10 Rekomendasi Speaker Wireless Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Speaker Wireless Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Zaman sekarang, speaker wireless seakan tidak terpisah dari alat elektronik seperti smartphone dan music player. Berbagai merek speaker wireless seperti JBL, Logitech, Bose, Harman Kardon, Samsung, dan sebagainya hadir memenuhi kebutuhan para penikmat musik.

Melalui artikel ini, kami akan merekomendasikan 10 produk speaker wireless yang dapat memenuhi kebutuhan musik Anda. Kami juga akan memberikan beberapa hal yang harus diperhatikan pada saat memilih speaker wireless. Kami yakin Anda akan menemukan 1 produk yang cocok setelah membaca ulasan dari kami.

Daftar isi

Speaker wireless, apa itu?

Speaker wireless, apa itu?

Speaker wireless adalah alat penghasil suara yang tidak perlu dihubungkan melalui kabel dengan sumber bunyi. Sumber suara bisa berasal dari smartphone, tablet atau music player. Alat ini terhubung ke sumber suara melalui gelombang radio yang dipancarkan dari Bluetooth, Wi-Fi , atau AirPlay. Kelebihan speaker wireless adalah mudah dibawa, mudah digunakan (tidak perlu pusing soal instalasi yang merepotkan), serta bisa dipakai untuk menemani Anda dikala memasak ataupun mandi. Kekurangan speaker wireless adalah dapat menimbulkkan gangguan pada microwave di rumah, karena microwave menggunakan cara kerja yang sama dengan speaker wireless. 

Cara memilih speaker wireless

Beberapa poin penting berikut akan menjawab kebingungan Anda dalam memilih speaker wireless yang tepat. Jadi, pastikan untuk terus menyimak, ya!

Berdasarkan masalah pairing

Berdasarkan masalah pairing

Jika sumber suara yang Anda pakai berbasis sistem Android yang dilengkapi NFC (Near Field Communication) atau sistem AirPlay (iPhone, iPad atau iPod touch dan sebagainya), maka Anda akan mudah melakukan pairing.

Untuk melakukan pairing pada music player dan speaker yang sama-sama memiliki NFC, cukup dengan saling menyentuhkannya pada area tertentu. Nah, untuk AirPlay lebih mudah lagi! Hanya dengan menyentuh ikon yang muncul pada alat yang Anda pakai dan koneksi antar kedua gadget tersebut pun langsung aktif..

Untuk smartphone yang tidak dilengkapi dengan fitur NFC, maka Anda perlu membaca buku panduan pada saat melakukan pairing. Tidak semua produk memberikan penjelasan yang lengkap mengenai panduan pengaturan pairing ini. Jadi, bagi Anda yang tidak mau direpotkan oleh hal ini, maka pertimbangkanlah dengan cermat perihal sistem pairing ini sebelum membelinya.

Berdasarkan kualitas suara

Walaupun pada brosur disebutkan bahwa speaker wireless tertentu menghasilkan suara dengan kualitas baik, tetapi sebenarnya kualitas suara yang dihasilkan bergantung kepada faktor-faktor seperti keseimbangan rentang suara, output, dan codec. Pertimbangkan hal-hal di bawah ini saat Anda memilih speaker wireless.

Berdasarkan karakteristik musik kesukaan Anda

Berdasarkan karakteristik musik kesukaan Anda

Jenis musik seperti apa yang biasa Anda dengar? Jenis musik seperti rock dan hiphop berada di nada suara yang lebih rendah, sedangkan jenis musik seperti musik klasik ada pada nada yang lebih tinggi. Jenis musik yang berada di tengah-tengah, yaitu jenis musik seperti pop dan musik untuk terapi, karena tidak memiliki nada yang terlalu tinggi atau terlalu rendah.

Jadi, pilihlah speaker wireless yang cocok dengan jenis musik yang Anda sukai.

Kualitas suara ditentukan oleh daya yang dibutuhkan

Kualitas suara ditentukan oleh daya yang dibutuhkan

Daya yang dibutuhkan tergantung kepada hasil kualitas suara yang diinginkan. Untuk ruangan kecil atau untuk ditaruh di atas meja, cukup memakai speaker dengan daya 1 watt. Lain hal jika diperuntukkan bagi ruangan yang lebih besar seperti ruang tamu, diperlukan daya yang lebih besar pula, misalnya 10 watt, 50 watt, dan seterusnya. Semakin besar daya yang dibutuhkan maka semakin bagus kualitas suara yang dihasilkan.

Kualitas suara ditentukan oleh teknologi codec

Kualitas suara ditentukan oleh teknologi codec

Codec merupakan teknologi kompresi dalam dunia musik. Semua data akan mengalami kompresi pada saat pengiriman suara. Kami akan menjelaskan beberapa teknologi codec yang umum dipakai. Teknologi codec inilah yang menentukan kualitas suara yang dihasilkan.

• SBC (Sub Band Codec) : Ini merupakan codec umum untuk Bluetooth. Umumnya terjadi keterlambatan atau ada jeda waktu saat transmisi. Frekuensi tinggi dihilangkan pada teknologi codec ini dan biasanya terjadi noise.

• AAC (Advanced Audio Coding) : Ini adalah codec untuk iPhone. Jeda waktu hampir tidak terjadi pada codec tipe AAC dan kualitas suara yang baik pun dapat dinikmati.

• AptX : Codec jenis ini biasanya dipakai di Android. Masalah yang dialami oleh codec SBC sudah diatasi oleh AptX dan kualitas suaranya sudah setara AAC.

• LDAC : Ini merupakan codec beresolusi tinggi yang digunakan di produk Sony. Anda dapat menikmati kualitas musik yang lebih bagus melebihi AAC & AptX.

• AptX HD : Codec ini merupakan pengembangan dari AptX dan kualitasnya setara LDAC.

Pilihan koneksi : Bluetooth atau AirPlay?

Secara garis besar, koneksi dapat dibagi menjadi dua. Pertama, untuk kondisi lingkungan rumah yang dilengkapi wireless LAN bisa menggunakan Bluetooth, Wi-Fi, atau AirPlay. Kedua, untuk rumah yang tidak dilengkapi dengan wireless LAN hanya bisa menggunakan bluetooth atau AirPlay.

Semua bentuk gelombang radio yang dipakai dalam sambungan ke speaker wireless dapat menimbulkan gangguan pada alat-alat elektronik di rumah seperti microwave, dan lain-lain. Kami akan memberikan penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan dari ketiga jenis metode interkoneksi tersebut.

Bluetooth

Bluetooth

Kelebihan : Area jangkauan luas (silakan lihat kategori kelas di bawah)

Kekurangan : Memerlukan proses pairing serta menghasilkan kompresi dan kualitas suara bermutu rendah.

Fitur bluetooth mempunyai tiga kelas pembagian yaitu :
  1. Kelas 1 beroperasi antara 100 mW (20dBm) dan 1mW (0dBm) dan didesain untuk peralatan dengan jangkauan yang jauh hingga 100 meter.
  2. Kelas 2 beroperasi antara 2,5 mW (4dBm) dan 0,25mW (-6dBm) dan didesain untuk peralatan dengan jangkauan yang jauh hingga 10 meter.
  3. Kelas 3 beroperasi pada 1 mW (0dBm) dan didesain untuk peralatan dengan jangkauan pendek atau sekitar 1 meter.

Umumnya, smartphone menggunakan daya kelas 2. Walaupun Bluetooth sering disebut-sebut kuat dalam menghadapi hambatan, tetapi dalam pengaplikasiannya hal ini tergantung pada kondisi lingkungan di sekitarnya, apakah mendukung atau tidak. Contohnya, dari segi sisi fisik bangunan tempat Anda menggunakan speaker tersebut. Bangunan yang kosong dan bersekat-sekat akan sangat mempengaruhi performanya.

Pada dasarnya, sambungan melalui Bluetooth sering menurunkan kualitas suara. Perbedaannya terletak pada teknologi codec yang digunakan serta digital amplifier nya.

Keunggulannya adalah fitur Bluetooth dapat dijumpai hampir di semua alat komunikasi dan alat pemutar musik modern.

Wi-Fi

Wi-Fi

Kelebihan : Kebanyakan music player mempunyai fitur Wi-Fi.

Kekurangan : Dibutuhkan lingkungan dengan support Wi-Fi.

Hampir sulit menemukan speaker yang hanya memiliki fitur Wi-Fi, biasanya sudah sekaligus Bluetooth + Wi-Fi atau AirPlay + Wi-Fi.

AirPlay

AirPlay

Kelebihan : Mudah digunakan, cukup hanya dengan menekan ikon AirPlay saja, maka kedua gadget tersebut sudah langsung tersambung. Bisa meliputi area yang luas dalam penggunaan. Proses kompresi tidak mengalami pengurangan, sehingga kualitas suara pun menjadi baik.

Kekurangan : Koneksi melalui AirPlay hanya dapat dinikmati oleh sesama pengguna yang berbasis Apple seperti pada perangkat Macintosh, iPhone atau iPad. Sebenarnya, koneksi dengan model ini banyak menawarkan kelebihan, namun sayangnya tidak dapat dinikmati oleh pengguna berbasis Android maupun WindowsKoneksi melalui AirPlay sangat kami rekomendasikan bagi Anda yang tidak mau kompromi dengan kualitas suara dan menginginkan kualitas suara terbaik.

10 Rekomendasi speaker wireless terbaik

Berikut ini merupakan 10 rekomendasi speaker wireless terbaik dari kami untuk Anda. Silakan cek desain, harga, fitur, spesifikasi, dan lain-lain sebelum membelinya. Semoga rekomendasi dari kami dapat membantu Anda untuk menemukan speaker favorit yang Anda idamkan.

10. Logitech X100 Mobile Wireless Speaker

10. Logitech X100 Mobile Wireless Speaker

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 355.500

Daya tahan hingga 5 jam

Logitech menghadirkan speaker wireless berukuran mini dengan kemampuan yang dahsyat. Dilengkapi dengan baterai lithium-ion, daya tahan speaker ini mencapai 5 jam yang membuat Anda dapat mendengarkan musik tanpa gangguan. Mikrofon yang terintegrasi dengan speaker wireless memudahkan Anda untuk berbicara dengan orang-orang yang Anda kasihi.

Walaupun ukurannya kecil, tapi suara yang dihasilkan sangat baik. Hal ini disebabkan suara mid dan high yang dikeluarkannya jernih dengan bass yang kuat. Produk ini cocok untuk Anda yang ingin mendengarkan musik kapan saja dan di mana saja!

9. Ultimate Ears Wonderboom Lilac Bluetooth Speaker

9. Ultimate Ears Wonderboom Lilac Bluetooth Speaker

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.590.000

Teman berenang yang asyik

Apakah pernah terbayang oleh Anda mendengarkan musik saat berenang dengan speaker yang terapung langsung di air? Ya, produk berikut dapat menjawab khayalan tersebut. Speaker wireless yang waterproff ini dapat menemani Anda saat berenang, langsung di atas air! Kenyamanan mendengarkan musik pun akan dapat Anda nikmati tanpa hambatan.

Anda cukup melakukan pairing Bluetooth dan speaker pun akan langsung siap digunakan. Baterainya yang tahan lama juga menjadi salah satu kelebihan lain yang dimilikinya. Anda cukup mengisi daya sekitar 2,8 jam, lalu Anda bisa menggunakannya lebih dari 10 jam! Selain menjadi teman berenang, produk ini juga cocok untuk menjadi teman perjalanan jauh Anda.

8. Advance T101BT

Advance T101BT

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 198.000

Mari berkaraoke bersama Advance!

Kini Anda tidak perlu khawatir speaker wireless kehabisan baterai saat sedang bepergian dengan motor atau mobil. Ya, Speaker Advance memiliki fitur AC/DC sehingga bisa langsung disambungkan ke aki untuk membuatnya menyala kembali. Dibekali dengan port Micro SD Card + USB Flashdisk, speaker ini juga semakin lengkap dengan remote control.

Bagi Anda yang senang bernyanyi atau karaoke, speaker ini sangat cocok karena tersedia mic port yang memudahkan Anda untuk bernyanyi kapan saja. Suara yang dihasilkan juga tergolong bagus karena adanya teknologi subwoofer dengan suara bas yang mantap.

7. Dacom Intelligent Bluetooth Speaker

7. Dacom Intelligent Bluetooth Speaker

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 268.650

Teman setia menjelang tidur

Speaker wireless Dacom siap menemani Anda di saat-saat menjelang tidur. Dengan lampu pintar dan suara jernih yang keluar dari speaker, membuat suasana menjelang tidur semakin nyaman. Tentunya musik yang kami sarankan untuk diputar adalah musik berjenis jazz ringan, instrumental atau healing music. Cocok untuk menemani Anda berelaksasi.

Baterai berkapasitas 1800mAh membuat speaker ini bisa bertahan lama dengan pengisian daya 2-3 jam saja. Fitur Bluetooth kelas 2 yang terdapat pada speaker ini membuatnya dapat menjangkau hingga 10 meter. Anda pun dapat mengatur jarak antara posisi speaker dengan tempat tidur atau mengatur volume suara untuk memaksimalkan kenyamanan Anda beristirahat.

6. Xiaomi Mi Bluetooth Speaker

6. Xiaomi Mi Bluetooth Speaker

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 399.000

Bodi full aluminium dengan kualitas suara dahsyat

Selain smartphone, kini Xiaomi juga merambah produk speaker wireless dengan tampilan premium nan elegan yang dibalut dengan bodi full aluminium. Kualitas suara yang dihasilkan sangat baik karena didukung teknologi passive bass radiator dan speaker subwoofer. Bagi Anda yang menginginkan speaker dengan kualitas pasti, pilih saja produk yang satu ini.

Ukuran bodinya bahkan lebih kecil dari kotak pensil. Jadi, tidaklah salah jika speaker ini diberi julukan “kecil-kecil cabe rawit”. Dengan baterai yang awet hingga 8 jam untuk melantunkan musik, Xiaomi Mi Bluetooh Speaker layak dipertimbangkan untuk memuaskan hasrat Anda dalam mendengarkan musik.

5. Philips Wireless Portable Speaker BT50B

5. Philips Wireless Portable Speaker BT50B

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 399.000

Suara kuat dalam genggaman tangan

Produk ini sangat mudah dibawa kemanapun Anda pergi karena ukurannya yang hanya sebesar telapak tangan. Meskipun kecil, suara yang dihasilkan begitu fantastis. Tombol untuk mengatur suara treble dan bass yang terdapat pada bodi memudahkan Anda untuk mengatur kualitas suara sesuai kemauan Anda.

Selain koneksi Bluetooth, port audio input dapat menjadi alternatif yang mudah untuk dipakai jika seandainya terjadi masalah pada koneksi Bluetooth. Kualitas suara yang dikeluarkan “si kecil” ini didukung oleh teknologi anti clipping untuk menghindari distorsi. Cocok untuk Anda yang mengutamakan kualitas suara.

4. Samsung Wireless Speaker Bottle Design EO-SG710

4. Samsung Wireless Speaker Bottle Design EO-SG710

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 470.000

Tampilan cantik yang memperindah ruangan Anda

Samsung ikut meramaikan kancah speaker wireless dengan seri EO-SG710 yang menawan. Speaker ini pun akan turut mempercantik ruangan Anda sebagai tambahan dekorasi dengan desainnya yang sederhana namun elegan. Lampu LED sebanyak 16 juta warna pada speaker ini dapat berubah sesuai dengan jenis musik yang diputar atau sesuai dengan mood Anda.

Anda dapat mengatur lampu pada speaker dengan menambahkan program lux manager pada smartphone Anda. Anda dapat menikmati musik dari setiap sudut ruangan dengan jelas karena adanya fitur surround 360° pada speaker ini. Speaker Samsung sangat cocok bagi Anda yang ingin mempercantik interior dalam rumah Anda.

3. Bose Mini Soundbar S205

3. Bose Mini Soundbar S205

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 235.000

Baterai awet dengan jangkauan lebih luas

Dengan kapasitas baterai 2000mAh, Bose Mini Soundbar S205 akan menemani saat-saat santai Anda untuk menikmati alunan musik dengan lebih lama. Jika jangkauan rata-rata speaker wireless merek lain hanya 10 meter, tidak dengan Bose S205 yang dapat menjangkau hingga 15 meter. Anda dapat mendengarkan musik dengan jelas, meski berada di ruangan yang besar.

Bluetooth versi 3.0 pada speaker ini membuat proses pairing menjadi lebih mudah dan cepat. Selain itu, waktu yang diperlukan untuk mengisi baterai sampai penuh pun hanya sekitar 3 jam. Speaker merek Bose sangat cocok bagi Anda para penggemar setia merek Bose yang menginginkan speaker bertenaga.

2. Harman Kardon Onyx Studio 3

2. Harman Kardon Onyx Studio 3

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 3.990.000

Harga yang setimpal dengan kualitas

Kualitas yang mumpuni diberikan oleh speaker Harman Kardon Onyx Studio 3. Dengan teknologi wireless Bluetooth streaming, speaker ini dapat menghubungkan 3 smartphone secara bersamaan untuk menghasilkan musik secara bergantian. Fitur wireless dual sound-nya mampu menyatukan 2 buah speaker Harman Kardon untuk sensasi musik yang lebih fantastis.

Baterai berkapasitas 2600mAh tersemat dalam speaker ini. Panggilan suara yang jernih dapat Anda nikmati karena adanya teknologi noise and echo cancelling. Bagi Anda yang menginginkan kesempurnaan dalam menikmati kualitas alunan musik, speaker inilah jawabannya!

1. JBL Trip Visor Mount Portable Bluetooth Hands-free Kit

1. JBL Trip Visor Mount Portable Bluetooth Hands-free Kit

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 799.000

Speaker untuk keamanan berkendara

JBL menghadirkan produk yang memastikan Anda aman dalam berkendara sekaligus dapat menikmati musik kesukaan Anda. Anda juga dapat menjawab panggilan dan berkomunikasi dengan aman selama berkendara. Dengan menekan tombol Google now, Anda dapat langsung terhubung dengan voice assistant integration access untuk membantu navigasi Anda.

Dalam kondisi diluar ruangan disertai suara angin yang kencang atau suara berisik di jalan raya, speaker JBL tetap memberikan hasil kualitas suara yang baik. Semua ini berkat teknologi voice cancellation yang terintegrasi dalam speaker ini. Selamat menikmati perjalanan Anda yang mengasyikkan bersama JBL Trip!

Kesimpulan

Nah, kami sudah merekomendasikan 10 produk speaker wireless, bagaimana menurut Anda? Apakah sudah ada salah satu yang Anda favoritkan?

Speaker wireless hampir tidak dapat dipisahkan dari kehidupan digital saat ini. Kehadiran speaker wireless memudahkan Anda dalam menikmati musik kapan saja dan dimana saja. Selamat memilih speaker wireless yang sesuai dengan keinginan Anda baik dari sisi desain, fitur, dan harga!