• 10 Rekomendasi Kompor Gas Portable Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Kompor Gas Portable Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Kompor Gas Portable Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Kompor Gas Portable Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Kompor Gas Portable Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Kompor Gas Portable Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Kompor gas portable memiliki bentuk mini sehingga penggunaannya dikenal praktis. Saat sedang camping, Anda dapat mengandalkan kompor ini. Cara menyalakan kompor gas portable pun mudah. Meskipun demikian, Anda perlu menggunakan produk yang bagus agar terhindar dari bahaya gas meledak. 

 
Kali ini, kami akan memperkenalkan kepada Anda cara memilih kompor gas portable terbaik sebagai panduan memilih. Kami juga akan merekomendasi produk terbaik kompor gas portable, seperti Miyako, Rinnai, Cosmos, dan lainnya. Produk-produk tersebut bisa menjadi pertimbangan Anda sebelum memilh. Pilihlah produk yang awet dengan harga yang cocok di kantong Anda!

  • Pembaharuan terakhir: 22 Maret 2021
  • 105.303 Views
Daftar isi

Cara memilih kompor gas portable

Kami akan menjelaskan hal-hal yang perlu Anda perhatikan agar Anda dapat menentukan kompor gas protable yang tepat. Bacalah setiap poinnya dengan teliti dan temukan kompor gas portable yang pas dengan kebutuhan Anda. 

Pilihlah jenis kompor yang sesuai dengan penggunaan Anda

Karena kegunaannya yang praktis, Anda dapat memasak di rumah dan luar ruangan menggunakan kompor gas portable. Meskipun demikian, Anda harus mengetahui karakteristik kompor gas portable yang cocok untuk penggunaan Anda. 

Untuk di rumah, pilihlah kompor yang mampu memasak berbagai jenis masakan

Untuk di rumah, pilihlah kompor yang mampu memasak berbagai jenis masakan

Jika Anda menggunakan kompor gas portabel di rumah, pilihlah produk yang dapat digunakan untuk memasak berbagai jenis masakan. Jenis kompor ini memiliki beberapa tingkatan pengaturan panas. Anda pun dapat memasak dengan tingkat panas yang sesuai dengan jenis masakan Anda.


Selain itu, ada juga jenis kompor portabel yang didesain untuk kegiatan memasak menggunakan hot plate. Jadi, selain memasak menggunakan panci dan wajan, Anda juga dapat memasak dengan hot plate. Dengan demikian, jenis makanan yang dapat dimasak menggunakan kompor gas portabel jadi lebih beragam. 

Di luar ruangan, gunakan kompor dengan portabilitas tinggi dan memiliki pelindung

Di luar ruangan, gunakan kompor dengan portabilitas tinggi dan memiliki pelindung

Jika digunakan di luar ruangan, kami menyarankan untuk memilih kompor yang memiliki kaca atau penyangga. Kaca tersebut berfungsi sebagai pelindung agar api menyala lebih stabil. Ada juga produk yang sudah dilengkapi dengan pelindung angin sehingga lebih aman saat digunakan di luar ruangan. 


Namun, agak sulit untuk mengetahui material pelindung tersebut hanya dengan melihat gambarnya saja. Jadi, sebaiknya Anda memeriksanya dengan lebih saksama pada bagian deskripsi produk.


Tidak hanya mengecek kemudahan penggunaannya, Anda juga perlu memeriksa portabilitasnya. Kompor gas portabel yang memiliki casing khusus akan lebih mudah untuk dibawa. Selain itu, ada juga tipe penutup casing yang dapat digunakan juga sebagai pelindung angin. Setelah digunakan, bagian tersebut dapat dilepas hanya dengan menutup tutupnya sehingga mudah untuk dibersihkan.

Pastikan fitur kompor portable nyaman digunakan

Selanjutnya, mari kita memeriksa kinerja kompor gas portabel. Pilihlah produk dengan fitur dan kinerja yang nyaman digunakan.

Durasi kompor menyala, tahan digunakan selama 60 menit secara terus menerus

Durasi kompor menyala, tahan digunakan selama 60 menit secara terus menerus

Satu gas portabel memiliki waktu memasak yang bervariasi, tergantung dari spesifikasi kompornya. Banyak kompor portabel yang mampu memasak sekitar 60 menit. Bahkan, ada juga kompor yang mampu menyala secara terus menerus selama tiga jam atau lebih. Pilihlah kompor gas yang mampu memasak secara terus menerus setidaknya selama 60 menit.


Kompor dengan burning time yang lama dianggap lebih menguntungkan. Anda dapat menggunakan kompor tersebut mulai dari memasak hingga menghangatkan masakan Anda. Dengan kompor ini, Anda bisa memasak dalam waktu yang lama. Selain itu, Anda juga tidak perlu khawatir kehabisan bahan bakar saat memasak.

Tingkat efisiensi, periksa tingkat konsumsi gas selama memasak

Tingkat efisiensi, periksa tingkat konsumsi gas selama memasak

Anda juga perlu mengecek jumlah gas yang dikonsumsi oleh kompor portabel tersebut. Hal ini untuk mengetahui apakah kompor itu ramah lingkungan atau tidak. Konsumsi gas ini biasanya dinyatakan dalam g/h. Makin kecil nilanya, kompor gas portabel yang Anda gunakan makin ramah lingkungan.


Makin kecil konsumsi gasnya, makin lama juga burning time dari kompor tersebut. Dengan begitu, penggunaan satu tabung gas akan bertahan lebih lama. Selain itu, ada dua jenis burner untuk kompor gas portabel, yaitu jenis outer flame dan inner flame. Jenis api inner flame memusatkan api ke dalam sehingga tidak banyak panas api yang hilang. Akibatnya, waktu didih menjadi lebih cepat dibandingkan dengan tipe outer flame

Kemampuan memasak, gunakan kompor dengan daya minimal 225 kkal

Kemampuan memasak, gunakan kompor dengan daya minimal 225 kkal

Anda juga perlu memeriksa panas dari kompor gas portabel. Sebaiknya, Anda menggunakan kompor dengan kalori minimal 2.500 kkal/jam (2,9 kW). Namun, nilai ini hanyalah sebagai panduan saja. Anda tidak mungkin membandingkan daya termal kompor dengan jumlah panas yang dihasilkan. 


Ada kompor hemat energi dan ramah lingkungan yang memiliki daya termal 2.500 kkal/jam (2,9 kW). Nyatanya, kinerja kompor tersebut setara dengan 3.000 kkal/jam (3,5 kW). Ada juga kompor dengan sistem panel yang memiliki keunggulan dapat menstabilkan daya panas dengan baik. Hal tersebut membuktikan bahwa kita tidak bisa membandingkan produk hanya dari nilai dan daya termal yang tertera pada tabel spesifikasi. Anda juga perlu memeriksa karakteristik dari masing-masing produk.

Pilih kompor portable dengan tingkat keamanan tinggi

Selain nyaman digunakan, Anda juga harus memastikan tingkat keamanan dari kompor gas portabel ini. Hal tersebut untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Maka dari itu, harap perhatikan poin-poin berikut ini dengan saksama.

Jenis magnet, memasang dan melepaskan tabung gas menjadi mudah

Jenis magnet, memasang dan melepaskan tabung gas menjadi mudah

Kesalahan umum saat mengoperasikan kompor gas adalah katup kompor tidak disetel dengan benar sehingga pemasangan gasnya keliru. Untuk mencegahnya, Anda dapat memilih katup kompor tipe magnet yang dapat dilepas. 


Silinder pada tabung gas portabel pun dapat dipasang dengan benar dan kuat berkat kekuatan magnetnya. Hal ini tentu dapat mencegah kesalahan pengoperasian. Jika Anda menggunakan kompor gas portabel jenis ini, sebaiknya Anda memilih jenis magnet yang bisa dilepas pasang.

Sistem keamanan, mencegah terjadinya penggunaan yang salah

Sistem keamanan, mencegah terjadinya penggunaan yang salah

Anda juga perlu memeriksa perangkat keamanan pada kompor gas portabel. Sistem keamanan ini dirancang oleh produsen masing-masing untuk meningkatkan keselamatan penggunanya. Biasanya, kompor gas portabel dilengkapi dengan perangkat pengaman sensor tekanan. Saat silinder pada kompor terlalu panas, tekanan internal naik, dan silinder akan otomatis terlepas.


Selain itu, ada juga perangkat keselamatan yang memungkinkan silinder disetel hanya saat knop dalam posisi mati. Soket yang menghubungkan tabung gas dan kompor pun menjadi kedap udara sehingga tidak ada gas yang keluar. Dengan begitu, kompor gas portabel akan lebih aman saat dinyalakan. Jadi, pilihlah produk yang memberikan tingkat keamanan setinggi mungkin.

Sesuaikan ukuran kompor dengan perangkat memasak Anda

Sesuaikan ukuran kompor dengan perangkat memasak Anda

Pada umum, kompor gas portabel memiliki ukuran 30 cm x 30 cm. Jika Anda sering memasak menggunakan panci besar, sebaiknya pilih kompor yang berukuran 50 cm x 30 cm. Jenis kompor dan panci yang besar ini cocok untuk Anda yang sering bersantap bersama teman dan keluarga. Anda pun perlu mempertimbangkan jenis makanan beserta cara memasaknya. Setelah itu, barulah Anda dapat memilih kompor yang sesuai dengan ukuran alat memasaknya.


Apabila Anda ingin menggunakan panci yang berat seperti claypot, sebaiknya pilihlah pot yang tipis. Jenis gerabah tanah liat yang tipis lebih stabil sehingga tidak mudah tumpah. Sleain itu, alat masak dari tanah liat yang tipis akan membuat Anda sulit untuk melihat api saat ingin mengatur panas. Meskipun demikian, panas dari api akan lebih rendah secara keseluruhan sehingga panas dalam pot akan merata.

Pilihlah kompor yang mudah dibersihkan

Pilihlah kompor yang mudah dibersihkan

Tatakan kaki tiga dan bagian penerima sup dari kompor gas portabel diketahui mudah kotor. Jika Anda memilih kompor yang salah satu tatakan kakinya dapat dilepas, maka kompor tersebut akan mudah dibersihkan. Lalu, perhatikan juga bagian burner dan badan kompor. Dari bagian itu, mungkin ada kotoran yang masuk ke dalam kompor. Jadi, bersihkanlah dengan lebih teliti. 


Kemudahan perawatan kompor juga tergantung dari material yang digunakan pada kompor gas portabel. Jika pelat atas berfluorinasi, kotoran akan mudah dibersihkan. Saat Anda meletakkan piring besi dan menikmati daging panggang, tentu pelat kompor sangat mudah kotor. Sekali lagi, harap perhatikan dengan saksama bahan dan pengolahan bagian utama dari kompor yang hendak Anda pilih. 

10 Rekomendasi kompor gas portable terbaik

Sekarang, kami akan memperkenalkan produk kompor gas portable terbaik untuk membantu Anda menentukan pilihan. Mari kita simak sekarang!

10
Penyesuaian panasAda
Konsumsi gasTidak disebutkan
Sistem keamananTidak disebutkan
Jenis gas Butana (gas kaleng)
Ukuran20 cm x 20 cm x 9 cm
Berat0,8 kg
9
Penyesuaian panasAda
Konsumsi gasTidak disebutkan
Sistem keamananTidak disebutkan
Jenis gasButana (gas kaleng) dan LPG
Ukuran37 cm x 32 cm x 11 cm
Berat3 kg
8
Penyesuaian panasAda
Konsumsi gasTidak disebutkan
Sistem keamananTidak disebutkan
Jenis gasTidak disebutkan
UkuranTidak disebutkan
BeratTidak disebutkan
7
Penyesuaian panasAda
Konsumsi gas2.1 kW
Sistem keamananAda
Jenis gasButana (gas kaleng)
Ukuran33 cm x 28,5 cm x 8,8 cm
BeratTidak disebutkan
6
Penyesuaian panasAda
Konsumsi gasTidak disebutkan
Sistem keamananTidak disebutkan
Jenis gasButana (gas kaleng) dan LPG
Ukuran31 cm x 28 cm x 8,5 cm
BeratTidak disebutkan
5
Penyesuaian panasAda
Konsumsi gas2,09 kW
Sistem keamananAda
Jenis gasGas cartridge dan LPG
UkuranTidak disebutkan
BeratTidak disebutkan
4

OxoneOX-930L | Kompor Gas Portable

Mulai dari Rp 459.000,00

Penyesuaian panasAda
Konsumsi gasTidak disebutkan
Sistem keamananAda
Jenis gasButana (gas kaleng) dan LPG
Ukuran34,3 cm x 27,5 cm x 8,5 cm
BeratTidak disebutkan
3

Cosmos Portable Gas Cooker

CGC-121P

Mulai dari Rp 218.300,00

Penyesuaian panasAda
Konsumsi gasTidak disebutkan
Sistem keamananAda
Jenis gasButana (gas kaleng)
UkuranTidak disebutkan
BeratTidak disebutkan
2
Penyesuaian panasAda
Konsumsi gasTidak disebutkan
Sistem keamananAda
Jenis gasButana (gas kaleng)
Ukuran39,5 cm x 22,5 cm x 12 cm
Berat2,2 kg
1
Penyesuaian panasAda
Konsumsi gas2.5 kW
Sistem keamananAda
Jenis gasButana (gas kaleng)
Ukuran34,3 cm x 27,5 cm x 8,2 cm
Berat1,86 kg

Tabel perbandingan produk kompor gas portable terbaik

Gambar produk
1
Maspion  Kompor Gas EX-801FR 1

Maspion

2
Winn Gas  Portabel Grill Gas Stove W2S  1

Winn Gas

3
Cosmos  Portable Gas Cooker  1

Cosmos

4
Oxone OX-930L | Kompor Gas Portable 1

Oxone

5
Miyako  Kompor Gas Travel CC-100 1

Miyako

6
NIKO  Kompor Gas Portable 2 in 1 1

NIKO

7
Rinnai  RI-150CC 1

Rinnai

8
Sayota  Portable Gas Cooker - NAC 155 1

Sayota

9
Nikita Kompor Portable 1

Nikita

10
MATOUGUI Kompor Camping LH-203 1

MATOUGUI

Nama produk

Kompor Gas EX-801FR

Portabel Grill Gas Stove W2S

Portable Gas Cooker

OX-930L | Kompor Gas Portable

Kompor Gas Travel CC-100

Kompor Gas Portable 2 in 1

RI-150CC

Portable Gas Cooker - NAC 155

Kompor Portable

Kompor Camping LH-203

Keunggulan

Pengaman ganda dengan panas yang lebih merata!

Desain khusus untuk Anda yang senang memanggang

Tatakan panel antiselip dan tahan lama

Desain elegan dengan tampilan trendi

Wadah dan panci lebih stabil berkat pan support bergerigi

Kompor antileket dan mudah dibersihkan

Konsumsi gas hemat, aman memasak banyak masakan

Tungku besar dengan api biru yang merata

Kompor portable dengan berbagai pilihan warna

Camping stove dengan bentuk compact dan terjangkau

Harga mulai dariRp 317.000,00Rp 799.000,00Rp 218.300,00Rp 459.000,00Rp 219.000,00Rp 209.000,00Rp 253.000,00Rp 240.000,00Rp 165.000,00Rp 100.000,00
Penyesuaian panasAdaAdaAdaAdaAdaAdaAdaAdaAdaAda
Konsumsi gas2.5 kWTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan 2,09 kWTidak disebutkan2.1 kWTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan
Sistem keamananAdaAdaAdaAdaAdaTidak disebutkanAdaTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan
Jenis gasButana (gas kaleng)Butana (gas kaleng)Butana (gas kaleng)Butana (gas kaleng) dan LPGGas cartridge dan LPGButana (gas kaleng) dan LPGButana (gas kaleng)Tidak disebutkanButana (gas kaleng) dan LPG Butana (gas kaleng)
Ukuran34,3 cm x 27,5 cm x 8,2 cm39,5 cm x 22,5 cm x 12 cmTidak disebutkan34,3 cm x 27,5 cm x 8,5 cmTidak disebutkan31 cm x 28 cm x 8,5 cm33 cm x 28,5 cm x 8,8 cm Tidak disebutkan37 cm x 32 cm x 11 cm20 cm x 20 cm x 9 cm
Berat1,86 kg2,2 kgTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan3 kg0,8 kg
Tautan produk

Baca juga rekomendasi jenis kompor lainnya di sini

Apakah Anda mempertimbangkan jenis kompor lainnya? Kami juga telah mengulas jenis kompor lainnya, seperti kompor listrik, kompor induksi, dan lainnya. Anda dapat membaca artikelnya pada tautan di bawah ini. 

Kesimpulan

Kompor gas portabel adalah alat yang sangat praktis untuk memasak di dalam maupun di luar ruangan. Berdasarkan rekomendasi kompor portabel terbaik di atas, adakah produk yang menarik perhatian Anda?


Hal yang terpenting, pilihlah kompor portabel yang memudahkan Anda saat memasak. Selain itu, pastikan Anda menyesuaikan jenis kompor yang Anda pilih dengan bujet Anda. Pastikan kegiatan masak-memasak menjadi lebih menyenangkan dengan kompor gas portabel pilihan Anda. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sebagai orang Indonesia yang sumber karbohidratnya adalah nasi, tentu rice cooker adalah item yang wajib dimiliki. Tidak hanya untuk memasak nasi, rice cooker juga bisa digunakan untuk memasak bubur, mengukus, dan memasak berbagai jenis makanan lainnya.. Pada artikel ini, kami akan memperkenalkan rekomendasi produk rice cooker, seperti Cosmos, Panasonic, dan Philips. Sebelum itu, kami juga akan memberitahukan cara memilih rice cooker yang tepat untuk kebutuhan Anda. Silakan jadikan artikel ini sebagai referensi Anda, ya!
    Peralatan masak
    307.196 Views
  • 10 Rekomendasi Wajan Keramik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Wajan Keramik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Akhir-akhir ini, penggunaan wajan keramik sudah makin populer. Wajan yang awalnya populer di Korea ini digemari karena bahannya yang lebih aman dan tidak mengganggu kesehatan. Menumis dan menggoreng menggunakan wajan keramik membuat masakan jadi cepat matang secara merata. Itulah sebabnya Anda perlu mempertimbangkan untuk memilikinya di dapur rumah.Jika Anda mencari wajan keramik, Anda akan menemukan beberapa merek, seperti Maxim, Yoshikawa, dan masih banyak lagi. Sebelum membelinya, sebaiknya ketahui dahulu manfaat menggunakan wajan keramik dan bagaimana tips memilih wajan keramik yang bagus. Yuk, simak artikel ini.
    Peralatan masak
    100.817 Views
  • 10 Rekomendasi Wajan Penggorengan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Wajan Penggorengan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Wajan penggorengan merupakan alat masak yang wajib ada di dapur. Wajan penggorengan terbuat dari bahan yang beragam, baik yang dilengkapi lapisan antilengket maupun yang noncoating. Pada artikel ini, kami akan memperkenalkan wajan antilengket seperti teflon, serta wajan noncoating, seperti cast iron dan stainless steel. Apa keunggulan dari setiap bahan tersebut? Kami akan menjabarkannya untuk Anda. Kami juga akan mengulas rekomendasi wajan dari merk ternama, seperti Tefal, IKEA, Maxim, dan Oxone. Silakan baca artikel ini untuk mengetahui tips memilih wajan yang bagus. Temukanlah wajan terbaik sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Peralatan masak
    231.123 Views
  • 10 Rekomendasi Food Chopper Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Food Chopper Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu hal yang merepotkan saat memasak yaitu mencincang sayuran dan daging ataupun menghaluskan bumbu. Namun, kini telah hadir food chopper alias alat penggiling bumbu dapur dan bahan makanan yang akan memudahkan Anda. Dengan beragam fungsi, desain, dan cara penggunaan, Anda mungkin akan bingung dalam memilih food chopper yang bagus. Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih food chopper. Kami juga akan mengulas food chopper yang banyak diminati dari merk Baby Safe, Tupperware, Slap Chop, freemir, dan lainnya. Pilihlah food chopper yang sesuai dengan kebutuhan Anda, ya!
    Peralatan masak
    92.010 Views
  • 10 Rekomendasi Frying Pan Set Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Frying Pan Set Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Apabila Anda hobi memasak, memiliki satu set frying pan mungkin akan menjadi kepuasan tersendiri. Selain mempercantik interior dapur dengan peralatan masak yang seragam, frying pan set bisa disimpan dengan lebih rapi dan ringkas. Namun, banyaknya produk set frying pan yang bagus mungkin membuat Anda bingung saat memilih.Supaya Anda tidak bingung, kami akan mengulas cara memilih frying pan set. Tak hanya itu, kami juga akan mengulas sepuluh set frying pan yang bisa Anda jadikan referensi sebelum membeli. Ada produk set dari MINKA, Maxim, Oxone, Supra, dan sebagainya, lho.
    Peralatan masak
    149.126 Views
  • 10 Rekomendasi Hand Mixer Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Hand Mixer Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Hand mixer merupakan peralatan dapur yang memberi kemudahan Anda untuk mengaduk adonan. Bahkan, banyak ibu yang menggunakannya untuk membuat MPASI si kecil, khususnya hand mixer mini. Mesin praktis ini merupakan produk wajib di rumah tangga.Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih hand mixer terbaik sekaligus memberi sepuluh rekomendasi produk yang bagus. Anda juga akan menemukan tips tambahan dari cooking influencer, Inov Pelawi. Merk hand mixer Philips, Miyako, Han River, dan Signora juga ada di sini. Temukan review setiap produknya di bawah ini, yuk!
    Peralatan masak
    114.814 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori