1. TOP
  2. >
  3. Outdoor & sports
  4. >
  5. Olahraga lainnya
  6. >
  7. 9 Knee Supporter Terbaik - Ditinjau oleh Personal Trainer (Terbaru Tahun 2023)
  • 9 Knee Supporter Terbaik - Ditinjau oleh Personal Trainer (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 9 Knee Supporter Terbaik - Ditinjau oleh Personal Trainer (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 9 Knee Supporter Terbaik - Ditinjau oleh Personal Trainer (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 9 Knee Supporter Terbaik - Ditinjau oleh Personal Trainer (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 9 Knee Supporter Terbaik - Ditinjau oleh Personal Trainer (Terbaru Tahun 2023) 5

9 Knee Supporter Terbaik - Ditinjau oleh Personal Trainer (Terbaru Tahun 2023)

Knee support adalah alat yang sangat membantu jika Anda memiliki masalah di bagian lutut. Jenisnya bermacam-macam, mulai dari untuk kebutuhan medis seperti sakit lutut, olahraga, hingga untuk para lansia. Anda perlu mencari yang sesuai kebutuhan Anda agar efektivitasnya lebih baik.


Nah, kami akan memberikan tips memilih knee support dan merekomendasikan produk dari merek yang bagus, seperti LP, Mueller, dan Aolikes. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh personal trainer kami, Tedi Hermawan. Mari dapatkan knee support terbaik sehingga kondisi lutut Anda lebih baik dan bisa beraktivitas dengan normal lagi!

Diperbaharui 01-31-2023
Pakar
Personal trainer
Tedi Hermawan

Tedi adalah lulusan Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung. Tedi menempuh karier sebagai personal trainer di Gold's Gym sejak 2018. Sejak SMP, Tedi aktif sebagai atlet cabang olahraga futsal, pencak silat, dan kriket. Berbagai prestasi ia dapatkan mulai dari tingkat daerah hingga nasional. Tedi telah mendapatkan sertifikasi sebagai pelatih beberapa cabang olahraga. Beberapa sertifikasi tersebut yaitu sebagai pelatih olahraga dari BNSP, pelatih fisik renang, dan pelatih massage level 1 nasional. Ia juga memiliki sertifikasi cabang olahraga bela diri, seperti pelatih pencak silat dan pelatih muay thai.

Profil Tedi Hermawan
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Apa manfaat menggunakan knee supporter?

Apa manfaat menggunakan knee supporter?

Lutut adalah persendian yang mengalami banyak tekanan setiap harinya sehingga tak heran sering terasa sakit. Knee support bisa dianggap sebagai alat terapi lutut untuk lansia atau orang yang hobi berolahraga.


Mengenakan knee support saat beraktivitas akan mengurangi tekanan pada lututSelain mengurangi tekanan, knee support juga menambah stabilitas pada lutut ketika Anda berolahraga atau pemulihan cedera. Anda jadi bisa melakukan berbagai gerakan dengan lebih mudah dari biasanya.


Sebagai tambahan, sports knee supporter didesain khusus untuk melindungi lutut selama olahraga sehingga bisa mengurangi tekanan di lutut. Bagi Anda yang mengalami cedera, knee supporter bisa dipakai sebagai penyangga lutut untuk mengurangi nyeri. Pilihlah knee supporter yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Cara memilih Knee Supporter

Pertama, kami akan menjelaskan terlebih dahulu cara memilih knee supporter. Mari ketahui lebih lanjut sebelum Anda menentukan produk yang paling tepat sesuai kegunaannya.

① Untuk masalah lutut sehari-hari, pilih tipe heat retention atau tipe fungsional

Saat memilih knee supporter, pertama-tama pilihlah tipe yang cocok untuk kebutuhan Anda. Untuk masalah lutut sehari-hari, ada dua tipe yang bisa Anda gunakan, yakni heat retention dan fungsional.

Tipe heat retention, kurangi rasa sakit akibat kedinginan

Tipe heat retention, kurangi rasa sakit akibat kedinginan
Jika lutut terasa sakit hanya ketika Anda merasa kedinginan, produk tipe heat retention tepat dipilih. Tipe ini akan menghangatkan area sekitar lutut sehingga dapat mengurangi rasa sakit akibat udara dingin.

Jenisnya ada bermacam-macam. Ada yang dilengkapi heating sheet di bagian dalamnya hingga yang diproses menggunakan infrared. Jika Anda membeli jenis ini, perhatikan proses pencucian akan menghilangkan heating sheet-nya atau tidak.


Tipe functional, bantu atasi rasa sakit yang terus-menerus

Tipe functional, bantu atasi rasa sakit yang terus-menerus

Knee support fungsional terbagi menjadi dua jenis, yakni tipe belt dan tubular. Keduanya didesain untuk orang yang merasakan sakit lutut berkepanjangan setiap harinya. Knee support fungsional juga berfungsi untuk menyokong gerakan sehari-hari, seperti berjalan dan naik turun tangga.


Berikut ini perbedaan antara knee support tipe tubular dan belt:

  • Tipe tubular: Untuk Anda yang mengalami masalah di sekitar lutut, seperti pengapuran atau otot mudah lelah, gunakan tipe tubular. Tipe ini bisa meningkatkan kestabilan sendi dengan cara menekan keseluruhan bagian lutut dengan sempurna.

  • Tipe belt: Untuk Anda yang merasa lututnya mudah goyang atau tidak stabil saat ditekuk atau diregangkan, gunakan tipe belt. Tipe ini juga sebaiknya digunakan untuk Anda yang sering cemas saat melakukan gerakan memutar lutut ke dalam atau keluar. Tenang saja, knee support fungsional tidak akan membatasi pergerakan lutut Anda berlebihan, kok.

② Untuk berolahraga, gunakan knee support tipe sports

Untuk berolahraga, gunakan knee support tipe sports

Untuk kegiatan olahraga, seperti mendaki gunung atau lari, gunakan knee support khusus untuk olahraga. Knee support tipe sports ini akan melindungi lutut Anda saat melakukan gerakan yang sulit dan melindungi dari benturan keras. 


Perlu diketahui, tidak semua knee support dijual berdasarkan jenis olahraganya. Berhati-hatilah agar tidak memilih knee support yang terlalu membatasi pergerakan. Ketika Anda membeli knee support untuk berolahraga, pilihlah yang berbahan ringan dan tipis sehingga tidak mengganggu pergerakan kaki.


Berikut ini beberapa tips memilih knee support berdasarkan olahraganya:

  • Voli dan lari: Olahraga lari dan voli sering kali mengharuskan Anda untuk menekuk dan meregangkan lutut. Gunakan knee supporter khusus sport yang berbentuk tubular pendek. Tipe ini memungkinkan Anda untuk menggunakannya tanpa membatasi gerak Anda. Terlebih untuk voli, olahraga ini risiko benturan lututnya cukup tinggi sehingga sebaiknya pilih yang ada bantalan lututnya (knee pad).

  • Pendakiang gunung: Untuk mendaki gunung, pilihlah knee support khusus olahraga yang berbentuk belt. Tipe ini membuat lutut Anda lebih stabil dan tidak goyang dari depan, belakang, serta luar atau dalam. Karena pendakian gunung dilakukan berjam-jam, gunakanlah knee supporter yang kekencangannya bisa diatur.

③ Pertimbangkan knee supporter yang dapat dicuci

Pertimbangkan knee supporter yang dapat dicuci
Berhubung knee support akan bersentuhan langsung dengan kulit, keringat akan dengan mudah meresap ke dalamnya. Tentu penting untuk menjaga kebersihannya, bukan? Oleh karena itu, Anda perlu mencari tahu kemudahan produk tersebut untuk dibersihkan.

Periksalah produk pilihan Anda bisa dicuci dengan mesin cuci atau tidak. Ada beberapa produk knee support yang berisiko luntur warnanya jika dicuci dengan mesin cuci. Jika tidak, terpaksa Anda harus membersihkannya menggunakan tangan. 


Knee support juga disarankan tidak dikeringkan menggunakan alat pengering atau disetrika. Alasannya, kain knee support bisa mengerut atau rusak jika disetrika. Setelah dicuci, keringkan knee support dengan handuk tanpa memerasnya. Keringkan di tempat yang teduh sehingga kainnya tidak rusak karena sinar matahari dan lebih awet.


Selain itu, sebaiknya Anda tidak terlalu sering mencuci knee support karena dapat menghilangkan kompresinya dan membuat knee support lebih melar.

④ Pastikan memilih ukuran yang tepat

Pastikan memilih ukuran yang tepat

Setelah memilih modelnya, sekarang Anda harus memilih knee support yang ukurannya sesuai untuk Anda. Ukuran knee support sangat memengaruhi tingkat proteksinya. 


Perlu diingat, tingkat proteksi knee support yang tinggi belum tentu bagus untuk lutut Anda. Untuk cedera ringan, jika Anda menggunakan ukuran yang terlalu ketat justru akan menyebabkan lutut kaku. 


Untuk heat rentention dan tipe tubular, Anda bisa memilih yang agak lebih ketat untuk mendapatkan kompresi yang baik. Jika terlalu longgar, ditakutkan efeknya tidak bekerja dengan optimal pada lutut Anda.


Sementara itu, tipe belt bisa dikencangkan dan dikendurkan. Pilihlah ukuran yang agak kendur di kaki Anda. Jika dirasa terlalu kendur, Anda bisa mengencangkannya. 


Saat membeli, pilihlah produk knee support yang memberikan informasi diameter. Dengan demikian, Anda bisa memperkirakan produk tersebut fit atau tidak dipakai di lutut Anda.

9 Rekomendasi knee supporter terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sembilan produk knee supporter terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sembilan produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Tedi Hermawan.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Mueller

Compact Knee Support

Mueller Compact Knee Support 1枚目

Tipe open patella, tempurung lutut lebih stabil beraktivitas

2

CoreNation Active

Core Knee Support Deker Lutut

CoreNation Active Core Knee Support Deker Lutut 1枚目

Melindungi paha dan betis secara optimal

3

Wolfbike

Knee Pads

Wolfbike Knee Pads  1枚目

Knee supporter para penggemar olahraga ekstrem

4

adidas

Essential Knee Support

adidas Essential Knee Support 1枚目

Tetap nyaman dipakai aktif sepanjang hari

5

LP

Knee Wrap

LP  Knee Wrap 1枚目

Bebas dibalut di lutut sesuai kebutuhan

6

Aolikes

Knee Support Brace

Aolikes Knee Support Brace  1枚目

Beraktivitas lebih nyaman dengan lutut yang stabil

7

LP

Support Knee Support

LP Support Knee Support 1枚目

Tekanannya lembut, bantu pemulihan lutut Anda

8

SFIDN FITS

Knee Compression Pad Brace Support Double Loop Pelindung

SFIDN FITS Knee Compression Pad Brace Support Double Loop Pelindung 1枚目

Mampu menghangatkan hingga ke tulang kering

9

Aolikes

Knee Pad

Aolikes Knee Pad 1枚目

Efektif cegah memar dan cedera ringan saat main voli

Perincian produk
Close
No.1

MuellerCompact Knee Support58677

Mulai dari Rp230.000,00

Tipe open patella, tempurung lutut lebih stabil beraktivitas

Anda punya masalah artritis atau tempurung lutut yang tidak stabil? Gunakan Compact Knee Support dari Mueller ini. Desainnya open patella atau bagian tengahnya berlubang sehingga lebih mudah disesuaikan. Patela lutut pun jadi lebih stabil, tetapi tidak terlalu kaku. Karena merupakan tipe belt, Anda bisa menyesuaikan tingkat kekencangannya. Perlu diketahui, produk ini tidak disarankan terlalu sering dicuci karena serat-serat kainnya akan mudah rusak (berbulu).

No.2

CoreNation ActiveCore Knee Support Deker Lutut

Mulai dari Rp89.000,00

Melindungi paha dan betis secara optimal

Ukurannya produk ini cukup panjang, jadi dapat menutupi bagian paha hingga betis. Selain itu, produk ini dilengkapi bahan antimikroba. Efeknya, knee support ini jadi tidak mudah bau. Tambahan pula, produk ini dibekali teknologi dry-wicking sehingga basah keringat akan hilang, meskipun hanya didiamkan saja. Untuk Anda yang kerap berolahraga dan banyak melakukan gerakan sliding, pilihlah produk ini agar lebih aman. 

No.3

Knee supporter para penggemar olahraga ekstrem

Anda yang senang melakukan olahraga ekstrem atau olahraga yang berisiko membuat lutut banyak terbentur, wajib memiliki knee support ini! Penggunaan EVA foam padding yang tebal pada produk ini akan memberi perlindungan maksimal pada lutut Anda. Produk ini juga mampu meredam guncangan dengan sangat optimal.

Selain memiliki sirkulasi udara yang baik, produk ini juga sangat elastis. Bahkan setelah dicuci berkali-kali, produk ini tetap mampu kembali ke bentuk semula. Otomatis jadi lebih awet dan Anda tak perlu buang-buang uang karena sering mengganti knee support.
No.4

adidasEssential Knee Support

Mulai dari Rp149.000,00

Tetap nyaman dipakai aktif sepanjang hari

Knee support dari adidas ini memang digunakan untuk olahraga seperti lari atau main bola. Tingkat proteksinya memang tidak tinggi, tetapi produk ini membuat lutut Anda lebih nyaman dan stabil. Bahannya terdiri dari campuran nilon dan spandeks sehingga membuatnya breathable dan elastis. 


Karena elastis, knee support ini tidak akan mengganggu pergerakan Anda secara berlebihan. Tak hanya olahraga, Anda juga bisa menggunakannya sehari-hari. Jika Anda mengutamakan bahan yang halus, breathable, dan nyaman, gunakan produk dari adidas ini.

No.5

Bebas dibalut di lutut sesuai kebutuhan

Produk ini tak boleh dilewatkan jika Anda menyukai knee support dengan fleksibilitas penggunaan mumpuni. Berbeda dengan knee support pada umumnya, produk ini digunakan dengan cara dibalut. Anda butuh tekanan lebih di tempurung lutut? Balut saja lebih tebal di area tersebut. 

Bagaimana bila paha Anda kedinginan? Tinggal balut saja hingga ke paha. Sangat fleksibel! Selain itu, karena modelnya yang dililitkan, knee support ini dapat disesuaikan dengan berbagai ukuran lutut. Jadi, Anda tak perlu khawatir ukurannya tidak pas.

No.6

AolikesKnee Support Brace 7616

Mulai dari Rp80.000,00

Beraktivitas lebih nyaman dengan lutut yang stabil

Untuk Anda yang pernah mengalami cedera di bagian lutut, produk dari Aolikes ini bisa Anda coba. Knee braces tipe belt ini bisa dikencangkan dan dikendurkan sesuai kenyamanan Anda. Gunakan saat melakukan aktivitas sehari-hari seperti jalan kaki dan naik tangga.


Bahannya terbuat dari campuran SBR, EVA, dan lycra. Karakteristik bahannya lembut dan adem. Untuk produk dengan spesifikasi dan desain seperti ini, produk ini tergolong cukup ekonomis, lho. Sayangnya, menurut pakar kami, bagian velcro pada produk ini kurang awet.

No.7

LPSupport Knee Support647

Mulai dari Rp119.900,00

Tekanannya lembut, bantu pemulihan lutut Anda

Bahannya yang elastis memungkinkan produk ini mengikuti pergerakan lutut Anda dengan mudah. Tekanan yang diberikan terhadap tempurung lutut pun tidak terlalu kuat, pas untuk masa pemulihan lutut atau digunakan sehari-hari. 


Selain itu, produk ini sesuai untuk Anda yang sering melakukan weight lifting dan memiliki bujet terbatas. Bila Anda mencari knee support yang tekanannya terasa soft di lutut, tak perlu ragu membeli produk ini. Ada tiga warna keren yang bisa Anda pilih, yakni hitam, putih, dan biru.

No.8

SFIDN FITSKnee Compression Pad Brace Support Double Loop Pelindung

Mulai dari Rp48.000,00

Mampu menghangatkan hingga ke tulang kering

Untuk Anda atau orang tua yang memiliki riwayat kesehatan artritis, gunakanlah produk ini. Harganya terjangkau, tetapi memiliki kemampuan menstabilkan lutut dengan baik. Campuran bahan nilon dan spandeks membuatnya elastis dan memiliki kemampuan heat retention yang bagus. Bahan produk ini cukup tebal, pastikan Anda tidak memilih ukuran yang terlalu kecil agar produk tidak sulit digunakan.


Desainnya dibuat lewat teknik rajutan khusus dengan dua setrip gel silikon. Efeknya, knee support tidak mudah melorot atau terlepas. Anda bisa menggunakannya sehari-hari untuk mendukung gerak Anda.

No.9

Efektif cegah memar dan cedera ringan saat main voli

Untuk Anda yang suka main voli, pertimbangkan knee support dengan pad di bagian patela lutut. Pad atau busa di bagian patela ini berguna menahan benturan pada lutut Anda. Risiko memar dan cedera ringan lebih bisa dihindari. Bahannya cukup ringan, adem, dan breathable karena terbuat dari campuran nilon dan elastic fabric. Sebagai catatan, sebaiknya produk ini tidak dicuci sebab busanya akan mudah mengempis dan proses pengeringannya pun lama.

Baca juga rekomendasi produk lainnya yang berhubungan dengan lutut di sini

Tak hanya knee support, ada beberapa produk lain yang berfungsi untuk menjaga kesehatan lutut. Ada yang berfungsi melindungi lutut hingga suplemen untuk menjaga kekuatan sendi. Klik tautan di bawah ini untuk mengetahui tips memilih dan rekomendasinya lebih lanjut.

Kesimpulan

Saat mendaki gunung, lari, atau olahraga lainnya, knee supporter bisa digunakan untuk menyokong lutut Anda. Knee supporter juga sangat bermanfaat untuk para manula yang sering merasakan nyeri atau kedinginan di sekitar lutut. 

Sekarang Anda sudah mengenali berbagai jenis knee supporter, bukan? Dengan begitu, Anda akan makin mudah menemukan produk yang tepat. Pilihlah knee supporter sesuai kebutuhan agar Anda makin nyaman beraktivitas setiap hari.

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer