1. TOP
  2. >
  3. Komputer & laptop
  4. >
  5. Aksesori komputer & laptop
  6. >
  7. 10 Gaming Monitor Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Gaming Monitor Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Gaming Monitor Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Gaming Monitor Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Gaming Monitor Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Gaming Monitor Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Gaming Monitor Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2023)

Saat bermain game di PC atau console, monitor apa yang biasa Anda gunakan? Monitor biasa atau layar TV mungkin sudah cukup. Akan tetapi, dengan menggunakan gaming monitor, sensasi gaming akan lebih terasa. Beberapa merek terkenal, seperti Acer, Xiaomi, LG, dan AOC, memiliki monitor gaming terbaik.

Faktor apa yang memengaruhi kualitas monitor? Kali ini kami akan merekomendasikan sepuluh produk gaming monitor yang bagus dengan berbagai kelebihannya. Kami juga akan memperkenalkan poin-poin penting tentang cara memilih gaming monitor terbaik. Artikel ini sudah ditinjau oleh tech enthusiast kami, Joshua Pandu. Mari disimak!
Diperbaharui 01-26-2023
Pakar
Music composer dan tech & audio enthusiast
Joshua Pandu

Joshua mulai bermain piano klasik sejak usia 6 tahun. Ia berpengalaman kerja mengajar piano di Yamaha sebelum melanjutkan studi bidang music composing and arranging di Jepang. Joshua sudah mengenal dan merakit komputer pertamanya ketika masih di bangku SD secara otodidak. Ia juga mempunyai hobi overclocking dan jual beli parts komputer di waktu senggangnya. Pria yang merupakan seorang tech enthusiast ini juga hobi mengikuti perkembangan teknologi, mulai dari smartphone hingga VR.

Profil Joshua Pandu
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Pakar yang ada di artikel ini meninjau cara memilih dan tidak berkontribusi dalam pemilihan produk atau layanan yang ada di dalam artikel.Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan popularitasnya di marketplace. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Apa beda gaming monitor dengan monitor biasa?

Apa beda gaming monitor dengan monitor biasa?
Apa sebenarnya yang membuat gaming monitor berbeda dari monitor standar? Perbedaan paling mencolok dari gaming monitor dengan monitor biasa terletak pada refresh rate dan response speed. Secara umum digambarkan bahwa tampilan pada gaming monitor terlihat lebih padat dan tajam.


  • Refresh rate adalah kemampuan monitor untuk melakukan refresh atau kecepatan monitor dalam memperbarui gambar setiap detiknya. Ukurannya menggunakan satuan “Hz” dan makin tinggi angkanya, makin mulus pula gerakan yang ditampilkan. Monitor biasa memiliki refresh rate sekitar 60 Hz. Sementara itu, refresh rate pada monitor gaming adalah 144 Hz dan 240 Hz.
  • Response time adalah kecepatan monitor untuk mengubah warna yang ditampilkan dalam satuan “ms”. Dalam hal ini, makin rendah angkanya, makin sedikit afterimage yang muncul. Gaming monitor dapat memiliki response speed hingga 1 ms.

Dengan memakai monitor berspesifikasi tinggi, permainan Anda akan terasa lebih menyenangkan. Bagi Anda yang menyukai competitive game atau ingin menikmati keindahan visual dari game, pilihlah monitor seperti ini.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih gaming monitor

Sebelum memperkenalkan rekomendasi monitor terbaik untuk gaming, kami akan memberikan beberapa poin penting cara memilih gaming monitor. Ingat poin-poin penting di bawah ini agar Anda dapat menemukan pilihan yang tepat!

① Kenali tiga ukuran gaming monitor

Banyak orang berpendapat bahwa makin besar layar, makin baik kualitas gambarnya. Hal ini tidak berlaku bagi gaming monitor. Tidak semua game akan nyaman dimainkan dalam monitor berukuran besar. Berikut adalah tiga ukuran monitor untuk gaming yang paling sering digunakan.

