• 10 Rekomendasi Teko Pemanas Air Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Teko Pemanas Air Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Teko Pemanas Air Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Teko Pemanas Air Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Teko Pemanas Air Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Teko Pemanas Air Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Teko pemanas air merupakan peralatan dapur yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Meski terkesan sepele, ternyata ada banyak produk teko yang dijual di pasaran, seperti Maspion, IKEA, dan BOLDe. Merek-merek ini menjual teko dengan berbagai model, material, dan harga.

Saat akan membeli teko, tentu Anda ingin menggunakannya dalam jangka waktu yang lama, bukan? Untuk itu, kami akan membantu Anda memilih teko pemanas air berdasarkan beberapa pertimbangan. Mari temukan teko pemanas air yang paling sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup Anda!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Murtiyarini
Risalah Husna
  • Pembaharuan terakhir: 26 Januari 2021
Daftar isi

Cara memilih teko pemanas air

Saat memilih teko pemanas air, Anda harus memperhatikan kapasitas, bentuk corong, bahan, serta keamanan dan kenyamanan handelnya. Poin-poin penting tersebut akan kami jabarkan secara detail di bawah ini.

Pilih berdasarkan bahan yang digunakan

Poin pertama yang harus dipertimbangkan dalam memilih teko pemanas air adalah bahan yang digunakan. Bahan yang dipilih bergantung pada hal yang paling Anda pentingkan dalam penggunaan teko. Mari pelajari secara singkat keunggulan yang dimiliki oleh masing-masing bahan.

Stainless steel, awet dan mudah dirawat

Stainless steel, awet dan mudah dirawat

Teko pemanas air dari stainless steel kami rekomendasikan untuk Anda yang menginginkan teko yang awet. Bahan ini merupakan bahan yang paling umum digunakan. Kelebihan bahan stainless steel adalah tahan karat, ringan, dan tahan lama. Bahkan, teko stainless steel yang lapisannya ditambahkan aluminium akan lebih cepat membuat air mendidih.


Stainless steel sendiri merupakan bahan yang mampu menyimpan suhu panas sehingga air di dalamnya tidak gampang mendingin. Ada berbagai macam ukuran dan desain teko dari bahan ini. Jadi, Anda pasti akan mudah menemukan produk yang sesuai selera. Sayangnya, noda air dan goresan mudah terlihat di bodi teko berbahan ini. Karena itu, Anda harus segera mengeringkan teko setelah mencucinya. Selain itu, hindari penggunaan sikat ketika membersihkannya.

Enamel, retensi panasnya baik sehingga air tidak mudah dingin

Enamel, retensi panasnya baik sehingga air tidak mudah dingin

Apabila Anda menginginkan teko yang awet menyimpan panas setelah dimasak, pilih teko berbahan enamel. Bahan ini memiliki lapisan kaca di bagian luar logam yang mampu menahan air tetap panas. Meski didiamkan dalam waktu yang cukup lama, Anda tetap bisa menggunakan air panas tanpa perlu memanaskannya kembali.


Teko dari bahan enamel biasanya dijual dengan beragam desain serta warna yang cute dan menarik. Karena itu, jika Anda ingin produk yang sekalian bisa menghiasi dapur atau meja makan, teko bahan inilah jawabannya. Namun, bahan ini rentan terhadap perubahan suhu dan guncangan. Jadi, Anda harus berhati-hati saat memakai teko dari enamel.

Tembaga, membuat air cepat mendidih

Tembaga, membuat air cepat mendidih

Tembaga mempunyai konduktivitas panas yang paling tinggi di antara semua bahan. Tak heran jika air bisa mendidih lebih cepat ketika Anda memasak air dengan teko berbahan ini. Karena kecepatannya dalam mendidihkan air, teko dari tembaga cocok untuk Anda yang biasa memasak air beberapa kali dalam sehari. Tembaga juga bersifat antibakteri sehingga bisa menjaga air yang sudah direbus tetap higienis.


Makin lama digunakan, teko dari tembaga akan tampak makin mengilap dan indah. Jadi, bisa dipakai untuk jangka lama. Akan tetapi, harga teko berbahan tembaga tergolong mahal dan membutuhkan perawatan khusus. Bila Anda tidak masalah dengan hal tersebut, teko dari tembaga bisa dipertimbangkan. 

Aluminium, ringan dan memiliki konduktivitas tinggi

Aluminium, ringan dan memiliki konduktivitas tinggi

Teko bahan aluminium umumnya dijual dengan harga yang terjangkau. Anda pun dapat dengan mudah membeli yang baru saat teko lama sudah mulai rusak. Selain itu, konduktivitas yang tinggi, ringan, dan mudah dirawat adalah beberapa kelebihan lain dari bahan aluminium. 


Bagi Anda yang mencari teko pemanas air yang murah dan berkapasitas besar, kami merekomendasikan teko berbahan ini. Kekurangan dari bahan aluminium adalah mudah tergores dan berubah bentuk. Pastikan Anda menggantinya dengan yang baru jika dirasa umur teko sudah tua.

Besi, tahan api dan tidak mudah rusak

Besi, tahan api dan tidak mudah rusak

Teko dari besi memiliki tampilan kuno yang tampak stylish dan menarik. Bahan ini sangat tahan lama, tahan api, dan tidak mudah berubah bentuk. Berkat bentuknya yang khas, teko berbahan ini sangat pas untuk Anda yang ingin menikmati teh dari teko dengan nuansa kuno.


Kelemahan bahan ini adalah bobotnya yang berat dan harganya yang juga mahal. Selain itu, teko juga bisa berkarat apabila disimpan dengan air yang tersisa di dalamnya. Jadi, pastikan teko dalam keadaan kering saat disimpan, ya. Tidak hanya dipakai, teko dari besi juga bisa dijadikan koleksi karena bentuknya yang retro. Sayangnya, teko pemanas air dari besi jarang ditemukan di toko-toko online di Indonesia.

Sesuaikan kapasitas teko dengan jumlah anggota keluarga dan pemakaian

Sesuaikan kapasitas teko dengan jumlah anggota keluarga dan pemakaian

Sebelum memilih kapasitas teko, Anda harus menyesuaikannya dengan jumlah anggota keluarga serta kebutuhan pemakaian. Jika sudah mengetahui kebutuhan Anda sendiri, Anda akan lebih mudah dalam memilih.


Misalnya, jika setiap hari Anda membuat kopi atau teh, Anda membutuhkan 0,5 liter air untuk tiap orang. Berarti, teko berkapasitas 0,5–1 liter sudah cukup untuk dipakai Anda yang tinggal sendiri. Bagi yang tinggal berdua bersama pasangan, pilihlah teko berkapasitas 1–1,5 liter. Sementara itu, teko berkapasitas 2 liter cocok untuk Anda yang anggota keluarganya berjumlah tiga orang atau lebih. 


Jika ingin merebus air untuk barley tea, sebaiknya Anda memilih teko berkapasitas 2 liter atau lebih. Anda juga bisa menyiapkan dua teko ukuran berbeda apabila mempunyai budget lebih. Dengan begitu, Anda bisa menyesuaikan ukuran dengan pemakaian.

Pilih berdasarkan bentuk corong teko

Jika Anda menginginkan kenyamanan lebih, Anda harus memeriksa bentuk corongnya. Meski corong teko merupakan bagian yang sering diabaikan, bagian inilah yang membuat penggunaan teko lebih mudah. Dengan begitu, Anda pun bisa memakainya dalam waktu lama.

Corong berpeluit, bisa berbunyi ketika air sudah mendidih

Corong berpeluit, bisa berbunyi ketika air sudah mendidih

Pilihlah teko dengan corong berpeluit jika Anda ingin teko yang bisa berbunyi saat air sudah mendidih. Peluit telah terpasang di ujung corong dan akan berbunyi untuk memberitahu Anda bahwa air sudah matang. Anda pun dapat merebus air sambil memasak atau melakukan pekerjaan lainnya. Praktis, kan? Karena teko akan otomatis berbunyi, Anda pun tidak perlu khawatir air akan meluap.


Corong berpeluit biasanya tersedia pada teko pemanas air berbahan stainless steel. Apabila Anda kurang menyukai bunyi yang kencang, Anda dapat memilih produk yang berbunyi lebih pelan.

Corong leher angsa, untuk menuang air sedikit demi sedikit

Corong leher angsa, untuk menuang air sedikit demi sedikit

Air yang baru saja mendidih bisa saja mengenai Anda ketika sedang dituang ke gelas. Karena itu, akan lebih aman jika Anda memilih teko yang memiliki corong leher angsa agar air bisa dituang secara perlahan. Corong yang bentuknya meruncing ini akan memudahkan Anda saat menuang karena air panas tidak akan langsung tertuang seluruhnya.


Corong leher angsa banyak dipakai pada teko untuk menyeduh kopi. Karena bentuknya yang langsing, air akan tertuang sedikit demi sedikit. Jadi, perhatikan tipe corong sebelum membeli teko, terutama apabila Anda berencana untuk memakainya sebagai teko kopi.

Pilih teko dengan handel yang antipanas

Pilih teko dengan handel yang antipanas

jika handelnya tidak antipanas, Anda harus mengenakan sarung tangan untuk mengangkat teko. Sungguh merepotkan! Supaya lebih praktis, perhatikan juga bahan handel teko incaran Anda.


Kami merekomendasikan teko dengan handel berbahan kayu atau resin. Kedua bahan ini tebal dengan kemampuan penghantar panas yang rendah. Akan lebih aman jika handel dan tutup teko memiliki jarak yang cukup jauh. Hindari teko yang handel dan bodinya terbuat dari bahan yang sama karena handel akan terasa panas saat disentuh.

Pilih teko yang mudah dibersihkan

Pilih teko yang mudah dibersihkan

Kemudahan pencucian teko juga merupakan salah satu poin yang penting untuk diperhatikan. Agar bisa dibersihkan hingga ke sudut terdalam, pilih teko yang dalamnya luas agar tangan Anda bisa masuk. Selain itu, pilihlah teko dengan diameter yang lebar.


Teko yang handelnya fleksibel dan bisa dilipat akan memudahkan Anda saat mencuci. Posisi handel yang permanen membuat teko tidak bisa dicuci sepenuhnya. Karena itu, pastikan handel teko pilihan Anda bisa dilipat, ya.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest
Spesialis
mybest

10 Rekomendasi teko pemanas air terbaik

Setelah memahami cara memilihnya, kali ini kami akan memberikan rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Temukanlah teko pemanas air yang paling sesuai dengan kebutuhan rumah tangga Anda!

10

MaspionRigoletto Whistling Kettle

Mulai dari Rp 70.000,00

BahanAluminium
Kapasitas2,5 liter
Corong berpeluit✔️
Corong leher angsax
Handel antipanas✔️
Handel bisa dilipat✔️
9
BahanStainless steel
Kapasitas6 liter
Corong berpeluit✔️
Corong leher angsax
Handel antipanas✔️
Handel bisa dilipatx
8
BahanStainless steel
Kapasitas3 liter
Corong berpeluit✔️
Corong leher angsa✔️
Handel antipanas✔️
Handel bisa dilipat✔️
7
BahanStainless steel
Kapasitas3 liter
Corong berpeluit✔️
Corong leher angsax
Handel antipanas✔️
Handel bisa dilipatTidak ada keterangan
6

Fire MapleHigh Efficiency Tea Kettle / Coffee Pot

FMC-XT2

Mulai dari Rp 340.000,00

BahanHard anodized aluminum, stainless steel
Kapasitas1,5 liter
Corong berpeluitx
Corong leher angsax
Handel antipanas✔️
Handel bisa dilipat✔️
5
BahanStainless steel
Kapasitas2 liter
Corong berpeluit✔️
Corong leher angsax
Handel antipanasTidak ada keterangan
Handel bisa dilipatTidak ada keterangan
4

BOLDeSuper Kettle GENIO (Ketel Siul)

Mulai dari Rp 168.000,00

BahanStainless steel
Kapasitas3 liter
Corong berpeluit✔️
Corong leher angsax
Handel antipanasTidak ada keterangan
Handel bisa dilipatTidak ada keterangan
3
BahanStainless steel
Kapasitas3,5 liter
Corong berpeluit✔️
Corong leher angsax
Handel antipanasTidak ada keterangan
Handel bisa dilipatTidak ada keterangan
2
BahanTembaga
Kapasitas1 liter
Corong berpeluitx
Corong leher angsa✔️
Handel antipanasTidak ada keterangan
Handel bisa dilipatx
1

HarioBona Coffee Drip Kettle

BDK-80-W

Mulai dari Rp 1.040.000,00

BahanEnamel
Kapasitas1,4 liter
Corong berpeluitx
Corong leher angsa✔️
Handel antipanas✔️
Handel bisa dilipatx

Tabel perbandingan produk teko pemanas air terbaik

Gambar produk
1
Hario Bona Coffee Drip Kettle 1

Hario

2
Kalita #52017 Royal Bronze Kettle 1

3
Zebra Image Whistling Kettle 113491 1

Zebra

4
BOLDe Super Kettle GENIO (Ketel Siul) 1

BOLDe

5
IKEA VATTENTÄT 1

IKEA

6
Fire Maple High Efficiency Tea Kettle / Coffee Pot 1

Fire Maple

7
Suggo Butterfly Whistling Kettle  1

Suggo

8
Fujika Whistling Kettle 20 cm 1

Fujika

9
Imperial Whistling Kettle 1

10
Maspion Rigoletto Whistling Kettle 1

Maspion

Nama produk

Bona Coffee Drip Kettle

Kalita #52017 Royal Bronze Kettle

Image Whistling Kettle 113491

Super Kettle GENIO (Ketel Siul)

VATTENTÄT

High Efficiency Tea Kettle / Coffee Pot

Butterfly Whistling Kettle

Whistling Kettle 20 cm

Imperial Whistling Kettle

Rigoletto Whistling Kettle

Keunggulan

Menambah kesan natural di dapur dengan handel berlapis kayu

Teko berdesain klasik yang cepat bikin air mendidih

Antitumpah! Ada kunci di penutupnya

Cegah tangan melepuh terkena air panas berkat adanya tombol pembuka

Bisa digunakan pada kompor apa pun, sangat fleksibel!

Teko tepat untuk situasi darurat

Desain dan warnanya feminin, para wanita pasti suka!

Praktis, sudah dilengkapi saringan teh dan kopi

Kapasitas besarnya cocok untuk minum kopi ramai-ramai

Pilihan warnanya cantik dengan harga terjangkau

Harga mulai dariRp 1.040.000,00Rp 3.335.000,00Rp 423.000,00Rp 168.000,00Rp 249.000,00Rp 340.000,00Rp 200.000,00Rp 95.000,00Rp 170.000,00Rp 70.000,00
BahanEnamelTembagaStainless steelStainless steelStainless steelHard anodized aluminum, stainless steelStainless steelStainless steelStainless steelAluminium
Kapasitas1,4 liter1 liter3,5 liter3 liter2 liter1,5 liter3 liter3 liter6 liter2,5 liter
Corong berpeluitxx✔️✔️✔️x✔️✔️✔️✔️
Corong leher angsa✔️✔️xxxxx✔️xx
Handel antipanas✔️Tidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak ada keterangan✔️✔️✔️✔️✔️
Handel bisa dilipatxxTidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak ada keterangan✔️Tidak ada keterangan✔️x✔️
Tautan produk

Tips merawat teko agar awet digunakan

Tips merawat teko agar awet digunakan

Cara merawat teko berbeda-beda tergantung dari bahan yang digunakan. Anda mungkin ragu membeli produk yang mahal karena khawatir tidak bisa merawatnya dengan benar. Namun, merawat teko sebenarnya tidak sulit jika Anda mengetahui tipsnya.


Teko hanya perlu dicuci dengan lembut menggunakan sabun, kemudian dikeringkan hingga benar-benar kering. Akan tetapi, hindari penggunaan sabun pada teko besi, ya. Untuk teko besi, biarkan kering secara alami dengan sisa panas dari perebusan air.


Apa pun bahannya, berhati-hatilah untuk tidak memanaskan teko yang kosong atau mendinginkannya secara tiba-tiba. Jika Anda merawat teko dengan menjalankan tips dari kami, semua jenis teko dapat dirawat dengan mudah. Pilih teko sesuai selera tanpa rasa khawatir!

Baca juga rekomendasi teko lainnya di sini

Selain teko pemanas air, ada berbagai jenis teko lain yang diproduksi untuk tujuan khusus, misalnya teko listrik, teko kopi, teko teh, dan lainnya. Jika Anda sedang mencari produk teko lainnya, silakan cek artikel kami di bawah ini!

Kesimpulan

Berhubung teko pemanas air merupakan peralatan dapur yang digunakan sehari-hari, Anda harus selektif dalam pemilihannya. Usahakan untuk memilih produk dengan bahan yang kokoh dan tidak mudah rusak agar penggunaannya tahan lama. Teko yang awet tentu dapat menghemat pengeluaran.

Bagaimana pendapat Anda tentang artikel kali ini? Apakah ada produk rekomendasi yang Anda sukai? Semoga artikel ini bisa membantu Anda dalam memilih teko pemanas air idaman, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sebagai orang Indonesia yang sumber karbohidratnya adalah nasi, tentu rice cooker adalah item yang wajib dimiliki. Tidak hanya untuk memasak nasi, rice cooker juga bisa digunakan untuk memasak bubur, mengukus, dan memasak berbagai jenis makanan lainnya.. Pada artikel ini, kami akan memperkenalkan rekomendasi produk rice cooker, seperti Cosmos, Panasonic, dan Philips. Sebelum itu, kami juga akan memberitahukan cara memilih rice cooker yang tepat untuk kebutuhan Anda. Silakan jadikan artikel ini sebagai referensi Anda, ya!
    Peralatan masak
  • 10 Rekomendasi Wajan Keramik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Wajan Keramik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Akhir-akhir ini, penggunaan wajan keramik sudah makin populer. Wajan yang awalnya populer di Korea ini digemari karena bahannya yang lebih aman dan tidak mengganggu kesehatan. Menumis dan menggoreng menggunakan wajan keramik membuat masakan jadi cepat matang secara merata. Itulah sebabnya Anda perlu mempertimbangkan untuk memilikinya di dapur rumah.Jika Anda mencari wajan keramik, Anda akan menemukan beberapa merek, seperti Maxim, Yoshikawa, dan masih banyak lagi. Sebelum membelinya, sebaiknya ketahui dahulu manfaat menggunakan wajan keramik dan bagaimana tips memilih wajan keramik yang bagus. Yuk, simak artikel ini.
    Peralatan masak
  • 10 Rekomendasi Kompor Gas Portable Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kompor Gas Portable Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kompor gas portable memiliki bentuk mini sehingga penggunaannya dikenal praktis. Saat sedang camping, Anda dapat mengandalkan kompor ini. Cara menyalakan kompor gas portable pun mudah. Meskipun demikian, Anda perlu menggunakan produk yang bagus agar terhindar dari bahaya gas meledak.   Kali ini, kami akan memperkenalkan kepada Anda cara memilih kompor gas portable terbaik sebagai panduan memilih. Kami juga akan merekomendasi produk terbaik kompor gas portable, seperti Miyako, Rinnai, Cosmos, dan lainnya. Produk-produk tersebut bisa menjadi pertimbangan Anda sebelum memilh. Pilihlah produk yang awet dengan harga yang cocok di kantong Anda!
    Peralatan masak
  • 10 Frying Pan Set Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Frying Pan Set Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    Apabila Anda hobi memasak, memiliki satu set frying pan akan menjadi kepuasan tersendiri. Selain mempercantik interior dapur, frying pan set bisa disimpan dengan lebih rapi dan ringkas. Namun, banyaknya produk set frying pan yang bagus mungkin membuat Anda bingung saat memilih.Di artikel ini kami akan mengulas cara memilih frying pan set terbaik. Selain itu, kami juga akan mengulas sepuluh set frying pan yang bisa Anda jadikan referensi sebelum membeli. Ada produk set dari merek Bolde, Maxim, dan Oxone. Artikel ini sudah ditinjau oleh home cook influencer kami, Mariska Tracy.
    Peralatan masak
  • 10 Rekomendasi Grill Pan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Grill Pan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Jenis makanan yang dipanggang, seperti ikan bakar, satai, atau steak, memang menjadi salah satu yang banyak digemari. Jika Anda ingin membuat jenis makanan ini di rumah, Anda membutuhkan wajan panggang atau grill pan. Berbagai merek grill pan yang bagus, di antaranya Maxim, IKEA, dan Happycall berlomba menawarkan grill pan terbaik. Kali ini, kami akan memberikan rekomendasi grill pan untuk Anda miliki. Tak ketinggalan, kami juga akan menjelaskan fungsi dan kegunaan grill pan, serta cara menggunakan grill pan yang benar. Simak baik-baik hingga akhir, ya!
    Peralatan masak
  • 10 Rekomendasi Wajan Penggorengan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Wajan Penggorengan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Wajan penggorengan merupakan alat masak yang wajib ada di dapur. Wajan penggorengan terbuat dari bahan yang beragam, baik yang dilengkapi lapisan antilengket maupun yang noncoating. Pada artikel ini, kami akan memperkenalkan wajan antilengket seperti teflon, serta wajan noncoating, seperti cast iron dan stainless steel. Apa keunggulan dari setiap bahan tersebut? Kami akan menjabarkannya untuk Anda. Kami juga akan mengulas rekomendasi wajan dari merk ternama, seperti Tefal, IKEA, Maxim, dan Oxone. Silakan baca artikel ini untuk mengetahui tips memilih wajan yang bagus. Temukanlah wajan terbaik sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Peralatan masak
  • 10 Rekomendasi Termometer Masak Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Termometer Masak Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Tahukah Anda bahwa beberapa bahan makanan perlu dimasak pada suhu tertentu? Selain untuk membuat masakan matang sempurna, suhu yang tepat akan membuat makanan yang Anda buat terbebas dari bakteri berbahaya. Untuk itu, Anda membutuhkan termometer khusus untuk memasak.Banyaknya model dan tipe termometer masak yang ada di pasaran mungkin membuat Anda bingung menentukan pilihan. Kali ini kami akan berbagi cara memilih dan merekomendasikan termometer masak terbaik. Terdapat beragam merek dengan produk yang bagus, seperti ThermoPro, Thermapen, dan Tanita. Simak artikel ini sampai habis, ya!
    Peralatan masak
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori