1. TOP
  2. >
  3. Outdoor & sports
  4. >
  5. Sepeda
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Sepeda lipat atau seli merupakan jenis sepeda yang cukup digemari karena desainnya yang menarik dan mudah dibawa bepergian. Di pasaran Anda akan menemukan banyak merek sepeda lipat yang bagus, seperti Polygon, United Bike, hingga Pacific Bike. Harga sepeda lipat juga bervariasi tergantung jenis bahan dan keunggulannya. Ada sepeda lipat dengan harga 2 jutaan, 3 jutaan, hingga puluhan juta. 

Nah, supaya Anda tidak kebingungan, kami akan mengulas tips memilih sepeda lipat yang bagus. Temukan rekomendasi produk sepeda lipat yang murah dan berkualitas dengan membaca artikel ini sampai tuntas.

Diperbaharui 01-04-2023
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih sepeda lipat

Sepeda lipat yang dijual melalui e-commerce memiliki banyak pilihan tipe dan model. Berat, ukuran ban, hingga aksesori pendukung penting untuk Anda cek sebelum membeli sepeda lipat. Supaya Anda tidak salah pilih, simak poin-poin cara memilih berikut ini. 

① Periksa beratnya agar lebih praktis dibawa-bawa

Periksa beratnya agar lebih praktis dibawa-bawa

Salah satu keunggulan dari sepeda lipat adalah mudah dibawa saat bepergian. Jika Anda menggunakan mobil pribadi, berat sepeda lipat tentu tidak jadi masalah. Namun, bagaimana jika Anda ingin membawanya menggunakan transportasi umum, seperti kereta dan bus umum? Jadi, supaya Anda tidak repot saat membawa sepeda lipat, pilihlah produk dengan berat antara 10–13 kg.

② Cek material frame

Cek material frame

Jenis material frame akan memengaruhi seberapa kuat sepeda dalam menerima beban. Selain itu, material frame juga sangat memengaruhi bobot sepeda. Umumnya material yang sering digunakan dalam pembuatan sepeda lipat, yaitu hi-ten steel, chromoly, dan alloy


Untuk memudahkan Anda membedakan kualitasnya, simak penjelasan singkat berikut ini. 


  • Hi-ten steel: Kuat dan harganya murah. 
  • Chromoly: Tahan karat dan bentuknya lebih bervariasi. 
  • Alloy atau aluminium: Ringan, tetapi mudah penyok dan tergores. 

③ Cari tahu juga ukuran sepeda saat dilipat

Cari tahu juga ukuran sepeda saat dilipat

Salah satu pertimbangan seseorang dalam memilih sepeda lipat adalah ukurannya yang lebih ramping dibanding sepeda biasa. Hal ini tentu akan membuat Anda lebih mudah menyimpannya di garasi atau bagasi mobil tanpa memakan banyak tempat. 


Biasanya ukuran sepeda yang sudah terlipat memiliki panjang 60 hingga 80 cm. Bahkan, ada juga produk sepeda dalam keadaan terlipat dengan panjang lebih dari 1 m. Makin kecil ukuran sepeda saat dilipat, makin mudah Anda membawa dan menyimpannya. Untuk itu, cek ukuran sepeda dalam keadaan terlipat supaya lebih praktis saat dibawa bepergian. 

④ Pertimbangkan produk dengan jumlah lipatan sedikit

Pertimbangkan produk dengan jumlah lipatan sedikit

Selain memeriksa ukuran sepeda saat dilipat, cek juga seberapa banyak komponen yang dapat dilipat. Makin sedikit komponen yang bisa dilipat, makin mudah Anda dalam menggunakan sepeda. Untuk itu, pastikan bagian mana saja yang dapat dilipat, ya!


Biasanya komponen sepeda yang dapat dilipat meliputi setang kemudi dan rangka atau frame sepeda. Ada juga produk yang hanya bisa dilipat bagian setang kemudinya. Nah, yang paling menarik tentu produk yang dapat dilipat pada bagian setang, kerangka, hingga bagian lainnya. 


Di samping itu, perlu Anda ingat juga makin banyak komponen yang dapat dilipat, makin banyak juga usaha yang harus dikerahkan. Jadi, pikirkan secara matang juga seberapa sering Anda dalam menggunakan sepeda lipat. 

⑤ Ketahui ukuran bannya

Sepeda lipat yang dijual di pasaran umumnya memiliki diameter ban 16 inci dan 20 inci. Makin kecil ukuran bannya, makin banyak kayuhan sepedanya. Sebaliknya, ukuran ban yang besar memungkinkan Anda untuk dapat membawa sepeda bisa melaju lebih cepat. 

16 inci: Umumnya terpasang di sepeda lipat untuk anak-anak

16 inci: Umumnya terpasang di sepeda lipat untuk anak-anak

Sepeda lipat dengan ukuran ban 16 inci ideal digunakan oleh anak-anak usia 4–7 tahun. Tinggi badan rata-rata yang ideal untuk sepeda lipat 16 inci adalah 100–120 cm. Namun, tidak jarang ada beberapa sepeda lipat 16 inci yang bisa dipakai untuk orang dewasa.


Hal ini masih memungkinkan karena tinggi seatpost atau tiang tempat duduk dan handlepost tiang setir sepeda dapat diatur sesuai postur badan. Untuk orang dewasa, sepeda lipat dengan ukuran ban 16 inci lebih pas digunakan untuk aktivitas santai.

20 inci: Ideal digunakan oleh orang dewasa

20 inci: Ideal digunakan oleh orang dewasa
Sumber: brompton.com

Sepeda lipat dengan ban berukuran 20 inci adalah yang paling umum dijumpai. Ukurannya standar untuk dipakai oleh remaja hingga dewasa dengan tinggi dari 140 cm hingga 185 cm. Rata-rata sepeda lipat 20 inci mampu menahan berat badan pengguna hingga maksimal 120 kilogram. Ukuran ban 20 inci juga cocok digunakan untuk aktivitas bekerja atau ke sekolah.

⑥ Jika suka ngebut, pilih sepeda dengan gear ratio besar

Jika suka ngebut, pilih sepeda dengan gear ratio besar

Selain mengecek ukuran bannya, pertimbangkan pula sepeda lipat yang memiliki gear ratio besar. Gear ratio merupakan perbandingan jumlah gerigi pada gear satu dengan lainnya yang terhubung melalui rantai. Makin banyak jumlah gerigi pada gear sepeda depan, makin besar angka gear ratio-nya. Sebaliknya, makin besar gerigi pada gear belakang, makin kecil angka gear ratio-nya. 


Sebagai contoh, gear depan sepeda memiliki jumlah gerigi sebanyak 40 buah dan gear belakang sebanyak 20 buah. Dengan begitu, nilai gear ratio-nya adalah jumlah gigi depan dibagi jumlah gigi belakang sehingga menjadi, 40 : 20 = 2. Artinya, dalam satu kali putaran gear depan akan menghasilkan dua kali putaran pada gear belakang. 


Untuk memudahkan Anda memahami fungsi gear ratio, simak penjelasan berikut ini. 


  • Gear ratio kecil: Digunakan untuk jalanan menanjak supaya kayuhan lebih ringan, lebih sulit mencapai kecepatan maksimal. 
  • Gear ratio besar: Digunakan pada jalanan yang rata atau turunan, mengebut pun makin mudah!

⑦ Untuk kemudahan berkendara di berbagai medan, cek keberadaan shifter

Untuk kemudahan berkendara di berbagai medan, cek keberadaan shifter

Shifter adalah bagian sepeda yang digunakan untuk memindahkan gigi. Sepeda lipat yang dilengkapi shifter akan memudahkan Anda dalam menentukan level kayuhan. Hal ini sangat berguna apabila Anda bersepeda di jalan yang menanjak. 


Pengaturan shifter pada sepeda lipat pun beragam, mulai dari 4 speed hingga 10 speed. Namun, perlu diingat juga, makin banyak jumlah speed bukan berarti sepeda tersebut dapat melaju dengan sangat cepat. Banyaknya speed pada shifter menunjukkan banyaknya variasi gear ratio.


Dari sisi pengoperasiannya, terdapat tiga jenis shifter yang umum digunakan. Untuk itu, pilihlah jenis shifter yang menurut Anda paling pas. 


  • Revo atau grip shifter: Dioperasikan dengan cara memutar handgrip.
  • Thumb shifter: Difungsikan dengan cara mendorong atau menarik shifter menggunakan jempol.
  • Rapid fire plus shifter: Menggunakan jempol untuk tuas bawah dan telunjuk untuk tuas atas. 

Selain itu, untuk Anda yang tidak terlalu suka mengayuh pedal, pilihlah sepeda yang didukung tenaga elektrik. Meskipun harganya relatif tinggi, keuntungan yang ditawarkan pun akan sepadan. Dengan bantuan tenaga elektrik, Anda dapat menghemat banyak tenaga.

⑧ Cek aksesori pendukungnya

Cek aksesori pendukungnya

Setelah Anda mengetahui komponen apa saja yang harus dicek saat memilih sepeda lipat, mungkin Anda penasaran dengan harganya, bukan? Nah, berapa harga sepeda lipat, baik ukuran ban 16 inci dan ban besar 20 inci itu? Harga sepeda lipat tentunya juga dipengaruhi oleh aksesori pendukungnya


Untuk itu, pilihlah sepeda lipat dengan kelengkapan aksesori yang Anda butuhkan. Sebagai contoh, untuk Anda yang menginginkan sepeda untuk berboncengan, pilihlah produk yang dilengkapi dengan boncengan. Namun, pastikan bahwa material frame sepeda cukup kuat untuk menerima beban dua orang. 

10 Rekomendasi sepeda lipat terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sepeda lipat terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee dan Tokopedia.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

ODESSY

PHYTON

ODESSY PHYTON 1枚目

Sepeda lipat murah 1 jutaan dengan kelengkapan komplet

2

Evergreen

Folding 16

Evergreen Folding 16 1枚目

Pilihan warnanya beragam, dijamin anak suka

3

Pacific

NORIS 2.3

Pacific NORIS 2.3 1枚目

Memiliki desain dan corak yang sporty

4

ELEMENT MTB

Police Folding Bike Milan 8 Speed

ELEMENT MTB Police Folding Bike Milan 8 Speed 1枚目

Hadirkan kesan manly berkat tulisan POLICE

5

London Taxi

Folding Bike 206S

London Taxi  Folding Bike 206S 1枚目

Tampil stand out dengan gaya vintage

6

HIMO

Sepeda Lipat Elektrik Smart Moped Bicycle

HIMO Sepeda Lipat Elektrik Smart Moped Bicycle 1枚目

Nyalakan mode listriknya jika Anda lelah mengayuh!

7

United Bike

STYLO 20 (20.1)

United Bike STYLO 20 (20.1) 1枚目

Terdapat boncengan dan tempat barang di depan, cocok untuk wanita

8

Polygon

URBANO 5

Polygon URBANO 5 1枚目

Bodi ringan berkat material alloy

9

Tern

Verge D9

Tern Verge D9 1枚目

Kelas mid-end, desain geometris dan groupset full Shimano

10

Brompton

C Line Urban

Brompton C Line Urban 1枚目

Tampil berkelas dengan desain klasik dan elegan

Perincian produk
Close
No.1

Sepeda lipat murah 1 jutaan dengan kelengkapan komplet

Kelebihan

  • Harganya murah dengan kelengkapan standar sepeda lipat masa kini

Kekurangan:

  • Masih menggunakan mechanical disk brake yang tidak seresponsif hidraulic brake
  • Bobot agak berat karena masih menggunakan frame steel

Kami merekomendasikan Odessy Phyton ini untuk Anda yang mencari sepeda lipat murah satu jutaan. Meskipun murah, kelengkapannya sudah komplet dan kompetitif dengan sepeda lipat lainnya yang lebih mahal. 


Beberapa kelengkapan di antaranya adalah penggunaan rem cakram, pengunci Quick Release (QR) dan rear derailleur Shimano Tourney TZ-31. Sepeda ini cocok dipilih sebagai sepeda lipat untuk pemula bagi remaja ataupun dewasa.

No.2

Pilihan warnanya beragam, dijamin anak suka

Kelebihan:

  • Terdapat boncengan di bagian belakang

Kekurangan:

  • Beberapa review menyebutkan bahan pelapis sadel kurang tebal dan remnya perlu dikencangkan dahulu

Ingin memberi kejutan untuk ultah anak? Berikan saja hadiah sepeda lipat EverGreen Folding 16. Ada lima pilihan warna yang bisa Anda pilih, yaitu red, black, gray, pink, dan purple. Anda jadi bisa memilih warna yang pas untuk anak laki-laki ataupun perempuan.


Bahan frame-nya merupakan hi-ten steel yang dijamin kuat dan awet. Ada pula sepatbor di kedua rodanya sehingga anak akan terlindungi saat melintas di genangan air. Sepeda ini juga dilengkapi boncengan sehingga anak dapat bersepeda bersama saudara atau temannya. Pasti seru!

No.3

Memiliki desain dan corak yang sporty

Kelebihan:

  • Frame sudah berbahan alloy

Kekurangan:

  • Masih menggunakan mechanical disc brake, belum hydraulic


Anda yang menginginkan sepeda lipat dengan corak dan desain sporty perlu melirik produk ini. Pacific NORIS 2.3 dilengkapi striping berkonsep shadow dan ditambah sejumlah komponen sepeda berwarna kuning keemasan. Hal ini membuat sepeda lipat Pacific NORIS 2.3 tampil trendy dan kekinian. Tentunya sepeda lipat ini sangat cocok dipakai untuk berolahraga atau untuk pergi ke kantor sekalipun.

No.4

ELEMENT MTBPolice Folding Bike Milan 8 Speed

Mulai dari Rp1.800.000,00

Hadirkan kesan manly berkat tulisan POLICE

Kelebihan:

  • Striping yang tampil beda dengan tema Police

Kekurangan:

  • Masih menggunakan mechanic disk brake, belum senyaman penggunaan rem cakram hidraulis


Untuk Anda yang kesulitan mencari sepeda lipat murah terbaik, produk dari Element ini mungkin dapat menjadi solusinya. Desainnya pun makin menarik berkat tulisan POLICE yang cukup mencolok. Saat menggunakannya, Anda akan terlihat lebih manly


Bukan hanya pas untuk usia remaja, sepeda lipat ini juga dapat digunakan oleh orang dewasa. Jangan khawatir terhadap kekuatan frame-nya karena produk ini berbahan hi-ten steel atau campuran besi dan baja. Mau digunakan untuk aktivitas gowes rute jarak jauh pun tentu tak masalah. 

No.5

London Taxi Folding Bike 206S

Mulai dari Rp4.980.000,00

Tampil stand out dengan gaya vintage

Kelebihan:

  • Bergaya retro layaknya sepeda Brompton, tetapi dengan harga yang lebih ramah di kantong

Kekurangan:

  • Frame berbahan steel sehingga bobotnya lebih berat


Produk sepeda merek London Taxi memang terkenal dengan konsepnya yang klasik dan vintage. Bukan tampilannya saja yang patut diberi acungan jempol, kenyamanannya pun akan membuat Anda puas. Ketika dilipat, produk ini ukurannya menjadi hanya 82 cm x 61 cm x 35 cm, lho!


Selain dilengkapi dengan sistem pengereman V-brake, shifter-nya dapat mengatur variasi kecepatan hingga enam transmisi. Bila Anda senang dengan konsep vintage dan ingin tampil stand out saat bersepeda, jangan lewatkan untuk membeli produk ini.

No.6

HIMOSepeda Lipat Elektrik Smart Moped BicycleZ20

Mulai dari Rp8.490.000,00

Nyalakan mode listriknya jika Anda lelah mengayuh!

Kelebihan:

  • Seatpost tiang tempat duduk dapat difungsikan sebagai pompa angin ban

Kekurangan:

  • Meskipun memiliki traksi yang bagus, tidak dianjurkan untuk penggunaan di medan terjal
  • Bobotnya jauh lebih berat dibanding sepeda lipat konvensional

Berbeda dari sepeda lipat biasanya, HIMO Z20 dibekali dengan penggerak elektrik. Anda bisa memilih untuk menggunakan salah satu dari tiga mode, yaitu mode pedal, mode campuran, dan mode elektrik. Pada mode campuran, sepeda akan berjalan dengan tenaga listrik saat Anda sudah lelah mengayuh. Jarak maksimalnya sekitar 80 km.


Lalu, mode full elektrik membawa Anda melaju secepat 25km/jam hingga jarak 55 km. Anda dapat memilih mode melalui panel layar di bagian handle bar. Panel tersebut juga memberikan informasi mengenai sisa baterai, jarak tempuh, dan kecepatan. Baterai sepeda ini berkapasitas 10.000 mAh dan membutuhkan sekitar lima jam untuk mengecasnya hingga penuh.

No.7

United BikeSTYLO 20 (20.1)

Mulai dari Rp2.250.000,00

Terdapat boncengan dan tempat barang di depan, cocok untuk wanita

Kelebihan:

  • Bisa untuk membawa barang dan berboncengan

Kekurangan:

  • Menggunakan sistem pengereman v-brake, sedikit kurang responsif dibanding rem cakram
  • Bobotnya cukup berat mencapai 15 kilogram

Sepeda lipat dari United ini memiliki desain dan konsep yang cocok untuk para wanita. Pasalnya, terdapat boncengan di bagian belakang dan tempat barang di bagian depan sepeda ini. Sepatbor di kedua rodanya juga memastikan pengendara terlindungi dari cipratan air saat melewati genangan atau di kala hujan. United Stylo ini terasa pas untuk menemani aktivitas harian para wanita ataupun remaja putri.

No.8

Bodi ringan berkat material alloy

Kelebihan:

  • Frame berbahan alloy sehingga bobot sepeda lebih ringan
  • Memiliki total 9 speed dengan groupset belakang Shimano Sora

Kekurangan:

  • Tidak terdapat tempat botol pada frame

Produk sepeda lipat Polygon ini hadir dengan desain kasual menggunakan frame berbahan alloy. Selain itu, produk ini merupakan sepeda lipat paling ringan di kelasnya, yakni hanya 12,4 kg. Tak heran, Polygon juga dikenal sebagai merek sepeda lipat lokal terbaik.


Dengan bobotnya yang ringan, sepeda ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang mengutamakan membawa sepeda saat bekerja atau bike-to-work. Tak masalah Anda membawa tas berisi laptop, mengayuh sepeda pun tidak akan membuat Anda cepat lelah. Dengan bersepeda setiap berangkat dan pulang kerja, badan menjadi lebih sehat, bukan?

No.9

Kelas mid-end, desain geometris dan groupset full Shimano

Kelebihan:

  • Total 9 speed menggunakan groupset belakang Shimano Acera
  • Menggunakan rem cakram hydraulic dari Shimano

Kekurangan:

  • Ukuran tapak bannya kecil, kurang cocok untuk menerabas jalanan berkerikil atau berpasir

Tern dikenal sebagai merek sepeda lipat yang bagus di kelas mid-end. Keunggulan dari Tern Verge D9 ini ada pada penggunaan rangka geometri yang dinamai T-Tuned™. Tern mengeklaim rangka T-Tuned™ dirancang untuk menghasilkan kenyamanan berkendara layaknya menggunakan sepeda ukuran besar. 


Pembuatan rangkanya menggunakan proses hydroforming guna menghasilkan material padat dan kaku untuk kestabilan sepeda saat dipakai. Pemakaian groupset Shimano juga menambah kualitas Tern Verge D9. Cocok dipakai untuk mobilitas tinggi sehari-hari, seperti pergi ke sekolah atau bekerja.

No.10

BromptonC Line Urban

Mulai dari Rp29.769.000,00

Tampil berkelas dengan desain klasik dan elegan

Kelebihan:

  • Sangat mudah dan praktis saat proses dilipat dan dibuka lagi

Kekurangan:

  • Ada reviewer yang bilang rodanya terlalu kecil untuk jalanan yang kasar

Brompton C Line Urban merupakan sepeda yang pas bagi Anda yang mengedepankan pride dan suka tampil classy. Bagaimana tidak? Nama Brompton dikenal sebagai merek sepeda lipat mahal dan berkelas. Di antara ketiga pilihan handle bar-nya, Anda bisa memilih mid handle bar untuk menambah kesan elegan. 


Brompton juga sekaligus dikenal sebagai sepeda yang paling efisien dan ringkas ketika dilipat. Sepeda ini hanya berukuran 64,5 cm x 58,5 cm x 27 cm saja dan dengan bobot 11 kilogram. Sangat ringkas, bukan? Dibawa masuk ke KRL atau kendaraan lainnya pun juga praktis dan ringan.

Pilih sepeda yang dilengkapi dengan tas untuk dibawa ke dalam transportasi umum

Pilih sepeda yang dilengkapi dengan tas untuk dibawa ke dalam transportasi umum

Jika Anda akan membawa sepeda lipat ke dalam transportasi umum, Anda akan memerlukan tasnya juga. Hanya karena sepeda terebut dapat dilipat, Anda tidak serta-merta dapat membawanya begitu saja ke dalam kereta, apalagi jika bagian pedal atau rodanya sampai mencuat keluar.


Dengan wadah yang pas dengan ukuran sepedanya, Anda pun tidak harus membeli tas lagi. Namun, jika memang tidak tersedia, Anda dapat mencoba memakai tas sepeda biasa.

Baca juga rekomendasi produk sepeda lainnya di sini

Selain sepeda lipat, masih banyak lagi artikel mengenai jenis sepeda lainnya yang dapat Anda baca. Untuk itu, kami telah memilih delapan artikel sepeda terbaik dari berbagai model, seperti BMX, road bike, MTB, dan lainnya. Jika Anda penasaran, silakan klik tautan di bawah ini!

Kesimpulan

Kami telah mengulas sepuluh rekomendasi sepeda lipat terbaik, baik produk dengan ban 16 inci maupun 20 inci. Saat membeli sepeda lipat secara online, jangan lupa tetap menggunakan poin-poin yang telah kami jelaskan sebelumnya, ya!


Hal terpenting dalam memilih sepeda lipat adalah menyesuaikannya dengan kebutuhan, kenyamanan, dan budget yang Anda miliki. Dengan begitu, bersepeda akan lebih berkesan dan menyenangkan. Selamat gowes dan berolahraga menggunakan sepeda lipat kesayangan!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer