• 10 Rekomendasi Teko Pemanas Air Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Teko Pemanas Air Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Teko Pemanas Air Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Teko Pemanas Air Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Teko Pemanas Air Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Teko Pemanas Air Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Teko pemanas air merupakan peralatan dapur yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Meski terkesan sepele, ternyata ada banyak merek produk yang dijual di pasaran, seperti Maspion, IKEA, KitchenAid, dan lainnya. Merek-merek ini menjual teko dengan berbagai model, material, dan harga.

Saat akan membeli teko, tentu Anda ingin menggunakannya dalam jangka waktu yang lama, bukan? Untuk itu, kami akan membantu Anda memilih teko pemanas air berdasarkan beberapa pertimbangan. Mari temukan teko pemanas air yang paling sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup Anda!
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 5.981 Views
Daftar isi

Cara memilih teko pemanas air

Saat memilih teko pemanas air, Anda harus memperhatikan kapasitas, bentuk corong, bahan, serta kompatibilitasnya dengan kompor IH (induction heating). Poin-poin penting tersebut akan kami jabarkan secara detail di bawah ini.

Pilih berdasarkan bahan yang digunakan

Langkah awal yang harus dipertimbangkan dalam memilih teko pemanas air adalah bahan yang digunakan. Bahan yang dipilih bergantung pada hal yang paling Anda pentingkan dalam penggunaan teko. Mari pelajari secara singkat keunggulan yang dimiliki oleh masing-masing bahan.

Bahan stainless steel, umum ditemukan dan perawatannya mudah

Bahan stainless steel, umum ditemukan dan perawatannya mudah
Mungkin bahan yang pertama kali terbesit di pikiran Anda tentang teko pemanas air adalah stainless steel. Bahan ini paling umum, mudah digunakan, serta sangat populer. Bobotnya juga ringan sehingga tidak memberatkan saat Anda harus mengangkat teko beserta air di dalamnya. Walau ringan, teko dengan bahan ini kuat dan tidak mudah rusak meski terjatuh atau mengalami benturan.
Kelemahan dari teko berbahan stainless steel adalah noda air dan teh yang muncul akan sangat mencolok. Jika Anda tidak segera menyeka noda tersebut, kilap dari bahan stainless steel tidak akan bertahan lama. Meski bisa dihilangkan dengan spons melamin, hal ini tidak disarankan karena dapat mengakibatkan goresan.

Bahan enamel, memiliki insulasi panas yang tinggi

Bahan enamel, memiliki insulasi panas yang tinggi
Bahan enamel adalah bahan yang populer belakangan ini. Bahan ini sangat kokoh dan tidak mudah kotor karena diberikan lapisan kaca di bagian luar logam pada suhu tinggi. Selain itu, enamel cepat menghantarkan panas dan retensi panasnya juga sangat tinggi. Anda bisa menyimpan air mendidih di teko untuk beberapa waktu sebelum dipindahkan ke termos tanpa perlu khawatir air akan cepat dingin.
Meski demikian, Anda harus berhati-hati saat menggunakan teko pemanas air berbahan enamel. Bila terkena benturan yang kuat, ada risiko lapisan kacanya retak dan membuat teko mudah berkarat. Selain itu, Anda harus berhati-hati saat mengisi teko dengan banyak air karena enamel lebih berat ketimbang stainless steel.

Bahan besi, untuk Anda yang ingin menjaga kualitas air

Bahan besi, untuk Anda yang ingin menjaga kualitas air
Produk berbahan dasar besi direkomendasikan bagi Anda yang memiliki komitmen menjaga kualitas air rebusan. Bahan ini juga dapat memberikan nuansa nostalgia seperti memasak di perapian. Bahan besi juga mampu menghilangkan bau klorin dari air keran dan membuatnya terasa lebih enak saat diminum. Selain itu, berhubung kandungan besi akan larut perlahan ke dalam air, hal ini justru akan bermanfaat untuk mencegah anemia.
Kekurangannya adalah teko berbahan besi ini sangat berat. Anda juga harus berhati-hati karena pegangan teko menjadi panas saat sedang mendidihkan air. Selain itu, perawatannya sedikit merepotkan karena harus dibersihkan dan dikeringkan dengan benar dan menyeluruh.

Bahan tembaga, konduktivitas panasnya sangat baik dan memberikan nuansa retro

Bahan tembaga, konduktivitas panasnya sangat baik dan memberikan nuansa retro
Teko pemanas air berbahan tembaga memiliki tampilan yang dapat menciptakan suasana retro. Berhubung bahan ini memiliki konduktivitas panas sangat baik, Anda dapat merebus air dengan efisien. Mirip teko berbahan besi, tembaga merupakan material yang memiliki sifat antibakteri sehingga mampu menguraikan klorin dalam air keran. Jadi, Anda bisa mendapatkan air minum berkualitas baik.
Untuk menjaganya agar tetap dalam kondisi mengilap, maka perawatan rutin menjadi sangat penting. Dapat dikatakan teko tembaga mudah dibersihkan. Hanya saja kebanyakan teko tembaga tidak sesuai dengan kompor IH sehingga Anda harus mempertimbangkan hal ini.

Pilih corong teko sesuai kenyamanan dan preferensi Anda

Fungsi dasar dari teko pemanas air ditentukan dari bahan yang digunakan. Namun, jika Anda menginginkan kenyamanan lebih, Anda harus memeriksa bentuk corongnya. Meski corong teko merupakan bagian yang sering diabaikan, bagian inilah yang membuat penggunaan teko lebih mudah. Dengan begitu, Anda pun bisa memakainya dalam waktu lama.

Gunakan corong berpeluit jika Anda ingin mengurangi kekhawatiran

Gunakan corong berpeluit jika Anda ingin mengurangi kekhawatiran
Meskipun merupakan fitur kuno, peluit memiliki fungsi yang berguna. Suara peluit akan memberitahu jika air sudah mendidih sehingga Anda tidak perlu khawatir air akan meluap. Corong semacam ini sangat membantu para ibu rumah tangga yang sibuk dan harus melakukan pekerjaan lain sembari merebus air.
Corong berpeluit biasanya menempel pada teko pemanas air berbahan stainless steel. Jika Anda tidak menyukai suara yang kencang, Anda dapat memilih produk yang memiliki suara lebih pelan.

Gunakan corong tipis jika Anda ingin menuang air langsung dari teko

Gunakan corong tipis jika Anda ingin menuang air langsung dari teko
Belakangan ini semakin banyak orang yang menyeduh kopi di rumah. Produk yang diperlukan untuk menghasilkan kopi seduh lezat adalah teko dengan corong kecil. Namun, mungkin Anda akan merasa tidak praktis jika harus memindahkan air dari teko untuk menyeduh kopi ke teko bercorong kecil.
Jika Anda ingin memiliki kopi yang nikmat hanya dengan satu teko, pilihlah teko pemanas air dengan corong kecil seperti teko kopi. Apalagi, sekarang ini sudah cukup banyak teko pemanas air yang dikhususkan untuk pembuatan kopi.

10 Rekomendasi teko pemanas air terbaik

Setelah memahami cara memilihnya, kali ini kami akan memberikan rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Temukanlah teko pemanas air yang paling sesuai dengan kebutuhan rumah tangga Anda!
BahanStainless steel
Kapasitas3 liter, 4 liter, 5 liter, dan 6 liter
Corong berpeluitYa
IHYa
BahanStainless steel
Kapasitas1,2 liter
Corong berpeluitTidak
IHYa
BahanAluminium
Kapasitas1 liter, 1,5 liter, dan 2 liter
Corong berpeluitTidak
IHTidak
BahanStainless steel
Kapasitas1,5 liter dan 3 liter
Corong berpeluitYa
IHYa
BahanHard anodized aluminum
Kapasitas1,5 liter
Corong berpeluitTidak
IHTidak
BahanStainless steel
Kapasitas2 liter
Corong berpeluitYa
IHYa

4. Old Dutch International Copper Kettle

Rp 1.914.000,00

BahanTembaga
Kapasitas1,8 liter
Corong berpeluitTidak
IHYa
BahanBesi
Kapasitas300 ml
Corong berpeluitTidak
IHYa
BahanEnamel
Kapasitas2 liter
Corong berpeluitTidak
IHYa

1. KitchenAid 1.9 L Kettle with C Handle and Trim Band

Rp 1.005.325,00

BahanEnamel
Kapasitas1,9 liter
Corong berpeluitYa
IHYa

Baca juga rekomendasi teko lainnya di sini

Selain teko pemanas air, ada juga jenis teko yang diproduksi untuk kepentingan khusus, misalnya teko listrik, teko kopi, teko teh, dan lainnya. Jika Anda juga sedang mencari alternatif teko lain, silakan cek artikel kami di bawah ini untuk mengetahui kebutuhan Anda!

Kesimpulan

Berhubung teko pemanas air merupakan peralatan dapur yang digunakan sehari-hari, Anda harus selektif dalam pemilihannya. Usahakan untuk memilih produk dengan bahan yang kokoh dan tidak mudah rusak agar penggunaannya tahan lama. Teko yang awet digunakan tentunya merupakan investasi dan akan menghemat pengeluaran.
Bagaimana pendapat Anda tentang artikel kali ini? Apakah ada produk rekomendasi yang Anda sukai? Semoga artikel ini bisa membantu Anda dalam memilih teko pemanas air idaman, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Wajan Penggorengan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Wajan Penggorengan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Frying pan atau wajan penggorengan merupakan alat yang sangat penting dalam memasak. Saat ini telah tersedia beragam merek wajan yang terkenal, seperti Tefal, MAXIM, Oxone, dan lainnya. Jenis wajan pun beragam. Ada yang terbuat dari bahan besi, dilapisi keramik atau teflon, dan yang bisa digunakan untuk kompor induksi.Kali ini kami memberikan rekomendasi wajan penggorengan terbaik bagi Anda. Namun, terlebih dahulu kami akan menjelaskan tentang poin penting yang bisa Anda jadikan panduan dalam memilih wajan. Temukanlah wajan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Peralatan dapur
    82.031 Views
  • 10 Rekomendasi Frying Pan Set Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Frying Pan Set Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Frying pan adalah barang penting yang wajib ada di dapur untuk memasak. Oleh karena itu, di pasaran banyak tersedia set frying pan yang menjual beberapa buah sekaligus dalam satu setnya. Namun, banyaknya jenis frying pan dan harga yang ditawarkan dari berbagai merek, seperti IKEA, Oxone, atau Maxim mungkin membuat Anda bingung memilih yang terbaik.Pada kesempatan ini, kami akan memberikan Anda rekomendasi produk frying pan terbaik serta penjelasan mengenai jenis dan fungsi frying pan untuk membantu Anda memilih produk yang sesuai kebutuhan. Selamat membaca!
    Peralatan dapur
    41.303 Views
  • 10 Rekomendasi Food Processor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Food Processor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Food processor merupakan perkakas dapur multifungsi yang akan mempermudah tugas Anda saat menyiapkan makanan. Tak hanya untuk memotong sayuran dan buah, alat ini juga dapat menggiling daging, menumbuk aneka biji-bijian dan rempah, hingga menguleni adonan.Melalui artikel ini, kami akan berbagi tips tentang cara memilih food processor yang tepat untuk Anda. Kami juga akan menjelaskan kegunaan food processor secara komprehensif, serta memberikan rekomendasi produk terbaik. Anda dapat memilih di antara Philips, Oxone, Panasonic, dan merek lainnya. Selamat membaca!
    Peralatan dapur
    47.187 Views
  • 10 Rekomendasi Microwave Oven Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Microwave Oven Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Microwave oven merupakan salah satu alat yang digunakan untuk membuat roti, kue, toast maupun kue kering. Berbeda dengan oven biasa, pemanasan makanan dengan microwave oven menggunakan gelombang mikro sehingga masakan matang lebih merata. Jika menggunakan oven biasa, masakan lebih matang di bagian pinggirnya.Beberapa merek microwave oven yang terkenal adalah Hitachi, Sharp dan Panasonic. Kali ini kami akan merekomendasikan beberapa microwave oven dari berbagai merek ternama untuk dibandingkan kualitasnya. Simak ulasan berikut ini dan jadikan pertimbangan Anda sebelum membeli microwave oven.
    Peralatan dapur
    54.157 Views
  • 10 Rekomendasi Wajan Panggang (Grill Pan) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Wajan Panggang (Grill Pan) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Jenis makanan yang dipanggang seperti ikan bakar, satai, atau steak, memang menjadi salah satu yang banyak digemari. Jika Anda ingin membuat jenis makanan ini di rumah, Anda membutuhkan wajan panggang atau grill pan. Grill pan pun serbaguna karena tak hanya bisa digunakan untuk memanggang, tetapi juga menumis.Berbagai produsen di antaranya Maxim, Ikea, HappyCall, dan Philips, berlomba menawarkan wajan panggang berkualitas tinggi. Berikut ini, kami akan menjelaskan poin penting yang harus Anda perhatikan dalam memilih wajan panggang. Jangan dilewatkan, ya!
    Peralatan dapur
    34.619 Views
  • 10 Rekomendasi Kompor Gas Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kompor Gas Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Berbicara mengenai kompor gas, Anda tentu memiliki kriteria pemilihan yang berbeda sesuai kebutuhan Anda sehari-hari. Kriteria tersebut antara lain tampilan kompor yang modis, panggangan tanpa air, dan kemudahan saat dibersihkan. Belakangan, produsen kompor gas juga semakin berlomba-lomba mengeluarkan produk dengan fitur yang semakin canggih.Pada artikel kali ini kami akan menjelaskan secara menyeluruh kriteria apa saja yang perlu diperhatikan dalam memilih kompor gas. Selain cara memilihnya, kami akan memilihkan sepuluh produk terbaik untuk Anda jadikan referensi. Beberapa merek terkenal seperti Modena, Hitachi, dan Rinnai siap untuk Anda pilih. Selamat menyimak!
    Peralatan dapur
    41.242 Views
  • 10 Rekomendasi Cetakan Cokelat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Cetakan Cokelat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Dengan cetakan cokelat, Anda dapat membuat cokelat dengan bentuk yang indah. Peluang bisnis menjual cokelat juga bisa Anda mulai, terutama pada hari valentine. Pilihan bahan dan bentuknya pun beragam, seperti bahan polikarbonat, silikon, ataupun berbentuk karakter hewan, tengkorak, hingga berbentuk Lego yang bisa ditata.Kali ini kami akan merekomendasikan cetakan cokelat terbaik untuk membuat cokelat kesukaan Anda. Selain itu, kami akan memberitahu cara memilih cetakan cokelat tersebut dengan baik. Temukanlah cetakan favorit Anda di antara berbagai produk yang dapat dibeli melalui online shop ini!
    Peralatan dapur
    2.979 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori