10 Rekomendasi Teko Pemanas Air Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Teko Pemanas Air Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Teko pemanas air merupakan peralatan dapur yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Akan tetapi, meskipun digunakan hampir setiap saat, banyak orang yang mengabaikan kualitas dan perawatannya. Tidak jarang Anda jadi harus membeli teko berulang kali yang pastinya merupakan suatu pemborosan, bukan?

Pada artikel kali ini, kami akan membantu Anda memilih teko pemanas air berdasarkan beberapa pertimbangan, salah satunya dengan memperhatikan bahan dasar yang digunakan. Tidak lupa, kami juga akan memberikan rekomendasi produk terbaik yang bisa Anda jadikan referensi. Mari temukan teko pemanas air yang paling sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup Anda!

Daftar isi

Cara memilih teko pemanas air

Hal pertama yang harus diperiksa saat memilih teko pemanas air adalah bisa atau tidaknya teko tersebut digunakan dengan pemanasan induksi (induction heating atau IH). Dalam beberapa tahun terakhir, sebagian besar teko pemanas air telah disesuaikan sehingga dapat digunakan dengan IH maupun api langsung. Bagi Anda yang masih menggunakan kompor, lebih baik jika Anda membeli produk yang bisa dipakai pada kompor IH sebagai bentuk persiapan jika suatu saat Anda akan meng-upgrade dapur Anda di masa depan.

Untuk rumah tangga biasa, teko pemanas air dengan kapasitas 2 liter bisa Anda gunakan tanpa masalah. Jika Anda tinggal sendiri atau hanya merebus beberapa cangkir sewaktu-waktu, akan lebih mudah jika Anda membeli teko yang lebih kecil dengan kapasitas kurang dari 2 liter. Jadi, penyimpanannya juga tidak akan memakan banyak ruang.

Selain poin-poin dasar di atas, kami akan menjelaskan berbagai jenis bahan dan corong pada teko pemanas air. Mari kita cermati keunggulannya masing-masing.

Pemilihan bahan yang digunakan

Langkah awal yang harus dipertimbangkan dalam memilih teko pemanas air adalah bahan yang digunakan. Bahan yang Anda pilih bergantung pada apa yang paling Anda pentingkan dalam penggunaan teko. Mari kita periksa secara singkat keunggulan yang dimiliki oleh masing-masing bahan.

Bahan stainless steel yang mudah perawatannya

Bahan stainless steel yang mudah perawatannya

Mungkin yang pertama kali terbesit di pikiran Anda tentang teko pemanas air adalah pasti yang terbuat dari stainless steel. Stainless steel yang antikarat merupakan bahan yang paling mendasar dan mudah digunakan serta sangat populer. Bahan stainless steel ini populer karena bobotnya yang ringan sehingga tidak memberatkan saat harus mengangkat teko beserta air di dalamnya. Meskipun ringan, teko pemanas air berbahan besi antikarat ini tangguh dan tidak mudah rusak bahkan jika terjatuh atau mengalami benturan.

Kelemahan dari teko berbahan stainless steel adalah noda air dan teh yang muncul akan sangat mencolok. Jika Anda tidak segera menyeka noda tersebut, kilap dari bahan stainless steel tidak akan bertahan lama. Meski bisa dihilangkan dengan spons melanin, hal ini tidak disarankan karena dapat mengakibatkan goresan.

Bahan enamel untuk isolasi termal yang tinggi

Bahan enamel untuk isolasi termal yang tinggi

Bahan enamel adalah bahan yang populer belakangan ini. Bahan ini sangat kokoh karena disisipkan lapisan kaca di bagian luar logam pada suhu tinggi, dan tidak mudah kotor. Selain itu, enamel cepat mengalirkan panas dan retensi panasnya juga sangat tinggi. Anda bisa menyimpan air mendidih di teko untuk beberapa waktu sebelum Anda memindahkannya ke termos tanpa khawatir air akan cepat menjadi dingin.

Namun, Anda harus berhati-hati menggunakan teko pemanas air berbahan enamel karena jika terkena benturan yang kuat, ada risiko timbul retakan pada lapisan kacanya dan ini bisa membuat teko mudah berkarat. Selain itu, Anda harus berhati-hati saat mengisi teko dengan air yang banyak karena enamel lebih berat dibandingkan dengan stainless steel.

Bahan  besi untuk mempertahankan kualitas air

Bahan besi untuk mempertahankan kualitas air

Teko pemanas air yang terbuat dari bahan dasar besi direkomendasikan bagi Anda yang memiliki komitmen menjaga kualitas air rebusan. Besi mampu menghilangkan bau klorin dari air keran dan mendidihkannya menjadi air yang terasa lebih enak saat diminum. Selain itu, besi tidak berpengaruh buruk pada tubuh karena zat besi dapat tercampur perlahan ke dalam air sehingga justru memiliki manfaat untuk mencegah anemia.

Namun, kekurangannya adalah teko berbahan besi sangat berat. Anda juga harus berhati-hati karena pegangan teko menjadi panas saat digunakan untuk mendidihkan air. Selain itu, perawatannya sedikit merepotkan karena proses membersihkannya harus dibakar dan dikeringkan dengan benar dan menyeluruh.

Bahan tembaga lebih praktis dan memberikan nuansa retro

Bahan tembaga lebih praktis dan memberikan nuansa retro

Teko pemanas air berbahan tembaga memiliki penampilan yang dapat menciptakan suasana retro di dapur atau di meja Anda. Keunggulan terbaik dari teko tembaga adalah Anda dapat merebus air dengan efisien karena teko tembaga sangat baik dalam konduksi panas. Mirip dengan teko pemanas air berbahan besi, teko tembaga juga merupakan material yang memiliki antibakteri sehingga mampu menguraikan klorin dalam air keran sehingga Anda bisa mendapatkan air minum berkualitas baik.

Untuk menjaganya agar tetap dalam kondisi mengkilap, maka perawatan rutin setiap saat sangat penting. Dapat dikatakan teko tembaga mudah dibersihkan. Hanya saja teko tembaga tidak sesuai dengan IH, jadi Anda harus mempertimbangkan hal ini.

Pemilihan corong teko sesuai dengan kenyamanan Anda

Fungsi dasar dari teko pemanas air ditentukan dari bahan yang digunakan. Aakan tetapi, jika Anda menginginkan kenyamanan yang lebih dalam menggunakan sebuah teko, Anda harus memeriksa bentuk corongnya. Meskipun corong teko merupakan bagian yang sering diabaikan, bagian inilah yang membuat penggunaan teko lebih mudah agar bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Gunakan corong berpeluit jika Anda ingin mengurangi kekhawatiran

Gunakan corong berpeluit jika Anda ingin mengurangi kekhawatiran

Meskipun merupakan fitur kuno, peluit berfungsi dalam kondisi apa pun. Suara peluit akan memberitahu Anda jika air sudah mendidih sehingga Anda tidak perlu khawatir akan terjadi air tumpah dari teko atau menyembur ke atas. Corong berpeluit semacam ini tentunya merupakan poin yang sangat membantu bagi para ibu rumah tangga yang sibuk yang harus melakukan pekerjaan rumah lainnya sambil merebus air.

Corong berpeluit biasanya menempel pada teko pemanas air berbahan stainless steel. Jika Anda tidak menyukai suara yang kencang, Anda dapat memilih produk yang memiliki suara sedikit lebih lembut.

Gunakan corong tipis jika Anda ingin menuang air langsung dari teko

Gunakan corong tipis jika Anda ingin menuang air langsung dari teko

Belakangan ini ada lebih banyak orang yang menyeduh kopi di rumah. Yang sangat diperlukan untuk menghasilkan kopi seduh yang lezat adalah teko pemanas air dengan corong yang lebih kecil di bagian depan. Mungkin ada di antara kita yang merasa tidak praktis jika harus memindahkan air dari teko pemanas air ke dalam teko untuk menyeduh kopi.

Jika Anda ingin memiliki kopi yang nikmat hanya dengan satu teko, Anda dapat memilih teko pemanas air dengan corong tipis seperti teko kopi. Sekarang ini sudah ada cukup banyak teko pemanas air yang dikhususkan untuk pembuatan kopi.

10 Rekomendasi teko pemanas air terbaik

Setelah memahami bagaimana cara memilih teko pemanas air, kali ini kami akan memberikan 10 rekomendasi produk terbaik berdasarkan beberapa pertimbangan termasuk dari segi cost & performance. Temukanlah teko pemanas air yang paling sesuai dengan kebutuhan rumah tangga Anda!

10. Imperial Whistling Kettle

10. Imperial Whistling Kettle

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 125.000

Teko dengan handle kokoh dan anti-panas

Imperial Whistling Kettle merupakan teko yang memiliki peluit sehingga akan memudahkan Anda dalam mengetahui kapan air telah mendidih. Teko dengan kapasitas 3 liter ini cocok untuk kebutuhan rumah tangga menengah atau untuk Anda yang butuh merebus air dalam jumlah banyak.

Pegangan yang kokoh dan lapisan bahan anti-panas pada teko ini membuat Anda tidak perlu khawatir jika harus mengangkat teko berisi air yang mendidih pada saat itu juga. Bahan stainless steel-nya yang berkualitas tinggi mampu menghantarkan panas lebih cepat dan merata. Tutup peluitnya pun mudah dilepas sehingga Anda bisa membersihkan area ini secara menyeluruh.

9. Vakind Stainless Steel Hand Punch Pot Kettle

Vakind Stainless Steel Hand Punch Pot Kettle

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 129.000

Teko mungil dan cantik untuk menghiasi rumah Anda

Teko pemanas air yang mungil dengan kapasitas 250 ml produksi Vankind ini dibuat dengan corong ramping dan mungil, sangat cocok digunakan untuk menyeduh kopi langsung setelah Anda mendidihkan air. Dengan warna hitam yang pekat dan desainnya yang simpel, teko ini bisa menjadi interior yang memberikan nuansa tersendiri di dapur maupun di meja makan Anda.

Bahan stainless steel premium yang digunakan pada produk Vakind Stainless Steel Hand Punch Pot Kettle memastikan tidak akan terjadi kebocoran. Handle teko dibuat menutup sehingga Anda dapat menyimpan teko dengan posisi menggantung saat tidak digunakan. Dengan ukuran bodi 70 mm x 75 mm, teko pemanas air ini juga tidak memakan banyak tempat dalam penyimpanannya.

8. Maspion Hello Kitty Kettle

8. Maspion Hello Kitty Kettle

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 97.000

Teko bergambar yang antikarat dan tidak mudah terkelupas

Maspion Hello Kitty Kettle yang desainnya unik ini dibuat dengan kapasitas 2 liter, cukup untuk menyajikan minuman hangat bagi seluruh anggota keluarga. Bahan aluminium berkualitas yang digunakan sebagai bahan dasar teko ini menjadikannya antikarat dan tidak mudah terkelupas ataupun rusak meski mengalami proses pemanasan berkali-kali.

Selain dapat digunakan untuk memanaskan air, teko produksi Maspion ini juga bisa menambah koleksi bagi Anda para penggemar Hello Kitty! Warnanya pink-nya yang lembut juga akan memberikan aksen tersendiri di dapur Anda.

7. Fujika Stainless Steel Whistling Kettle

7. Fujika Stainless Steel Whistling Kettle

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 109.800

Teko stainless steel dengan model klasik yang cepat menyerap panas

Teko dengan bentuk klasik dari Fujika ini dilengkapi dengan corong yang dapat berbunyi saat air mendidih. Daya tampungnya adalah 1,5 liter dengan ukuran diameter 22cm, pilihan yang tepat bagi Anda yang tinggal sendiri atau keluarga yang jarang merebus air dalam jumlah banyak.

Bahan stainless steel premium yang digunakan pada Fujika Stainless Steel Whistling Kettle ini menjadikannyanya mampu menyerap panas dengan cepat sehingga lebih menghemat energi yang digunakan untuk merebus air. Produk ini juga lebih tahan lama dan mudah dibersihkan. Selain itu, teko ini juga dilengkapi dengan saringan terpisah untuk menyeduh teh atau kopi.

6. Fire Maple Feast XT2

6. Fire Maple Feast XT2

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 351.000

Untuk Anda yang gemar berpetualang!

Jika Anda sering berpetualang atau melakukan kegiatan outdoor, seperti camping atau naik gunung, teko pemanas air Fire Maple XT2 ini merupakan pilihan yang sangat tepat! Teko berkapasitas 1,5 liter yang cocok untuk digunakan berkelompok ini hanya memiliki bobot 308 gram dan tidak akan memberikan beban yang terlalu berat saat dibawa.

Teko pemanas air ini dilengkapi dengan teknologi cincin pengontrol panas yang dapat membuat air mendidih lebih cepat. Selain itu, bahan dasar hard anodized aluminum-nya memungkinkan panas di dalam teko meningkat dengan cepat hingga 30% sehingga Anda juga dapat menghemat waktu dalam merebus air.

5. IKEA Vattentat Kettle

5. IKEA Vattentat Kettle

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 398.580

Teko dengan desain unik untuk penggunaan sehari-hari

Selain terkenal sebagai merek home decor, IKEA juga mengeluarkan produk teko cantik yang bisa menjadi pilihan Anda. IKEA Vattentat Kettle ini berkapasitas 2 liter dan berbahan stainless steel dan melanin yang aman, tahan lama, dan mudah dibersihkan.

Produk teko pemanas air dari IKEA ini dapat digunakan pada semua jenis kompor, mulai dari kompor gas yang saat ini masih tren, kompor induksi, kompor kaca keramik, hingga kompor elektrik. Selain dilengkapi dengan corong berpeluit, desain dari handle teko ini juga unik dan anti-panas, sangat cocok digunakan untuk menyajikan teh, kopi, susu, dan pemakaian sehari-hari lainnya.

4. Old Dutch Solid Copper Hammered Teakettle

4. Old Dutch Solid Copper Hammered Teakettle

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.919.060

Teko tembaga dengan handle bambu yang unik

Teko tembaga dari Old Dutch memiliki desain cantik dan dilengkapi dengan handle bambu yang semakin menambah daya tarik teko ini. Bagi Anda pecinta barang-barang unik, teko ini bisa menjadi pilihan Anda! Old Dutch Solid Copper Hammered Teakettle cocok untuk segala suasana dapur baik tradisional maupun modern dan dapat digunakan untuk kompor gas maupun elektrik.

Tembaga premium yang digunakan untuk pembuatan teko ini dapat menyerap panas lebih cepat sehingga air juga lebih cepat mendidih. Teko tembaga berkapasitas 1,8 liter ini juga mudah dibersihkan. Anda dapat menggunakan air sabun hangat atau dibersihkan dalam keadaan kering dengan lap tangan.

3. Sotya Cast Iron Teapot

3. Sotya Cast Iron Teapot

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 2.172.000

Teko berbahan besi dengan warna pink yang cantik

Sotya Cast Iron Teapot dengan kapasitas hingga 0,65 liter ini terbuat dari bahan dasar besi yang mampu mempertahankan kualitas air rebusan, Namun saat Anda menggunakan teko ini, disarankan untuk tidak mengisi lebih dari 3/4 badan teko untuk menghindari luapan air saat mendidih.

Produk ini dilengkapi dengan infuser yang dapat memisahkan daun teh dengan air sehingga lebih mudah dibersihkan. Untuk membersihkan teko ini, Anda cukup menggunakan air bersih dan tidak memerlukan deterjen. Teko ini dapat digunakan untuk semua jenis kompor mulai dari kompor arang, listrik, gas, bahkan kompor induksi.

2. Osaka Tea Kettle Kobe Port Tower

2. Osaka Tea Kettle Kobe Port Tower

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.883.970

Teko dengan one-touch lever untuk membuka dan menutup corong

Osaka Tea Kettle Kobe Port Tower adalah whistling kettle yang terbuat dari besi berkualitas tinggi dan juga dilapisi enamel sehingga yang cantik dari teko ini akan bertahan lama meski digunakan bertahun-tahun. Dengan kapasitas air sebanyak 3 liter, Anda dapat menyuguhkan 12 cangkir teh yang cukup digunakan keluarga besar atau untuk menghidangkan minuman kepada tamu.

Teko pemanas air merek Osaka ini memiliki handle yang terbuat dari bakelite berkualitas tinggi dan dirancang agar memberikan kontrol penuh pada Anda saat menuangkan air. Selain itu, teko ini dipasang fitur one touch lever yang memudahkan Anda membuka dan menutup corong teko hanya dengan satu tangan. Sangat praktis dan aman digunakan, bukan?

1. Iwachu Japanese Artisan Iron Tetsubin Square Teapot

1. Iwachu Japanese Artisan Iron Tetsubin Square Teapot

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 9.390.000

Teko besi handmade dengan harga fantastis!

Iwachu merupakan salah satu produsen peralatan besi terbaik dari Jepang yang memiliki reputasi mendunia karena produknya yang berkualitas tinggi, indah, dan tahan lama. Iwachu Japanese Artisan Iron Tetsubin Square Teapot ini adalah teko besi yang diadaptasi dari teko masa lalu yang digunakan untuk memanaskan air dan memberikan kehangatan serta menjaga kelembapan di dalam rumah selama musim dingin.

Teko pemanas air ini mampu menampung air hingga 1,2 liter, memiliki tampilan persegi yang seimbang, dan finishing warna hitam kecoklatan yang terlihat antik. Iwachu memproduksi teko ini secara handmade oleh pengrajin berpengalaman. Jadi, tidak heran harga yang ditawarkan pun cukup fantastis!

Kesimpulan

Karena teko pemanas air merupakan peralatan dapur yang digunakan sehari-hari, Anda harus selektif dalam pemilihannya. Usahakan untuk memilih produk dengan bahan yang kokoh dan tidak mudah rusak agar penggunaannya tahan lama. Teko pemanas air yang awet digunakan merupakan investasi dan akan menghemat pengeluaran Anda, bukan?

Nah, bagaimana pendapat Anda tentang artikel kali ini? Apakah ada produk rekomendasi kami yang Anda suka? Semoga artikel ini bisa membantu Anda dalam memilih teko pemanas air idaman, ya!