Ukuran 24 inci, sesuai dengan preferensi para profesional

Ukuran 24 inci, sesuai dengan preferensi para profesional
Sumber: id.aoc.com
Ukuran monitor 24 inci adalah ukuran standar yang digemari oleh para pro gamer. Terutama bagi Anda penikmat game first-person shooter (FPS), seperti Valorant, CS-GO, dan Rainbow Six Siege, sebaiknya memilih monitor berukuran ini. Dengan monitor 24 inci, sudut pandang Anda dapat menjangkau ke seluruh bagian monitor.

Monitor ukuran ini juga umum digunakan oleh tim e-sports. Hal ini karena performanya yang optimal di resolusi 1080p (Full HD) dengan scale 16 : 9. Ukurannya yang tidak begitu besar membuatnya cocok digunakan dengan lower-end PC.

Ukuran 27 inci, nikmati pengalaman gaming terbaik

Ukuran 27 inci, nikmati pengalaman gaming terbaik
Sumber: samsung.com


Jika Anda memiliki high-end setup, sebaiknya Anda pertimbangkan untuk memilih monitor 27 inci. Monitor ini bekerja optimal dalam resolusi 1440p (Quad HD) yang dapat memberikan detail sekitar 100 pixels per inch (ppi). Dengan spesifikasi tersebut, warna yang ditampilkan lebih kontras dan tajam. Karena itu, Anda dapat memainkan game MOBA, seperti Dota 2 dan League of Legends dengan lebih nyaman.


Dengan jarak duduk yang normal, Anda dapat menikmati pengalaman gaming yang lebih baik. Namun, refresh rate monitor ini umumnya tidak sebaik monitor 24 inci. Meskipun begitu, bermain game battle royale seperti PUBG membuat Anda lebih mudah mendeteksi musuh berkat tampilannya yang lebih detail.

Ukuran 32 inci, untuk penggunaan kasual yang memanjakan mata

Ukuran 32 inci, untuk penggunaan kasual yang memanjakan mata
Sumber: rog.asus.com

Bagi Anda yang gemar memainkan game balapan atau single-player game dengan kualitas grafis yang memukau, gunakanlah monitor 32 inci. Beberapa contoh game yang cocok dimainkan pada monitor ini adalah God of War, Red Dead Redemption 2, dan Forza Horizon. Monitor besar ini biasanya support untuk resolusi 4K.


Layarnya yang lebar membuat Anda dapat melihat dengan jelas setiap environment details dalam game. Ditambah lagi jika game tersebut memiliki mode cinematic, mata Anda akan benar-benar dimanjakan. Pengalaman gaming Anda akan lebih menarik seperti sedang menonton film di layar lebar. Anda pun jadi lebih hanyut ke dalam storyline yang disuguhkan dalam game.


Namun, Anda harus menjaga jarak duduk Anda dengan layar. Duduk terlalu dekat dengan layar dapat membuat mata Anda cepat lelah. Meskipun demikian, monitor ini juga cocok untuk bermain local multiplayer game. Anda dapat berbagi layar dengan rekan Anda senyaman mungkin.

② Pilih monitor dengan resolusi Full HD (1920 x 1080) atau di atasnya

Pilih monitor dengan resolusi Full HD (1920 x 1080) atau di atasnya

Untuk resolusi, sebaiknya Anda memilih monitor dengan resolusi 1920 x 1080 (Full HD) atau di atasnya. Biasanya resolusi ini bekerja optimal dengan monitor 24 inci. Jika monitor Anda berukuran 27 inci, Anda dapat memilih produk dengan resolusi 2560 x 1440 (Quad HD).


Untuk PS4 Pro atau PS 5, gaming monitor beresolusi 4K merupakan pilihan terbaik. Saat memilih resolusi monitor, Anda juga sebaiknya mempertimbangkan kemampuan PC Anda, ya!

③ Sesuaikan refresh rate dengan platform game yang digunakan

Refresh rate juga merupakan poin yang penting. Namun, spesifikasi refresh rate yang tinggi tidak berarti gaming monitor tersebut lebih baik. Pilihlah gaming monitor dengan refresh rate yang sesuai dengan platform gaming Anda.

Refresh rate 144 Hz, untuk PC games

Refresh rate 144 Hz, untuk PC games
Sumber: lg.com


Pada dasarnya, monitor sudah bisa menghasilkan pergerakan yang mulus jika memiliki refresh rate 60 Hz. Namun, untuk bermain game PC dengan optimal, Anda membutuhkan refresh rate minimal 120 Hz. Angka tersebut akan mampu membuat pergerakan game bergenre real-time strategy dan MMORPG terlihat lebih mulus.


Untuk game jenis FPS atau racing games dengan gerakan yang intens, spesifikasi refresh rate 120 Hz belum mencukupi. Karena itu, gaming monitor 144 Hz lebih disarankan. Sebagai pilihan, kini telah hadir monitor dengan refresh rate hingga 360 Hz. Namun, perbedaannya dengan monitor 144 Hz tidak terlalu terasa dibandingkan dengan perbedaan 60 Hz ke 144 Hz.

Refresh rate 60 Hz, untuk konsol gaming seperti PS4 dan PS5

Refresh rate 60 Hz, untuk konsol gaming seperti PS4 dan PS5
Pada konsol video game rumahan, seperti PS4, PS5, dan Xbox One, refresh rate 60 Hz saja sudah cukup. Hal ini disebabkan spesifikasi konsol video game rumahan itu sendiri hanya memiliki refresh rate 60 Hz. Membeli gaming monitor dengan refresh rate 120 Hz atau 144 Hz tidak akan memberikan efek berarti. Jadi, sebaiknya Anda tidak membeli monitor yang memiliki refresh rate tinggi.

④ Ketahui response time monitor, makin kecil makin baik

Ketahui response time monitor, makin kecil makin baik
Sumber: samsung.com
Poin penting selanjutnya adalah memeriksa response time monitor. Kecepatan response time berguna untuk mengurangi afterimage atau bayangan yang muncul pada monitor

Kemampuan response time monitor berbeda tergantung tipe panelnya. Response time tercepat yang dapat diperoleh adalah 1 ms. Makin kecil nilai response speed, makin baik kualitas monitornya sehingga makin nyaman juga momen gaming Anda.

⑤ Cek tipe panel monitor agar sesuai dengan genre game kesukaan Anda

Ada banyak tipe panel yang tersedia untuk layar monitor, seperti TN, IPS, VA, OLED, dan lainnya. Namun, kali ini kami hanya akan membahas panel TN, IPS, dan VA yang secara umum ditujukan untuk gaming monitor. Panel tersebut digunakan dalam genre game yang berbeda-beda. Simak penjelasan berikut ini!

Twisted Nematic (TN): Memiliki response time paling kecil

Twisted Nematic (TN): Memiliki response time paling kecil
Sumber: asus.com

Panel TN adalah panel yang memiliki response time paling singkat dan refresh rate yang stabil. Panel ini cocok bagi Anda yang lebih mementingkan performa dibandingkan tampilan gambar. Mengapa? Karena warna yang ditampilkan lewat panel ini terlihat lebih pucat dan pudar.


Selain itu, viewing angles panel ini terbatas. Jadi, saat Anda melihatnya dari samping, layar akan terlihat gelap. Namun, panel ini biasanya dipatok dalam harga yang terjangkau. Monitor berpanel TN cocok untuk memainkan game FPS, racing games, dan competitive online games.

In-plane switching (IPS): Cocok untuk single-player game dengan grafis menarik

In-plane switching (IPS): Cocok untuk single-player game dengan grafis menarik
Sumber: acer.com

Berbeda dengan panel TN, Panel IPS memiliki contrast ratio dan colour depth yang sangat baik. Warna yang ditampilkan lebih hidup dan tajam. Apabila game Anda menawarkan kualitas grafis yang tinggi, panel ini akan menjadi tandem yang pas.


Di sisi lain, refresh rate dan response time yang dihasilkan panel ini tidak sebaik TN. Meski begitu, kualitas panel ini sangat layak bagi casual gamers. Dari sisi harga, panel IPS merupakan yang termahal di antara dua jenis lainnya.

Vertical alignment (VA): Untuk semua kalangan gamer

Vertical alignment (VA): Untuk semua kalangan gamer
Sumber: msi.com

Panel VA bisa dibilang gabungan antara TN dan IPS. Panel ini memiliki refresh rate yang tinggi dan memiliki kualitas visual yang sangat baik. Rasio kontras panel ini lebih baik dibandingkan panel IPS. Hal tersebut dianggap wajar mengingat banyak produk TV pun yang menggunakan panel ini.

⑥ Perhatikan tipe dan jumlah terminal input pada monitor

Perhatikan tipe dan jumlah terminal input pada monitor
Poin lain yang perlu diperhatikan adalah tipe dan jumlah terminal input. Monitor pada umumnya dilengkapi dengan terminal input HDMI dan DVI. Namun, saat ini sudah ada monitor yang dilengkapi juga dengan DisplayPort dan USB.

Meskipun Anda dapat menambahkan selector pada monitor tanpa DisplayPort, kestabilannya tetap akan kurang maksimal. Karena itu, pilihlah terminal input yang sesuai dengan PC Anda dan cara Anda dalam menggunakannya.

⑦ Pertimbangkan curved monitor untuk sensasi gaming yang lebih hidup

Pertimbangkan curved monitor untuk sensasi gaming yang lebih hidup
Sumber: mi.co.id

Saat ini sudah banyak brand yang mulai mengeluarkan produk curved monitor. Curved monitor dibuat agar player memiliki satu titik pandang yang optimal sehingga seluruh bagian layar berada dalam jangkauan mata. Hal ini dapat membuat player menjadi lebih fokus dan seolah-olah berada di dalam game.


Curved monitor memiliki kelengkungan 1000R, 1500R, 1800R, dan sebagainya. Kami menyarankan Anda untuk memilih yang 1500R atau 1000R. Jika Anda terbiasa dengan flat monitor, perbedaan awal yang mungkin akan Anda alami adalah fish-eye effects.

10 Rekomendasi gaming monitor terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk gaming monitor terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Joshua Pandu.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

LG

23.8” UltraGear™ Full HD IPS 1ms (GtG) Gaming Monitor

LG 23.8” UltraGear™ Full HD IPS 1ms (GtG) Gaming Monitor 1枚目

Rasakan sensasi gaming di monitor ala pemain e-sports

2

Xiaomi

Mi Curved Gaming Monitor 34"

Xiaomi Mi Curved Gaming Monitor 34" 1枚目

Curved monitor superlebar dengan harga paling affordable di kelasnya!

3

AOC

23.8" FreeSync Premium Gaming Monitor

AOC 23.8" FreeSync Premium Gaming Monitor 1枚目

Bermain lebih lancar berkat fitur FreeSync Premium

4

Acer

KA2

Acer KA2 1枚目

Paling cocok untuk gamer pemula

5

MSI

MPG Artymis 273CQR

MSI MPG Artymis 273CQR 1枚目

Ekspresikan jiwa gamer Anda dengan lighting RGB

6

Samsung

27" Odyssey G7

Samsung 27" Odyssey G7 1枚目

Monitor premium yang grafisnya nyaris sempurna!

