10 Rekomendasi Jam Tangan Analog G-Shock Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Jam Tangan Analog G-Shock Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Casio berhasil mengeluarkan satu produk jam yang dikenal memiliki fungsi yang mumpuni, desain kokoh, serta daya tahan yang teruji, yaitu G-Shock. Pada umumnya, masyarakat lebih mengenal G-Shock sebagai produsen jam tangan digital, namun nyatanya G-Shock juga memiliki produk jam tangan analog dengan fungsi dan ketahanan yang sama seperti jam tangan digital yang mereka keluarkan.

Kali ini, kami akan menerangkan kepada Anda beberapa produk jam tangan analog dari G-Shock yang layak untuk Anda miliki. Produk-produk yang akan kami sebutkan memiliki fungsi dan harga menarik, yang bisa dipakai untuk pria maupun wanita, yang tentunya sayang untuk dilewatkan oleh Anda para kolektor jam tangan, ataupun Anda yang sedang membutuhkan jam tangan baru. Yuk, disimak!

Daftar isi

Cara memilih jam tangan analog G-Shock

Sejarah G-Shock dimulai ketika Casio ingin mengembangkan jam tangan yang tahan banting. Mulanya, produk pertama keluaran G-Shock adalah jam dengan spesifikasi Triple 10 yang tidak akan pecah walau jatuh dari ketinggian 10 meter, tidak akan rusak walau dibawa ke dalam air dengan tingkat kedalaman 10 meter, serta ketahanannya yang diklaim mencapai 10 tahun bahkan lebih.

Penjualan produk pertama tersebut dimulai pada tahun 1983. Sejak saat itu juga, semua model yang dikeluarkan oleh G-Shock memenuhi spesifikasi Triple 10. Hal tersebutlah yang dipertahankan G-Shock hingga saat ini.

Meski awalnya hanya mengeluarkan produk jam digital saja, lambat laun G-Shock juga memproduksi jam analog. Tak hanya keperluan outdoor saja, beberapa seri jam analog yang dirilis oleh G-Shock dikhususkan untuk para pebisnis dan pria bergaya manly. Mengingat banyaknya variasi seri dari jam analog yang dikeluarkan oleh G-Shock, ada baiknya kita memilih seri yang cocok dengan apa yang kita butuhkan. Maka dari itu, mari simak penjelasan berikut.

Memilih jam berdasarkan seri

Jam analog yang dikeluarkan G-Shock memiliki konsep yang bervariasi tergantung dari seri atau tipenya. Masing-masing seri tersebut mempunyai keunggulan masing-masing yang dapat Anda jadikan patokan sebelum membeli.

BASIC, seri paling klasik yang terus berevolusi

BASIC, seri paling klasik yang terus berevolusi

BASIC adalah jam analog G-Shock seri klasik yang mirip dengan ORIGIN series (tipe digital). Kedua produk tersebut dikatakan sebagai produk awalan G-Shock yang terus diproduksi sampai sekarang dengan beberapa penyesuaian yang dibuat seiring perkembangan zaman.

BASIC menggabungkan penunjuk waktu digital dan analog dalam layarnya. Sangat mudah untuk digunakan, dan memiliki berbagai macam fungsi umum seperti stopwatch, timer, dan alarm. Bentuknya terbilang simpel, cocok digunakan untuk keperluan sehari-hari, bahkan untuk keperluan bisnis. Jika Anda baru menggunakan jam G-Shock atau hanya membutuhkan jam dengan fungsi-fungsi tambahan pada umumnya, maka BASIC adalah pilihan yang paling ideal.

MR-G, seri high class dari G-Shock

MR-G, seri high class dari G-Shock

MR-G merupakan seri tertinggi yang dimiliki oleh G-Shock. Dibekali dengan teknologi mutakhir, seri ini makin mumpuni dengan proses pembuatannya yang dilakukan oleh para ahli. Desain, fungsi, dan ketahanan jam tangan seri ini menjadi yang terbaik yang dimiliki oleh G-Shock sampai saat ini.

Seri ini memiliki karakter yang kalem dan classy jika dilihat dari desainnnya. Hal tersebut makin diperkuat dengan ketahanan serta kualitasnya yang superior. MR-G sendiri hadir untuk memenuhi kebutuhan para bussinesman.

