• 10 Rekomendasi Panci Susu Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Panci Susu Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Panci Susu Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Panci Susu Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Panci Susu Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Panci Susu Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Apabila ada satu buah panci yang dapat digunakan untuk memasak segala jenis masakan, tentu kegiatan memasak akan lebih mudah. Panci susu merupakan panci sederhana yang bisa digunakan untuk memasak berbagai masakan Anda sehari-hari. Namun, panci susu seperti apa yang cocok untuk Anda, ya?

Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih panci susu serta merekomendasikan sepuluh produk terbaik kepada Anda. Merek-merek terkenal IKEA, Tupperware, Berlinger Haus, dan lain sebagainya pun turut kami ulas. Mari simak terus artikel ini dan temukan panci susu favorit Anda.
  • Pembaharuan terakhir: 26 Januari 2021
  • 18.376 Views
Daftar isi

Apa itu panci susu? Apa bedanya dengan panci lainnya?

Apa itu panci susu? Apa bedanya dengan panci lainnya?
Panci susu merupakan panci kecil dengan satu buah pegangan panjang yang memiliki diameter sekitar 15 cm. Kapasitas yang dimiliki kurang lebih sekitar 700 ml sampai dengan 1 liter. Panci susu biasanya dilengkapi dengan bagian moncong di tepinya untuk memudahkan penuangan masakan dari wadahnya.
Terdapat jenis panci lain yang mirip dengan panci susu yaitu sauce pan. Sauce pan umumnya memiliki diameter sedikit lebih besar daripada panci susu, sekitar 18 cm. Ada juga panci berukuran lebih kecil dari panci susu yang biasa digunakan untuk memanaskan mentega atau makanan lainnya.
Tergantung dari produsennya, panci berdiameter 16 cm atau kurang bisa saja dijual sebagai sauce pan, tetapi dapat juga dikategorikan panci susu. Sebenarnya, tidak terdapat patokan ukuran panci yang mendefinisikan jenis panci tersebut. Karena itu, pilihlah ukuran panci yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Cara memilih panci susu

Ada berbagai macam panci susu di pasaran. Namun, jika Anda memilihnya hanya berdasarkan desain, bisa jadi panci tersebut tidak berfungsi sesuai dengan keinginan Anda. Agar hal tersebut tidak terjadi, ingatlah beberapa poin di bawah ini sebelum Anda membeli panci susu.
Bayangkanlah bagaimana Anda akan menggunakan panci susu Anda. Dengan begitu, Anda dapat menemukan panci susu yang pas dengan kebutuhan.

Sesuaikan dengan kompor yang Anda gunakan

Sesuaikan dengan kompor yang Anda gunakan
Anda dapat menggunakan panci susu di berbagai kompor gas. Jika Anda memiliki kompor IH (kompor listrik), pilihlah panci susu yang kompatibel dengan IH. Panci yang berbahan logam bisa digunakan untuk kompor IH.
Selain logam, Anda juga bisa memilih panci berbahan stainless steel. Sebagian panci berbahan stainless steel bisa digunakan untuk kompor IH. Selain itu, tergantung dari kompor IH yang digunakan, periksalah spesifikasi kompor tersebut.
Kompor IH pun dapat digunakan untuk beberapa panci susu berbahan tembaga. Di sisi lain, Anda bisa menggunakan oven untuk panci susu dan tembikar yang memiliki sifat tahan panas. Jika Anda memiliki kompor khusus untuk memasak dengan panci susu, tentu memilih panci susu pun jadi lebih mudah.

Pilih ukuran dan bentuk yang sesuai dengan kompor dan dapur Anda

Pilih ukuran dan bentuk yang sesuai dengan kompor dan dapur Anda
Pada umumnya, panci susu memiliki bentuk bulat yang imut dan tidak terlalu besar. Ukurannya yang kecil terkadang dapat membuatnya kurang stabil saat diletakkan di atas kompor. Namun, ada juga panci susu yang dapat diletakkan lebih stabil apabila sudah terisi masakan di dalamnya. Untuk itu, berhati-hatilah apabila anak Anda berada di area dapur. Jangan sampai panci susu tersenggol dan tumpah.
Selain itu, sesuaikan juga panci susu yang Anda pilih dengan kompor Anda. Sekalipun bahan panci susu tersebut kompatibel dengan kompor IH, jika bagian bawah pancinya terlalu kecil, tetap sulit menyalurkan panas dengan baik. Pastikan Anda memilih ukuran dan bentuk panci susu yang sesuai dengan kompor dan dapur Anda.

Gunakanlah panci susu yang dilengkapi penutup

Gunakanlah panci susu yang dilengkapi penutup
Saat Anda memasak dalam jumlah sedikit, masakan akan lebih cepat mendidih dan menguap. Contohnya, jenis masakan seperti bubur akan sangat mudah dimasak dengan panci susu apabila Anda menggunakan penutup. Penggunaan tutup dapat mencegah air rebusan menguap keluar sehingga bubur Anda bisa matang sempurna tanpa kekurangan air. Di pasaran, terdapat banyak produk panci susu yang sudah dilengkapi penutup. Anda pun bisa lebih leluasa memilih yang sesuai.

10 Rekomendasi panci susu terbaik

Keunggulan dari panci susu dapat terletak dari bahan dasarnya, kegunaan, ukuran, serta bentuknya yang menarik. Untuk mempermudah proses pemilihan panci susu yang sesuai dengan kebutuhan Anda, berikut ini adalah rekomendasi panci susu terbaik dari kami.
10
BahanEnamel
Diameter12 cm
Penutup×
9
BahanEnamel
Diameter16 cm
Penutup
8
BahanKeramik
Diameter14 cm
Penutup
7
BahanStainless steel
Diameter±12 cm
Penutup×
6
BahanTeflon dan aluminium
Diameter14 cm
Penutup
5
BahanAluminium dengan lapisan non-stick antikarat
Diameter16 cm
Penutup
4
BahanDie cast alumunium
Diameter16 cm
Penutup
3
BahanAluminium dengan lapisan teflon
Diameter±15-18 cm
Penutup×
2
BahanStainless steel
Diameter14 cm
Penutup
1
BahanForged aluminum dan tiga lapisan granit-marmer antilengket
Diameter16 cm
Penutup

Tabel perbandingan produk panci susu terbaik

Gambar produk
1
Saucepan Bronze Titan Collection 1

2
Tupperware TChef Sauce Pan – 1L 1

Tupperware

3
IKEA Kavalkad Saucepan, Set of 3 1

IKEA

4
Debellin Granite Sauce Pan 1

Debellin

5
Maxim Valentino Saucepan 1

Maxim

6
Maspion Pastela Set Fry Pan & Milk Pan 1

Maspion

7
Mini Stainless Steel Milk Pot 1

8
Vavin Ceramic Crystal Coating Milk Pot 1

Vavin

9
Chefina Family Cooking Sauce Pan 1

Chefina

10
Kedaung Milk Pan Ayam Kukuruyuk 1

Kedaung

Nama produk

Saucepan Bronze Titan Collection

TChef Sauce Pan – 1L

Kavalkad Saucepan, Set of 3

Granite Sauce Pan

Valentino Saucepan

Pastela Set Fry Pan & Milk Pan

Mini Stainless Steel Milk Pot

Ceramic Crystal Coating Milk Pot

Family Cooking Sauce Pan

Milk Pan Ayam Kukuruyuk

Keunggulan

Desainnya elegan, memasak pun kian efisien dengan teknologi Turbo Induction

Panci berdesain modern yang dilengkapi thumb stopper

Bingung menentukan ukuran yang diperlukan? Pilih saja produk set ini!

Panci berkualitas premium yang antilengket dan praktis dibersihkan

Bahannya artikarat, awet digunakan dalam waktu lama

Dapat dua produk sekaligus dengan harga yang ramah di kantong!

Panci mini yang praktis untuk berbagai makanan porsi kecil

Lapisan kristal keramiknya mampu memanaskan dengan lebih cepat!

Tampilan menarik untuk dihidangkan di meja makan Anda

Hiasi dapur Anda dengan peralatan berdesain ayam jago yang khas

HargaRp 216.000,00Rp 1.014.400,00Rp 175.750,00Rp 999.000,00Rp 104.900,00Rp 46.000,00Rp 173.000,00Rp 172.500,00Rp 120.000,00Rp 103.400,00
BahanForged aluminum dan tiga lapisan granit-marmer antilengketStainless steelAluminium dengan lapisan teflonDie cast alumuniumAluminium dengan lapisan non-stick antikaratTeflon dan aluminiumStainless steelKeramikEnamelEnamel
Diameter16 cm14 cm±15-18 cm16 cm16 cm14 cm±12 cm14 cm16 cm12 cm
Penutup×××
Tautan produk

Jangka waktu pemakaian panci susu

Jangka waktu pemakaian panci susu
Agar panci susu awet dalam jangka waktu lama, Anda perlu merawatnya dengan baik. Pahamilah karakteristik dari bahan dasar panci susu Anda. Lalu, baca juga instruksi pemakaian panci susu Anda sebelum menggunakannya.
Pada dasarnya, setiap permukaan panci susu akan tergores apabila dicuci dengan spons yang kasar. Selain itu, pilihlah spatula yang berbahan dasar kayu atau plastik. Hindari penggunaan spatula berbahan dasar logam karena bahan ini sangat mudah menggores permukaan panci.
Pencucian panci susu setelah memasak lebih baik Anda lakukan saat suhu panci sudah tidak terlalu panas lagi. Hal itu karena kondisi panci setelah Anda memasak tentu sangat panas. Jika langsung dicuci dengan air dingin secara langsung, panci Anda bisa menjadi retak, terutama apabila bahan dasarnya enamel, kaca, dan keramik.
Perawatan lainnya yang dapat Anda lakukan ialah memoles bagian luar dan dalam panci susu dengan pembersih khusus. Salah satu pembersih alami yang dapat Anda gunakan adalah campuran garam dan lemon. Dengan memahami cara pakai dan perawatan yang benar, panci susu Anda akan lebih awet dan tahan lama.

Apa saja fungsi dari panci susu?

Dengan panci susu, kegiatan memasak Anda sehari-hari menjadi lebih mudah. Lalu, apa saja yang dapat Anda lakukan dengan panci susu? Mari kita bahas satu per satu kegunaannya.

Fungsi dasarnya adalah untuk memasak air

Fungsi dasarnya adalah untuk memasak air
Sesuai namanya, panci susu biasa digunakan untuk menghangatkan susu dan merebus air panas. Jika memasak air menggunakan teko atau panci berukuran besar, Anda hanya akan memasak air terlalu banyak. Dengan ukuran panci susu yang tidak terlalu besar, panci ini dirasa pas untuk memasak sekitar dua cangkir air. Anda pun bisa mengetahui seberapa banyak air yang dimasak tanpa berlebih.

Efisien untuk merebus telur dengan cepat

Efisien untuk merebus telur dengan cepat
Telur memiliki kandungan protein dan gizi yang baik untuk tubuh. Saat direbus dengan panci biasa, merebus satu atau sepuluh telur akan memerlukan jumlah air yang kurang lebih sama. Dengan kata lain, sangat tidak efisien jika Anda menggunakan panci besar untuk merebus satu atau dua buah telur saja.
Dengan panci susu, Anda dapat merebus kurang lebih tiga buah telur tanpa memerlukan air terlalu banyak. Panci susu yang ukurannya tidak terlalu besar membuat air lebih cepat mendidih. Tentunya, penggunaan gas dan waktu Anda pun jadi lebih efisien.

Bisa untuk memasak di atas kompor atau memanggang di dalam oven

Bisa untuk memasak di atas kompor atau memanggang di dalam oven
Jika panci susu Anda terbuat dari material keramik dan kaca tahan panas, Anda bisa menumis bumbu, memasukkan dan mengaduk bahan masakan Anda, hingga memanggang di dalam oven. Semuanya bisa dilakukan dengan satu panci susu yang sama!
Contohnya adalah pada saat membuat macaroni schotel panggang. Prosesnya dimulai dari menumis bawang, memasukkan daging, saus tomat, susu, macaroni, keju, serta bumbu lainnya hingga matang. Setelah matang, Anda dapat langsung memasukkan panci susu beserta isinya tersebut ke dalam oven, tanpa perlu memindahkannya ke wadah lain. Dengan tampilan panci susu yang menarik, macaroni schotel Anda pun dapat langsung disajikan setelah keluar dari oven. Sekalipun hanya acara makan-makan kecil keluarga, meja Anda bisa terlihat menarik dengan makanan yang disajikan langsung di atas panci susu.

Praktis digunakan untuk memasak sup setiap hari

Praktis digunakan untuk memasak sup setiap hari
Apabila Anda memasak sup menggunakan panci sayur yang besar, tentu Anda akan memasaknya dalam porsi besar. Ukuran ini tentu tidak cocok jika Anda hanya ingin memasak sup dengan porsi untuk satu atau dua orang saja. Dengan panci sayur yang lebar, jumlah air untuk satu atau dua porsi sup akan menjadi terlalu sedikit. Karena itu, panci susu yang berkapasitas lebih kecil tentunya lebih cocok untuk membuat sup berporsi kecil.
Bahan-bahan masakan seadanya di rumah pun bisa diolah menjadi sup lezat untuk Anda. Tidak perlu membuang kelebihan bahan masakan yang ada di kulkas karena tidak tahu harus mengolahnya menjadi apa.
Sup dapat dibuat dengan mudah menggunakan kaldu daging dan tambahan rempah-rempah. Anda juga dapat membuat variasi rasa sup dengan menambahkan bumbu-bumbu lainnya sesuai selera. Dengan menggunakan panci susu sebagai wadah di atas meja makan, Anda juga bisa menghemat tenaga untuk mencuci piring.

Memasak makanan bayi menjadi lebih mudah dan lezat

Memasak makanan bayi menjadi lebih mudah dan lezat
MPASI (Makanan Pendamping ASI) dapat mulai diberikan kepada bayi setelah berusia 5 bulan. Porsi masakan yang dibutuhkan bayi pada saat ini tidaklah banyak. Panci susu berkapasitas kecil merupakan salah satu solusi untuk memasak bubur dan sayuran dalam jumlah kecil. Pilihlah panci susu yang memiliki tutup guna menghindari penguapan yang dapat menghilangkan nutrisi makanan untuk buah hati Anda.

Baca juga rekomendasi panci lainnya di sini!

Selain panci susu, mungkin Anda juga sedang mencari panci lainnya untuk menunjang kegiatan masak-memasak. Agar kegiatan memasak semakin maksimal, kami sudah menyiapkan artikel mengenai panci satu tangan, panci steamer (kukusan), dan panci penggorengan. Penasaran bagaimana cara memilihnya dan apa saja produk-produk rekomendasi kami? Simak informasi selengkapnya dari artikel-artikel di bawah ini!

Kesimpulan

Panci susu merupakan salah satu alat masak yang wajib Anda miliki di dapur. Terdapat banyak sekali pilihan panci susu di pasaran yang dapat dipilih. Jadi, pilihlah panci susu yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
Dengan menggunakan panci susu sesuai petunjuk, Anda dapat menggunakannya dengan nyaman dalam jangka waktu lama. Desain menarik yang ditawarkan oleh panci susu dapat mempercantik meja makan Anda. Selain itu, Anda juga menjadi lebih semangat memasak makanan lezat bagi keluarga Anda tercinta.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sebagai orang Indonesia yang sumber karbohidratnya adalah nasi, tentu rice cooker adalah item yang wajib dimiliki. Tidak hanya untuk memasak nasi, rice cooker juga bisa digunakan untuk memasak bubur, mengukus, dan memasak berbagai jenis makanan lainnya.. Pada artikel ini, kami akan memperkenalkan rekomendasi produk rice cooker, seperti Cosmos, Panasonic, dan Philips. Sebelum itu, kami juga akan memberitahukan cara memilih rice cooker yang tepat untuk kebutuhan Anda. Silakan jadikan artikel ini sebagai referensi Anda, ya!
    Peralatan masak
    225.232 Views
  • 10 Rekomendasi Wajan Keramik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Wajan Keramik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Akhir-akhir ini, penggunaan wajan keramik sudah makin populer. Wajan yang awalnya populer di Korea ini digemari karena bahannya yang jauh lebih aman dan tidak mengganggu kesehatan. Menumis dan menggoreng menggunakan wajan keramik membuat masakan jadi cepat matang secara merata. Itulah sebabnya Anda perlu mempertimbangkan untuk memilikinya di dapur rumah.Jika Anda mencari wajan keramik, Anda akan menemukan beberapa merek, seperti BOLDe, Maxim, LocknLock, dan masih banyak lagi. Sebelum membelinya, sebaiknya ketahui dahulu manfaat menggunakan wajan keramik dan bagaimana tips memilih wajan keramik yang tepat. Yuk, simak artikel ini.
    Peralatan masak
    27.551 Views
  • 10 Rekomendasi Wajan Penggorengan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Wajan Penggorengan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Frying pan atau wajan penggorengan merupakan alat yang sangat penting dalam memasak. Saat ini telah tersedia beragam merek wajan yang terkenal, seperti Tefal, MAXIM, Oxone, dan lainnya. Jenis wajan pun beragam. Ada yang terbuat dari bahan besi, dilapisi keramik atau teflon, dan yang bisa digunakan untuk kompor induksi.Kali ini kami memberikan rekomendasi wajan penggorengan terbaik bagi Anda. Namun, terlebih dahulu kami akan menjelaskan tentang poin penting yang bisa Anda jadikan panduan dalam memilih wajan. Temukanlah wajan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Peralatan masak
    179.862 Views
  • 10 Rekomendasi Wajan Panggang (Grill Pan) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Wajan Panggang (Grill Pan) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Jenis makanan yang dipanggang seperti ikan bakar, satai, atau steak, memang menjadi salah satu yang banyak digemari. Jika Anda ingin membuat jenis makanan ini di rumah, Anda membutuhkan wajan panggang atau grill pan. Grill pan pun serbaguna karena tak hanya bisa digunakan untuk memanggang, tetapi juga menumis.Berbagai produsen di antaranya Maxim, Ikea, Happycall, dan Philips, berlomba menawarkan wajan panggang berkualitas tinggi. Berikut ini, kami akan menjelaskan poin penting yang harus Anda perhatikan dalam memilih wajan panggang. Jangan dilewatkan, ya!
    Peralatan masak
    83.756 Views
  • 10 Rekomendasi Food Chopper Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Food Chopper Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu hal yang merepotkan saat memasak, yaitu harus mencincang sayuran dan daging ataupun menghaluskan bumbu. Akan tetapi, kini telah hadir food chopper alias alat penggiling bumbu dapur dan bahan makanan yang akan memudahkan Anda.Dengan beragam variasi fungsi, desain, dan cara penggunaan, Anda mungkin akan bingung dalam memilihnya. Kali ini, kami akan memperkenalkan beberapa food chopper yang banyak diminati seperti Zyliss, Tupperware, Slap Chop, dan lainnya. Pilihlah food chopper yang sesuai dengan kebutuhan Anda, ya!
    Peralatan masak
    51.801 Views
  • 10 Rekomendasi Kompor Gas Portabel Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kompor Gas Portabel Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kompor adalah salah benda yang wajib ada di setiap rumah. Selain digunakan di dapur, ada juga kompor gas portabel yang dapat digunakan pada saat camping atau kegiatan outdoor lainnya. Saat ini sudah banyak produsen ternama seperti Rinnai, Kenmaster, Oxone dan sebagainya yang memproduksi berbagai jenis kompor gas portabel dengan berbagai varian, desain, dan harga yang beragam.Kali ini kami akan menjelaskan bagaimana cara memilih kompor gas portabel dan produk-produk terbaik yang direkomendasikan untuk berbagai kegiatan memasak Anda baik di dalam maupun di luar ruangan. Simak pembahasannya berikut ini!
    Peralatan masak
    73.082 Views
  • 10 Rekomendasi Teflon Maxim Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Teflon Maxim Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Memiliki peralatan memasak antilengket pasti menjadi idaman semua orang yang banyak menghabiskan waktu di dapur. Dari sekian banyak merek peralatan memasak antilengket, terdapat produk buatan lokal, yaitu Maxim. Maxim sendiri sudah memegang lisensi eksklusif untuk peralatan masak berlapis teflon di Indonesia. Karena itu, mutu dan kualitas produknya pasti terjamin. Kali ini, kami akan memperkenalkan produk teflon yang dimiliki Maxim mulai dari Teflon Classic, Xtra, Select, sampai Platinum. Kami juga akan merekomendasikan beberapa produk terbaik yang bisa Anda jadikan panduan sebelum memilih. Simak sampai habis, ya!
    Peralatan masak
    15.369 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori