1. TOP
  2. >
  3. Kebutuhan rumah tangga
  4. >
  5. Kebutuhan rumah
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Kursi Kantor Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Kursi Kantor Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Kursi Kantor Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Kursi Kantor Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Kursi Kantor Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Kursi Kantor Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Kursi Kantor Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Kursi kantor tak hanya digunakan saat bekerja di kantor, tetapi juga saat bekerja di rumah. Ada beragam kursi kantor ergonomis yang dijual di pasaran dengan harga, bahan, dan fitur tambahan yang berbeda. Begitu banyaknya pilihan merek kursi kantor yang bagus pasti membuat Anda bingung, bukan?


Karena itu, kali ini kami akan memperkenalkan beberapa poin yang perlu diperhatikan saat membeli kursi kantor. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk dari berbagai produsen terkenal, seperti IKEA, Pira, dan juga Informa. Simak artikel ini baik-baik agar bisa menemukan produk yang cocok menemani Anda bekerja.

Diperbaharui 06-13-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih kursi kantor

Sebelum mulai memilih kursi kantor, Anda perlu mengetahui beberapa poin penting. Simak penjelasan kami berikut ini!

① Sesuaikan tinggi sandaran dengan tempat dan lama pemakaian

Secara umum sandaran kursi dibagi menjadi dua jenis berdasarkan tingginya, yaitu sandaran tinggi dan sandaran rendah. Tiap jenisnya memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda. 


Saat memilih sandaran kursi, Anda perlu menyesuaikannya dengan besar ruang, bujet yang tersedia, dan lama pemakaian. Ada beberapa poin memilih yang perlu Anda perhatikan tentang tinggi sandaran, yakni sebagai berikut.


  • Jika Anda menggunakan kursi untuk bekerja dengan waktu yang lama, pilihlah kursi dengan sandaran tinggi. Kursi dengan sandaran tinggi lebih nyaman digunakan dan membuat tubuh terasa ringan. Meskipun harganya cenderung tinggi, kursi macam ini pas bagi Anda yang menginginkan rasa nyaman.

  • Kursi dengan sandaran rendah cocok Anda gunakan di ruang kerja minimalis yang jarak setiap orangnya terbatas. Kehadiran kursi ini akan membuat ruangan terasa lebih lega. Meski tak senyaman kursi sandaran tinggi, tetapi produk ini memiliki harga lebih murah.

② Pilih berdasarkan tipenya

Kursi kantor memiliki banyak jenis dan tipe yang berbeda. Kami akan memperkenalkan tiga tipe kursi kantor satu per satu kepada Anda. Simaklah baik-baik penjelasan kami.

Kursi ergonomis, untuk bekerja dalam waktu lama

Kursi ergonomis, untuk bekerja dalam waktu lama

Jika Anda sering duduk seharian untuk bekerja, baik di kantor atau di rumah, kursi ergonomis sangat direkomendasikan. Kursi ini dibuat berdasarkan ergonomi tubuh manusia. Bagian belakang kursi dilengkapi bantalan punggung yang membuat Anda tidak mudah pegal meski duduk lama. 


Anda bisa duduk dengan posisi alami saat menggunakan kursi ini sehingga mengurangi bahu kaku dan sakit pinggang. Kursi ini cocok sekali untuk Anda yang sering mengalami sakit pinggang dan rasa pegal. Selain itu, penggunaan kursi kantor yang tepat memiliki pengaruh yang besar terhadap tubuh Anda. Periksalah poin ini baik-baik jika Anda menghabiskan waktu yang lama saat bekerja.

Kursi putar, harganya lebih ekonomis

Kursi putar, harganya lebih ekonomis

Jika Anda ingin menekan anggaran belanja, kursi putar bisa Anda pilih untuk kebutuhan kantor. Produk ini memiliki harga paling murah di antara kursi kantor lain. Warna, bahan, dan ukuran produk ini pun beragam, Anda bebas memilihnya. Kursi dengan desain simpel ini bisa Anda dapatkan dengan harga mulai dari 400 ribu rupiah. 


Akan tetapi, harga terjangkau membuat banyak produk memiliki tingkat kenyamanan duduk yang buruk. Jika kursi akan dipakai dalam waktu lama, pilihlah produk yang dilengkapi sandaran lengan dan bantalan punggung. Meskipun harganya agak tinggi, kursi ini tidak akan membuat penggunanya mudah pegal saat duduk terlalu lama.

Kursi eksekutif, tampilannya mewah pas untuk direktur

Kursi eksekutif, tampilannya mewah pas untuk direktur

Kursi eksekutif cocok untuk Anda yang tak hanya memperhatikan kenyamanan, tetapi juga tampilan yang menarik. Kelebihan produk ini ada pada desainnya yang kokoh sehingga sering disebut "kursi bos". Kebanyakan produk ini menggunakan kulit asli berkualitas tinggi sebagai bahan bakunya. Ruang kerja atau kamar Anda akan terasa lebih mewah dengan meletakkan kursi ini. 


Selain itu, tempat duduk yang lebih luas mampu membuat Anda rileks. Kursi yang nyaman digunakan layaknya sofa menjadi daya tarik tersendiri dari produk ini. Namun, produk ini memiliki ukuran yang cukup besar dan harga yang lebih tinggi, perawatannya pun cukup merepotkan. Jadi, sebaiknya Anda beli produk ini satu atau dua saja untuk kebutuhan kantor.

③ Perhatikan bahan pelapis kursi untuk kenyamanan saat duduk

Kenyamanan kursi kantor dipengaruhi oleh bahan yang digunakan. Tiap bahan yang digunakan memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda. Jadi pastikan memilih kursi dengan bahan yang sesuai kebutuhan Anda, ya.

Kain, tidak terlalu keras dan tidak terlalu lembut

Kain, tidak terlalu keras dan tidak terlalu lembut

Bila Anda menyukai tekstur kursi yang tak terlalu kaku dan tak terlalu lembut, pilihlah produk berbahan kain. Kursi kantor berbahan kain adalah produk yang paling umum ditemui di pasaran. Varian dan warna kursi dengan bahan kain beragam, harganya pun lebih ekonomis. Hal tersebut membuat produk ini cocok untuk Anda yang membutuhkan kursi kantor dalam jumlah banyak.


Hanya saja, tiap kain yang digunakan memiliki tekstur dan kelembutan yang berbeda. Jadi, Anda perlu memperhatikan jenis kain yang digunakan. Namun, kain adalah bahan yang mudah mentransfer warna sehingga akan sulit menghilangkan noda dari tumpahan minuman. Bila Anda khawatir, pilihlah produk dengan warna gelap atau pertimbangkan memilih bahan lain.

Mesh, tidak mudah lembap dan nyaman

Mesh, tidak mudah lembap dan nyaman

Jika ingin mengurangi rasa lengket yang disebabkan keringat dan lembap, kursi dengan bahan mesh adalah pilihan terbaik. Kursi berbahan mesh memiliki rongga-rongga yang breathable sehingga tak membuat penggunanya gerah meski cuaca panas. Tekstur bahan mesh terasa pas dan kokoh untuk punggung sehingga nyaman digunakan untuk bersandar.


Beberapa produk memiliki kualitas rendah dan tak dilengkapi bantalan punggung sehingga tidak cocok dipakai untuk bersandar. Lebih baik hindari produk seperti itu, pastikan kursi dilengkapi bantalan dan memiliki kualitas baik. 

Kulit, kuat dan tidak mudah kotor sehingga awet digunakan

Kulit, kuat dan tidak mudah kotor sehingga awet digunakan

Jika Anda menginginkan produk yang awet untuk jangka lama, kursi berbahan kulit bisa jadi pilihan. Di antara jenis kulit, banyak produk yang menggunakan PU leather dan PVC. Kedua bahan ini memiliki kelebihan, yakni antikotor dan antiaus. Bila tak sengaja menumpahkan sesuatu di atas kursi, Anda bisa langsung mengelapnya. Produk yang mudah dirawat, bukan?


Kemudian, ada pula kursi yang berbahan kulit asli dan juga cocok digunakan dalam jangka waktu lama. Produk berbahan kulit asli membutuhkan perawatan yang rutin dan teksturnya bisa berubah mengeras atau melembut sesuai suhu udara.


Lalu, kursi dengan bahan kulit sintetis dan kulit asli memiliki harga lebih tinggi dibanding bahan lainnya. Terutama kursi berbahan kulit asli, harganya bisa jadi sangat tinggi. Jadi, pikirkan kembali sebelum membelinya. 

④ Periksa fungsi lain yang menunjang kenyamanan

Poin terakhir dalam memilih adalah fungsi tambahan kursi yang membuatnya makin praktis. Saat Anda masih bingung memilih, poin ini bisa jadi penentu produk mana yang akan dipilih.

Dilengkapi fungsi yang mampu menopang tubuh saat condong ke depan

Dilengkapi fungsi yang mampu menopang tubuh saat condong ke depan

Terkadang Anda mencondongkan tubuh ke depan saat mencatat sesuatu di PC atau tablet. Karena itu, pilihlah kursi yang mampu menunjang tubuh saat condong ke depan. Kursi kantor akan menopang berat tubuh Anda ke sisi belakang kursi. Karena itu, saat Anda mencondongkan tubuh ke depan, punggung akan menjauh dari sandaran. Hal itu membuat tubuh terasa lebih mudah pegal.


Kursi yang mampu menopang tubuh saat ke depan biasanya memiliki fungsi forward reclining atau forward tilting. Dengan fungsi tersebut, sandaran punggung dan dudukan kursi bisa dicondongkan ke depan. Jika Anda sering mengalami sakit punggung atau bahu kaku saat condong ke depan, poin ini harus Anda perhatikan.

Kursi yang dilengkapi pengatur ketinggian, tipe tuas sangat direkomendasikan!

Kursi yang dilengkapi pengatur ketinggian, tipe tuas sangat direkomendasikan!

Untuk mendapatkan rasa nyaman, ketinggian kursi harus disesuaikan dengan tinggi tubuh penggunanya. Karena itu, Anda harus memilih kursi yang dilengkapi pengatur ketinggian agar bisa duduk nyaman. Bekerja pun terasa lebih mudah dengan ketinggian kursi yang tepat. Saat ingin beristirahat, Anda bisa mengatur ketinggian kursi dan duduk dengan posisi paling nyaman.


Ada dua jenis pengatur ketinggian kursi, yaitu tuas dan sekrup. Dengan tuas pengatur, Anda bisa mengatur level ketinggian kursi dalam posisi duduk. Kebanyakan kursi kantor yang dijual sudah dilengkapi pengatur ketinggian dengan jenis tuas agar lebih praktis.

Fungsi tilt locking, jika ingin bersantai di meja kerja

Fungsi tilt locking, jika ingin bersantai di meja kerja

Saat ingin beristirahat di sela-sela pekerjaan, kursi dengan fungsi tilt locking sangat pas dijadikan pilihan. Ada tiga tipe kursi dengan tilt locking, berikut penjelasannya.


  • Tipe pertama adalah locking pada sandaran yang memungkinkan hanya sandarannya saja yang bergerak. Jika Anda tak membutuhkan waktu istirahat lama, kursi dengan tilt locking ini bisa dipilih.

  • Kedua, locking pada sandaran dan dudukan sehingga dua bagian tersebut bisa bergerak bersama-sama. Tipe kursi ini cocok Anda gunakan untuk bersantai sembari membaca buku atau menonton video.

  • Tipe terakhir adalah synchro locking yang membuat sandaran dan dudukan kursi bisa bergerak sendiri-sendiri. Tipe kursi ini mampu menyesuaikan keinginan dan kenyamanan penggunanya sehingga cocok sekali digunakan untuk bersantai. Akan tetapi, kursi dengan fungsi ini kebanyakan memiliki harga yang tinggi. Jadi, pertimbangkanlah bujet yang dimiliki sebelum memilih.

Pertimbangkan fungsi penunjang beristirahat

Pertimbangkan fungsi penunjang beristirahat

Bila memiliki jam kerja yang panjang, pilihlah produk yang bisa mengistirahatkan tubuh. Misalnya saja, sandaran lengan, pijakan kaki, dan juga sandaran kepala. Dari berbagai contoh tersebut, sandaran lengan adalah fungsi yang perlu dimiliki agar bisa bekerja lebih nyaman. Anda bisa memegang sandaran lengan saat hendak duduk atau menaruh lengan sejenak. 


Kemudian, Anda perlu memastikan jarak bawah meja dengan sandaran lengan dan pijakan kaki. Terkadang tinggi dan kedalaman meja tidak cocok dengan kursi sehingga Anda perlu memeriksanya dengan teliti. Jangan khawatir jika tak memiliki cukup ruang karena ada beberapa produk yang bisa dilipat atau dibongkar pasang. 

Lumbar support, bila Anda memiliki sakit punggung

Lumbar support, bila Anda memiliki sakit punggung


Bila Anda khawatir sakit pinggang, pilihlah kursi yang dilengkapi lumbar support. Lumbar support adalah bantalan pada kursi yang letaknya di area pinggang. Bantalan tersebut dibuat agar tubuh membentuk seperti huruf S saat duduk. Dengan begitu, Anda bisa duduk dengan postur tubuh yang baik dan dapat merenggangkan otot pinggang.


Kelebihan fungsi ini bisa membuat otot pinggang menjadi lebih rileks. Selain itu, fungsi ini juga mampu mengurangi pegal tubuh bagian atas saat terlalu lama duduk di kursi. Fungsi ini kebanyakan ada pada kursi dengan sandaran tinggi. Bagi Anda yang mudah sakit pinggang, pilihlah kursi yang dilengkapi lumbar support

10 Rekomendasi kursi kantor terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kursi kantor terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Pira

Rey VC

Pira Rey VC 1枚目

Fixed chair dengan lumbar support yang mampu atasi pegal

2

Offo Living

Kursi Kantor Tanpa Lengan

Offo Living Kursi Kantor Tanpa Lengan 1枚目

Cocok untuk ruang kantor ukuran minimalis

3

SAPPORO

Kursi Direktur LEEDS

SAPPORO Kursi Direktur LEEDS 1枚目

Tampilannya bikin ruang kantor jadi terasa lebih mewah

4

Pira

Yoda EC

Pira Yoda EC 1枚目

Lebih nyaman dan rileks dengan sandaran kepala yang tinggi

5

Officescale

Kursi Kantor Hadid Highback Chair

Officescale  Kursi Kantor Hadid Highback Chair 1枚目

Kursi kantor dengan sandaran kepala dan punggung yang ergonomis

6

Avery

Kursi Kantor Jaring

Avery Kursi Kantor Jaring 1枚目

Tetap nyaman dan sejuk dengan sandaran kursi kantor berbahan mesh

7

Offo Living

Kursi Kantor Minimalis

Offo Living  Kursi Kantor Minimalis 1枚目

Kursi kantor desain unik, kerja serasa duduk di sofa

8

Informa

Mjolnir Kursi Kantor Sandaran Rendah

Informa Mjolnir Kursi Kantor Sandaran Rendah 1枚目

Tingkatkan produktivitas karyawan dengan kursi nyaman dari Informa

9

Ergosit

OR Seat Kursi Kantor (Tanpa Sandaran Lengan)

Ergosit OR Seat Kursi Kantor (Tanpa Sandaran Lengan)  1枚目

Pergerakan lebih fleksibel karena tanpa sandaran lengan

10

IKEA

FLINTAN

IKEA FLINTAN 1枚目

Dudukan kursi lebih stabil berkat kerangka dari kayu veneer

Perincian produk
Close
No.1

Fixed chair dengan lumbar support yang mampu atasi pegal

Siapa bilang kursi kantor tipe hadap tidak nyaman untuk digunakan? Anda akan tetap nyaman bekerja dengan duduk di kursi hadap kok. Apalagi, jika Anda menggunakan kursi hadap dari Pira yang dilengkapi dengan lumbar support.


Fungsi ini berguna untuk membantu Anda mengatasi rasa pegal dan lelah. Kursi kantor ini dibuat dengan material berkualitas sehingga awet. Anda juga bisa memilih warna kursi yang sesuai dengan interior ruang kantor Anda. Tertarik untuk memilikinya?

No.2

Offo LivingKursi Kantor Tanpa LenganKK-01

Mulai dari Rp590.000,00

Cocok untuk ruang kantor ukuran minimalis

Ruang kantor Anda memiliki ukuran minimalis? Jika ya, kursi kantor dari Offo Living ini cocok untuk Anda. Kursi kantor ini memiliki desain minimalis dengan sandaran yang memiliki lumbar support sehingga dapat membuat Anda lebih rileks.


Meski desainnya minimalis, Anda tetap akan merasa nyaman karena kursi ini juga memiliki tuas pengatur ketinggian. Menariknya lagi, harga kursi ini cukup terjangkau. Rugi rasanya jika Anda tak memilih produk ini untuk di ruang kantor Anda yang minimalis.

No.3

SAPPOROKursi Direktur LEEDS

Mulai dari Rp1.861.000,00

Tampilannya bikin ruang kantor jadi terasa lebih mewah

Tampilan produk yang mewah mampu memanjakan siapa pun yang melihatnya. Kursi kantor direktur dari SAPPORO ini hadir dengan desain mewah dan apik. Produk ini terbuat dari kain oscar yang mampu memberikan kenyamanan duduk untuk pemakainya.


Selain tampilannya yang mewah, Anda juga akan dimanjakan dengan sandaran yang dapat diatur posisinya. Produk ini juga dilengkapi dengan sandaran kaki yang dapat dikeluarkan sehingga dapat menambah kenyamanan Anda. Dengan kursi ini, tentu Anda dapat bekerja dengan nyaman, bukan? 

No.4

Lebih nyaman dan rileks dengan sandaran kepala yang tinggi

Anda memiliki banyak pekerjaan yang menumpuk dan harus segera diselesaikan? Tenang saja, kami akan merekomendasikan kursi kantor dari Pira. Kursi kantor eksekutif ini memiliki sandaran kepala yang dapat digunakan untuk bersantai sejenak sembari menikmati kopi.


Selain itu, ketinggian kursi ini juga bebas diatur sesuai keinginan dan kenyamanan. Kursi ini makin sempurna dengan tambahan tatakan tangan yang ergonomis. Desainnya akan memberikan kenyamanan untuk pemakainya. Anda yang ingin mendapatkan rasa nyaman saat duduk bekerja, pilihlah kursi ini.

No.5

Officescale Kursi Kantor Hadid Highback Chair

Mulai dari Rp2.450.000,00

Kursi kantor dengan sandaran kepala dan punggung yang ergonomis

Terkadang, kepala dan punggung terasa pegal saat bekerja seharian. Inilah saatnya Anda mulai mengganti kursi kantor dengan sandaran yang nyaman. Nah, untuk menghindari rasa pegal di kepala dan punggung, Anda bisa memilih kursi kantor dari Officescale ini.


Desain sandaran punggungnya ergonomis dengan bahan mesh sehingga mampu menopang tubuh pemakainya. Tidak hanya itu, terdapat sandaran tangan dengan bahan PU yang nyaman dan lembut. Anda pun juga dapat mengatur ketinggian kursi sesuai keinginan dan kenyamanan.

No.6

AveryKursi Kantor JaringOMC006

Mulai dari Rp414.000,00

Tetap nyaman dan sejuk dengan sandaran kursi kantor berbahan mesh

Kelebihan kursi kantor berbahan mesh, yakni pada jaring-jaring kecil yang dapat membuat sirkulasi udara lancar. Dengan sirkulasi udara yang lancar, tentu kesejukan akan terjaga. Anda pun tak perlu khawatir kepanasan meski harus bekerja tanpa AC. Kursi ini juga memiliki sandaran yang dapat Anda atur sendiri posisinya. Dengan begitu, Anda dapat bekerja dengan praktis dan nyaman.

No.7

Offo Living Kursi Kantor MinimalisKK-03

Mulai dari Rp1.380.000,00

Kursi kantor desain unik, kerja serasa duduk di sofa

Ingin menikmati kerja serasa duduk di sofa? Kami rekomendasikan kursi kantor dari Offo Living ini. Kursi ini memiliki desain yang unik, bisa dibilang serupa dengan sofa satu seater. Perbedaannya hanya pada kakinya saja, di mana kursi ini mengunakan kaki besi yang beroda. Dilengkapi dengan bantalan busa yang empuk, tentu Anda akan mendapatkan kenyamanan saat bekerja. 

No.8

InformaMjolnir Kursi Kantor Sandaran Rendah

Mulai dari Rp1.599.000,00

Tingkatkan produktivitas karyawan dengan kursi nyaman dari Informa

Sepertiga hari para karyawan dihabiskan di kantor untuk bekerja. Banyaknya waktu yang dihabiskan untuk bekerja, tentunya diperlukan kursi kantor yang nyaman. Nah, kami merekomendasikan kursi kantor Informa ini karena desainnya ergonomis sehingga nyaman digunakan.


Kelebihan lain dari kursi kerja ini terletak pada sandarannya. Kursi ini memiliki sandaran yang dapat menopang bagian belakang tubuh pemakainya. Dengan duduk di kursi ini, produktivitas Anda dapat meningkat. Anda pun bisa bekerja dengan nyaman dan rileks.

No.9

ErgositOR Seat Kursi Kantor (Tanpa Sandaran Lengan)

Mulai dari Rp600.000,00

Pergerakan lebih fleksibel karena tanpa sandaran lengan

Kursi kantor yang satu ini tidak memiliki sandaran lengan sehingga pergerakan Anda pun lebih luwes. Jika mobilitas Anda cukup tinggi sehingga duduk pun tidak bisa terlalu lama, kursi kantor Ergosit ini adalah solusinya. 


Meskipun ukurannya minimalis, tetapi kursi ini dilengkapi dengan sandaran dan dudukan punggung yang empuk. Tak lupa, kursi ini juga sudah dilengkapi dengan tuas pengatur ketinggian. 

No.10

Dudukan kursi lebih stabil berkat kerangka dari kayu veneer

IKEA identik dengan furniturnya yang awet dan berkualitas. Salah satunya yang akan kami rekomendasikan karena awet dan berkualitas adalah IKEA FLINTAN. Bagi Anda yang ingin memiliki kursi kantor ergonomis dengan dudukan stabil, produk IKEA ini bisa jadi pilihan.


Kursi kantor ini terbuat dari kayu veneer yang memiliki keunggulan, yakni sifatnya lebih stabil. Tidak hanya itu, daya tahan kerangka dengan kayu veneer juga lebih baik dibanding kayu alami lainnya. Dengan keunggulan kerangkanya, Anda tentu tidak akan melewatkan kursi kantor ini, bukan?

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer