• 10 Rekomendasi Gaming Monitor Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Gaming Monitor Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Gaming Monitor Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Gaming Monitor Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Gaming Monitor Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Gaming Monitor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Saat bermain PC games atau PS4, monitor apa yang biasa Anda gunakan? Monitor PC biasa atau layar TV mungkin sudah cukup. Akan tetapi, dengan menggunakan gaming monitor, sensasi gaming akan lebih terasa. Beberapa merek terkenal, seperti ASUS, LG, Acer, dan BenQ, memiliki monitor dengan refresh rate dan response speed yang baik.

Lalu, berapa ukuran monitor yang ideal dan apa bedanya dengan monitor biasa? Anda tentu bingung saat ingin memilihnya. Karena itu, kami akan merekomendasikan sepuluh gaming monitor terbaik dengan berbagai kelebihannya. Sebelumnya, kami juga akan memperkenalkan poin-poin penting tentang cara memilih gaming monitor terbaik. Mari disimak!
  • Pembaharuan terakhir: 16 Desember 2019
  • 36.146 Views
Daftar isi

Apa beda gaming monitor dengan monitor biasa?

Apa beda gaming monitor dengan monitor biasa?
Pertama, apa sebenarnya yang membuat gaming monitor berbeda dari monitor standar? Perbedaan paling mencolok dari gaming monitor dengan monitor biasa terletak pada refresh rate dan response speed. Secara umum digambarkan bahwa tampilan pada gaming monitor terlihat lebih padat dan tajam.
Refresh rate adalah kemampuan monitor untuk melakukan refresh atau kecepatan monitor dalam memperbarui gambar setiap detiknya. Ukurannya menggunakan satuan “Hz” dan semakin tinggi angkanya, akan semakin mulus pula gerakan yang ditampilkan. Monitor biasa memiliki refresh rate sekitar 60 Hz, tetapi untuk gaming monitor ukuran tersebut belum cukup baik. Biasanya refresh rate pada monitor gaming adalah 144 Hz dan 240 Hz.
Response speed mengacu pada kecepatan monitor untuk mengubah warna yang ditampilkan dan menggunakan satuan “ms”. Dalam hal ini, semakin rendah angkanya maka semakin sedikit afterimage yang muncul. Gaming monitor biasanya memiliki response speed dengan spesifikasi tinggi seperti 1 ms. Selain itu, dengan memakai monitor berspesifikasi tinggi, permainan Anda akan terasa lebih menyenangkan. Bagi Anda yang menyukai game ber-genre kompetitif atau ingin menikmati keindahan visual dari game Anda, monitor seperti ini adalah must have item!

Cara memilih gaming monitor

Sebelum memperkenalkan rekomendasi gaming monitor, pertama kami akan memberikan beberapa poin penting cara memilih gaming monitor. Perhatikanlah dengan saksama agar memudahkan Anda menemukan pilihan yang tepat!

Pilih monitor berukuran 24 inci, sesuai dengan preferensi para profesional

Banyak orang berpendapat bahwa ukuran monitor yang semakin besar akan semakin baik. Akan tetapi, ukuran monitor 21 hingga 24 inci adalah ukuran standar yang digemari oleh para pro gamer. Untuk online match-up games, first-person shooter (FPS), dan sejenisnya, sebaiknya Anda memilih monitor berukuran sekitar 24 inci. Hal ini supaya sudut pandang Anda dapat menjangkau ke seluruh bagian monitor.
Apalagi dengan gerakan intens saat bermain game ber-genre FPS, memakai monitor terlalu besar akan merugikan Anda. Hal ini dikarenakan pergerakan mata Anda tidak bisa menjangkau ke seluruh bagian dan sudut monitor. Selain itu, beberapa orang cenderung pusing jika bermain game dengan monitor yang terlalu besar.
Monitor berlayar besar cocok untuk bermain game tipe racing dan massively multiplayer online role-playing game (MMORPG). Monitor ini dianjurkan pula bagi Anda yang ingin menikmati computer graphic (CG) berkualitas tinggi.

Pilih monitor dengan resolusi full HD (1920 x 1080) atau di atasnya

Pilih monitor dengan resolusi full HD (1920 x 1080) atau di atasnya
Untuk resolusi, sebaiknya Anda memilih monitor dengan resolusi 1920 x 1080 full HD atau di atasnya. Anda juga dapat memilih monitor layar horizontal dengan resolusi 2580 x 1080 (21:9). Dengan bidang tampilan lebih lebar, monitor layar horizontal memiliki kelebihan untuk membantu Anda menemukan target lebih cepat saat bermain game FPS. Monitor ini juga bagus digunakan pada game ber-genre racing.
Monitor dengan resolusi 3840 x 2160 (4K) memiliki aspek rasio yang sama dengan full HD, tetapi resolusinya jauh lebih baik. Namun, tidak semua spesifikasi PC mampu mengimbangi resolusi ini. Jadi, sebaiknya Anda memperhitungkan kemampuan PC Anda juga sebelum memilih monitor dengan resolusi yang terlampau tinggi.

Pilih refresh rate yang sesuai dengan konten game

Refresh rate juga merupakan poin yang penting. Spesifikasi refresh rate yang tinggi tidak berarti gaming monitor tersebut lebih baik. Pilihlah gaming monitor dengan refresh rate yang sesuai dengan jenis game Anda.

Untuk PC games, disarankan yang memiliki 144 Hz atau di atasnya

Untuk PC games, disarankan yang memiliki 144 Hz atau di atasnya
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, monitor PC umumnya memiliki refresh rate 60 Hz. Pada dasarnya monitor sudah bisa menghasilkan pergerakan yang mulus jika memiliki refresh rate 60 Hz atau lebih. Namun, untuk bermain game PC Anda membutuhkan refresh rate sekitar 120 Hz atau lebih. Spesifikasi tersebut bahkan sebenarnya masih kurang untuk game jenis FPS dengan gerakan yang intens. Untuk game jenis FPS ini, sebaiknya Anda menggunakan monitor dengan refresh rate 144 Hz atau lebih.
Begitu juga untuk game ber-genre racing, sebaiknya Anda menggunakan monitor dengan refresh rate 144 Hz atau lebih. Sedangkan untuk game ber-genre real-time strategy dan MMORPG dengan pergerakan yang tinggi, biasanya memerlukan refresh rate 120 Hz. Bila tidak, refresh rate 60 Hz saja sudah cukup. Baru-baru ini telah hadir monitor dengan refresh rate 240 Hz. Anda yang baru mencobanya pertama kali pasti akan terkesan dengan kehalusan pergerakannya.

Untuk PS4 dan konsol video games rumahan, refresh rate 60 Hz sudah cukup

Untuk PS4 dan konsol video games rumahan, refresh rate 60 Hz sudah cukup
Pada konsol video game rumahan, seperti Nintendo Switch dan PS4, refresh rate 60 Hz saja sudah cukup. Hal ini disebabkan spesifikasi konsol video game rumahan itu sendiri hanya memiliki refresh rate 60 Hz. Jadi, tidak bisa dihubungkan dengan monitor yang memiliki refresh rate tinggi.
Anda boleh menggunakan monitor dengan refresh rate tinggi bila dikombinasikan untuk bermain game PC juga. Namun, jika Anda menggunakannya hanya untuk konsol video game rumahan, kami sarankan untuk memilih monitor 60 Hz yang memiliki harga lebih terjangkau.

Pilih response speed 1 ms sebagai panduan

Pilih response speed 1 ms sebagai panduan
Poin penting selanjutnya adalah memeriksa response speed monitor. Umumnya gaming monitor memiliki delay tampilan yang rendah dibanding monitor biasa. Akan tetapi, bila response speed-nya lambat maka dapat terbentuk afterimage atau bayangan pada layar monitor. Hal ini tentu dapat membuat Anda stres terutama jika Anda memainkan game yang membutuhkan kecepatan dan waktu.
Semakin kecil nilai response speed, semakin baik pula respon monitornya. Beberapa gaming monitor saat ini ada yang memiliki response speed hingga 1 ms. Anda dapat menjadikan response speed itu sebagai acuan dalam memilih monitor. Harganya memang lebih mahal dibanding monitor biasa. Namun, dapat dipastikan Anda akan puas dengan ketajaman gambar dari monitor berkecepatan tinggi ini.

Pilih monitor yang memiliki mode khusus sesuai genre game

Pilih monitor yang memiliki mode khusus sesuai genre game
Jika monitor dilengkapi dengan gaming mode, permainan akan menjadi lebih nyaman. Ini karena monitor akan secara otomatis menyesuaikan dengan genre game yang Anda inginkan.
Ada beberapa mode utama pada gaming monitor, yaitu mode FPS dan fighting game mode. Beberapa gaming monitor juga dilengkapi dengan sport game mode. Bila Anda ingin menikmati game 3D, sebaiknya Anda pastikan apakah monitor tersebut juga mendukung NVIDIA 3D vision.

Perhatikan tipe dan jumlah terminal input pada monitor

Perhatikan tipe dan jumlah terminal input pada monitor
Poin terakhir yang perlu diperhatikan adalah tipe dan jumlah terminal input. Monitor pada umumnya dilengkapi dengan terminal input HDMI dan DVI. Namun, saat ini sudah ada monitor yang dilengkapi juga dengan DisplayPort dan USB. Meskipun Anda dapat menambahkan selector pada monitor tanpa DisplayPort, kestabilannya tetap akan kurang maksimal. Karena itu, pilihlah terminal input yang sesuai dengan PC Anda dan cara Anda dalam menggunakannya.

10 Rekomendasi gaming monitor terbaik

Berikut ini kami perkenalkan sepuluh rekomendasi gaming monitor dengan berbagai kelebihannya. Setiap kelebihan pada monitor akan sangat berpengaruh pada kebutuhan dan kenyamanan Anda saat menggunakannya. Selamat memilih!
10

SamsungMonitor LED 24″ S24F350FHE

LS24F350FHEXXD

Rp 2.499.000,00

Ukuran24 inci
Resolusi layar1920 x 1080
Refresh rate60 Hz
Response speed5 ms
Input terminal1 x HDMI, 1 x D-sub
9
Ukuran23 inci
Resolusi layar1920 x 1080
Refresh rate56-76 Hz
Response speed1 ms
Input terminal2 x HDMI, 1 x D-sub
8
Ukuran27 inci
Resolusi layar1920 x 1080
Refresh rate56-75 Hz
Response speed6 ms
Input terminal1 x HDMI, 1 x VGA, 3 x USB 2.0
7
Ukuran27 inci
Resolusi layar1920 x 1080
Refresh rate60 Hz
Response speed1 ms
Input terminal2 x HDMI, 1 x DVI, 1 x D-sub
6
Ukuran25 inci
Resolusi layar2560 x 1080
Refresh rate75 Hz
Response speed5 ms
Input terminal2 x HDMI
5
Ukuran24 inci
Resolusi layar1920 x 1080
Refresh rate144 Hz
Response speed1 ms
Input terminal1 x HDMI, 1 x DisplayPort
4
Ukuran24 inci
Resolusi layar1920 x 1080
Refresh rate144 Hz
Response speed1 ms
Input terminal1 x HDMI, 1 x DisplayPort, 1 x DVI
3
Ukuran27 inci
Resolusi layar1920 x 1080
Refresh rate240 Hz
Response speed1 ms
Input terminal2 x HDMI, 1 x DisplayPort, 1 x DVI-D Dual Link, 3 x USB
2
Ukuran27 inci
Resolusi layar2560 x 1440
Refresh rate144 Hz
Response speed1 ms
Input terminal2 x HDMI, 1 x DisplayPort, 1 x DVI-D Dual Link, 4 x USB 3.0, 1 x D-sub
1
Ukuran24 inci
Resolusi layar2560 x 1440
Refresh rate165 Hz
Response speed1 ms
Input terminal1 x HDMI, 1 x DisplayPort, 5 x USB 3.0

