• 10 Rekomendasi Panci Susu Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 1
  • 10 Rekomendasi Panci Susu Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 2
  • 10 Rekomendasi Panci Susu Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 3
  • 10 Rekomendasi Panci Susu Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 4
  • 10 Rekomendasi Panci Susu Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 5

10 Rekomendasi Panci Susu Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Apabila ada satu buah panci yang dapat digunakan untuk memasak segala jenis masakan, tentu kegiatan memasak akan lebih mudah. Panci susu merupakan panci sederhana yang bisa digunakan untuk memasak berbagai masakan Anda sehari-hari. Namun, panci susu seperti apa yang cocok untuk Anda, ya?

Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih panci susu serta merekomendasikan sepuluh produk terbaik kepada Anda. Merek-merek terkenal IKEA, Tupperware, Berlinger Haus, dan lain sebagainya pun turut kami ulas. Mari simak terus artikel ini dan temukan panci susu favorit Anda.
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 238 Views
Daftar isi

Apa itu panci susu? Apa bedanya dengan panci lainnya?

Apa itu panci susu? Apa bedanya dengan panci lainnya?
Panci susu merupakan panci kecil dengan satu buah pegangan panjang yang memiliki diameter sekitar 15 cm. Kapasitas yang dimiliki kurang lebih sekitar 700 ml sampai dengan 1 liter. Panci susu biasanya dilengkapi dengan bagian moncong di tepinya untuk memudahkan penuangan masakan dari wadahnya.
Terdapat jenis panci lain yang mirip dengan panci susu yaitu sauce pan. Sauce pan umumnya memiliki diameter sedikit lebih besar daripada panci susu, sekitar 18 cm. Ada juga panci berukuran lebih kecil dari panci susu yang biasa digunakan untuk memanaskan mentega atau makanan lainnya.
Tergantung dari produsennya, panci berdiameter 16 cm atau kurang bisa saja dijual sebagai sauce pan, tetapi dapat juga dikategorikan panci susu. Sebenarnya, tidak terdapat patokan ukuran panci yang mendefinisikan jenis panci tersebut. Karena itu, pilihlah ukuran panci yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Cara memilih panci susu

Ada berbagai macam panci susu di pasaran. Namun, jika Anda memilihnya hanya berdasarkan desain, bisa jadi panci tersebut tidak berfungsi sesuai dengan keinginan Anda. Agar hal tersebut tidak terjadi, ingatlah beberapa poin di bawah ini sebelum Anda membeli panci susu.
Bayangkanlah bagaimana Anda akan menggunakan panci susu Anda. Dengan begitu, Anda dapat menemukan panci susu yang pas dengan kebutuhan.

Sesuaikan dengan kompor yang Anda gunakan

Sesuaikan dengan kompor yang Anda gunakan
Anda dapat menggunakan panci susu di berbagai kompor gas. Jika Anda memiliki kompor IH (kompor listrik), pilihlah panci susu yang kompatibel dengan IH. Panci yang berbahan logam bisa digunakan untuk kompor IH.
Selain logam, Anda juga bisa memilih panci berbahan stainless steel. Sebagian panci berbahan stainless steel bisa digunakan untuk kompor IH. Selain itu, tergantung dari kompor IH yang digunakan, periksalah spesifikasi kompor tersebut.
Kompor IH pun dapat digunakan untuk beberapa panci susu berbahan tembaga. Di sisi lain, Anda bisa menggunakan oven untuk panci susu dan tembikar yang memiliki sifat tahan panas. Jika Anda memiliki kompor khusus untuk memasak dengan panci susu, tentu memilih panci susu pun jadi lebih mudah.

Pilih ukuran dan bentuk yang sesuai dengan kompor dan dapur Anda

Pilih ukuran dan bentuk yang sesuai dengan kompor dan dapur Anda
Pada umumnya, panci susu memiliki bentuk bulat yang imut dan tidak terlalu besar. Ukurannya yang kecil terkadang dapat membuatnya kurang stabil saat diletakkan di atas kompor. Namun, ada juga panci susu yang dapat diletakkan lebih stabil apabila sudah terisi masakan di dalamnya. Untuk itu, berhati-hatilah apabila anak Anda berada di area dapur. Jangan sampai panci susu tersenggol dan tumpah.
Selain itu, sesuaikan juga panci susu yang Anda pilih dengan kompor Anda. Sekalipun bahan panci susu tersebut kompatibel dengan kompor IH, jika bagian bawah pancinya terlalu kecil, tetap sulit menyalurkan panas dengan baik. Pastikan Anda memilih ukuran dan bentuk panci susu yang sesuai dengan kompor dan dapur Anda.

Gunakanlah panci susu yang dilengkapi penutup

Gunakanlah panci susu yang dilengkapi penutup
Saat Anda memasak dalam jumlah sedikit, masakan akan lebih cepat mendidih dan menguap. Contohnya, jenis masakan seperti bubur akan sangat mudah dimasak dengan panci susu apabila Anda menggunakan penutup. Penggunaan tutup dapat mencegah air rebusan menguap keluar sehingga bubur Anda bisa matang sempurna tanpa kekurangan air. Di pasaran, terdapat banyak produk panci susu yang sudah dilengkapi penutup. Anda pun bisa lebih leluasa memilih yang sesuai.

10 Rekomendasi panci susu terbaik

Keunggulan dari panci susu dapat terletak dari bahan dasarnya, kegunaan, ukuran, serta bentuknya yang menarik. Untuk mempermudah proses pemilihan panci susu yang sesuai dengan kebutuhan Anda, berikut ini adalah rekomendasi panci susu terbaik dari kami.
BahanEnamel
Diameter12 cm
Penutup×
BahanEnamel
Diameter16 cm
Penutup
BahanKeramik
Diameter14 cm
Penutup
BahanStainless steel
Diameter±12 cm
Penutup×
BahanTeflon dan aluminium
Diameter14 cm
Penutup
BahanAluminium dengan lapisan non-stick antikarat
Diameter16 cm
Penutup
BahanDie cast alumunium
Diameter16 cm
Penutup
BahanAluminium dengan lapisan teflon
Diameter±15-18 cm
Penutup×
BahanStainless steel
Diameter14 cm
Penutup

1. Berlinger Haus Saucepan Bronze Titan Collection

Rp179.900,00

BahanForged aluminum dan tiga lapisan granit-marmer antilengket
Diameter16 cm
Penutup

Jangka waktu pemakaian panci susu

Jangka waktu pemakaian panci susu
Agar panci susu awet dalam jangka waktu lama, Anda perlu merawatnya dengan baik. Pahamilah karakteristik dari bahan dasar panci susu Anda. Lalu, baca juga instruksi pemakaian panci susu Anda sebelum menggunakannya.
Pada dasarnya, setiap permukaan panci susu akan tergores apabila dicuci dengan spons yang kasar. Selain itu, pilihlah spatula yang berbahan dasar kayu atau plastik. Hindari penggunaan spatula berbahan dasar logam karena bahan ini sangat mudah menggores permukaan panci.
Pencucian panci susu setelah memasak lebih baik Anda lakukan saat suhu panci sudah tidak terlalu panas lagi. Hal itu karena kondisi panci setelah Anda memasak tentu sangat panas. Jika langsung dicuci dengan air dingin secara langsung, panci Anda bisa menjadi retak, terutama apabila bahan dasarnya enamel, kaca, dan keramik.
Perawatan lainnya yang dapat Anda lakukan ialah memoles bagian luar dan dalam panci susu dengan pembersih khusus. Salah satu pembersih alami yang dapat Anda gunakan adalah campuran garam dan lemon. Dengan memahami cara pakai dan perawatan yang benar, panci susu Anda akan lebih awet dan tahan lama.

Apa saja fungsi dari panci susu?

Dengan panci susu, kegiatan memasak Anda sehari-hari menjadi lebih mudah. Lalu, apa saja yang dapat Anda lakukan dengan panci susu? Mari kita bahas satu per satu kegunaannya.

Fungsi dasarnya adalah untuk memasak air

Fungsi dasarnya adalah untuk memasak air
Sesuai namanya, panci susu biasa digunakan untuk menghangatkan susu dan merebus air panas. Jika memasak air menggunakan teko atau panci berukuran besar, Anda hanya akan memasak air terlalu banyak. Dengan ukuran panci susu yang tidak terlalu besar, panci ini dirasa pas untuk memasak sekitar dua cangkir air. Anda pun bisa mengetahui seberapa banyak air yang dimasak tanpa berlebih.

Efisien untuk merebus telur dengan cepat

Efisien untuk merebus telur dengan cepat
Telur memiliki kandungan protein dan gizi yang baik untuk tubuh. Saat direbus dengan panci biasa, merebus satu atau sepuluh telur akan memerlukan jumlah air yang kurang lebih sama. Dengan kata lain, sangat tidak efisien jika Anda menggunakan panci besar untuk merebus satu atau dua buah telur saja.
Dengan panci susu, Anda dapat merebus kurang lebih tiga buah telur tanpa memerlukan air terlalu banyak. Panci susu yang ukurannya tidak terlalu besar membuat air lebih cepat mendidih. Tentunya, penggunaan gas dan waktu Anda pun jadi lebih efisien.

Bisa untuk memasak di atas kompor atau memanggang di dalam oven

Bisa untuk memasak di atas kompor atau memanggang di dalam oven
Jika panci susu Anda terbuat dari material keramik dan kaca tahan panas, Anda bisa menumis bumbu, memasukkan dan mengaduk bahan masakan Anda, hingga memanggang di dalam oven. Semuanya bisa dilakukan dengan satu panci susu yang sama!
Contohnya adalah pada saat membuat macaroni schotel panggang. Prosesnya dimulai dari menumis bawang, memasukkan daging, saus tomat, susu, macaroni, keju, serta bumbu lainnya hingga matang. Setelah matang, Anda dapat langsung memasukkan panci susu beserta isinya tersebut ke dalam oven, tanpa perlu memindahkannya ke wadah lain. Dengan tampilan panci susu yang menarik, macaroni schotel Anda pun dapat langsung disajikan setelah keluar dari oven. Sekalipun hanya acara makan-makan kecil keluarga, meja Anda bisa terlihat menarik dengan makanan yang disajikan langsung di atas panci susu.

Praktis digunakan untuk memasak sup setiap hari

Praktis digunakan untuk memasak sup setiap hari
Apabila Anda memasak sup menggunakan panci sayur yang besar, tentu Anda akan memasaknya dalam porsi besar. Ukuran ini tentu tidak cocok jika Anda hanya ingin memasak sup dengan porsi untuk satu atau dua orang saja. Dengan panci sayur yang lebar, jumlah air untuk satu atau dua porsi sup akan menjadi terlalu sedikit. Karena itu, panci susu yang berkapasitas lebih kecil tentunya lebih cocok untuk membuat sup berporsi kecil.
Bahan-bahan masakan seadanya di rumah pun bisa diolah menjadi sup lezat untuk Anda. Tidak perlu membuang kelebihan bahan masakan yang ada di kulkas karena tidak tahu harus mengolahnya menjadi apa.
Sup dapat dibuat dengan mudah menggunakan kaldu daging dan tambahan rempah-rempah. Anda juga dapat membuat variasi rasa sup dengan menambahkan bumbu-bumbu lainnya sesuai selera. Dengan menggunakan panci susu sebagai wadah di atas meja makan, Anda juga bisa menghemat tenaga untuk mencuci piring.

Memasak makanan bayi menjadi lebih mudah dan lezat

Memasak makanan bayi menjadi lebih mudah dan lezat
MPASI (Makanan Pendamping ASI) dapat mulai diberikan kepada bayi setelah berusia 5 bulan. Porsi masakan yang dibutuhkan bayi pada saat ini tidaklah banyak. Panci susu berkapasitas kecil merupakan salah satu solusi untuk memasak bubur dan sayuran dalam jumlah kecil. Pilihlah panci susu yang memiliki tutup guna menghindari penguapan yang dapat menghilangkan nutrisi makanan untuk buah hati Anda.

Baca juga rekomendasi panci lainnya di sini!

Selain panci susu, mungkin Anda juga sedang mencari panci lainnya untuk menunjang kegiatan masak-memasak. Agar kegiatan memasak semakin maksimal, kami sudah menyiapkan artikel mengenai panci satu tangan, panci steamer (kukusan), dan panci penggorengan. Penasaran bagaimana cara memilihnya dan apa saja produk-produk rekomendasi kami? Simak informasi selengkapnya dari artikel-artikel di bawah ini!

Kesimpulan

Panci susu merupakan salah satu alat masak yang wajib Anda miliki di dapur. Terdapat banyak sekali pilihan panci susu di pasaran yang dapat dipilih. Jadi, pilihlah panci susu yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
Dengan menggunakan panci susu sesuai petunjuk, Anda dapat menggunakannya dengan nyaman dalam jangka waktu lama. Desain menarik yang ditawarkan oleh panci susu dapat mempercantik meja makan Anda. Selain itu, Anda juga menjadi lebih semangat memasak makanan lezat bagi keluarga Anda tercinta.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Wajan Penggorengan Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Wajan Penggorengan Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Frying pan atau wajan penggorengan merupakan alat yang sangat penting dalam memasak. Saat ini telah tersedia beragam merek wajan yang terkenal, seperti Tefal, MAXIM, Oxone, dan lainnya. Jenis wajan pun beragam. Ada yang terbuat dari bahan besi, dilapisi keramik atau teflon, dan yang bisa digunakan untuk kompor induksi.Kali ini kami memberikan rekomendasi wajan penggorengan terbaik bagi Anda. Namun, terlebih dahulu kami akan menjelaskan tentang poin penting yang bisa Anda jadikan panduan dalam memilih wajan. Temukanlah wajan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Peralatan dapur
    1.982 Views
  • 10 Rekomendasi Kompor Gas Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Kompor Gas Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Berbicara mengenai kompor gas, Anda tentu memiliki kriteria pemilihan yang berbeda sesuai kebutuhan Anda sehari-hari. Kriteria tersebut antara lain tampilan kompor yang modis, panggangan tanpa air, dan kemudahan saat dibersihkan. Belakangan, produsen kompor gas juga semakin berlomba-lomba mengeluarkan produk dengan fitur yang semakin canggih.Pada artikel kali ini kami akan menjelaskan secara menyeluruh kriteria apa saja yang perlu diperhatikan dalam memilih kompor gas. Selain cara memilihnya, kami akan memilihkan sepuluh produk terbaik untuk Anda jadikan referensi. Beberapa merek terkenal seperti Modena, Hitachi, dan Rinnai siap untuk Anda pilih. Selamat menyimak!
    Peralatan dapur
    1.617 Views
  • 10 Rekomendasi Slow Juicer Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Slow Juicer Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Slow juicer merupakan peranti elektronik populer pada orang-orang yang menerapkan pola hidup sehat. Slow juicer digunakan untuk membuat jus tanpa campuran air sehingga kandungan gizinya lebih terjaga. Beberapa produsen terkenal seperti Sharp dan Toshiba juga mengeluarkan produk slow juicer. Namun, banyak yang tidak mengetahui produk mana yang sesuai dengan kebutuhan mereka.Kami akan merekomendasikan produk slow juicer yang bisa Anda pilih berdasarkan perbandingan harga, review pengguna, dan tentu saja kualitas. Fungsinya bisa jadi sama, akan tetapi Anda harus cermat yang mana saja produk yang populer dan mudah digunakan. Simak yuk!
    Peralatan dapur
    1.337 Views
  • 10 Rekomendasi Blender Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Blender Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Blender biasa digunakan untuk membuat jus dan menghaluskan makanan. Alat ini termasuk cukup sering digunakan di rumah. Model dan mereknya pun beragam, mulai dari Sharp, Philips, Oxone, dan merek lainnya. Anda mungkin bingung memilih produk yang paling sesuai dengan kebutuhan.Untuk itu, artikel ini akan membahas cara memilih blender dan rekomendasi produk terbaik yang telah kami pilih dengan saksama. Kami juga akan menjelaskan perbedaannya dengan juicer dan food processor. Langsung saja, ya!
    Peralatan dapur
    1.644 Views
  • 10 Rekomendasi Dispenser Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Dispenser Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Dispenser lumrah kita temui di rumah, kosan maupun perkantoran. Dispenser sangat memudahkan kita dalam menyediakan air minum untuk masak maupun konsumsi. Saat ini sudah tersedia berbagai macam merek dispenser , seperti Unilever, Maspion Uchida dan Polytron yang tidak kalah dengan dispenser merek luar negeri.Bagaimana cara memilih dispenser serta apa yang perlu diperhatikan saat memilih dispenser? Mari ikuti artikel menarik ini yang mengulas tentang cara memilih dispenser serta 10 rekomendasi dispenser terbaik. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi yang baik bagi Anda sekeluarga dalam memilih dispenser ya!
    Peralatan dapur
    1.665 Views
  • 10 Rekomendasi Microwave Oven Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Microwave Oven Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Microwave oven merupakan salah satu alat yang digunakan untuk membuat roti, kue, toast maupun kue kering. Berbeda dengan oven biasa, pemanasan makanan dengan microwave oven menggunakan gelombang mikro sehingga masakan matang lebih merata. Jika menggunakan oven biasa, masakan lebih matang di bagian pinggirnya.Beberapa merek microwave oven yang terkenal adalah Hitachi, Sharp dan Panasonic. Kali ini kami akan merekomendasikan beberapa microwave oven dari berbagai merek ternama untuk dibandingkan kualitasnya. Simak ulasan berikut ini dan jadikan pertimbangan Anda sebelum membeli microwave oven.
    Peralatan dapur
    1.127 Views
  • 10 Rekomendasi Tusuk Gigi Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Tusuk Gigi Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Tusuk gigi sering diasosiasikan sebagai alat untuk membersihkan gigi setelah makan. Namun, sebenarnya ada beragam variasi tusuk gigi baik dari bahan, bentuk, ukuran, maupun fungsinya. Selain untuk menjaga kebersihan mulut, tusuk gigi ternyata mempunyai banyak fungsi lain.Kali ini, kami menjelaskan berbagai kegunaan beserta cara memilih tusuk gigi yang sesuai kebutuhan. Selain itu, kami juga merekomendasikan sepuluh produk tusuk gigi dengan beragam aplikasinya. Mulai dari alat pembersih gigi hingga yang dapat dijadikan tusuk makanan! Temukan berbagai hal baru seta keunikan fungsi tusuk gigi dalam artikel ini!
    Peralatan dapur
    59 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori