10 Rekomendasi Tisu Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Tisu Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Tisu sudah menjadi barang yang umum digunakan untuk mengelap dan menjaga kebersihan area tertentu. Mengelap kotoran di wajah, di meja, hingga merapikan atau membersihkan makeup, merupakan contoh penggunaan tisu dalam kehidupan sehari-hari.

Di Indonesia, ada banyak sekali produsen yang menawarkan produk tisu. Kali ini, kami akan memberikan tips mengenai cara memilih tisu dan rekomendasi produk tisu berdasarkan harga dan feel-nya ketika digunakan. Jadikanlah artikel kami sebagai referensi untuk membeli tisu yang paling pas untuk Anda!

Cara memilih tisu

Apa yang biasanya Anda pikirkan ketika akan membeli tisu? Apakah Anda hanya membelinya seperti biasa tanpa mempertimbangkan faktor-faktor yang memengaruhi kualitasnya? Lebih baik apabila Anda mengetahui faktor-faktor ini, karena tisu adalah barang yang sering digunakan setiap hari. Sebuah produk tisu akan lebih baik bila dibuat dengan mempertimbangkan aspek keramahan lingkungan, kemudahan penggunaan, bentuk kemasan, harga, dan lain sebagainya.

Pilih yang sesuai dengan penggunaan

Pilih yang sesuai dengan penggunaan

Dalam keseharian, tisu digunakan untuk berbagai hal. Seperti membersihkan hidung setelah bersin, membersihkan kotoran, mengelap tangan serta mulut, dan seterusnya. Oleh sebab itu, memilih tisu berdasarkan harga dan kualitasnya sangat disarankan agar Anda memperoleh keuntungan yang optimal.

Sebagai contoh, sebaiknya kita menggunakan jenis tisu yang berbeda ketika hendak membersihkan hidung dan ketika hendak menghapus makeup. Untuk perawatan kulit seperti menghapus makeup, sebaiknya Anda memang memilih tisu berkualitas tinggi meskipun harganya sedikit mahal. Akan tetapi bila untuk keperluan membersihkan hidung, tisu berkualitas sedang yang harganya terjangkau pun sudah cukup.

Perhatikan tingkat kelembutannya

Perhatikan tingkat kelembutannya

Faktor ini berhubungan dengan penggunaan tisu sehari-hari. Jika Anda sering menggunakan tisu untuk mengelap hidung sehabis bersin, mengelap mulut, atau saat menghapus makeup, maka sebaiknya Anda memilih tisu yang lembut. Terutama bagi Anda yang sedang menderita nasal inflamation atau alergi serbuk sari. Untuk keperluan tersebut, kami merekomendasikan tisu yang lembut, walaupun mungkin harganya lebih mahal.

Bagi Anda yang sering menggunakan tisu untuk membuang kotoran dari dalam hidung, kami sarankan untuk menggunakan tisu yang tidak membuat kulit kering, sehingga tidak menyebabkan iritasi pada kulit hidung Anda.

Lain halnya untuk penggunaan tisu untuk membersihkan atau membungkus benda-benda. Anda tentu tidak ambil pusing terhadap kelembutan tisu yang digunakan untuk mengelap kotoran, membungkus barang, atau mengalasi sesuatu. Oleh karena itu, tidak menjadi masalah bila Anda menggunakan tisu dengan harga yang murah bila memang tidak bersentuhan langsung dengan bagian kulit Anda yang sensitif.

Perhatikan bahan pembuatnya

Perhatikan bahan pembuatnya

Pada umumnya, bahan mentah untuk membuat tisu disebut dengan pulp. Pulp adalah serat tanaman yang dipisahkan dari kayu untuk pembuatan kertas, termasuk tisu. Sebenarnya, ada satu bahan lagi untuk membuat tisu, yaitu dari limbah kertas atau kertas daur ulang (recycled paper). Akan tetapi tingkat kelembutan dan kehalusan tisu dari kertas daur ulang tidak sebaik tisu yang terbuat dari pulp.

Menggunakan tisu dari kertas daur ulang untuk membersihkan noda pada benda, tidak akan membuat Anda rugi. Malahan dengan menggunakan tisu dari kertas daur ulang, berarti Anda turut menjaga kelestarian lingkungan.

Walaupun 100% menggunakan pulp, tetapi ada juga produk-produk yang tetap ramah lingkungan. Sebagai contoh, tisu toilet yang memiliki label FSC certification pada kemasannya. Label ini merupakan salah satu forest certification. Produk berlabel ini dibuat dari bahan yang berasal dari hutan yang dipelihara. Kami merekomendasikan Anda untuk menggunakan produk ramah lingkungan yang dibuat oleh produsen yang bertanggung jawab.

Penggunaan bahan pemutih

Penggunaan bahan pemutih

Di pasaran banyak beredar produk yang menggunakan bahan pemutih, termasuk kertas tisu. Hal ini bertujuan untuk membuat tisu menjadi berwarna putih bersih. Padahal, tisu dengan bahan pemutih dapat menyebabkan kanker pada manusia. Meskipun berbahaya, penambahan bahan pemutih wajar dilakukan karena tisu sering digunakan untuk membersihkan bagian kulit. Warna tisu yang putih bersih akan membuat pengguna nyaman memakainya.

Pemutih berbahan klorin dianggap dapat merusak lingkungan dan kesehatan. Oleh karena itu, diciptakanlah pemutih bebas klorin yang lebih aman dipakai. Bila kulit Anda tidak sensitif terhadap senyawa kimia, Anda dapat memilih produk tisu yang menggunakan pemutih, meskipun lebih baik memilih yang tanpa pemutih. Semua pilihan tergantung kepada Anda!

Cek jumlah isi dan harga tisu

Cek jumlah isi dan harga tisu

Menurut data statistik, orang Indonesia rata-rata memakai 1 kg tisu setiap tahunnya. Jumlah ini jauh lebih rendah dibandingkan beberapa negara lain di Asia Tenggara. Berkat ini, rata-rata pengeluaran orang Indonesia per tahunnya untuk membeli tisu juga sangat rendah.

Dalam membeli tisu, disarankan jangan hanya melihat harganya, tetapi juga jumlah isinya. Jumlah isi umumnya dicantumkan pada kemasannya. Jumlah isi bervariasi tergantung merek dan harganya. Akan lebih menguntungkan bila Anda membeli tisu dengan jumlah isi yang banyak sekaligus, meskipun harganya juga akan menjadi sedikit lebih mahal nantinya.

Mengenai kemasan pembungkusnya

Ukuran dan desain kemasan

Ukuran dan desain kemasan

Ketika meletakkan kotak tisu di atas meja di ruang keluarga, tentunya Anda akan merasa senang bila desain kemasan tisunya cocok dengan interior rumah Anda. Dengan begitu, ruangan pun akan tampak lebih sedap dipandang.

Ukuran kemasan juga tidak kalah pentingnya dibandingkan desain. Ukuran kemasan yang besar dan tinggi menimbulkan kesan mewah, sehingga cocok ditempatkan di ruangan yang besar dan luas. Tisu dengan kemasan berukuran kecil biasanya kurang mencolok, sehingga lebih cocok untuk diletakkan di bagian ruangan yang sempit. Misalnya, pojok ruangan atau sela-sela di antara hiasan meja Anda.

Pilihlah tisu yang berkemasan compact karena akan lebih mudah disimpan. Terutama bila Anda sering membeli tisu dalam jumlah banyak sekaligus. Dengan begitu, Anda pun akan lebih hemat tempat penyimpanan.

Perhatikan tutup kemasannya

Perhatikan tutup kemasannya

Di Indonesia, umumnya tisu dikemas dalam kemasan plastik atau kardus kecil. Bagian tutup atau mulut pada kemasan berbahan plastik umumnya mudah sobek sehingga ada kemungkinan tisu menjadi tercecer. Untuk memudahkan Anda, sebaiknya Anda menempatkan tisu berkemasan plastik pada tempat tisu isi ulang.

Anda juga dapat memilih tisu yang dikemas dalam kemasan kardus. Bagian mulut kemasannya umumnya dilapisi plastik sehingga tisu pun tidak mudah kotor. Bagian mulutnya pun tidak mudah sobek, sehingga Anda tidak perlu khawatir tisu akan tercecer.

10 Rekomendasi tisu terbaik

Sejauh ini, kami sudah memberikan tips mengenai cara memilih tisu agar Anda dapat membeli tisu yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikutnya, kami akan memberikan 10 rekomendasi produk tisu terbaik yang dapat Anda beli secara online. Pilihlah yang paling cocok dengan Anda!

10. Graha Kerindo Utama Multi Facial Tissue

10. Graha Kerindo Utama Multi Facial Tissue

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 16.500

Tisu standar dari merek ternama

Tisu merek Multi ini diproduksi oleh perusahaan yang sama dengan merek tisu Tessa. Tisu lembut yang ekonomis ini adalah jenis yang tidak menggunakan zat pengharum (non-perfurmed). Bila Anda memiliki kulit yang sensitif terhadap zat pengharum tambahan, maka tisu ini wajib masuk ke dalam daftar belanja Anda.

Multi menyediakan tisu berkualitas dalam berbagai ukuran kemasan yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk Anda yang tinggal bersama keluarga, kemasan berisi 260 lembar dengan masing-masing lembar terdiri dari 2 lapisan ini adalah pilihan tepat! Anda pun tidak perlu bolak-balik membeli tisu baru berkat isinya yang cukup banyak.

9. Suparma See-U Green Value

9. Suparma See-U Green Value

 

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 11.500

Kualitas cukup untuk pemakaian sehari-hari

Walaupun merek tisu ini tidak seterkenal merek tisu lainnya, tetapi kualitas tisu ini sudah cukup baik untuk pemakaian sehari-hari Anda. Jumlah isi tisu dalam setiap kemasan pun cukup banyak. Dengan harga yang terjangkau, Anda tentu tidak akan sayang dalam menggunakannya. Tetapi ingat, hematlah menggunakan tisu demi kelestarian lingkungan!

Tisu produksi Suparma ini dibuat dari bahan-bahan yang tidak merusak lingkungan. Bahan pembuat yang berkualitas membuat tekstur tisu ini kuat, sehingga tidak mudah robek. Potongan tisu pun tidak akan menempel bila digunakan untuk membersihkan wajah.

8. Nice Facial Tissue

8. Nice Facial Tissue

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 33.700

Kualitasnya sudah dikenal sejak dahulu

Tisu ini sudah dikenal masyarakat karena kualitasnya. Diproses secara higienis dan terbuat dari 100% serat alami (virgin plantation pulp), membuat tisu ini memiliki kelembutan yang baik untuk keluarga Anda. Harganya pun sebanding dengan manfaat yang Anda dapatkan.

Selain digunakan sebagai facial tissue, tisu ini juga aman digunakan untuk membersihkan kulit bayi Anda. Teksturnya pun cukup kuat untuk dibasahi dan digunakan untuk mengelap noda membandel pada meja atau bagian lain rumah Anda.

7. Paseo Elegant Facial Tissue

7. Paseo Elegant Facial Tissue

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 9.600

Memberikan sentuhan kelembutan

Tisu Paseo jenis Elegant ini memiliki kelembutan yang lebih baik dibandingkan tisu Paseo jenis lainnya. Produk ini terbuat dari 100% bahan alami, sehingga kualitas nya tidak perlu diragukan lagi. Ditambah lagi, kemasannya yang praktis membuat Anda mudah menyimpannya untuk menjaga kebersihan setiap hari.

Sebagai produsen tisu ternama di Indonesia, tentunya Paseo dituntut untuk menghasilkan tisu dengan kualitas premium. Begitu pun dengan produk ini. Tisu ini memiliki kualitas tinggi bila dilihat dari segi kelembutan, kehalusan, kehigienisan, dan keampuhan dalam membersihkan kotoran.

6. Suparma See-U Hand Towels

6. Suparma See-U Hand Towels

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 9.500

Membersihkan tangan dengan aman dan nyaman

Tisu ini dikhususkan untuk membersihkan tangan. Kelebihan tisu ini adalah akan larut dalam air sehingga tidak menyumbat saluran air. Desain emboss menjadikan tisu ini dua kali lipat lebih kuat dibandingkan tisu pada umumnya.

Tisu See-U dibuat dari serat kayu pilihan. Di setiap kemasannya berisi 2 pack kemasan tisu yang lebih kecil dengan masing-masing pack berisi 150 lembar. Dengan jumlah isi yang sudah lumayan banyak ini, tentunya sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan tisu Anda dalam sehari.

5. Paseo Smart Facial Tissue

5. Paseo Smart Facial Tissue

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga :  Rp 7.500

Tisu berkualitas yang bisa dibeli di mana saja

Tisu ini merupakan 2 ply tissue atau tisu yang terdiri dari 2 lembar lapisan. Kualitas tisu ini pun bagus karena terbuat dari 100% serat alami, sehingga bertekstur lembut. Anda dapat menggunakannya untuk berbagai keperluan, terutama untuk membersihkan wajah.

Paseo pun mudah didapatkan karena dijual di berbagai tempat, seperti supermarket atau minimarket terdekat di tempat Anda. Berkat kehigienisan dan kealamian produknya, tisu ini menjadi salah satu merek tisu paling terkenal di Indonesia, bahkan di dunia!

4. Sinar Mas Livi Evo Premium Facial Tissue

4. Livi Evo Premium Facial Tissue

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 27.900

Ambil terus tanpa takut kehabisan

Tisu kering ini juga salah satu merek tisu terkenal di Indonesia yang diproduksi oleh perusahaan Sinar Mas. Masyarakat Indonesia patut berbangga karena tisu buatan lokal ini adalah tisu pertama yang mendapat sertifikat verifikasi legalitas kayu dari Jerman.

Sudah tidak salah lagi! Kelebihan produk ini adalah jumlah isinya yang mencapai 770 lembar dalm setiap bungkusnya. Bagi Anda yang memiliki banyak anggota keluarga, maka Anda memilih tisu ini adalah pilihan tepat. Selain itu, produk ini tidak menggunakan pemutih sehingga aman digunakan.

3. Jolly Facial Tissue

3. Jolly Facial Tissue

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 14.000

Cukup untuk seluruh keluarga Anda

Tisu dengan merek Jolly ini sudah cukup terkenal di Indonesia, terutama Jakarta. Oleh karena itu tisu ini sudah banyak digunakan dan dijual di banyak tempat. Harganya pun cukup ekonomis dan tidak mudah sobek karena terbuat dari bahan yang kuat, 100% serat alami!

Tisu ini dapat Anda gunakan untuk membersihkan meja, wajah, dan tangan Anda. Tisu ini aman digunakan karena tidak menggunakan bahan pemutih. Jumlah isi yang banyak pada tiap kemasan membuat Anda dapat menyediakan tisu ini ketika keluarga besar Anda berkumpul bersama.

2. Sinar Mas Livi ECO Facial Tissue

2. Sinar Mas Livi ECO Facial Tissue

 

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 11.999

Tetap ekonomis tanpa kehilangan kualitas

Dari segi penggunaannya, tisu ini sama fungsinya dengan tisu Livi jenis Evo. Perbedannya adalah tisu Livi Eco ditempatkan sebagai tisu kelas dua dibandingkan dengan tisu Livi Evo. Variasi produk dari jenis tisu Livi Eco pun tidak sebanyak tisu Livi Evo.

Meskipun demikian, kualitas tisu Livi Eco tetap sangat baik. Tisu ini memiliki 4 karakteristik utama, yaitu setiap tisu mengandung vitamin E dan aloe vera, bersertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia sehingga aman digunakan untuk makanan atau mulut, tingkat alergi rendah, dan memiliki kelembutan dan ketebalan yang pas bagi kulit Anda.

1. Graha Kerindo Utama Tessa Facial Tissue

1. Graha Kerindo Utama Tessa Facial Tissue

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 7.000

Tisu pilihan keluarga Indonesia

Sejak lama, tisu Tessa telah diakui sebagai salah satu merek tisu paling laris terjual di Indonesia. Tisu ini memang sudah terbukti kualitasnya karena dibuat dari 100%  virgin pulp. Produk tisu yang dijual juga sangat bervariasi, mulai dari tisu wajah, tisu saku, dan lain-lain.

Tisu ini menjadi salah satu tisu terlembut di kelasnya. Walaupun sudah sangat terkenal, namun harganya tetap bersaing dengan para kompetitornya. Hal ini menjadikan tisu Tessa sebagai salah satu pilihan tisu keluarga Indonesia.

Kesimpulan

Kami telah memberikan tips dalam memilih tisu dan beberapa produk tisu terbaik yang telah kami pilih dengan cermat. Anda tinggal memilih sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda. Apakah Anda telah menemukan produk tisu pilihan Anda?

Semoga Anda mendapatkan tisu yang tepat, ya! Ingatlah untuk selalu memilih jenis tisu sesuai tujuan penggunaan dan gunakanlah tisu secukupnya untuk mengurangi kerusakan lingkungan!