MT-G, wajah baru dari ketangguhan

MT-G, wajah baru dari ketangguhan

MT-G merupakan seri tangguh yang mengadopsi konsep meteor dari luar angkasa yang masuk ke atmosfer bumi. Produk ini memiliki fungsi semacam Tough Solar serta Global Time Sync yang dibalut oleh metal stainless steel yang tahan banting.

Fitur Global Time Sync pada jam tangguh ini berfungsi untuk mencocokkan waktu sesuai tempat Anda berada tanpa mengubah setelan secara manual. Hal tersebut dikarenakan Hybrid Radio Solar yang terpasang di dalam jam, sehingga mampu menerima gelombang radio GPS maupun gelombang biasa yang kemudian secara otomatis akan mengubah waktu berdasarkan tempat pengguna berada.

Desainnya dominan kalem dengan warna semacam hitam atau silver. Seri ini dapat Anda gunakan untuk menghadiri acara-acara resmi yang berkaitan dengan bisnis, atau hanya sebagai koleksi untuk Anda yang menyukai barang dengan karakter manly.

G-STEEL, jam tangan slim yang tangguh

G-STEEL, jam tangan slim yang tangguh

G-STEEL memiliki model slim yang memadukan desain ringkas dengan ketangguhan. Teknologi baru bernama layer guard structure yang mengkombinasikan material metal dan resin diaplikasikan pada bagian bezel jam seri ini. Teknologi tersebut memberikan efek ketahanan pada struktur jam sekaligus memberikan estetika yang menarik pada tampilannya.

Ada panel digital sebagai tambahan penunjuk waktu di dalam jam berikut, serta fungsi-fungsi tambahan lainnya. Beberapa model dari seri ini menggunakan kulit sintetis di bagian talinya, sehingga jam berikut cocok untuk tampilan casual Anda.

BIG CASE, jam yang kuat dan modis

BIG CASE, jam yang kuat dan modis

BIG CASE merupakan produk yang paling populer dari seri-seri jam analog milik G-Shock. Seri ini memadukan antara analog dan digital menjadi satu kesatuan dengan dilengkapi fungsi stopwatch 1/1000 detik, timer, lampu LED dan beberapa fungsi lainnya.

Karakter yang terasa dari seri ini adalah kesan tangguh dan kuat, ditambah dengan sistem pengoperasian yang mudah. Beberapa di antaranya didesain dengan corak dan warna yang beragam. Rekomendasi terbaik untuk Anda yang menginginkan jam yang kuat dan modis.

G’MIX, jam modern yang dapat tersambung dengan smartphone

G'MIX, jam modern yang dapat tersambung dengan smartphone

Berikut adalah seri jam analog dari G-Shock yang didesain modern dengan Bluetooth® SMART sebagai fitur utamanya. Adanya bluetooth tak lain berfungsi sebagai konektor pada smartphone Anda. Namun, pengguna perlu mengunduh aplikasi G’MIX App agar jam dapat tersambung dengan ponsel.

Sisi menarik dari jam seri berikut adalah kemampuannya untuk menjadi remote pemutar lagu yang ada di library ponsel Anda.  Di layar jam akan tertera judul dari lagu yang Anda mainkan. Anda juga dapat mengubah equalizer bahkan volume melalui jam berikut.

G-LIDE, jam analog yang populer di kalangan peselancar

 G-LIDE, jam analog yang populer di kalangan peselancar

G-LIDE merupakan jam yang dibuat untuk keperluan olahraga bagi atlet dari berbagai macam cabang olahraga. Produk ini banyak dipakai oleh para peselancar atau penggiat olahraga jalanan seperti skateboard dan lain sebagainya.

Fungsi dasar dari seri berikut yakni ketahanan air yang mencapai 20 ATM water resistant dan shock resistant yang sangat mendukung dipakai untuk active sports. Desainnya yang menggunakan tali karet menambah kemudahan pengguna untuk melakukan aktivitas fisik serta pergerakan di bawah air. Sangat menarik untuk para penggiat olahraga yang ingin tampil maksimal.

MASTER OF G, jam yang dibuat untuk prima di udara, laut dan daratan

 MASTER OF G, jam yang dibuat untuk prima di udara, laut dan daratan

Konsep seri G-Shock berikut ingin memberikan fungsi terbaik di udara, laut, dan daratan. Dari konsep tersebut muncul beberapa produk antara lain Gravitymaster, Mudmaster dan Gulfmaster dengan spesialisasi masing-masing.

Gravitymaster sanggup digunakan pilot untuk mengudara tanpa peduli gangguan ketinggian. Hal tersebut ditambah dengan fungsi semacam altimeter dan fungsi lainnya.

Mudmaster dibuat kuat untuk bertarung di medan yang keras, berdebu, lumpur, dan tahan goncangan. Jam berikut dapat melingkar dengan pas di pergelangan prajurit yang melakukan latihan maupun yang ada dalam situasi perang.

Sedangkan Gulfmaster, dapat bekerja sempurna di lautan dengan fungsi Quad Sensor yang mendukung untuk kegiatan berlayar atau menyelam para nelayan serta angkatan laut, seperti menghitung tekanan air, medan magnet, kedalaman, dan temperatur. Kesimpulannya, Master OF G merupakan seri yang sangat ideal untuk orang yang memiliki aktivitas lebih dan butuh kualitas ketahanan terbaik dari jam G-Shock.

Memilih jam berdasarkan kemudahan untuk melihat waktu

 Memilih jam berdasarkan kemudahan untuk melihat waktu

Fungsi utama dari jam tangan adalah menunjukkan waktu. Jika jam tangan yang Anda miliki sulit untuk dilihat, maka jam tangan tersebut hanya akan berfungsi sebagai aksesoris saja.

Satu kelemahan dari jam analog adalah, lebih sulit dilihat daripada jam digital sebagai penunjuk waktu. Maka dari itu, beberapa produk jam analog G-Shock menggabungkan antara penunjuk waktu analog dan digital. Layar penunjuk waktu pada jam G-Shock memiliki berbagai macam desain, kami sarankan Anda memilih desain yang tidak membingungkan sebagai penunjuk waktu untuk Anda sendiri.

10 Rekomendasi jam tangan analog G-Shock terbaik

Pada bagian berikut kami telah menghimpun beberapa produk jam tangan analog dari G-Shock khusus untuk Anda. Pilihlah produk yang cocok untuk Anda berdasarkan desain, model, fungsi, dan harga yang telah Anda sediakan.

10. G-Shock BASIC G-100BB-1A

 10. G-Shock BASIC G-100BB-1A

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.170.000

Minimalis dengan outlook all dark

Jika Anda yang menginginkan jam tangan dengan desain simpel dan fitur minimalis namun memiliki tampilan elegan, produk berikut bisa menjadi pilihan yang tepat. G-Shock G-100BB-1A merangkum kebutuhan standar para pengguna jam dengan fitur-fitur yang terdapat di dalamnya, antara lain stopwatch, full auto calendar, dan backlight.

Jam berikut sudah dibuat shock resist, magnet resist, serta water resist hingga tingkat 200 meter, jadi aman untuk digunakan saat berenang. Selain panel penunjuk waktu analog, ada panel digital yang selain penunjuk angka dapat menjadi penunjuk kalender, alarm, hingga stopwatch. Diameternya berukuran 4,8 cm, dan untuk talinya terbuat dari bahan resin. Produk ini dapat menjadi teman di pergelangan Anda saat menghadiri acara bisnis maupun acara-acara casual.

9. G-Shock BIG CASE GA-400-1 BJF

9. G-Shock BIG CASE GA-400-1 BJF

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.596.000

Seri populer dengan sistem pengoperasian yang mudah digunakan

Masuk dalam seri BIG CASE, GA-400-1 BJF dikenal sebagai jam yang mudah untuk dioperasikan. Layar jam memiliki diameter besar dan terlihat kokoh. Jam berikut memiliki fungsi seperti timer, stopwatch, backlight, dan dapat dimatikan atau dinyalakan suara tombolnya.

Sama seperti produk sebelumnya, jam berikut juga sudah dibuat shock resist, magnet resist, serta water resist hingga tingkat 200 meter. Dirancang dengan sedemikian rupa, jarum penunjuk jam dapat bergeser ketika menghalangi tampilan dari panel digital. Jam berikut juga sudah dapat disesuaikan dengan 31 zona waktu dunia, jadi saat berpindah tempat dengan zona waktu berbeda, Anda tak perlu repot mengubah pengaturan jam.

8. G-Shock BIG CASE GA-110RG-1AJF

 8. G-Shock BIG CASE GA-110RG-1AJF

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.597.000

Sentuhan rose gold berikan kesan antik nan cantik

GA-110RG-1AJF merupakan barang yang populer dari rose gold series milik G-Shock. Bagian case dan talinya terbuat dari bahan resin. Selain panel penunjuk waktu analog, jam berikut juga dilengkapi dengan panel digital yang makin membuat jam berikut istimewa.

Produk ini memiliki spesifikasi magnetic resistant, 200 meter water resistance, dan shock resistant. Dari panel digitalnya, fungsi-fungsi lain yang terdapat di dalamnya antara lain LED light, world time, stopwatch, timer, hingga alarm. Jam yang sangat mudah untuk dioperasikan.

7. G-Shock G-LIDE GAX-100B-7AJF

7. G-Shock G-LIDE GAX-100B-7AJF

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.400.000

Jam yang mendukung aktivitas para atlet

GAX-100B-7AJF merupakan jam analog dari G-Shock dari seri G-LIDE yang banyak digunakan para atlet, terutama peselancar profesional. Putih dan hitam dipadukan sebagai warna dari produk berikut. Beberapa fungsi lain yang mendukung aktivitas para surfer antara lain tide graph, moon data, dan temperature measurement function.

Produk ini tidak hanya cocok untuk digunakan di laut, untuk Anda yang hobi naik gunung, Anda juga dapat memaksimalkan jam berikut sebagai teman berpetualang. Ketika jarum penunjuk waktu sulit untuk dilihat, kita dapat memanfaatkan panel digital sebagai penunjuk waktu. Fashionable dan dapat diandalkan oleh penggiat olahraga outdoor!

6. G-Shock G-STEEL GST W100G-1AJF

6. G-Shock G-STEEL GST W-100G-1AJF

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 3.905.000

Desain dan fitur berkualitas dengan balutan warna gold

GST W-100G-1AJF merupakan jam G-Shock seri G-STEEL yang dibalut warna gold dengan kesan elegan dan classy. Sentuhan berbeda tersebut terdiri atas logam dan resin yang memiliki durability yang luar biasa. Sangat pas untuk Anda yang membutuhkan aksesoris mewah dengan kesan maskulin.

Jam berikut dilengkapi dengan shock resist, magnet resist serta ketahanan air hingga 200 meter. Selain itu, lewat panel digitalnya, Anda dapat menampilkan fungsi semacam LED light, stopwatch, countdown timer, hingga alarm. Untuk pengaturan waktu, jam berikut sudah dilengkapi dengan sistem world time yang merangkum 31 zona waktu yang ada di dunia.

5. G-Shock G-CASE GA-100B-7A

5. G-Shock G-CASE GA-100B-7A

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.257.000

Jam catchy dengan kinerja optimal

Termasuk dari seri BIG CASE, produk berikut memiliki kinerja yang optimal jika dilihat dari harga yang ditawarkan. Fitur-fitur semacam LED lights, world time, stopwatch, timer serta alarm. Untuk ketahanan, jam berikut memiliki spesifikasi 200 meter water resistance, shock resistant, serta magnetic resistant.

Detail dari panel utama jam juga terbilang menarik. Panel digitalnya dibagi menjadi dua yakni di sisi kiri dan kanan, yang selain menunjukkan waktu dan tanggal, dapat berfungsi sebagai penunjuk time keeping, countdown timer, alarm, dan world time. Ada juga tiga bulatan kecil di bagian atas panel digital yang berfungsi sebagai stopwatch dengan sistem penunjuk analog.

4. G-Shock Mudmaster GWG-1000-1A9

4. G-Shock Mudmaster GWG-1000-1A9JF

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 10.000.000

Jam Mudmaster yang dapat ukur detak jantung

GWG-100-1A9JF dikatakan sebagai jam G-Shock terkuat yang telah mereka produksi oleh Casio. Terdiri atas penunjuk waktu analog dan digital, jam berikut didukung fungsi-fungsi menarik seperti digital compass, barometric pressure/altitude, temperature reading, double LED light illuminates, multiband 6, serta tough solar.

Memiliki sebutan land champion, jam yang masuk seri Mudmaster ini tahan debu dan tahan lumpur. Sangat pantas menjadi rekan di medan-medan sulit, terlebih lagi tambahan fungsi seperti pengukur ketinggian, pengukur kelembapan, kompas, penghitung detak jantung, dan sebagainya. Produk ini bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda yang berkutat di medan-medan darat rawan basah, dan memiliki aktivitas fisik berat.

3. G-Shock MRG-G1000D-1AJR

3. G-Shock MRG-G1000D-1AJR

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 28.000.000

Pemuncak di antara produk G-Shock yang ada

MRG-G1000D-1AJR merupakan salah satu produk yang dikeluarkan G-Shock sebagai barang dari seri MR-G. Konsep utama yang diusung untuk jam berikut adalah eksklusif dan mewah, maka bahan utama yang digunakan sebagai material case dan talinya adalah logam titanium. G-Shock mengatakan bahwa jam berikut memiliki daya tahan yang paling tinggi. Selain itu, waktu yang ditunjukkan akan tetap akurat walaupun Anda berpindah negara karena ditanamkannya sistem GPS hybrid radio electric solar.

Jam berikut juga memiliki fungsi tough solar, 20 bar waterproof, atomic radio multiband 6, needle position automatic correction function, airplane mode, stopwatch, timer, power saving function serta LED light. Meskipun harga yang ditawarkan sangat tinggi, harga ini sepadan dengan fungsi dan bahan yang digunakan pada produk ini. Produk ini cocok untuk para pebisnis maupun Anda yang sering bepergian ke daerah dengan zona waktu berbeda.

2. G-Shock GWG-1000DC-1A5

2. G-Shock GWG-1000DC-1A5

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 8.625.000

Jam tangan untuk Anda yang sering berada di medan ekstrim!

Masih dari Mudmaster, GWG-1000DC-1A5JF merupakan keluaran terkuat dari seri tersebut. Dilengkapi dengan kemampuan altimeter hingga 10.000 m, barometer hingga 1,100 hPa, digital compass, tough solar, smart acces, shock resistant, dan screw lock crown, jam ini merupakan pilihan sempurna untuk Anda yang memiliki profesi seperti tentara, fotografer alam bebas, engineer lapangan, maupun Anda yang hobi berkegiatan di alam bebas.

Keunggulan utama yang dimiliki oleh produk ini adalah fitur mud resist structure yang menjamin jam tangan Anda akan aman dari debu dan lumpur. Selain itu, α GEL® sebagai bahan untuk fitur vibration resistant structure-nya, menjamin bagian dalam jam tangan Anda tidak akan rusak meski terjatuh ataupun terbanting dengan keras. Dengan dua kombinasi unggulan ini, Anda tidak perlu khawatir jam tangan Anda akan rusak, meski sedang berada di medan yang sangat ekstrim sekalipun.

1. G-Shock Gravitymaster GPW-2000-1A

1. G-Shock Gravity Master GPW-2000-1A

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 10.775.000

Panel penunjuk waktu antisilau, disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan para pilot

Gravitymaster GPW-2000-1A dirancang untuk memenuhi kebutuhan para pilot saat mengudara. Bagian tubuh dari jam berikut dibalut warna dominan hitam dengan jarum besar yang berwarna putih sebagai penunjuk waktu. Panel penunjuk waktunya tidak akan silau jika terkena sinar matahari karena terbuat dari lapisan sapphire glass.

Sebuah jam yang memiliki tampilan menarik dan mudah untuk dilihat. Beberapa fungsi juga disesuaikan dengan kebutuhan pilot antara lain ketahanan akan gaya gravitasi, tekanan udara tinggi dan juga getaran. Ada tambahan fitur bluetooth pada jam berikut, yang dapat disambungkan pada ponsel penggunanya. Sistem GPS juga sudah ditanamkan pada jam berikut, sehingga ia bukan sekedar aksesoris biasa saja, tetapi juga dapat menjadi instrumen pendukung saat penerbangan.

Kesimpulan

Itu tadi berbagai macam produk jam analog yang dikeluarkan oleh G-Shock. Dari semuanya, mana yang paling Anda sukai? Memang banyak spesifikasi yang menarik dari jam-jam tersebut, namun kami sarankan Anda memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan serta tidak melebihi dana yang telah Anda sisihkan. Selamat memilih!