• 10 Rekomendasi MP3 Player Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi MP3 Player Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi MP3 Player Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi MP3 Player Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi MP3 Player Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi MP3 Player Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Jika Anda pencinta musik, Anda pasti pernah terpikir untuk memiliki MP3 player. Ada banyak merk MP3 player yang bagus beredar di pasaran, seperti Sony, HIDIZS, dan Pioneer. Anda tentu menginginkan MP3 player yang kualitas suaranya mumpuni, baterainya tahan lama, dan kapasitasnya besar, bukan? Kira-kira, Anda akan membeli MP3 Bluetooth atau MP3 dengan tipe koneksi yang lain?

Untuk membantu Anda, kali ini kami memperkenalkan cara memilih dan merekomendasikan sepuluh produk MP3 player. Kami akan mengulas produk dari segi fitur, harga, dan yang lainnya. Simak dan temukan MP3 player terbaik idaman Anda!
  • Pembaharuan terakhir: 24 April 2021
  • 46.885 Views
Daftar isi

Apa itu audio beresolusi tinggi?

Apa itu audio beresolusi tinggi?

Audio resolusi tinggi adalah data musik yang memuat informasi sekitar 6,5 kali lebih banyak daripada CD. Lebih jelasnya, audio resolusi tinggi mengacu pada kumpulan sumber suara dengan format digital. Format tersebut memiliki kehalusan, kedalaman, dan suasana suara yang lebih tinggi daripada standar yang digunakan dalam CD.


Daya tarik terbesar dari audio resolusi tinggi adalah suaranya yang lebih realistis. Anda bahkan dapat merasakan suasana pertunjukan live seolah sedang menyaksikannya secara langsung.

Cara memilih MP3 player

Apa saja sih, yang perlu diperhatikan saat memilih MP3 player? Selain harganya, berbagai fitur, seperti daya tahan baterai, format file yang didukung, kapasitas penyimpanan, hingga koneksi player perlu Anda cermati. Mari kita ulas satu per satu!

Pastikan format suara yang didukung oleh MP3 player

Pastikan format suara yang didukung oleh MP3 player

Ada beragam tipe format audio digital beresolusi tinggi. Untuk itu, Anda sebaiknya memastikan format mana yang didukung oleh MP3 player Anda. Format dengan kualitas suara paling bagus adalah Linear PCM (WAV dan AIFF) karena datanya tidak mengalami kompresi.


Di sisi lain, format Linear PCM membutuhkan ruang penyimpanan yang besar. Sebagai contoh, jika disimpan dalam format CD, sebuah lagu sepanjang 5 menit ukuran file-nya 50MB (44.1kHz / 16bit). Namun, lagu yang sama dapat menjadi 300MB (192kHz / 24bit) dalam format beresolusi tinggi. Alhasil, MP3 player berkapasitas 32GB hanya dapat menyimpan sekitar 100 lagu saja.


Jika Anda menginginkan audio digital berukuran kecil, pilihlah format MP3, WMA, dan AAC. Ketiganya melalui proses kompresi sehingga ukuran file-nya pun lebih kecil. Anda jadi bisa menyimpan lebih banyak lagu dalam format tersebut. Sayangnya, proses kompresi membuat kualitas suaranya menjadi kurang bagus.


Agar Anda dapat menyimpan lebih banyak audio berkualitas tinggi dalam player berkapasitas kecil, kami merekomendasikan format FLAC. Meskipun datanya dikompresi, kualitas suara beresolusi tingginya tidak ikut hilang. Alhasil, Anda dapat menikmati kualitas suara ciamik dengan ukuran file yang lebih kecil.

Gunakan format DSD untuk kualitas supertinggi

Gunakan format DSD untuk kualitas supertinggi

DSD merupakan format audio dengan kualitas suara ultratinggi. Meskipun merupakan rekaman suara digital, kualitasnya setara dengan rekaman analog. Jika Anda menginginkan kualitas suara yang bisa membawa eargasm, pilihlah MP3 player yang kompatibel terhadap DSD.


Kualitasnya yang tinggi dibarengi dengan ukuran file-nya yang juga besar. Selain itu, audio dengan format DSD memiliki densitas suara yang tinggi, menjadikannya sulit untuk diedit. Oleh karena itu, hanya sedikit genre musik yang direkam menggunakan format ini, seperti musik klasik yang tidak memerlukan editing.


MP3 player yang kompatibel dengan DSD bisa dikombinasikan dengan USB-DAC atau dimainkan dengan software yang mendukung PC+DSD. Sayangnya, perangkat kelas entry level belum kompatibel dengan DSD. Anda perlu membeli MP3 player kelas high-end untuk dapat memainkannya.

Periksa DAC jika Anda ingin membeli model kelas atas

Periksa DAC jika Anda ingin membeli model kelas atas

D/A Converter (DAC) merupakan bagian penting untuk mereproduksi audio beresolusi tinggi. Pada MP3 player, audio digital diperdengarkan melalui speaker dan mikrofon analog. Nah, DAC diperlukan untuk mengubah bentuk digital tersebut menjadi analog selama pemutaran.


Kualitas audio bergantung pada tipe DAC yang dipasang dalam MP3 player. Maka dari itu, penting untuk mengecek DAC yang digunakan, terutama jika Anda akan membeli MP3 player kelas high-end.

Headphone atau Earphone? Gunakan yang sesuai dengan player

Headphone atau Earphone? Gunakan yang sesuai dengan player

Apakah Anda kerap mendengarkan lagu dari MP3 player melalui headphone atau earphone? Jika ya, sebaiknya Anda mengetahui perbedaan suara yang dihasilkannya. Umumnya, headphone beresolusi tinggi memiliki impedansi 50Ω atau lebih sehingga suara yang dihasilkannya jernih dan bebas noise. Namun, hal tersebut menyebabkan volume suara dari headphone tidak bisa keras. 


Sebaliknya, earphone memiliki impedansi yang lebih rendah. Meskipun volume yang dihasilkan bisa lebih besar, suara yang dihasilkan tidak terlalu jernih. Hal ini juga terjadi, bahkan saat earphone disambungkan dengan MP3 player kelas high-end sekalipun. Untuk itu, sebaiknya Anda mencermati spesifikasi earphone dan headphone Anda sebelum membeli, terutama mengenai besar impedansinya.

Untuk kualitas suara lebih baik, cek ketersediaan koneksi yang seimbang

Untuk kualitas suara lebih baik, cek ketersediaan koneksi yang seimbang

Jika Anda mengutamakan kualitas suara, pastikan headphone atau earphone Anda mendukung koneksi yang seimbang. Koneksi seimbang adalah metode yang memisahkan suara plus dan minus, juga kanan dan kiri. Hal tersebut adalah karakteristik yang membuat suara stereo lebih menonjol.


Terminal pada headphone atau earphone pada umumnya adalah sambungan yang tidak seimbang. Hal ini menyebabkan suara di telinga kiri dan kanan tercampur atau timbul derau. Dengan koneksi suara seimbang, Anda dapat menikmati suara yang jernih dan kaya. Namun, untuk menikmati semua itu, Anda harus menggunakan headphone atau earphone yang mendukung koneksi yang seimbang. 

Pertimbangkan dukungan penyimpanan eksternal beserta jumlah slot-nya

Pertimbangkan dukungan penyimpanan eksternal beserta jumlah slot-nya

Audio beresolusi tinggi memiliki ukuran file yang besar sehingga ruang penyimpanan internal akan cepat penuh. Pilihlah produk yang mendukung microSD agar Anda dapat menyimpan lebih banyak lagu. Tentunya akan lebih baik lagi jika MP3 player memiliki hingga dua slot microSD. Jadi, Anda tak harus buru-buru mengganti microSD jika salah satunya penuh.

Perhatikan berat produk dan daya tahan baterai

Perhatikan berat produk dan daya tahan baterai

MP3 player yang mengutamakan kualitas suara umumnya agak berat dan baterainya tidak tahan lama. Sementara itu, produk dengan bobot yang lebih ringan dan baterainya awet, kualitas suaranya malah kurang bagus. Untuk itu, tentukan prioritas Anda. Jika Anda ingin menikmati kualitas musik yang tinggi, Anda juga sebaiknya memaklumi bobot player yang berat dan baterainya yang cepat habis.

Bandingkan daya tahan baterai dari format file

Bandingkan daya tahan baterai dari format file

Daya tahan baterai juga bergantung pada jenis format audio yang Anda putar. Makin tinggi kualitas audio, makin besar pula daya yang dibutuhkan untuk memutarnya. Alhasil, player yang dapat memutar format MP3 selama 30 jam mungkin hanya dapat memutar musik selama 10 jam dalam format DSD. Untuk itu, pertimbangkan juga format audio yang ingin Anda putar saat memilih produk MP3 player, ya.

Tombol atau touch screen? Pilih yang lebih mudah untuk dioperasikan!

Tombol atau touch screen? Pilih yang lebih mudah untuk dioperasikan!

Terdapat dua jenis pengoperasian MP3 player, yaitu jenis yang menggunakan tombol dan touch screen. MP3 player dengan tombol memiliki sensasi pengoperasian dan mudah ditangani. Jika Anda menginginkan MP3 player dengan tampilan bodi mewah, Anda dapat memilih model touch screen. Yang pasti, pilih model yang Anda suka, serta nyaman dan mudah dioperasikan.

10 Rekomendasi MP3 Player terbaik

Sekarang kami akan memberikan rekomendasi MP3 player terbaik dengan membandingkan harga, kepopuleran, review pengguna, dan sebagainya. Dengan mengacu pada penjelasan kami sebelumnya, pilihlah produk yang paling sesuai dan nyaman untuk Anda!
10

BenjieTouch Screen MP3 Player

BJ-M20

Mulai dari Rp 391.000,00

Format audio yang didukungMP3, APE, FLAC, WAV, WMA, dan OGG
Mendukung DSD Tidak diketahui
DACTidak diketahui
ImpedansiTidak diketahui
Mendukung koneksi seimbang Tidak diketahui
Penyimpanan eksternal Memori card (1 slot)
Daya tahan baterai± 14 jam
PengoperasianTombol
9
Format audio yang didukungWAV, FLAC, WMA, MP3, OGG, APE, AAC, ALAC, AIFF, DFF, dan DSF
Mendukung DSD Ya
DACCirrus Logic CS43198 x 2
ImpedansiTidak diketahui
Mendukung koneksi seimbang Tidak diketahui
Penyimpanan eksternal Micro SD (1 slot)
Daya tahan baterai± 10 jam
PengoperasianTouch screen, tombol, dan kenop volume
8
Format audio yang didukungAAC, Linear PCM, MP3, dan WMA
Mendukung DSD Tidak tersedia
DACTidak tersedia
ImpedansiTidak diketahui
Mendukung koneksi seimbang Tidak diketahui
Penyimpanan eksternal Tidak ada
Daya tahan baterai± 12 jam
PengoperasianTombol
7

SHANLINGPortable Hi-Fi Music Player

Q1

Mulai dari Rp 1.850.000,00

Format audio yang didukungISO, DSF, DFF, DXD, APE, FLAC, WAV, AIFF, AIF, DTS, MP3, WMA, AAC, OGG, ALAC, MP2, M4A, dan AC3
Mendukung DSD Ya
DACESS Saber ES9218P
Impedansi32Ω
Mendukung koneksi seimbang Tidak tersedia
Penyimpanan eksternal Micro SD (1 slot)
Daya tahan baterai± 21 jam
PengoperasianTouch screen, tombol, dan kenop volume
6
Format audio yang didukungMP3, WMA, ATRAC, ATRAC Advanced Lossless, Linear PCM (WAV), AAC, HE-AAC, FLAC, Apple Lossless, AIFF, dan DSD
Mendukung DSD Ya
DACTidak diketahui
Impedansi16Ω
Mendukung koneksi seimbang Tidak diketahui
Penyimpanan eksternal USB, microSD (1 slot)
Daya tahan baterai± 43 jam
PengoperasianTouch screen dan tombol
5

FiiOSmart Portable Music Player

M15

Mulai dari Rp 19.500.000,00

Format audio yang didukungDSD, APE, Apple Lossles, AIFF, FLAC, WAV, WMA LOSSLESS, AAC, MP3, WMA, dan OGG
Mendukung DSD Ya
DACAK4499EQ x 2
Impedansi16Ω to 150Ω (single), 16Ω to 600Ω (balanced)
Mendukung koneksi seimbang Ya
Penyimpanan eksternal microSD (1 slot)
Daya tahan baterai± 15 jam
PengoperasianTouch screen, tombol, dan kenop volume
4

PioneerDigital Audio Player

XDP-300R

Mulai dari Rp 10.000.000,00

Format audio yang didukungDSD(DSF/DSDIFF)/FLAC/ALAC/WAV/AIFF/MQA/Ogg-Vorbis/MP3/AAC
Mendukung DSD Ya
DACYa
Impedansi16-300 Ω (unbalanced) dan 32-600 Ω (balanced)
Mendukung koneksi seimbang Ya
Penyimpanan eksternal Micro SD [SDXC] (2 slot)
Daya tahan baterai± 16 jam
PengoperasianTouch screen dan tombol
3
Format audio yang didukungMQA, APE, FLAC, WAV, AAC, ALAC, AIFF, OGG, MP3, DFF, DSF, DXD, DST (CUE), ISO, M3U, dan M3U8
Mendukung DSD Ya
DACCS43198 X 2
Impedansi32Ω
Mendukung koneksi seimbang Ya
Penyimpanan eksternal USB, microSD (1 slot)
Daya tahan baterai> 12 jam
PengoperasianTouch screen, tombol, dan kenop volume
2

HIDIZS Portable Hi-Res Music Player

AP80

Mulai dari Rp 2.017.000,00

Format audio yang didukungFLAC, APE, WMA, WAV, ALAC, Apple Lossless, DSDIFF, dan format audio profesional lainnya.
Mendukung DSD Ya
DACYa
ImpedansiTidak diketahui
Mendukung koneksi seimbang Tidak diketahui
Penyimpanan eksternal MicroSD (1 slot)
Daya tahan baterai± 15 jam
PengoperasianTouch screen, tombol, dan kenop volume
1
Format audio yang didukungMP3, WMA, ATRAC, ATRAC Advanced Lossless, FLAC, WAV, AAC, HE-AAC, Apple Lossless, AIFF, DSD, APE, dan MQA
Mendukung DSD Tidak diketahui
DACYa
Impedansi16Ω
Mendukung koneksi seimbang Tidak diketahui
Penyimpanan eksternal USB, microSD (1 slor)
Daya tahan baterai± 32 jam
PengoperasianTouch screen dan tombol

Tabel perbandingan produk MP3 player terbaik

Gambar produk
1
Sony Walkman A50 series 1

Sony

2
HIDIZS  Portable Hi-Res Music Player 1

HIDIZS

3
iBasso Digital Audio Player 1

iBasso

4
Pioneer Digital Audio Player  1

Pioneer

5
FiiO Smart Portable Music Player 1

FiiO

6
Sony Walkman ZX Series 1

Sony

7
SHANLING Portable Hi-Fi Music Player 1

SHANLING

8
Sony Walkman WS series 1

Sony

9
Astell&Kern A&norma 1

Astell&Kern

10
Benjie Touch Screen MP3 Player 1

Benjie

Nama produk

Walkman A50 series

Portable Hi-Res Music Player

Digital Audio Player

Digital Audio Player

Smart Portable Music Player

Walkman ZX Series

Portable Hi-Fi Music Player

Walkman WS series

A&norma

Touch Screen MP3 Player

Keunggulan

High resolution sound dengan tampilan stylish

Dengarkan musik dengan suara sejernih kristal

Dengan fitur fast charging, baterai penuh gak pake lama

Simpan lebih banyak lagu dengan dukungan memori ekstra besar!

Cocok bagi Anda yang mengutamakan kualitas suara

Dapatkan pengalaman mendengarkan musik seolah berada di studio

Ukuran kecil yang mudah dibawa-bawa

Audio player untuk para pencinta sport

Nikmati musik tanpa gangguan dengan kualitas suara atraktif

4-in-1 MP3 Player yang serbaguna

Harga mulai dariRp 2.799.000,00Rp 2.017.000,00Rp 5.949.500,00Rp 10.000.000,00Rp 19.500.000,00Rp 18.000.000,00Rp 1.850.000,00Rp 1.389.000,00Rp 10.999.000,00Rp 391.000,00
Format audio yang didukungMP3, WMA, ATRAC, ATRAC Advanced Lossless, FLAC, WAV, AAC, HE-AAC, Apple Lossless, AIFF, DSD, APE, dan MQAFLAC, APE, WMA, WAV, ALAC, Apple Lossless, DSDIFF, dan format audio profesional lainnya.MQA, APE, FLAC, WAV, AAC, ALAC, AIFF, OGG, MP3, DFF, DSF, DXD, DST (CUE), ISO, M3U, dan M3U8DSD(DSF/DSDIFF)/FLAC/ALAC/WAV/AIFF/MQA/Ogg-Vorbis/MP3/AACDSD, APE, Apple Lossles, AIFF, FLAC, WAV, WMA LOSSLESS, AAC, MP3, WMA, dan OGGMP3, WMA, ATRAC, ATRAC Advanced Lossless, Linear PCM (WAV), AAC, HE-AAC, FLAC, Apple Lossless, AIFF, dan DSDISO, DSF, DFF, DXD, APE, FLAC, WAV, AIFF, AIF, DTS, MP3, WMA, AAC, OGG, ALAC, MP2, M4A, dan AC3AAC, Linear PCM, MP3, dan WMAWAV, FLAC, WMA, MP3, OGG, APE, AAC, ALAC, AIFF, DFF, dan DSF MP3, APE, FLAC, WAV, WMA, dan OGG
Mendukung DSD Tidak diketahuiYaYaYaYaYaYaTidak tersediaYa Tidak diketahui
DACYaYaCS43198 X 2 YaAK4499EQ x 2 Tidak diketahuiESS Saber ES9218P Tidak tersediaCirrus Logic CS43198 x 2 Tidak diketahui
Impedansi16ΩTidak diketahui32Ω16-300 Ω (unbalanced) dan 32-600 Ω (balanced)16Ω to 150Ω (single), 16Ω to 600Ω (balanced)16Ω32ΩTidak diketahuiTidak diketahuiTidak diketahui
Mendukung koneksi seimbang Tidak diketahuiTidak diketahuiYaYaYaTidak diketahuiTidak tersediaTidak diketahuiTidak diketahuiTidak diketahui
Penyimpanan eksternal USB, microSD (1 slor)MicroSD (1 slot)USB, microSD (1 slot)Micro SD [SDXC] (2 slot)microSD (1 slot)USB, microSD (1 slot)Micro SD (1 slot)Tidak adaMicro SD (1 slot)Memori card (1 slot)
Daya tahan baterai± 32 jam± 15 jam > 12 jam± 16 jam± 15 jam± 43 jam± 21 jam± 12 jam± 10 jam± 14 jam
PengoperasianTouch screen dan tombolTouch screen, tombol, dan kenop volumeTouch screen, tombol, dan kenop volumeTouch screen dan tombolTouch screen, tombol, dan kenop volumeTouch screen dan tombolTouch screen, tombol, dan kenop volumeTombolTouch screen, tombol, dan kenop volumeTombol
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk untuk mendengarkan musik lainnya di sini

Mendengarkan musik memang dapat meningkatkan mood. Nah, untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mendengarkan musik, intip juga artikel kami yang lainnya. Kami telah memilih beberapa artikel rekomendasi player, speaker, hingga headphone dan earphone khusus untuk Anda. Yuk, cari tahu lebih banyak dengan membuka link di bawah ini!

Kesimpulan

Daya tarik musik beresolusi tinggi adalah audio berkualitas tinggi yang melebihi kualitas CD. Bagi Anda yang baru saja menggunakan MP3 player, Anda mungkin akan puas dengan level entri. Namun, jika Anda menginginkan pengalaman mendengarkan musik yang lebih baik, Anda akan lebih menyukai model high-end.


Bagaimana menurut Anda mengenai ulasan produk dan penjelasan tentang MP3 player dari kami? Silakan jadikan artikel ini sebagai acuan untuk menemukan MP3 player favorit Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Biola Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Biola Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021)
    Biola adalah alat musik gesek yang cenderung kurang diminati karena dipandang sulit untuk dikuasai. Apalagi, harganya juga cukup tinggi. Meski sulit dipelajari, Anda belum terlambat untuk mempelajarinya mulai sekarang! Dengan biola yang tepat untuk pemula, Anda bisa mulai berlatih dengan menyenangkan.Di pasaran, terdapat biola dengan berbagai ukuran dan rentang harga, seperti dari Cremona, Karl Höfner, Skylark, dan Makoa. Jika Anda bingung memilih, kami akan membantu Anda melalui artikel ini. Kami tidak hanya memberikan rekomendasi produk terbaik, tetapi juga cara memilih supaya Anda menemukan produk yang benar-benar pas.
    Musik
    70.004 Views
  • 10 Rekomendasi Senar Gitar Akustik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Senar Gitar Akustik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Senar berperan penting dalam hasil suara gitar akustik. Jenisnya pun beragam, ada yang berbahan phosphor bronze, 80/20 bronze, dengan ketebalan yang juga berbeda-beda. Bingung harus memilih yang mana?Pada artikel kali ini, kami akan memberitahukan Anda cara memilih senar untuk gitar akustik. Setelah itu, kami juga akan memperkenalkan kepada Anda rekomendasi produk terbaik seperti dari Martin, Elixir, dan D'Addario. Memilih senar yang tepat akan membuat pertunjukan Anda makin istimewa!
    Musik
    63.273 Views
  • 10 Rekomendasi Microphone Terbaik Tipe Dynamic (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Microphone Terbaik Tipe Dynamic (Terbaru Tahun 2021)
    Pernah mendengar tentang mikrofon dinamik? Tipe ini sering kita temukan di live house dan tempat karaoke. Mikrofon dinamik sudah banyak dijual oleh perusahaan yang berkecimpung di bidang audio, seperti SHURE, Audio-Technica, dan Sennheiser. Ada beragam spesifikasi yang diberikan sehingga Anda mungkin bingung untuk memilih.Kali ini, kami akan memberikan beberapa tips cara memilih mikrofon dinamik yang bagus untuk Anda. Dalam artikel ini terdapat juga komentar dari Dennis Novriandi yang merupakan seorang sound engineer. Kami juga mempunyai rekomendasi produk-produk dari merk terbaik. Ikuti tips dari kami untuk menemukan produk terbaik, ya!
    Musik
    30.026 Views
  • 10 Rekomendasi Gitar Akustik Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Gitar Akustik Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021)
    Gitar akustik lebih mudah digunakan oleh Anda yang baru belajar bermain gitar. Tentunya gitar pertama Anda akan berperan penting dalam proses pembelajaran sehingga Anda harus memilih yang tepat. Di pasaran, Anda akan menemukan gitar akustik merek ternama, seperti Yamaha, Fender, Ibanez, Cort, dan sebagainya.Dengan banyaknya variasi model, spesifikasi, dan harga, Anda bisa saja bingung saat hendak memilihnya. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan sepuluh rekomendasi gitar akustik terbaik untuk pemula. Dengan begitu, Anda bisa membeli produk yang tepat untuk dijadikan partner bermain musik Anda!
    Musik
    196.338 Views
  • 10 Rekomendasi Microphone Karaoke Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Microphone Karaoke Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Karaoke merupakan salah satu aktivitas menyenangkan yang dapat dilakukan untuk mengisi waktu luang. Bukan hanya  di tempat hiburan atau studio musik saja, kini Anda pun dapat karaoke di rumah. Agar suara Anda terdengar makin keras dan bagus, siapkanlah microphone karaoke.Melalui artikel ini, kami akan memberikan tips memilih microphone karaoke yang bagus dari berbagai merk. Kami juga akan memberikan rekomendasi microphone karaoke mulai dari tipe wireless, Bluetooth, kabel, dan tipe kids atau anak. Microphone karaoke buatan Behringer, Sennheiser, dan SHURE pun akan Anda temukan dalam artikel ini. Selamat membaca!
    Musik
    3.053 Views
  • 10 Rekomendasi Senar Gitar Klasik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Senar Gitar Klasik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Berbeda dengan senar akustik yang terbuat dari metal, senar pada gitar klasik memiliki karakter menghasilkan nada yang halus dan lembut. Genre musik yang cocok dimainkan dengan gitar klasik yang dapat menghasilkan musik asyik pun beragam, di antaranya bossa nova dan jazz.Senar gitar klasik tersedia dalam bermacam jenis sehingga mungkin sulit untuk mengetahui karakter senar dari kemasannya saja. Pada artikel ini kami akan membagikan tips cara memilih senar gitar klasik yang tepat, sekaligus merekomendasikan beberapa merek terbaiknya, seperti D’Addario, Augustine, dan Savarez. Check it out!
    Musik
    57.963 Views
  • 10 Rekomendasi Ukulele Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Ukulele Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sebagai alat musik, ukulele dikenal lebih mudah dimainkan dengan suaranya yang tak kalah merdu daripada gitar. Biasanya, para pemusik pemula menggunakan ukulele jenis sopran. Namun, bila Anda belajar di tingkat lanjutan, Anda bisa memilih jenis concert, tenor, atau bariton. Ukulele juga memiliki jenis yang beragam dan dibedakan berdasarkan material, jenis senar, hingga pegs-nya.Untuk membantu Anda, kini kami akan memperkenalkan cara memilih ukulele dengan mempertimbangkan jenis nada hingga material pembuatnya. Sebagai referensi, kami juga memberikan rekomendasi produk yang ada di pasaran seperti Grande, Cowboy, Fender, dan lainnya. Selamat membaca!
    Musik
    69.934 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori