10 Rekomendasi Trackball Mouse Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Trackball Mouse (Terbaru Tahun 2018)

Trackball mouse adalah mouse yang menggunakan fitur bola untuk memindahkan kursor pada layar komputer. Logitech, Kensington dan Elecom membuat trackball mouse dengan berbagai fungsi dan desain. Mungkin awalnya belum terbiasa menggunakan trackball mouse, namun setelah terbiasa pasti akan lebih nyaman menggunakannya daripada mouse biasa.

Banyak sekali trackball mouse yang beredar di pasaran dengan bentuk dan penggunaan yang bervariasi. Bagaimana sih cara memilih trackball mouse? Pasti Anda bertanya-tanya bukan? Artikel berikut ini akan memaparkan cara memilih trackball mouse yang bisa Anda pakai sehari-hari. Selamat membaca!

Daftar isi

Cara memilih trackball mouse

Anda harus menggerakkan seluruh badan mouse untuk memindahkan kursor pada mouse konvensional. Pada trackball mouse, Anda cukup menggerakan bola trackball yang terpasang pada mouse dengan jari atau telapak tangan sehingga tangan dan bahu Anda tidak cepat lelah. Dengan mekanisme seperti ini, Anda lebih menghemat ruang ketika menggunakan trackball mouse.

Trackball mouse akan mudah digunakan ketika Anda sudah mengetahui kebutuhan, selera dan kebiasaan Anda dalam mengoperasikan mouse konvensional. Mari ikuti ulasan pada artikel berikut ini untuk mengetahui cara memilih trackball mouse yang cocok untuk Anda.

Pilih mouse berdasarkan posisi trackball

Trackball mouse memiliki bola yang terpasang pada badan mouse dengan posisi yang berbeda-beda. Cara menggunakan bola ini juga berbeda-beda tergantung dari jari yang dipakai untuk menggerakan bola.

Ada tiga jenis pengoperasian berdasarkan bagian tangan yang digunakan saat menggerakkan bola pada trackball mouse yaitu jenis ibu jari, jenis jari telunjuk dan jenis telapak tangan.

Penggunaan trackball mouse dengan ibu jari

Penggunaan trackball mouse dengan ibu jari

Jenis trackball mouse ini menggunakan ibu jari untuk menggerakan bola. Posisi bola pada trackball mouse tergantung dari bagian tubuh yang dominan. Bola yang terpasang di bagian kiri badan mouse cocok bagi Anda yang dominan menggunakan tangan kanan dan bola yang terpasang pada sisi kanan badan mouse cocok untuk Anda yang kidal. Beberapa trackball mouse tipe ini memiliki tombol yang serupa dengan mouse biasa. Jika Anda terbiasa menggunakan mouse konvensional maka Anda akan mudah menggunakan trackball mouse tipe ibu jari ini.

Penggunaan trackball mouse dengan jari telunjuk

Penggunaan trackball mouse dengan jari telunjuk

Tipe trackball mouse ini menggunakan jari telunjuk atau jari tengah untuk mengerakkan bola pada mouse. Trackball mouse jenis ini memiliki bola dengan posisi yang sama dengan roda scrolling pada mouse biasa. Biasanya trackball mouse jenis ini menempatkan tombol lain pada posisi lebih ke sisi samping badan mouse.

Trackball mouse jenis ini umumnya bisa dioperasikan lebih presisi karena biasanya memiliki bola yang lebih besar dibandingkan trackball mouse yang dioperasikan menggunakan jempol. Selain itu, Anda bisa menggunakan dua jari sekaligus untuk mendapatkan pergerakan kursor yang lebih sempurna.

Penggunaan trackball mouse dengan semua jari

Penggunaan trackball mouse dengan telapak tangan

Trackball mouse jenis ini dapat menggerakkan kursor dengan lebih cepat. Trackball mouse tipe ini menggerakkan bola dengan menggunakan seluruh bagian atau hanya bagian tengah dari jari-jari tangan. Pada trackball mouse tipe ini, bola diletakkan tepat di bagian tengah dari badan mouse.

 Trackball mouse jenis wireless atau dengan kabel?

 Trackball mouse jenis wireless atau dengan kabel?

Seperti mouse pada umumnya, trackball mouse ada yang menggunakan kabel dan ada yang tidak menggunakan kabel (wireless). Trackball mouse yang memiliki kabel umumnya menggunakan kabel USB. Tipe ini bisa digunakan lebih mudah karena Anda tidak perlu memperhatikan hal lain seperti kekuatan baterai atau tidak tersambung ke laptop atau komputer.

Trackball mouse tanpa kabel bisa memiliki ketahanan baterai hingga satu atau satu setengah tahun. Keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan dari trackball mouse yang dioperasikan tanpa kabel adalah Anda bisa menggunakannya dari jarak jauh pada posisi yang bisa membuat Anda nyaman. Jika Anda ingin menggunakan trackball mouse sambil bersantai di sofa maka kami merekomendasikan untuk memilih trackball mouse tanpa kabel.

Pilih ukuran sesuai penggunaan

Pilih ukuran sesuai penggunaan

Anda bisa memilih trackball mouse dengan ukuran tertentu tergantung dari keadaan atau ukuran tangan. Jika Anda menggunakan trackball mouse di depan perangkat komputer Anda, pilihlah trackball mouse yang berukuran besar namun muat dengan mudah di tangan Anda. Hal ini akan mengurangi Anda kelelahan jika trackball mouse dipakai untuk waktu yang lama.

Apabila Anda memakai trackball mouse untuk presentasi, Anda bisa memilih trackball mouse yang mudah digunakan dengan satu tangan. Jika Anda menggunakan trackball mouse di luar rumah atau di luar kantor sebaiknya Anda menggunakan trackball mouse yang mudah untuk dibawa.

Pilih posisi dan jumlah tombol lain sesuai kebiasaan dan penggunaan

Pilih posisi dan jumlah tombol lain sesuai kebiasaan dan penggunaan

Jumlah tombol pada trackball mouse bisa berbeda tergantung dari produsen. Tombol trackball mouse dapat diubah berdasarkan fungsi shortcut yang ingin Anda atur. Jika Anda memakai trackball mouse hanya untuk pengunaan standar, Anda tidak memerlukan trackball mouse dengan terlalu banyak tombol. Namun jika Anda ingin mengatur sebanyak mungkin fungsi tombol shortcut pada trackball mouse, maka semakin banyak tombol akan semakin baik.

Selain itu, letak tombol bisa berbeda tergantung produk yang Anda pilih. Sebagai contoh jika Anda terbiasa memakai trackball mouse dengan jari telunjuk, tombol yang ditempatkan dekat jari telunjuk akan mempermudah Anda menggunakan trackball mouse. Anda bisa pilih tombol pada posisi apapun sesuai dengan kebiasaan jari Anda ketika menggunakan mouse.

10 Rekomendasi trackball mouse terbaik

Setelah memaparkan cara memilih trackball mouse, kami akan merekomendasikan 10 trackball mouse terbaik dengan membandingkan fitur yang ada di setiap produk. Silakan Anda pilih yang sesuai dengan kebiasaan, selera atau kebutuhan Anda. Selamat membaca dan semoga Anda menemukan trackball mouse yang tepat!

10. Joway Y08 Mini Trackball Mouse

10. Joway Y08 Mini Trackball Mouse

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 237.131

Kerja maksimal di ruang minimal

Joway Y08 adalah trackball mouse mini dengan menggunakan kabel USB yang bisa langsung Anda pasang ke komputer tanpa perlu tambahan installer. Produk ini cocok untuk Anda gunakan ketika butuh mengoperasikan mouse di ruang yang terbatas tanpa meja. Anda bisa menggunakan produk ini pada posisi apapun selama masih dalam jangkauan kabel USB.

Ukuran produk yang mini bisa menyulitkan Anda yang memiliki tangan besar sehingga mengakibatkan pergerakan kursor menjadi tidak presisi. Meskipun begitu, Joway Y08 adalah produk yang cocok bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi. Produk ini kecil sehingga tidak membutuhkan ruang besar untuk penyimpanan. Kerja maksimal di ruang minimal? bukan masalah lagi.

9. Minidiva Wireless Portable Handheld Trackball Mouse

9. Minidiva Wireless Portable Handheld Trackball Mouse

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.376.000

Presentasi tanpa batas dengan trackball mouse istimewa

Trackball mouse ini memiliki ukuran kecil dan berbobot ringan serta mudah untuk dibawa kemana-mana. Bahkan produk ini juga bisa Anda gunakan tanpa perlu penyangga seperti meja. Letak scroller yang berada di bawah trackball akan memudahkan Anda saat memindahkan halaman pada layar komputer. Produk ini juga bisa dioperasikan dari jauh secara wireless.

Trackball mouse ini cocok digunakan ketika Anda melakukan presentasi. Jika Anda membutuhkan penjelasan panjang atau berinteraksi dengan audiens saat melakukan presentasi, Anda bisa menyimpan produk ini di kantong baju. Produk ini juga dilengkapi laser pointer untuk mempermudah saat Anda memandu presentasi. Mau presentasi? Jangan lupa bawa produk ini!

8. Sanwa MA-TB42BK

8. Sanwa MA-TB42BK

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 677.000

Trackball mouse dengan desain unik

Produk ini merupakan trackball mouse berbentuk batang yang menggunakan kabel USB sebagai penghubung dengan komputer. Setelah terhubung ke komputer Anda bisa menempatkan trackball mouse ini tepat di bawah keyboard komputer Anda. Fungsi produk ini mirip dengan touchpad pada laptop.

Produk ini dibuat untuk Anda yang aktif menggunakan kedua tangan di depan komputer seperti penulis atau akuntan. Posisi trackball mouse yang berada di tengah-tengah keyboard, memungkinkan Anda untuk memindahkan kursor dengan jari telunjuk, jari tengah ataupun ibu jari. Untuk hasil yang lebih baik dan kinerja yang lebih cepat, jangan ragu untuk memiliki produk ini!

7. Logitech Trackman Marble

7. Logitech Trackman Marble

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 666.000

Naik kelas dengan trackball mouse berwarna silver elegan

Logitech Trackman Marble dibalut dengan warna silver yang memberi kesan sebagai produk yang mewah. Produk ini cocok untuk Anda yang bosan menggunakan mouse dengan warna standar hitam atau warna lain yang terlalu mencolok. Anda juga bisa menyandingkan produk ini dengan Macbook karena warnanya cukup serasi dengan komputer keluaran Apple tersebut.

Trackball yang telah dipatenkan membuat Anda bisa presisi saat mengerakkan trackball mouse di bagian manapun. Produk ini juga memiliki trackball yang cukup besar sehingga Anda tidak memerlukan banyak gerakan saat memindahkan kursor serta membuat lengan Anda tidak cepat lelah.

6. OEM Black Wireless Trackball Mouse

6. OEM Black Wireless Trackball Mouse

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 526.000

Trackball multifungsi untuk kerja dan gaming

Anda bisa mengoperasikan mouse ini dengan jempol kanan atau jempol kiri. Produk ini bisa dipakai sebagai trackball mouse saat disimpan di meja dengan posisi mouse menyamping. Selain posisi menyamping, produk ini juga bisa Anda pakai dalam kondisi tegak dengan posisi trackball berada di atas. Saat posisi trackball berada di atas, maka produk ini menyerupai Nunchuck pada Nintedo Wii.

Anda yang ingin memainkan permainan FPS (First Person Shooter) atau game Nintendo Wii di komputer, cocok menggunakan produk ini. Koneksi wireless akan membuat Anda lebih nyaman saat memainkan permainan di komputer. Produk ini cocok menemani Anda saat kerja maupun saat relaksasi. Mulai sekarang hiduplah yang seimbang dengan memiliki produk ini.

5. Perixx Perimice-717

5. Perixx Perimice-717

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 890.924

Tetap sehat saat bekerja di depan komputer

Perhatian! Bekerja terlalu lama secara berulang-ulang dengan menggunakan mouse bisa menyebabkan Anda terkena RSI (Repetitive Strain Injuries). Penyakit ini ditandai dengan pegal, sakit atau kesemutan dibagian lengan, punggung atau bahu. Tapi jangan khawatir, sekarang ada trackball mouse Perixx Perimice-717 yang dirancang untuk mencegah terjadinya RSI.

Anda yang berprofesi sebagai desainer atau programmer yang bekerja lama di depan laptop cocok menggunakan produk ini. Trackball pada mouse ini mudah di bersihkan dengan cara dilepaskan menggunakan ujung pensil atau pulpen. Tunggu apalagi? Sayangi tubuh Anda dengan memiliki produk ini sekarang juga!

4. Clearly Superior Technologies CST2545-5W(GL)

4. Clearly Superior Technologies CST2545-5W(GL)

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 5.868.000

Hidup penuh gaya dengan trackball yang bersinar

Produk ini berukuran cukup besar dengan trackball yang berdiameter 57 mm sehingga produk ini cocok untuk Anda yang bertangan besar. Tombol klik kiri dan klik kanan terletak memanjang di samping trackball yang akan mempermudah Anda. Pada bagian atas mouse Anda akan menemukan fungsi scroll. Produk ini dilengkapi dengan backlit yang akan mengeluarkan warna saat dipakai.

Fitur backlit akan bermanfaat jika Anda bekerja di ruang dengan pencahayaan yang kurang baik. Anda bisa menggunakan mouse ini untuk keperluan standar atau gaming. Produk ini juga cocok untuk Anda yang banyak bekerja dengan Computer Aided Design (CAD) karena Anda akan mudah memindahkan garis 1 pixel pada resolusi 1920×1080.

3. Elecom Wireless Trackball M-HT1DRBK

3. Elecom Wireless Trackball M-HT1DRBK

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 2.633.017

Lebih nikmat saat bermain strategi di komputer

Produk ini dibuat dengan desain dan ukuran yang ergonomis sehingga Anda akan lebih nyaman saat memakainya. 8 Tombol tambahan yang ada pada Elecom Wireless Trackball M-HT1DRBK akan memberikan kemudahan untuk Anda yang senang memainkan MMORPG atau permainan startegi lainnya.

Ukuran yang besar, membuat produk ini cukup berat sehingga mencegah terjadinya pergesaran saat Anda menggunakan mouse ini. Selain itu ukuran yang besar memungkinkan Anda memiliki area yang cukup untuk mengistirahatkan telapak tangan dengan pegangan yang lebih nyaman. Anda yang nyaman memakai jari telunjuk, jari tengah, atau keduanya cocok menggunakan produk ini.

2. Kensington Expert Mouse Wireless Trackball K72359WW

2. Kensington Expert Mouse Wireless Trackball K72359WW

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.480.000

Trackball besar untuk hasil yang maksimal

Produk ini memiliki trackball DiamondEye yang membuat Anda lebih presisi saat menggerakan kursor. Trackball berukuran 55 mm yang pas di tengah telapak tangan membuat pergerakan kursor lebih mudah. Produk ini memiliki cincin scroll untuk memindahkan halaman page up dan page down dengan cepat di sekitar trackball sehingga membuat pergerakan Anda lebih cepat.

Khawatir mouse Anda mudah kotor? Bola pada mouse ini juga bisa dilepasakan sehingga mudah dibersihkan jika kotor. Cocok untuk Anda dengan tangan yang sering berkeringat dan menjadikan mouse cepat kotor. Trackball besar, hasil maksimal, Anda pun puas!

1. Logitech M570 Wireless Trackball

1. Logitech M570 Wireless Trackball

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 899.999

Trackball mouse paling simpel yang mudah digunakan

Produk ini memiliki desain mouse yang mirip dengan mouse konvensional. Tombol scroll  berada di bagian tengah dengan posisi yang sama dengan mouse konvensional. Dengan berbagai kemiripan tersebut, produk ini cocok untuk Anda yang baru pertama kali memakai trackball mouse.

5 tombol tambahan cukup berguna untuk penggunaan sehari-hari. Produk ini dilengkapi dengan baterai kering yang bisa tahan hingga 18 bulan. Pengalaman pertama dengan trackball mouse yang berkesan, membuat Anda ingin lagi dan lagi.

Kesimpulan

Kami ingin mengucapkan selamat jika Anda telah menemukan trackball mouse yang sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda. Saat Anda menggunakan trackball mouse untuk pertama kali mungkin tidak nyaman. Tapi hal ini biasa, karena tubuh Anda belum beradaptasi.

Seiring berjalannya waktu Anda akan mulai terbiasa dan akan merasakan kenyamanan dengan trackball mouse daripada mouse konvensional. Selamat bekerja dan bermain dengan trackball mouse yang Anda pilih. Apa Anda siap beralih dari mouse konvensional ke trackball mouse?