• 10 Rekomendasi Kompor Gas Portabel Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Kompor Gas Portabel Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Kompor Gas Portabel Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Kompor Gas Portabel Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Kompor Gas Portabel Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Kompor Gas Portabel Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Kompor adalah salah benda yang wajib ada di setiap rumah. Selain digunakan di dapur, ada juga kompor gas portabel yang dapat digunakan pada saat camping atau kegiatan outdoor lainnya. Saat ini sudah banyak produsen ternama seperti Rinnai, Kenmaster, Oxone dan sebagainya yang memproduksi berbagai jenis kompor gas portabel dengan berbagai varian, desain, dan harga yang beragam.

Kali ini kami akan menjelaskan bagaimana cara memilih kompor gas portabel dan produk-produk terbaik yang direkomendasikan untuk berbagai kegiatan memasak Anda baik di dalam maupun di luar ruangan. Simak pembahasannya berikut ini!
  • Pembaharuan terakhir: 16 November 2020
  • 61.563 Views
Daftar isi

Cara memilih kompor gas portabel

Sebelum membahas produk-produk yang direkomendasikan, terlebih dahulu kami akan menjelaskan bagaimana cara memilih kompor gas portabel yang bisa membantu Anda dalam berbagai situasi masak-memasak.

Pilih sesuai tempat pemakaian

Tempat pemakaian kompor gas portabel dibagi menjadi dua bagian yaitu indoor dan outdoor. Berikut ini adalah penjelasan poin-poin yang perlu diperhatikan berdasarkan tempat pemakaian kompor gas tersebut. Mari kita simak!

Tipe ekonomis yang hemat bahan bakar untuk pemakaian di rumah

Tipe ekonomis yang hemat bahan bakar untuk pemakaian di rumah
Untuk keluarga yang sering menggunakan kompor gas portabel di rumah, pilihlah produk yang hemat bahan bakar. Kalaupun Anda tidak menemukan keterangan “ekonomis” misalnya pada nama suatu produk, bukan berarti kompor gas portabel tersebut tidak hemat bahan bakar. Intinya, periksalah spesifikasi suatu produk dan pastikan kompor yang Anda pilih tersebut dapat digunakan dalam waktu yang lama dengan konsumsi gas yang hemat.

Kompor gas dengan pelindung angin, cocok untuk di luar ruangan

Kompor gas dengan pelindung angin, cocok untuk di luar ruangan
Tidak seperti kompor gas portabel untuk di dalam ruangan, kompor gas yang didesain untuk digunakan di luar ruangan biasanya memiliki kaca atau penyangga yang berfungsi sebagai pelindung angin agar api tetap bisa menyala dengan tahan lama. Ada beberapa jenis kompor yang sudah dilengkapi dengan pelindung angin tersebut. Seandainya suatu produk tidak menyediakan pelindung angin ini, Anda juga bisa membuatnya sendiri secara terpisah dengan menggunakan berbagai material seperti logam atau kaca.
Bagi Anda yang akan menggunakan kompor gas portabel di luar ruangan, misalnya untuk camping, sebaiknya perhatikan kelengkapan ini sebelum Anda menentukan pilihan. Pengecekan ini agak sulit jika hanya dilakukan sekilas dengan melihat gambar. Jadi, kami sarankan agar Anda mengecek keterangan spesifikasi produk seperti halnya saat memeriksa konsumsi bahan bakar yang digunakan.

Pilih berdasarkan fungsi dasar yang mempengaruhi kemudahan penggunaan

Selain berdasarkan tempat pemakaiannya, pastikan kompor gas portabel yang Anda pilih juga mudah penggunaanya.

Memiliki daya minimal 2500 kkal/jam

Memiliki daya minimal 2500 kkal/jam
Pastikan kompor yang Anda pilih memiliki daya minimal 2500 kkal/jam untuk keperluan masak-memasak. Akan tetapi, perlu diingat juga bahwa keterangan tersebut hanyalah sebagai panduan secara umum karena kita tidak bisa membandingkan secara langsng kekuatan nyala api yang dihasilkan masing-masing kompor.
Contohnya kompor gas portabel jenis ekonomis. Kompor gas portabel tipe ini meminimalisir jumlah panas yang dihasilkan untuk menghemat pemakaian bahan bakar, tetapi tetap mempertahankan kekuatan nyala apinya. Misalnya lagi, kompor dengan sistem panel juga memiliki keunggulan dapat menstabilkan daya panasnya dengan baik. Hal tersebut, membuktikan bahwa tidak cukup hanya membandingkan nilai daya suatu produk, tetapi kita juga memperhatikan spesifikasi lainnya secara keseluruhan.

Badan kompor yang tipis dan ringan

Badan kompor yang tipis dan ringan
Badan kompor gas yang tipis dan ringan akan memudahkannya untuk dibawa kemana-mana, tidak memerlukan tempat penyimpanan yang luas, dan memiliki stabilitas yang tinggi. Anda tidak perlu khawatir panci berat yang Anda letakkan di atas kompor akan terjatuh karena kompor ini cukup stabil dengan badan kompor yang tidak terlalu tinggi.
Akan tetapi, tidak sedikit kompor gas portabel yang bodinya tipis ini yang mengorbankan fitur-fitur lain seperti kekuatan api, pemakaian bahan bakar, pelindung angin dan lainnya. Jadi, pastikan bahwa selain badan kompor yang tipis, kompor tersebut tetap memiliki keunggulan lainnya sesuai dengan yang Anda butuhkan.

Bahan dan desain yang mudah perawatannya

Bahan dan desain yang mudah perawatannya
Hal lain yang harus dicek dalam memilih kompor gas portabel adalah kemudahan perawatannya. Apabila kompor Anda sering digunakan, berarti Anda akan semakin sering membersihkannya. Pastikan bagian penyangga pada kompor mudah untuk dicopot dan dipasang kembali pada saat Anda akan membersihkan dari sisa-sisa makanan.
Kemudahan perawatan pada kompor tergantung dari bahan dasar dan desain kompor itu sendiri. Jika bagian atas kompor dilapisi fluorine, ini akan memudahkan Anda membersihkan kotoran yang jatuh dari masakan yang Anda buat. Selain itu, jika tiap komponennya mudah dilepas, perawatannya juga akan lebih mudah dan Anda bisa menjangkau bagian-bagian kompor yang sulit dicapai sekalipun.

Dilengkapi mekanisme keselamatan

Dilengkapi mekanisme keselamatan
Selain mudah perawatannya, pastikan juga bahwa proses memasang atau melepaskan tabung gas pada suatu produk bisa dilakukan dengan mudah. Jangan lupa untuk mengecek juga apakah kompor tersebut memiliki fitur untuk mematikan api secara otomatis jika mendeteksi bahaya.
Selain fungsi otomastis untuk mematikan nyala api jika kaleng gas terlalu panas, saat ini ada juga jenis kompor gas yang dilengkapi fitur keselamatan untuk mencegah kebocoran gas. Bahkan ada yang secara otomatis menyalakan ulang api kompor jika api kompor mati, sedangkan gas masih dalam kondisi mengalir. Fungsi ini sangat disarankan untuk penggunaan di dalam ruangan tertutup untuk mencegah tersebarnya gas yang bocor dari kompor.

Pilihlah dengan menyesuaikan ukuran panci atau wajan

Pilihlah dengan menyesuaikan ukuran panci atau wajan
Pada saat Anda memilih kompor gas portabel, pastikan ukurannya sesuai dengan panci atau wajan yang akan digunakan. Jika wajan atau panci Anda lebih besar dari ukuran piringan kompor, bagian pinggirnya yang terinduksi panas bisa mengakibatkan kaleng gas ikut memanas yang pada akhirnya dapat memicu terjadinya kecelakaan.

10 Rekomendasi kompor gas portabel terbaik

Setelah mengetahui cara memilih kompor gas portabel, sekarang kami akan memperkenalkan produk-produk yang direkomendasikan untuk membantu Anda menentukan pilihan. Mari kita simak sekarang!
10
9
8
7
6
5
4
3
2
1

Tabel perbandingan produk kompor gas portabel terbaik

Gambar produk
1
Rinnai RI-150CC 1

Rinnai

2
Oxone 2IN1 LPG & Gas Butane  1

Oxone

3
Kenmaster  KM-180B 1

Kenmaster

4
Progas  Portable Gas Stove 1

Progas

5
Quantum  QGC-101R 1

Quantum

6
Sayota  NAC 155 1

Sayota

7
Winn  Portable Stove  1

Winn

8
Cosmos  Gas Travel 2 in 1  1

Cosmos

9
Nikita  Portable Gas Stove 1

Nikita

10
Miyako Portable Gas Stove  1

Miyako

Nama produk

RI-150CC

2IN1 LPG & Gas Butane

KM-180B

Portable Gas Stove

QGC-101R

NAC 155

Portable Stove

Gas Travel 2 in 1

Portable Gas Stove

Portable Gas Stove

Keunggulan

Desain elegan dengan warna merah yang menawan

Desain simpel dan mudah dibawa untuk kegiatan outdoor

Ringan dan mudah dibawa!

Mudah digunakan dan dibersihkan

Burner berbahan besi anti karat

Harga murah dan hemat bahan bakar

Dilengkapi sistem pemantik piezo electric

Menjadikan kegiatan memasak mudah

Dilengkapi dengan soup holder

Kompor gas dengan fungsi 2 in 1

HargaRp 610.900,00Rp 235.200,00Rp 379.000,00Rp 297.747,00Rp 141.000,00Rp 200.000,00Rp 203.900,00Rp 306.000,00Rp 204.700,00Rp 190.500,00
Tautan produk

Kesimpulan

Kompor gas portabel bisa digunakan sebagai alat untuk memasak baik di dalam maupun di luar ruangan. Setelah mengetahui cara memilihnya berdasarkan poin-poin yang kami jelaskan di atas, apakah Anda sudah dapat menentukan pilihan?
Pilihlah kompor gas dengan memperhatikan setiap keunggulannya dan sesuaikan dengan kebutuhan serta budget Anda. Pastikan kegiatan masak-memasak menjadi lebih menyenangkan dengan kompor gas portabel terbaik. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sebagai orang Indonesia yang sumber karbohidratnya adalah nasi, tentu rice cooker adalah item yang wajib dimiliki. Tidak hanya untuk memasak nasi, rice cooker juga bisa digunakan untuk memasak bubur, mengukus, dan memasak berbagai jenis makanan lainnya.. Pada artikel ini, kami akan memperkenalkan rekomendasi produk rice cooker, seperti Cosmos, Panasonic, dan Philips. Sebelum itu, kami juga akan memberitahukan cara memilih rice cooker yang tepat untuk kebutuhan Anda. Silakan jadikan artikel ini sebagai referensi Anda, ya!
    Peralatan masak
    198.547 Views
  • 10 Rekomendasi Wajan Penggorengan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Wajan Penggorengan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Frying pan atau wajan penggorengan merupakan alat yang sangat penting dalam memasak. Saat ini telah tersedia beragam merek wajan yang terkenal, seperti Tefal, MAXIM, Oxone, dan lainnya. Jenis wajan pun beragam. Ada yang terbuat dari bahan besi, dilapisi keramik atau teflon, dan yang bisa digunakan untuk kompor induksi.Kali ini kami memberikan rekomendasi wajan penggorengan terbaik bagi Anda. Namun, terlebih dahulu kami akan menjelaskan tentang poin penting yang bisa Anda jadikan panduan dalam memilih wajan. Temukanlah wajan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Peralatan masak
    164.595 Views
  • 10 Rekomendasi Wajan Keramik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Wajan Keramik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Akhir-akhir ini, penggunaan wajan keramik sudah makin populer. Selain karena desainnya yang minimalis, bahan keramik juga jauh lebih aman dan tidak mengganggu kesehatan. Menumis dan menggoreng menggunakan wajan keramik membuat masakan jadi cepat matang secara merata. Itulah sebabnya Anda perlu mempertimbangkan untuk memilikinya di dapur rumah.Jika Anda mencari wajan keramik, Anda akan menemukan beberapa merek, seperti BOLDe, Maxim, LocknLock, dan masih banyak lagi. Sebelum membelinya, sebaiknya ketahui dahulu manfaat menggunakan wajan keramik dan bagaimana tips memilih wajan keramik yang tepat. Yuk, simak artikel ini.
    Peralatan masak
    11.753 Views
  • 10 Rekomendasi Hand Mixer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Hand Mixer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Hand mixer merupakan peralatan dapur yang memberi kemudahan untuk mengaduk adonan. Bahkan, banyak ibu yang menggunakannya untuk membuat MPASI si kecil. Berbagai produsen, seperti Philips, KitchenAid, Kenwood, dan lainnya meluncurkan produk andalannya masing-masing dengan bermacam harga. Bingung harus pilih yang mana?Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih hand mixer yang tepat. Lalu, tidak lupa kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Jangan lewatkan juga ulasan tentang pemakaian hand mixer yang efektif di bagian akhir artikel. Sudah siap membuat dalgona coffee yang populer dengan hand mixer?
    Peralatan masak
    87.331 Views
  • 10 Rekomendasi Wajan Panggang (Grill Pan) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Wajan Panggang (Grill Pan) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Jenis makanan yang dipanggang seperti ikan bakar, satai, atau steak, memang menjadi salah satu yang banyak digemari. Jika Anda ingin membuat jenis makanan ini di rumah, Anda membutuhkan wajan panggang atau grill pan. Grill pan pun serbaguna karena tak hanya bisa digunakan untuk memanggang, tetapi juga menumis.Berbagai produsen di antaranya Maxim, Ikea, HappyCall, dan Philips, berlomba menawarkan wajan panggang berkualitas tinggi. Berikut ini, kami akan menjelaskan poin penting yang harus Anda perhatikan dalam memilih wajan panggang. Jangan dilewatkan, ya!
    Peralatan masak
    71.603 Views
  • 10 Rekomendasi Peeler (Alat Pengupas Kulit Buah dan Sayur) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Peeler (Alat Pengupas Kulit Buah dan Sayur) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Peeler  atau alat pengupas kulit buah dan sayur dapat menghemat waktu mengupas dibanding memakai pisau dapur biasa. Bisa dikatakan, peeler ini merupakan salah satu inovasi dalam kegiatan masak-memasak. Namun, banyaknya produk dengan ukuran dan bentuk yang berbeda-beda mungkin akan membingungkan Anda saat memilih. Di artikel kali ini, kami akan menjelaskan poin-poin penting yang perlu Anda perhatikan saat memilih peeler. Tak lupa, kami pun akan memperkenalkan sepuluh rekomendasi peeler dari berbagai merek, seperti Victorinoux, IKEA, Maxim, dan sebagainya. Mari simak terus artikel ini!
    Peralatan masak
    8.732 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori