10 Rekomendasi Produk Penyegar Mulut Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Produk Penyegar Mulut Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Anda kurang percaya diri karena masalah bau mulut? Atau gemar memakan makanan dengan bau menyengat tetapi takut bau mulut? Ayo cari solusinya! Permasalahan bau mulut walau tidak berbahaya namun cukup mengganggu dan menurunkan kepercayaan diri Anda. Ketika Anda mengalami hal tersebut, gunakanlah produk penyegar mulut untuk membuat napas Anda segar kembali dan membuat Anda lebih percaya diri.

Saat ini sudah terdapat banyak jenis penyegar mulut di pasaran, mulai yang berbentuk permen, semprotan, ataupun obat kumur. Dalam artikel ini kami akan membandingkan berbagai jenis tersebut dan juga merekomendasikan penyegar mulut terbaik yang akan selalu membuat napas Anda segar sepanjang hari.

Daftar isi

Cara memilih produk penyegar mulut

Jenis penyegar mulut yang ada di pasaran cukup banyak dan mungkin Anda akan bingung produk mana yang perlu Anda beli. Berikut beberapa poin yang perlu diperhatikan ketika ingin membeli produk penyegar mulut sehingga Anda dapat memilih yang paling tepat untuk Anda.

Beberapa tipe produk penyegar mulut yang perlu Anda ketahui

Saat ini produk penyegar mulut tersedia dalam 5 bentuk produk. Berbagai produk tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut penjelasannya agar Anda dapat memilih dan menggunakannya dengan tepat.

Tipe spray, dikemas dalam botol dan mudah digunakan

Tipe spray, dikemas dalam botol dan mudah digunakan

Produk ini digunakan dengan cara menyemprotkan produk ke dalam mulut. Produk spray yang tersedia di pasaran cukup banyak, mulai dari yang memiliki kandungan mint ringan hingga yang kuat.

Produk spray dikemas dalam botol, sehingga Anda dapat dengan mudah menyimpannnya di kantong atau saku. Jika Anda membutuhkan perawatan mulut beberapa kali sehari, tipe ini cocok untuk Anda.

Tipe permen dengan sensasi rasa manis

Tipe permen dengan sensasi rasa manis

Salah satu produk penyegar mulut yang cukup populer adalah bentuk permen yang bisa dikunyah. Produk ini populer karena selain mudah dalam penggunaan, air liur yang diproduksi ketika mengunyah permen juga turut membantu menghilangkan bau mulut.

Mengikuti pola hidup masyarakat yang kini sudah lebih memperhatikan kesehatan, maka dikembangkan produk permen yang menggunakan pemanis selain gula. Produk penyegar mulut bentuk permen ini ditujukan untuk Anda yang tidak biasa menggunakan penyegar mulut tipe spray.

Tipe film / tablet, produk yang dapat digunakan dengan santai

Tipe film / tablet, produk yang dapat digunakan dengan santai

Tipe penyegar mulut berikut ini adalah jenis produk yang secara alami dapat mencair sendiri dalam mulut tanpa perlu dikunyah. Permen ini berbentuk seperti film yang tipis dan dikemas dalam kemasan padat sehingga mudah dibawa kemana saja.

Produk ini sangat mudah digunakan, bahkan setelah menyantap makanan, Anda dapat langsung menggunakannya dengan menempelkan di lidah, dan produk akan mencair dengan sendirinya. Penggunaan produk ini pun lebih tidak mencolok dibanding dengan tipe spray dan tipe kunyah.

Tipe kapsul atau suplemen, diminum dengan bantuan air

Tipe kapsul atau suplemen, diminum dengan bantuan air

Produk yang dikonsumsi sambil minum air ini dapat menekan bau tidak sedap yang berasal dari perut. Bagi Anda yang sudah mencoba berbagai tipe penyegar mulut lain namun tidak berhasil, Anda dapat mencoba produk berikut ini karena produk ini berfungsi seperti obat.

Penggunaan produk tipe ini lebih tidak praktis dibanding tipe permen, dan tipe film atau tablet, hal ini dikarenakan Anda perlu meminum air untuk menelannya. Selain itu, karena produk ini masuk dahulu ke dalam lambung baru dicerna, maka tidak ada efek langsung yang akan terjadi. Namun, jika Anda memakan makanan yang berbau kuat, produk ini sangat efektif membantu mengatasi bau mulut.

Cucilah mulut dengan penyegar mulut tipe obat kumur

Cucilah mulut dengan penyegar mulut tipe obat kumur

Dalam farmasi, Listerine merupakan merek yang sudah sangat terkenal untuk perawatan kesehatan mulut. Dengan hanya berkumur menggunakan produk ini, Anda tidak hanya akan memperoleh napas yang segar, tapi juga dapat membersihkan mulut, menjaga kesehatan gigi dan gusi, dan bahkan membantu penyembuhan radang gusi. Jika Anda tidak memiliki cukup waktu untuk menyikat gigi, Anda dapat hanya berkumur dan bau mulut akan hilang. Dapat dikatakan, obat kumur ini merupakan sahabat bagi Anda yang sibuk.

Ada 2 jenis obat kumur, yang mengandung alkohol dan yang non-alkohol. Penggunaan obat kumur yang mengandung alkohol dapat membuat mulut mengalami iritasi dan mulut menjadi kering. Hal tersebut dapat memacu terjadinya kembali bau mulut. Oleh karena itu, jika Anda menginginkan mulut yang selalu sehat dan segar, pilihlah obat kumur yang tidak mengandung alkohol.

Pilihlah produk yang memberikan efek bakterisida dan juga efek deodoran

Pilihlah produk yang memberikan efek bakterisida dan juga efek deodoran

Poin berikutnya yang perlu diperhatikan dalam memilih produk penyegar mulut adalah kandungan bahan dalam produk. Pilihlah produk yang mengandung bahan yang memberikan efek deodoran (menghilangkan bau tidak sedap) atau bakterisida (membunuh bakteri penyebab bau mulut).

Contoh bahan dengan efek deodoran adalah seng klorida, polifenol, flavonoid, champignon, laktoferin, dan tanin. Sedangkan bahan yang memberi efek bakterisida contohnya adalah menthol atau mint. Anda pasti sering menemukan produk penyegar mulut yang mengandung mint. Saat Anda memilih produk penyegar mulut, jangan lupa memeriksa bahan yang terkandung di dalamnya.

Pilih produk yang menggunakan aroma untuk menyamarkan bau mulut

Pilih produk yang menggunakan aroma untuk menyamarkan bau mulut

Anda pasti sering menemukan produk penyegar mulut yang memiliki aroma mint. Selain mint, ada juga produk yang memiliki aroma lemon atau anggur. Pemberian aroma dalam produk ini sering dilakukan karena aroma yang segar dianggap dapat langsung menggantikan bau mulut yang tidak sedap. Hal ini merupakan salah satu langkah yang dianggap dapat menghilangkan bau mulut dengan cepat.

Namun Anda perlu memperhatikan produk-produk yang hanya menyembunyikan bau tidak sedap dengan aroma segar. Produk tersebut biasanya tidak menghilangkan penyebab utama terjadinya bau mulut, dan aroma segarnya hanya bertahan sebentar. Apalagi jika mulut berbau cukup kuat yang kemudian bercampur dengan aroma produk, maka mulut akan semakin menjadi bau.

Produk yang mengandung aroma seperti itu lebih cocok untuk Anda yang tidak memiliki bau mulut namun hanya ingin mulut terasa segar. Untuk Anda yang memang memiliki bau mulut sebaiknya memilih produk yang memiliki formulasi kandungan bahan yang juga efektif untuk menghilangkan penyebabnya.

10 Rekomendasi produk penyegar mulut terbaik

Berikut rekomendasi kami untuk produk penyegar mulut terbaik. Anda dapat memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda saat ini.

10. Mentos Pure Fresh Lemon Mint Tin

10. Mentos Pure Fresh Lemon Mint Tin

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 20.400

Permen bebas gula dengan ekstrak green tea dan rasa lemon segar

Mentos Pure Fresh ini berbentuk tablet hisap yang dapat Anda konsumsi kapan saja dan di mana saja. Produk ini aman untuk dikonsumsi semua usia dan juga penderita diabetes karena tidak mengandung gula. Jika Anda senang makan permen untuk menyegarkan mulut, namun Anda juga sedang membatasi asupan gula, maka Anda dapat menggunakan produk ini.

Produk ini mengandung ekstrak green tea yang dapat membantu membunuh bakteri dan juga memberi efek melegakan tenggorokan. Selain itu, dengan tambahan rasa lemon dan mint, produk ini dapat memberi kesegaran sepanjang hari sehingga rasa percaya diri Anda akan bertambah.

9. Lotte Xylitol Fresh Mint

9. Lotte Xylitol Fresh Mint

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 3.800

Permen karet dengan pemanis alami xylitol

Apakah Anda sedang mengalami stress sehingga menderita bau mulut? Jika ya, maka mengunyah permen ini akan sangat membantu Anda. Ketika Anda mengunyah permen karet maka sekresi air liur akan meningkat. Peningkatan sekresi air liur ini bermanfaat untuk menurunkan kadar hormon kortisol (hormon stress) dan juga menghilangkan bakteri penyebab bau mulut.

Kelebihan lain permen karet mint ini adalah pemanis yang digunakan adalah pemanis alami xylitolXylitol dapat membantu mencegah terjadinya kerusakan pada gigi. Sehingga meskipun Anda sering mengkonsumsi permen ini, Anda tidak perlu khawatir gigi Anda rusak. Permen ini dapat dikonsumsi hingga 5 kali sehari.

8. Longrich Mouth Freshener

8. Longrich Mouth Freshener

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 76.000

Semprotan penyegar mulut dalam kemasan botol kecil

Untuk Anda yang menginginkan mulut segar sepanjang hari, Anda dapat menggunakan penyegar mulut bentuk spray ini. Anda dapat menyemprot mulut Anda sesudah makan atau setelah minum minuman bersoda. Kandungan ekstrak white tea dan peppermint di dalamnya akan membuat mulut Anda kembali segar dan tetap sehat.

Produk ini dikemas dalam kemasan botol kaca yang kecil, membuat produk ini dapat Anda bawa ke mana saja. Anda dapat menyimpannya dalam tas atau bahkan saku Anda, dan ketika membutuhkannya, Anda dapat langsung mengeluarkan dan menggunakannya, sangat praktis!

7. Frezza Antiseptic Mouthspray After Cigar

7. Frezza Antiseptic Mouthspray After Cigar

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 16.000

Penyegar mulut bentuk spray untuk Anda yang perokok

Untuk Anda yang gemar merokok namun tidak suka mengunyah permen, maka produk ini dapat menjadi pilihan untuk membuat mulut Anda tetap segar. Produk ini dibuat dengan bahan-bahan yang khusus untuk mengurangi napas tidak segar akibat merokok. Dengan menyemprotkan produk ini ke mulut Anda, napas Anda akan kembali segar setelah merokok.

Produk yang dikemas dalam botol isi netto 13 ml ini praktis dibawa kemana saja, sehingga dapat Anda gunakan setiap saat. Produk ini dapat Anda gunakan maksimal 5 kali dalam sehari. Harga Frezza Antiseptic Mouthspray pun lebih murah dibanding produk penyegar mulut semprot lainnya.

6. Pepsodent Mouthwash Expert Protection

6. Pepsodent Mouthwash Expert Protection

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp  40.600

Penyegar mulut yang dapat mengurangi rasa ngilu akibat gigi sensitif

Produk ini ditujukan bagi Anda yang memiliki permasalahan napas tidak segar disertai dengan gigi sensitif. Produk penyegar mulut yang berupa obat kumur ini mengandung beberapa zat aktif yang terbukti klinis dapat mengurangi rasa ngilu akibat gigi sensitif. Zat aktif tersebut adalah potassium citrate dan fluoride.

Potassium citrate dapat menghambat penghantaran rangsang nyeri pada pusat saraf, dan fluoride merupakan zat aktif yang dapat memperbarui mineral dalam gigi dan mencegah gigi berlubang. Berkumurlah dua kali sehari setelah menggosok gigi untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Betadine Obat Kumur Antiseptik

5. Betadine Obat Kumur Antiseptik

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 11.800

Obat kumur dengan zat aktif povidone iodine

Betadine mengeluarkan produk penyegar mulut berupa obat kumur yang mengandung zat aktif povidone iodine. Povidone iodine merupakan zat yang bersifat antiseptik, zat ini dapat melawan jamur dan juga membunuh bakteri. Ketika Anda berkumur dengan produk ini, bakteri penyebab bau mulut dapat langsung hilang, dan juga jamur yang menempel pada lidah dapat berkurang.

Selain itu, povidone iodine juga dapat membantu penyembuhan luka, sehingga Betadine Obat Kumur ini juga berkahasiat untuk menyembuhkan sariawan. Bagi Anda yang sering mengalami sariawan, mungkin Anda dapat mencoba produk ini. Cara penggunaannya pun cukup mudah, Anda cukup berkumur dengan 15 ml larutan produk selama 30-60 detik.

4. Fresmul Kapsul

4. Fresmul Kapsul

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 60.000

Produk penyegar mulut berbentuk kapsul dengan kandungan herbal

Produk berupa kapsul ini dapat membantu Anda yang memiliki masalah bau mulut yang cukup parah. Ketika kapsul masuk ke dalam lambung, maka zat aktif akan dilepaskan dan diedarkan oleh darah ke saluran pernapasan. Hal ini membuat napas yang dihasilkan selalu segar dan lebih tahan lama. Cocok untuk Anda yang ingin mencoba penyegar mulut berbentuk kapsul.

Produk ini mengandung ekstrak Androphogon zizanoides radix (akar wangi), Syzygium aromaticum flos (cengkeh), Piper bettle folium (sirih), dan Areca cattechu semen (pinang). Perpaduan keempat ekstrak herbal tersebut memberikan efek kesegaran mulut yang telah terbukti dan juga aman digunakan karena telah memiliki ijin BPOM.

3. Gofress Xylitol Grape

3. Gofress Xylitol Grape

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 8.800

Tempel di lidah, larut, mulut kembali segar !

Penyegar mulut berbentuk lembaran film yang sangat tipis ini akan menjadi kegemaran Anda yang ingin napas segar secara cepat. Penggunaannya sangat mudah, hanya tinggal ditempelkan ke lidah, dan film akan langsung larut tanpa perlu dihisap atau dikunyah terlebih dahulu. Ketika larut, kesegaran akan langsung menyebar ke seluruh isi mulut, dan Anda pun akan lebih percaya diri.

Dengan tambahan rasa anggur, produk ini semakin enak ketika dikonsumsi. Penggunaan pemanis alami xylitol pun menambah nilai lebih dari produk ini. Ketika Anda ingin bertemu pasangan atau ketika Anda mendadak ada janji temu dengan klien, Anda dapat langung menempelkan permen ini ke lidah untuk membuat mulut kembali segar.

2. Enkasari Cairan Kumur dan Telan

2. Enkasari Cairan Kumur dan Telan

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 19.800

Obat kumur yang juga dapat ditelan

Jika biasanya obat kumur hanya khusus untuk dikumur dan tidak boleh ditelan, maka Enkasari ini cukup berbeda. Produk asli Indonesia ini dibuat dari bahan herbal alami yang membuat produk ini menjadi obat kumur yang juga dapat ditelan. Kandungan herbal yang terkandung di dalamnya antara lain adalah sari daun saga, sari daun sirih, dan sari akar kayu manis.

Ketiga sari herbal alami tersebut membuat produk ini dapat menyembuhkan sariawan, mencegah terjadinya infeksi yang lebih besar, dan juga menyegarkan mulut. Dengan dosis yang tepat, produk ini aman digunakan baik oleh orang dewasa maupun oleh anak-anak. Dukung produk Indonesia dengan memilih produk ini !

1. Listerine Multi Protect Clean Mint

1. Listerine Multi Protect Clean Mint

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 29.199

Obat kumur yang memberikan 6 keuntungan dalam 1 produk

Bagi Anda yang menginginkan kondisi mulut selalu dalam kondisi prima, maka Anda dapat menggunakan obat kumur berikut ini. Obat kumur ini diklaim dapat memberikan 6 keuntungan sekaligus ketika digunakan. Keuntungan tersebut antara lain adalah Anda dapat memperoleh napas yang selalu segar, mulut bebas dari bakteri, dan gusi yang selalu terjaga kesehatannya,

Produk ini juga mengandung fluorida yang dapat mengembalikan mineral pada gigi rusak, sehingga permasalahan bau mulut akibat gigi rusak dapat teratasi. Listerine Multi Protect Clean Mint ini mempunyai rasa yang tidak terlalu kuat sehingga lebih nyaman digunakan.

Pelajari tentang penyebab terjadinya bau mulut (halitosis)

Produk penyegar mulut memang dapat mengurangi bau mulut tidak sedap, namun alangkah lebih baik jika Anda langsung dapat menemukan penyebabnya sehingga bau mulut dapat teratasi dan tidak akan muncul kembali. Berikut 6 penyebab bau mulut yang sering ditemukan.

Penyebab fisiologis yang muncul setiap hari

Penyebab fisiologis yang muncul setiap hari

Saat Anda baru bangun tidur atau ketika perut kosong, bau mulut kerap kali muncul. Hal ini disebabkan karena pada saat tidur, produksi air liur sangat berkurang dan mulut menjadi kering. Pada kondisi tersebut, bakteri dalam mulut akan berkembang biak.

Bakteri-bakteri tersebut akan mengolah sisa-sisa makanan dalam mulut dan akhirnya menghasilkan gas yang berbau tidak sedap. Gosoklah gigi sebelum tidur untuk membantu mengurangi bau mulut yang terjadi ketika Anda bangun tidur keesokan hari.

Menurunnya produksi saliva (air liur)

Menurunnya produksi saliva (air liur)

Seiring bertambahnya usia, produksi saliva akan menurun. Air liur sendiri berfungsi untuk menghilangkan bakteri dalam mulut. Jadi jika air liur berkurang, maka bakteri akan mudah berkembang biak dan menyebabkan bau mulut.

Diketahui juga bahwa stress dapat memicu penurunan produksi saliva. Walaupun jika usia Anda masih muda, namun Anda sering berada di bawah tekanan, produksi air liur akan berkurang dan memicu terjadinya bau mulut.

Untuk mengurangi dampak bertambahnya usia pada pengurangan produksi saliva, Anda dapat meminum teh atau mengunyah permen. Sedangkan solusi dalam mengatasi masalah stress adalah melakukan pola hidup sehat dan sering mengunyah agar air liur tetap diproduksi.

Menempelnya sisa makanan di lidah

Menempelnya sisa makanan di lidah

Saat sisa makanan tertinggal di mulut dan menempel di lidah, maka hal itu akan terakumulasi dan membentuk kerak putih yang akan menyebabkan bau tidak sedap.

Kerak putih tersebut dapat hilang jika digosok menggunakan sikat gigi atau sejenisnya. Namun berhati-hatilah saat menggosok lidah karena jika Anda menggosoknya terlalu sering maka permukaan lidah akan rusak dan akan memperburuk bau mulut yang terjadi.

Orang yang memiliki kebiasaan bernapas melalui mulut atau mereka yang memiliki lidah yang tidak dapat menempel pada rahang atas cenderung lebih mudah mempunyai bercak putih pada lidahnya.

Penyakit pada gusi dan gigi serta masalah gigi lainnya

Penyakit pada gusi dan gigi serta masalah gigi lainnya

Bagian periodontal mulut jika tidak dirawat dengan baik maka akan menimbulkan penyakit pada akar gigi dan menyebabkan terjadinya penumpukan nanah. Jika hal tersebut terjadi, maka halitosis (bau mulut) akan bertambah parah. Bahkan walaupun tidak terjadi penyakit pada akar gigi, gusi yang bengkak akan mudah berdarah dan juga akan menyebabkan bau mulut.

Lubang pada gigi jika dibiarkan terus-menerus dan tidak dirawat akan mengakibatkan gigi menjadi busuk. Gigi yang membusuk akan menimbulkan bau fermentasi atau bau busuk yang menyengat. Oleh karena itu, jika ada lubang pada gigi sebaiknya diobati dari sejak dini. Pengguna gigi palsu pun sebaiknya tidak lupa untuk melepaskan gigi palsunya pada saat tidur, karena jika dibiarkan terlalu lama gigi akan kotor.

Salah satu cara untuk mengatasi masalah bau mulut akibat masalah gigi dan gusi adalah dengan menggosok gigi secara lembut sehari dua kali. Jika masalah tetap berlanjut, maka Anda dapat berkonsultasi dengan dokter gigi.

Mengkonsumsi makanan atau minuman yang berbau tajam

Mengkonsumsi makanan atau minuman yang berbau tajam

Mengkonsumsi makananan atau minuman yang berbau tajam mungkin menjadi alasan utama terjadinya bau mulut. Setelah makan bawang putih atau minum alkohol, mulut akan langsung beraroma tidak sedap.

Bau mulut ini agak berbeda dengan bau mulut setelah mengkonsumsi makanan biasa. Makanan dan minuman yang beraroma kuat seperti bawang putih dan alkohol. Setelah dicerna di mulut dan usus, ketika diedarkan oleh darah ke paru-paru, kedua bahan makanan ini akan tetap berbau dan akhirnya menghasilkan bau napas yang tidak sedap. Untuk mengatasi hal ini maka diperlukan produk penyegar mulut berupa kapsul atau suplemen yang diminum bersama air.

Adanya penyakit pada organ dalam

Adanya penyakit pada organ dalam

Ketika Anda menderita penyakit pada organ dalam, seperti usus, hati, atau lambung, maka bau mulut dapat muncul. Bau mulut ini berbeda dengan bau mulut yang biasa. Bau mulut seperti ini tidak akan hilang walaupun ketika Anda sudah menggosok gigi.

Bahkan ketika lambung yang sedang sakit, maka bau mulut yang muncul akan semakin parah. Jika hal ini terjadi, produk penyegar mulut saja tidak cukup, Anda perlu untuk berkonsultasi dengan dokter.

Kesimpulan

Bau mulut atau napas tidak segar memang tidak berbahaya, namun cukup mengganggu bagi Anda yang mengalami. Produk penyegar mulut dapat mengatasi hal tersebut dan mengembalikan kepercayaan diri Anda. Akan lebih baik jika Anda mengetahui penyebab dari bau mulut tersebut agar bau mulut dapat diatasi dengan baik.

Produk penyegar mulut memiliki berbagai macam bentuk. Mulai dari bentuk permen yang dikunyah, obat kumur, kapsul atau tablet, yang berbentuk film, dan bentuk semprotan. Semua memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Manakah produk penyegar mulut yang akan Anda pilih?