Tabel perbandingan produk gaming monitor terbaik

Gambar produk
1
Dell S2417DG 1

Dell

2
AOC AGON AG271QX 1

AOC

3
BenQ Zowie XL2740 1

BenQ

4
MSI Optix MAG24C 1

MSI

5
Acer Predator XB241H 1

Acer

6
LG 25UM58-P 1

LG

7
BenQ Zowie RL2755 1

BenQ

8
Dell S2715H 1

Dell

9
ASUS VX238H 1

ASUS

10
Samsung Monitor LED 24″ S24F350FHE 1

Samsung

Nama produk

S2417DG

AGON AG271QX

Zowie XL2740

Optix MAG24C

Predator XB241H

25UM58-P

Zowie RL2755

S2715H

VX238H

Monitor LED 24″ S24F350FHE

KeunggulanTampilan gambar superior de...Layar besar dengan resolusi...Gaming monitor dengan refre...Layar lengkung berkualitas ...Layar fleksibel yang dapat ...Monitor ultrawide dengan su...Gaming monitor yang ideal u...Berkualitas sinematik denga...Response speed 1 ms hadir d...Monitor ber-bezel ramping d...
HargaRp 6.493.000,00Rp 7.120.000,00Rp 9.550.000,00Rp 3.400.000,00Rp 6.773.000,00Rp 2.175.000,00Rp 3.600.000,00Rp 4.430.000,00Rp 2.410.000,00Rp 2.499.000,00
Ukuran24 inci27 inci27 inci24 inci24 inci25 inci27 inci27 inci23 inci24 inci
Resolusi layar2560 x 14402560 x 14401920 x 10801920 x 10801920 x 10802560 x 10801920 x 10801920 x 10801920 x 10801920 x 1080
Refresh rate165 Hz144 Hz240 Hz144 Hz144 Hz75 Hz60 Hz56-75 Hz56-76 Hz60 Hz
Response speed1 ms1 ms1 ms1 ms1 ms5 ms1 ms6 ms1 ms5 ms
Input terminal1 x HDMI, 1 x DisplayPort, 5 x USB 3.02 x HDMI, 1 x DisplayPort, 1 x DVI-D Dual Link, 4 x USB 3.0, 1 x D-sub2 x HDMI, 1 x DisplayPort, 1 x DVI-D Dual Link, 3 x USB1 x HDMI, 1 x DisplayPort, 1 x DVI1 x HDMI, 1 x DisplayPort2 x HDMI2 x HDMI, 1 x DVI, 1 x D-sub1 x HDMI, 1 x VGA, 3 x USB 2.02 x HDMI, 1 x D-sub1 x HDMI, 1 x D-sub
Tautan produk

Untuk multi-display, pilih monitor dengan bezel yang ramping

Untuk multi-display, pilih monitor dengan bezel yang ramping
Jika Anda menginginkan tampilan gambar lebih luas, sebaiknya Anda memilih monitor multi-display. Namun, bila Anda menggunakan dua atau tiga monitor maka bezel akan tampak di tengah layar. Oleh karena itu, kami rekomendasikan kepada Anda untuk memilih monitor dengan bezel yang ramping atau bezel-less agar tampilan bezel tidak terlalu mengganggu pandangan Anda.

Baca juga rekomendasi produk gaming lainnya di sini

Selain monitor, Anda tentu memerlukan mouse, keyboard, dan sebagainya untuk menunjang perfoma Anda dalam bermain game. Tidak perlu khawatir, kami sudah mengulas produk-produk untuk gaming lainnya di bawah ini. Disimak juga, yuk!

Kesimpulan

Setelah membaca artikel tentang gaming monitor berikut, bagaimana tanggapan Anda? Bagi Anda para gamer, tentunya sangat penting untuk menentukan gaming monitor yang tepat untuk mendukung performa Anda.
Beberapa di antaranya memiliki harga yang cukup mahal. Namun, dengan spesifikasi yang baik, tentu pengalaman visual dan kenyamanan bermain Anda juga akan terasa luar biasa. Pilihlah dengan saksama dan sesuai kebutuhan Anda. Selamat bermain games!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Microphone Terbaik untuk Laptop (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Microphone Terbaik untuk Laptop (Terbaru Tahun 2020)
    Microphone awalnya merupakan alat yang secara profesional digunakan oleh DJ, penyiar, pengisi suara, dan semacamnya. Namun, belakangan ini alat tersebut juga banyak digunakan oleh pengguna umum. Alasannya dipicu oleh maraknya video yang beredar di internet atau rapat-rapat online menggunakan aplikasi Skype dan sebagainya.Ada banyak jenis microphone, tetapi yang akan kami bahas saat ini adalah microphone untuk laptop. Kami akan jelaskan cara memilih dan memberikan rekomendasi microphone terbaik untuk laptop. Anda akan menemukan beragam microphone berkualitas dalam artikel ini. Selamat membaca!
    Komputer & kamera
    11.130 Views
  • 10 Rekomendasi Filter Lensa Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Filter Lensa Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Anda hobi fotografi? Berapa banyak lensa SLR yang Anda punya? Tentunya harga kamera dan lensa SLR Anda tak dapat dibilang murah ya. Pastinya Anda ingin menjaga agar lensa Anda tetap aman dari goresan meskipun sering digunakan dalam jangka waktu lama. Filter lensa solusinya!Ada banyak brand yang memproduksi filter lensa seperti Kenko, Tiffen, dan Hoya. Tak hanya untuk melindungi lensa, filter lensa dapat berfungsi untuk efek fotografi. Wah, pastinya Anda cukup kewalahan ya filter lensa mana yang Anda inginkan. Simak tips serta rekomendasi dari kami!
    Komputer & kamera
    4.154 Views
  • 5 Rekomendasi Wi-Fi SD Card Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    5 Rekomendasi Wi-Fi SD Card Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Ketika sedang berlibur, tidak jarang kita ingin segera mem-posting foto liburan kita ke media sosial. Namun, sering kali terkendala oleh proses mentransfer foto yang membutuhkan waktu lama. Biasanya kita harus mengeluarkan SD Card terlebih dahulu dari kamera digital kemudian memindahkannya ke smartphone melalui komputer dengan bantuan kabel USB atau card reader.Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa mengganti SD Card biasa dengan Wi-Fi SD Card yang penggunaannya sangat praktis! Anda bisa mentransfer foto dari kamera digital ke smartphone secara langsung tanpa menggunakan kabel. Berikut ini kami akan memberikan ulasan serta rekomendasi Wi-Fi SD Card terbaik berdasarkan merek, harga, serta fitur yang dimiliki.
    Komputer & kamera
    940 Views
  • 10 Rekomendasi Tripod Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tripod Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Hidup di era digital membuat banyak orang tertarik menekuni fotografi. Tidak hanya sebagai hobi, tapi juga bagian dari pekerjaan. Selain kamera, ada beberapa piranti lain yang perlu Anda miliki jika ingin serius terjun ke dunia fotografi. Salah satunya adalah tripod, yang biasa digunakan para fotografer agar kamera tetap stabil pada posisi tegak lurus. Tripod juga dapat membantu mengambil gambar dengan lebih santai dan mengurangi noise akibat guncangan tangan yang kelelahan.Walaupun bentuknya terlihat sama, namun ada berbagai jenis tripod yang berbeda dari segi tinggi, material, kapasitas, kapabilitas, dan lain sebagainya. Kali ini, kami akan memberitahukan cara memilih tripod yang baik serta memberikan rekomendasi produk tripod terbaik dengan membandingkan performa, harga, dan spesifikasinya. Jadi, tripod seperti apa yang sesuai dengan kebutuhan Anda?
    Komputer & kamera
    19.122 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Spek Tinggi Terbaik yang Murah Seharga 4 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Spek Tinggi Terbaik yang Murah Seharga 4 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    Barang murah belum tentu murahan! Asalkan spek yang Anda inginkan dari sebuah laptop sudah jelas, membeli laptop spek tinggi dengan harga 4 jutaan bukan hal yang mustahil, lho!Pada kesempatan kali ini, kami akan memperkenalkan laptop spek tinggi dengan harga murah yang paling direkomendasikan dalam format ranking. Pertama kami akan menjelaskan terlebih dahulu poin-poin yang perlu diperhatikan ketika memilih laptop, lalu menjabarkan 10 rekomendasi laptop dengan membandingkan segi spek dan harganya. Di antara produk-produk yang kami rekomendasikan di bawah ini, ada laptop tipe tablet, mobile note, mini note yang praktis digunakan untuk keperluan bisnis, laptop tipe terbaru yang memiliki spek gahar, dan masih banyak lagi. Silakan jadikan rekomendasi kami ini sebagai referensi bagi Anda, ya!
    Komputer & kamera
    77.321 Views
  • 10 Rekomendasi MacBook Case Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi MacBook Case Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    MacBook hadir dengan desain sempurna untuk mendukung mobilitas Anda dalam bekerja. Untuk menjaga keamanan dan kebersihan MacBook kesayangan, tentunya Anda membutuhkan case yang spesial. Tidak hanya keren, case tersebut haruslah fungsional.Ada banyak jenis case untuk MacBook. Mulai dari sleeve berbentuk tas dan dan bersaku, hingga shell bercangkang keras yang mampu melindungi MacBook dari benturan. Merek Apple, Targus, hingga Urban Armor Gear yang paling tahan banting bisa Anda temukan di sini. Bagaimanakah cara memilih case yang tepat? Simak artikel ini sampai selesai!
    Komputer & kamera
    2.882 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Terbaik Seharga di Bawah 5 Juta (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Terbaik Seharga di Bawah 5 Juta (Terbaru Tahun 2020)
    Tidak semua orang membutuhkan laptop dengan specs yang tinggi. Bisa jadi Anda hanya membutuhkan laptop dengan spesifikasi standar seharga di bawah 5 juta saja. Tentunya, laptop dengan harga di bawah 5 juta ini sudah cukup untuk melakukan browsing, berbalas e-mail, mengetik, dan melakukan pekerjaan-pekerjaan ringan. Kali ini, kami akan merekomendasikan merek laptop populer di Indonesia, seperti HP, Lenovo, ASUS, dan lain-lain. Selain itu, kami juga akan menunjukkan cara memilih laptop di bawah 5 juta. Mari cek artikel ini bersama-sama dan semoga Anda dapat menemukan laptop yang sesuai dengan kebutuhan!
    Komputer & kamera
    59.918 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori