10 Rekomendasi Produk Penyegar Mulut Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Produk Penyegar Mulut Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Produk penyegar mulut sangat membantu dalam menghilangkan masalah bau mulut. Penyebab bau mulut bisa saja dari makanan yang Anda konsumsi, seperti bawang putih. Beberapa orang biasanya mengunyah permen karet untuk menghilangkan bau, tetapi ada juga alternatif lain seperti suplemen atau mouthwash yang bisa Anda coba.

Di artikel kali ini kami akan membahas tentang produk penyegar mulut terbaik dari berbagai merek seperti Pepsodent, Mentos, atau Enkasari yang bisa Anda pilih. Tidak ketinggalan, kami juga akan membeberkan cara memilih produk supaya Anda menemukan produk yang paling pas.

Daftar isi

Cara memilih produk penyegar mulut

Sebelum masuk ke bagian rekomendasi produk, kami akan mengulas terlebih dahulu cara memilih produk penyegar mulut. Jadikan sebagai referensi sebelum memutuskan membeli produk, ya!

Pilih tipe produk berdasarkan kebutuhan

Umumnya, produk penyegar mulut tersedia dalam 3 tipe. Daripada memilih salah satu tipe untuk digunakan terus menerus, sebaiknya Anda menyesuaikan penggunaaan masing-masing tipe dengan situasi dan kebutuhan Anda.

Pilih tipe permen atau tablet hisap untuk mendapatkan efek instan

Pilih tipe permen atau tablet hisap untuk mendapatkan efek instan

Tablet hisap atau permen penyegar mulut sangat efektif dalam menghilangkan bau mulut seketika dan dapat dikonsumsi tanpa air. Selain mudah dibawa, tipe ini juga mudah dikunyah dan larut di dalam mulut. Tentu akan sangat membantu jika Anda selalu menyediakannya di dalam tas untuk momen-momen penting atau dadakan.

Namun, harap diperhatikan bahwa setiap produk tidak selalu memiliki efektivitas yang sama dalam menghilangkan semua jenis bau. Oleh karena itu, selalu perhatikan penjelasan pada kemasan produk dan pilih yang sesuai dengan bau yang ingin Anda hilangkan.

Pilih tipe suplemen untuk pengobatan bau mulut berkelanjutan

Pilih tipe suplemen untuk pengobatan bau mulut berkelanjutan

Produk yang dikonsumsi dengan minum air ini dapat menekan bau tidak sedap yang berasal dari perut. Oleh karena diminum dengan cara yang sama seperti obat, tipe suplemen ini bisa dicoba bagi Anda yang merasa tidak cocok dengan rasa kuat yang diberikan oleh penyegar mulut tipe lainnya.

Suplemen penyegar mulut tidak dapat memberikan efek seketika karena tipe ini perlu dicerna terlebih dahulu di dalam perut. Jadi, apabila Anda mengalami masalah bau mulut yang cukup kronis, gunakan juga permen penyegar mulut untuk efek instan.

Pilih tipe mouthwash (obat kumur) untuk memperbaiki kondisi lingkungan mulut

Pilih tipe mouthwash (obat kumur) untuk memperbaiki kondisi lingkungan mulut

Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan mouthwash atau yang sering dikenal sebagai obat kumur. Bahkan ketika Anda tidak memiliki waktu banyak untuk menyikat gigi, tipe ini dapat menyegarkan mulut Anda hanya dengan menggunakannya untuk berkumur. Praktis digunakan ketika di sekolah, kampus, maupun kantor.

Ada 2 jenis mouthwash, yaitu yang mengandung alkohol dan yang nonalkohol. Mouthwash yang mengandung alkohol dapat membuat mulut mengalami iritasi dan kering. Hal tersebut dapat memacu terjadinya kembali bau mulut. Oleh karena itu, jika Anda menginginkan mulut yang selalu sehat dan segar, pilihlah mouthwash yang tidak mengandung alkohol. Selain ketiga contoh yang sudah disebutkan, mulai banyak dijual juga produk penyegar mulut yang berbentuk strips atau mouthspray.

Pilih produk dengan rasa dan aroma sesuai selera Anda

Pilih produk dengan rasa dan aroma sesuai selera Anda

Produk penyegar mulut biasanya menyediakan berbagai aroma seperti mentol, lemon, atau anggur. Jika Anda membutuhkan efek seketika untuk menghilangkan bau mulut, sebisa mungkin pilih produk dengan aroma yang kuat. Belakangan ini, mulai dijual produk penyegar mulut dengan aroma mawar.

Selain aroma, Anda juga tidak boleh menyepelekan tentang rasa yang ditawarkan oleh produk penyegar mulut. Jangan sampai Anda terpaksa mengonsumsi sebuah produk padahal Anda tidak menyukai rasa yang diberikan. Sebelum membeli, baca ulasan produk terlebih dahulu, lalu pilih produk yang Anda rasa paling pas.

10 Rekomendasi produk penyegar mulut terbaik

Berikut rekomendasi kami untuk produk penyegar mulut terbaik. Anda dapat memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda saat ini!

10. Lotte Xylitol Rasa Fresh Mint

10. Lotte Xylitol Rasa Fresh Mint

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 15.200

Permen karet yang dapat mengurangi risiko karies gigi

Permen karet dari Lotte ini memberikan rasa mint yang segar dan bebas gula. Pemanis yang digunakan adalah pemanis alami xylitol yang dapat membantu mengurangi risiko munculnya karies gigi. Untuk Anda yang ingin sering mengonsumsi permen, tetapi tidak ingin gigi rusak, produk satu ini bisa dijadikan pilihan.

Karena produk ini adalah permen karet, Anda bisa mengonsumsinya kapan pun dan di mana pun ketika Anda ingin menyegarkan napas Anda. Konsumsi 2 buah permen ini 5 kali sehari setelah makan dan sebelum tidur untuk hasil optimal. Akan tetapi, jangan lupa untuk menyertainya dengan perawatan gigi yang baik, ya!

Tipe Permen
Aroma/rasa Mint
Kandungan Xylitol, mentol, gliserin, ekstrak rumput laut
Isi 40 pcs

9. Mentos Pure Fresh Spearmint Tin

9. Mentos Pure Fresh Spearmint Tin

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 11.499

Bebas gula dengan ekstrak green tea dan rasa spearmint yang memberi kesegaran intens

Mentos Pure Fresh ini berbentuk tablet hisap yang dapat Anda konsumsi kapan saja Anda mau. Produk ini aman untuk dikonsumsi semua usia dan juga untuk Anda yang sedang diet gula karena tidak mengandung gula. Kemasannya yang ramping dan praktis memudahkan Anda saat menyimpannya, bisa di saku baju atau di dalam tas.

Tablet hisap ini mengandung ekstrak green tea yang dapat membantu melegakan tenggorokan dan memberikan sensasi segar yang intens. Selain itu, dengan tambahan rasa spearmint, produk ini dapat memberi kesegaran sepanjang hari sehingga rasa percaya diri Anda akan bertambah.

Tipe Tablet hisap
Aroma/rasa Spearmint
Kandungan Green tea extract, spearmint menthol, sorbitol
Isi 12 pcs

8. Konimex Frezza Mouthspray – After Cigar

8. Konimex Frezza Mouthspray - After Cigar

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 20.000

Mengurangi napas tak sedap setelah merokok

Untuk Anda yang gemar merokok dan kurang suka mengunyah permen, produk mouthspray ini dapat menjadi pilihan untuk membuat mulut Anda kembali segar setelah merokok. Penyegar mulut bebas gula ini dibuat khusus untuk mengurangi bau napas yang tidak sedap akibat merokok.

Produk yang dikemas dalam botol isi neto 13 ml ini praktis dibawa kemana saja sehingga dapat Anda gunakan setiap saat. Meski dengan menyemprotkannya Anda bisa mendapatkan napas yang segar dengan instan, batasi penggunaan maksimal 5 kali saja dalam sehari, ya!

Tipe Spray
Aroma/rasa Freshmint
Kandungan Glycerin, mentol, freshmint flavour, sodium fluoride
Isi 13 ml

7. Gofress Fresh Strips Grape

7. Gofress Fresh Strips Grape

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 8.800

Cepat larut hanya dengan menempelkannya di lidah!

Penyegar mulut berbentuk oral strips yang sangat tipis ini dapat memberikan Anda sensasi segar secara cepat. Penggunaannya sangat mudah, Anda hanya tinggal menempelkannya ke lidah dan produk akan langsung larut tanpa perlu dihisap atau dikunyah terlebih dahulu.

Dengan tambahan rasa anggur, produk ini semakin enak ketika dikonsumsi. Penggunaan pemanis xylitol pun menambah nilai lebih dari penyegar mulut ini. Ketika Anda ingin bertemu pasangan atau mendadak ada janji temu dengan klien, Anda dapat langung menempelkan produk ini ke lidah untuk membuat mulut kembali segar.

Tipe Oral strips
Aroma/rasa Anggur
Kandungan Modified food starch, selulosa, mentol, perisa anggur, xylitol
Isi 24 strips

6. Enzim Mouthwash

6. Enzim Mouthwash

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 8.800

Memperbaiki fungsi pertahanan air liur untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi

Tidak hanya mampu mengatasi bau mulut, mouthwash dari brand Enzim ini juga dapat mencegah masalah gusi, gigi berlubang, dan plak untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi. Dengan ekstrak natural enzim, produk ini dapat memperbaiki fungsi pertahanan air liur.

Tenang saja, Enzim Mouthwash tidak mengandung alkohol sehingga mulut tidak akan menjadi kering setelah penggunaan. Gigi sensitif pun dapat diatasi berkat kandungan potassium nitrate di dalamnya. Jika Anda ingin mouthwash yang dapat menjaga kesehatan mulut dan gusi, coba saja produk ini.

Tipe Mouthwash (obat kumur)
Aroma/rasa Tidak tercantum
Kandungan Enzim AMG (Amyloglucosidase), GO (glucose oxidase), LPO (lactoperoxidase), potassium nitrate, allantoin, zinc gluconate.
Isi 275 ml

5. Pepsodent Mouthwash Sensitive Expert

5. Pepsodent Mouthwash Sensitive Expert

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 24.000

Mengurangi rasa ngilu akibat gigi sensitif dan memberi kesegaran

Produk ini ditujukan bagi Anda yang memiliki permasalahan napas tidak segar disertai dengan gigi sensitif. Produk penyegar mulut yang berupa mouthwash ini mengandung zat aktif potassium citrate yang terbukti klinis dapat mengurangi rasa ngilu akibat gigi sensitif.

Dibuat dari formula tanpa alkohol, mulut akan terasa nyaman dan segar tanpa rasa yang terlalu kuat. Selain itu, produk ini juga mengandung fluoride yang dapat mengembalikan mineral pada email gigi yang hilang sehingga gigi berlubang pun dapat dicegah. Untuk hasil terbaik, gunakan 2 kali sehari setelah menggosok gigi.

Tipe Mouthwash (obat kumur)
Aroma/rasa Tidak tercantum
Kandungan Potassium citrate, zinc sulfate, sodium fluoride
Isi 300 ml

4. Longrich Mouth Freshener

4. Longrich Mouth Freshener

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 67.000

Si mungil yang dapat merawat sakit tenggorokan dan napas tersumbat

Untuk Anda yang menginginkan mulut segar sepanjang hari, gunakan penyegar mulut bentuk spray ini. Berkat kandungan white tea, peppermint oil, dan mint essence di dalamnya, kesegaran napas dan mulut Anda akan kembali seketika setelah Anda menyemprotkannya. Produk ini bisa digunakan sesudah makan atau merokok.

Di samping itu, penyegar mulut ini juga bisa digunakan untuk merawat sakit tenggorokan dan hidung tersumbat, lho! Setelah menyemprotkannya, Anda akan merasakan sensasi dingin yang enak di tenggorokan. Apalagi kemasannya berbentuk botol kecil yang praktis sehingga Anda dapat menyimpannya di dalam tas atau bahkan saku.

Tipe Spray
Aroma/rasa Mentol
Kandungan White tea, peppermint oil, mint essence
Isi Tidak ada keterangan

3. Kimia Farma Enkasari

3. Kimia Farma Enkasari

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 15.500

Obat kumur yang dapat ditelan!

Biasanya obat kumur khusus untuk berkumur tidak boleh ditelan, tetapi Enkasari ini berbeda. Produk asli Indonesia ini dibuat dari bahan herbal alami sehingga produk ini menjadi obat kumur yang juga dapat ditelan. Kandungan herbal yang terkandung di dalamnya antara lain adalah ekstrak dari daun saga, daun sirih, dan akar kayu manis.

Ketiga ekstrak herbal alami tersebut membuat produk ini dapat menyembuhkan sariawan, menghilangkan bau mulut, dan juga menyegarkan napas. Dengan dosis yang tepat, produk ini aman digunakan baik oleh orang dewasa maupun oleh anak-anak. Ingin mengatasi sariawan sekaligus bau mulut? Produk satu ini sangat patut dicoba!

Tipe Mouthwash (obat kumur), suplemen
Aroma/rasa Tidak ada keterangan
Kandungan Ekstrak daun saga, ekstrak sirih, ekstrak akar kayu manis, mentol
Isi 120 ml

2. Fresmul FBM Obat Bau Mulut

2. Fresmul FBM Obat Bau Mulut

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 35.500

Mengatasi penyebab bau mulut dari dalam tubuh

Produk berupa kapsul ini dapat membantu mengatasi masalah bau mulut dari dalam tubuh. Ketika kapsul masuk ke dalam lambung, zat aktif akan dilepaskan dan diedarkan oleh darah ke saluran pernapasan. Hal ini membuat napas yang dihasilkan selalu segar dan lebih tahan lama. Cocok untuk Anda yang ingin bau mulut hilang secara tuntas mulai dari dalam tubuh.

Produk ini mengandung ekstrak Andropogon zizanioides radix (akar wangi), Syzygium aromaticum flos (cengkih), Piper betle folium (sirih), dan Areca catechu semen (biji pinang). Perpaduan keempat ekstrak herbal tersebut memberikan efek kesegaran mulut yang telah terbukti khasiatnya dan aman karena telah memiliki izin BPOM.

Tipe Suplemen
Aroma/rasa Tidak ada keterangan
Kandungan Akar wangi, cengkih, sirih, biji pinang
Isi 60 kapsul

1. Colgate® Plax® Peppermint Fresh Mouthwash

1. Colgate® Plax® Peppermint Fresh Mouthwash

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 25.050

Perlindungan terhadap bakteri dan plak hingga 12 jam

Lindungi gigi Anda dari penumpukan bakteri dengan Colgate® Plax® Peppermint Fresh Mouthwash. Selain dapat membasmi 99,9% bakteri di mulut, produk ini juga dapat meningkatkan kesehatan gusi hingga 64%. Dengan gusi yang sehat, tentu saja napas segar yang tahan lama pun tidak akan sulit Anda dapatkan.

Oleh karena mampu melindungi gigi dari bakteri dan plak hingga 12 jam, produk ini bisa membantu mencegah gigi berlubang. Mouthwash dari Colgate ini juga tidak mengandung alkohol yang dapat menimbulkan iritasi atau rasa perih. Produk yang telah teruji secara klinis ini bagus untuk Anda yang ingin mencegah bau mulut akibat kondisi mulut yang buruk.

Tipe Mouthwash (obat kumur)
Aroma/rasa Peppermint
Kandungan Glycerin, propylene glycol, sorbitol, sodium fluoride, mentol
Isi 60 ml

Tips melawan bau mulut

Selain produk penyegar mulut yang telah kami ulas di atas, masih banyak produk perawatan mulut lainnya yang tersedia di pasaran. Pilihlah sesuai dengan penyebabnya. Jika diperlukan, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter gigi Anda.

Hilangkan sisa makanan di lidah dengan pembersih lidah

Hilangkan sisa makanan di lidah dengan pembersih lidah

Saat sisa makanan tertinggal di mulut dan menempel di lidah, sisa-sisa makanan tersebut akan menumpuk dan membentuk bercak putih yang akan menyebabkan bau tidak sedap. Bercak putih pada lidah dapat dihilangkan dengan sikat gigi. Namun, berhati-hatilah jika Anda menggosok terlalu keras, permukaan lidah akan terluka dan akan menjadi penyebab bau mulut baru.

Orang yang memiliki kebiasaan bernapas melalui mulut atau mereka yang tidak terbiasa menempelkan lidah ke langit-langit mulut cenderung lebih mudah terbentuk bercak putih pada lidahnya. Cobalah periksa lidah Anda sendiri di rumah, ya!

Periksa kembali sikat gigi serta pasta gigi yang sedang Anda gunakan

Periksa kembali sikat gigi serta pasta gigi yang sedang Anda gunakan

Gusi yang tidak dirawat dengan baik akan menimbulkan penyakit periodontitis dan menyebabkan terjadinya penumpukan nanah dan bakteri. Jika hal tersebut terjadi, bau mulut akan bertambah parah. Walaupun tidak terjadi penyakit periodontitis, gusi yang bengkak akan mudah berdarah dan juga akan menyebabkan bau mulut.

Pemasangan crown gigi, yaitu pemasangan sebagian gigi palsu di atas gigi yang rusak, juga dapat menimbulkan bau tidak sedap karena jumlah bakteri yang meningkat. Selain itu, gigi yang berlubang akan mengakibatkan gigi menjadi busuk dan menghasilkan bau fermentasi atau bau busuk yang menyengat. Oleh karena itu, segera periksakan gigi jika terdapat lubang pada gigi Anda.

Menyikat gigi dengan cara yang benar merupakan hal penting untuk mencegah bau mulut. Akan tetapi, berkonsultasi dengan dokter gigi adalah solusi terbaik dalam memberantas bau mulut yang disebabkan oleh masalah gigi dan mulut.

Periksa organ dalam Anda

Periksa organ dalam Anda

Apabila Anda telah menggosok gigi dengan benar dan rajin, tetapi bau mulut tidak juga kunjung hilang, coba periksa organ dalam Anda. Ketika Anda menderita penyakit pada organ dalam, seperti pada lambung, usus, atau hati, maka bau mulut dapat muncul. Bau mulut ini berbeda dengan bau mulut yang biasa.

Bau tidak sedap akan semakin menguat terutama ketika lambung sedang dalam kondisi tidak baik. Jika hal ini terjadi, produk penyegar mulut saja tidak akan cukup, Anda perlu untuk berkonsultasi dengan dokter.

Ketahui seberapa kuat bau mulut Anda

Ketahui seberapa kuat bau mulut Anda

Jika Anda mengetahui seberapa kuat bau mulut Anda sendiri, Anda lebih bisa merasakan keefektifan produk penyegar mulut yang sedang digunakan. Jika bau mulut Anda berkurang secara signifikan, berarti produk tersebut sudah tepat. Namun, bila bau mulut Anda belum teratasi, Anda perlu mengganti produk penyegar mulutnya.

Baca juga rekomendasi berbagai produk perawatan mulut di sini!

Anda tidak bisa menghilangkan bau mulut yang membandel hanya dengan produk penyegar mulut. Artikel-artikel pada tautan di bawah ini akan membantu Anda dalam menemukan produk perawatan gigi dan mulut sehari-hari seperti obat kumur, pembersih lidah, dan sikat gigi. Dapatkan napas yang segar dan kondisi mulut yang sehat selalu!

Kesimpulan

Produk penyegar mulut memiliki berbagai tipe, mulai dari tipe permen yang dikunyah, mouthwash atau obat kumur, maupun yang berbentuk suplemen. Pilihlah tipe berdasarkan kebutuhan. Untuk rasa dan aroma, pilihlah yang sesuai dengan selera Anda.

Bagaimana menurut Anda? Semoga informasi yang sudah kami berikan bisa membantu Anda untuk menemukan produk penyegar mulut yang pas.