• 10 Rekomendasi Microwave Oven Convection Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 1
  • 10 Rekomendasi Microwave Oven Convection Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 2
  • 10 Rekomendasi Microwave Oven Convection Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 3
  • 10 Rekomendasi Microwave Oven Convection Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 4
  • 10 Rekomendasi Microwave Oven Convection Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 5

10 Rekomendasi Microwave Oven Convection Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Sebuah alat pemanggang atau microwave oven mungkin sudah cukup banyak digunakan di zaman sekarang ini. Namun, terkadang ada kasus di mana hidangan yang dimasak menggunakan microwave oven tidak matang secara merata. Untuk itu, hadirlah microwave oven tipe convection yang bisa memproses masakan dengan cepat dan mematangkannya secara merata.

Saat ini di pasaran sudah banyak ditemukan produk microwave oven convection dengan beragam merek dan keunggulan. Agar Anda tidak bingung dalam memilih, pada artikel ini kami akan memberikan rekomendasi produk microwave oven convection terbaik. Namun, sebelumnya kami akan menjelaskan bagaimana memilih produk yang tepat!
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 170 Views
Daftar isi

Ciri khas microwave oven convection?

Ciri khas microwave oven convection?
Microwave oven convection memiliki fungsi di tengah-tengah antara microwave oven dan oven toaster. Berbeda dengan oven dan toaster biasa, microwave oven convection menghasilkan panas tidak hanya dengan menggunakan elemen pemanas di bagian atas dan bawah saja, tetapi juga dengan memanfaatkan kipas di dalamnya guna menghasilkan perputaran panas. Hal ini memungkinkan proses memasak dengan suhu tinggi dan menghasilkan makanan yang matang lebih merata.
Daya tarik terbesarnya adalah Anda bisa memasak tanpa menggunakan minyak. Anda bisa mengolah bahan makanan secara “convection“. Selain itu, kebanyakan microwave oven convection juga mempunyai berbagai fungsi lainnya seperti memanggang, membakar, atau broil.
Jika seandainya oven atau toaster yang Anda miliki saat ini mengalami kerusakan, ada baiknya Anda mempertimbangkan untuk menggantinya dengan microwave oven convection untuk menyelesaikan berbagai kebutuhan memasak di dapur Anda.

Cara memilih microwave oven convection

Berbagai merek yang ada di pasaran terkadang membuat Anda kesulitan dan bingung dalam memilih produk. Oleh karena itu, kami akan memberikan informasi bagaimana memilih microwave oven convection yang tepat sesuai kebutuhan Anda.

Pilih berdasarkan fungsi untuk masakan yang ingin Anda buat

Ada banyak hal yang bisa dilakukan jika menggunakan microwave oven convection. Di antaranya memasak dengan cara convection, memanggang, atau broil. Jika Anda gemar bereksperimen dalam memasak, misalnya memodifikasi resep dan mengubah cara memasak atau memanggang makanan, microwave oven convection akan membantu dalam mewujudkan masakan yang ingin Anda coba.
Tiap produk yang ditawarkan berbagai produsen microwave oven convection memiliki fitur yang berbeda-beda. Oleh karena itu, pastikan terlebih dahulu bahwa fungsinya sesuai dengan kebutuhan Anda.

Fungsi convection

Fungsi convection
Selain elemen pemanas yang terdapat di bagian atas dan bawah, microwave oven convection juga dilengkapi dengan kipas di bagian dalam yang berfungsi mengalirkan udara panas secara konveksi sehingga memungkinkan proses memasak yang lebih merata dan sempurna. Fitur konveksi ini bekerja dengan cara “membungkus” masakan dengan suhu tinggi yang konstan.
Oleh karena itu, microwave oven convection juga bisa menghasilkan masakan serupa dengan masakan goreng-gorengan tanpa menggunakan minyak. Selain itu, Anda juga bisa memanggang roti, dan produk ini juga sangat cocok untuk membuat masakan yang membutuhkan suhu tinggi seperti memanggang pizza.

Fungsi oven

Fungsi oven
Dengan adanya elemen pemanas di bagian atas dan bawah pada microwave oven convection, suhu tinggi bisa terjaga di ruang dalam dan ini berfungsi untuk memanggang masakan dengan sempurna. Karena panas terkungkung dalam ruang tertutup, Anda bisa memanggang sekaligus seolah mengukus masakan sehingga daging ukuran besar, seperti roast chicken sekalipun, bisa matang dengan lembut. Selain itu, fungsi oven ini juga standar digunakan untuk membuat berbagai jenis kue atau cookies.

Fungsi bakar

Fungsi bakar
Ini adalah fungsi di mana elemen pemanas bagian atas pada ruang dalam microwave oven convection dimanfaatkan untuk membuat masakan yang Anda bakar bisa sedikit berwarna coklat di bagian atasnya. Berbeda dengan fungsi oven yang memasak makanan dengan sempurna dan lebih perlahan, fungsi ini memanaskan dalam waktu cepat dan memberikan warna kecoklatan pada masakan. Biasanya fungsi ini digunakan sebagai pengganti toaster atau grill, misalnya untuk membakar ikan, ayam atau gratin.

Sesuaikan ukurannya dengan kebutuhan Anda

Secara khusus, yang sangat perlu diperhatikan sebelum membeli microwave oven convection adalah ukurannya. Poin-poin yang perlu diperhatikan adalah ukuran bodi eksterior dan interior, kapasitas ruang dalam, dan jumlah rak yang tersedia.
Pastikan ukuran microwave oven convection yang ingin Anda beli sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda ingin memanggang makanan dalam ukuran yang besar, pilihlah produk yang luas ruang dalamnya sesuai dengan hidangan yang ingin Anda masak.

Ukuran bodi dan kapasitas ruang dalam

Ukuran bodi dan kapasitas ruang dalam
Ukuran bodi sebuah microwave oven convection merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan dengan mempertimbangkan tempat yang dibutuhkan untuk meletakkannya di dapur Anda. Microwave oven convection memiliki ukuran yang lebih besar dibanding microwave biasa karena memiliki lebih banyak fungsi. Selain itu, microwave oven convection juga menimbulkan panas yang berasal dari dalam bodi, Jadi, sebaiknya sediakan ruang yang sedikit lebih luas untuk meletakkannya.
Selain itu, ukuran ruang dalam microwave oven convection juga berkaitan dengan kemudahan saat memasak. Kebanyakan pengguna microwave bisa dengan mudah memperkirakan luasnya ruang yang dibutuhkan dengan melihat bodi microwave oven convection. Akan tetapi, tinggi dari ruang dalam sendiri terkadang sulit untuk diperkirakan. Sebagai acuan, jika tinggi ruang dalamnya sekitar 20 cm, berarti produk tersebut cocok digunakan untuk membuat beragam jenis kue.

Kapasitas ruang dalam

Kapasitas ruang dalam
Biasanya kapasitas ruang dalam akan lebih sulit untuk diperkirakan meskipun tertera angka pada spesifikasinya. Saat ini di pasaran terdapat beberapa produk microwave oven convection agak kecil dengan kapasitas 5 liter, 8 liter untuk ukuran normal, serta 15 liter untuk ukuran yang lebih besar. Jika Anda ingin membuat roast chicken, sebaiknya pilihlah microwave oven convection berkapasitas 14 liter atau lebih.

Jumlah rak

Jumlah rak
Berdasarkan ukuran bodinya, ada beberapa produk microwave oven convection yang bisa digunakan untuk memproses masakan sesuai jumlah rak yang disediakan. Jika ruang bagian dalamnya lebar, Anda bisa memasak sekaligus dua jenis makanan yang Anda inginkan. Contohnya, Anda bisa memanggang daging dan sayuran di tingkat atas, dan kue di tingkat bawah. Produk semacam ini direkomendasikan bagi keluarga besar atau untuk Anda yang ingin mengadakan pesta dengan jumlah tamu yang banyak.

Utamakan warna atau desain yang berkualitas untuk penggunaan jangka panjang

Utamakan warna atau desain yang berkualitas untuk penggunaan jangka panjang
Warna dan desain sebuah microwave oven convection cenderung diabaikan. Namun, jika Anda ingin menggunakannya untuk jangka panjang, pilihlah microwave yang mempunyai desain menarik. Sebuah produk microwave oven convection buatan Italia dengan merek dagang DeLonghi misalnya, merupakan salah satu produk yang didesain modis dan sangat populer. Meski tergolong mahal, microwave oven convection ini ditunjang desain dan performa yang berkualitas.
Selain itu, ada juga produk microwave oven convection yang memiliki desain sederhana dengan tiga tombol yang terdapat pada eksterior bodinya. Desain yang seperti ini menempati peringkat teratas dan tergolong populer karena mudah dipahami dengan metode pengoperasian yang sederhana.

Pilih yang mudah dibersihkan

Pilih yang mudah dibersihkan
Untuk menjaga keamanannya, kebanyakan microwave oven convection memiliki struktur yang sedikit rumit, misalnya pintunya yang didesain ganda. Produk microwave yang mudah dibersihkan merupakan hal yang juga cenderung diabaikan saat memilih produk. Meskipun demikian, kenyamanan dalam menggunakan microwave akan semakin terasa jika ditunjang oleh keseluruhan bagian bodi microwave yang selalu bersih.

10 Rekomendasi microwave convection terbaik

Setelah memahami penjelasan bagaimana memilih produk microwave oven convection yang telah kami bahas di atas, berikut rekomendasi produk-produk terbaik dengan peringkat berdasarkan perbandingan harga dan spesifikasinya.

10. Oxone Oven Convection Fan OX-899RC

Rp1.499.000,00

9. Panasonic Microwave Convection NNCD675MTTE

Rp2.647.900,00

8. Daewoo Microwave Convection

Rp2.749.000,00

7. Modena Microwave Oven Grill and Convection Buono MV3002

Rp3.188.000,00

6. NutriChef Infrared Convection Oven PKAIRFR48

Rp4.607.000,00

5. Elite Platinum Convection ETO-140C

Rp4.682.000,00

4. BLACK DECKER Digital Convection TO3280SSD

Rp6.244.000,00

3. KRUPS Toaster Oven Convection OK505D51

Rp7.949.000,00

2. Oster Convection Oven with Dedicated Pizza Drawer

Rp8.842.000,00

1. Nostalgia Retro Convection Toaster Oven RTOV220

Rp6.443.000,00

Kesimpulan

Pada artikel ini, kami telah memberikan rekomendasi produk microwave oven convection terbaik. Bagaimana menurut Anda? Semoga artikel ini bisa membantu, ya!
Lengkapi peralatan di dapur Anda dengan sebuah microwave convection yang bisa memberikan kepuasan dalam memasak makanan favorit keluarga Anda.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Dewasa ini, teknologi mesin cuci berkembang semakin pesat. Di pasaran, terdapat tiga jenis mesin cuci, yaitu mesin cuci top loading, front loading, dan dua tabung. Dari sisi penggunaan, kini ada pula mesin cuci yang dapat dioperasikan melalui smartphone!Kali ini, kami akan mengulas rekomendasi produk-produk mesin cuci pilihan, seperti Samsung, Panasonic, Sharp, dan lainnya. Sebelum itu, simaklah cara memilih mesin cuci yang tepat agar Anda dapat menemukan mesin cuci idaman.
    Elektronik rumah tangga
    8.631 Views
  • 10 Rekomendasi Catok Pelurus Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Catok Pelurus Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Mempunyai rambut lurus tentunya menjadi idaman banyak wanita. Untuk itu, catok pelurus rambut diperlukan agar rambut dapat tergerai lurus, rapi, dan berkilau. Ada berbagai produsen yang menawarkan catok pelurus rambut terbaik, seperti Philips, Panasonic, atau Revlon. Namun, Anda akan menemukan perbedaan material pelat pemanas di antaranya keramik, titanium, atau teflon. Kali ini kami akan membagi beberapa tips cara memilih catok pelurus rambut sekaligus memperkenalkan sepuluh produk terbaik yang akan menyempurnakan penampilan Anda. Anda dapat membeli produk-produk catok pelurus tersebut secara online di Lazada, Tokopedia, atau Bukalapak.
    Elektronik rumah tangga
    6.779 Views
  • 10 Rekomendasi AC (Pendingin Ruangan) Terbaik Seharga 2-3 Jutaan (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi AC (Pendingin Ruangan) Terbaik Seharga 2-3 Jutaan (Terbaru Tahun 2019)
    Ada banyak merek AC atau pendingin ruangan terkenal, seperti Sharp, Samsung, Polytron, Panasonic, dan sebagainya yang dijual di pasaran. Harga dan fitur-fitur yang dimiliki setiap AC pun sangat bervariasi satu sama lain. Hal tersebut mungkin membuat Anda bingung untuk menentukan pilihan, bukan?Kali ini, kami akan merekomendasikan beberapa produk AC terbaik seharga 2-3 jutaan. Kami juga akan menjelaskan cara membersihkan AC yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Jadikan artikel ini sebagai referensi dan temukan AC yang sesuai untuk ruangan Anda!
    Elektronik rumah tangga
    7.084 Views
  • 10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Bagi banyak orang, mendengarkan musik adalah salah satu kegiatan untuk mengisi waktu luang, salah satunya menggunakan smartphone yang disambungkan ke in-ear headphone atau disebut juga earphone. Oleh sebab itu, in-ear headphone menjadi produk penting bagi mereka yang hobi mendengarkan musik melalui smartphone.Berbagai produk in-ear headphone dari brand ternama seperti Sony, Philips, dan JBL berlomba menarik konsumen dengan fitur yang diberikan. Namun, seperti apa kriteria memilih produk yang tepat? Untuk membantu Anda, kami akan memberi tips dalam memilih in-ear headphone yang bagus beserta rekomendasi produk terbaik untuk Anda.
    Elektronik rumah tangga
    6.219 Views
  • 10 Rekomendasi Bluetooth Headset Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Bluetooth Headset Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Bluetooth headset adalah headset nirkabel yang praktis digunakan bukan hanya dalam urusan pekerjaan, melainkan juga untuk keperluan pribadi. Namun, beberapa variasi fitur dan harga bluetooh headset dapat membuat bingung pengguna dalam memilih produk yang tepat.Artikel berikut ini membahas cara memilih bluetooth headset yang bisa Anda jadikan referensi sebelum memilih produk. Selain itu, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi bluetooth headset terbaik dari Jabra, Bose, JBL, Samsung, dan Plantronics. Selamat menyimak!
    Elektronik rumah tangga
    5.658 Views
  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Siapa sih yang tidak ingin makan nasi putih pulen yang baru matang dengan nikmat? Produk rice cooker yang ada di pasaran saat ini sudah sangat bervariasi, mulai dari rice cooker keluaran merek ternama seperti Cosmos, Miyako, Yong Ma, Kirin, rice cooker yang juga memiliki fitur penghangat nasi, sampai rice cooker yang dilengkapi dengan teknologi induction heating (IH). Tidak hanya untuk memasak nasi putih, rice cooker juga bisa digunakan untuk memasak bubur, menggoreng telur, membuat agar-agar, dan berbagai jenis makanan lainnya.Kali ini kami akan memperkenalkan 10 produk rice cooker yang direkomendasikan dengan membandingkan harga dan keunggulan yang dimiliki masing-masing produk, kemudian mengurutkannya dalam format ranking. Kami juga akan memperkenalkan produk rice cooker yang bisa dibeli dengan harga murah namun memiliki kualitas yang tidak kalah dengan merek terkenal yang harganya lebih mahal! Silakan jadikan artikel ini sebagai referensi bagi Anda, ya!
    Elektronik rumah tangga
    3.988 Views
  • 10 Rekomendasi Proyektor Portabel Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Proyektor Portabel Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Terkadang, kita sering melihat orang-orang menikmati film di rumah melalui proyektor, atau para pebisnis yang melakukan presentasi dengan menggunakan proyektor mini yang mudah dibawa-bawa dengan menghubungkannya ke laptop, tablet, atau bahkan smartphone. Proyektor portabel semacam ini biasanya memanfaatkan koneksi HDMI atau Wi-Fi, dan sebagian besar menggunakan baterai sebagai dayanya.Selain itu, hampir semua produk proyektor portabel sudah dibekali dengan lampu LED yang berkualitas sehingga Anda bisa menikmati menonton film di rumah seolah seperti di bioskop. Pada artikel ini kami akan memberikan informasi bagaimana memilih proyektor portabel yang tepat, kemudian merekomendasikan beberapa produk berdasarkan harga dan keunggulannya.
    Elektronik rumah tangga
    871 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori