10 Rekomendasi WiFi Speaker Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi WiFi Speaker Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Jika Anda seorang audiophile atau sekedar penikmat musik dan film, maka Anda akan menyukai speaker yang bagus. Dengan wireless speaker Anda bisa menikmati audio yang dihubungkan dengan berbagai perangkat lain, dengan koneksi Bluetooth atau WiFi.

Speaker dengan sambungan WiFi memiliki suara yang lebih stabil dan kualitasnya lebih tinggi. Bagaimana cara mendapatkan wireless speaker terbaik dengan WiFi? Artikel ini akan  memberikan penjelasan tentang cara memilih wireless speaker dan 10 rekomendasi alat tersebut. Selamat membaca!

Daftar isi

Cara memilih WiFi speaker

Ada beberapa poin yang perlu Anda perhatikan saat mencari wireless speaker yang disertai WiFi. Semua poin-poin di bawah memiliki nilai plus bagi speaker dan Anda bisa sesuaikan dengan preferensi Anda. Apa saja itu? Mari simak cara memilih WiFi speaker.

Pilih metode koneksi yang sesuai

Memilih metode koneksi tergantung pada perangkat apa yang akan Anda sambungkan dengan speaker. Pastikan perangkat yang akan Anda sambungkan dengan alat tersebut memiliki metode koneksi yang sama.

DLNA, bisa terhubung dengan beberapa perangkat

DLNA, bisa terhubung dengan beberapa perangkat

Teknologi Digital Living Network Alliance (DLNA) memungkinkan Anda menghubungkan perangkat dan mengakses file multimedia seperti musik, video, dan gambar tanpa menggunakan kabel. Anda bisa dengan mudah mendengarkan musik yang ada pada smartphone Anda dengan wireless speaker menggunakan teknologi ini.

Perlu diingat, akses dengan DLNA hanya bisa dilakukan pada perangkat dari berbagai produsen yang telah memiliki lisensi dan fitur DLNA. Jika Anda ingin mencoba teknologi ini, pastikan perangkat dan WiFi speaker Anda memilikinya.

Airplay, untuk perangkat keluaran Apple

Airplay, untuk perangkat keluaran Apple

Airplay adalah fitur teknologi nirkabel dari produsen Apple. Dengan teknologi ini, Anda bisa berbagi file multimedia antar produk-produk Apple seperti iPhone, iPad, MacBook, dan lain-lain dengan perangkat resmi Apple seperti wireless headphones, wireless speaker, dan AppleTV.

Perlu diketahui bahwa pertukaran file multimedia baru bisa berhasil jika kedua perangkat yang dihubungkan memiliki fitur Airplay-nya kompatibel. Fitur Airplay ini tidak bisa diaktifkan pada perangkat yang berbasis Android maupun Windows.

Koneksi lainnya seperti Bluetooth dan NFC saat tidak ada WiFi

Koneksi lainnya seperti Bluetooth dan NFC saat tidak ada WiFi

Wireless speaker dengan sistem koneksi lain selain WiFi merupakan nilai plus bagi Anda. Biasanya, wireless speaker memiliki sistem koneksi lain seperti Bluetooth dan NFC (Near Field Communication), sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk menggunakan wireless speaker Anda di mana pun Anda berada, bahkan saat Anda tidak terhubung dengan WiFi.

Pilih frekuensi yang tersedia di lingkungan Anda

Jaringan WiFi bekerja pada dua frekuensi yang berbeda, yaitu 2,4 GHz dan 5 GHz. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Silakan pilih yang sesuai dengan frekuensi WiFi yang ada di lingkungan Anda.

Frekuensi 2,4 GHz

Frekuensi 2,4 GHz

Frekuensi 2,4 GHz merupakan frekuensi yang sudah lama digunakan. Frekuensi ini memiliki sinyal yang kuat dan jangkauan yang luas. Sinyalnya pun mampu menembus tembok dan lantai sehingga nyaman digunakan antar ruangan.

Banyak alat-alat elektronik lain yang menggunakan frekuensi ini. Contohnya: pengendali kontrol TV, pengendali mainan, oven micrawave, dan banyak lagi. Maka, frekuensi 2,4 GHz mudah terganggu sinyalnya karena banyak alat lain yang satu frekuensi. Saat ada gangguan, kualitas sinyal akan menurun dan koneksi akan melambat.

Frekuensi 5 GHz

Frekuensi 5 GHz

Dibandingkan dengan frekuensi 2,4 GHz, sinyal frekuensi 5 GHz lebih stabil dan koneksinya lebih cepat. Frekuensi ini adalah jawaban atas penuhnya pemakaian frekuensi 2,4 GHz. Belum banyak peralatan elektronik yang menggunakan sinyal pada frekuensi ini.

Namun, kelemahan frekuensi 5 GHz ini adalah jangkauannya yang tidak terlalu jauh. Alat dengan frekuensi ini tidak begitu bagus koneksinya jika digunakan antar ruangan. Kalau Anda akan menggunakannya dalam jarak yang masih terjangkau, maka tidak akan ada masalah bagi Anda.

Pilih kualitas suara yang bagus

Wireless speaker yang disertai WiFi memiliki kualitas suara yang lebih bagus daripada wireless speaker dengan koneksi Bluetooth. Namun, kualitas suara juga tergantung pada kualitas koneksi.

Suara beresolusi tinggi lebih bagus pada alat dengan koneksi DLNA

Suara beresolusi tinggi lebih bagus pada alat dengan koneksi DLNA

Sebenarnya tidak ada definisi yang pasti untuk suara beresolusi tinggi. Namun, hi-res audio atau suara beresolusi tinggi biasanya mengacu pada suara yang lebih jernih, lebih tajam, dan mendekati aslinya. Suara beresolusi tinggi adalah suara yang kisarannya lebih tinggi daripada suara yang dapat direkam ke dalam CD (Compact Disc).

Koneksi dengan DLNA dan Airplay dapat memberikan audio hi-res jauh lebih bagus daripada koneksi dengan Bluetooth. Bila dibandingkan, suara dari koneksi DLNA sedikit lebih bagus daripada Airplay. Maka, untuk Anda yang menginginkan hasil suara yang resolusinya tinggi, kami sarankan Anda untuk menggunakan wireless speaker dengan koneksi DLNA yang, tentu saja, kompatibel dengan perangkat Anda.

Rentang frekuensi yang sesuai

Rentang frekuensi yang sesuai

Suara terendah yang dapat didengar oleh manusia adalah 20 Hz, yang sesuai dengan suara bass yang sangat rendah. Sementara, suara tertinggi yang dapat didengar oleh manusia adalah 20.000 Hz, yang sesuai dengan suara treble tertinggi. Speaker yang bisa menghasilkan suara dengan rentang 20 – 20.000 Hz akan memiliki suara yang nyaman didengar dan mendekati suara asli.

Hi-res audio merupakan suara digital dalam kisaran frekuensi yang lebih tinggi, yaitu di atas 44.100 Hz. Beberapa wireless speaker mendukung berkas audio digital hi-res sehingga menghasilkan suara yang lebih bagus. Saat memilih wireless speaker pastikan frekuensinya ada pada rentang 20 – 20.000 Hz dan mendukung hi-res audio.

Pilih ukuran yang pas

Pilih ukuran yang pas

Wireless speaker yang disertai WiFi tersedia dalam berbagai ukuran. Anda bisa memilihnya berdasarkan ukuran. Jika Anda banyak menggunakannya di rumah, maka ukuran yang agak besar dan tipe stasioner tidak akan menjadi masalah bagi Anda. Anda bisa menggunakannya kapan pun dan tidak perlu khawatir dengan saat pengisian baterai karena bisa dengan mudah diisi ulang di rumah.

Jika Anda ingin membawa wireless speaker ke mana-mana, maka speaker yang cocok adalah tipe portabel. Bentuk yang ringkas dan bobot yang tidak berat akan memudahkan Anda membawa alat ini ke mana pun Anda mau. Jika Anda mau membawa wireless speaker keluar rumah, jangan lupa perhatikan waktu pengoperasian alat dengan daya baterai yang tersedia.

Periksa metode pengisian baterai

Periksa metode pengisian baterai

Salah satu keuntungan dari wireless speaker adalah Anda tidak direpotkan dengan kabel. Namun,  WiFi speaker cukup menghabiskan baterai. Jika Anda memilih tipe stasioner, Anda dapat dengan mudah menempatkannya di dekat stop kontak dan mengisi ulang baterainya saat habis.

Anda memilih tipe portabel dan membawanya ke mana-mana? Maka Anda harus selalu membawa kabel pengisi daya baterainya juga. Jika wireless speaker Anda memiliki koneksi USB, Anda akan bisa mengisi baterai dengan mudah menggunakan power bank.

10 Rekomendasi WiFi speaker terbaik

Anda sudah membaca tentang cara memilih WiFi speaker yang disertai yang kami jelaskan di atas. Kami akan memberikan 10 rekomendasi WiFi speaker terbaik yang dibawah ini. Silahkan baca dan temukan speaker yang Anda inginkan.

10. Samsung Radiant 360 R1 WAM 1500

10. Samsung Radiant 360 R1 WAM 1500

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 2.596.000

Dapatkan suasana kafe dengan speaker ini!

Anda akan mendapatkan diri Anda dikelilingi musik dengan wireless speaker ini. Dengan fitur Radiant 360, suara yang dihasilkan menyebar 360° di dalam ruangan Anda, seperti berada di kafe dengan musik di latar belakang kegiatan Anda. Dengan WiFi pada perangkat iOS atau Android, Anda bisa menghubungkan wireless speaker ini dengan aplikasi Multiroom. Anda juga bisa streaming musik dari ruangan lain.

Desain speaker ini sangat elegan, dengan panel kontrol sentuh yang responsif. Hanya perlu tap & swipe untuk mengatur musik yang Anda dengarkan. Jika Anda memiliki TV Samsung, Anda bisa dengan mudah menghubungkan wireless speaker ini dengan TV SoundConnect. Menonton film dengan speaker ini akan terasa seperti di bioskop, dengan suara stereo.

9. Bose Soundtouch 10

9. Bose Soundtouch 10

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 4.499.000

WiFi speaker yang mudah penggunaannya, seperti berhitung 1, 2, 3

Bose Soundtouch 10 sangat mudah digunakan. Hanya perlu tiga langkah untuk mengoperasikannya: nyalakan speaker, sambungkan dengan WiFi, atur dengan aplikasi Soundtouch pada smartphone Anda. Mudah, kan? Dengan WiFi, alat ini bisa digunakan streaming dengan Spotify, Pandora, iTunes, dan banyak lagi pelayanan streaming lainnya. Sementara untuk koneksi jarak dekat, Anda bisa menggunakan Bluetooth.

Wireless speaker Bose Soundtouch 10 menghasilkan suara jernih yang kuat, beresolusi tinggi memenuhi ruangan Anda. Speaker ini disertai dengan remote control yang memudahkan Anda mengaturnya dari jarak jauh. Namun, alat ini juga kompatibel dengan Amazon Echo Dot, sehingga Anda bisa mengaturnya dengan perintah suara. Amazon Echo Dot dijual terpisah.

8. Harman Kardon Omni 10

8. Harman Kardon Omni 10

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 2.200.000

Wireless speaker mungil yang hemat listrik

Wireless speaker Harman Kardon Omni 10 memiliki koneksi Bluetooth dan WiFiSpeaker ini dapat dengan mudah dihubungkan dengan smartphone Anda dan perangkat Harman Kardon Omni 10 pada ruangan lainnya. Koneksi WiFi pada alat ini memungkinkan Anda untuk melakukan streaming musik yang berbeda di setiap ruangannya.

Harman Kardon Omni 10 adalah speaker yang ramah lingkungan. Alat ini siap beroperasi dengan satu sentuhan, dan jika dalam waktu 10 menit tidak digunakan maka speaker ini akan memasuki mode sleep. Dengan begitu, Anda akan hemat energi listrik. Anda hanya tinggal mengaktivasi dengan menggunakan koneksi WiFi atau Bluetooth untuk menyalakannya kembali.

7. Bowers & Wilkins Zeppelin

7. Bowers & Wilkins Zeppelin

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 10.000.000

Streaming musik dengan balon zeppelin

Bowers & Wilkins Zeppelin adalah wireless speaker yang disertai WiFi bertipe stasioner. Meskipun tidak mudah untuk dibawa-bawa, kualitas suaranya yang bagus bisa memenuhi seluruh ruangan Anda. Speaker Zeppelin ini merupakan wireless speaker high-end yang bisa dihubungkan melalui WiFi dengan Spotify, Apple Music, dan SoundCloud. Alat ini juga bisa terhubung dengan Airplay dan Bluetooth.

Memiliki respon frekuensi yang berkisar antara 44 Hz hingga 28.000 Hz, suara yang dihasilkan adalah audio beresolusi tinggi. Desainnya unik, berbentuk balon zeppelin yang terkenal. Namun, suara yang dihasilkan alat ini tidak begitu bagus bila diletakkan di dekat dinding atau lemari yang agak tertutup. Jika Anda menginginkan wireless speaker ini, jangan simpan di lemari buku untuk hasil yang maksimal.

6. Amazon Echo Alexa

6. Amazon Echo Alexa

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 3.000.000

Hidup lebih mudah dengan wireless speaker WiFi serbaguna!

Amazon Echo Alexa adalah cara terbaru untuk menikmati musik, mendengarkan berita, mengatur rumah Anda, dan lain-lain. Ini adalah wireless speaker serba una yang dapat memudahkan Anda dalam melakukan berbagai kegiatan. Memiliki koneksi WiFi, dengan alat ini Anda bisa streaming mendapatkan suara berkualitas tinggi melalui beberapa aplikasi layanan streaming seperti Amazon Music, Pandora, Spotify.

Alat ini bisa dikontrol dengan suara Anda, sehingga Anda bisa secara langsung menanyakan berbagai informasi seperti ramalan cuaca, berita, skor pertandingan olahraga, dan lain sebagainya. Anda juga bisa dengan mudah mengatur kipas angin, termostat, dan menutup pintu garasi otomatis dengan perintah melalui Amazon Echo Alexa. Bagaimana? Apakah Anda tertarik dengan wireless speaker canggih ini?

5. Sonos Play 1

5. Sonos Play 1

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 3.399.000

Streaming musik tanpa terganggu panggilan di smartphone

Sonos Play 1 memiliki ukuran yang kecil, namun suara yang dihasilkan maksimal. Dengan desain ringkas dan mini, alat ini dengan mudah dapat Anda simpan di lemari buku, rak, atau tempat lain yang sesuai. Wireless speaker ini memiliki fitur anti lembap, Anda bahkan bisa menggunakannya di kamar mandi dan menikmati musik sambil berendam.

Alat ini dilengkapi dengan amplifier sehingga bisa menghasilkan suara yang kuat. Koneksi dengan WiFi memungkinkannya streaming musik dengan lebih dari 30 penyedia layanan streaming seperti Spotify, Tidal, Napster, SoundCloud, dan banyak lagi. Alat ini tidak disertai Bluetooth sehingga musik Anda tidak akan terganggu saat ada panggilan masuk ke smartphone Anda.

4. GGMM M4

4. GGMM M4

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 7.400.000

Anda bisa menjinjing wireless speaker ini ke mana-mana seperti tas

Wireless speaker dengan WiFi ini memiliki desain vintage yang menarik. Speaker ini tahan lama, berbahan kevlar, seluruh bagiannya dilapisi kulit microfiber disertai sabuk (strap). Alat ini bisa dengan mudah dibawa ke mana-mana dengan disampirkan ke bahu seperti tas. Suara yang dihasilkan tidak terdistorsi karena speaker ini dilengkapi dengan amplifier. 

Speaker ini disertai dengan WiFi, sehingga Anda bisa menikmati musik streaming secara online dari Spotify, iHeart Radio, atau menghubungkannya dengan gadget Anda. Alat ini kompatibel dengan sistem operasi iOS, Android, Windows, dan MacBook. Suara yang dihasilkan sangat bagus, stereo, dan bisa diatur dengan aplikasi GGMM dari smartphone atau tablet Anda.

3. Sony SRS HG1 h.ear go

3. Sony SRS HG1 h.ear go

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 3.909.000

Wireless speaker WiFi terkecil di dunia dengan suara hi-res

Wireless speaker Sony h.ear go merupakan WiFi speaker terkecil di dunia dengan kualitas suara hi-res. Dengan koneksi DLNA, WiFi, Bluetooth, NFC, Anda bisa dengan mudah menghubungkan alat ini dengan sumber musik dunia seperti Spotify dan Google Chromecast. Alat ini memiliki baterai yang kuat, bisa digunakan selama 12 jam dan dapat diisi ulang dengan kabel micro USB.

Memiliki bobot 800 gram, desain speaker ini minimalis dan tersedia dalam lima warna: merah, kuning, hitam, biru, dan merah muda. Dengan komponen dan bahan premium, speaker audio berukuran 35 mm mengeluarkan suara yang jernih dan dinamis. Sony h.ear go sangat cocok bagi Anda yang berjiwa muda!

2. Libratone Zipp

2. Libratone Zipp

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 7.411.000

Penuhi semua ruangan Anda dengan musik berkualitas

Wireless speaker berdesain modern ini bisa Anda gunakan dengan WiFi untuk kualitas suara yang tinggi dan jangkauan yang luas. Anda juga bisa menghubungkannya dengan koneksi Bluetooth pada perangkat apa pun. Teknologi akustiknya yang canggih membuat speaker ini bisa menyebarkan suara ke seluruh sudut ruangan, berapa pun ukuran ruangan tersebut.

Untuk suara yang maksimal, Anda bisa menghubungkan 6 Libratone Zipp sekaligus baik di ruangan yang sama atau berbeda. Libratone Zipp memiliki suara bass yang dalam, suara mid yang bagus, dan treble yang renyah. Sangat portabel, baterainya tahan hingga pemakaian selama 10 jam. Anda bisa mengganti cover-nya sesuai mood Anda dan menggunakannya sebagai dekorasi.

1. Beoplay M5

1. Beoplay M5

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 7.999.000

Suara beresolusi tinggi yang mudah dikontrol

Merek Bang & Olufsen atau dikenal juga dengan Beoplay sudah terkenal dalam bidang audio. Beoplay M5 adalah wireless speaker yang disertai WiFi yang bisa dihubungkan dengan speaker lainnya di ruangan yang berbeda, menghasilkan suara penuh dalam seluruh ruangan rumah Anda. Alat ini bisa dihubungkan menggunakan WiFi, Google Chromecast, Beolink Multiroom, Bluetooth, dan Airplay.

Dengan cakram aluminium di bagian atasnya sebagai panel kontrol, Beoplay M5 bisa Anda atur dengan mudah dengan cara menekannya perlahan. Suara yang dihasilkannya memiliki resolusi tinggi, sangat khas Bang & Olufsen, dan tersebar ke seluruh penjuru ruangan Anda. Wireless speaker Beoplay M5 didesain untuk cocok disimpan di mana saja di tiap ruangan rumah Anda.

Periksa koneksi pada jaringan WiFi umum

Periksa koneksi pada jaringan WiFi umum

Wireless speaker yang disertai WiFi tidak selalu bisa terhubung dengan jaringan WiFi umum. Pada jaringan WiFi umum, koneksi ini diakses oleh banyak orang sehingga kapasitasnya menjadi terbatas. Hal ini menyebabkan koneksi WiFi lambat atau bahkan tidak terhubung sama sekali. Sedangkan, wireless speaker yang disertai WiFi membutuhkan jaringan yang kuat dan stabil.

Kualitas suara yang baik pun belum tentu didapatkan jika speaker Anda terhubung dengan WiFi umum. Menggunakan WiFi dengan router personal merupakan salah satu pilihan alternatif untuk mendapatkan koneksi WiFi yang lebih kuat dan stabil sehingga kualitas suara yang dihasilkan pun bagus. Jika tidak memungkinkan, maka ada baiknya Anda menggunakan koneksi Bluetooth atau NFC pada wireless speaker Anda.

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan WiFi speaker yang disertai  yang sesuai dengan Anda? Wireless speaker yang disertai WiFi memiliki kualitas suara yang lebih bagus dan stabil dibandingkan dengan speaker dengan koneksi Bluetooth. Jaringan WiFi jangkauannya lebih luas daripada Bluetooth.

Fungsi dan kualitas suara yang dihasilkan alat ini tergantung dari produsen yang membuatnya. Pastikan Anda mengetahui fungsi-fungsi yang Anda butuhkan dan kualitas suara yang Anda inginkan sehingga Anda bisa memilih WiFi speaker terbaik yang disertai  untuk Anda.