7

ViewSonic

32" 4K Entertainment Monitor

ViewSonic 32" 4K Entertainment Monitor 1枚目

Monitor 4K yang cocok untuk console gaming

8

Asus

VG278QR Gaming Monitor

Asus VG278QR Gaming Monitor 1枚目

Performanya baik untuk competitive games

9

Dell

27 Gaming Monitor

Dell 27 Gaming Monitor 1枚目

Berkualitas sinematik dengan resolusi Quad HD

10

Lenovo

G25-10 Gaming Monitor

Lenovo G25-10 Gaming Monitor 1枚目

Bermain FPS dan MOBA lebih immersive bersama monitor ini

Perincian produk
Close
No.1

LG23.8” UltraGear™ Full HD IPS 1ms (GtG) Gaming Monitor24GN650-B

Mulai dari Rp3.505.000,00

Rasakan sensasi gaming di monitor ala pemain e-sports

Kelebihan:

  • Memiliki warna yang akurat dan konsisten
  • Sudut pandang yang luas
  • Dilengkapi stand yang ergonomis

Kekurangan:

  • Rasio kontras yang lebih rendah dibandingkan panel VA
  • Stand tidak memiliki opsi penyetelan swivel

Anda mencari monitor seperti yang digunakan oleh atlet e-sports? Produk ini jawabannya. Performa monitor ini sangat cocok digunakan untuk game yang membutuhkan gerakan sangat cepat seperti FPS, racing, dan real-time strategy.


Monitor berlayar IPS ini juga dilengkapi fitur Black Stabilizer yang membantu gamer untuk melihat detail lebih baik dalam gelap. Dengan begitu, Anda dapat dengan mudah menemukan musuh meski dalam gelap.

No.2

XiaomiMi Curved Gaming Monitor 34"

Mulai dari Rp6.999.000,00

Curved monitor superlebar dengan harga paling affordable di kelasnya!

Kelebihan:

  • Jangkauan warna yang luas
  • Kabel manajemen dilengkapi dengan magnet
  • Desain ultrawide dengan harga terbaik

Kekurangan:

  • Waktu respons yang relatif lambat daripada monitor gaming lain
  • Menu kontrol layarnya kurang fleksibel karena terletak di bagian bawah monitor

Ingin merasakan sensasi gaming di curved monitor ultrawide, tetapi budget Anda terbatas? Coba lirik monitor terbaik untuk gaming dari Xiaomi ini. Monitor berpanel VA 34 inci ini memiliki kualitas warna hingga 121% sRGB. Resolusi Wide Quad HD, dibarengi dengan kelengkungan 1500R yang dimilikinya akan membuat Anda lebih fokus dan hanyut dalam permainan.


Desain unik dengan fitur cable management bermagnet di belakang monitor membuat produk ini terlihat lebih rapi dan elegan. Selain itu, refresh rate-nya yang tinggi membuat monitor ini layak dimasukkan ke dalam wishlist monitor gaming Anda!

No.3

AOC23.8" FreeSync Premium Gaming Monitor24G2

Mulai dari Rp3.229.000,00

Bermain lebih lancar berkat fitur FreeSync Premium

Kelebihan:

  • Dilengkapi fitur FreeSync Premium untuk pengalaman bermain yang lancar
  • Memiliki warna yang cerah
  • Kontras yang memukau

Kekurangan:

  • Pengaturan kecerahannya kurang bagus
  • Menurut beberapa pengguna, terdapat sedikit IPS glow atau bleeding yang bisa mengganggu detail gambar low light


Screen tearing dan stuttering tidak hanya mengganggu performa game, tetapi juga dapat mengganggu pengalaman bermain. Monitor 3 jutaan buatan AOC ini dapat menjadi solusinya. Hal ini berkat AMD FreeSync Premium yang memungkinkan refresh rate monitor agar selalu sinkron dengan CPU.


Tidak hanya itu, produk ini juga memiliki adjustable stand yang memudahkan Anda menyesuaikan posisi monitor. Dengan teknologi Flicker Free yang dimilikinya, mata Anda tidak akan mudah lelah meski bermain game dalam waktu lama.

No.4

Paling cocok untuk gamer pemula

Kelebihan:

  • Harga relatif terjangkau, cocok untuk gamer pemula
  • Memiliki input internal VGA yang memudahkan PC entry-level terhubung dengan monitor

Kekurangan:

  • Refresh rate tidak terlalu tinggi, kurang cocok digunakan untuk competitive gaming
  • Tidak cocok untuk gamer profesional

Apakah Anda baru menekuni dunia gaming? Jika iya, monitor ini bisa menjadi pilihan pertama Anda. Acer KA2 memiliki spesifikasi yang cukup bagus dengan harga relatif terjangkau untuk gamer pemula. Monitor ini memiliki panel IPS beresolusi 1920 x 1080 pixel dengan refresh rate 75 Hz. Dengan begitu, Anda dapat memulai dan mencoba beberapa genre game sembari melatih skill bermain game Anda.

No.5

MSIMPG Artymis 273CQR

Mulai dari Rp9.900.000,00

Ekspresikan jiwa gamer Anda dengan lighting RGB

Kelebihan:

  • Terdapat LED RGB yang dapat diatur dan disinkronisasi
  • Memiliki kontras yang baik
  • Keakuratan warnanya baik dan cerah

Kekurangan:

  • Menurut beberapa pengguna, terdapat sedikit ghosting pada layar
  • Build quality yang biasa saja dengan harga yang relatif mahal

Bagi Anda seorang gamer enthusiast tentu sayang jika melewatkan monitor dari MSI ini. Monitor MPG Artymis 273CQR dilengkapi lampu LED RGB di belakang layar. Dengan hadirnya LED tersebut, Anda dapat mengekspresikan dan mengganti warna sesuai keinginan Anda.


Selain itu, Anda juga dapat menambahkan LED strip tambahan untuk membuat ruangan gaming jadi lebih keren. Untuk menyelaraskannya, gunakan aplikasi Mystic Light dari MSI.

No.6

Samsung27" Odyssey G7LC27G75TQSEXXD

Mulai dari Rp11.917.000,00

Monitor premium yang grafisnya nyaris sempurna!

Kelebihan:

  • Refresh rate yang cepat
  • Terdapat fitur NVIDIA G-Sync untuk pengalaman game yang lebih mulus
  • Rasio kontras tinggi dan warna yang tajam

Kekurangan:

  • Jangkauan setelan tilt dan swivel yang terbatas
  • Sudut pandangnya tidak begitu bagus

Berukuran 27 inci, monitor Quad HD Samsung ini menawarkan pengalaman gaming yang lebih hidup. Dengan response speed 1 ms, monitor ini dapat menghasilkan pergerakan gambar yang halus dan stabil untuk bermain game. Selain itu, monitor ini juga dilengkapi dengan fitur NVIDIA G-Sync sehingga game bisa berjalan lebih mulus.


Kualitas warna yang dihasilkannya pun lebih tajam dan kontras berkat fitur layar QLED. Dengan performa seperti ini, Odyssey G7 layak dimiliki oleh Anda yang mengutamakan kesempurnaan grafis pada game. Meskipun mahal, performanya dijamin tidak akan membuat Anda menyesal telah memilih produk ini!

No.7

ViewSonic32" 4K Entertainment MonitorVX3211-4K-mhd

Mulai dari Rp5.949.000,00

Monitor 4K yang cocok untuk console gaming

Kelebihan:

  • Memiliki resolusi hingga 4K
  • Mendukung HDR10 untuk menghadirkan kontras lebih baik
  • Terdapat filter sinar biru sehingga nyaman bagi mata

Kekurangan:

  • Refresh rate rendah sehingga kurang cocok untuk game yang memerlukan gerakan cepat
  • Desain yang cenderung polos dan biasa saja

Anda mencari monitor yang cocok untuk bermain console? Monitor produk ViewSonic ini tidak akan mengecewakan Anda. Dengan refresh rate 60 Hz dan response speed 3 ms, produk ini cukup baik ditandemkan dengan video games console.


Menariknya lagi, monitor ini memiliki resolusi 3840 x 2160 atau 4K! Layarnya yang lebar juga membuat Anda dapat duduk agak jauh dari monitor. Produk ini sangat tepat dipilih jika Anda gemar bermain playstation exclusive games di PS4 Pro atau PS5.

No.8

AsusVG278QR Gaming Monitor

Mulai dari Rp3.979.000,00

Performanya baik untuk competitive games

Kelebihan:

  • Refresh rate-nya mencapai 165 Hz

Kekurangan:

  • Keakuratan warna dan rasio kontras yang rendah
  • Sudut pandang yang terbatas

Produk yang satu ini kami rekomendasikan untuk Anda yang gemar bermain competitive games. Masalah visual seperti gambar yang kabur, afterimage, ataupun ghosting dapat teratasi oleh monitor ini. Namun, penggunaan panel TN membuat VG278QR Gaming Monitor harus banyak kompromi dengan contrast ratio dan kualitas warnanya. Meskipun begitu, kualitasnya tetap saja tidak main-main.

No.9

Dell27 Gaming MonitorS2721DGF

Mulai dari Rp7.299.000,00

Berkualitas sinematik dengan resolusi Quad HD

Kelebihan:

  • Kompatibel dengan FreeSync dan G-Sync
  • Memiliki input dan konektivitas yang lengkap

Kekurangan:

  • Performa HDR yang tidak begitu bagus
  • Rasio kontras yang rendah

Dengan ukuran layar 27 inci, produk keluaran Dell ini memiliki resolusi Quad HD. Monitor dengan panel tipe IPS ini cocok untuk Anda yang ingin menikmati gambar berkualitas sinematik. Desainnya pun cukup unik karena terdapat vents di belakang monitor untuk sirkulasi udara.


Memiliki response time 1 ms serta diiringi refresh rate 165 Hz, kinerjanya sangat baik untuk bermain game FPS. Monitor ini mendukung adaptive sync berupa NVIDIA G-Sync dan AMD FreeSync Premium.

No.10

LenovoG25-10 Gaming Monitor

Mulai dari Rp3.460.000,00

Bermain FPS dan MOBA lebih immersive bersama monitor ini

Kelebihan:

  • Memiliki refresh rate hingga 144 Hz
  • Dengan teknologi AMD FreeSync untuk performa gaming tanpa tearing

Kekurangan:

  • Keakuratan warna dan rasio kontras yang rendah
  • Harganya relatif mahal untuk panel TN
  • Sudut pandang yang terbatas

Jika Anda sering bermain game berjenis FPS dan MOBA, monitor ini sepertinya akan cocok untuk Anda. Monitor berpanel TN ini memiliki performa yang terbilang bagus. Hal tersebut berkat refresh rate 144 Hz dan response time 1 ms. Selain itu, monitor 25 inci ini juga memiliki teknologi adaptive AMD FreeSync™. Dengan begitu, tampilan game Anda tidak akan mengalami tearing.

Baca juga rekomendasi produk gaming lainnya di sini

Selain monitor, Anda tentu memerlukan mouse, keyboard, dan sebagainya untuk menunjang performa Anda dalam bermain game. Tidak perlu khawatir, kami sudah mengulas produk-produk untuk gaming lainnya di bawah ini. Disimak juga, yuk!

Kesimpulan

Setelah membaca artikel rekomendasi monitor gaming di atas, bagaimana tanggapan Anda? Apakah Anda sudah menentukan pilihan? Bagi para gamer, tentunya sangat penting untuk memilih monitor gaming terbaik untuk mendukung performa Anda.

Pilihlah dengan saksama dan sesuai kebutuhan Anda. Jangan lupa juga untuk menyesuaikan monitor dengan kemampuan sistem platform gaming Anda, ya! Selamat bermain!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer