• 10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Sepeda lipat atau seli merupakan jenis sepeda yang cukup digemari karena desainnya yang menarik dan mudah dibawa bepergian. Di pasaran sendiri, Anda akan menemukan banyak merk sepeda lipat yang bagus, seperti Polygon, United Bike, hingga PACIFIC BIKE. Harga sepeda lipat sendiri bervariasi tergantung jenis bahan dan keunggulannya. Ada sepeda lipat dengan harga 2 jutaan, 3 jutaan, hingga puluhan juta. 

Nah, supaya Anda tidak kebingungan, kami akan mengulas tips memilih sepeda lipat yang bagus. Temukan rekomendasi produk sepeda lipat yang murah dan berkualitas dengan membaca artikel ini sampai tuntas.

  • Pembaharuan terakhir: 11 Oktober 2021
  • 597.516 Views
Daftar isi

Cara memilih sepeda lipat

Sepeda lipat yang dijual melalui e-commerce memiliki banyak pilihan tipe dan model. Berat, ukuran ban, hingga aksesori pendukung penting untuk Anda cek sebelum membeli sepeda lipat. Supaya Anda tidak salah pilih, simak poin-poin cara memilih berikut ini. 

Periksa beratnya agar lebih praktis dibawa-bawa

Periksa beratnya agar lebih praktis dibawa-bawa

Salah satu keunggulan dari sepeda lipat adalah mudah dibawa saat bepergian. Jika Anda menggunakan mobil pribadi, berat sepeda lipat tentu tidak jadi masalah. Namun, bagaimana jika Anda ingin membawanya menggunakan transportasi umum, seperti kereta dan bus umum? Jadi, supaya Anda tidak repot saat membawa sepeda lipat, pilihlah produk dengan berat antara 10 hingga 13 kg.

Cek material frame

Cek material frame

Jenis material frame akan memengaruhi seberapa kuat sepeda dalam menerima beban. Selain itu, material frame juga sangat memengaruhi bobot sepeda. Umumnya, material yang sering digunakan dalam pembuatan sepeda lipat, yaitu hi-ten steel, chromoly, dan alloy


Untuk memudahkan Anda membedakan kualitasnya, simak penjelasan singkat berikut ini. 


  • Hi-ten steel: kuat dan harganya murah. 

  • Chromoly: tahan karat dan bentuknya lebih bervariasi. 

  • Alloy atau aluminium: ringan, tetapi mudah penyok dan tergores. 

Cari tahu juga ukuran sepeda saat dilipat

Cari tahu juga ukuran sepeda saat dilipat

Salah satu pertimbangan seseorang dalam memilih sepeda lipat adalah ukurannya yang lebih ramping dibanding sepeda biasa. Hal ini tentu akan membuat Anda lebih mudah menyimpannya di garasi atau bagasi mobil tanpa memakan banyak tempat. 


Biasanya, ukuran sepeda yang sudah terlipat memiliki panjang 60 hingga 80 cm. Bahkan, ada juga produk sepeda dalam keadaan terlipat dengan panjang lebih dari 1 m. Makin kecil ukuran sepeda saat dilipat, makin mudah Anda membawa dan menyimpannya. Untuk itu, cek ukuran sepeda dalam keadaan terlipat supaya lebih praktis saat dibawa bepergian. 

Pertimbangkan produk dengan jumlah lipatan sedikit

Pertimbangkan produk dengan jumlah lipatan sedikit

Selain memeriksa ukuran sepeda saat dilipat, cek juga seberapa banyak komponen yang dapat dilipat. Makin sedikit komponen yang bisa dilipat, makin mudah Anda dalam menggunakan sepeda. Untuk itu, pastikan bagian mana saja yang dapat dilipat, ya!


Biasanya, komponen sepeda yang dapat dilipat meliputi setang kemudi dan rangka atau frame sepeda. Ada juga produk yang hanya bisa dilipat bagian setang kemudinya. Nah, yang paling menarik tentu produk yang dapat dilipat pada bagian setang, kerangka, hingga bagian lainnya. 


Di samping itu, perlu Anda ingat juga, makin banyak komponen yang dapat dilipat, makin banyak juga usaha yang harus dikerahkan. Jadi, pikirkan secara matang juga seberapa sering Anda dalam menggunakan sepeda lipat. 

Ketahui ukuran bannya

Ketahui ukuran bannya

Pada umumnya, sepeda lipat yang dijual di pasaran memiliki diameter ban 16 dan 20 inci. Makin kecil ukuran bannya, makin banyak kayuhan sepedanya. Hal ini tentunya akan membuat Anda sulit bersepeda dengan cepat. Meski bisa melaju kencang, tenaga Anda akan lebih cepat terkuras. 


Memang, ukuran ban yang kecil membuatnya terlihat ringkas saat dilipat dan dibawa bepergian. Namun, ukuran ban yang kecil membuat sepeda mudah terguncang di medan bergelombang dan sulit untuk menjaga keseimbangan. Sebaliknya, ukuran ban yang besar memungkinkan Anda untuk dapat membawa sepeda bisa melaju lebih cepat. 


Jadi, jika penggunaan sepeda lipat lebih banyak untuk aktivitas santai, pilihlah produk dengan ukuran ban 16 inci. Sementara jika Anda membutuhkan sepeda lipat untuk bekerja atau sekolah, pilihlah produk dengan diameter ban 20 inci


Jika suka ngebut, pilih sepeda dengan gear ratio besar

Jika suka ngebut, pilih sepeda dengan gear ratio besar

Selain mengecek ukuran bannya, pertimbangkan pula sepeda lipat yang memiliki gear ratio besar. Gear ratio merupakan perbandingan jumlah gerigi pada gear satu dengan lainnya yang terhubung melalui rantai. Makin banyak jumlah gerigi pada gear sepeda depan, makin besar angka gear ratio-nya. Sebaliknya, makin besar gerigi pada gear belakang, makin kecil angka gear ratio-nya


Sebagai contoh, gear depan sepeda memiliki jumlah gerigi sebanyak 40 buah dan gear belakang sebanyak 20 buah. Dengan begitu, nilai gear ratio-nya adalah jumlah gigi depan dibagi jumlah gigi belakang sehingga menjadi, 40 : 20 = 2. Artinya, dalam satu kali putaran gear depan akan menghasilkan dua kali putaran pada gear belakang. 


Untuk memudahkan Anda memahami fungsi gear ratio, simak ulasan berikut ini. 


  • Gear ratio kecil: digunakan untuk jalanan menanjak supaya kayuhan lebih ringan, lebih sulit mencapai kecepatan maksimal. 

  • Gear ratio besar: digunakan pada jalanan yang rata atau turunan, mengebut pun makin mudah!

Untuk kemudahan berkendara di berbagai medan, cek keberadaan shifter

Untuk kemudahan berkendara di berbagai medan, cek keberadaan shifter

Shifter adalah bagian sepeda yang digunakan untuk memindahkan gigi. Sepeda lipat yang dilengkapi shifter akan memudahkan Anda dalam menentukan level kayuhan. Hal ini sangat berguna apabila Anda bersepeda di jalan yang menanjak. 


Pengaturan shifter pada sepeda lipat pun beragam, mulai dari 4 hingga 10 speed. Namun, perlu diingat juga, makin banyak jumlah speed bukan berarti sepeda tersebut dapat melaju dengan sangat cepat. Banyaknya speed pada shifter menunjukkan banyaknya variasi gear ratio.


Dari sisi pengoperasiannya, terdapat tiga jenis shifter yang umum digunakan. Untuk itu, pilihlah jenis shifter yang menurut Anda paling pas. 


  • Revo atau grip shifter: dioperasikan dengan cara memutar handgrip.

  • Thumb shifter: difungsikan dengan cara mendorong atau menarik shifter menggunakan jempol.

  • Rapid fire plus shifter: menggunakan jempol untuk tuas bawah dan telunjuk untuk tuas atas. 

Selain itu, untuk Anda yang tidak terlalu suka mengayuh pedal, pilihlah sepeda yang didukung tenaga elektrik. Meskipun harganya relatif tinggi, keuntungan yang ditawarkan pun akan sepadan. Dengan bantuan tenaga elektrik, Anda dapat menghemat banyak tenaga.

Cek aksesori pendukungnya

Cek aksesori pendukungnya

Setelah Anda mengetahui komponen apa saja yang harus dicek saat memilh sepeda lipat, mungkin Anda penasaran dengan harganya, bukan? Nah, berapa harga sepeda lipat, baik ukuran ban 16 inci dan ban besar 20 inci itu? Harga sepeda lipat tentunya juga dipengaruhi oleh aksesori pendukungnya


Untuk itu, pilihlah sepeda lipat dengan kelengkapan aksesori yang Anda butuhkan. Sebagai contoh, untuk Anda yang menginginkan sepeda untuk berboncengan, pilihlah produk yang dilengkapi dengan boncengan. Namun, pastikan bahwa material frame sepeda cukup kuat untuk menerima beban dua orang. 

10 Rekomendasi sepeda lipat terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sepeda lipat terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee dan Tokopedia.

10
Berat11,6 kg
Material frame6061 alloy frame
Ukuran roda20 inci
Fungsi elektrikTidak ada
Shifter3 speed
Aksesori pendukung Boncengan, sepatbor
9

BromptopnM6L Racing Green - Battery lighting

M6L0GGBB60AM000000020110000000

Mulai dari Rp 33.000.000,00

Berat12,3 kg
Material frameSteel
Ukuran rodaTidak disebutkan
Fungsi elektrikTidak ada
Shifter6 speed
Aksesori pendukung Lampu, sepatbor
8

United BikeBlack Horse "Janji Jiwa"

Mulai dari Rp 6.650.000,00

BeratTidak disebutkan
Material frameChromoly folding blackhorse
Ukuran roda16 inci
Fungsi elektrikTidak ada
Shifter10 speed
Aksesori pendukung Tidak disebutkan
7

ELEMENT MTBFolding Bike Ecosmo 10sp Edisi Filosofi Kopi

Mulai dari Rp 5.350.000,00

Berat13,8 kg
Material frameAlloy
Ukuran roda20 inci
Fungsi elektrikTidak ada
Shifter10 speed
Aksesori pendukung Tidak disebutkan
6
Berat14 kg
Material frameHigh-ten steel folding frame
Ukuran roda20 inci
Fungsi elektrikTidak ada
Shifter6 speed
Aksesori pendukung Sepatbor
5

ELEMENT MTBPolice Folding Bike Milan 8 Speed

Mulai dari Rp 2.100.000,00

Berat16 kg
Material frameHi-ten steel
Ukuran roda20 inci
Fungsi elektrikTidak ada
Shifter8 speed
Aksesori pendukung Tidak disebutkan
4

ODESSYXYLO 20″ Folding Bike 8S

FD-2039

Mulai dari Rp 3.100.000,00

BeratTidak disebutkan
Material frameAlloy
Ukuran roda20 inci
Fungsi elektrikTidak ada
Shifter8 speed
Aksesori pendukung Tidak disebutkan
3
BeratTidak disebutkan
Material frameHi-ten steel folding frame 16″
Ukuran roda16 inci
Fungsi elektrikTidak ada
Shifter8 speed
Aksesori pendukung Tidak disebutkan
2
BeratTidak disebutkan
Material frameHi-ten steel folding
Ukuran roda16 inci
Fungsi elektrikTidak ada
ShifterTidak disebutkan
Aksesori pendukung Boncengan, sepatbor
1

XiaomiQicycle EF1 Sepeda Lipat Elektrik

Mulai dari Rp 9.877.740,00

Berat14,5 kg
Material frameAlloy atau aluminium
Ukuran roda16 inci
Fungsi elektrikAda
ShifterTidak disebutkan
Aksesori pendukung Tidak disebutkan

Tabel perbandingan produk sepeda lipat terbaik

Gambar produk
1
Xiaomi Qicycle EF1 Sepeda Lipat Elektrik 1

Xiaomi

2
EverGreen Folding 16 1

EverGreen

3
PACIFIC BIKE FLUX 3.5 16″ 1

PACIFIC BIKE

4
ODESSY XYLO 20″ Folding Bike 8S 1

ODESSY

5
ELEMENT MTB Police Folding Bike Milan 8 Speed 1

ELEMENT MTB

6
London Taxi  FDB 20 ST 1

London Taxi

7
ELEMENT MTB Folding Bike Ecosmo 10sp Edisi Filosofi Kopi 1

ELEMENT MTB

8
United Bike Black Horse "Janji Jiwa"  1

United Bike

9
Bromptopn M6L Racing Green - Battery lighting 1

Bromptopn

10
Polygon Urbano I3 1

Polygon

Nama produk

Qicycle EF1 Sepeda Lipat Elektrik

Folding 16

FLUX 3.5 16″

XYLO 20″ Folding Bike 8S

Police Folding Bike Milan 8 Speed

FDB 20 ST

Folding Bike Ecosmo 10sp Edisi Filosofi Kopi

Black Horse "Janji Jiwa"

M6L Racing Green - Battery lighting

Urbano I3

Keunggulan

Sepeda listrik pintar dengan segudang fitur

Pilihan warnanya beragam, dijamin anak suka

Ukuran dan desainnya pas untuk anak usia sekolah

Bongkar pasang roda tanpa ribet

Hadirkan kesan manly berkat tulisan POLICE

Tampil stand out dengan gaya vintage

Bersepeda lebih fleksibel dan aman

Kombinasi gaya modern dan klasik yang keren

Penampilan premium dengan desain yang sporty

Bodi ringan berkat material alloy

Harga mulai dariRp 9.877.740,00Rp 995.000,00Rp 2.900.000,00Rp 3.100.000,00Rp 2.100.000,00Rp 4.580.000,00Rp 5.350.000,00Rp 6.650.000,00Rp 33.000.000,00Rp 6.210.000,00
Berat14,5 kgTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan16 kg14 kg13,8 kgTidak disebutkan12,3 kg11,6 kg
Material frameAlloy atau aluminiumHi-ten steel foldingHi-ten steel folding frame 16″AlloyHi-ten steelHigh-ten steel folding frameAlloyChromoly folding blackhorseSteel6061 alloy frame
Ukuran roda16 inci16 inci16 inci20 inci20 inci20 inci20 inci16 inciTidak disebutkan20 inci
Fungsi elektrikAdaTidak adaTidak adaTidak adaTidak adaTidak adaTidak adaTidak adaTidak adaTidak ada
ShifterTidak disebutkanTidak disebutkan8 speed8 speed8 speed6 speed10 speed10 speed6 speed3 speed
Aksesori pendukung Tidak disebutkanBoncengan, sepatborTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanSepatborTidak disebutkanTidak disebutkanLampu, sepatborBoncengan, sepatbor
Tautan produk

Pilih sepeda yang dilengkapi dengan tas untuk dibawa ke dalam transportasi umum

Pilih sepeda yang dilengkapi dengan tas untuk dibawa ke dalam transportasi umum

Jika Anda akan membawa sepeda lipat ke dalam transportasi umum, Anda akan memerlukan tasnya juga. Hanya karena sepeda terebut dapat dilipat, Anda tidak serta-merta dapat membawanya begitu saja ke dalam kereta, apalagi jika bagian pedal atau rodanya sampai mencuat keluar.


Dengan wadah yang pas dengan ukuran sepedanya, Anda pun tidak harus membeli tas lagi. Namun, jika memang tidak tersedia, Anda dapat mencoba memakai tas sepeda biasa.

Baca juga rekomendasi produk sepeda lainnya di sini

Selain sepeda lipat, masih banyak lagi artikel mengenai jenis sepeda lainnya yang dapat Anda baca. Untuk itu, kami telah memilih delapan artikel sepeda terbaik dari berbagai model, seperti BMX, road bike, MTB, dan lainnya. Jika Anda penasaran, silakan klik tautan di bawah ini!

Kesimpulan

Kami telah mengulas sepuluh rekomendasi sepeda lipat terbaik, baik produk dengan ban 16 maupun 20 inch. Saat ingin membeli sepeda lipat secara online, jangan lupa untuk tetap menggunakan poin-poin yang telah kami jelaskan sebelumnya, ya!


Hal terpenting dalam memilih sepeda lipat adalah menyesuaikannya dengan kebutuhan, kenyamanan, dan budget yang Anda miliki. Dengan begitu, bersepeda akan lebih berkesan dan menyenangkan. Selamat gowes dan berolahraga menggunakan sepeda lipat kesayangan!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sepeda Balap (Road Bike) Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sepeda Balap (Road Bike) Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021)
    Sepeda balap atau road bike merupakan moda transportasi yang banyak disukai karena murah, menyehatkan, dan ramah lingkungan. Road bike yang saat ini beredar di pasaran tersedia dalam berbagai tipe. Sebut saja keluaran merk-merk ternama, seperti Polygon, United, Pacific, Element, dan sebagainya. Komponennya pun tergolong banyak sehingga acap kali membuat bingung, khususnya bagi para pemula.Untuk itu, kami akan menjelaskan poin-poin yang perlu diperhatikan ketika memilih road bike. Kemudian, kami akan memperkenalkan rekomendasi produk untuk mengakomodasi berbagai kebutuhan bersepeda Anda. Simak informasinya dan temukan road bike favorit Anda di sini!
    Sepeda
    296.387 Views
  • 10 Rekomendasi Sepeda Gunung Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sepeda Gunung Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021)
    Sepeda gunung dapat digunakan untuk berbagai macam medan. Mulai dari jalanan kota yang mulus sampai jalanan pegunungan yang tidak rata bisa Anda tempuh. Ketika memilih sepeda gunung untuk pertama kali, Anda pasti bingung karena terdapat banyak jenis sepeda gunung di pasaran.Produsen ternama seperti United, Polygon, Viva Cycle, dan berbagai produsen sepeda lainnya juga banyak mengeluarkan produk sepeda gunung. Oleh karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta merekomendasikan sepuluh sepeda gunung terbaik untuk pemula. Pilihlah yang paling Anda sukai dan sesuai dengan kebutuhan!
    Sepeda
    510.676 Views
  • 10 Rekomendasi Sepeda Hybrid Terbaik yang Cocok untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sepeda Hybrid Terbaik yang Cocok untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021)
    Sepeda hybrid adalah kombinasi antara sepeda gunung (mountain bike) dan sepeda balap (road bike). Sepeda ini banyak digemari karena cukup tangguh dan dapat digunakan di berbagai medan. Selain Polygon, ada juga Pacific Bike dan United Bike yang menjual sepeda hybrid dengan berbagai model. Nah, untuk Anda yang masih baru dalam dunia sepeda pasti bingung memilih mana yang tepat. Jadi, kami akan memperkenalkan cara memilih sepeda hybrid yang tepat untuk pemula. Simak pula rekomendasi produknya dan temukan sepeda hybrid yang siap dibawa melenggak-lenggok di jalanan!
    Sepeda
    147.075 Views
  • 10 Rekomendasi Sepeda Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sepeda Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Anak-anak sangat menyukai sepeda, tetapi mereka butuh belajar keseimbangan terlebih dahulu sebelum mengendarainya. Itulah sebabnya sepeda anak muncul dengan tambahan roda di belakangnya, bisa dengan satu atau dua roda. Bahkan, saat ini ada juga sepeda tanpa pedal yang disebut balance bike.Meski begitu, banyaknya sepeda anak keluaran Thrill, Polygon, United Bike, atau Strider bisa saja membuat Anda bingung untuk memilih. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan rekomendasi sepeda anak terbaik. Dengan begitu, Anda pun akan makin mudah menemukan produk yang paling tepat. Selamat membaca!
    Sepeda
    88.969 Views
  • 10 Rekomendasi Sepeda Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sepeda Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Pada masa pandemi ini, tren bersepeda kian menjamur. Tak heran jika peminat sepeda makin tinggi, tak terkecuali dengan sepeda listrik. Di Indonesia sendiri ada banyak merk sepeda listrik buatan lokal maupun luar negeri yang dijual di pasaran.Agar Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilih sepeda listrik yang bagus. Tak hanya itu, kami juga merekomendasikan sepuluh merk sepeda listrik terkenal, misalnya Xiaomi, Polygon Bikes, dan Jarvis. Jadi, simak artikel ini sampai akhir, ya. Selamat memilih!
    Sepeda
    5.675 Views
  • 10 Rekomendasi Sepeda BMX Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sepeda BMX Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021)
    Saat ini, BMX menjadi salah satu olahraga menantang yang populer di kalangan anak muda. Dengan menggunakan sepeda BMX, Anda bisa mendapatkan pengalaman menantang yang menjadi kesenangan tersendiri. Ada beberapa jenis BMX yang bisa Anda temukan tergantung dengan jenis aktivitas dan medan yang ingin ditaklukkan.Kali ini, kami akan menjelaskan bagaimana cara memilih sepeda BMX untuk pemula. Kemudian, kami juga akan mengulas beberapa produk terbaik, seperti Polygon, Wimcycle, dan produk lainnya. Bacalah dengan teliti dan temukan BMX yang akan menjadi teman Anda berpetualang.
    Sepeda
    42.964 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori