1. TOP
  2. >
  3. Handphone & tablet
  4. >
  5. Aksesori handphone & tablet
  6. >
  7. 10 Headphone dan Earphone Noise Cancelling Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Headphone dan Earphone Noise Cancelling Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Headphone dan Earphone Noise Cancelling Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Headphone dan Earphone Noise Cancelling Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Headphone dan Earphone Noise Cancelling Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Headphone dan Earphone Noise Cancelling Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Headphone dan Earphone Noise Cancelling Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2023)

Jika Anda ingin mendengarkan musik saat berada di keramaian, gunakanlah headphone atau earphone yang berfitur noise-cancelling. Dengan begitu, suara bising di sekeliling Anda akan menghilang sehingga Anda dapat menikmati musik secara lebih nyaman.


Saat ini banyak merek yang bagus merilis headphone atau earphone tipe noise-cancelling, seperti Sony, Apple, dan Bose. Agar Anda dapat menemukan produk terbaik, kami akan menjelaskan cara memilih noise-cancelling headphone dan earphone. Selanjutnya, kami akan membagikan sepuluh rekomendasi produknya untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh sound engineer kami, Dennis Novriandi. Selamat membaca!

Diperbaharui 01-12-2023
Pakar
Sound engineer, music producer, dan bassist
Dennis Novriandi

Dennis adalah bassist dari band SASVRITA yang juga aktif sebagai sound engineer dan producer untuk beberapa band dalam negeri. Selain itu, Dennis mengerjakan proyek-proyek lainnya sambil mengelola recording studio pribadi dan mendirikan production house Eastneptune Studio. Tidak hanya di bidang musik, Dennis juga berkiprah di bidang animasi dan komputer. Beberapa di antaranya adalah sebagai front end developer, freelance UI/UX designer, serta freelance 2D and 3D animation.

Profil Dennis Novriandi
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih headphone dan earphone noise cancelling

Apa saja hal yang harus diperhatikan dalam memilih headphone dan earphone tipe noise-cancelling? Berikut kami jelaskan poin-poin pentingnya agar Anda mendapatkan produk yang tepat.

① Headphone, memberikan kualitas suara yang maksimal

Headphone mempunyai getaran bass dan suara yang lebih merata. Produknya cocok untuk Anda yang suka menikmati kualitas suara yang powerful. Di pasaran ada dua jenis headphone, yaitu tipe over-ear dan tipe on-ear

On-ear: Bentuknya ringkas untuk dibawa ke mana pun

On-ear: Bentuknya ringkas untuk dibawa ke mana pun

Tipe on-ear memiliki ukuran yang kecil dan ringkas. Hal ini karena tipe on-ear tidak menutupi seluruh daun telinga. Tipe ini mudah untuk dibawa ke mana pun dan disimpan dalam ruang yang kecil. Meski kemampuan noise cancelling-nya tidak sebaik tipe over-ear, tipe ini dapat menjadi pilihan ringkas untuk dibawa traveling.

Over-ear: Sangat nyaman untuk digunakan berlama-lama

Over-ear: Sangat nyaman untuk digunakan berlama-lama

Bila Anda ingin headphone dengan kemampuan noise-cancelling yang maksimal, pilih tipe over-ear. Produknya lebih baik dalam mencegah suara musik bocor. Karena memiliki bentuk yang menutupi seluruh telinga, tipe over-ear lebih nyaman digunakan.


Over-ear punya isolasi yang bagus karena bisa memblokir ambience dari luar dan tidak ada suara keluar dari headphone. Namun, penggunaan headphone ini sebaiknya tidak terlalu lama karena berpotensi mengganggu pendengaran. Selain itu, menggunakan peredam juga bisa mengalihkan perhatian Anda sehingga bisa menyebabkan potensi isiden.


Headphone tipe over-ear biasanya juga berukuran besar sehingga lebih sulit digunakan saat di kendaraan umum. Meski begitu, tipe ini cocok untuk Anda yang ingin mendapatkan kualitas suara yang maksimal di ruang terbuka.

② Earphone, untuk Anda yang mementingkan portabilitas

Earphone, untuk Anda yang mementingkan portabilitas

Walaupun kualitas audionya tidak sebaik headphone, ukuran earphone lebih praktis. Ada dua tipe earphone. Tipe pertama adalah in-ear earphone yang masuk ke lubang kuping. Selanjutnya, ada tipe earbud yang menutupi bagian lubang kuping. Tipe in-ear sangat direkomendasikan apabila Anda ingin mendapat efek noise-cancelling yang maksimal.


Cara kerja tipe in-ear mirip dengan earplug. Efek earplug bila dikombinasikan dengan fitur noise-cancelling akan menghasilkan kemampuan memblokir suara yang luar biasa. Dengan tingkat isolasi yang baik, earphone ini akan berguna untuk musisi profesional.


Earphone juga mempunyai range harga yang lebih terjangkau dari headphone. Anda dapat memilih earphone apabila hendak menggunakannya saat jalan-jalan.

③ Pilih berdasarkan jenis koneksinya

Headphone dan earphone pada umumnya memiliki dua jenis koneksi. Selain terkoneksi melalui kabel, produknya juga dapat terkoneksi melalui jaringan nirkabel (wireless). Berikut perbedaan antara keduanya.

Wired: Kualitas audio yang terbaik dan tanpa delay

Wired: Kualitas audio yang terbaik dan tanpa delay

Tipe wired memiliki kualitas transfer audio yang lebih baik. Hal ini karena tipe wired tidak perlu melakukan proses tambahan untuk encoding, transmitting, dan decoding data audio. Dengan begitu, Anda tidak akan mengalami audio latency atau delay ketika menggunakan earphone atau headphone tipe wired. Produknya banyak menggunakan kabel jack 3,5 mm atau USB.


Tipe ini masih jadi andalan untuk profesional dibidang music production dan video editing karena kualitas audio, clarity dan latency yang sangat rendah. Tipe ini juga memiliki keunggulan lain, salah satunya adalah tidak memerlukan baterai.


Anda bisa memakainya selama apa pun yang Anda mau. Karena hal ini pula headphone dan earphone tipe wired memiliki bobot yang lebih ringan. Koneksi wired merupakan pilihan tepat bagi gamer, pekerja kantoran, dan Anda yang bekerja dekat dengan audio.

Wireless: Praktis dipakai kapan pun dan di mana pun

Wireless: Praktis dipakai kapan pun dan di mana pun

Bagi Anda yang tidak mau ribet dengan urusan kabel, pilihlah tipe wireless. Tipe ini tidak memerlukan kabel untuk transfer data audio. Anda dapat menghubungkan headphone atau earphone dengan koneksi Bluetooth. Hal ini mendukung Anda untuk bebas bergerak saat berolahraga atau beraktivitas ringan.


Akan tetapi, koneksi Bluetooth ini akan tergantung dari codec, driver, dan ketahanan baterai. Biasanya, tipe wireless mengalami delay suara tergantung jenis Bluetooth dan spesifikasi koneksinya. Meski begitu, tipe wireless pada umumnya kompatibel dengan gadget modern. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi mencocokkan port pada perangkat dengan headphone dan earphone.

④ Pertimbangkan pengaturan manual guna menyesuaikan keperluan Anda

Pertimbangkan pengaturan manual guna menyesuaikan keperluan Anda

Pasti banyak orang ingin hasil noise-cancelling yang sempurna. Maka dari itu, akan lebih praktis jika tingkatannya dapat diatur. Anda dapat mengatur tingkat noise-cancelling sesuai dengan keadaan sekitar sehingga lebih nyaman untuk digunakan. Kini makin banyak model yang menggunakan pengaturan otomatis dengan teknologi AI.


Secara umum noise cancellation ada tiga macam, yaitu active, passive, dan environmental. Ada produk yang mampu menyesuaikan tekanan atmosfer tempat tertentu, seperti di pesawat terbang. Jika peredaman suaranya terlalu kuat dan tidak bisa diatur, earphone atau headphone akan kurang nyaman digunakan di kendaraan umum.

Dengan tombol pengatur, Anda dapat mengurangi peredaman suara saat hendak mendengarkan notifikasi penting. Tombol pengatur dapat menghindari Anda dari kecelakaan-kecelakaan yang bisa disebabkan oleh noise-cancelling.

⑤ Cek ketahanan daya dari baterainya

Cek ketahanan daya dari baterainya

Kualitas headphone dan earphone tipe noise-cancelling akan terlihat saat Anda menggunakannya di luar. Tipe wireless dengan koneksi Bluetooth memang praktis, tetapi Anda perlu memperhatikan continuous playback atau daya tahan baterainya. Pada dasarnya, makin kuat daya tahan baterai akan makin baik untuk Anda pilih.


Secara umum, masa pakai baterai headphone Bluetooth adalah 500 full cycle. Jika diisi dua hari sekali, maka Anda dapat menggunakannya selama tiga tahun. Akan tetapi, jika diisi sekali sehari, maka Anda dapat menggunakannya kurang lebih selama dua tahun.


Biasanya noise-cancelling earphone mempunyai continuous playback sekitar 4–7 jam. Sementara itu, kemampuan headphone bisa mencapai 20 jam. Bila Anda tidak dapat terlalu sering mengisi baterai, Anda bisa memilih noise-cancelling headphone.


Jika ingin memilih noise-cancelling earphone, Anda bisa mencari produk dengan kemampuan fast charging. Anda juga dapat memilih earphone yang berkabel. Hal ini akan memudahkan Anda saat sedang menggunakannya di luar dan kesulitan mengecas.

⑥ Periksa jenis noise cancelling-nya

Terdapat dua jenis noise-cancelling yang dibagi berdasarkan cara kerjanya. Anda dapat memilih active noise-cancelling (ANC) ataupun passive noise-cancelling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Active noise-cancelling: Menggunakan teknologi khusus untuk meredam suara

Active noise-cancelling atau ANC menggunakan noise-cancelling system untuk mengurangi kebisingan dari luar. ANC memiliki mic dan speaker yang mereduksi suara dari luar. Suara dari luar yang telah terdeteksi oleh mic akan dinetralkan oleh speaker. Selanjutnya, speaker menghasilkan suara yang berlawanan dengan suara dari luar. Hal ini menyebabkan noise tidak terdengar lagi di telinga Anda.


ANC terdiri dari dua tipe, yaitu tipe feedforward dan tipe feedback. Feedforward memiliki mic di sisi luar, sedangkan feedback berada di bagian dalam. Apa pun tipe yang dipilih, ANC cocok dipakai apabila Anda hanya ingin menghilangkan noise tanpa mendengarkan musik.

Passive noise-cancelling: Baterai lebih hemat berkat desainnya yang menangkal suara dari luar

Passive noise-cancelling: Baterai lebih hemat berkat desainnya yang menangkal suara dari luar

Pada dasarnya, passive noise canceling atau PNC adalah design dari headphone itu sendiri. Contohnya, silikon pada in ear adalah PNC terbaik untuk isolasi/noise cancelling dari luar.


Jika ANC menggunakan mic dan speaker untuk mereduksi noise, passive noise-cancellation atau PNC memanfaatkan desain produk. PNC memiliki bentuk yang pas dengan lubang telinga Anda. Hal ini menyebabkan noise di luar tidak bisa terdengar. 


Karena tidak memerlukan penetralisir suara, kualitas output suara yang dihasilkan tipe PNC lebih baik dari tipe ANC. Dengan demikian, tipe PNC cocok untuk Anda yang lebih mementingkan kualitas suara.

⑦ Sesuaikan jenis codec dengan kebutuhan Anda

Sesuaikan jenis codec dengan kebutuhan Anda

Salah satu poin yang perlu Anda perhatikan adalah jenis codec. Codec berfungsi untuk menerjemahkan data audio yang dikirim dari perangkat input ke output. Beberapa codec yang umum digunakan adalah SBC, AAC, aptX, dan LDAC.


Pilihan codec dapat mempengaruhi lamanya delay audio. Untuk itu, periksalah terlebih dahulu codec pada perangkat audio yang akan Anda pilih. Pilihlah dengan codec aptX untuk latency yang rendah dan kualitas suara yang bagus.

⑧ Perhatikan kualitas sensitivitas dan frekuensi audio

Perhatikan kualitas sensitivitas dan frekuensi audio

Agar suara yang Anda dengar berkualitas tinggi, periksalah sensitivitas dan frekuensi audio dari produk. Rentang frekuensi dapat menunjukkan kemampuan produk dalam menangkap suara. Sementara itu, sensitivitas menunjukkan tingkat kekencangan suara yang dihasilkan.


Cara paling mudah yang dapat dilakukan untuk menilai sensitivitas dan frekuensi adalah melihat dari angka desibelnya. Makin tinggi nilai desibel, makin besar pula suara yang dapat Anda dengarkan. Walaupun demikian, sebaiknya Anda tidak memilih produk dengan sensitivitas yang terlalu tinggi karena dapat menyebabkan masalah pendengaran.

5 Rekomendasi headphone noise cancelling terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan lima produk headphone noise cancelling terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Jete

Jete-12

Jete Jete-12 1枚目

Baterainya bisa standby hingga 400 jam!

2

Audio Technica

ATH-M20x

Audio Technica  ATH-M20x 1枚目

Nyaman di telinga, cocok untuk pemula

3

Sony

WH-1000XM5

Sony WH-1000XM5 1枚目

Bekerja sambil mendengarkan lagu tetap nyaman

4

Bose

Noise Cancelling Headphones 700

Bose  Noise Cancelling Headphones 700 1枚目

Fitur noise-cancelling dapat diatur sesuka hati!

5

Beyerdynamic

DT 770 PRO 250 ohm

Beyerdynamic DT 770 PRO 250 ohm 1枚目

Bentuknya closed-back, cocok untuk monitoring musik

Perincian produk
Close
No.1

Baterainya bisa standby hingga 400 jam!

Kelebihan: 

  • Baterainya tahan hingga 400 jam dalam mode standby
  • Headphone dapat ditekuk sehingga mudah dibawa ke mana saja

Kekurangan:

  • Ada review yang mengatakan suaranya kadang terputus-putus

Jika Anda mencari headphone noise-cancelling terbaik dari merek lokal, produk ini bisa dipilih. Daya dari Jete-12 dapat bertahan hingga 400 jam ketika berada di mode standby. Anda tidak perlu sering mengecas karena daya yang terkuras sendiri.


Headphone noise-cancelling murah ini di kelasnya ini juga telah dilengkapi koneksi Bluetooth 5.0. Jadi, Anda dapat menghubungkannya ke perangkat lain dengan cepat dan mudah. 

No.2

Audio Technica ATH-M20x

Mulai dari Rp799.000,00

Nyaman di telinga, cocok untuk pemula

Kelebihan:

  • Driver-nya berukuran 40 mm sehingga menghasilkan suara yang seimbang, terutama untuk frekuensi rendah
  • Desain circumaural yang minimalis dapat menghambat suara bising di luar headphone


Kekurangan:

  • Hinge di dekat driver mudah patah sehingga harus hati-hati digunakan

Audio Technica merupakan salah satu merek ternama yang cocok untuk audio mixing berkat frekuensinya yang seimbang. Salah satu produknya yang pas untuk pemula adalah ATH-M20x. Hal ini berkat driver-nya yang besar untuk frekuensi rendah. 


Desain dari salah satu headphone noise-cancelling terbaik untuk pemula ini dapat menutupi telinga dengan nyaman. Suara yang dihasilkan produk ini juga cenderung seimbang. Bagi Anda yang masih pemula dalam audio mixing, pilih produk ini untuk memulai karier Anda. 

No.3

Bekerja sambil mendengarkan lagu tetap nyaman

Kelebihan:

  • Dapat terkoneksi dengan beragam perangkat dalam waktu yang bersamaan
  • Bisa pause lagu secara otomatis ketika headphone sedang tidak digunakan

Kekurangan:

  • Tidak cocok untuk monitoring dan audio mixing karena suaranya kurang seimbang

Produk ini pas untuk Anda yang suka mendengarkan lagu sambil bekerja. Sony WH-1000XM5 dapat terkoneksi dengan lebih dari satu perangkat sekaligus. Anda dapat memindahkan koneksinya ke handphone untuk menjawab telepon saat sedang mendengarkan lagu. Jadi, Anda tidak tidak akan melewatkan panggilan penting.


Tidak hanya itu, headphone noise-cancelling Sony ini masih punya banyak fitur menarik. Salah satunya adalah pause musik otomatis ketika Anda melepasnya dari kepala. Saat digunakan kembali, headphone akan melanjutkan musik dari titik pause.

No.4

Bose Noise Cancelling Headphones 700

Mulai dari Rp7.699.000,00

Fitur noise-cancelling dapat diatur sesuka hati!

Kelebihan: 

  • Fitur noise-cancelling dapat disesuaikan dengan kondisi lingkungan di sekitar 
  • Sudah lengkap dengan mikrofon berfitur ANC

Kekurangan:

  • Harganya lebih tinggi dari produk lain dengan fitur serupa
  • Tidak memiliki hinge sehingga sulit dibawa di dalam tas

Headphone noise-cancelling Bose ini cocok Anda gunakan untuk jalan-jalan. Hal tersebut karena produk ini memiliki fitur noise-cancelling yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. 


Selain itu, produk ini memiliki mikrofon yang clear untuk berkomunikasi karena sudah diberikan fitur ANC. Jika Anda tidak suka dengan audio latency ataupun delay, headphone noise-cancelling microphone ini bisa dihubungkan dengan kabel, lho!

No.5

BeyerdynamicDT 770 PRO 250 ohm

Mulai dari Rp4.310.000,00

Bentuknya closed-back, cocok untuk monitoring musik

Kelebihan:

  • Bertipe closed-back sehingga mengurangi kebisingan di luar headphone
  • Suara yang dihasilkan seimbang dengan boost di treble dan bass

Kekurangan:

  • Harus menggunakan amplifier agar suara lantang

Menghasilkan suara rekaman yang bagus tentunya harus didukung dengan peralatan yang canggih. Salah satu headphone yang dapat Anda andalkan untuk monitoring adalah produk ini. Beyerdynamic DT 770 Pro adalah headphone tipe closed-back yang pas untuk profesional, terutama dalam memonitor audio secara live.


Kualitas suara yang dihasilkan produk ini tidak perlu diragukan lagi. Headphone noise-cancelling terbaik untuk monitoring ini menghasilkan suara yang seimbang. Anda dapat mendengarkan suara vokal sekaligus instrumen secara jelas dan mantap. Desainnya juga berbentuk kubah noise-cancelling yang pas digunakan untuk rekaman band yang sedikit bising.

5 Rekomendasi earphone noise cancelling terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan lima produk earphone noise cancelling terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 25 Agustus 2022:

Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya, Sony Stereo Bluetooth Headset SBH54 menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Knowledge Zenith KZ EDX Pro memiliki angka penjualan tertinggi. 


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Dennis Novriandi.

Baca juga rekomendasi headphone dan earphone lainnya di sini

Apakah Anda ingin melihat headphone atau earphone tipe lain sebagai perbandingan? Di bawah ini kami sudah menyiapkan rekomendasi headphone Bluetooth hingga earphone Bluetooth untuk bahan pertimbangan Anda. Silakan disimak satu per satu!

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan noise-cancelling headphone atau earphone terbaik? Produk yang kami rekomendasikan sudah dipilih dengan cermat. Namun, pastikan Anda memilih sesuai poin yang kami jabarkan agar mendapat produk yang paling tepat.


Kami harap dengan membaca artikel ini Anda bisa mendapatkan noise-cancelling headphone atau earphone yang dibutuhkan. Selamat menikmati musik dengan nyaman!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer