10 Rekomendasi Tisu Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Tisu Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Tisu sudah menjadi barang yang umum digunakan sehari-hari, seperti untuk mengelap wajah, meja, hingga merapikan atau membersihkan makeup. Saat ini, tisu bertekstur halus dan lembut lebih disukai sehingga kualitas kadang dianggap lebih penting daripada efesiensi harga.

Di Indonesia, ada banyak produsen yang menawarkan produk tisu seperti, Paseo, Tessa, dan Nice. Kali ini, kami akan memberikan cara memilih tisu dan merekomendasikan produk tisu berdasarkan harga dan feel-nya ketika digunakan. Simak terus, ya!

Daftar isi

Cara memilih tisu

Apa yang biasanya Anda pikirkan ketika akan membeli tisu? Apakah Anda hanya membelinya tanpa mempertimbangkan faktor-faktor yang memengaruhi kualitasnya? Tisu merupakan barang yang digunakan hampir setiap hari sehingga akan lebih baik bila Anda mempertimbangkan beberapa poin penting sebelum membelinya.

Sebuah produk tisu yang baik dibuat dengan mempertimbangkan aspek keramahan lingkungan, kemudahan penggunaan, bentuk kemasan, harga, dan lain sebagainya. Simak selengkapnya pada paparan berikut ini!

Pilihlah kualitas tekstur tisu berdasarkan tujuan penggunaan

Terdapat bermacam-macam kualitas tekstur tisu yang dapat Anda pilih sesuai dengan tujuan penggunaannya. Agar tidak salah pilih, kami akan memperkenalkan berbagai kualitas tisu beserta keistimewaannya. Perhatikan karakteristiknya dan pilihlah sesuai kebutuhan Anda.

Kertas tisu bertekstur halus untuk penggunaan pada wajah

Kertas tisu bertekstur halus untuk penggunaan pada wajah 

Kami menyarankan tisu bertekstur halus seperti kapas bagi Anda yang sering menggunakan tisu untuk wajah. Jenis tisu seperti ini nyaman digunakan bahkan pada bagian kulit yang tipis, seperti saat menghapus eyeshadow atau lipstik. Tisu jenis ini juga cocok digunakan untuk mengelap mulut setelah makan.

Selain tingkat kelembutannya, ada baiknya jika Anda juga memperhatikan komposisinya. Bila memungkinkan, pilihlah tisu yang terbuat dari natural cotton atau pulp berkualitas baik. Selain itu, jika produk dibuat dengan proses khusus dari produsen untuk meningkatkan kelembutannya, tisu akan semakin ideal bagi kulit.

Kertas tisu bertekstur sedikit kaku untuk penggunaan lainnya

Kertas tisu bertekstur sedikit kaku untuk penggunaan lainnya

Untuk keperluan mengelap bagian selain wajah, seperti mengelap tangan setelah memakan cemilan atau membersihkan meja, tisu bertekstur lebih padat dan agak kaku merupakan pilihan tepat. Tisu bertekstur ini biasanya memiliki harga yang lebih terjangkau sehingga sangat cocok bagi Anda yang sering menggunakan tisu untuk berbagai keperluan sehari-hari.

Kertas tisu yang bertekstur lembut untuk penggunaan pada area sensitif

Kertas tisu yang bertekstur lembut untuk penggunaan pada area sensitif

Tisu yang lembut dan dapat menjaga kelembapan kulit, ideal untuk Anda yang berkulit sensitif. Jenis ini juga cocok bagi Anda banyak menggunakan tisu untuk mengelap hidung atau menggunakannya untuk membersihkan bagian tubuh bayi dan balita.

Bila banyak bergesekan dengan kulit sekalipun, seperti ketika mengelap hidung setelah bersin, tisu jenis ini terasa lebih nyaman digunakan. Pada beberapa produk bahkan ada yang ditambahkan bahan khusus yang bersifat melembapkan, seperti squalane, hyaluronic acid, dan kolagen. Walaupun harganya cenderung lebih mahal, jenis ini lebih optimal dalam menjaga kulit Anda.

Cek perbandingan jumlah isi dan harga tisu agar tidak over budget

Cek perbandingan jumlah isi dan harga tisu agar tidak over budget

Menurut data statistik, orang Indonesia rata-rata memakai satu kilogram tisu setiap tahunnya. Jumlah ini jauh lebih rendah dibandingkan dengan beberapa negara lain di Asia Tenggara. Berkat ini, rata-rata pengeluaran orang Indonesia per tahunnya untuk membeli tisu juga sangat rendah.

Dalam membeli tisu, disarankan jangan hanya melihat harganya, tetapi juga jumlah isinya. Jumlah isi pada umumnya tercantum pada kemasannya, serta bervariasi tergantung merek dan harganya. Akan lebih menguntungkan bila Anda membeli tisu dengan jumlah isi yang banyak sekaligus sehingga Anda bisa lebih berhemat. Meskipun harganya juga akan menjadi sedikit lebih mahal dalam setiap pembelian, tetapi tisu tidak akan cepat habis.

Pilihlah kemasan tisu berdasarkan kemudahan dan manfaat yang Anda inginkan

Dulunya, kemasan kardus merupakan kemasan yang paling umum digunakan untuk tisu. Sedangkan pada saat ini, kemasan plastik lebih banyak dijumpai di pasaran. Nah, mari bandingkan bersama-sama masing-masing keuntungan dan kelemahannya.

Kemasan kardus yang fungsional dan cantik untuk interior ruangan

Kemasan kardus yang fungsional dan cantik untuk interior ruangan

Ketika meletakkan tisu kemasan kardus di atas meja di ruang keluarga, tentunya Anda akan merasa senang bila desain kemasan tisunya cantik. Dengan begitu, ruangan pun akan tampak lebih sedap dipandang. Tisu yang berada di dalam kardus juga terlipat aman dan terjaga bentuknya. Kami menyarankan tisu dengan kemasan kardus jika Anda ingin lebih memperhatikan visual interior ruangan Anda.

Selain itu, pada bagian mulut kemasan umumnya dilapisi plastik sehingga tisu pun tidak mudah kotor. Jadi, lebih aman digunakan untuk wajah, bahkan untuk mata. Di Indonesia sendiri, tisu dengan kemasan kardus sudah jarang ditemui. Hal ini disebabkan karena tisu dengan kemasan plastik dipandang lebih praktis dan ekonomis dibandingkan dengan kemasan kardus.

Kemasan plastik yang compact untuk mengurangi volume sampah Anda

Kemasan plastik yang compact untuk mengurangi volume sampah Anda

Bagi Anda yang ingin mengurangi volume sampah, kami menyarankan Anda untuk membeli kemasan plastik. Anda dapat dengan mudah menggulung dan membuang kemasan plastik tisu setelah habis digunakan. Karena kemasannya yang fleksibel dan mudah dibawa, tisu kemasan plastik banyak menjadi pilihan untuk dibawa ketika bepergian.

Bila Anda ingin meletakkan tisu kemasan plastik di ruangan Anda, Anda bisa menempatkannya dalam kotak tisu yang cocok dengan interior Anda. Tisu yang telah Anda masukkan ke dalam kotak tisu, tentunya akan terlihat indah dipandang dan tisu tetap terjaga bentuknya seperti tisu kemasan kardus.

Gunakanlah tisu berbahan pulp daur ulang atau berlogo FSC bila Anda ingin lebih menjaga lingkungan

Gunakanlah tisu berbahan pulp daur ulang atau berlogo FSC bila Anda ingin lebih menjaga lingkungan

Pada umumnya, material untuk membuat tisu disebut dengan pulp. Pulp adalah serat tanaman yang dipisahkan dari kayu untuk pembuatan kertas, termasuk tisu. Sebenarnya, ada satu bahan lagi untuk membuat tisu, yaitu dari limbah kertas atau kertas daur ulang (recycled paper). Akan tetapi, tingkat kelembutan dan kehalusan tisu dari kertas daur ulang tidak sebaik tisu yang terbuat dari pulp. Meski begitu, jika Anda ingin turut menjaga kelestarian lingkungan, Anda dapat menggunakan tisu dari kertas daur ulang.

Walaupun 100% menggunakan pulp, tetapi ada juga produk-produk yang tetap ramah lingkungan. Sebagai contoh, tisu toilet yang memiliki label  FSC (Forest Stewardship Council)  certification pada kemasannya, atau produk yang memiliki sertifikasi lingkungan lainnya. Produk berlabel ini dibuat dari bahan yang berasal dari hutan yang dipelihara. Kami merekomendasikan Anda untuk menggunakan produk ramah lingkungan yang dibuat oleh produsen yang bertanggung jawab.

Pilihlah tisu tanpa bahan pemutih yang lebih ramah lingkungan

Pilihlah tisu tanpa bahan pemutih yang lebih ramah lingkungan

Di pasaran, banyak beredar produk yang menggunakan bahan pemutih termasuk kertas tisu. Padahal, tisu dengan bahan pemutih dapat berakibat buruk bagi kesehatan. Pemutih berbahan klorin, bahkan dianggap dapat merusak lingkungan sehingga kini diciptakan pemutih bebas klorin yang lebih aman dipakai. Bila kulit Anda tidak sensitif terhadap senyawa kimia, Anda tetap dapat memilih produk tisu yang menggunakan pemutih.

Tisu tanpa bahan pemutih juga menjadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin turut serta dalam melestarikan lingkungan. Tentu saja jika Anda tak merasa terganggu dengan penampilan tisu yang berwarna sedikit buram.

10 Rekomendasi tisu terbaik

Sejauh ini, kami sudah memaparkan cara memilih tisu agar Anda dapat membeli tisu yang sesuai dengan kebutuhan. Berikutnya, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi produk tisu terbaik yang dapat Anda beli secara online. Pilihlah yang paling cocok dengan Anda!

10. Graha Kerindo Utama Multi Facial Tissue

10. Graha Kerindo Utama Multi Facial Tissue

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 11.000

Tanpa zat pengharum, lebih aman untuk Anda pemilik kulit sensitif

Tisu ekonomis dari pabrikan yang sama dengan brand Tessa ini merupakan produk tisu bebas zat pengharum (non-perfurmed). Jadi bagi Anda yang memiliki kulit sensitif terhadap zat pengharum kimia, maka dapat dengan aman menggunakan tisu ini. Karena tak berbau, Anda pun tak akan terganggu dengan aromanya saat menggunakannya untuk mengelap wajah.

Kualitas kertas Halus
Jumlah isi 260 lembar
Kemasan Plastik
Sertifikasi keramahan lingkungan
Bahan pemutih X

9. Suparma See-U Green Value

9. Suparma See-U Green Value

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 15.000

Daya serap tinggi dengan serat tisu yang tidak mudah robek

Anda sekeluarga tergolong banyak menggunakan tisu untuk mengelap atau membersihkan sesuatu? Tisu See-U Green Value ini dapat menjadi alternatif tisu untuk di rumah. Memiliki daya serap yang tinggi dan dengan serat yang tidak mudah robek, tisu ini cocok untuk membersihkan tumpahan benda cair. Isinya banyak, pas untuk porsi penggunaan sekeluarga.

Kualitas kertas Halus
Jumlah isi 450 lembar
Kemasan Plastik
Sertifikasi keramahan lingkungan ✔ (FSC)
Bahan pemutih Tidak tercantum

8. The Univenus Nice Facial Tissue

8. The Univenus Nice Facial Tissue

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 33.700

Aman bagi kulit karena terbuat dari 100% virgin plantation pulp yang diproses dengan higienis

Terbuat dari 100% virgin plantation pulp yang diproses dengan higienis, tisu ini mempunyai kualitas kertas yang halus. Tentunya Anda dapat menggunakan tisu ini sebagai tisu wajah dan tisu untuk membersihkan kulit bayi. Tisu ini pun cukup kuat untuk dipakai mengelap noda cairan sehingga ideal bagi Anda yang menginginkan tisu multifungsi.

Kualitas kertas Halus
Jumlah isi 900 gram
Kemasan Plastik
Sertifikasi keramahan lingkungan
Bahan pemutih X

7. Paseo Elegant Facial Tissue Box

7. Paseo Elegant Facial Tissue Box

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 10.000

Tisu berkualitas dalam kemasan bercorak elegan untuk mempercantik ruangan Anda

Di pasaran, memang tisu Paseo seri Elegant ini terkenal dengan kemasan plastiknya. Namun, tahukah Anda, jika tisu ini memiliki kemasan kardus yang cantik? Dengan warna kalem dan corak elegan, produk ini cocok untuk Anda yang ingin mempercantik meja atau ruangan Anda. Tak hanya nilai plus secara visual, tisunya pun berkualitas sehingga nyaman di kulit Anda.

Kualitas kertas Lembut
Jumlah isi 120 lembar
Kemasan Kardus
Sertifikasi keramahan lingkungan
Bahan pemutih X

6. Suparma See-U Hand Towels

6. Suparma See-U Hand Towels

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 21.500

Lebih hemat! Cukup satu tisu untuk mengeringkan tangan basah Anda

Dengan lembaran yang sedikit tebal, See-U Hand Towel dapat menyerap air lebih banyak sehingga cukup satu lembar tisu untuk mengeringkan tangan Anda sehabis mencuci tangan. Lebih hemat bukan? Memiliki desain emboss sehingga dua kali lebih kuat daripada tisu biasa, tisu ini sangat cocok bagi Anda yang sering menggunakan tisu untuk mengelap tangan basah.

Kualitas kertas Sedikit kaku
Jumlah isi 150 lembar
Kemasan Plastik
Sertifikasi keramahan lingkungan
Bahan pemutih Tidak tercantum

5. Paseo Smart Facial Tissue Box

5. Paseo Smart Facial Tissue Box

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga :  Rp 8.000

Hadir dalam kemasan berwarna segar, tetap berkualitas dengan harga terjangkau

Sama seperti tisu Paseo lainnya, tisu Paseo varian Smart pada umumnya menggunakan kemasan plastik. Namun untuk kali ini, kami merekomendasikan tisu Paseo Smart berkemasan kardus yang hadir dengan warna-warna segar. Inilah produk ideal bagi Anda yang ingin memajang tisu dengan kemasan cantik di ruang tamu.

Terbuat dari 100% serat alami, teksturnya terasa halus di kulit. Dengan segala kelebihan ini, harganya malah lebih terjangkau dibandingkan dengan tisu kemasan kardus lainnya. Bagi Anda yang juga mementingkan cost and performance, produk ini pantas menjadi pilihan.

Kualitas kertas Halus
Jumlah isi 120 lembar
Kemasan Kardus
Sertifikasi keramahan lingkungan
Bahan pemutih X

4. Sinar Mas Livi Evo Premium Facial Refill

4. Sinar Mas Livi Evo Premium Facial Refill

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 23.000

Kualitas premium, ekonomis dengan isi yang lebih banyak di setiap kemasan

Anda menginginkan tisu berkualitas premium, tetapi memiliki budget yang terbatas? Tisu Livi Evo ini bisa menjadi pilihan. Tisu ini diklaim mempunyai kualitas premium sehingga tidak heran permukaannya bertekstur lembut.

Dilihat dari cost-nya, produk ini worth to buy karena dengan isi sebanyak itu, harganya masih di bawah 30 ribu rupiah! Selain mengunggulkan kualitas, ternyata tisu ini juga sudah mendapatkan sertifikat verikasi legalitas kayu dari Jerman. Anda pun semakin lega menggunakannya, bukan?

Kualitas kertas Lembut
Jumlah isi 770 lembar
Kemasan Plastik
Sertifikasi keramahan lingkungan
Bahan pemutih X

3. Sinar Mas Livi ECO Facial Refill

3. Sinar Mas Livi ECO Facial Refill

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 14.200

Halal dan lebih menjaga kulit Anda, dengan kandungan vitamin E plus Aloe vera

Jika Anda penganut halal lifestyle, tisu Livi varian Eco ini bisa menjadi pilihan. Tisu ini memiliki sertifikat halal dari MUI (Majelis Ulama Indonesia) sehingga aman digunakan untuk membungkus makanan atau mengelap bagian sekitar mulut Anda. Dengan kandungan vitamin E dan Aloe vera, produk dapat mengurangi iritasi pada kulit Anda. Nyaman di hati, ramah di kulit!

Kualitas kertas Halus
Jumlah isi 554 lembar
Kemasan Plastik
Sertifikasi keramahan lingkungan
Bahan pemutih X

2. Graha Kerindo Utama Tessa Facial Tissue

2. Graha Kerindo Utama Tessa Facial Tissue

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 9.000

Populer di kalangan konsumen tisu karena berkualitas dan harga yang bersahabat

Dapat dikatakan, Tessa merupakan salah satu merek tisu populer di Indonesia. Selain menghadirkan berbagai pilihan tisu sesuai dengan kebutuhan konsumen, komposisinya adalah 100% virgin pulp. Tidak heran kalau tisunya begitu lembut, ya.

Seakan menyadari daya beli masyarakat Indonesia, produk ini pun hadir dengan harga yang bersahabat. Tak lupa, produsennya pun bertanggung jawab dalam memelihara kelestarian lingkungan. Inilah pilihan tepat bagi Anda pengguna tisu yang sayang dompet dan lingkungan.

Kualitas kertas Lembut
Jumlah isi 250 lembar
Kemasan Plastik
Sertifikasi keramahan lingkungan ✔ (FSC)
Bahan pemutih X

1. Paseo Baby Pure Soft

1. Paseo Baby Pure Soft

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 7.000

Tiga kali lebih lembut dari tisu biasa, dijamin aman bahkan bagi kulit bayi

Berbeda dengan tisu lain yang memiliki dua ply pada setiap lembarnya, tisu ini memiliki tiga ply sehingga lebih kuat. Selain tak mudah sobek, tisu ini juga tiga kali lebih lembut dari tisu biasa! Telah mengantongi sertifikat food safe dan hypoallergenic, produk ini cocok dipilih untuk membersihkan kulit bayi atau kulit orang dewasa yang sensitif, seperti hidung.

Kualitas kertas Lembut
Jumlah isi 50 lembar
Kemasan Plastik
Sertifikasi keramahan lingkungan
Bahan pemutih X

Baca juga rekomendasi tempat tisu terbaik di sini!

Tisu favorit Anda tidak memiliki kemasan yang cantik? Letakkan saja di dalam tempat tisu! Selain menutupi tampilan kemasan tisu yang kurang oke, tempat tisu juga bisa memperindah ruangan Anda. Cek cara memilih dan rekomendasi produk-produknya pada tautan di bawah ini!

Kesimpulan

Kami telah memberikan tips dalam memilih tisu dan beberapa produk tisu terbaik yang telah dipilih dengan cermat. Selanjutnya, Anda hanya tinggal memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda. Apakah Anda telah menemukan produk tisu pilihan Anda?

Ingatlah untuk selalu memilih jenis tisu sesuai tujuan penggunaan dan gunakanlah tisu secukupnya untuk mengurangi kerusakan lingkungan. Nah, semoga Anda bisa mendapatkan tisu yang tepat, ya!