mybest
Sepeda lipat

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Outdoor & sports
  3. Olahraga lainnya
  4. 10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Professional Coach & Bike Fitter]
  • 10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Professional Coach & Bike Fitter] 1
  • 10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Professional Coach & Bike Fitter] 2
  • 10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Professional Coach & Bike Fitter] 3
  • 10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Professional Coach & Bike Fitter] 4
  • 10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Professional Coach & Bike Fitter] 5

10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Professional Coach & Bike Fitter]

Sepeda lipat atau seli merupakan jenis sepeda yang digemari karena bisa disesuaikan dengan pengguna dan mudah dibawa bepergian. Jenis sepeda ini tersedia untuk anak-anak sampai orang dewasa. Selain ukuran, aksesori dan jenis sepedanya ternyata juga bermacam-macam. Lalu, bagaimana menentukan sepeda yang tepat untuk Anda?


Untuk memudahkan Anda, simak cara memilih yang kami susun bersama professional coach dan bike fitter, Rastra Patria. Melalui artikel ini, pakar akan memberi tahu Anda cara memilih sepeda lipat yang nyaman dipakai, termasuk aksesori pendukungnya. Simak juga ulasan sepeda lipat terbaik dari berbagai merek ternama, seperti Pacific, Polygon, dan United pada rekomendasi produknya.

Diperbaharui 04/03/2024
Rastra Patria
Pakar
Professional Coach & Bike Fitter
Rastra Patria

Rastra Patria mengawali kariernya sebagai atlet pro sepeda nasional Indonesia yang pernah tergabung dalam beberapa tim sepeda kontinental, seperti Polygon Sweet Nice Continental Team dan Pegasus Continental Team. Selama hampir 10 tahun aktif sebagai profesional riders, Rastra banyak menorehkan prestasi nasional dan internasional, salah satunya menjadi Gold Medalist di kategori Men Team Road Race pada Sea Games 2011. Kini, sebagai founder dan team principal untuk tim Nusantara Cycling Team, Rastra bersama 14 riders-nya banyak ikut serta dalam race sepeda nasional dan internasional, termasuk di antaranya Tour de Indonesia , Le Tour de Filipinas, dan Tour de Singkarak. Pemegang UCI Level 1, 2, 3, dan 4 coaching dari University of Laussane ini juga merangkap aktif menjadi bike fitter dengan sertifikasi Retul University Certified Fitter.

Profil Rastra Patria
Lanjut membaca
Citta Yowati
Penyunting
Editor mybest Indonesia
Citta Yowati

Citta Yowati lulus dari Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Gadjah Mada pada 2017. Selama masa kuliahnya, ia pernah mendapat beasiswa untuk belajar di Ferris University, Jepang. Sebagai Japanese speaker, Citta mengawali kariernya sebagai sales engineer di salah satu perusahaan multinasional Jepang. Kini, wanita penyuka sastra ini melanjutkan kariernya sebagai koordinator konten di mybest Indonesia dan banyak membimbing penulis saat riset berbagai jenis produk. Ketertarikannya pada seni dan bangunan kuno membuatnya betah tinggal di Tokyo. Citta sering menghabiskan waktu di toko buku, memotret, dan bermeditasi.

Profil Citta Yowati
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Apa keunggulan sepeda lipat dibandingkan jenis sepeda lainnya?

Pakar
Pakar

Sepeda lipat lebih hemat tempat, praktis, dan mudah bila harus dibawa bepergian, baik dimasukkan ke bagasi mobil ataupun ditenteng. Dengan begitu, Anda bisa tetap menikmati kegiatan bersepeda ketika berada jauh dari rumah.

Apa keunggulan sepeda lipat dibandingkan jenis sepeda lainnya?
Sepeda lipat unggul karena selain mudah dibawa-bawa, sepeda ini juga mudah diatur ukurannya. Anda bisa menyesuaikan bagian sepeda dengan postur tubuh, mulai dari tinggi rendah dan maju mundur sadel sampai panjang pendek handlebar sepeda. Tidak heran apabila sepeda lipat menawarkan kenyamanan ekstra pada penggunanya.

Sepeda ini layak digunakan jika Anda sering bepergian atau melakukan olahraga rekreasi. Sepeda lipat juga boleh digunakan oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak usia 8 tahun hingga orang dewasa. Sebaliknya, sepeda lipat tidak disarankan untuk anak di bawah usia tersebut karena tinggi badannya masih kurang memadai. Anak mulai usia 8 tahun umumnya sudah bisa memahami aturan keamanan bersepeda di jalan raya. Postur tubuhnya juga sudah cukup tinggi untuk menggunakan sepeda lipat.

Di mana saja Anda bisa menggunakan sepeda lipat?

Pakar
Pakar

Area penggunaan sepeda lipat yang benar yakni di perkotaan atau jalanan yang datar. Hal ini karena sepeda lipat tidak dirancang untuk medan berat, baik dari segi rangka, suspensi, dan shifter-nya.

Di mana saja Anda bisa menggunakan sepeda lipat?
Saat ini banyak orang menggunakan sepeda lipat pada rute-rute pegunungan yang merupakan rute destinasi sepeda. Hal itu sebenarnya tidak masalah, asalkan rute tersebut tidak terlalu ekstrem, baik tanjakan maupun turunannya.

Perlu diketahui, pengendara akan lebih cepat lelah jika menggunakan sepeda lipat di pegunungan atau area menanjak lainnya. Hal ini karena posisi atau bentuk sepeda lipat tidak mendukung untuk rute-rute yang menanjak. Lalu, pada jalanan menurun yang cukup tajam, handling sepeda lipat akan sedikit "liar" atau sulit dikendalikan. Hal ini berkaitan dengan roda sepeda lipat yang berukuran kecil.

Pada artikel ini kami akan membahas lebih jauh tentang sepeda lipat. Bila Anda berencana menggunakan sepeda untuk medan yang cukup ekstrem, kunjungi artikel road bike di bawah ini. Kami sudah menyiapkan informasi lengkap seputar cara memilih dan rekomendasi produknya.

Cara memilih Sepeda Lipat

Ada beragam sepeda lipat yang dijual melalui e-commerce. Selain mempertimbangkan harga dan merek, Anda juga harus memperhatikan ukuran, material, serta sistem pengeremannya. Selain itu, shifter serta jenis lipatan juga harus diperhatikan. Untuk penjelasan lengkapnya silakan Anda lihat poin-poin di bawah ini, ya!

1

Untuk penggunaan orang dewasa, pilih sepeda lipat dengan ukuran roda 20 inch

Pakar
Pakar

Dari segi geometri dan postur bersepeda, sepeda lipat dengan ukuran roda 20 inch memberikan stabilitas yang lebih pas bagi orang dewasa.

Untuk penggunaan orang dewasa, pilih sepeda lipat dengan ukuran roda 20 inch

Produk dengan ukuran roda 20 inch biasanya sudah disesuaikan untuk postur tubuh rata-rata orang dewasa. Jadi, ukuran tersebut hampir pasti nyaman untuk orang dewasa segala usia. Jika dudukan dirasa kurang tinggi, Anda tinggal meninggikan sadelnya. Pastikan saja kaki dapat menapak di lantai. 


Ukuran roda 20 inch juga menawarkan jangkauan kayuh yang cukup panjang. Dengan asumsi orang dewasa umumnya bersepeda lebih jauh daripada anak-anak, pengguna jadi tak perlu terlalu banyak mengayuh


Informasi mengenai ukuran roda sepeda lipat biasanya tertulis jelas di deskripsi produk. Carilah sepeda lipat yang memiliki keterangan ukuran roda "20 inch" dan hindari pemakaian sepeda lipat anak. Ukuran sepeda lipat anak akan membuat postur tubuh orang dewasa lebih bungkuk daripada seharusnya. Selain itu, Anda tentu akan lebih cepat lelah karena perlu mengayuh lebih banyak untuk mencapai lokasi tujuan.

Jika spesifikasi sepeda juga dilengkapi sizing frame, sesuaikan dengan tinggi badan agar makin pas dengan postur tubuh

Pakar
Pakar

Ukuran frame membantu menentukan ketinggian sepeda lipat yang sesuai dengan tinggi pengendara. Dengan ukuran yang tepat, posisi duduk akan nyaman dan ergonomis.

Jika spesifikasi sepeda juga dilengkapi sizing frame, sesuaikan dengan tinggi badan agar makin pas dengan postur tubuh
Meski tidak semua, selain ukuran roda, beberapa produk sepeda juga dilengkapi dengan sizing frame. Biasanya, ukuran frame ini akan mengacu pada tinggi badan pengguna. Jika sepeda pilihan Anda menyertakan hal ini, ada baiknya Anda memeriksa tinggi badan Anda dan carilah ukuran yang sesuai. 

Berikut ini acuannya:

  • XS (extra small) untuk tinggi 160 cm
  • S (small) untuk tinggi 165-170 cm
  • M (medium) untuk tinggi 170-175 cm
  • L (large) untuk tinggi di atas 175 cm

Informasi ukuran frame pada sepeda lipat biasanya bisa Anda temukan pada deskripsi produk di ec-site atau website resmi. Jika Anda tak bisa menemukan detail spesifikasi frame sizing ini, Anda tak perlu khawatir dan cukup memilih produk sesuai kriteria ukuran sepeda 20 inch tadi. Biasanya, produk ini dirancang untuk "All frame sizing" atau "All size".
2

Untuk anak-anak, tentukan ukuran roda berdasarkan usia; Ukuran 14 inch untuk usia 5-7 tahun, ukuran 16 inch untuk usia 8-12 tahun

Pakar
Pakar

Secara pabrikan, ukuran sepeda lipat anak terbagi dalam beberapa ukuran yang disesuaikan dengan postur tubuh rata-rata anak pada usia tertentu. Karena itu, perlu dipastikan Anda memeriksa kriteria usianya juga.

Untuk anak-anak, tentukan ukuran roda berdasarkan usia; Ukuran 14 inch untuk usia 5-7 tahun, ukuran 16 inch untuk usia 8-12 tahun

Ukuran sepeda dianggap sesuai ketika kaki anak dapat menapak di lantai saat sadel sepeda diatur pada posisi terendahnyaOleh karena itu, satu sepeda lipat mungkin tidak cocok untuk semua postur anak pada usia tertentu. Hal inilah yang menyebabkan sepeda lipat anak tersedia dalam berbagai ukuran, sama seperti jenis sepeda anak lainnya.


Jika membeli sepeda secara online, periksalah diameter roda untuk menemukan ukuran yang cocok dengan postur tubuh anak. Umumnya, diameter roda sepeda lipat yang tersedia di pasaran ada tiga, yakni 14 inch, 16 inch, dan 20 inch. Setiap ukuran ditujukan untuk usia anak yang berbeda. 


Berikut ini panduannya:

  • Anak usia 5-7 tahun sebaiknya menggunakan ukuran 14 inch
  • Anak usia 8-12 tahun sebaiknya menggunakan ukuran 16 inch
  • Anak di atas usia 12 tahun sebaiknya menggunakan ukuran 20 inch
Rastra Patria
Professional Coach & Bike Fitter
Rastra Patria

Selain ukuran roda, ada produsen yang mencantumkan jarak dari sadel ke lantai, berat maksimal pengguna, dan lain-lain. Informasi tersebut boleh saja Anda perhatikan, tetapi prinsip utamanya tetap mengacu pada ukuran roda sepeda.

Bobot maksimal pengguna yang bisa ditanggung oleh sepeda juga tidak terlalu penting. Alasannya, perbedaan berat anak umumnya tidak terlalu mencolok. Jadi, bila penjual tidak mencantumkan beban maksimal pengguna, hal tersebut tidaklah masalah. Hal yang paling penting adalah menyesuaikan postur tubuh anak dengan sepeda.

Namun, jika tinggi anak berbeda dari usia rata-rata, coba ukur panjang inseam kaki anak

Pakar
Pakar

Mengukur panjang inseam kaki anak dapat membantu Anda memilihkan ukuran sepeda yang sesuai dengan tinggi dan proporsi tubuhnya.

Namun, jika tinggi anak berbeda dari usia rata-rata, coba ukur panjang inseam kaki anak
Ukuran diameter roda dibuat oleh pabrik sesuai dengan rata-rata postur tubuh anak pada usia tertentu. Namun, ada kalanya pertumbuhan anak berbeda dengan pertumbuhan rata-rata anak seusianya. Jika Anda merasa anak Anda seperti ini, pastikan kembali ukuran sepeda dengan mengukur panjang inseam-nya.

Namun, hal ini hanya bisa Anda lakukan jika penjual menyediakan informasi ukuran sepeda secara detailJika informasinya tersedia, Anda bisa memeriksa kecocokan ukuran sepeda dengan anak dari tinggi sadel sepeda. Tinggi sadel yang dimaksud adalah jarak dari ujung sadel sampai ke bottom bracket/pengayuh.


Berikut ini panduannya:

  1. Ukur inseam atau panjang kaki anak dari selangkangan sampai lantai. 
  2. Kalikan angka tersebut dengan 0,885. 
  3. Ukuran tinggi sadel sepeda yang pas untuk anak adalah maksimal +2 cm dari hasil perkalian tersebut. 
  4. Jika ukurannya kurang dari hasil perkalian, tak perlu khawatir karena sadel sepeda bisa ditinggikan.

[Contoh kasus]:
  • Ukuran inseam anak = 65 cm
  • Tinggi sadel yang disarankan = 65 cm x 0,885 = 57,52 cm

Untuk contoh di atas, pastikan sadel sepeda bisa diatur di ketinggian 57,52 cm atau maksimal 59,52 cm (+2cm).


  • Jika posisi terendah sadel kurang dari 57,52 (misalnya 55 cm), Anda bisa meninggikan posisi sadelnya.
  • Jika posisi terendah sadel >59,52 cm (misalnya 63 cm), kemungkinan anak tidak bisa mengayuh dengan nyaman karena terlalu tinggi.

Jika Anda berencana datang ke toko langsung, pastikan si kecil mencoba produknya langsung!

Pakar
Pakar

Mencoba produk sepeda langsung bisa membantu Anda memastikan posisi tubuh anak nyaman saat menaiki sepeda.

Jika Anda berencana datang ke toko langsung, pastikan si kecil mencoba produknya langsung!

Apabila Anda berencana membeli sepeda anak di toko, sebaiknya anak Anda mencoba produknya secara langsung. Sebenarnya tidak ada geometri atau ilmu ukur yang pasti untuk sepeda anak. Hanya saja, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan ukuran sepeda anak yang tepat, yaitu:


  • Pastikan anak bisa menapakkan kaki di lantai saat sadel diatur ke posisi terendahnya. Hal ini bertujuan agar anak Anda mendapatkan sepeda yang nyaman sesuai postur masing-masing.
  • Perhatikan jarak tubuh anak ke setang sepeda. Sebaiknya, posisi tubuh anak saat memegang setang sepeda membentuk sudut 90° atau lebih tinggi.

Pastikan bentuk tubuh anak tidak terlalu rebah saat menaiki sepeda. Selain tidak nyaman, hal tersebut berpotensi mengubah kurva tulang belakang anak dalam jangka panjang. 

3

V-brake atau disc brake? Periksa juga jenis remnya untuk keamanan selama berkendara

Ketika memilih sepeda lipat, Anda juga perlu memperhatikan jenis rem yang digunakan, terutama dengan mempertimbangkan usia pengendara. Rem v-brake sangat ideal untuk sepeda anak-anak karena lebih aman. Sementara itu, untuk pengendara dewasa, rem disc brake menjadi pilihan utama. Mari simak pemaparan lebih lanjut di bawah ini.

Disc brake, cocok untuk pengguna dewasa karena lebih kuat dan presisi

Pakar
Pakar

Jenis rem disc-brake memiliki daya cengkeram yang kuat dan presisi. Hal ini lebih pas untuk orang dewasa yang sering memainkan kecepatan.

Disc brake, cocok untuk pengguna dewasa karena lebih kuat dan presisi
Pengereman pada jenis ini lebih kuat sehingga penting untuk bisa mengendalikan sepeda pada kecepatan tinggi atau saat menghadapi medan berat. Hal ini lebih pas digunakan orang dewasa yang memiliki kekuatan fisik lebih besar dan berat badan lebih berat. Jenis rem disc brake sendiri masih dibagi menjadi dua jenis, yakni:

  • Hydraulic disc brake
Hydraulic disc brake menggunakan oli kompres untuk menarik pistolnya agar bisa mencengkeram. Jenis rem ini dinilai lebih responsif, terutama bila sepeda digunakan pada kecepatan tinggi atau pada kondisi basah. Karena itu, jenis rem ini lebih cocok untuk Anda yang suka touring ata penghobi serius. Jenis rem ini lebih low maintenance, tetapi umumnya berharga lebih mahal.

  • Mechanical disc brake

Mechanical disc brake menggunakan tali kawat untuk menarik pistolnya agar bisa mencengkeram. Jenis rem ini dinilai lebih berat karena adanya tali kawat (kabel), tetapi harganya lebih murah. Jenis ini bisa dipilih oleh Anda yang bujetnya terbatas.


Informasi mengenai jenis rem yang digunakan pada sepeda lipat biasanya tertulis jelas pada deskripsi produk sesuai jenis remnya. Jika Anda membeli secara online dan tidak ada informasi mengenai jenis rem yang digunakan, Anda bisa melihatnya dari gambar. Berikut cirinya: Disc brake memiliki piringan cakram pada roda sepeda.
Rastra Patria
Professional Coach & Bike Fitter
Rastra Patria

Bagus atau tidaknya sepeda juga bisa dilihat dari brand remnya. Beberapa sepeda menggunakan rem dari brand yang terkenal dan bagus kualitas disc brake-nya. Beberapa contohnya adalah Shimano, Petra, dan SRAM.

V-brake, bisa dipilih untuk anak-anak karena lebih aman

Pakar
Pakar

Jenis rem v-brake lebih aman digunakan oleh anak-anak karena rem tidak terlalu "kejut".

V-brake, bisa dipilih untuk anak-anak karena lebih aman
V-brake merupakan jenis rem tradisional sehingga tidak memberikan efek berhenti yang terlalu pakem. Oleh karena itu, jenis rem ini lebih cocok dipasang pada sepeda lipat yang digunakan di rute perkotaan. Anak-anak dan Anda yang tidak membutuhkan kecepatan sepeda terlalu tinggi juga lebih aman menggunakan jenis rem v-brake.

V-brake akan meminimalkan risiko cedera akibat pengereman mendadak. Jenis rem ini juga masih kompeten untuk digunakan pada rute tanjakan maupun turunan. Selain itu, perawatan sepeda lipat dengan v-brake umumnya lebih mudah dan harga jualnya pun lebih murah.


Informasi mengenai jenis rem yang digunakan pada sepeda lipat biasanya tertulis jelas pada deskripsi produk sesuai jenis remnya. Jika Anda membeli secara online dan tidak ada informasi mengenai jenis rem yang digunakan, Anda bisa melihatnya dari gambar. Berikut cirinya: V-brake tidak memiliki piringan cakram pada bagian roda.
4

Ketahui jenis lipatan sepeda dan sesuaikan dengan rutinitas mobilitas harian Anda

Di pasaran, Anda akan menemukan tiga jenis lipatan pada sepeda lipat. Setiap jenis memiliki kelebihannya masing-masing. Dari ketiga jenisnya ini, Anda bisa memilih sesuai dengan preferensi rutinitas harian Anda. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasannya di bawah ini.

Untuk Anda yang akan banyak membawa sepeda dalam mobil, utamakan tipe triangle hinge

Pakar
Pakar

Triangle hinge cocok disimpan di mobil karena memungkinkan sepeda dilipat menjadi tiga bagian sehingga bisa menghemat tempat.

Untuk Anda yang akan banyak membawa sepeda dalam mobil, utamakan tipe triangle hinge
Triangle hinge adalah jenis lipatan sepeda dengan cara melipat frame sepeda lipat menjadi tiga bagian. Ketika dilipat, sepeda dengan desain triangle hinge akan membentuk segitiga yang kompak. Apabila Anda sering membawa sepeda lipat di mobil, produk dengan lipatan triangle hinge lebih pas dipilih. Hal ini karena lipatan tersebut membuat ukuran sepeda lipat menjadi lebih kecil sehingga lebih hemat tempat penyimpanan.

Jika Anda sering menggunakan transportasi umum, pilih half mid folding atau vertical folding

Pakar
Pakar

Half mid folding atau vertical folding hanya perlu dilipat sekali. Jenis lipatan ini lebih praktis dan pas untuk orang dengan mobilitas tinggi yang perlu serba cepat. 

Jika Anda sering menggunakan transportasi umum, pilih half mid folding atau vertical folding
Jika berbicara kepraktisan, utamakan sepeda lipat dengan half mid folding atau vertical folding. Jenis lipatan tersebut cocok digunakan oleh orang yang sering menggunakan commuter line agar lebih cepat melipat ataupun membuka lipatan.

  • Half mid folding: Jenis lipatan dengan cara sekali lipat atau melipat frame sepeda lipat menjadi dua bagian menyamping kanan kiri (atau secara horizontal)
  • Vertical folding: Jenis lipatan yang dengan cara sekali lipat atau melipat frame sepeda lipat menjadi dua bagian atas bawah (atau secara vertikal)
5

Terutama untuk Anda penghobi serius, cek kenyamanan sepeda untuk digunakan dalam berbagai medan

Untuk Anda penggiat sepeda yang serium, pemilihan sepeda lipat yang nyaman dipakai mungkin jadi pertimbangan utama. Selain ukuran sepeda yang sesuai dengan tinggi badan, Anda mungkin perlu memeriksa poin lainnya, seperti sistem shifter dan juga posisi duduk saat bersepeda. Agar tak salah pilih, cek informasi selengkapnya di bawah ini.

Pastikan sepeda lipat menawarkan sistem shifting gear atau multi-speed

Pakar
Pakar

Jika hanya memiliki satu gigi atau single speed, sepeda lipat tidak bisa diatur berat ringannya saat melalui jalanan yang menanjak atau menurun.

Pastikan sepeda lipat menawarkan sistem shifting gear atau multi-speed

Sistem shifting gear atau multi-speed merupakan sistem dalam sepeda yang memungkinkan terjadinya pergantian gigi. Dengan adanya shifting gear, Anda bisa mengatur berat ringan kayuhan sepeda sesuai medan yang dilalui. Misalnya saja, Anda bisa membuat sepeda terasa ringan saat di tanjakan atau terasa berat saat di turunan. Sistem ini pasti berguna untuk Anda yang sering melewati medan berat.


Anda sebaiknya tidak memilih sepeda yang hanya memiliki single-speed. Single-speed artinya sepeda tersebut tidak memiliki sistem pergantian gigi. Sepeda single-speed bisa terasa lebih berat dibandingkan sepeda multi-speed atau yang memiliki shifting gear. Sebagai contoh, berikut ini kami berikan penjelasan dan perbandingannya:

  • 3 speed: memiliki 3 pilihan perbandingan gigi belakang.
  • 6 speed: memiliki 6 pilihan perbandingan gigi belakang.
  • 9 speed: memiliki 9 pilihan perbandingan gigi belakang.

Makin banyak pilihan perbandingan gigi memungkinkan pengendara untuk menyesuaikan tingkat kayuhan sepeda, terutama ketika menghadapi medan berat, tanjakan, atau kecepatan yang berbeda.


Karena itu:

▶︎ Jika Anda penyuka medan berat: Pilih speed yang tinggi karena lebih fleksibel.

▶︎ Jika Anda pemula atau suka medan datar: Bisa pilih speed rendah karena lebih sederhana dan mudah dioperasikan.

Rastra Patria
Professional Coach & Bike Fitter
Rastra Patria

Perlu dicatat bahwa banyaknya speed bukan berarti sepeda dapat melaju makin cepat. Sepeda dengan banyak speed akan memberikan lebih banyak variasi gear ratio, bukan peningkatan kecepatan. Untuk sepeda anak, hal ini bersifat opsional, bukan wajib. Terlebih, sepeda anak yang ada di pasaran kebanyakan hanya dilengkapi dengan 1 gear depan.

Pastikan geometri sepeda menunjang kenyamanan untuk sepeda

Pakar
Pakar
Pada orang dewasa, posisi bersepeda yang nyaman bisa terlihat dari range angle atau sudut-sudut geometrinya. 
Pastikan geometri sepeda menunjang kenyamanan untuk sepeda
Anda mungkin sudah tahu ukuran sepeda yang pas dan poin lainnya. Namun, hal ini akan berbeda jika Anda adalah seorang penghobi berat sepeda lipat untuk bersepeda jarak jauh. 

  • Sudut lutut ada di posisi nyaman dan aman bila berada di antara 140º-145º
  • Posisi maju mundur lutut seharusnya tidak melebihi +/- 100 cm dari pedal untuk mengurangi risiko cedera
  • Posisi duduk/sadel yang nyaman adalah bila tungkai bisa menyentuh pedal (heel method). Jika belum tersentuh artinya ukuran sadel masih terlalu tinggi, begitu pula sebaliknya.

Setelah hal di atas, perhatikan ukuran maju mundurnya sadel. Anda bisa memposisikan lutut di pedal depan sampai membentuk angka jarum jam 3. Ketika pedal di depan posisi center, posisi lutut sebaiknya tidak maju melebihi +/- 1 cm dari pedal. 

6

Jika bujet Anda lebih, utamakan sepeda lipat berbahan alloy pada bagian frame dan velg agar lebih ringan

Pakar
Pakar

Pemakaian bahan alloy pada frame dan velg bisa membuat sepeda lipat terasa lebih ringan. Hal ini akan membuat Anda merasa lebih nyaman terutama saat dibawa bepergian.

Jika bujet Anda lebih, utamakan sepeda lipat berbahan alloy pada bagian frame dan velg agar lebih ringan

Meski ringan, sepeda berbahan alloy tetap kuat sehingga Anda tak perlu khawatir akan durability-nya. Anda yang sering bersepeda di wilayah berkontur naik turun juga akan merasa lebih nyaman dengan produk berbahan alloy. Namun, harga sepeda yang frame dan velg-nya berbahan alloy biasanya lebih mahal, yaitu di atas 4 jutaan. 


Meski begitu, ada juga sepeda yang ditawarkan dengan frame steel, tetapi velg-nya alloy. Harga sepeda ini biasanya lebih murah dibandingkan sepeda yang frame dan velg-nya alloy. Untuk memudahkan Anda, kami sudah menyiapkan datanya pada tabel spek rekomendasi produk di bawah. Jika Anda punya bujet cukup, utamakan produk yang terisi "alloy" pada tabel "frame" dan "velg".

Bagaimana jika bujet Anda di bawah 2 juta? Tak masalah, Anda bisa memilih yang dikombinasikan dengan chromolly atau besi

Pakar
Pakar

Sepeda lipat berbahan besi/chromolly umumnya dipasarkan dengan harga murah, tetapi bobotnya lebih berat. Bahan frame dan velg yang dikombinasikan dari alloy dengan besi/chromolly akan membuat sepeda lebih ringan, tetapi dengan harga yang terjangkau.

Bagaimana jika bujet Anda di bawah 2 juta? Tak masalah, Anda bisa memilih yang dikombinasikan dengan chromolly atau besi

Selain bahan alloy, sepeda lipat berbahan besi (steel), hi-steel, dan chromoly juga mudah ditemukan di pasaran. Jika diurutkan dari karakteristik beratnya, alloy akan jadi yang paling ringan dan besi paling berat.


  1. Ringan: Alloy ▶︎ Chromolly ▶︎ Hi-steel ▶︎ Besi atau steel :Berat

Jika bujet Anda terbatas dan tujuan penggunaan Anda bukan untuk perjalanan di medan berat, alternatif seperti chromolly atau besi masih layak dipilih. Harga yang ditawarkan sekitar 1 sampai 5 jutaan rupiah. Namun, sepeda dengan bahan-bahan tersebut perlu diperhatikan perawatannya supaya memiliki masa pakai lebih panjang.


Jadi, apabila Anda dihadapkan pada dua pilihan seperti ini:


Produk A:

- Bahan frame: Besi

- Bahan velg: Chromolly


Produk B:

- Bahan frame: Besi

- Bahan velg: Alloy


Pilih produk B saja, karena pasti lebih ringan. Namun, penting untuk diingat juga, sepeda berbahan besi perlu diperhatikan perawatannya supaya tidak mudah korosi serta memiliki masa pakai yang lebih panjang.

Rastra Patria
Professional Coach & Bike Fitter
Rastra Patria

Pemakaian ketiga bahan di atas disukai produsen karena biaya produksinya rendah sehingga harga jual sepeda bisa lebih terjangkau. Itulah yang membuat sepeda lipat berbahan non-alloy cukup laris di pasaran. 

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Sepeda Lipat Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Sepeda Lipat terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 01 Maret 2024).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Ukuran roda
Bahan frame
Bahan velg
Jenis lipatan
Jenis rem
Sistem shifting gear
Frame sizing
Tinggi sadel
1

Genio

Runes 1.0 (16")

Genio Runes 1.0 (16") 1

Mulai dari Rp2.470.000,00

Agak Murah

Folding bike dengan warna yang eye catching

16 inch

Chromolly

Alloy

Half-mid folding

Disc brake

8 speeds

All size

Tidak diketahui

2

United

Stylo Sport Disc (16")

United Stylo Sport Disc (16") 1

Mulai dari Rp2.370.000,00

Agak Murah

Versi upgrade dengan sistem pengereman disc brake

16 inch

Besi

Alloy

Half-mid folding

Disc brake

6 speeds

Tidak diketahui

Tidak diketahui

3

Polygon

Urbano 5502725

Polygon Urbano 5 1

Mulai dari Rp5.500.000,00

Menengah

Sepeda lipat compact dengan spek bagus yang ramah di kantong

20 inch

Alloy

Alloy

Half-mid folding

Disc brake

9 speeds

All size

Tidak diketahui

4

Odessy

Ritz 16 Inch

Odessy  Ritz 16 Inch  1

Mulai dari Rp1.300.000,00

Lebih Murah

Desain keren dengan performa memadai

16 inch

Besi

Alloy

Half-mid folding

Disc brake

7 speed

All size

60-80 cm (dapat diatur)

5

Celcius

Electric Tomax Folding Bike 14"

Celcius Electric Tomax Folding Bike 14" 1

Mulai dari Rp4.550.000,00

Menengah

Sepeda lipat elektrik yang ringkas, bisa masuk bagasi mobil

14 inch

Alloy

Alloy

Half-mid folding

Disc brake

3 speeds

Tidak diketahui

Tidak diketahui

6

Pacific

Pithon M320 VR

Pacific Pithon M320 VR 1

Mulai dari Rp6.900.000,00

Menengah

Lebih compact dengan model 3 lipatan

16 inch

Besi

Alloy

Triangle hinge folding

U-brake

3 speeds

Tidak diketahui

Tidak diketahui

7

BTWIN

Tilt 500 14" Foldable Bike

BTWIN Tilt 500 14" Foldable Bike 1

Mulai dari Rp4.799.000,00

Menengah

Ringkas dan ringan, mudah dibawa dan disimpan

14 inch

Alloy

Alloy

Half-mid folding

V-brake

Tidak diketahui

Tidak diketahui

48-70 cm

8

Brompton

C Line Explore M6L

Brompton C Line Explore M6L 1

Mulai dari Rp51.500.000,00

Lebih Mahal

Mudah dirawat berkat spesifikasinya yang minimalis

20 inch

Steel, alloy

Tidak diketahui

Triangle hinge folding

Brompton Dual Pivot Calipers

6 speeds

Tidak diketahui

88,9 cm (extended)

9

Dahon

K3 Folding Bike 14"

Dahon K3 Folding Bike 14" 1

Mulai dari Rp8.599.000,00

Agak Mahal

Cocok untuk pekerja kantoran yang membutuhkan alternatif transportasi

14 inch

Alloy

Alloy

Half-mid folding

V-brake

3 speeds

Tidak diketahui

Tidak diketahui

10

Dahon

QIX D3 Folding Bike

Dahon  QIX D3 Folding Bike 1

Mulai dari Rp15.748.950,00

Agak Mahal

Rangka kukuh dan ringan dalam berbagai medan

16 inch

Alloy

Alloy

Vertical folding

V-brake

3 speeds

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

GenioRunes 1.0 (16")

Runes 1.0 (16") 1
Sumber: genio.bike
Runes 1.0 (16") 2
Sumber: genio.bike
Runes 1.0 (16") 3
Sumber: genio.bike
Runes 1.0 (16") 4
Sumber: genio.bike
Runes 1.0 (16") 5
Sumber: genio.bike
Harga referensi
Mulai dari Rp2.470.000,00
Agak Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp2.470.000,00
Agak Murah
Ukuran roda16 inch
Jenis lipatanHalf-mid folding
Jenis rem
Disc brake
Sistem shifting gear
8 speeds

Folding bike dengan warna yang eye catching

Genio Runes 1.0 merupakan sepeda lipat yang ringkas dan praktis. Tersedia dalam ukuran 16 inch, produk ini memiliki berbagai varian warna yang eye catching. Frame-nya menggunakan chromoly steel yang kuat untuk bermanuver. Sepeda lipat satu ini cocok untuk para remaja SMP yang memiliki aktivitas dan mobilitas tinggi.

Bahan frameChromolly
Bahan velgAlloy
Frame sizingAll size
Tinggi sadelTidak diketahui
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

UnitedStylo Sport Disc (16")

Harga referensi
Mulai dari Rp2.370.000,00
Agak Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp2.370.000,00
Agak Murah
Ukuran roda16 inch
Jenis lipatanHalf-mid folding
Jenis rem
Disc brake
Sistem shifting gear
6 speeds

Versi upgrade dengan sistem pengereman disc brake

Jika anggaran Anda terbatas dan sedang mencari sepeda lipat yang harganya cukup terjangkau, seri ini bisa Anda pertimbangkan. Pada seri ini United sudah melakukan banyak upgrade dibandingkan seri sebelumnya.


Sekarang, Anda sudah mendapatkan sepeda lipat seri STYLO dengan sistem pengereman disc brake. Dengan begitu, remnya jadi makin pakem. Ditambah lagi, sepeda ini juga sudah dibekali shifter dengan enam pilihan speed. Jadi, kegiatan bersepeda Anda makin aman dan nyaman.

Bahan frameBesi
Bahan velgAlloy
Frame sizingTidak diketahui
Tinggi sadelTidak diketahui
No.3

PolygonUrbano 5502725

Harga referensi
Mulai dari Rp5.500.000,00
Menengah
Ukuran roda20 inch
Jenis lipatanHalf-mid folding
Jenis rem
Disc brake
Sistem shifting gear
9 speeds

Sepeda lipat compact dengan spek bagus yang ramah di kantong

Jika Anda mencari sepeda Polygon lipat dengan budget 5 jutaan, URBANO 5 adalah pilihan cerdas. Terdapat tiga bagian utama yang dapat dilipat, yaitu rangka, pedal, dan tiang penyangga. Hal tersebut membuat sepeda ini menjadi begitu compact dalam kondisi terlipat.


Bagian frame sepeda ini juga menggunakan bahan aluminium yang antikarat. Dengan segala kelebihan yang dimiliki, produk ini memiliki harga yang tidak membuat dompet kosong.

Bahan frameAlloy
Bahan velgAlloy
Frame sizingAll size
Tinggi sadelTidak diketahui
No.4

Odessy Ritz 16 Inch

Ritz 16 Inch  1
Sumber: shopee.co.id
Ritz 16 Inch  2
Sumber: shopee.co.id
Ritz 16 Inch  3
Sumber: shopee.co.id
Ritz 16 Inch  4
Sumber: shopee.co.id
Ritz 16 Inch  5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp1.300.000,00
Lebih Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp1.300.000,00
Lebih Murah
Ukuran roda16 inch
Jenis lipatanHalf-mid folding
Jenis rem
Disc brake
Sistem shifting gear
7 speed

Desain keren dengan performa memadai

Bagi Anda yang bersepeda untuk olahraga santai, produk ini dapat dijadikan opsi. Dengan gear 7 speeds, sepeda ini cukup nyaman untuk menempuh rute pendek dengan jalur rata. Meski frame-nya berbahan hi-ten steel, bobotnya termasuk ringan, yakni sekitar 13 kg.

Dari segi desain, sepeda ini memadukan dua warna pada frame tanpa membuatnya terlihat berlebihan. Bagian remnya dibuat double cakram bertipe mekanis, baik pada roda depan maupun belakang. Sementara itu, untuk bagian velg-nya sudah berbahan alloy dengan performa yang tentu memadai untuk perjalanan Anda.
Bahan frameBesi
Bahan velgAlloy
Frame sizingAll size
Tinggi sadel60-80 cm (dapat diatur)
No.5

CelciusElectric Tomax Folding Bike 14"

Electric Tomax Folding Bike 14" 1
Sumber: shopee.co.id
Electric Tomax Folding Bike 14" 2
Sumber: shopee.co.id
Electric Tomax Folding Bike 14" 3
Sumber: shopee.co.id
Electric Tomax Folding Bike 14" 4
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp4.550.000,00
Menengah
Harga referensi
Mulai dari Rp4.550.000,00
Menengah
Ukuran roda14 inch
Jenis lipatanHalf-mid folding
Jenis rem
Disc brake
Sistem shifting gear
3 speeds

Sepeda lipat elektrik yang ringkas, bisa masuk bagasi mobil

Para produsen sepeda kini terus beinovasi untuk menciptakan produk unggulan mereka. Salah satunya adalah Celcius yang mengeluarkan produk berupa sepeda lipat elektrik. Dengan ukuran 14 inch, produk ini dapat digunakan oleh anak-anak hingga orang dewasa. Anda bisa bersepeda secara santai, lalu menyalakan mesin elektrik apabila sudah merasa capek. Dalam posisi dilipat, sepeda ini bisa dimasukkan ke dalam bagasi mobil, lho!

Bahan frameAlloy
Bahan velgAlloy
Frame sizingTidak diketahui
Tinggi sadelTidak diketahui
No.6

PacificPithon M320 VR

Harga referensi
Mulai dari Rp6.900.000,00
Menengah
Ukuran roda16 inch
Jenis lipatanTriangle hinge folding
Jenis rem
U-brake
Sistem shifting gear
3 speeds

Lebih compact dengan model 3 lipatan

Memiliki sepeda lipat memungkinkan Anda untuk membawanya menaiki bus hingga commuter line. Agar Anda bisa membawanya dengan lebih mudah, kami merekomendasikan sepeda lipat Pithon. Sepeda ini memiliki tipe tiga lipatan sehingga lebih compact saat dilipat. Jumlah gear-nya juga hanya 3 speeds sehingga perawatannya jauh lebih mudah dilakukan.

Bahan frameBesi
Bahan velgAlloy
Frame sizingTidak diketahui
Tinggi sadelTidak diketahui
No.7

BTWINTilt 500 14" Foldable Bike

Harga referensi
Mulai dari Rp4.799.000,00
Menengah
Ukuran roda14 inch
Jenis lipatanHalf-mid folding
Jenis rem
V-brake
Sistem shifting gear
Tidak diketahui

Ringkas dan ringan, mudah dibawa dan disimpan

Untuk Anda yang mencari sepeda lipat ringkas dan ringan, sepeda dari BTWIN ini layak untuk dipertimbangkan. Seri Tilt 500 14" Foldable Bike memiliki bobot yang cukup ringan, yakni hanya 8,9 kg saja. Hal ini disebabkan oleh material sepeda yang sudah menggunakan aluminium 6061 T6. Selain itu, ukurannya 14 inch sehingga bisa digunakan oleh anak-anak maupun orang dewasa yang posturnya tidak terlalu tinggi. 

Bahan frameAlloy
Bahan velgAlloy
Frame sizingTidak diketahui
Tinggi sadel48-70 cm
No.8

BromptonC Line Explore M6L

Harga referensi
Mulai dari Rp51.500.000,00
Lebih Mahal
Ukuran roda20 inch
Jenis lipatanTriangle hinge folding
Jenis rem
Brompton Dual Pivot Calipers
Sistem shifting gear
6 speeds

Mudah dirawat berkat spesifikasinya yang minimalis

Kenyamanan sepeda lipat Brompton seri ini tidak perlu diragukan lagi! Fitur setang medium-nya, yaitu classic Brompton handlebar, bisa membuat siapa dapat mengendarainya dengan aman. 


Selain kenyamanan, produk ini memberikan spesifikasi yang praktis dan minimalis. Perawatannya pun cukup mudah sehingga cocok untuk Anda yang beraktivitas mobile setiap hari.

Bahan frameSteel, alloy
Bahan velgTidak diketahui
Frame sizingTidak diketahui
Tinggi sadel88,9 cm (extended)
No.9

DahonK3 Folding Bike 14"

K3 Folding Bike 14" 1
Sumber: eu.dahon.com
K3 Folding Bike 14" 2
Sumber: eu.dahon.com
K3 Folding Bike 14" 3
Sumber: eu.dahon.com
K3 Folding Bike 14" 4
Sumber: eu.dahon.com
Harga referensi
Mulai dari Rp8.599.000,00
Agak Mahal
Harga referensi
Mulai dari Rp8.599.000,00
Agak Mahal
Ukuran roda14 inch
Jenis lipatanHalf-mid folding
Jenis rem
V-brake
Sistem shifting gear
3 speeds

Cocok untuk pekerja kantoran yang membutuhkan alternatif transportasi

Sepeda lipat Dahon K3 Folding Bike 14" merupakan solusi praktis untuk mobilitas perkotaan. Dengan desain yang ringkas dan ringan, sepeda ini mudah dibawa saat bepergian menggunakan transportasi umum. 


Material berkualitas tinggi dan konstruksi yang solid memberikan kestabilan dan ketangguhan saat digunakan. Sepeda ini cocok untuk pekerja perkantoran yang membutuhkan alternatif transportasi yang fleksibel. Selain itu, anak-anak pun bisa menggunakan sepeda satu ini.

Bahan frameAlloy
Bahan velgAlloy
Frame sizingTidak diketahui
Tinggi sadelTidak diketahui
No.10

Dahon QIX D3 Folding Bike

QIX D3 Folding Bike 1
Sumber: eu.dahon.com
QIX D3 Folding Bike 2
Sumber: eu.dahon.com
QIX D3 Folding Bike 3
Sumber: eu.dahon.com
QIX D3 Folding Bike 4
Sumber: eu.dahon.com
Harga referensi
Mulai dari Rp15.748.950,00
Agak Mahal
Harga referensi
Mulai dari Rp15.748.950,00
Agak Mahal
Ukuran roda16 inch
Jenis lipatanVertical folding
Jenis rem
V-brake
Sistem shifting gear
3 speeds

Rangka kukuh dan ringan dalam berbagai medan

Sepeda Lipat Dahon QIX D3 Folding Bike hadir dengan desain yang ringkas dan mudah dilipat. Dengan demikian, produk ini cocok untuk pengguna yang membutuhkan mobilitas tinggi. Dengan rangka yang kukuh dan ringan, Anda akan merasakan pengalaman berkendara yang stabil dan nyaman di berbagai medan. Komponennya yang berkualitas tinggi, seperti transmisi yang halus dan rem yang responsif, memastikan sepeda ini memiliki performa andal.

Bahan frameAlloy
Bahan velgAlloy
Frame sizingTidak diketahui
Tinggi sadelTidak diketahui

5 Rekomendasi Sepeda Lipat terbaik

No. 1: GenioRunes 1.0 (16")

No. 2: UnitedStylo Sport Disc (16")

No. 3: PolygonUrbano 5502725

No. 4: Odessy Ritz 16 Inch

No. 5: CelciusElectric Tomax Folding Bike 14"

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Outdoor & sports
  3. Olahraga lainnya
  4. 10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Professional Coach & Bike Fitter]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.