingga memenuhi standar keselamatan yang ditetapkan. Kompor gas 1 tungku dari merek ini didesain dengan warna yang menawan yang akan membuat dapur Anda terlihat lebih menarik. Badan kompornya juga terbuat dari teflon yang antilengket sehingga mudah dibersihkan dari sisa masakan masakan yang Anda buat.

Selain bisa digunakan dengan bahan bakar gas kaleng, kompor gas ini juga dilengkapi dengan LPG connector yang memungkinkan penggunaan gas tabung ukuran 3 – 12 kg. Dengan ukurannya yang kecil dan cukup tipis, kompor Progas ini tidak memerlukan tempat yang luas ketika disimpan dan bobotnya yang cukup ringan juga menjadikannya praktsi untuk dibawa berkegiatan outdoor.

3. Kenmaster KM-180B

3. Kenmaster Km-180b

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 379.000

Ringan dan mudah dibawa!

Kompor gas merek Kenmaster pastinya sudah terkenal di kalangan mereka yang suka traveling atau camping. Bobotnya yang ringan menjadikan kompor ini mudah dibawa dan bisa digunakan dalam segala kondisi, seperti piknik atau bahkan dalam keadaan darurat. Kompor ini juga dilengkapi nozzle khusus yang memungkinkan penggunaan tabung gas ukuran 3 dan 12 kg.

Kompor ini terbuat dari bahan aluminium yang cukup tahan lama. Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika sering menggunakan kompor ini dalam berbagai kegiatan outdoor. Selain itu, ukuran tungku pada kompo ini juga terbilang cukup besar sehingga Anda dapat lebih fleksibel untuk kapasitas makanan dalam sekali masak.

2. Oxone 2IN1 LPG & Gas Butane Ox-930L

2. Oxone 2IN1 LPG & Gas Butane Ox-930L

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 235.200

Desain simpel dan mudah dibawa untuk kegiatan outdoor

Oxone sudah cukup terkenal di kalangan masyarakat dengan berbagai produknya yang tidak diragukan lagi kualitasnya. Begitu pula halnya dengan Oxone 2IN1 LPG & Gas Butane Ox-930L yang satu ini! Badan kompor ini terbuat dari stainless steel yang antikarat dan mudah dibersihkan, serta dilapisi cat yang melindunginya dari goresan.

Kompor gas portabel ini juga memiliki tas khusus untuk memudahkan portabilitasnya. Selain itu, produk ini dilengkapi pemantik elektronik dan pelindung angin untuk menjamin api tetap stabil saat digunakan di luar ruangan sekalipun, sekaligus membantu penghematan penggunaan bahan bakar.

1. Rinnai RI-150CC

1. Rinnai RI-150CC

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 610.900

Desain elegan dengan warna merah yang menawan

Siapa yang tidak tahu produk keluaran Rinnai? Merek ini sudah sangat terpercaya sebagai produsen kompor gas baik ukuran besar untuk pemakaian di rumah maupun tipe portabel seperti yang satu ini. Bagian atas kompor terbuat dari bahan antilengket sehingga memudahkan Anda membersihkannya dari sisa-sisa masakan yang tumpah.

Kompor ini dijamin aman pemakaiannya karena dilengkapi sistem lock dan unlock yang berguna untuk mencegah terjadinya kebocoran gas. Produk ini bisa digunakan secara multifungsi baik di dalam maupun luar ruangan dengan pilihan gas kaleng atau tabung LPG. Warna merahnya yang elegan akan memberikan nuansa tersendiri ketika digunakan di dapur Anda.

Kesimpulan

Kompor gas portabel bisa digunakan sebagai alat untuk memasak baik di dalam maupun di luar ruangan. Setelah mengetahui cara memilihnya berdasarkan poin-poin yang kami jelaskan di atas, apakah Anda sudah dapat menentukan pilihan?

Pilihlah kompor gas dengan memperhatikan setiap keunggulannya dan sesuaikan dengan kebutuhan serta budget Anda. Pastikan kegiatan masak-memasak menjadi lebih menyenangkan dengan kompor gas portabel terbaik. Selamat memilih!