10 Rekomendasi Panci Susu Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Panci Susu Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Apabila ada satu buah panci yang dapat digunakan untuk memasak segala jenis masakan, maka kegiatan memasak kita akan menjadi mudah. Namun, ternyata setiap jenis masakan perlu dimasak menggunakan panci yang sesuai, agar proses memasak bisa lebih optimal.

Salah satu jenis panci yang sering dipakai pada proses memasak adalah panci susu. Di pasaran, terdapat panci susu dari berbagai macam merek, seperti Maxim, Maspion, Luminarc, dan lain sebagainya. Mari simak panci susu yang menjadi rekomendasi kami untuk Anda.

Daftar isi

Apa itu panci susu? Apa bedanya dengan panci lainnya?

Apa itu panci susu? Apa bedanya dengan panci lainnya?

Panci susu adalah panci dengan satu buah pegangan panjang, yang memiliki diameter sekitar 15 cm. Kapasitas yang dimiliki adalah 700 ml sampai dengan 1 liter.  Panci ini biasanya dilengkapi dengan bagian yang memoncong pada tepinya, untuk memudahkan aktivitas penuangan masakan dari wadahnya. Panci ini didesain untuk membuat aneka saus ataupun selai.

Jenis panci lainnya adalah panci sayur, panci kukusan, dan panci presto. Panci sayur umumnya memiliki diameter lebih besar daripada panci susu, dan dilengkapi oleh dua buah kuping pegangan di sisinya. Panci sayur ini digunakan untuk merebus daging, merebus sayuran, dan membuat sup. Panci kukusan memiliki fungsi untuk membuat masakan yang dikukus, serta dapat digunakan untuk memanaskan kembali makanan yang sudah disimpan di kulkas. Sedangkan panci presto adalah panci yang dapat digunakan untuk mengempukkan makanan bertekstur keras, seperti daging atau ikan beserta tulangnya, dengan waktu yang lebih singkat dibandingkan dengan menggunakan panci lainnya.

Cara memilih panci susu yang cocok untuk Anda

Ada berbagai macam panci susu di pasaran, tetapi ketika Anda memilihnya hanya berdasarkan penampilannya yang menarik, bisa jadi panci tersebut tidak berfungsi dengan baik sesuai dengan kebutuhan Anda. Agar hal ini tidak terjadi, maka ingatlah beberapa hal ini sebelum Anda membeli panci susu.

Bayangkanlah bagaimana Anda akan menggunakan panci susu Anda. Dengan ini, maka Anda dapat menemukan panci susu yang cocok untuk Anda.

Sesuaikan dengan kompor yang Anda gunakan

Sesuaikan dengan kompor yang Anda gunakan

Anda dapat menggunakan panci susu pada kompor gas, kompor listrik, dan kompor induksi. Kompor gas adalah jenis kompor yang menggunakan tabung LPG sebagai sumber energinya dan paling umum digunakan oleh masyarakat Indonesia. Berbagai macam bahan dasar panci dapat digunakan pada kompor gas ini, seperti panci berbahan dasar stainless steel, enamel, keramik, dan kaca tahan panas.

Selain kompor gas, kita juga mengenal jenis kompor listrik dan kompor induksi. Kedua jenis kompor ini sama-sama menggunakan tenaga listrik sebagai sumber energinya. Bedanya adalah, kompor listrik tidak menginduksi peralatan masak, tetapi mengalirkan panas pada peralatan masak tersebut. Jenis panci yang dapat digunakan pada kompor listrik adalah panci dengan bahan dasar stainless steel, enamel, dan kaca tahan panas.

Pada kompor induksi, kompor ini tidak menghasilkan panas, tetapi ia menginduksi peralatan masak yang digunakan. Jadi yang akan menjadi panas adalah alat masak yang digunakan pada kompor ini, bukan kompornya. Namun, panci yang dapat digunakan pada kompor induksi adalah panci dengan bahan dasar stainless steel, besi, atau besi dengan lapisan enamel saja.

Setelah mengetahui jenis kompor Anda, maka Anda dapat memutuskan jenis bahan dasar untuk panci susu Anda. Hal ini akan memudahkan Anda dalam memilih panci susu yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pilih ukuran dan bentuk yang sesuai dengan kompor dan dapur Anda

Pilih ukuran dan bentuk yang sesuai dengan kompor dan dapur Anda

Pada umumnya, panci susu memiliki bentuk bulat dan tidak terlalu besar. Berhati-hatilah pada saat masakan Anda mendidih, karena didihan tersebut dapat meletup-letup dan keluar dari panci apabila isi panci terlalu banyak. Proses defrost pun dapat Anda lakukan pada panci ini, apabila Anda ingin mencairkan makanan yang telah beku.

Sesuaikan pula dengan ukuran kompor Anda, terutama untuk Anda yang menggunakan kompor induksi. Walaupun Anda telah memilih bahan panci yang sesuai, tetapi pemanasan panci bisa jadi tidak sempurna, apabila panci yang Anda gunakan terlalu besar dibandingkan dengan bidang kompor induksi Anda. Hindarilah kesalahan pemilihan ukuran panci ini.

 Perlukah menggunakan tutup panci?

Perlukah menggunakan tutup panci?

Pada saat Anda memasak dalam jumlah yang sedikit, maka masakan Anda akan lebih cepat mendidih serta menguap. Jenis masakan bubur atau sup akan sangat mudah dimasak dengan panci susu tanpa perlu menggunakan tutup panci.

Pada saat Anda memasak jenis masakan yang hanya menggunakan sedikit air, seperti tumisan sayur atau daging, maka Anda dapat memilih panci susu yang memiliki tutup, agar pada saat memasak Anda dapat menutupnya dan mengurangi penguapan yang terjadi pada masakan tersebut.

10 Rekomendasi panci susu terbaik

Keunggulan dari panci susu dapat terletak dari bahan dasarnya, kegunaan, ukuran, serta bentuknya yang menarik. Untuk mempermudah proses pemilihan panci susu yang sesuai dengan kebutuhan Anda, berikut ini adalah rekomendasi panci susu terbaik dari kami.

 10. Maspion Panci Susu Anti Lengket – 18 cm

10. Maspion Panci Susu Anti Lengket - 18 cm

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 63.500

Murah tapi tidak murahan

Maspion, salah satu produsen panci yang cukup besar di Indonesia, mengeluarkan panci susu yang dilengkapi dengan lapisan anti lengket dan memiliki diameter berukuran 18 cm. Panci ini sangat cocok untuk memasak mie, merebus air, ataupun memasak makanan berkuah lainnya.

Kelebihan lainnya adalah panci ini dilengkapi dengan tutup yang tahan panas. Tutup panci ini berbahan dasar kaca yang tebal, disertai dengan pegangan yang terbuat dari bahan ebonit. Selain itu, dengan segala jenis kualitas yang ditawarkan, panci ini bisa didapatkan dengan harga yang tidak terlalu mahal.

9. Shueho Panci Susu Berbahan Dasar Enamel

9. Shueho Panci Susu Berbahan Dasar Enamel

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.103.700

Tampilan kece untuk dihidangkan di meja makan Anda

Desain dan tampilan menarik dari panci Shueho ini tentu menjadi salah satu pertimbangan pada saat Anda akan membeli panci susu. Panci susu ini memiliki bahan dasar enamel, yaitu besi atau logam yang dilapisi oleh lapisan porselen, yang memungkinkan untuk Anda gunakan pada kompor gas, kompor induksi, dan kompor listrik. Bahan enamel ini juga aman digunakan untuk memasak karena tidak mengeluarkan racun pada saat proses pemanasan panci.

Panci ini dilengkapi dengan moncong pada tepinya yang akan memudahkan Anda untuk menuang hasil masakan ke wadah lain. Gagang yang dimiliki panci ini terbuat dari bahan kayu dengan kualitas tinggi, yang tentunya akan tahan lama dan tidak panas pada saat Anda memasak. Kapasitas yang dimiliki panci susu ini adalah sebesar 1 liter.

8. Vavin Panci Susu – 14 cm

8. Vavin Panci Susu - 14 cm

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 140.000

Lapisan kristal keramiknya dapat memanaskan dengan lebih cepat!

Panci susu Vavin memiliki diameter 14 cm dan tinggi 9,5 cm. Alat masak ini dilapisi oleh lapisan kristal keramik, yang tidak akan mengeluarkan reaksi pada saat proses memasak. Lapisan ini membuat proses pemanasan masakan lebih cepat sehingga cukup menggunakan api sedang saja pada kompor. Panci ini dapat digunakan pada kompor gas, kompor induksi, dan kompor listrik.

Desain panci ini terlihat menarik, terutama pada pegangan tutup panci yang unik. Panci ini juga dilengkapi oleh pegangan bahan yang anti tahan panas dan tidak licin. Kapasitas panci ini dirasa cocok untuk membuat masakan dalam porsi kecil atau untuk merebus teh favorit Anda.

7. Debellin Panci Susu Seri Granit – 16 cm

7. Debellin Panci Susu Seri Granit - 16 cm

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 609.000

Panci susu granit dengan teknologi dari Jerman

Panci susu keluaran Beddelin ini merupakan alat masak dengan kualitas premium yang memiliki bahan dasar dengan lapisan batu granit. Lapisan panci ini menggunakan teknologi Greblon yang berasal dari Jerman dengan keunggulannya yang anti lengket serta aman untuk bersentuhan langsung dengan makanan.

Panci ini dilapisi oleh plat induksi sehingga dapat digunakan pada semua jenis kompor. Kelengkapan lainnya adalah tutup panci yang terbuat dari bahan kaca dan gagang panci yang terbuat dari bahan kayu. Desain panci ini pun terlihat modern dan menarik untuk diletakkan pada meja makan Anda.

6. IKEA Kavalkad (3 pcs)

6. IKEA Kavalkad (3 pcs)

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 250.000

Sesuaikan ukurannya dengan kebutuhan Anda!

IKEA, toko peralatan rumah tangga asal Swedia, mengeluarkan panci susu dengan tipe Kavalkad. Panci ini dijual sebagai 1 set, dari ukuran kecil (1 liter), sedang (1,5 liter), dan besar (2 liter). Bahan dasar panci ini adalah alumunium, sehingga panas dapat tersebar secara merata dan menghemat energi. Lapisan panci ini adalah teflon klasik yang akan memudahkan proses pemasakan Anda, anti lengket dan mudah untuk dibersihkan.

Desain panci susu ini terlihat elegan dengan warnanya yang berwarna hitam mengkilat. Selain itu, panci dilengkapi dengan gagang yang tahan dengan panas. Sayangnya, panci ini tidak memiliki penutup kaca, untuk menghindari penguapan yang berlebihan pada saat memasak.

5. Maxim Panci Susu – 17 cm

5. Maxim Panci Susu - 17 cm

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 170.000

Panci susu anti lengket dengan bahan dasar teflon

Produsen panci Maxim mengeluarkan panci susu berbahan dasar teflon. Masakan Anda tidak akan lengket pada panci jika panci Anda berbahan dasar teflon. Selain itu, bahan teflon dapat menyerap panas dengan baik, sehingga kegiatan memasak Anda menjadi efisien dalam hal waktu dan penggunaan gas ataupun listrik.

Panci Maxim ini juga dilengkapi dengan gagang yang kokoh, serta tutup kaca yang tahan panas. Tampilannya dengan warna merah yang terang pun menjadikan panci ini menarik untuk digunakan pada dapur Anda.

4. Uchii Panci Susu Motif Bunga – 15 cm

4. Uchii Panci Susu Motif Bunga - 15 cm

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 406.900

Bunga-bunga di atas meja makan Anda

Uchii merupakan toko alat-alat rumah tangga yang memiliki keunikan dalam desain yang terinspirasi dari budaya tradisional dan modern negara Jepang. Desain panci susu ini sangat menarik dengan adanya gambar bunga-bunga di sisinya, sungguh menarik untuk diletakkan di meja makan Anda, serta membuat Anda semangat dalam kegiatan memasak.

Panci ini juga lengkap dengan tersedianya tutup panci dan gagang yang tahan akan panas. Bahan dasar panci susu ini adalah enamel yang berkualitas tinggi, aman untuk kesehatan Anda karena tidak memicu reaksi masakan pada saat memasak. Penggunaan bahan enamel akan membuat pemanasan panci lebih merata, sehingga proses memasak Anda menjadi lebih cepat.

3. T-Boss Panci Susu Keramik – 1L

3. T-Boss Panci Susu Keramik - 1L

Liat produk ini di Lazada

Harga : Rp 507.600

Panci susu mini berbahan keramik, bisa untuk memanggang di oven

Panci susu berbahan dasar keramik ini dapat digunakan untuk membuat sup, bubur, mie, ataupun untuk merebus teh kesukaan Anda. Dengan berbahan dasar keramik, tentu saja panci ini tidak akan mengeluarkan reaksi pada makanan pada saat proses memasak. Selain itu, bahan ini ramah lingkungan.

Panci ini dapat digunakan di atas kompor gas dan listrik, serta dapat dimasukkan ke dalam microwave dan oven. Panci ini juga aman untuk Anda masukkan ke dalam kulkas, apabila ingin menyimpan hasil masakannya dan tidak ingin memindahkannya ke dalam wadah lain. Tampilan desainnya menarik dengan adanya pilihan warna merah dan hitam.

2. Tupperware Tchef Sauce Pan – 1L

2. Tupperware Tchef Sauce Pan - 1L

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 550.000

Panci yang istimewa dan modern, dengan thumb stopper

Panci susu Tupperware Tchef adalah peralatan masak modern yang dikeluarkan oleh Tupperware. Panci ini terbuat dari bahan stainless steel dengan kualitas terbaik yang tidak akan bereaksi terhadap makanan yang dimasak. Bahan ini dapat digunakan pada kompor gas, kompor induksi, dan kompor listrik.

Tampilan panci susu ini dilengkapi oleh tutup panci berupa kaca yang transparan, sehingga akan memudahkan Anda untuk mengontrol tingkat kematangan masakan tanpa harus Anda buka berulang kali. Pada gagang panci ini juga dilengkapi oleh thumb stop, yang berfungsi sebagai penanda posisi ibu jari agar jari tidak tergelincir saat memegangnya, sekaligus sebagai penanda batas aman wilayah anti panas.

1. Luminarc Panci Susu Vitro – 18 cm

1. Luminarc Panci Susu Vitro - 18 cm

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 850.000

Produk Perancis dengan pegangan yang dapat dilepas dan aman untuk memanggang

Luminarc, produsen alat makanan yang berasal dari Perancis, mengeluarkan panci susu jenis Vitro yang menggunakan bahan dasar kaca vitroflame berwarna putih. Bahan dasar kaca ini merupakan salah satu bahan yang paling aman dalam mengolah masakan. Kaca juga tidak berpori, sehingga tidak menyimpan bakteri di dalamnya. Panci berbahan dasar kaca ini juga dapat digunakan pada microwave dan oven, serta dapat disimpan di dalam kulkas.

Panci susu Luminarc ini memiliki desain yang elegan untuk diletakkan pada meja makan Anda. Keunggulan lainnya adalah gagang panci ini dapat dilepas sebelum dimasukkan ke dalam oven, microwave, kulkas, ataupun lemari penyimpanan, sehingga tidak memakan banyak tempat. Tutup berbahan dasar kaca pun tersedia dengan panci susu ini.

Jangka waktu pemakaian panci susu

Jangka waktu pemakaian panci susu

Agar Anda dapat menggunakan panci susu dalam jangka waktu yang lama, Anda perlu merawatnya dengan baik. Pahamilah karakteristik dari bahan dasar panci susu Anda. Bacalah instruksi pemakaian panci susu Anda sebelum menggunakannya.

Pada dasarnya, setiap permukaan panci susu akan tergores apabila dicuci dengan spons yang kasar. Selain itu, pilihlah sutil yang berbahan dasar kayu atau plastik. Hindari penggunaan sutil berbahan dasar logam pada saat memasak, karena bahan ini sangat mudah menggores permukaan panci Anda.

Pencucian panci susu setelah memasak lebih baik Anda lakukan pada saat suhu panci sudah tidak terlalu panas lagi. Karena kondisi panci setelah Anda memasak tentu sangat panas, jika dicuci dengan air dingin secara langsung, maka akan terjadi perubahan suhu secara mendadak pada panci Anda. Hal ini dapat menyebabkan keretakan, terutama pada panci susu berbahan dasar enamel, kaca, dan keramik.

Perawatan lainnya yang dapat Anda lakukan adalah memoles bagian luar dan dalam panci susu dengan pembersih panci. Salah satu pembersih alami yang dapat Anda gunakan untuk membersihkan panci adalah campuran dari garam dan lemon.

Dengan memahami cara penggunaan dan perawatan panci susu yang benar, maka panci susu Anda akan lebih awet dan tahan lama.

Fungsi dari panci susu

Apa saja yang dapat dilakukan dengan menggunakan panci susu? Mari kita bahas satu per satu kegunaannya.

Memasak air

Memasak air

Panci susu dapat digunakan untuk menghangatkan susu dan merebus air panas. Dengan ukuran panci susu yang tidak terlalu besar, maka panci ini dirasa pas untuk memasak sekitar 2 cangkir air. Sedangkan panci lain bisa jadi terlalu besar, sehingga terlalu banyak air yang Anda masak, yang akan terbuang dan memakan waktu lebih lama untuk memasaknya.

Memasak telur rebus

Memasak telur rebus

Telur memiliki kandungan protein dan gizi yang baik untuk kita. Pada saat merebus pada panci biasa, satu atau sepuluh telur akan memerlukan jumlah air yang kurang lebih sama. Dengan kata lain, sangat tidak efisien apabila kita hanya merebus satu atau dua buah telur saja pada panci yang besar.

Dengan menggunakan panci susu, ukuran panci susu tidak terlalu besar. Anda dapat merebus kurang lebih 3 buah telur secara bersamaan dengan menggunakan air yang lebih sedikit daripada menggunakan panci biasa. Dengan panci susu, air akan lebih cepat mendidih, sehingga penggunaan gas atau listrik Anda menjadi lebih hemat dan pekerjaan Anda menjadi lebih efisien.

Memasak di atas kompor dan memanggang di dalam oven

Memasak di atas kompor dan memanggang di dalam oven

Keramik dan kaca tahan panas merupakan bahan dasar panci susu yang dapat Anda gunakan untuk memanggang di dalam oven. Anda bisa menggunakannya dari menumis bumbu, memasukkan dan mengaduk bahan masakan Anda, hingga memanggangnya di dalam oven.

Seperti contohnya pada saat membuat macaroni schotel panggang. Prosesnya dimulai dari menumis bawang, memasukkan daging, saus tomat, susu, macaroni, keju, serta bumbu lainnya hingga matang. Setelah matang, Anda dapat langsung memasukkan panci susu beserta isinya ke dalam oven, tanpa perlu memindahkannya ke wadah lain. Dengan tampilan panci susu yang menarik, macaroni schotel Anda dapat langsung disajikan setelah keluar dari oven.

Memasak sup setiap hari

Memasak sup setiap hari

Apabila Anda memasak sup menggunakan panci sayur yang lebar, maka Anda akan memasaknya dalam porsi yang banyak. Kesulitan akan terjadi ketika Anda hanya ingin memasak sup dengan porsi untuk satu atau dua orang saja. Dengan panci sayur yang lebar, jumlah air untuk satu atau dua porsi sup akan menjadi terlalu sedikit pada panci. Hal ini akan menyebabkan ketidaknyamanan pada saat memasaknya dan masakan akan menjadi lebih cepat menguap. Panci susu yang memiliki kapasitas lebih kecil tentunya lebih cocok untuk membuat sup dengan porsi yang kecil.

Setelah Anda membuat sup dalam jumlah besar pada panci sayur, Anda dapat menyimpan sup tersebut di dalam kulkas. Ketika Anda menghangatkannya, Anda hanya perlu menghangatkan sup secukupnya menggunakan panci susu yang lebih kecil. Selain itu, Anda dapat pula memberikan bumbu tambahan pada sup yang Anda hangatkan tersebut, tanpa merubah rasa asli sup. Sehingga Anda dapat bereksperimen dengan beberapa bumbu yang berbeda pada setiap kali Anda menghangatkan sup menggunakan panci susu.

Dengan memiliki panci susu yang menarik, Anda juga bisa menyajikan sup tersebut langsung dengan panci susu Anda di atas meja makan. Anda tidak perlu repot menuangkan sup ke wadah lainnya.

Memasak MPASI (Makanan Pendamping Asi)

Memasak MPASI (Makanan Pendamping Asi)

MPASI (Makanan Pendamping ASI) mulai diberikan kepada bayi setelah berusia 6 bulan. Porsi masakan yang dibutuhkan bayi pada saat ini tidaklah banyak. Panci susu dengan kapasitas yang kecil merupakan salah satu solusi dalam memasak bubur dan sayuran dalam jumlah yang kecil. Pilihlah panci susu yang memiliki tutup, untuk menghindari penguapan yang dapat menghilangkan nutrisi dari masakan untuk buah hati Anda.

Kesimpulan

Panci susu merupakan salah satu alat masak yang wajib Anda miliki di dapur. Terdapat banyak sekali pilihan panci susu di pasaran yang dapat Anda pilih. Pilihlah panci susu yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Dengan menggunakan panci susu sesuai dengan petunjuknya, maka Anda dapat menggunakannya dengan nyaman dalam jangka waktu yang lama. Desain menarik yang ditawarkan oleh panci susu dapat mempercantik meja makan Anda. Selain itu, Anda juga menjadi lebih semangat untuk memasak makanan yang lezat bagi keluarga Anda tercinta.