• 10 Rekomendasi Speaker Wireless Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Speaker Wireless Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Speaker Wireless Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Speaker Wireless Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Speaker Wireless Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Speaker Wireless Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Saat ini, wireless speaker seakan-akan tidak dapat dipisahkan dari smartphone dan music player. Alat ini memungkinkan Anda menggunakannya di mana pun dengan Bluetooth tanpa perlu kabel sambungan. Berbagai merek wireless speaker seperti JBL, Vivan, Samsung, dan Harman Kardon telah tersedia untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Namun, banyaknya merek yang tersedia mungkin membuat Anda bingung memilih produk yang cocok untuk Anda. Kali ini, kami akan merekomendasikan sepuluh produk wireless speaker dan beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memilihnya. Mari simak rekomendasi dari kami dan temukan wireless speaker terbaik untuk Anda!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

N Firmansyah
Brandon De Angelo
  • Pembaharuan terakhir: 28 Januari 2021
  • 35.575 Views
Daftar isi

Cara memilih speaker wireless

Beberapa poin penting di bawah ini akan menjawab kebingungan Anda dalam memilih wireless speaker yang tepat. Jadi, pastikan Anda terus membacanya sampai akhir, ya!

Periksa kualitas suaranya

Kualitas suara speaker umumnya ditentukan oleh rentang suara, codec, dan unit speaker yang digunakan. Mari simak penjelasannya berikut ini.

Rentang suara: Sesuaikan dengan genre musik kesukaan Anda

Rentang suara: Sesuaikan dengan genre musik kesukaan Anda
Speaker memiliki tiga jenis rentang suara, yaitu rendah (bass), sedang (midrange), dan tinggi (treble). Sesuaikan rentang suara speaker dengan jenis atau genre musik yang sering Anda dengarkan. 

  • Rendah (20–600 Hz): rock dan hiphop 
  • Sedang (800–2.000 Hz): pop dan musik untuk terapi 
  • Tinggi (4.000–20.000 Hz): musik klasik 

Suara bass yang dalam dari bass drum akan terdengar jelas di speaker dengan rentang suara rendah. Sementara itu, simbal dan biola akan terdengar lebih indah di rentang suara tinggi. Rentang suara ini umumnya sudah tertera di manual wireless speaker. Dengan memilih rentang suara sesuai genre musik favorit, Anda akan mendapatkan kualitas suara yang lebih baik.

Speaker unit: Menentukan kualitas suara yang dihasilkan

Speaker unit: Menentukan kualitas suara yang dihasilkan

Speaker unit merupakan salah satu poin penting yang memengaruhi kualitas suara. Idealnya, wireless speaker berukuran kecil harus memiliki radiator pasif yang dapat meningkatkan suara bass. Untuk ukuran sedang, pilih full-range unit yang dapat mencakup nada tinggi hingga rendah sekaligus.


Produk dengan spesifikasi tinggi biasanya dilengkapi 2-way atau 3-way speaker dengan woofer bass dan tweeter treble terpisah. Dengan spesifikasi tersebut, Anda dapat menikmati musik dengan kualitas suara yang lebih baik.

Codec: Pilih kelas AAC ke atas untuk kualitas suara yang lebih baik

Codec: Pilih kelas AAC ke atas untuk kualitas suara yang lebih baik

Codec (kodek) merupakan teknologi kompresi dalam dunia musik. Teknologi codec yang ada pada wireless speaker menentukan kualitas suara yang dihasilkan. Adapun teknologi codec yang umumnya dipakai adalah SBC, AAC, aptX, dan LDAC, dan aptX HD.


Wireless speaker biasanya menggunakan codec jenis SBC. Di sisi lain, AAC adalah codec untuk iPhone, aptX biasanya untuk Android, dan LDAC untuk produk Sony. Sementara itu, aptX HD adalah pengembangan dari aptX dan kualitasnya setara dengan LDAC. Jika Anda ingin kualitas suara yang baik, pilihlah codec versi AAC ke atas.

Sesuaikan jumlah channel dengan tujuan penggunaannya

Sesuaikan jumlah channel dengan tujuan penggunaannya

Jika Anda sering mendengarkan musik, pilih speaker stereo yang bisa memberi Anda efek tiga dimensi. Speaker yang dilengkapi efek ini akan menghasilkan suara yang berbeda dari kiri dan kanannya. Oleh karena itu, Anda dapat menikmati hasil suara yang lebih realistis. Anda juga dapat meningkatkan volumenya untuk bersenang-senang dan kualitas suaranya tidak akan pecah.


Sementara itu, jenis monaural speaker dapat digunakan untuk TV, radio, panggilan telepon, hingga belajar bahasa. Anda juga dapat mengoperasikannya menggunakan smartphone untuk menikmati musik dengan lebih bebas. Beberapa produk dapat dijadikan speaker stereo dengan menghubungkan dua unit speaker melalui fitur true wireless stereo (TWS).

Perhatikan besaran output yang dihasilkan

Perhatikan besaran output yang dihasilkan

Output dari wireless speaker akan memengaruhi kenyaringan suara dan bass yang dihasilkan. Maka dari itu, Anda perlu mempertimbangkan tempat wireless speaker akan digunakan. Untuk penggunaan di atas meja atau kamar yang kecil, speaker dengan output sekitar 1 W sudah cukup. Namun, untuk ruangan yang besar seperti ruang tamu atau outdoor, gunakan speaker dengan output 20 W atau lebih.


Jika Anda ingin menggunakannya di ruangan berukuran sedang seperti di mobil atau kamar tidur, pilih output 5 W–15 W. Makin kecil output yang dihasilkan, suara bass-nya akan makin sulit pula untuk didengar. Jika Anda menyukai musik dengan bass yang dalam, pilihlah produk dengan output yang sesuai.

Ketahui karakteristik jenis koneksinya

Jangan lupa memeriksa jenis koneksi wireless speaker. Apabila koneksi Wi-Fi tidak memungkinkan, Anda bisa menggunakan Bluetooth atau AirPlay. Kami akan mengulas kelebihan dan kekurangan setiap jenis metode interkoneksi tersebut.

Wi-Fi: Kompatibel dengan banyak perangkat

Wi-Fi: Kompatibel dengan banyak perangkat

Untuk menghubungkan wireless speaker ke berbagai perangkat, seperti PC, tablet, smartphone, dan music player, koneksi Wi-Fi disarankan. Koneksi Wi-Fi dapat digunakan selama ada wireless LAN serta memiliki fitur penurunan kualitas suara dan komunikasi jarak jauh. Namun, penggunaan tipe koneksi ini terbatas pada area yang mendukung koneksi Wi-Fi saja.


Keunggulannya adalah pemutaran musik tidak akan terganggu ketika ada panggilan masuk pada smartphone Anda. Jika memiliki speaker terpisah di ruang tamu dan kamar tidur, Anda dapat menghubungkannya satu sama lain. Pilih model dengan sumber suara beresolusi tinggi seperti FLAC dan DSD untuk mendapatkan kualitas suara yang tinggi.

Bluetooth: Mudah disambungkan dan bisa digunakan hampir di semua perangkat

Bluetooth: Mudah disambungkan dan bisa digunakan hampir di semua perangkat

Jika Anda ingin mencoba wireless speaker untuk pertama kali, gunakan speaker berkoneksi Bluetooth. Jangkauan Bluetooth ditentukan oleh kelasnya, makin besar angkanya, makin jauh jangkauannya. Smartphone umumnya dilengkapi Bluetooth kelas 2. Tergantung produknya, jangkauannya bisa mencapai 10 m.


Kekurangan speaker Bluetooth adalah suara lebih mudah pecah dibandingkan speaker dengan fitur DLNA atau AirPlay. Namun, hal ini mulai teratasi berkat perkembangan teknologi codec dan digital amp. Selain itu, pilihan produknya pun banyak dan proses pairing-nya tidak merepotkan.

AirPlay: Khusus untuk pengguna Apple

AirPlay: Khusus untuk pengguna Apple

Apabila Anda pengguna iPhone atau iPad, pilih wireless speaker dengan koneksi AirPlay. Hanya dengan menekan ikon AirPlay, speaker akan segera terhubung dan kualitas suaranya pun bagus.


Akan tetapi, koneksi ini hanya kompatibel dengan perangkat Apple saja. Selain itu, file musik selain iTunes hanya dapat diputar setelah diatur secara terpisah. Namun, kualitas suaranya sangat tinggi sehingga sangat disarankan bagi pengguna perangkat Apple.

Pilih koneksi digital living network alliance (DLNA) yang universal

Pilih koneksi digital living network alliance (DLNA) yang universal

Anda juga dapat terhubung pada wireless speaker menggunakan Digital Living Network Alliance (DLNA). Ini memungkinkan Anda untuk berbagi video dan musik, meskipun alat yang digunakan dibuat oleh produsen yang berbeda. Dengan begitu, Anda dapat memutar musik menggunakan perangkat mana pun, asalkan alat-alat tersebut mendukung tipe koneksi DLNA.


Perlu diingat bahwa tipe ini tidak kompatibel dengan semua file musik sehingga Anda perlu memeriksa formatnya. Meski pengaturannya sedikit merepotkan, Anda dapat memutar suara beresolusi tinggi tanpa penurunan kualitas suara.

Periksa ada tidaknya fitur NFC untuk proses pairing yang lebih mudah

Periksa ada tidaknya fitur NFC untuk proses pairing yang lebih mudah

Untuk proses pairing yang lebih mudah, pilihlah speaker dengan fitur near field communication (NFC). Apabila perangkat Anda juga mendukung NFC, Anda cukup mendekatkannya ke speaker untuk melakukan pairing. Pairing dengan AirPlay pun sangat mudah karena cukup dengan menyentuh ikon AirPlay. Sistem pairing ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang sering menggunakan wireless speaker.

Perhatikan durasi pemakaiannya jika Anda sering bepergian

Perhatikan durasi pemakaiannya jika Anda sering bepergian

Apabila Anda ingin menggunakan wireless speaker yang portabel di luar ruangan, periksa juga durasi pemakaiannya. Umumnya, wireless speaker bisa dipakai selama 8–10 jam. Namun, ada pula yang bisa dipakai hingga 24 jam!


Jika durasi pemakaiannya panjang, Anda bisa memakainya di tempat yang tidak ada sumber listrik tanpa khawatir. Anda juga bisa memilih model yang memakai baterai sekali pakai atau yang bisa diisi ulang dengan power bank. Namun, model seperti ini biasanya output-nya jauh lebih kecil.

Cek ada tidaknya fitur antiair dan antidebu

Cek ada tidaknya fitur antiair dan antidebu

Fungsi antiair akan berguna jika Anda ingin menggunakan wireless speaker saat mandi. Dengan fitur waterproof IPX7 atau lebih tinggi, Anda tidak perlu khawatir jika speaker masuk ke dalam air. Anda juga bisa membawanya ke luar ruangan seperti laut dan sungai.


Periksa juga fungsi antidebu pada speaker. Jika kelasnya IP5 ke atas, debu tidak akan masuk ke dalam speaker sehingga risiko kerusakan akan berkurang. Anda pun bisa memakai wireless speaker dengan nyaman walaupun cuaca sedang tidak bagus.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

Harman InternationalJBL Flip 4

White

Mulai dari Rp 2.399.000,00

Spesialis
mybest

XiaomiMi Bluetooth Speaker Mini

Mulai dari Rp 159.000,00

10 Rekomendasi speaker wireless terbaik

Setelah mengetahui hal-hal yang perlu diperhatikan ketika memilih wireless speaker, kini saatnya Anda memilih produk yang sesuai. Di bawah ini, kami telah merekomendasikan sepuluh wireless speaker terbaik untuk Anda. Silakan pertimbangkan rekomendasi dari kami dan pilihlah produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

10

DacomSmart Bluetooh Speaker Lamp

Mulai dari Rp 199.000,00

Rentang suara50–2.800 Hz
Speaker unitTidak disebutkan
ChannelTidak disebutkan
OutputTidak disebutkan
Jenis koneksiBluetooth 2.1
Durasi pemakaian10–12 jam
Antidebu/antiairTidak disebutkan
9

Advance Digitals5" Subwoofer Speaker

T-101BT

Mulai dari Rp 215.000,00

Rentang suara100–18.000 Hz
Speaker unitFull-range speaker
ChannelStereo
OutputTidak disebutkan
Jenis koneksiBluetooth
Durasi pemakaianTidak disebutkan
Antidebu/antiairTidak disebutkan
8
Rentang suara40–18.000 Hz
Speaker unitTidak disebutkan
ChannelTWS
Output5 watt
Jenis koneksiBluetooth 5.0
Durasi pemakaian8 jam
Antidebu/antiairTidak disebutkan
7
Rentang suara40–18.000 Hz
Speaker unitTidak disebutkan
ChannelTWS
Output5 watt
Jenis koneksiBluetooth 5.0
Durasi pemakaian8 jam
Antidebu/antiairIPX5
6

SamsungWireless Speaker Bottle

EO-SG710CSEGWW

Mulai dari Rp 569.000,00

Rentang suaraTidak disebutkan
Speaker unitFull-range speaker
ChannelStereo
OutputBluetooth 4.0
Jenis koneksiBluetooth 4.0
Durasi pemakaian8 jam (hanya suara atau lampu saja) atau 4 jam (suara dan lampu)
Antidebu/antiairTidak disebutkan
5
Rentang suara120–20.000 Hz
Speaker unitTidak disebutkan
ChannelTidak disebutkan
Output3,3 watt
Jenis koneksiBluetooth 4.1
Durasi pemakaian10 jam
Antidebu/antiairIPX7
4
Rentang suara80–18.000 Hz
Speaker unitRadiator pasif
ChannelTWS
Output1 x 5 watt (RMS)
Jenis koneksiBluetooth 4.2
Durasi pemakaian10 jam
Antidebu/antiairIPX7
3
Rentang suaraRendah
Speaker unitTidak disebutkan
ChannelTWS
Output5 watt
Jenis koneksiBluetooth 4.2
Durasi pemakaian10 jam
Antidebu/antiairIP56
2
Rentang suara70–20.000 Hz
Speaker unitRadiator pasif dan 2-way speaker
ChannelStereo
Output20 watt
Jenis koneksiBluetooth 4.2
Durasi pemakaian12 jam
Antidebu/antiairIPX7
1
Rentang suara50–20.000 Hz
Speaker unitFull-range speaker
ChannelTWS
Output30 watt dan 15 watt
Jenis koneksiWi-Fi, Bluetooth, dan DLNA
Durasi pemakaianTidak disebutkan
Antidebu/antiairTidak disebutkan

Tabel perbandingan produk speaker wireless terbaik

Gambar produk
1
Harman Kardon Aura Studio 2 1

Harman Kardon

2
JBL Pulse 4 1

JBL

3
MIFA A1 1

MIFA

4
Lenyes S205 1

Lenyes

5
JBL Clip 3 1

JBL

6
Samsung Wireless Speaker Bottle 1

Samsung

7
Vivan VS1 1

Vivan

8
Acome A1 SENSE 1

Acome

9
Advance Digitals 5" Subwoofer Speaker  1

Advance Digitals

10
Dacom Smart Bluetooh Speaker Lamp 1

Dacom

Nama produk

Aura Studio 2

Pulse 4

A1

S205

Clip 3

Wireless Speaker Bottle

VS1

A1 SENSE

5" Subwoofer Speaker

Smart Bluetooh Speaker Lamp

Keunggulan

Nikmatilah suara inti berkualitas di setiap sudut ruangan Anda

Pesta di rumah lebih meriah berkat adanya light show LED beresolusi tinggi

Mendukung berbagai jenis format musik

Ada fitur shockproof, risiko speaker rusak akibat terjatuh lebih kecil

Desainnya kukuh dan dilengkapi dengan karabiner terintegrasi

Tampilan cantik yang memperindah ruangan Anda dengan 16 juta warna pilihan

Ukurannya mini, sangat cocok untuk dibawa travelling

Speaker ekonomis dengan kualitas yang baik

Dayanya bisa diisi pakai aki, tetap bisa mendengarkan musik saat road trip!

Dilengkapi lampu pintar, teman setia menjelang tidur

Harga mulai dariRp 4.999.000,00Rp 3.999.000,00Rp 439.000,00Rp 199.000,00Rp 1.199.000,00Rp 569.000,00Rp 180.000,00Rp 99.000,00Rp 215.000,00Rp 199.000,00
Rentang suara50–20.000 Hz70–20.000 HzRendah80–18.000 Hz120–20.000 Hz Tidak disebutkan40–18.000 Hz40–18.000 Hz100–18.000 Hz50–2.800 Hz
Speaker unitFull-range speakerRadiator pasif dan 2-way speakerTidak disebutkanRadiator pasifTidak disebutkanFull-range speakerTidak disebutkanTidak disebutkanFull-range speakerTidak disebutkan
ChannelTWSStereoTWSTWSTidak disebutkanStereoTWSTWSStereoTidak disebutkan
Output30 watt dan 15 watt20 watt5 watt1 x 5 watt (RMS)3,3 wattBluetooth 4.05 watt5 wattTidak disebutkanTidak disebutkan
Jenis koneksiWi-Fi, Bluetooth, dan DLNABluetooth 4.2Bluetooth 4.2Bluetooth 4.2Bluetooth 4.1Bluetooth 4.0Bluetooth 5.0Bluetooth 5.0BluetoothBluetooth 2.1
Durasi pemakaianTidak disebutkan12 jam10 jam10 jam10 jam8 jam (hanya suara atau lampu saja) atau 4 jam (suara dan lampu)8 jam8 jamTidak disebutkan10–12 jam
Antidebu/antiairTidak disebutkanIPX7IP56IPX7IPX7Tidak disebutkanIPX5Tidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan
Tautan produk

Baca juga rekomendasi speaker lainnya di sini

Selain wireless speaker, terdapat beberapa jenis speaker lainnya yang dijual di pasaran. Baca juga rekomendasi speaker lainnya dari kami dan temukan keunggulannya masing-masing!

Kesimpulan

Pada artikel kali ini, kami sudah merekomendasikan sepuluh produk wireless speaker terbaik untuk Anda. Setelah membacanya, apakah Anda sudah menemukan produk yang memikat hati Anda?


Wireless speaker hampir tidak dapat dipisahkan dari kehidupan digital saat ini. Kehadiran speaker ini memudahkan Anda dalam menikmati musik kapan saja dan di mana saja. Jadi, pilihlah speaker yang sesuai dengan jati diri Anda dan nikmatilah musik setiap saat!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Earphone Bluetooth Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Earphone Bluetooth Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Earphone bluetooth membuat Anda bisa mendengarkan musik secara nyaman dan lebih bebas tanpa adanya kabel yang mengganggu. Meski begitu, terdapat beberapa kekhawatiran yang muncul, misalnya kualitas suara yang buruk, koneksi tidak stabil, dan tidak cocok dengan bentuk telinga. Oleh karenanya, Anda tidak boleh sembarangan membeli earphone bluetooth. Ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan sebelum membeli earphone bluetooth. Dalam artikel ini, kami akan mengulas cara memilih earphone bluetooth dan merekomendasikan sepuluh produk terbaik seperti Apple, JBL, hingga SoundPEATS. Simak artikel ini hingga tuntas. Selamat membaca!
    Aksesori handphone & tablet
    56.513 Views
  • 10 Rekomendasi Power Bank Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Power Bank Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Power bank merupakan baterai portabel yang berfungsi mengisi daya smartphone tanpa memerlukan stopkontak. Dengan menggunakan power bank, Anda dapat menonton video dan bermain game saat bepergian. Power bank merk Xiaomi, Samsung, Anker, Robot, dan lainnya menawarkan spesifikasi yang berbeda-beda. Hal tersebut membuat harga power bank menjadi variatif.Kali ini, kami akan membahas cara memilih power bank. Kami juga akan memberikan rekomendasi power bank yang bagus, berkualitas terbaik, dan dijual secara online. Power bank MOFIT, BASIKE, power bank 10.000 mAh, 30.000 mAh, bahkan 50.000 mAh akan Anda temukan. Selamat membaca!
    Aksesori handphone & tablet
    108.202 Views
  • 10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi banyak orang, mendengarkan musik adalah opsi menarik untuk mengisi waktu luang. Salah satunya dengan menggunakan smartphone yang disambungkan ke in-ear headphone atau disebut juga earphone. Oleh sebab itu, in-ear headphone menjadi produk penting bagi mereka yang hobi mendengarkan musik melalui smartphone.Berbagai produk in-ear headphone dari brand ternama seperti Sony, Philips, dan JBL berlomba menarik konsumen dengan fitur yang diberikan. Namun, seperti apa kriteria memilih produk yang tepat? Untuk membantu Anda, kami akan memberi tips dalam memilih in-ear headphone yang tepat beserta rekomendasi produk terbaik.
    Aksesori handphone & tablet
    186.419 Views
  • 10 Rekomendasi Tempered Glass (Kaca Anti Gores) Terbaik untuk iPhone (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tempered Glass (Kaca Anti Gores) Terbaik untuk iPhone (Terbaru Tahun 2021)
    Tempered glass atau kaca antigores merupakan pelindung layar handphone yang terbuat dari kaca. Fungsinya untuk melindungi layar handphone agar tidak tergores atau pecah. Saat handphone tidak sengaja terjatuh, biasanya bagian yang retak adalah tempered glass yang menempel di layar handphone. Jadi, layar handphone Anda tetap aman.Ada beberapa merek terkenal, seperti Cafele, Otterbox dan Optimuz yang menawarkan tempered glass berkualitas. Lalu, produk manakah yang paling cocok untuk iPhone Anda? Kami akan memberikan tips memilih tempered glass terbaik agar tidak salah pilih. Anda juga bisa bisa menemukan sepuluh rekomendasi tempered glass terbaik pilihan kami di sini!
    Aksesori handphone & tablet
    45.431 Views
  • 10 Rekomendasi Pen Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pen Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Pen tablet yang biasa digunakan untuk menggambar ilustrasi di komputer, kini hadir dengan berbagai merek, seperti Wacom, XP-PEN, dan HUION. Dengan harga dan fungsi yang bervariasi, barangkali akan membuat Anda kebingungan dalam memilih produk yang sesuai.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih pen tablet serta merekomendasikan produk terbaik, mulai dari untuk pemula hingga profesional. Seperti apakah pen tablet idaman Anda? Barangkali salah satunya ada dalam ulasan di bawah ini.
    Aksesori handphone & tablet
    118.970 Views
  • 10 Rekomendasi Bluetooth Headset Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Bluetooth Headset Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Musik adalah teman terbaik dalam berbagai suasana. Untuk itu, hadirlah Bluetooth headset agar Anda bisa mendengar musik kapan saja dan di mana saja. Apakah Anda sedang mencari Bluetooth headset yang bagus? Kami hadir untuk membantu Anda. Di sini, kami punya tips memilih Bluetooth headset terbaik. Tidak hanya untuk mendengarkan musik, rekomendasi Bluetooth headset terbaik kami juga punya fitur menarik lainnya. Berbagai merk headset, seperti JBL, SONY, Audio Technica, dan Logitech tersedia di sini. Jadi, jangan lewatkan ulasan kami, ya!
    Aksesori handphone & tablet
    151.142 Views
  • 10 Rekomendasi iPhone Case Terbaik untuk iPhone 8 Plus (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi iPhone Case Terbaik untuk iPhone 8 Plus (Terbaru Tahun 2021)
    Sangat banyak orang menyukai iPhone 8 Plus. Bukan hal aneh mengingat iPhone 8 Plus memiliki segudang keunggulan. Mulai dari adanya tombol fisik home button, dual camera di sisi belakang, 3D Touch, dan sebagainya. Dipadukan dengan desain sleek khas iPhone, penggemarnya terus bertambah.Untuk Anda pengguna iPhone 8 Plus, case keren keluaran RINGKE, Element Case, atau Anker bisa memberikan nuansa berbeda. Selain itu, case kuat untuk iPhone 8 Plus juga memberi perlindungan lebih. Segera miliki case terbaik untuk iPhone 8 Plus Anda dengan membaca cara memilih dan daftar rekomendasinya berikut!
    Aksesori handphone & tablet
    907 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori