• 10 Nursing Pillow (Bantal Menyusui) Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Nursing Pillow (Bantal Menyusui) Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Nursing Pillow (Bantal Menyusui) Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Nursing Pillow (Bantal Menyusui) Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Nursing Pillow (Bantal Menyusui) Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Nursing Pillow (Bantal Menyusui) Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2021)

Anda sedang mempersiapkan kelahiran sang buah hati? Anda mungkin sudah pernah mendengar mengenai nursing pillow atau bantal menyusui. Sebenarnya, bantal ini tidak hanya dipakai saat menyusui saja. Banyak merek, seperti Omiland, CuddleMe, dan lainnya yang menawarkan bantal menyusui multifungsi. Bantal menyusui hadir dalam berbagai varian bahan, bentuk, dan jenis bantal.

Berbagai pilihan ini terkadang membuat Anda makin bingung untuk membeli produk yang sesuai. Artikel ini akan membantu Anda untuk memilih bantal menyusui yang bagus dan sesuai keperluan Anda. Tidak ketinggalan, bidan Ony Christy juga akan memberikan informasi tambahan untuk Anda. 

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Ony Christy
  • Pembaharuan terakhir: 14 Desember 2021
Daftar isi

Profil pakar: Bidan, Ony Christy

Profil pakar: Bidan, Ony Christy

Ony Christy adalah bidan lulusan jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Wanita yang akrab dipanggil Bidan Kriwil ini memiliki pengalaman bekerja selama 6 tahun di Rumah Sakit Bethesda, Yogyakarta. Saat ini bidan Ony aktif menjadi content creator yang giat memberikan edukasi melalui media sosialnya. Tengok Instagram, YouTube, atau blognya untuk tahu informasi seputar kesehatan ibu dan anak.

Perlukah memiliki bantal khusus menyusui?

Perlukah memiliki bantal khusus menyusui?

Bantal menyusui atau nursing pillow merupakan produk yang dapat membantu ibu saat menyusui bayi. Bantal ini dapat memberikan support tambahan sehingga ibu tidak perlu membungkukkan punggung atau menopang kepala bayi dengan lengan. Berkat produk ini, ibu bisa lebih relaks dan nyaman saat menyusui sang buah hati. 


Banyak yang beranggapan bahwa membeli nursing pillow tidaklah penting dan hanya sekedar menghabiskan uang. Namun, sebenarnya para ibu tidak akan langsung terbiasa menyusui bayi dengan posisi yang benar.


Bayi pun tidak dapat meminum ASI (air susu ibu) dengan baik jika posisinya salah atau tidak nyaman. Bantal ini dapat membantu agar posisi bayi selalu stabil dan nyaman bagi si kecil maupun ibu saat menyusui.


Bayi yang baru lahir harus disusui setiap 2-3 jam sekali. Itu berarti, bayi tersebut akan meminum ASI sekitar sepuluh kali sehari. Sementara berat badan bayi yang baru lahir kurang lebih 3 kg. 


Lama-kelamaan ibu akan merasa pegal saat menopang bayi menggunakan satu lengan dan memperbaiki posisi dengan lengan yang lainnya. Padahal, menopang bayi dengan lengan secara terus-menerus dapat membebani bahu, lengan, dan pinggul ibu.


Nursing pillow dapat menjadi solusi tepat untuk meringankan beban ibu saat menyusui. Cobalah dan rasakan manfaatnya!

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Posisi menyusui yang benar sangat berpengaruh terhadap keberhasilan menyusui. Posisi menyusui yang kurang tepat dapat meningkatkan risiko terjadinya puting lecet. Selain itu, hal tersebut dapat menyebabkan berkurangnya produksi ASI karena bayi tidak menyusu secara optimal.


Bantal menyusui dapat membantu ibu menyusui dengan lebih relaks dan nyaman. Dengan bantal menyusui, tubuh bayi jadi tersangga dengan baik dan ibu tidak terlalu lelah menopang bayi. Dengan demikian, proses menyusui pun menjadi lebih nyaman, baik bagi ibu maupun bayi.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih bantal menyusui

Ada beberapa poin yang harus diperhatikan supaya Anda dapat memilih bantal menyusui yang pas dengan kebutuhan. Mari simak pembahasannya di bawah ini!

Pilih berdasarkan kegunaannya

Secara umum, ada tiga tipe bantal menyusui dengan manfaat yang berbeda-beda. Pilihlah tipe dengan kegunaan yang paling sesuai kebutuhan Anda.

Bentuk huruf "U" untuk menopang bayi saat duduk

Bentuk huruf "U" untuk menopang bayi saat duduk

Tipe yang paling standar adalah bantal menyusui dengan bentuk huruf "U". Tipe ini dapat digunakan sebagai sandaran untuk menopang pinggang ibu. Selain mudah digunakan, tipe ini dapat memberikan topangan yang stabil untuk Anda dan bayi.


Saat bayi mulai belajar duduk sendiri, bantal ini juga dapat digunakan untuk memberikan support kepada si kecil. Bayi yang belum terbiasa duduk sering kehilangan keseimbangan dan terjungkir secara tiba-tiba. Hal itu tidak akan menjadi masalah jika Anda menyandarkan bayi dengan bantal ini. Anda dapat lebih tenang mengawasi sang buah hati tanpa takut ia terjatuh saat berlatih duduk.


Dengan ukuran yang tepat, bantal ini bisa dijadikan bantal guling untuk ibu hamil serta bantal tidur bayi. Meskipun masa menyusui telah selesai, bantal ini masih dapat digunakan dalam jangka waktu lama.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Bantal berbentuk huruf U dapat digunakan untuk ibu yang menyusui dengan posisi side-lying position atau tummy to tummy. Bantal bentuk U dapat membantu menopang punggung ibu dan sekaligus menjadi alas bagi bayi. Bantal ini sebenarnya bisa digunakan sejak hamil hingga setelah persalinan.


Saat hamil, posisi tidur yang disarankan untuk ibu adalah miring ke kiri supaya aliran oksigen untuk bayi dapat berjalan lancar. Bantal U dapat membantu menopang punggung dan perut secara bersamaan sehingga ibu lebih nyaman dan tidurnya lebih berkualitas.

Bentuk sabit yang dapat digunakan sejak masa kehamilan

Bentuk sabit yang dapat digunakan sejak masa kehamilan

Jika Anda menginginkan bantal yang dapat digunakan saat sebelum dan sesudah melahirkan, kami merekomendasikan tipe berbentuk bulan sabit. Seperti namanya, tipe ini berbentuk setengah lingkaran dan biasanya memiliki pengait berbentuk kancing pada ujungnya. Saat menyusui, Anda dapat melilitkannya di pinggang dan mengaitkan kedua ujungnya di belakang tubuh Anda.


Bantal tipe ini dapat digunakan sebagai bantal peluk selama masa kehamilan. Sering kali ibu hamil tidur dalam posisi menyamping karena lebih nyaman untuk perut mereka. Saat tidur dengan posisi tersebut, bantal berbentuk sabit dapat menopang perut agar ibu dapat tertidur dengan lebih nyenyak.


Jika isian bantal lebih padat, tipe ini juga dapat digunakan untuk menopang bayi saat duduk. Bantal tipe sabit ini dapat digunakan untuk waktu yang lama selama masa kehamilan hingga postnatal. Tipe ini juga direkomendasikan bagi Anda yang ingin memiliki, tetapi belum yakin dengan kegunaan nursing pillow.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Bantal berbentuk bulan sabit lebih mudah disesuaikan dengan bentuk tubuh ibu dan mampu memberikan dukungan pada lengan ibu. Beberapa bantal dilengkapi dengan sabuk pengaman yang membuat bantal dapat melekat erat pada tubuh ibu. 


Hal ini membuat posisi bantal tidak mudah bergeser sehingga bayi nyaman saat menyusu. Namun, ingat, pastikan bantal dapat menyangga kepala dan leher bayi dengan baik saat bayi sedang menyusu. 

Bentuk "C-curve" yang bisa dijadikan tempat tidur bayi

Bentuk "C-curve" yang bisa dijadikan tempat tidur bayi

Tipe C-curve merupakan bantal yang umumnya berbentuk persegi panjang dan memiliki lekukan pada bagian tengahnya. Lekukan ini sesuai dengan lekukan punggung bayi saat masih berada dalam perut ibu.


Dengan tipe ini, bayi yang tertidur saat menyusui dapat dibiarkan beristirahat di atas bantal tanpa harus dipindah. Si kecil dapat melanjutkan tidurnya dengan tenang tanpa terbangun akibat perubahan posisi.


Setelah masa menyusui, bantal ini bisa digunakan sebagai tempat tidur sementara untuk bayi. Tipe ini direkomendasikan bagi ibu dengan bayi yang mudah terbangun, atau sedang mencari alas tidur siang untuk bayi.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Bantal dengan bentuk C-curve dapat dipakai untuk bayi yang aktif atau mudah terbangun saat tidur. Dengan bantal ini, ibu tidak perlu khawatir saat memindahkan bayinya. Bantal ini juga dapat digunakan untuk alas saat menyusui dengan posisi football hold.


Posisi football hold adalah posisi menyusui dengan cara menjepit bayi pada salah satu sisi tubuh ibu atau di bawah lengan ibu. Posisi ini cocok bagi ibu dengan puting besar atau yang putingnya tenggelam. Ibu pasca melahirkan caesar atau ibu yang bayinya sulit menemukan puting ibu juga direkomendasikan memilih bantal ini.

Perhatikan tingkat ketebalan dan kepadatan bantal

Perhatikan tingkat ketebalan dan kepadatan bantal
Bantal menyusui yang tebal membantu meninggikan posisi bayi sehingga Anda tidak perlu membungkuk saat menyusui. Selain itu, perhatikan juga tingkat kepadatan bantal. Bantal dengan tingkat kepadatan yang sesuai dapat menyokong bobot tubuh bayi sehingga tubuhnya tidak tenggelam ke dalam bantal.

Untuk bisa mendapatkan produk yang tepat, sesuaikanlah bantal dengan tubuh Anda. Ukuran bantal yang terlalu besar akan merepotkan Anda. Bantal dengan ukuran yang pas dapat menjaga stabilitas Anda ketika menyusui.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Pilihlah bantal yang sesuai dengan tubuh ibu yang tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah. Ukuran bantal yang tidak sesuai dapat menyulitkan ibu saat menyusui. Selain itu, ukuran bantal yang salah juga dapat menyebabkan posisi menyusui dan pelekatan bayi menjadi tidak optimal. 


Hal ini juga bisa menyebabkan puting menjadi lecet, ASI tidak keluar secara maksimal, atau terjadinya bendungan ASI pada payudara. Bantal yang terlalu lembut dan empuk juga bisa membuat bayi terbenam dalam bantal. Kondisi ini meningkatkan risiko terjadinya SIDS (sudden infant death syndrome) pada bayi. Karena itu, pilihlah bantal yang kepadatannya pas dan aman bagi bayi. 

Lebih higienis jika dapat dicuci seluruhnya

Lebih higienis jika dapat dicuci seluruhnya
Tumpahan ASI, keringat, dan air liur bayi dapat dengan mudah mengotori bantal menyusui tanpa Anda sadari. Kotoran tersebut dapat membuat bakteri dan kuman bersarang pada bantal menyusui. Jika tidak berhati-hati, bakteri tersebut dapat membuat bayi Anda terkena penyakit. Tentunya Anda ingin si kecil tetap sehat, bukan?

Agar kebersihan bantal dapat selalu terjaga, kami menyarankan Anda memilih produk yang dapat dicuci secara menyeluruh. Bantal tersebut juga harus dapat mempertahankan bentuknya meski dicuci total


Anda juga bisa memilih produk dengan sarung bantal yang dapat dicuci dan mudah diganti. Jika mendadak bantal menjadi kotor pun, Anda hanya perlu mengganti sarungnya saja. Karena bantal akan sering digunakan, pilihlah produk yang mudah dibersihkan.

10 Rekomendasi nursing pillow (bantal menyusui) terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk nursing pillow (bantal menyusui) terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari bidan Ony Christy.

10

Red CastleBaby Big Flopsy Maternity Pillow

Mulai dari Rp 1.311.750,00

TipeC-curve・Sabit
Support dudukBisa
Digunakan sebagai gulingBisa
Bisa dicuciBisa
UkuranTidak dijelaskan
BahanMicro beads・Katun
9
TipeArm nursing pillow
Support dudukTidak
Digunakan sebagai gulingTidak
Bisa dicuciBisa
Ukuran25 x 20 x 12 cm
BahanKatun
8

ChugBogBantal Menyusui + Bantal Tangan Bamboo Series

CBB1005

Mulai dari Rp 98.000,00

TipeHuruf "U"
Support dudukBisa
Digunakan sebagai gulingTidak
Bisa dicuciBisa
Ukuran57 cm x 62 cm x 10 cm
BahanSilikon ・Katun
7

ClevaMamaClevaCushion Nursing Pillow & Baby Nest

Mulai dari Rp 1.120.000,00

TipeHuruf "U"・C-curve
Support dudukBisa
Digunakan sebagai gulingBisa
Bisa dicuciDicuci dengan tangan
UkuranTidak dijelaskan
BahanClevaFoam® ・Polyester
6
Tipe Huruf "U"・C-curve
Support dudukBisa
Digunakan sebagai gulingTidak
Bisa dicuciHanya cover
Ukuran96 x 55 cm
BahanPolyester・Katun
5
TipeHuruf "U"
Support dudukBisa
Digunakan sebagai gulingTidak
Bisa dicuciTidak dijelaskan
UkuranTidak dijelaskan
BahanBusa high density
4
TipeHuruf "U"
Support dudukBisa
Digunakan sebagai gulingTidak
Bisa dicuciHanya cover
Ukuran50 x 40 x 10 cm
BahanSpons・Fleece・Nylon polyurethane
3

LittlekikyPaket Bantal dan Apron Menyusui

Mulai dari Rp 140.000,00

TipeHuruf "U"
Support dudukBisa
Digunakan sebagai gulingTidak
Bisa dicuciHanya cover
UkuranBantal 65 cm x 50 cm x 18 cm ・Apron 95 cm x 70 cm
BahanSilikon grade A
2
TipeHuruf "U"
Support dudukBisa
Digunakan sebagai gulingTidak
Bisa dicuciBisa
Ukuran63 cm x 49 cm x 18 cm
BahanDakron silikon ・Katun
1

OmilandBantal Menyusui Panda Series

OWB1141

Mulai dari Rp 100.000,00

TipeHuruf "U"
Support dudukBisa
Digunakan sebagai gulingBisa
Bisa dicuciHanya cover
Ukuran57 cm x 62 cm
BahanDakron silikon・Katun

Tabel perbandingan produk nursing pillow (bantal menyusui) terbaik

Gambar produk
1
Omiland Bantal Menyusui Panda Series 1

Omiland

3
Littlekiky Paket Bantal dan Apron Menyusui 1

Littlekiky

4
CuddleMe Foldable Nursing Pillow 1

CuddleMe

5
BIGHUG Nursing Pillow 1

BIGHUG

6
Babyloop Twin Nursing Pillow 1

Babyloop

7
ClevaMama ClevaCushion Nursing Pillow & Baby Nest 1

ClevaMama

8
ChugBog Bantal Menyusui + Bantal Tangan Bamboo Series 1

ChugBog

9
Baby Inc Nursing Arm Pillow 1

Baby Inc

10
Red Castle Baby Big Flopsy Maternity Pillow  1

Red Castle

Nama produk

Bantal Menyusui Panda Series

Paket Bantal dan Apron Menyusui

Foldable Nursing Pillow

Nursing Pillow

Twin Nursing Pillow

ClevaCushion Nursing Pillow & Baby Nest

Bantal Menyusui + Bantal Tangan Bamboo Series

Nursing Arm Pillow

Baby Big Flopsy Maternity Pillow

Keunggulan

Mengurangi nyeri punggung pada ibu saat menyusui

Satu set dengan apron untuk kenyamanan menyusui

Desain kover menarik yang beragam macamnya

Support area luas, dapat menopang bayi dengan baik

Kegunaan ekstra, bahkan untuk bayi kembar Anda!

Bantal multifungsi untuk segala kebutuhan bayi

Dijual satu set dengan bantal tangan mini

Memberikan support tambahan untuk lengan dan pundak ibu

Dapat dilingkarkan dengan nyaman pada pinggang

Harga mulai dariRp 100.000,00Rp 140.000,00Rp 153.000,00Rp 397.600,00Rp 400.000,00Rp 1.120.000,00Rp 98.000,00Rp 105.000,00Rp 1.311.750,00
TipeHuruf "U"Huruf "U"Huruf "U"Huruf "U" Huruf "U"・C-curveHuruf "U"・C-curveHuruf "U"Arm nursing pillowC-curve・Sabit
Support dudukBisaBisaBisa BisaBisaBisaBisaTidakBisa
Digunakan sebagai gulingBisaTidakTidakTidakTidakBisaTidakTidakBisa
Bisa dicuciHanya coverHanya coverHanya cover Tidak dijelaskanHanya coverDicuci dengan tanganBisaBisaBisa
Ukuran57 cm x 62 cmBantal 65 cm x 50 cm x 18 cm ・Apron 95 cm x 70 cm50 x 40 x 10 cmTidak dijelaskan96 x 55 cmTidak dijelaskan57 cm x 62 cm x 10 cm25 x 20 x 12 cmTidak dijelaskan
BahanDakron silikon・KatunSilikon grade ASpons・Fleece・Nylon polyurethane Busa high densityPolyester・KatunClevaFoam® ・PolyesterSilikon ・KatunKatunMicro beads・Katun
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar bantal menyusui

Pertanyaan umum seputar bantal menyusui

Setelah mengulas cara memilih serta rekomendasi produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar bantal menyusui. Jika Anda masih penasaran dengan bantal menyusui, simak jawabannya di bawah ini!

Sampai kapan bantal menyusui dapat digunakan?

Sebenarnya, tidak ada aturan khusus mengenai lama penggunaan bantal menyusui. Banyak orang yang masih menggunakannya meski masa menyusui telah usai. Namun, biasanya bantal menyusui digunakan hingga bayi berumur empat bulan. Ketika berusia empat bulan, leher dan pinggang bayi sudah menjadi lebih kuat serta dapat menopang tubuhnya sendiri.


Saat masih newborn, Anda mungkin kesulitan menyesuaikan posisi bayi dengan dada Anda. Seiring pertumbuhan bayi, Anda dapat menyusui si kecil dengan lebih nyaman tanpa kesulitan mengatur posisi bayi. Ketika bayi mulai mengonsumsi makanan padat dan asupan ASI berkurang, itu berarti masa menyusui berangsur selesai.


Jika diperhatikan, bantal menyusui paling efektif digunakan saat bayi berusia dibawah 12 bulan. Ingat, ibu dapat menyusui bayi baru lahir hingga lebih dari sepuluh kali sehari. Bantal menyusui akan sangat membantu meringankan tugas ibu pada masa-masa itu. Dianjurkan untuk mempersiapkan bantal selama kehamilan atau segera setelah melahirkan agar masa menyusui lebih nyaman.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Tidak ada aturan baku sampai kapan bantal menyusui bisa digunakan. Bantal menyusui boleh dipakai sampai kapan pun selama ibu dan bayi merasa nyaman. Bantal menyusui akan sangat membantu ibu yang masih baru belajar tentang posisi menyusui dan belum terbiasa menyusui bayinya. 


Bantal menyusui juga sangat berguna pada awal kelahiran bayi. Hal ini karena biasanya bayi menyusu hampir setiap 23 jam sekali selama 10–30 menit per sesi. Keberhasilan menyusui pada awal kelahiran akan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan menyusui pada fase selanjutnya. Karena itu, pastikan pada fase awal ini ibu menyusui bayinya dengan benar. 

Apakah bantal biasa bisa digunakan untuk menggantikan bantal menyusui?

Jika Anda tidak ingin membeli bantal menyusui untuk membantu Anda saat menyusui si kecil, Anda dapat menggunakan bantal biasa. Pilihlah bahan bantal yang cukup lembut dan fleksibel agar bisa ditekuk mengikuti posisi Anda saat menyusui. Selain itu, pilih juga bantal yang memiliki support yang cukup agar tidak kempes saat menopang lengan Anda dan si kecil. 


Di satu sisi, diperlukan beberapa waktu sampai Anda terbiasa menggunakan bantal biasa untuk membantu menyusui bayi. Jika Anda tetap merasa tidak nyaman, sebaiknya Anda membeli bantal khusus untuk menyusui.

Apakah bantal menyusui bisa digunakan sebagai bantal tidur bayi?

Jangan menggunakan bantal menyusui sebagai bantal tidur bayi. Hal ini karena bantal menyusui biasanya memiliki cekungan agar kepala bayi tetap di posisi yang sama saat menyusui. Meskipun cekungan ini nyaman dan membantu proses menyusui, hal ini juga bisa membahayakan bayi.


Jika bayi dibiarkan tidur dengan menggunakan bantal menyusui, bayi bisa kesulitan bernapas jika berguling saat tertidur. Selain itu, jika bantal menyusui tersebut cukup tinggi maka ada kemungkinan leher bayi akan tertekuk dalam tidur. Bagi bayi, leher yang tertekuk terlalu lama bisa menjadi hal yang bahaya karena mengganggu saluran pernapasan bayi yang belum sempurna.

Baca juga rekomendasi produk kehamilan dan perawatan bayi lainnya di sini

Selain bantal menyusui, masih banyak lagi produk yang dapat membantu ibu memberikan perawatan ekstra untuk si kecil. Untuk memudahkan Anda memilih, kami sudah merangkum beberapa rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Silahkan klik link di bawah untuk membaca artikel selanjutnya. 

Kesimpulan

Nursing pillow dapat memudahkan Anda saat menyusui dalam jangka waktu lama, terutama saat si kecil baru lahir. Tak hanya itu, bantal menyusui juga dapat dipakai selama masa kehamilan, bahkan setelah masa menyusui selesai.

Tentunya semua ibu menginginkan yang terbaik untuk si kecil. Meski terdapat berbagai produk untuk bayi di pasaran, pilihlah produk yang paling berguna untuk Anda. Semoga tips dan rekomendasi dari kami dapat menjadi referensi untuk Anda!

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Apron Menyusui (Nursing Cover) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Apron Menyusui (Nursing Cover) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Saat moms berada di tempat umum, ada kalanya bayi tiba-tiba ingin menyusu. Dengan kondisi nursery room di Indonesia yang belum mudah ditemukan pasti membuat moms enggan memberikan ASI. Kini, moms tidak perlu repot lagi karena sudah banyak dijual beragam apron menyusui atau nursing cover yang nyaman.Jika Anda masih bingung apron menyusui seperti apa yang terbaik untuk kebutuhan, jangan lewatkan artikel kami. Kami akan membagikan tips memilih apron menyusui beserta produk-produk rekomendasi terbaik seperti dari merek Mooimom dan Baa Baa Sheepz. Yuk, disimak penjelasan lengkapnya!
    Perlengkapan menyusui
  • 10 Rekomendasi Pompa ASI Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pompa ASI Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Pompa ASI merupakan perlengkapan wajib bagi ibu menyusui. Anda memerlukannya ketika tidak dapat memberikan ASI secara langsung. Misalnya, ketika si kecil belum sempat menyusu, tetapi sudah tertidur atau saat harus terpisah dengan bayi karena sibuk bekerja. Memompa ASI juga dapat mencegah munculnya mastitis di payudara.Sekarang, kami akan memberikan tips-tips memilih agar Anda mudah menemukan pompa ASI yang bagus. Rekomendasi pompa ASI elektrik terbaik dan pompa ASI manual terbaik juga akan kami berikan. Berbagai merk pompa ASI, seperti Spectra, Medela, Pigeon, dan Philips Avent masuk dalam rekomendasi kami. Yuk, disimak!
    Perlengkapan menyusui
  • 10 Rekomendasi Minuman Terbaik untuk Ibu Menyusui (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Minuman Terbaik untuk Ibu Menyusui (Terbaru Tahun 2021)
    Busui atau ibu menyusui membutuhkan cairan yang cukup agar persediaan ASI (air susu ibu) tetap memadai. Jadi, tidak mengherankan apabila ibu menyusui selalu disarankan untuk minum banyak air putih. Namun, meminum air putih melulu tentu terasa membosankan. Kali ini, kami akan merekomendasikan minuman untuk ibu menyusui yang berguna sebagai ASI booster dan merelaksasi tubuh.Sekarang ini, banyak variasi minuman lezat dan menyehatkan untuk ibu menyusui. Minuman seperti Mamanduy ASI booster, Sempio Barley Tea, Jukajo Mom, dan lainnya telah banyak beredar di pasaran. Manakah minuman yang paling cocok untuk Anda?
    Perlengkapan menyusui
  • 10 Rekomendasi Bottle Sterilizer Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Bottle Sterilizer Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kebanyakan orang pastinya sudah mengerti bahwa sistem kekebalan bayi belum sepenuhnya berkembang. Bayi sangat rentan terhadap infeksi dan penyakit dibandingkan anak yang lebih besar ataupun orang dewasa. Karena itu, Anda perlu mensterilkan semua peralatan hingga bayi Anda berusia 12 bulan.Kali ini, kami akan memberikan rekomendasi sterilizer botol bayi dari berbagai merk. Anda dapat menemukan sterilizer botol susu dari Baby Safe, Pigeon, hingga Philips Avent. Kami juga akan membahas tips memilih bottle sterilizer yang bagus untuk memudahkan Anda mensterilkan barang-barang milik si buah hati. Jadi, jangan lewatkan artikel ini, ya!
    Perlengkapan menyusui
  • 10 Rekomendasi Bottle Warmer Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Bottle Warmer Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi Anda yang memiliki bayi, salah satu perlengkapan bayi yang tidak boleh dilewatkan adalah bottle warmer. Alat ini bisa membantu Anda dalam menyiapkan susu dan makanan hangat untuk anak. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkannya dalam jangka waktu cukup panjang.Ada beberapa merk bottle warmer yang bisa Anda temukan di pasaran, seperti Philips Avent, Baby Safe, dan Pigeon. Anda tidak perlu bingung memilih! Melalui artikel ini, kami akan membantu Anda mendapatkan produk yang bagus dan tepat. Jadi, bacalah sampai selesai.
    Perlengkapan menyusui
  • 10 Rekomendasi Baju Menyusui Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Baju Menyusui Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Banyak ibu baru mungkin menganggap baju menyusui tidak terlalu penting. Padahal, mengenakan baju menyusui yang tepat akan membantu Anda lebih mudah dalam memberikan ASI. Di berbagai marketplace seperti Shopee dan Lazada, Anda bisa menemukan dengan mudah baju menyusui yang keren dengan berbagai model.Dengan begitu banyaknya pilihan, kami akan membantu Anda menemukan baju menyusui terbaik dengan menjelaskan cara memilihnya. Berbagai brand seperti Mooimom dan Mamibelle akan Anda temukan di artikel ini. Tenang saja, baju menyusui untuk muslimah pun tersedia, kok. Simak terus artikel ini, ya!
    Perlengkapan menyusui
  • 10 Pompa ASI Elektrik Terbaik - Ditinjau oleh Perawat (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pompa ASI Elektrik Terbaik - Ditinjau oleh Perawat (Terbaru Tahun 2022)
    Kegiatan mengASIhi bisa menjadi momen berharga antara ibu dan bayinya. Namun, tidak semua ibu memiliki kesempatan untuk menyusui bayinya secara langsung. Terkadang, karena suatu hal, seorang ibu tidak bisa selalu bersama bayinya. Untuk menghindari pembengkakan payudara karena ASI yang menumpuk, diperlukan pompa ASI.Pompa ASI elektrik kini lebih diminati dibandingkan pompa ASI manual. Kami akan menjelaskan cara memilih dan cara menggunakan pompa ASI elektrik. Tersedia juga ulasan beberapa produk yang bagus, seperti merek Medela, Philips, dan Spectra. Artikel ini sudah ditinjau oleh perawat kami, Maryami Y. Kosim. Selamat membaca!
    Perlengkapan menyusui
  • 10 Rekomendasi Cooler Bag ASI Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Cooler Bag ASI Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Mobilitas yang tinggi tidak bisa menghalangi Anda untuk memberikan ASI kepada buah hati. Supaya si kecil selalu mendapatkan nutrisi terbaiknya, Anda bisa memompa ASI dan membawanya di dalam cooler bag atau tas ASI. Dengan demikian, ASI akan tahan lama dan bisa diminum oleh bayi saat Anda tidak berada di sampingnya.Di artikel ini, kami akan membantu Anda mendapatkan cooler bag yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan. Kami akan mengulas tas ASI dari berbagai merek, seperti Gabag, Dialogue, dan Natural Moms. Beberapa tips menyiapkan ASI juga akan kami bahas. Selamat membaca!
    Perlengkapan menyusui
  • 10 Rekomendasi Pompa ASI Manual Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pompa ASI Manual Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu privilese dalam menyusui atau mengASIhi adalah memberikannya secara langsung dari payudara ibu ke mulut bayi. Sayangnya, tak semua ibu memiliki privilese ini. Berbagai faktor dapat menyebabkan seorang ibu memerlukan bantuan pompa ASI untuk dapat mengASIhi secara optimal.Pompa ASI dibagi menjadi dua jenis yaitu manual dan elektrik. Secara khusus, artikel ini akan membahas cara memilih pompa ASI manual yang bagus beserta sepuluh rekomendasi produknya. Selain merek Medela, Philips Avent, dan Crown, masih banyak merek lainnya dengan kualitas dan harga yang bersaing.
    Perlengkapan menyusui
  • 10 Rekomendasi Botol Susu Pigeon Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Botol Susu Pigeon Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Menyusui dengan botol merupakan alternatif yang banyak dipilih ibu ketika tidak memungkinkan untuk menyusui bayi langsung dari payudara. Botol susu berfungsi sebagai alat bantu bayi untuk mengonsumsi ASI atau susu formula. Botol susu cocok digunakan ketika ibu harus bekerja atau kondisi lainnya.Pigeon adalah salah satu merek botol susu yang layak untuk dipertimbangkan. Pigeon memiliki banyak jenis botol susu yang bagus seperti wide neck dan slim neck. Apabila Anda berencana membeli botol susu Pigeon, ikutilah tips-tips memilih dalam artikel ini. Simak juga rekomendasi botol susu Pigeon terbaik untuk Anda.
    Perlengkapan menyusui
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Pompa ASI Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pompa ASI Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Pompa ASI merupakan perlengkapan wajib bagi ibu menyusui. Anda memerlukannya ketika tidak dapat memberikan ASI secara langsung. Misalnya, ketika si kecil belum sempat menyusu, tetapi sudah tertidur atau saat harus terpisah dengan bayi karena sibuk bekerja. Memompa ASI juga dapat mencegah munculnya mastitis di payudara.Sekarang, kami akan memberikan tips-tips memilih agar Anda mudah menemukan pompa ASI yang bagus. Rekomendasi pompa ASI elektrik terbaik dan pompa ASI manual terbaik juga akan kami berikan. Berbagai merk pompa ASI, seperti Spectra, Medela, Pigeon, dan Philips Avent masuk dalam rekomendasi kami. Yuk, disimak!
    Perlengkapan menyusui
  • 10 Rekomendasi Bottle Sterilizer Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Bottle Sterilizer Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kebanyakan orang pastinya sudah mengerti bahwa sistem kekebalan bayi belum sepenuhnya berkembang. Bayi sangat rentan terhadap infeksi dan penyakit dibandingkan anak yang lebih besar ataupun orang dewasa. Karena itu, Anda perlu mensterilkan semua peralatan hingga bayi Anda berusia 12 bulan.Kali ini, kami akan memberikan rekomendasi sterilizer botol bayi dari berbagai merk. Anda dapat menemukan sterilizer botol susu dari Baby Safe, Pigeon, hingga Philips Avent. Kami juga akan membahas tips memilih bottle sterilizer yang bagus untuk memudahkan Anda mensterilkan barang-barang milik si buah hati. Jadi, jangan lewatkan artikel ini, ya!
    Perlengkapan menyusui
  • 10 Rekomendasi Botol Susu Pigeon Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Botol Susu Pigeon Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Menyusui dengan botol merupakan alternatif yang banyak dipilih ibu ketika tidak memungkinkan untuk menyusui bayi langsung dari payudara. Botol susu berfungsi sebagai alat bantu bayi untuk mengonsumsi ASI atau susu formula. Botol susu cocok digunakan ketika ibu harus bekerja atau kondisi lainnya.Pigeon adalah salah satu merek botol susu yang layak untuk dipertimbangkan. Pigeon memiliki banyak jenis botol susu yang bagus seperti wide neck dan slim neck. Apabila Anda berencana membeli botol susu Pigeon, ikutilah tips-tips memilih dalam artikel ini. Simak juga rekomendasi botol susu Pigeon terbaik untuk Anda.
    Perlengkapan menyusui
  • 10 Rekomendasi Minuman Terbaik untuk Ibu Menyusui (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Minuman Terbaik untuk Ibu Menyusui (Terbaru Tahun 2021)
    Busui atau ibu menyusui membutuhkan cairan yang cukup agar persediaan ASI (air susu ibu) tetap memadai. Jadi, tidak mengherankan apabila ibu menyusui selalu disarankan untuk minum banyak air putih. Namun, meminum air putih melulu tentu terasa membosankan. Kali ini, kami akan merekomendasikan minuman untuk ibu menyusui yang berguna sebagai ASI booster dan merelaksasi tubuh.Sekarang ini, banyak variasi minuman lezat dan menyehatkan untuk ibu menyusui. Minuman seperti Mamanduy ASI booster, Sempio Barley Tea, Jukajo Mom, dan lainnya telah banyak beredar di pasaran. Manakah minuman yang paling cocok untuk Anda?
    Perlengkapan menyusui
  • 10 Rekomendasi Pompa ASI Manual Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pompa ASI Manual Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu privilese dalam menyusui atau mengASIhi adalah memberikannya secara langsung dari payudara ibu ke mulut bayi. Sayangnya, tak semua ibu memiliki privilese ini. Berbagai faktor dapat menyebabkan seorang ibu memerlukan bantuan pompa ASI untuk dapat mengASIhi secara optimal.Pompa ASI dibagi menjadi dua jenis yaitu manual dan elektrik. Secara khusus, artikel ini akan membahas cara memilih pompa ASI manual yang bagus beserta sepuluh rekomendasi produknya. Selain merek Medela, Philips Avent, dan Crown, masih banyak merek lainnya dengan kualitas dan harga yang bersaing.
    Perlengkapan menyusui
  • 10 Rekomendasi Bottle Warmer Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Bottle Warmer Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi Anda yang memiliki bayi, salah satu perlengkapan bayi yang tidak boleh dilewatkan adalah bottle warmer. Alat ini bisa membantu Anda dalam menyiapkan susu dan makanan hangat untuk anak. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkannya dalam jangka waktu cukup panjang.Ada beberapa merk bottle warmer yang bisa Anda temukan di pasaran, seperti Philips Avent, Baby Safe, dan Pigeon. Anda tidak perlu bingung memilih! Melalui artikel ini, kami akan membantu Anda mendapatkan produk yang bagus dan tepat. Jadi, bacalah sampai selesai.
    Perlengkapan menyusui
  • 5 Rekomendasi Botol Susu Avent Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    5 Rekomendasi Botol Susu Avent Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Botol susu merupakan media yang dipilih ibu ketika tidak bisa menyusui bayinya secara langsung atau direct breastfeeding. Jika Anda tengah mempersiapkan botol susu untuk kelahiran bayi Anda, Avent adalah salah satu merek botol susu yang bisa Anda pilih. Avent memiliki beberapa jenis botol susu yang bagus dengan beragam ukuran, seperti tipe natural dan juga classic.Apabila Anda bingung menentukan botol susu yang tepat untuk bayi Anda, ikutilah tips-tips memilih dalam artikel ini. Tidak lupa, rekomendasi botol susu Avent juga akan kami bagikan untuk Anda. Yuk, simak terus ulasan selengkapnya!
    Perlengkapan menyusui
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori