10 Rekomendasi Gaming Monitor Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Gaming Monitor Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Dalam bermain game yang membutuhkan pergerakan cepat pada tampilan PC-nya, sebaiknya Anda menggunakan gaming monitor untuk meningkatkan performa permainan Anda. Gaming monitor memiliki refresh rate yang lebih tinggi, sehingga dapat mengurangi delay tampilan saat bermain game.

Kali ini kami akan merekomendasikan 10 gaming monitor dengan berbagai kelebihannya, sekaligus memperkenalkan poin penting tentang bagaimana memilih gaming monitor dengan baik. Mari disimak!

Daftar isi

Cara memilih gaming monitor

Sebelum memperkenalkan rekomendasi gaming monitor, pertama-tama kami akan memberikan poin-poin penting cara memilih gaming monitor. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan dengan baik setiap poinnya, untuk memudahkan Anda menemukan pilihan yang sesuai dengan keinginan Anda.

Memilih berdasarkan ukuran dan resolusi

Ukuran dan resolusi pada monitor adalah hal yang paling penting untuk memilih gaming monitor. Kami juga akan menjelaskan tentang aspek rasio dan bezel pada monitor (bagian yang mengelilingi layar). Jadi, silahkan perhatikan dengan baik.

Ukuran ideal untuk bermain game adalah 24 inci

Ukuran ideal untuk bermain game adalah 24 inci

Meskipun banyak kritikus yang berpendapat bahwa semakin besar ukuran monitor semakin bagus juga performanya, namun nyatanya ukuran monitor sekitar 21 hingga 24 inci adalah model standar yang digemari oleh para pro gamer. Apalagi dengan gerakan intens saat bermain game ber-genre FPS (Frame Per Second), akan sedikit merugikan jika menggunakan monitor yang terlalu besar, karena pergerakan mata tidak akan menjangkau ke seluruh bagian dan sudut monitor. Biasanya beberapa orang akan cenderung pusing jika bermain game dengan monitor yang terlalu besar.

Di lain sisi, monitor dengan layar berukuran besar akan lebih mendukung performa Anda dalam memainkan game yang ber-genre racing dan MMORPG (Massively Multiplayer Online Role-Playing Game). Dan dianjurkan bagi Anda yang ingin menikmati CG (Computer Graphic) berkualitas tinggi pada game yang Anda mainkan.

Untuk bermain game online ber-genre match-up, FPS, dan lain-lain, sebaiknya Anda memilih monitor yang berukuran sekitar 24 inci, supaya sudut pandang Anda dapat menjangkau keseluruh bagian monitor. Jangan lupa perhatikan aspek rasionya juga.

Memilih monitor dengan resolusi full HD (1920 x 1080)

Memilih monitor dengan resolusi full HD (1920 x 1080)

Untuk resolusi, sebaiknya Anda memilih monitor dengan resolusi 1920 x 1080 full HD atau diatasnya. Anda juga dapat memilih monitor layar horizontal dengan resolusi 2580 x 1080. Dengan bidang tampilan yang lebih lebar, monitor layar horizontal memiliki kelebihan untuk bermain game FPS, karena dapat membantu Anda untuk menemukan target lebih cepat.

Monitor dengan resolusi 3840 x 2160 (4K) juga memiliki aspek rasio full HD, bahkan jauh lebih baik. Namun, tidak semua spesifikasi PC mampu mengimbangi resolusi ini. Jadi, sebaiknya Anda memperhitungkan kemampuan PC Anda sebelum memilih monitor dengan resolusi yang terlalu tinggi.

Memilih monitor multi-display dengan bezel yang ramping

Memilih monitor multi-display dengan bezel yang ramping

Jika Anda menginginkan tampilan gambar yang lebih luas, maka sebaiknya Anda memilih monitor multy-display. Untuk itu, lebih baik Anda memilih monitor-monitor dengan bezel yang ramping supaya tidak terlalu mengganggu pandangan Anda.

Jika Anda menggunakan dua monitormaka bezel Akan tampak ditengah layar. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda mempertimbangkan untuk menggunakan tiga monitor. Dengan begitu, bezel pada monitor tidak akan terlalu mengganggu pandangan Anda.

Memilih berdasarkan refresh rate dan response speed

Hal penting selanjutnya yang perlu dipertimbangkan adalah refresh rate dan response speed pada monitorAda banyak istilah teknis yang perlu diperhatikan dalam hal ini. Maka dari itu, kami akan menjelaskan satu-persatu dengan sederhana.

Refresh rate (Hz), berpengaruh pada pergerakan gambar

Refresh rate (Hz), berpengaruh pada pergerakan gambar

Poin penting pertama adalah refresh rate pada monitor. Refresh rate adalah tingkatan frekuensi dari tampilan layar setiap detik, dan ukurannya menggunakan satuan Hz. Jika monitor memiliki refresh rate 60 Hz, maka monitor tersebut mampu menampilkan gambar 60 kali per detiknya. Untuk bermain game, sebenarnya refresh rate sekitar 60 Hz sudah cukup ideal. Namun, refresh rate diatas 60 Hz tentu jauh lebih baik. Sebaiknya pilihlah refresh rate antara 60 Hz hingga 120 Hz atau lebih.

Response speed (ms), berdampak pada performa permainan

Response speed (ms), berdampak pada performa permainan

Poin penting selanjutnya adalah response speed. Response speed adalah indikator kemampuan monitor untuk mengubah warna yang ditampilkan dengan kecepatan tinggi, dan ukurannya menggunakan satuan ms. Semakin kecil nilai response speed, semakin baik respon monitor, begitu juga sebaliknya.

Monitor yang baik untuk bermain game

Monitor yang baik untuk bermain game

Dilihat dari aspek refresh rate, sebenarnya monitor akan mampu menghasilkan pergerakan yang lancar jika memiliki refresh rate 60 Hz atau lebih. Namun, untuk bermain game sejenis FPS dengan gerakan yang intens, sebaiknya Anda menggunakan monitor dengan refresh rate 114 Hz atau lebih. Baru-baru ini telah hadir monitor dengan refresh rate lebih dari 240 Hz, dan pasti akan membuat Anda terkesan dengan kelancaran pergerakan pada tampilannya saat pertama kali mencoba.

Begitu juga untuk game ber-genre racing, sebaiknya menggunakan monitor dengan refresh rate 144 Hz atau lebih. Namun, untuk game yang ber-genre real-time strategy dan MMORPG, biasanya hanya memerlukan refresh rate 120 Hz saja.

Banyak gaming monitor yang memiliki response speed sekitar 5 ms, jadi Anda dapat menjadikan itu sebagai acuan untuk memilih monitor. Untuk monitor 5 ms atau di bawahnya, harganya memang lebih mahal daripada monitor biasa. Namun, dapat dipastikan Anda akan puas dengan ketajaman tampilannya.

Mode spesial pada monitor untuk bermain game

Mode spesial pada monitor untuk bermain game

Jika monitor dilengkapi dengan gaming mode, permainan akan menjadi lebih nyaman, karena monitor secara otomatis akan menyesuaikan dengan genre game yang diinginkan. Bila Anda ingin menikmati game 3D, sebaiknya Anda memastikan apakah monitor tersebut juga mendukung NVIDIA 3D vision.

Ada beberapa mode utama pada gaming monitor yaitu, FPS mode dan fighting game mode. Beberapa gaming monitor juga dilengkapi dengan sport game mode.

Tipe dan jumlah terminal input pada monitor

Tipe dan jumlah terminal input pada monitor

Poin terakhir yang perlu diperhatikan adalah tipe dan jumlah terminal input. Biasanya, monitor pada umumnya dilengkapi dengan terminal input HDMI dan DVI, namun untuk bermain game dengan multy-display, sebaiknya Anda memilih monitor yang dilengkapi dengan DisplayPort. Meskipun Anda dapat menambahkan selector pada monitor tanpa DisplayPort, terkadang kestabilannya tidak akan maksimal. Jadi, pilihlah terminal input yang sesuai dengan PC dan bagaimana Anda akan menggunakannya.

10 Rekomendasi gaming monitor terbaik

Berikut ini kami perkenalkan 10 rekomendasi gaming monitor dengan berbagai kelebihannya. Setiap kelebihan pada monitor akan sangat berpengaruh pada kebutuhan dan kenyamanan Anda saat menggunakannya. Jadi, pastikan Anda membandingkan masing-masing kelebihannya dan memilih sesuai keinginan Anda.

10. Samsung LS24F350FHEXXD

10. Samsung LS24F350FHEXXD 

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.852.000

Bezel ramping dengan kenyamanan visual yang optimal

Samsung LS24F350FHEXXD adalah monitor full HD 24 inci yang memiliki bezel yang cukup ramping. Dengan response speed 5 ms, monitor ini dapat menghasilkan pergerakan gambar yang halus dan cukup stabil untuk bermain game. Sangat cocok untuk Anda yang ingin bermain game dengan monitor multi-display dengan tampilan visual yang optimal.

Untuk terminal input-nya, monitor ini memiliki input D-sub dan HDMI. Selain itu, monitor ini juga dilengkapi dengan fitur eye saver yang dapat menjamin keamanan mata meskipun Anda memakainya dalam waktu yang sangat lama.

9. ViewSonic VX2209

9. Viewsonic VX2209

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.535.000

Harga terjangkau dan dilengkapi dengan eco mode

Viewsonic VX2209 dilengkapi dengan terminal input DVI dan VGA, yang membuat monitor ini cukup mudah dikoneksikan pada PC atau pun laptop. Dengan ukuran layar 21.5 inci dan response speed 5 ms, monitor ini sangat ideal untuk Anda yang gemar bermain game ber-genre FPS.

Tidak hanya itu, monitor full HD ini memiliki resolusi 1920 x 1080 yang dapat menghasilkan tampilan warna yang tajam. Selain itu, monitor ini juga memiliki fitur pendukung tambahan, yaitu eco mode. Eco mode adalah sistem yang membuat monitor mampu menyesuaikan warna sesuai fungsi dan kebutuhan saat bermain game.

8. ASUS VX238H

8. Asus VX238H

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 2.800.000

Memberikan visual yang jelas dari berbagai sudut

Asus VX238H mampu menghasilkan visual yang maksimal meskipun dilihat dari berbagai sudut. Dirancang kusus untuk Anda yang suka berganti posisi sudut pandang saat bermain game, supaya Anda bisa bermain lebih santai dengan posisi sudut pandang yang Anda inginkan. Dengan response speed 1 ms, monitor ini dapat menunjang ketajaman gambar dan performa permainan Anda.

Selain itu, monitor ini juga memiliki fitur smart contrast yang memungkinkan monitor ini secara otomatis menyesuaikan kecerahan visualnya. Untuk inputnya, monitor ini dilengkapi dengan dual HDMI port dan VGA, sehingga dapat dikoneksikan pada beberapa perangkat media lainnya seperti, blue-ray, game console, dan digital camera.

7. Dell S2715H

7. Dell S2715H

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 4.580.000

Tidak hanya dikhususkan untuk game, namun memiliki kualitas gaming

Dengan ukuran 27 inci, Dell S2715H ini memiliki resolusi yang hampir dua kali lipat full HD. Didukung dengan response speed 5 ms, kinerjanya yang cukup baik untuk bermain game yang ber-genre MMORPG. Di samping itu, monitor ini juga dilengkapi dengan beberapa macam terminal input seperti VGA, HDMI, USB, headphone jack, dan juga audio in.

Dengan bezel yang ramping dan sudut pandang yang lebar, menjadikan monitor ini cukup ideal untuk multi-display. Selain itu, monitor ini juga dilengkapi dengan fungsi stilt yang halus dan control panel yang terletak di depan, yang dapat memberi kenyamanan dan kemudahan saat digunakan.

6. BenQ Zowie RL2755

6. BenQ Zowie RL2755

Lihat produk ini di lazada

Harga : Rp 3.899.000

Gaming monitor yang juga ideal untuk game console

Jika Anda ingin bermain game menggunakan PC dan juga game console dengan performa maksimal, maka BenQ ZOWIE RL2755 dapat menjawab keinginan Anda. Monitor ini kompatibel dengan banyak macam game console seperti PS3, PS4, Xbox 360, Xbox One, Wii, dan juga Wii U. Untuk mendukung performa permainan Anda, monitor ini memiliki response speed 1 ms. Sangat cocok untuk bermain game ber-genre FPS dan sejenisnya.

Selain itu, monitor berukuran 27 inci ini juga dilengkapi dengan fitur low blue light, sehingga dapat menjamin keamanan mata Anda saat menggunakannya dalam waktu yang lama. Untuk terminal inputnya, monitor ini memiliki terminal input VGA, DVI, double HDMI, headphone jack, dan line in.

5. LG 25UM58

5. LG 25UM58

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 3.655.000

Monitor ultrawide dengan sudut pandang lebih lebar

Bagi Anda para pecinta game ber-genre racing, LG 25UM58 dapat menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Tidak hanya sudut pandang yang lebih lebar pada layar, monitor ini juga dilengkapi dengan IPS panel yang dapat memberi tampilan jernih meskipun dilihat dari berbagai sudut. Monitor ini bahkan mampu memberi tampilan yang tidak nampak di bagian kanan dan kiri pada monitor lebar pada umumnya.

Meskipun desainnya ultrawide, pada dasarnya monitor 25 inci ini tidak hanya dirancang khusus untuk game ber-genre racing saja. LG 25UM58 juga dilengkapi dengan fitur gaming mode, sehingga membuat monitor ini dapat menyesuaikan dengan berbagai genre game yang ingin Anda mainkan.

4. AOC G2460PF

4. AOC G2460PF 

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 5.135.000

Layar fleksibel yang dapat diputar dan disesuaikan

Layarnya yang fleksibel membuat AOC G2460PF mudah disesuaikan dengan kebutuhan Anda saat bermain. Jika Anda menginginkan monitor yang dapat dipakai dalam posisi vertikal dan horizontal, Anda hanya perlu memutar layar pada AOC G2460PF sesuai dengan keinginan Anda. Monitor ini memiliki refresh rate 144 Hz sebagai penunjang kualitas tampilan.

Tidak hanya memiliki refresh rate yang sangat baik, monitor 24 inci ini juga didukung dengan response speed 1 ms. Meskipun digunakan untuk bermain game yang membutuhkan kecepatan pergerakan yang tinggi seperti FPS, monitor ini tidak akan mengalami masalah visual seperti gambar kabur dan afterimage yang bisa mengganggu kenyamanan Anda saat bermain.

3. ASUS ROG Swift PG248Q

3. ASUS ROG Swift PG248Q

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 9.100.000

Tampilan gambar superior dengan visual 3D yang sangat tajam

Jika Anda ingin bermain game ber-genre FPS, action, atau MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) dengan kualitas visual 3D yang superior dan tajam, maka Anda perlu memilih ASUS ROG Swift PG248Q untuk memenuhi keinginan Anda. Sebagai penunjang performa permainan dan kualitas pergerakan gambar, monitor 24 inci dengan resolusi 1920 x 1080 ini memiliki response speed 1 ms dan juga refresh rate 180 Hz.

Tidak hanya itu, untuk mengoptimalkan ketajaman gambar dan menghasilkan gameplay yang super smooth, monitor ini juga dilengkapi dengan teknologi khusus seperti G-SYNC dan ASUS-exclusive GamePlus hotkey. Selain itu, monitor ini kompatibel dengan NVIDIA 3D vision kit yang dapat membuat tampilan 3D pada layar tampak lebih hidup.

2. BenQ Zowie XL2546

2. BenQ Zowie XL2546

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 7.700.000

Gaming monitor dengan kualitas refresh rate maksimal

Apakah Anda menginginkan monitor dengan kualitas refresh rate yang maksimal? Jika iya, sebaiknya Anda menjadikan BenQ Zowie XL2546 sebagai pilihan Anda. Monitor ini hanya memiliki response speed standar gaming, yaitu 5 ms saja. Namun, di sisi lain, monitor ini memilki refresh rate yang mencapai 240 Hz. Sehingga, monitor ini mampu menghasilkan tampilan gameplay lebih baik daripada monitor jenis lain.

Keunggulan lain yang tidak dimiliki monitor jenis lain adalah teknologi black eQualizer. Teknologi ini bisa membuat area gelap pada layar terlihat lebih jelas. Selain itu, monitor ini juga dilengkapi dengan shield di sisi kanan dan kirinya, sehingga dapat membantu Anda untuk lebih fokus saat bermain.

1. Crossover 320 144 ECO 32

1. Crossover 320 144 ECO 32

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 7.960.000

Layar lekung dengan resolusi dan refresh rate yang tinggi

Crossover 320F 144 ECO menawarkan berbagai keunggulan yang tidak dimiliki oleh gaming monitor jenis lain. Untuk kualitas performanya, monitor berukuran 32 inci ini memiliki resolusi 1920 x 1080, response speed 1 msdan refresh rate 144 Hz. Dilihat dari kualitas performanya, monitor ini memang dirancang khusus untuk Anda yang menginginkan monitor dengan kualitas performa dan visual yang sempurna.

Monitor layar lengkung ini juga memiliki beberapa keunggulan lain, seperti kualitas visual lebih baik, sudut pandang lebih lebar, dan dapat memberi sensasi visual 3D yang akan memanjakan mata AndaDengan kualitas performa yang tinggi dan bezel yang super ramping, monitor ini juga cocok digunakan untuk bermain segala genre game dengan satu monitor ataupun multi-display.

Kesimpulan

Demikian tips-tips dari kami dalam memilih gaming monitor yang baik serta 10 rekomendasi gaming monitor terbaik yang telah kami pilih berdasarkan kelebihannya masing-masing. Apakah Anda sudah menentukan pilihan Anda? Bagi Anda para gamer, tentunya sangat penting untuk menentukan gaming monitor yang tepat, untuk mendukung performa permainan Anda. Dengan gaming monitor, permainan game Anda akan menjadi lebih nyaman. Selamat bermain game!