• 10 Rekomendasi Speaker Wireless Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Speaker Wireless Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Speaker Wireless Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Speaker Wireless Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Speaker Wireless Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Speaker Wireless Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Zaman sekarang, speaker wireless seakan tidak terpisah dari alat elektronik seperti smartphone dan music player. Berbagai merek speaker wireless seperti JBL, Logitech, Bose, Harman Kardon, Samsung, dan sebagainya hadir memenuhi kebutuhan para penikmat musik.

Melalui artikel ini, kami akan merekomendasikan 10 produk speaker wireless yang dapat memenuhi kebutuhan musik Anda. Kami juga akan memberikan beberapa hal yang harus diperhatikan pada saat memilih speaker wireless. Kami yakin Anda akan menemukan 1 produk yang cocok setelah membaca ulasan dari kami.
  • Pembaharuan terakhir: 08 Mei 2020
  • 18.522 Views
Daftar isi

Speaker wireless, apa itu?

Speaker wireless, apa itu?
Speaker wireless adalah alat penghasil suara yang tidak perlu dihubungkan melalui kabel dengan sumber bunyi. Sumber suara bisa berasal dari smartphone, tablet atau music player. Alat ini terhubung ke sumber suara melalui gelombang radio yang dipancarkan dari Bluetooth, Wi-Fi , atau AirPlay. Kelebihan speaker wireless adalah mudah dibawa, mudah digunakan (tidak perlu pusing soal instalasi yang merepotkan), serta bisa dipakai untuk menemani Anda dikala memasak ataupun mandi. Kekurangan speaker wireless adalah dapat menimbulkkan gangguan pada microwave di rumah, karena microwave menggunakan cara kerja yang sama dengan speaker wireless.

Cara memilih speaker wireless

Beberapa poin penting berikut akan menjawab kebingungan Anda dalam memilih speaker wireless yang tepat. Jadi, pastikan untuk terus menyimak, ya!

Berdasarkan masalah pairing

Berdasarkan masalah pairing
Jika sumber suara yang Anda pakai berbasis sistem Android yang dilengkapi NFC (Near Field Communication) atau sistem AirPlay (iPhone, iPad atau iPod touch dan sebagainya), maka Anda akan mudah melakukan pairing.
Untuk melakukan pairing pada music player dan speaker yang sama-sama memiliki NFC, cukup dengan saling menyentuhkannya pada area tertentu. Nah, untuk AirPlay lebih mudah lagi! Hanya dengan menyentuh ikon yang muncul pada alat yang Anda pakai dan koneksi antar kedua gadget tersebut pun langsung aktif..
Untuk smartphone yang tidak dilengkapi dengan fitur NFC, maka Anda perlu membaca buku panduan pada saat melakukan pairing. Tidak semua produk memberikan penjelasan yang lengkap mengenai panduan pengaturan pairing ini. Jadi, bagi Anda yang tidak mau direpotkan oleh hal ini, maka pertimbangkanlah dengan cermat perihal sistem pairing ini sebelum membelinya.

Berdasarkan kualitas suara

Walaupun pada brosur disebutkan bahwa speaker wireless tertentu menghasilkan suara dengan kualitas baik, tetapi sebenarnya kualitas suara yang dihasilkan bergantung kepada faktor-faktor seperti keseimbangan rentang suara, output, dan codec. Pertimbangkan hal-hal di bawah ini saat Anda memilih speaker wireless.

Berdasarkan karakteristik musik kesukaan Anda

Berdasarkan karakteristik musik kesukaan Anda
Jenis musik seperti apa yang biasa Anda dengar? Jenis musik seperti rock dan hiphop berada di nada suara yang lebih rendah, sedangkan jenis musik seperti musik klasik ada pada nada yang lebih tinggi. Jenis musik yang berada di tengah-tengah, yaitu jenis musik seperti pop dan musik untuk terapi, karena tidak memiliki nada yang terlalu tinggi atau terlalu rendah.
Jadi, pilihlah speaker wireless yang cocok dengan jenis musik yang Anda sukai.

Kualitas suara ditentukan oleh daya yang dibutuhkan

Kualitas suara ditentukan oleh daya yang dibutuhkan
Daya yang dibutuhkan tergantung kepada hasil kualitas suara yang diinginkan. Untuk ruangan kecil atau untuk ditaruh di atas meja, cukup memakai speaker dengan daya 1 watt. Lain hal jika diperuntukkan bagi ruangan yang lebih besar seperti ruang tamu, diperlukan daya yang lebih besar pula, misalnya 10 watt, 50 watt, dan seterusnya. Semakin besar daya yang dibutuhkan maka semakin bagus kualitas suara yang dihasilkan.

Kualitas suara ditentukan oleh teknologi codec

Kualitas suara ditentukan oleh teknologi codec
Codec merupakan teknologi kompresi dalam dunia musik. Semua data akan mengalami kompresi pada saat pengiriman suara. Kami akan menjelaskan beberapa teknologi codec yang umum dipakai. Teknologi codec inilah yang menentukan kualitas suara yang dihasilkan.
• SBC (Sub Band Codec) : Ini merupakan codec umum untuk Bluetooth. Umumnya terjadi keterlambatan atau ada jeda waktu saat transmisi. Frekuensi tinggi dihilangkan pada teknologi codec ini dan biasanya terjadi noise.
• AAC (Advanced Audio Coding) : Ini adalah codec untuk iPhone. Jeda waktu hampir tidak terjadi pada codec tipe AAC dan kualitas suara yang baik pun dapat dinikmati.
• AptX : Codec jenis ini biasanya dipakai di Android. Masalah yang dialami oleh codec SBC sudah diatasi oleh AptX dan kualitas suaranya sudah setara AAC.
• LDAC : Ini merupakan codec beresolusi tinggi yang digunakan di produk Sony. Anda dapat menikmati kualitas musik yang lebih bagus melebihi AAC & AptX.
• AptX HD : Codec ini merupakan pengembangan dari AptX dan kualitasnya setara LDAC.

Pilihan koneksi : Bluetooth atau AirPlay?

Secara garis besar, koneksi dapat dibagi menjadi dua. Pertama, untuk kondisi lingkungan rumah yang dilengkapi wireless LAN bisa menggunakan Bluetooth, Wi-Fi, atau AirPlay. Kedua, untuk rumah yang tidak dilengkapi dengan wireless LAN hanya bisa menggunakan bluetooth atau AirPlay.
Semua bentuk gelombang radio yang dipakai dalam sambungan ke speaker wireless dapat menimbulkan gangguan pada alat-alat elektronik di rumah seperti microwave, dan lain-lain. Kami akan memberikan penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan dari ketiga jenis metode interkoneksi tersebut.

Bluetooth

Bluetooth
Kelebihan : Area jangkauan luas (silakan lihat kategori kelas di bawah)
Kekurangan : Memerlukan proses pairing serta menghasilkan kompresi dan kualitas suara bermutu rendah.

  1. Kelas 1 beroperasi antara 100 mW (20dBm) dan 1mW (0dBm) dan didesain untuk peralatan dengan jangkauan yang jauh hingga 100 meter.

  2. Kelas 2 beroperasi antara 2,5 mW (4dBm) dan 0,25mW (-6dBm) dan didesain untuk peralatan dengan jangkauan yang jauh hingga 10 meter.

  3. Kelas 3 beroperasi pada 1 mW (0dBm) dan didesain untuk peralatan dengan jangkauan pendek atau sekitar 1 meter.

Umumnya, smartphone menggunakan daya kelas 2. Walaupun Bluetooth sering disebut-sebut kuat dalam menghadapi hambatan, tetapi dalam pengaplikasiannya hal ini tergantung pada kondisi lingkungan di sekitarnya, apakah mendukung atau tidak. Contohnya, dari segi sisi fisik bangunan tempat Anda menggunakan speaker tersebut. Bangunan yang kosong dan bersekat-sekat akan sangat mempengaruhi performanya.
Pada dasarnya, sambungan melalui Bluetooth sering menurunkan kualitas suara. Perbedaannya terletak pada teknologi codec yang digunakan serta digital amplifier nya.
Keunggulannya adalah fitur Bluetooth dapat dijumpai hampir di semua alat komunikasi dan alat pemutar musik modern.

Wi-Fi

Wi-Fi
Kelebihan : Kebanyakan music player mempunyai fitur Wi-Fi.
Kekurangan : Dibutuhkan lingkungan dengan support Wi-Fi.
Hampir sulit menemukan speaker yang hanya memiliki fitur Wi-Fi, biasanya sudah sekaligus Bluetooth + Wi-Fi atau AirPlay + Wi-Fi.

AirPlay

AirPlay
Kelebihan : Mudah digunakan, cukup hanya dengan menekan ikon AirPlay saja, maka kedua gadget tersebut sudah langsung tersambung. Bisa meliputi area yang luas dalam penggunaan. Proses kompresi tidak mengalami pengurangan, sehingga kualitas suara pun menjadi baik.
Kekurangan : Koneksi melalui AirPlay hanya dapat dinikmati oleh sesama pengguna yang berbasis Apple seperti pada perangkat Macintosh, iPhone atau iPad. Sebenarnya, koneksi dengan model ini banyak menawarkan kelebihan, namun sayangnya tidak dapat dinikmati oleh pengguna berbasis Android maupun Windows. Koneksi melalui AirPlay sangat kami rekomendasikan bagi Anda yang tidak mau kompromi dengan kualitas suara dan menginginkan kualitas suara terbaik.

10 Rekomendasi speaker wireless terbaik

Berikut ini merupakan 10 rekomendasi speaker wireless terbaik dari kami untuk Anda. Silakan cek desain, harga, fitur, spesifikasi, dan lain-lain sebelum membelinya. Semoga rekomendasi dari kami dapat membantu Anda untuk menemukan speaker favorit yang Anda idamkan.
10
9
8
7
6
5
4
3
2
1

JBLTrip Visor Mount Portable Bluetooth Hands-free Kit

Rp 1.999.000,00

Tabel perbandingan produk speaker wireless terbaik

Gambar produk
1
JBL Trip Visor Mount Portable Bluetooth Hands-free Kit 1

JBL

2
Harman Kardon Onyx Studio 3 1

Harman Kardon

3
Bose Mini Soundbar S205 1

Bose

4
Samsung Wireless Speaker Bottle Design EO-SG710 1

Samsung

5
Philips  Wireless Portable Speaker BT50B 1

Philips

6
Xiaomi Mi Bluetooth Speaker 1

Xiaomi

7
Dacom Intelligent Bluetooth Speaker 1

Dacom

8
Advance T101BT 1

Advance

9
Ultimate Ears Wonderboom Lilac Bluetooth Speaker 1

Ultimate Ears

10
Logitech  X100 Mobile Wireless Speaker 1

Logitech

Nama produk

Trip Visor Mount Portable Bluetooth Hands-free Kit

Onyx Studio 3

Mini Soundbar S205

Wireless Speaker Bottle Design EO-SG710

Wireless Portable Speaker BT50B

Mi Bluetooth Speaker

Intelligent Bluetooth Speaker

T101BT

Wonderboom Lilac Bluetooth Speaker

X100 Mobile Wireless Speaker

KeunggulanSpeaker untuk keamanan berk...Harga yang setimpal dengan ...Baterai awet dengan jangkau...Tampilan cantik yang memper...Suara kuat dalam genggaman ...Bodi full aluminium dengan ...Teman setia menjelang tidurMari berkaraoke bersama Adv...Teman berenang yang asyikDaya tahan hingga 5 jam
HargaRp 1.999.000,00Rp 2.300.000,00Rp 295.000,00Rp 564.000,00Rp 399.000,00Rp 478.500,00Rp 218.900,00Rp 204.500,00Rp 999.000,00Rp 367.000,00
Tautan produk

Kesimpulan

Nah, kami sudah merekomendasikan 10 produk speaker wireless, bagaimana menurut Anda? Apakah sudah ada salah satu yang Anda favoritkan?

Speaker wireless hampir tidak dapat dipisahkan dari kehidupan digital saat ini. Kehadiran speaker wireless memudahkan Anda dalam menikmati musik kapan saja dan dimana saja. Selamat memilih speaker wireless yang sesuai dengan keinginan Anda baik dari sisi desain, fitur, dan harga!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Dewasa ini, teknologi mesin cuci berkembang semakin pesat. Di pasaran, terdapat tiga jenis mesin cuci, yaitu mesin cuci top loading, front loading, dan dua tabung. Dari sisi penggunaan, kini ada pula mesin cuci yang dapat dioperasikan melalui smartphone!Kali ini, kami akan mengulas rekomendasi produk-produk mesin cuci pilihan, seperti Samsung, Panasonic, Sharp, dan lainnya. Sebelum itu, simaklah cara memilih mesin cuci yang tepat agar Anda dapat menemukan mesin cuci idaman.
    Elektronik rumah tangga
    189.888 Views
  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sebagai orang Indonesia yang sumber karbohidratnya adalah nasi, tentu rice cooker adalah item yang wajib dimiliki. Tidak hanya untuk memasak nasi, rice cooker juga bisa digunakan untuk memasak bubur, mengukus, dan memasak berbagai jenis makanan lainnya.. Pada artikel ini, kami akan memperkenalkan rekomendasi produk rice cooker, seperti Cosmos, Panasonic, dan Philips. Sebelum itu, kami juga akan memberitahukan cara memilih rice cooker yang tepat untuk kebutuhan Anda. Silakan jadikan artikel ini sebagai referensi Anda, ya!
    Elektronik rumah tangga
    125.627 Views
  • 10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bagi banyak orang, mendengarkan musik adalah opsi menarik untuk mengisi waktu luang. Salah satunya dengan menggunakan smartphone yang disambungkan ke in-ear headphone atau disebut juga earphone. Oleh sebab itu, in-ear headphone menjadi produk penting bagi mereka yang hobi mendengarkan musik melalui smartphone.Berbagai produk in-ear headphone dari brand ternama seperti Sony, Philips, dan JBL berlomba menarik konsumen dengan fitur yang diberikan. Namun, seperti apa kriteria memilih produk yang tepat? Untuk membantu Anda, kami akan memberi tips dalam memilih in-ear headphone yang tepat beserta rekomendasi produk terbaik.
    Elektronik rumah tangga
    101.371 Views
  • 10 Rekomendasi In-Ear Headphone (Earphone) Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi In-Ear Headphone (Earphone) Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Permainan game seperti PS4, online game, dan sebagainya adalah hiburan yang banyak diminati saat ini. Saat sedang memainkan game kesukaan Anda, tentunya Anda ingin bisa fokus merasakan dunia game tanpa gangguan. Selain visual, suara juga merupakan faktor yang membuat Anda dapat merasakan dunia game dengan optimal.Agar dunia game terasa semakin nyata, Anda harus menggunakan earphone gaming yang berkualitas, misalnya keluaran Shure, SoundPEATS, Marshall, atau Razer. Kali ini, kami akan membahas cara memilih earphone gaming dan rekomendasi produk terbaik yang paling diminati. Pilihlah yang sesuai dengan gaya bermain Anda!
    Elektronik rumah tangga
    78.915 Views
  • 10 Rekomendasi Catok Pelurus Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Catok Pelurus Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Mempunyai rambut lurus tentunya menjadi idaman banyak wanita. Untuk itu, catok pelurus rambut diperlukan agar rambut dapat tergerai lurus, rapi, dan berkilau. Banyak produsen yang menawarkan catok pelurus rambut, seperti Philips, Elov, BaByliss, atau Revlon. Namun, Anda akan menemukan perbedaan fitur di tiap produk. Nah, berikut ini akan kami bahas beberapa tips cara memilih catok pelurus rambut beserta sepuluh produk rekomendasinya. Mari simak artikel berikut ini dan temukan catok pelurus rambut terbaik untuk Anda! Selamat membaca!
    Elektronik rumah tangga
    88.534 Views
  • 10 Rekomendasi Wireless Router Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Wireless Router Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Anda dapat menikmati pengalaman browsing di dunia internet yang bebas dari kendala, seperti putusnya koneksi atau buffering, dengan menjaga kestabilan koneksi internet di rumah dengan memasang wireless router. Wireless router adalah solusi untuk mendapatkan kualitas jaringan ketika menggunakan internet. Namun, sekarang ini sudah banyak produsen menjual wireless router dengan berbagai fitur dan keunggulan yang bervariasi sehingga sulit bagi pembeli untuk menentukan wireless router yang pas sesuai kebutuhan.Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dijelaskan bagaimana memilih wireless router, membandingkan produk yang terbaik dari sisi performa dan harga, serta merekomendasikan produk yang terbaik untuk Anda. Selain itu, juga akan dijelaskan tips memasang wireless router. Temukan wireless router terbaik Anda yang dapat memberikan kenyamanan ketika menggunakan internet.
    Elektronik rumah tangga
    69.175 Views
  • 10 Rekomendasi Hair Dryer Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Hair Dryer Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Hair dryer mini yang praktis dibawa ke mana saja menjadi produk primadona bagi pencinta traveling. Anda bisa menyimpannya di dalam tas tanpa takut menghabiskan tempat. Terlebih lagi, hair dryer mini ini ditanami seperangkat fitur keren yang memanjakan penggunanya. Banyak produsen merilis hair dryer mini superkeren yang tak hanya fungsional, tetapi punya desain yang eye catching. Sebut saja merek Remington, Dyson, dan Amika. Anda bisa tampil penuh gaya selama traveling dengan membawa hair dryer mini rekomendasi dari kami di artikel ini. Apa saja pilihannya? Simak artikel ini sampai selesai!
    Elektronik rumah tangga
    43 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori