1. TOP
  2. >
  3. Perawatan tubuh & kecantikan
  4. >
  5. Makeup mata
  6. >
  7. 10 Eyeliner Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
  • 10 Eyeliner Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Eyeliner Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Eyeliner Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Eyeliner Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Eyeliner Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Eyeliner Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)

Eyeliner adalah unsur penting dalam makeup untuk mengoreksi bentuk mata agar terlihat lebih tajam, tegas, bahkan besar. Berbagai tipe eyeliner tersedia di pasaran, seperti tipe cair, gel, atau pensil. Berbagai merek terbaik, seperti Wardah, Maybelline, Make Over, dan lainnya juga menghadirkan produk dengan kelebihannya masing-masing.

Pada artikel ini kami akan menjelaskan cara memilih sekaligus memperkenalkan rekomendasi produk eyeliner yang bagus untuk Anda. Baca juga tips tambahan serta cara menggunakan eyeliner untuk pemula dari makeup artist kami, Renata Aprianti. Silakan jadikan artikel ini sebagai referensi untuk memilih eyeliner terbaik!
Diperbaharui 12-11-2022
Pakar
Makeup artist
Renata Aprianti

Renata Aprianti merupakan seorang makeup artist dan beauty enthusiast yang aktif membagikan video review produk beauty. Selain itu, Renata juga senang membagikan tutorial makeup dan skincare di YouTube dan Instagram miliknya. Wanita yang suka menulis ini pernah menerbitkan tiga novel remaja dan telah berkecimpung di dunia blogger selama sepuluh tahun. Penulis dan penggemar dunia beauty ini fokus menjadi makeup artist (MUA) dan vlogger sejak 2017.

Profil Renata Aprianti
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Ella Fitria

Nur Laela Fitriyani, akrab dipanggil Ella Fitria, merupakan lulusan perguruan tinggi agama Islam. Setelah lulus kuliah, ia mengawali kariernya menjadi seorang guru sekaligus blogger. Hobi menulisnya membawa ia menjuarai beberapa blog competition yang diadakan oleh berbagai brand. Berbekal kesukaannya menulis, ia bergabung bersama mybest Indonesia pada pertengahan tahun 2021. Saat ini, ia fokus menjadi full-time writer di mybest Indonesia untuk menulis dan meriset produk-produk fashion wanita hingga perawatan tubuh dan kecantikan.

Profil Ella Fitria
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Pakar yang ada di artikel ini meninjau cara memilih dan tidak berkontribusi dalam pemilihan produk atau layanan yang ada di dalam artikel.Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih eyeliner

Sekarang kami akan menjelaskan cara memilih eyeliner agar Anda tidak lagi bimbang untuk menemukan produk yang tepat. Dengan memperhatikan poin-poin di bawah ini, temukanlah eyeliner yang cocok untuk Anda!

① Pilih tipe eyeliner sesuai dengan tampilan hasil akhir yang diinginkan

Hasil akhir eyeliner tentu saja berbeda sesuai dengan tipe produk yang Anda gunakan. Kali ini, kami akan menjelaskan tentang tipe eyeliner berdasarkan finishing-nya. Selengkapnya, cermati informasi berikut ini!

Tipe pensil: Memberikan hasil akhir yang natural dan bervolume

Tipe pensil: Memberikan hasil akhir yang natural dan bervolume
Eyeliner tipe pensil dibedakan menjadi dua macam, yaitu tipe pensil yang perlu diraut dan tipe pensil mekanik. Eyeliner tipe ini dapat mengisi celah di antara bulu mata dengan jelas dan mempertegas bentuk mata. Garis yang dihasilkannya pun mudah dibaurkan atau disamarkan.

Kami merekomendasikan tipe ini untuk Anda yang menyukai hasil akhir natural dan bervolume. Anda juga dapat mengoreksinya dengan cotton bud saat salah menggambar garis. Kemudahan penggunaannya membuatnya ideal bagi Anda yang pemula sekalipun.


Perlu diperhatikan bahwa tipe pensil umumnya memiliki ujung yang keras sehingga mungkin akan membuat garis sulit terbentuk. Solusinya, pilihlah eyeliner tipe pensil dengan ujung yang lembut. Ujung pensil yang lembut juga akan menghindarkan kulit mata dari gesekan yang berlebihan.

Renata Aprianti
Makeup artist
Renata Aprianti

Eyeliner merupakan produk makeup yang sangat penting untuk riasan karena eyeliner dapat memberi efek mata lebih hidup. Namun, salah memilih produk eyeliner justru bisa merusak tampilan secara keseluruhan.


Pilihlah eyeliner tipe pensil untuk hasil akhir yang natural dan bervolume. Namun, sebaiknya Anda memilih tipe pensil dengan hasil matte dan waterproof atau smudgeproof agar eyeliner tidak mudah luntur.

Tipe cair: Memberikan efek mata yang tajam dan tegas

Tipe cair: Memberikan efek mata yang tajam dan tegas
Eyeliner tipe cair akan memberikan efek mengilap dan mempertegas mata Anda. Ujungnya yang tipis membuat Anda mudah menggambar garis yang lebih tajam agar bagian ekor mata terkesan terangkat. Meskipun begitu, ada kemungkinan makeup akan terlihat terlalu tebal jika Anda belum terbiasa menggunakannya.

Berhati-hatilah bagi Anda yang belum mahir mengaplikasikan eyeliner. Selain lebih sulit digunakan dibandingkan tipe pensil, eyeliner cair lebih sulit dihapus bila ada kesalahan. Sebagai alternatif, ada produk tipe cair yang memiliki kuas terpisah dari kemasan eyeliner.


Selain itu, ada juga eyeliner cair yang terbuat dari bahan organik. Eyeliner cair berbahan organik cocok bagi Anda yang memiliki kulit mata sensitif atau rentan terhadap bahan kimia. Apa pun pilihan Anda, pastikan kuasnya lembut dan memiliki bodi kemasan yang nyaman digenggam. Dengan demikian, Anda akan lebih mudah saat mengaplikasikan eyeliner tersebut.

Renata Aprianti
Makeup artist
Renata Aprianti

Eyeliner cair memberikan efek riasan mata yang tajam dan tegas. Pilihlah aplikator eyeliner cair yang berujung runcing dan memiliki warna yang pekat agar mudah diaplikasikan oleh pemula.

Tipe gel: Memberikan efek glossy dan lebih mudah disamarkan

Tipe gel: Memberikan efek glossy dan lebih mudah disamarkan
Eyeliner tipe gel memiliki tingkat ketebalan yang sama seperti tipe cair. Ciri khas lainnya adalah tidak mudah luntur karena keringat maupun minyak wajah. Tipe ini cocok untuk Anda yang khawatir jika eyeliner yang dipakai cepat luntur atau tidak tahan lama. Teksturnya yang lembut mempermudah Anda membuat warna garis yang samar. Pigmentasi warnanya yang baik juga memberikan efek mengilap pada mata Anda.

Umumnya, tipe ini dilengkapi dengan aplikator berbentuk kuas, baik yang menyatu dengan kemasannya, maupun yang terpisah. Namun, ada juga eyeliner tipe gel dengan bentuk menyerupai pensil. Anda perlu berhati-hati saat mengaplikasikan tipe ini karena tingkat kesulitannya kurang lebih sama seperti saat mengaplikasikan eyeliner cair.

Renata Aprianti
Makeup artist
Renata Aprianti

Eyeliner gel memberikan efek glossy dan cocok untuk Anda yang ingin tampil lebih natural. Hal ini karena eyeliner tipe gel mudah disamarkan sehingga bisa membuat look yang tidak berlebihan.

Tipe krim: Memberikan pigmentasi tinggi dengan tekstur yang ringan

Tipe krim: Memberikan pigmentasi tinggi dengan tekstur yang ringan
Saat ini, eyeliner tipe krim mulai populer di pasaran. Eyeliner tipe krim memiliki karakteristik lebih tahan lama dibandingkan tipe cair maupun tipe pensil. Meskipun berbentuk seperti pensil, eyeliner ini memiliki ujung lembut yang memudahkan Anda untuk menggambar garis pada mata.

Namun, pigmentasinya yang tinggi membuat eyeliner ini sulit untuk dihapus atau disamarkan. Sedikit saja Anda menekan ujungnya, tipe ini sudah dapat menghasilkan garis yang tebal. Karena itu, tipe ini cocok untuk Anda yang sudah mahir menggunakan eyeliner. Bagi Anda yang merasa belum mahir, tetapi ingin mencoba tipe ini, pilihlah produk dengan ujung berdiameter kecil.

Renata Aprianti
Makeup artist
Renata Aprianti

Eyeliner krim memiliki pigmentasi tinggi dengan tekstur yang ringan. Eyeliner tipe ini dapat diaplikasikan menggunakan kuas khusus eyeliner. Dengan menggunakan produk ini, Anda dapat membuat garis yang lebih presisi dan pekat. Eyeliner krim juga tidak mudah pudar.

② Pertimbangkan eyeliner warna untuk kesan yang berbeda

Pertimbangkan eyeliner warna untuk kesan yang berbeda
Dengan mengubah warna eyeliner, Anda bisa memberikan kesan berbeda pada setiap penampilan Anda. Eyeliner berwarna cokelat dapat memberikan nuansa natural dan lembut pada mata. Sementara itu, eyeliner warna hitam memberikan kesan tegas pada mata Anda. 

Anda juga bisa memilih eyeliner dengan warna mencolok seperti warna pink atau orange untuk kesan yang ceria. Selain itu, eyeliner berwarna biru dongker dan merah kecokelatan cocok untuk Anda yang ingin menampilkan kesan dewasa. Karena setiap warna eyeliner dapat menampilkan kesan yang berbeda-beda, sebaiknya pilihlah warna yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Renata Aprianti
Makeup artist
Renata Aprianti

Eyeliner dapat digunakan dalam berbagai jenis acara. Pilih warna hitam atau cokelat untuk tampilan sehari-hari yang lebih natural. Namun, eyeliner berwarna juga dapat menjadi pilihan, lho! Gunakanlah eyeliner berwarna, seperti biru, merah, hijau, atau silver untuk memberikan kesan berbeda.

③ Periksa daya tahan eyeliner

Daya tahan eyeliner juga merupakan salah satu poin penting yang harus Anda perhatikan. Ada dua tipe eyeliner berdasarkan daya tahannya, yaitu waterproof dan smudgeproof. Mari simak ulasan berikut sebelum Anda membeli eyeliner favorit.

Waterproof: Untuk Anda yang mudah berkeringat di area mata

Waterproof: Untuk Anda yang mudah berkeringat di area mata
Bagi Anda yang mudah berkeringat, kami sarankan untuk menggunakan eyeliner tipe waterproof. Daya tahannya yang tinggi terhadap air ini juga cocok bagi Anda yang menyukai olahraga renang. Anda bisa menggunakan cleansing atau air hangat untuk membersihkan tipe waterproof ini.

Meski bisa dibersihkan dengan air hangat, eyeliner ini tidak mudah luntur. Eyeliner ini tahan terhadap air bersuhu ruangan, mata yang mudah berair, atau keringat. Kami menyarankan Anda untuk membersihkannya dengan remover khusus eyeliner. Hindari juga membersihkan dengan menggosok terlalu keras untuk menghindari pigmentasi yang sulit dihilangkan.

Renata Aprianti
Makeup artist
Renata Aprianti

Penggunaan eyeliner juga harus memperhatikan jenis kulit, ya. Jika salah memilih, eyeliner malah bisa merusak tampilan. Eyeliner waterproof cocok digunakan Anda yang memiliki kulit mudah berkeringat, terutama di area mata. Tipe eyeliner waterproof juga cocok digunakan saat Anda ingin berolahraga ataupun berenang.

Smudgeproof: Untuk Anda yang memiliki area kelopak mata cenderung berminyak

Smudgeproof: Untuk Anda yang memiliki area kelopak mata cenderung berminyak
Untuk Anda yang memiliki area sekitar kelopak mata cenderung berminyak, eyeliner tipe smudgeproof tepat menjadi pilihan. Selain itu, eyeliner ini bisa dihapus dengan air hangat dan tidak akan mengiritasi mata. Jadi, eyeliner tipe smudgeproof merupakan pilihan tepat untuk Anda yang berkulit sensitif.

Namun, tipe ini kurang disarankan bagi Anda yang memiliki mata yang mudah berair atau berkeringat. Tidak perlu khawatir jika Anda juga memiliki mata yang mudah berair serta area mata yang mudah berminyak. Sekarang ini sudah ada produk eyeliner yang waterproof sekaligus smudgeproof sehingga lebih praktis.

Renata Aprianti
Makeup artist
Renata Aprianti

Nah, untuk Anda yang kulitnya sangat berminyak, bahkan di area kelopak mata, eyeliner tipe smudgeproof bisa menjadi penyelamat riasan. Hal ini karena produk ini dapat bertahan pada kondisi kelopak mata yang berminyak. Untuk pemilik mata sensitif yang mudah berair dan memiliki kelopak mata kecil, tipe ini juga dapat dijadikan pilihan.

④ Pastikan eyeliner mudah dibersihkan

Pastikan eyeliner mudah dibersihkan

Area sekitar mata adalah area dengan kulit paling tipis pada wajah. Area ini sensitif bahkan dengan pemicu sekecil apa pun. Eyeliner yang memerlukan gosokan kuat saat dibersihkan akan melukai mata dan kulit Anda. Karena itu, kemudahan untuk dihapus juga menjadi poin penting saat memilih eyeliner.


Akhir-akhir ini, terdapat eyeliner yang dapat dibersihkan hanya dengan air hangat. Selain baik untuk kulit, eyeliner seperti ini akan mempersingkat waktu Anda membersihkan makeup. Walaupun begitu, Anda tidak usah khawatir karena eyeliner tipe ini juga ada yang waterproof dan smudgeproof, kok!

Renata Aprianti
Makeup artist
Renata Aprianti

Meskipun formula eyeliner adalah waterproof dan smudgeproof, pastikan eyeliner juga mudah dibersihkan. Berhati-hatilah saat membersihkannya agar mata tidak menjadi iritasi. Selain menggunakan pembersih khusus mata, saat ini juga tersedia eyeliner yang dapat dibersihkan hanya dengan menggunakan air hangat.

10 Rekomendasi eyeliner terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk eyeliner terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Renata Aprianti.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Maybelline

Line Tattoo High Impact Liner

Maybelline Line Tattoo High Impact Liner 1枚目

Tahan lama hingga 36 jam!

2

Wardah

Staylast Liquid Eyeliner

Wardah Staylast Liquid Eyeliner 1枚目

Cepat kering dengan hasil akhir glossy

3

Make Over

Eye Liner Pencil

Make Over Eye Liner Pencil 1枚目

Tekstur pencil lead yang lembut hadirkan dua fungsi berbeda

4

O.TWO.O

Stamp Eyeliner with Sponge Head Big Eyeliner

O.TWO.O Stamp Eyeliner with Sponge Head Big Eyeliner 1枚目

Bantu Anda membentuk winged liner dan cat eyes yang sempurna

5

Sister Ann

Perfect Slim Eye Pencil

Sister Ann Perfect Slim Eye Pencil 1枚目

Tidak mudah terhapus oleh air mata, bahkan sebum!

6

Emina Cosmetics

Eye Do! Pencil Liner

Emina Cosmetics Eye Do! Pencil Liner 1枚目

Menghasilkan riasan mata yang natural dengan harga terjangkau

7

Silkygirl

Double Intense Gel Eyeliner

Silkygirl Double Intense Gel Eyeliner                       1枚目

Hadirkan warna intens untuk mempertegas garis di sekeliling mata

8

Viva Cosmetics

Perfect Shape Pencil Matic Eye Liner

Viva Cosmetics Perfect Shape Pencil Matic Eye Liner 1枚目

Mengandung vitamin C dan E untuk kesehatan kulit area mata

9

Inez Cosmetics

Eyeliner Pencil

Inez Cosmetics Eyeliner Pencil 1枚目

Mempermudah para pemula saat membingkai mata

10

Saniye

M208 2 in 1 Brown Black Waterproof Eyeliner Gel with Brush Gel

Saniye M208 2 in 1 Brown Black Waterproof Eyeliner Gel with Brush Gel 1枚目

Tampilkan warna bold dengan dua warna dalam satu kemasan

Perincian produk
Close
No.1

MaybellineLine Tattoo High Impact Liner

Mulai dari Rp79.000,00

Tahan lama hingga 36 jam!

Kelebihan:

  • Aplikator nylon felt tip-nya memberikan hasil merata
  • Menawarkan daya tahan hingga 36 jam

Kekurangan:

  • Perlu menunggu beberapa menit agar eyeliner kering sempurna setelah diaplikasikan

Butuh eyeliner yang memiliki daya tahan tinggi dan lama? Produk yang diklaim dapat bertahan 36 jam ini tentu adalah pilihan yang tepat! Tidak hanya itu, aplikator nylon felt tip yang lembut dan bentuknya yang meruncing akan memudahkan Anda dalam menggambar garis mata. Pigmentasi tinggi yang ditawarkan juga pas untuk menambahkan kesan tegas pada mata Anda.

No.2

WardahStaylast Liquid Eyeliner

Mulai dari Rp42.000,00

Cepat kering dengan hasil akhir glossy

Kelebihan:

  • Menghasilkan riasan mata glossy tanpa kesan berlebihan
  • Mudah dibersihkan menggunakan makeup remover
  • Cepat kering setelah diaplikasikan

Kekurangan:

  • Menurut beberapa pengguna, daya tahan produk kurang baik karena sedikit luntur bila terkena air
  • Hasil akan tampak crack jika diaplikasikan beberapa layer

Produk ini dilengkapi dengan aplikator khusus yang lembut, tetapi kukuh. Jadi, Anda bisa menghasilkan garis di area mata yang lebih presisi. Selain itu, eyeliner ini juga memiliki keunggulan lain, yaitu cepat kering setelah diaplikasikan. Dengan begitu, Anda bisa mempersingkat waktu berias. Apabila Anda membutuhkan eyeliner yang cepat kering dengan glossy finish, produk buatan Wardah ini patut dipertimbangkan.

No.3

Make OverEye Liner Pencil

Mulai dari Rp88.000,00

Tekstur pencil lead yang lembut hadirkan dua fungsi berbeda

Kelebihan:
  • Dapat digunakan sebagai eyeliner sekaligus eyeshadow base
  • Pencil lead-nya lembut seperti beludru sehingga tidak mengiritasi mata
  • Tersedia dalam sebelas pilihan warna

Kekurangan:

  • Menurut beberapa pengguna, produk sedikit sulit dibersihkan meski sudah menggunakan micellar water

Terkadang para wanita khawatir menggunakan pencil eyeliner karena takut terjadi iritasi pada mata. Namun, produk dari Make Over ini hadir dengan pencil lead yang lembut sehingga aman digunakan. Eyeliner ini juga mampu bertahan lama tanpa membuat garis mata creasing atau retak.


Banyaknya varian warna akan membuat Anda tidak mudah bosan dengan variasi riasan mata Anda. Selain itu, eyeliner ini bisa digunakan sebagai eyeshadow base karena teksturnya yang begitu mudah dibaurkan. Produk ini cocok untuk Anda yang ingin mendapatkan dua fungsi dalam satu produk.
No.4

O.TWO.OStamp Eyeliner with Sponge Head Big Eyeliner

Mulai dari Rp85.000,00

Bantu Anda membentuk winged liner dan cat eyes yang sempurna

Kelebihan:

  • Memiliki dua ujung aplikator yang berbeda, yakni model stamp wing dan spidol
  • Mudah digunakan untuk mendapatkan tampilan cat eyes

Kekurangan:

  • Menurut beberapa pengguna, daya tahan produk kurang baik dan cenderung mudah luntur

Eyeliner dari O.TWO.O ini didesain dengan dua ujung aplikator yang berbeda, yaitu stamp wing dan spidol. Dengan begitu, Anda akan dimudahkan saat membentuk winged liner


Anda bisa membuat efek wing dengan cepat dan presisi hanya dengan menempelkan aplikator stamp. Selanjutnya, gunakan aplikator spidol untuk mengisi bagian sudut hingga bagian tengah garis mata. Jika Anda menyukai riasan mata cat eyes dengan hasil akhir yang memukau, jatuhkan pilihan pada produk ini.

No.5

Sister AnnPerfect Slim Eye Pencil

Mulai dari Rp141.500,00

Tidak mudah terhapus oleh air mata, bahkan sebum!

Kelebihan:

  • Diformulasikan multiproof (waterproof, smudgeproof, dan oilproof) 
  • Aplikatornya berukuran 2 mm sehingga lebih akurat untuk membuat garis

Kekurangan:

  • Menurut beberapa pengguna, tekstur produk terlalu lembut sehingga rentan patah saat diaplikasikan

Eyeliner ini memiliki formula yang multiproof. Formula tersebut akan menjaga riasan mata Anda tetap indah meski terkena air dan sebum wajah. Karena itu, produk ini cocok untuk Anda yang menginginkan riasan mata tetap awet tanpa khawatir luntur oleh minyak sekalipun. Dengan aplikator berukuran 2 mm, Anda dapat membuat riasan mata yang lebih detail. Dapatkan hasil yang optimal dengan sekali goresan!

No.6

Emina CosmeticsEye Do! Pencil Liner

Mulai dari Rp39.000,00

Menghasilkan riasan mata yang natural dengan harga terjangkau

Kelebihan:

  • Harganya cukup terjangkau dibandingkan produk lain

Kekurangan:

  • Menurut beberapa pengguna, daya tahan produk kurang baik karena bisa luntur setelah beberapa jam

Bagi Anda yang mencari eyeliner dengan hasil natural untuk digunakan sehari-hari, cobalah produk ini. Eye Do! Pencil Liner berbentuk pensil yang mudah diaplikasikan oleh siapa pun, bahkan remaja. Meskipun harganya cukup terjangkau, eyeliner ini dilengkapi dengan formula tahan air. Dua pilihan warna yang tersedia juga pas untuk menemani aktivitas Anda setiap hari.

No.7

SilkygirlDouble Intense Gel Eyeliner

Mulai dari Rp59.500,00

Hadirkan warna intens untuk mempertegas garis di sekeliling mata

Kelebihan:
  • Diformulasikan dengan teknologi Silicone Polymer untuk hasil akhir hitam matte yang pekat maksimal dan tahan lama
  • Kemasannya praktis dengan kuas yang tersedia di dalam

Kekurangan:

  • Beberapa pengguna mengeluhkan produk mudah kering jika kemasan tidak tertutup rapat

Memiliki pigmentasi yang baik dan warna hitam pekat, produk ini akan mempertegas garis bagian atas dan bawah mata Anda. Terlebih lagi, teknologi Silicone Polymer-nya mampu menghasilkan efek dramatis pada mata Anda. Eyeliner ini tidak mudah luntur dan tahan digunakan selama berjam-jam.


Anda tidak perlu khawatir kuas aplikator akan ditempeli gumpalan eyeliner karena kuasnya berada dalam wadah terpisah. Produk ini juga bebas dari pewangi tambahan. Bagi Anda yang menginginkan riasan mata menyeluruh yang berkesan tegas, pilih saja produk ini!
No.8

Viva CosmeticsPerfect Shape Pencil Matic Eye Liner

Mulai dari Rp44.250,00

Mengandung vitamin C dan E untuk kesehatan kulit area mata

Kelebihan:

  • Diformulasikan dengan kandungan vitamin C dan vitamin E untuk membantu menutrisi kulit area mata
  • Didesain dengan kemasan retractable sehingga lebih modern tanpa perlu diraut

Kekurangan:

  • Menurut beberapa review, produk mudah patah jika dikeluarkan terlalu panjang

Produk dari Viva Cosmetics ini memiliki tiga pilihan warna, yakni hitam, putih, dan biru. Menggambar garis pun lebih mudah dengan pigmentasinya yang tinggi dan tekstur yang creamy. Produk ini juga smudgeproof serta diformulasikan dengan vitamin C dan vitamin E. 


Kemasannya yang retractable mempermudah Anda untuk menggunakan produk ini karena tidak perlu meraut ujungnya. Eyeliner ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang sedang mencari eyeliner pensil praktis tanpa perlu diraut.

No.9

Inez CosmeticsEyeliner Pencil

Mulai dari Rp50.000,00

Mempermudah para pemula saat membingkai mata

Kelebihan:

  • Mengandung tocopherol yang dapat membantu melembapkan dan meningkatkan elastisitas kulit
  • Cocok digunakan oleh pemula karena mudah diaplikasikan tanpa khawatir hasilnya berantakan

Kekurangan:

  • Menurut beberapa pengguna, produk mudah patah saat diraut

Salah satu kelebihan produk ini adalah mengandung tocopherol yang membantu melembapkan dan meningkatkan elastisitas kulit. Selain menutrisi kulit, produk ini cocok untuk Anda yang baru belajar menggunakan eyeliner.


Anda cukup menggoreskan ujung pensil eyeliner tanpa perlu khawatir hasilnya akan berantakan. Eyeliner ini hadir dalam empat pilihan warna yang bisa disesuaikan dengan tampilan makeup yang Anda inginkan.

No.10

SaniyeM208 2 in 1 Brown Black Waterproof Eyeliner Gel with Brush Gel

Mulai dari Rp72.000,00

Tampilkan warna bold dengan dua warna dalam satu kemasan

Kelebihan:

  • Memiliki dua warna dalam satu kemasan
  • Menurut beberapa review, produk terasa lembut saat diaplikasikan

Kekurangan:

  • Produk kurang cocok untuk pemula karena bertekstur gel dan aplikatornya berbentuk kuas

Produk dari Saniye ini memiliki tekstur yang ringan dan lembut. Cukup dengan sekali pulas, Anda bisa mendapatkan hasil warna yang tebal dan tegas. Dalam satu produk, eyeliner ini dilengkapi dengan dua warna, yakni hitam dan cokelat.


Desain kuas yang berpresisi baik juga memudahkan Anda dalam menggambar garis mata tanpa cacat. Anda juga bisa bereksperimen dengan garis mata yang berani menggunakan eyeliner ini. Produk ini cocok untuk Anda yang membutuhkan eyeliner dua warna dalam satu kemasan untuk hasil yang tebal.

Tips membuat garis mata dengan eyeliner

Eyeliner sebenarnya cukup sulit digunakan untuk membuat garis pada mata dengan indah dan menawan. Karena itu, simak tips mudah menggambar garis mata dengan rapi di bawah ini, yuk!

Jaga keseimbangan tangan saat menggunakan tipe cair

Jaga keseimbangan tangan saat menggunakan tipe cair

Eyeliner cair memiliki ujung kuas yang halus dan tipis. Jika Anda belum terbiasa menggunakannya, terkadang hasilnya tidak rata atau tidak rapi. Agar dapat membuat garis yang cantik, letakkanlah sisi jari Anda di pipi untuk menyeimbangkan tangan.


Selain itu, gambarlah garis yang tidak terlalu panjang dalam satu sapuan untuk mencegah garis terputus di tengah-tengah. Trik lain yang dapat Anda coba adalah menarik ujung mata secara diagonal ke arah alis dengan tangan, lalu gambar. Cara ini membantu Anda melihat celah antara bulu mata sehingga Anda lebih mudah menggambar garis mata.


Untuk hasil terbaik, buatlah sketsa terlebih dahulu dengan eyeliner pensil berwarna tipis, kemudian baru aplikasikan eyeliner cair di atasnya. Dengan begitu, Anda bisa mencegah eyeliner terlihat bergerigi atau tidak rata.

Renata Aprianti
Makeup artist
Renata Aprianti

Masih banyak orang yang merasa kesulitan menggunakan eyeliner. Sebenarnya, ada trik khusus agar eyeliner yang Anda gambar menjadi rapi dan presisi. Kuncinya terdapat pada keseimbangan tangan, terutama saat menggunakan eyeliner tipe cair.


Tipsnya, cobalah untuk sedikit menahan napas saat hendak membuat garis eyeliner yang lurus dan presisi. Selain itu, untuk membuat winged eyeliner, gambarlah eyeliner dari arah luar mata hingga ke tengah dalam. Lalu, tarik garis dari depan mata ke tengah dalam hingga potongan tarikan garis tadi bertemu. Setelah itu, isi bagian yang kosong, terutama area yang dekat dengan bulu mata.

Gambar garis-garis kecil untuk hasil natural dengan tipe pensil atau krim

Gambar garis-garis kecil untuk hasil natural dengan tipe pensil atau krim
Bagi Anda yang ingin menampilkan ekor mata lebih besar, sebaiknya gunakanlah eyeliner tipe pensil atau krim. Untuk hasil yang natural, tariklah sedikit kelopak mata Anda ke atas, lalu gambar garis-garis sepanjang 1 atau 2 mm. Setelah itu, baurkan garis-garisnya dengan cotton bud atau kuas. Agar dapat menggambar ekor mata dengan mudah, tariklah sedikit ekor mata Anda dari arah luar ke dalam.

Namun, cara ini tidak berlaku pada penggunaan eyeliner tipe cair. Karena warna yang dihasilkan lebih pekat, hindarilah eyeliner tipe cair bagi Anda yang ingin menampilkan riasan natural.

Renata Aprianti
Makeup artist
Renata Aprianti

Tipe eyeliner pensil atau krim lebih mudah diaplikasikan daripada tipe cair. Hal ini karena Anda hanya perlu menggambar garis-garis kecil di sekeliling mata tanpa takut hasilnya terlihat bergerigi. Untuk tampilan mata yang lebih besar, buatlah garis-garis tipis di bagian ekor mata atas hingga bagian ekor mata bawah. Lalu, gunakan brush untuk blending agar hasilnya terlihat lebih natural.

Agar tidak luntur, hapus minyak berlebih dan lapisi dengan bedak

Agar tidak luntur, hapus minyak berlebih dan lapisi dengan bedak
Apabila daerah sekitar mata Anda berminyak, eyeliner akan mudah luntur. Karena itu, sebelum memakai riasan mata, sebaiknya pastikan area mata Anda bebas minyak. Setelah memakai eyeliner, lapisi dengan bedak tipis di atasnya agar lebih tahan lama. Memakai bedak di bawah mata juga dapat mencegah eyeliner luntur ke bawah sehingga tampak seperti mata panda.

Jika sudah terlanjur luntur, jangan memperbaiki eyeliner dengan menambahkan garis tebal secara langsung. Perbaikilah dengan membubuhkan sedikit foundation terlebih dahulu. Dengan demikian, hasilnya akan lebih rapi.

Renata Aprianti
Makeup artist
Renata Aprianti

Meskipun eyeliner Anda merupakan tipe waterproof dan smudgeproof, ada baiknya Anda mempersiapkan kulit mata agar hasil lebih maksimal. Hapuslah minyak di bagian mata menggunakan tisu, lalu lapisi dengan bedak. Anda juga bisa menggunakan concealer tipe matte sebagai base mata agar eyeliner lebih pigmented dan tahan lama.

Baca juga rekomendasi produk eyeliner lainnya di sini

Tidak hanya eyeliner berwarna hitam, sekarang ini sudah banyak eyeliner warna yang dijual di pasaran. Selain itu, waterproof eyeliner juga digemari dan sedang populer akhir-akhir ini. Jika Anda masih belum menemukan eyeliner favorit Anda, cobalah untuk menilik artikel menarik berikut ini!

Kesimpulan

Kami telah memperkenalkan berbagai tipe eyeliner, mulai dari eyeliner tipe pensil, cair, gel, hingga krim. Apakah Anda sudah menemukan eyeliner yang sesuai dengan keinginan? Jangan sampai salah pilih karena karakter Anda akan terpancar dari tampilan eyeliner yang Anda gunakan.

Apa pun eyeliner pilihan Anda, pastikan Anda dapat leluasa mengatur ketebalan garisnya sesuai keinginan. Selamat memilih dan berbelanja, ya. Semoga Anda sudah menemukan produk eyeliner terbaik sesuai kebutuhan!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer