mybest
Gaming monitor

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Komputer & laptop
  3. Aksesori komputer & laptop
  4. 10 Rekomendasi Monitor Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Gadget Reviewer]
  • 10 Rekomendasi Monitor Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Gadget Reviewer] 1
  • 10 Rekomendasi Monitor Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Gadget Reviewer] 2
  • 10 Rekomendasi Monitor Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Gadget Reviewer] 3
  • 10 Rekomendasi Monitor Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Gadget Reviewer] 4
  • 10 Rekomendasi Monitor Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Gadget Reviewer] 5

10 Rekomendasi Monitor Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Gadget Reviewer]

Penggunaan monitor gaming akan memastikan Anda mendapat kualitas gambar terbaik saat bermain game di PC ataupun console. Beberapa merek terkenal, seperti Samsung, Xiaomi, dan LG, menawarkan monitor gaming dengan beragam spesifikasi. Namun, spesifikasi apa yang perlu Anda utamakan agar performa dan pengalaman bermain game makin optimal?

Kali ini kami akan membagikan cara memilih monitor gaming yang disusun bersama gadget reviewer, Mirza Legawa. Refresh rate, response time, ukuran, hingga resolusi layar akan kami bahas secara lengkap. Kami juga sudah mengulas produk monitor gaming yang bagus dan sesuai dengan kriteria memilih. Mari disimak!
Diperbaharui 15/03/2024
Muhammad Mirza Legawa
Pakar
Gadget Reviewer and Enthusiast
Muhammad Mirza Legawa

Muhammad Mirza Legawa adalah seorang YouTuber yang fokus mengulas berbagai macam gadget, seperti smartphone, laptop dan produk-produk teknologi lainnya. Lulusan program Magister bidang Animal Science di Universitas Gadjah Mada ini memiliki minat dan hobi terhadap gadget dan teknologi sejak SMP. Sejak SMA, Mirza juga sudah terjun langsung di dunia pergadgetan dengan melakukan usaha langsung jual beli smartphone. Berkat itu, pengalaman dan ilmunya di dunia gadget dan teknologi makin matang. Memanfaatkan pengalaman dan ilmu tersebut, Mirza merintis channel YouTube Legawa Gadget sejak lulus kuliah sarjana. Dalam channel YouTube-nya yang makin hari makin berkembang ini, Mirza me-review berbagai macam gadget.

Profil Muhammad Mirza Legawa
Lanjut membaca
Dominiko Dhany
Penyunting
Editor mybest Indonesia
Dominiko Dhany

Sejak 2020, Dominiko menikmati berkarya di mybest sambil menyortir barang unik yang layak masuk keranjang belanjanya. Petualangan bersama mybest membawanya menjelajah bermacam kategori produk, dari komputer, olahraga, outdoor gear, otomotif, hingga elektronik rumah tangga. Pengalaman itu menjadi catatan manis dalam kariernya di bidang content creation selama 8 tahun. Ia bahkan tak mengira kalau berkontribusi di mybest memberinya pengetahuan soal skincare dan alat musik. Mungkin fashion atau bumbu masak akan menjadi pelabuhan berikutnya? Siapa tahu!

Profil Dominiko Dhany
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Apa perbedaan monitor gaming dengan monitor biasa?

Pakar
Pakar

Monitor gaming lebih difungsikan untuk menunjang pengalaman dan performa saat bermain game. Di sisi lain, monitor biasa fungsinya lebih untuk kebutuhan sehari-hari, misalnya untuk pekerjaan kantor dan menonton film.

Apa perbedaan monitor gaming dengan monitor biasa?

Spesifikasi pada monitor gaming lebih kompleks dari monitor biasa. Saat memilih monitor gaming, Anda harus lebih memperhatikan refresh rate, response time, dan resolusi layar. Hal-hal tersebut mungkin tidak perlu terlalu diperhatikan bila Anda hanya mencari monitor biasa untuk kebutuhan sehari-hari. Meski begitu, seorang gamer butuh monitor gaming, apalagi yang profesional.


Bisa dikatakan bahwa monitor gaming merupakan salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi oleh seorang gamer. Monitor gaming bahkan cocok digunakan untuk kebutuhan desain. Desainer yang masih berada di tahap awal bisa mengandalkan monitor gaming berkat spesifikasinya yang lebih unggul dari monitor biasa. Namun, harga monitor gaming umumnya lebih tinggi dari monitor biasa.


Bila dana Anda terbatas, pertimbangkan monitor gaming murah. Silakan kunjungi artikel di bawah ini untuk mengetahui informasinya.

Cara memilih Monitor Gaming

Sebelum memperkenalkan rekomendasi monitor terbaik untuk gaming, kami akan memberikan beberapa langkah penting terkait cara memilih monitor gaming. Ingatlah hal-hal penting di bawah ini agar Anda dapat menemukan monitor gaming yang tepat!
1

Bila Anda sering main game yang kompetitif, utamakan refresh rate minimal 144 Hz dan response time 1 ms

Pakar
Pakar

Gamer kompetitif butuh pergerakan yang cepat. Pergerakan cepat dari player harus didukung dengan refresh rate yang tinggi agar terlihat halus. Response time yang pendek juga akan merespons gerakan player dengan cepat.

Bila Anda sering main game yang kompetitif, utamakan refresh rate minimal 144 Hz dan response time 1 ms

Dua spesifikasi yang membedakan monitor gaming dengan monitor lainnya adalah refresh rate yang tinggi dan response time yang cepat. Refresh rate pada monitor gaming bahkan bisa mencapai lebih dari 200 Hz. Sementara itu, refresh rate pada monitor biasa umumnya tidak mencapai 100 Hz.


Makin tinggi nilai refresh rate, makin halus pergerakan yang bisa ditampilkan monitor. Untuk mendukung permainan kompetitif yang menampilkan pergerakan cepat, sebaiknya pilih refresh rate mulai dari 144 Hz. Anda biasanya sudah akan mendapatkan refresh rate 144 Hz dari monitor gaming yang bagus.


Game RPG mungkin tidak butuh refresh rate yang tinggi, misalnya cukup dari 90 Hz. Namun, refresh rate di bawah 144 Hz akan terasa kurang smooth atau patah-patah untuk gamer FPS (first-person shooter). Refresh rate 144 Hz juga sudah cukup untuk gamer PS5 atau Xbox Series X/Series S dengan frame rate maksimum 120 fps.


Selain refresh rate yang tinggi, monitor sebaiknya juga mendukung response time yang cepat. Spesifikasi ini mengukur kecepatan piksel dalam berubah warna saat grafisnya berganti. Oleh karena itu, response time yang cepat akan menampilkan gambar yang lebih jelas.


Response time yang direkomendasikan untuk gaming adalah 1 ms, terlepas dari game yang Anda mainkan. Response time yang lebih lambat bisa mengakibatkan efek blur yang terlihat pada layar akibat piksel yang kurang responsif.

Muhammad Mirza Legawa
Gadget Reviewer and Enthusiast
Muhammad Mirza Legawa

Biasanya gamer lebih mementingkan response time GtG (perubahan warna dari abu-abu ke abu-abu lagi) daripada MPRT. Makin cepat respons GtG akan makin baik.

Agar detail pada game lebih jelas, cari gaming monitor dengan contrast ratio di atas 1.000:1; Makin tajam dengan panel VA

Pakar
Pakar

Gamer kompetitif ataupun gamer kasual akan lebih nyaman memandang layar dengan contrast ratio yang tinggi. Perbedaan warna terang dan gelap yang jelas akan membuat Anda lebih mudah mengidentifikasi objek dalam game.

Agar detail pada game lebih jelas, cari gaming monitor dengan contrast ratio di atas 1.000:1; Makin tajam dengan panel VA

Contrast ratio menentukan sebagus apa monitor dalam menampilkan perbedaan warna gelap dan terang. Makin tinggi contrast ratio akan makin nyaman. Contohnya, musuh yang berada jauh di tempat gelap tidak akan terlalu kelihatan dengan contrast ratio yang rendah. Hal ini karena warna abu-abu dan hitam akan terlihat samar perbedaannya.


Kini juga sudah banyak game dengan visual sinematik yang perlu dinikmati dengan contrast ratio yang baik. Oleh karena itu, contrast ratio yang tinggi akan bermanfaat untuk semua gamer. Monitor gaming biasanya memiliki contrast ratio mulai 1.000:1. Anda bisa memilih nilai yang lebih besar untuk contrast ratio yang lebih tajam.


Ketajaman perbedaan warna gelap dan terang juga bisa didukung oleh panel monitor. Secara umum, gaming monitor tersedia dalam pilihan panel IPS dan panel VA. Berikut kelebihannya masing-masing.


  • Panel IPS menawarkan sudut pandang yang lebih luas dan response time yang lebih cepat dari panel VA.
  • Panel VA menawarkan kontras warna yang lebih bagus dari panel IPS. Warna hitam akan terlihat lebih pekat sehingga tampilan objek dalam game akan lebih jelas.
2

Pilih monitor berukuran 24 inch, terutama untuk game FPS; Untuk game RPG, makin nyaman dengan ukuran 27-30 inch

Pakar
Pakar

Monitor 24 inch lebih mudah terlihat keseluruhan tampilan layarnya. Anda tidak perlu menoleh untuk melihat tiap bagian ujung layar sehingga makin mudah membaca situasi di dalam game.

Pilih monitor berukuran 24 inch, terutama untuk game FPS; Untuk game RPG, makin nyaman dengan ukuran 27-30 inch

Salah satu ukuran layar yang paling umum untuk monitor gaming di pasaran adalah 24 inch. Ukuran tersebut pas untuk gamer yang perlu selalu memperhatikan keseluruhan tampilan pada layar, seperti gamer FPS. Ukuran yang lebih kecil atau lebih besar bisa saja dipilih. Namun, hal berikut perlu menjadi pertimbangan.


  • Pada ukuran layar yang lebih kecil, Anda mungkin akan kesulitan memperhatikan detail.
  • Bila ukuran layar lebih besar, Anda mungkin tidak bisa fokus pada seluruh tampilan layar. Game yang kompetitif dapat menuntut fokus Anda sepanjang permainan.

Ukuran layar di atas 24 inch akan terasa lebih memuaskan untuk pemain game RPG yang suka menikmati keindahan visual dalam game. Hal ini terutama untuk game AAA yang mengedepankan kualitas grafis. Jika Anda sedang mempertimbangkan ukuran layar yang lebih besar, Anda bisa memilih layar ukuran 27-30 inch. Dengan layar yang lebih besar, detail pada game akan makin terlihat.


Anda juga bisa mempertimbangkan curved monitor yang memberikan pengalaman unik saat bermain game. Untuk memahami curved monitor lebih jauh, kunjungi artikel di bawah ini.

Muhammad Mirza Legawa
Gadget Reviewer and Enthusiast
Muhammad Mirza Legawa

Secara umum, ukuran layar 24 inch sudah cukup untuk gaming. Ukuran layar yang lebih besar bisa disesuaikan dengan preferensi.

3

Monitor gaming biasanya mendukung FreeSync atau G-Sync; Pastikan saja resolusinya sesuai dengan kekuatan PC

Pakar
Pakar

Resolusi layar berpengaruh ke performa CPU. Kalau performa CPU rendah, resolusi layar yang tinggi akan terlalu membebani kerjanya sehingga mengakibatkan lag.

Monitor gaming biasanya mendukung FreeSync atau G-Sync; Pastikan saja resolusinya sesuai dengan kekuatan PC
Fitur yang umum pada monitor gaming adalah adaptive sync. Fitur tersebut berguna untuk menyelaraskan frame rate monitor dan frame rate GPU. Kalau nilainya tidak sesuai, stuttering atau garis-garis bisa muncul di layar. Adaptive sync paling standar adalah V-sync yang berupa software. Namun, efek dari menggunakan V-sync adalah response time yang meningkat sehingga lebih delay.

Monitor gaming yang lebih canggih dibekali fitur AMD FreeSync atau NVIDIA G-Sync yang berupa hardware. AMD FreeSync dan NVIDIA G-Sync bisa menyelaraskan frame rate di monitor dan PC tanpa mengorbankan response time.


Kenyamanan melihat tampilan monitor pun dipengaruhi oleh resolusinya. Makin besar ukuran layar, makin tinggi pula resolusi yang dibutuhkan. Dengan begitu, pikselnya akan lebih rapat sehingga detail gambar tetap terlihat. Contohnya, resolusi FHD cocok untuk layar 24 inch. Untuk layar di atas 24 inch, pertimbangkan resolusi yang lebih tinggi, misalnya WFHD, QHD, WQHD, atau bahkan 4K.

Perlu dicatat juga bahwa resolusi layar tidak hanya perlu dipilih dari ukuran layarnya, tetapi juga performa CPU. Resolusi tinggi perlu didukung performa CPU yang tinggi agar bebannya tak terlalu berat. Jadi, resolusi tinggi akan kurang bermanfaat untuk PC dengan performa rendah.


Bila Anda mengutamakan resolusi tinggi, pertimbangkan monitor 4K. Simak penjelasannya pada link berikut.

4

Jika Anda juga butuh visual yang memanjakan mata, periksa color depth dan color gamut; Makin tajam dengan HDR

Pakar
Pakar

Color depth dan color gamut yang tinggi menawarkan warna yang lebih luas. Namun, kekayaan warna tidak dibutuhkan gamer kompetitif yang lebih mengandalkan kecepatan.

Jika Anda juga butuh visual yang memanjakan mata, periksa color depth dan color gamut; Makin tajam dengan HDR
Kekayaan warna akan memanjakan mata gamer yang menikmati grafik game. Hal ini juga akan berguna bagi editor atau desainer yang memerlukan detail warna. Soal visual, Anda tidak bisa mengandalkan resolusi saja. Color depth dan color gamut juga akan memengaruhi kualitas warna yang terlihat pada monitor. Berikut penjelasannya masing-masing.

  • Color depth
Color depth menentukan jumlah warna yang dapat dihasilkan monitor. Color depth menggunakan satuan bit. Makin tinggi bitrate, makin banyak pula jumlah warna yang dihasilkan. Monitor gaming biasanya dibekali color depth 8-bit. Jika Anda ingin yang gradasi warnanya lebih halus, pilih color depth 10-bit.

  • Color gamut
Color gamut menentukan akurasi warna yang dapat ditampilkan monitor. Makin tinggi nilainya, makin akurat pula warna yang bisa ditunjukkan. Terdapat dua standar color gamut yang banyak digunakan produsen, yakni sRGB dan NTSC. Untuk mendapatkan akurasi warna yang baik, Anda bisa memilih mulai dari sRGB 100% atau NTSC 70%.

Anda pun bisa mengandalkan monitor gaming dengan fitur HDR (high dynamic range) karena masih berkaitan dengan detail warna. Saat mengaktifkan fitur HDR, perbedaan warna akan terlihat makin jelas. Hanya saja fitur ini perlu game yang juga mendukung HDR untuk bisa dinikmati.
Muhammad Mirza Legawa
Gadget Reviewer and Enthusiast
Muhammad Mirza Legawa

Kalau monitor Anda mepet ke dinding, sebaiknya pilih monitor dengan port menghadap ke bawah agar lebih hemat tempat. Port yang menghadap belakang butuh tempat lebih banyak dan akan membuat kabel tertekuk.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Monitor Gaming Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Monitor Gaming terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 11 Maret 2024).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Ukuran
Resolusi layar
Refresh rate
Response time
Brightness
Panel
Adaptive sync
Color depth
Color gamut
HDR
Aspect ratio
Input terminal
Viewing angle (horizontal)
Viewing angle (vertikal)
Flicker-free
Low blue light
Stand adjusment
Height adjustment
Tilt
Swivel
Pivot
Ukuran VESA mount
Dimensi panjang
Dimensi tinggi
Dimensi kedalaman
Bobot
1

LG

24'' UltraGear24GN60R-B

LG 24'' UltraGear 1

Rp2.700.000

Menengah

Menawarkan pengalaman responsif tanpa lag

24 inch

Full HD (1920p x 1080p)

144 Hz

1 ms

Tidak diketahui

IPS

Tidak diketahui

Tidak diketahui

99% sRGB

Ya

16:9

HDMI, DisplayPort

178 derajat

178 derajat

Tilt

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

100 x 100

54,08 cm

40,89 cm

18,05 cm

3,94 kg

2

KOORUI

Curved Gaming Monitor34E6UC

KOORUI Curved Gaming Monitor 1

Rp5.990.000

Agak Mahal

Layar lengkungnya memberikan pengalaman gaming lebih nyata

34 inch

UWQHD (3440p x 1440p)

165 Hz

1 ms

Tidak diketahui

VA

Tidak diketahui

Tidak diketahui

90% DCI-P3

Tidak diketahui

21:9

HDMI, DisplayPort

-15 derajat

-15 derajat

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Heigh, tilt

11 cm

-5 derajat sampai 20 derajat

Tidak diketahui

Tidak diketahui

75 x 75

79,7 cm

53,5 cm

24,2 cm

8,89 kg

3

Xiaomi

Gaming MonitorG27i

Xiaomi Gaming Monitor 1

Rp1.999.000

Agak Murah

Layar lebih besar untuk taklukkan permainan dengan gesit

27 inci

Full HD (1920p x 1080p)

165 Hz

1 ms

250 nits

IPS

AMD FreeSync Premium

8 bit

sGRB 99%

Ya

16:9

HDMI, DisplayPort

178 derajat

178 derajat

Tilt

Tidak

-5°(±2°) hingga 15°(±2°)

Tidak

75 x 75

61,23 cm (termasuk penyangga)

45,17 cm (termasuk penyangga)

17 cm (termasuk penyangga)

3,6 kg (termasuk penyangga)

4

ViewSonic

24” 165Hz Gaming MonitorVX2479-HD-PRO

ViewSonic 24” 165Hz Gaming Monitor 1

Rp1.900.000

Agak Murah

Dilengkapi panel SuperClear® IPS yang membuat warna lebih hidup

24 inch

Full HD (1920p x 1080p)

165 Hz

1 ms

250 cd/m²

IPS

Tidak diketahui

Tidak diketahui

72% NTSC

Tidak diketahui

16:9

HDMI, DisplayPort

178 derajat

178 derajat

Tilt

Tidak diketahui

5 derajat

20 derajat

Tidak diketahui

21,3 cm

16,2 cm

7,1 cm

3,2 kg

5

Gigabyte

Gaming MonitorG24F2

Gigabyte Gaming Monitor 1

Rp2.669.000

Menengah

Dengan berbagai fitur permainan yang beragam

24 inch

Full HD (1920p x 1080p)

165 Hz

1 ms

Tidak diketahui

IPS

Tidak diketahui

Tidak diketahui

95% DCI-P3, 125% sRGB

Ya

16:9

HDMI, DisplayPort, USB Type-C

178 derajat

178 derajat

Tidak diketahui

Height, tilt

13 cm

-5 derajat hingga 20 derajat

Tidak diketahui

Tidak diketahui

100 x 100

54,1 cm

13,6 cm

51,9 cm

4,8 kg

6

Samsung

Odyssey G3LF24G35TFWEXXD

Samsung Odyssey G3 1

Rp2.599.000

Menengah

Eksklusif untuk gaming dengan refresh rate tinggi dan response time rendah

24 inch

Full HD (1920p x 1080p)

165 Hz

1 ms

Tidak diketahui

VA

FreeSync

Tidak diketahui

72% NTSC

Tidak diketahui

16:9

HDMI, DisplayPort

178 derajat

178 derajat

Height, swivel, tilt, pivot

12 cm

-5 derajat hingga 20 derajat

-15 derajat hingga 20 derajat

Tidak diketahui

54,4 cm

49,8 cm

23,4 cm

4,5 kg

7

BenQ

ZOWIEXL2546K

BenQ ZOWIE 1

Rp9.999.000

Lebih Mahal

Memiliki refresh rate tinggi dan response time cepat

24,5 inch

Full HD (1920p x 1080p)

240 Hz

0,5 ms

320 nits

TN

Tidak diketahui

Tidak diketahui

72% NTSC

Tidak diketahui

16:9

HDMI, DisplayPort

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Height, swivel, tilt, pivot

15,5 cm

-5 derajat hingga 23 derajat

45 derajat

100 x 100

36,6-52,1 cm

20 cm

57,1 cm

6,2 kg

8

MSI

Curved Gaming MonitorG2422C

MSI Curved Gaming Monitor 1

Rp2.409.000

Menengah

Refresh rate tinggi, tandem yang cocok untuk memainkan fast-paced game

23,6 inci

Full HD (1920p x 1080p)

180 Hz

1 ms

250 nits

VA

Adaptive-Sync

8 bit

Adobe RGB 85%, DCI-P3 81%, sRGB 108%

Tidak diketahui

16:9

HDMI, DisplayPort

178 derajat

178 derajat

Tilt

Tidak

-5˚ hingga 20˚

Tidak

75 x 75

53,74 cm (termasuk penyangga)

41,47 cm (termasuk penyangga)

21,56 cm (termasuk penyangga)

3,3 kg

9

AOC

Gaming Monitor24G4

AOC Gaming Monitor 1

Rp2.279.000

Agak Murah

Gaming monitor 1 ms dengan fitur adjustable position, bisa diatur sesuai kenyamanan

23,8 inci

Full HD (1920p x 1080p)

180 Hz

1 ms

300 nits

IPS

Adaptive-Sync

Tidak diketahui

NTSC 113% (CIE1976), sRGB 126% (CIE1931), DCI-P3 103% (CIE1976)

Ya (HDR10)

16:9

HDMI, DisplayPort

178 derajat

178 derajat

Tidak diketahui

Height, tilt, swivel, pivot

13 cm

-5° hingga 23°

-30° hingga 30°

(hingga 90°)

100 x 100

54 cm (termasuk penyangga)

38,21-49,51 cm (termasuk penyangga)

23,97 cm (termasuk penyangga)

3,96 kg (termasuk penyangga)

10

KTC

Monitor GamingH27T22

KTC Monitor Gaming 1

Rp4.999.000

Agak Mahal

Memberikan pengalaman imersif dengan visual tajam

27 inch

2K (2560p x 1440p)

165 Hz

1 ms

Tidak diketahui

IPS

AMD FreeSync Premium

Tidak diketahui

131% sRGB, 97% DCI-P3, 93% NTSC

Ya

16:9

HDMI, DisplayPort, USB 2.0

178 derajat

178 derajat

Heigh, swivel, tilt, pivot

9 cm

-5 derajat hingga 20 derajat

30 derajat

100 x 100

49,77 cm

25,18 cm

6,6 cm

6 kg

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

LG24'' UltraGear24GN60R-B

24'' UltraGear 1
Sumber: lg.com
24'' UltraGear 2
Sumber: lg.com
24'' UltraGear 3
Sumber: lg.com
24'' UltraGear 4
Sumber: lg.com
24'' UltraGear 5
Sumber: lg.com
Harga referensi
Rp2.700.000
Menengah
Harga referensi
Rp2.700.000
Menengah

Menawarkan pengalaman responsif tanpa lag

Monitor gaming LG 24GN60R-B adalah pilihan utama bagi para pencinta game racing seperti Forza Horizon 4. Dengan response time 1 ms yang setara dengan monitor gaming kelas atas, produk ini menawarkan pengalaman yang responsif. 


Fitur Dynamic Action Sync juga turut melengkapi kecepatan monitor ini. Fitur tersebut dapat memastikan semua aksi dalam game terjadi dengan cepat dan tanpa lag. Dengan akurasi tinggi yang ditawarkan, monitor ini cocok bagi gamer yang mengutamakan performa dan kecepatan dalam setiap sesi bermain.

Ukuran24 inch
Resolusi layarFull HD (1920p x 1080p)
Refresh rate144 Hz
Response time1 ms
BrightnessTidak diketahui
PanelIPS
Adaptive syncTidak diketahui
Color depthTidak diketahui
Color gamut99% sRGB
HDRYa
Aspect ratio16:9
Input terminalHDMI, DisplayPort
Viewing angle (horizontal)178 derajat
Viewing angle (vertikal)178 derajat
Flicker-free
Low blue light
Stand adjusmentTilt
Height adjustmentTidak diketahui
TiltTidak diketahui
SwivelTidak diketahui
PivotTidak diketahui
Ukuran VESA mount100 x 100
Dimensi panjang54,08 cm
Dimensi tinggi40,89 cm
Dimensi kedalaman18,05 cm
Bobot3,94 kg
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

KOORUICurved Gaming Monitor34E6UC

Harga referensi
Rp5.990.000
Agak Mahal

Layar lengkungnya memberikan pengalaman gaming lebih nyata

Apabila Anda mencari monitor gaming berbentuk lengkung, produk dari KOORUI ini bisa dipertimbangkan. Produk ini memiliki kelengkungan hingga 1.000 R yang memberikan pengalaman gaming lebih seru. Posisinya pun dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Selain itu, refresh rate 165 Hz dan Adaptive Sync di dalamnya memungkinkan Anda untuk menikmati transmisi secara mulus dan lancar.

Ukuran34 inch
Resolusi layarUWQHD (3440p x 1440p)
Refresh rate165 Hz
Response time1 ms
BrightnessTidak diketahui
PanelVA
Adaptive syncTidak diketahui
Color depthTidak diketahui
Color gamut90% DCI-P3
HDRTidak diketahui
Aspect ratio21:9
Input terminalHDMI, DisplayPort
Viewing angle (horizontal)-15 derajat
Viewing angle (vertikal)-15 derajat
Flicker-freeTidak diketahui
Low blue lightTidak diketahui
Stand adjusmentHeigh, tilt
Height adjustment11 cm
Tilt-5 derajat sampai 20 derajat
SwivelTidak diketahui
PivotTidak diketahui
Ukuran VESA mount75 x 75
Dimensi panjang79,7 cm
Dimensi tinggi53,5 cm
Dimensi kedalaman24,2 cm
Bobot8,89 kg
View all
No.3

XiaomiGaming MonitorG27i

Gaming Monitor 1
Sumber: shopee.co.id
Gaming Monitor 2
Sumber: mi.com
Gaming Monitor 3
Sumber: mi.com
Gaming Monitor 4
Sumber: shopee.co.id
Gaming Monitor 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp1.999.000
Agak Murah

Layar lebih besar untuk taklukkan permainan dengan gesit

Anda ingin upgrade ke monitor gaming 27 inch untuk pengalaman visual yang lebih memanjakan mata? Monitor gaming Xiaomi G27i bisa menjadi solusinya. Dengan layar FHD yang lebih besar dan response time 1 ms, rasakan kepuasan bermain game dengan lebih immersiveRefresh rate-nya yang tinggi pun diklaim dapat menampilkan gambar yang supermulus, bahkan dalam skenario intens dan dinamis.


Dengan menggunakan produk ini, Anda dapat beraksi dengan cepat untuk menaklukkan game kompetitif yang setiap detiknya sangat berharga. Kemenangan di e-sport games, seperti MOBA dan RTS, kini bisa segera Anda wujudkan dengan monitor gaming ini.

Ukuran27 inci
Resolusi layarFull HD (1920p x 1080p)
Refresh rate165 Hz
Response time1 ms
Brightness250 nits
PanelIPS
Adaptive syncAMD FreeSync Premium
Color depth8 bit
Color gamutsGRB 99%
HDRYa
Aspect ratio16:9
Input terminalHDMI, DisplayPort
Viewing angle (horizontal)178 derajat
Viewing angle (vertikal)178 derajat
Flicker-free
Low blue light
Stand adjusmentTilt
Height adjustmentTidak
Tilt-5°(±2°) hingga 15°(±2°)
SwivelTidak
Pivot
Ukuran VESA mount75 x 75
Dimensi panjang61,23 cm (termasuk penyangga)
Dimensi tinggi45,17 cm (termasuk penyangga)
Dimensi kedalaman17 cm (termasuk penyangga)
Bobot3,6 kg (termasuk penyangga)
View all
No.4

ViewSonic24” 165Hz Gaming MonitorVX2479-HD-PRO

Harga referensi
Rp1.900.000
Agak Murah

Dilengkapi panel SuperClear® IPS yang membuat warna lebih hidup

Monitor ViewSonic seri VX2479-HD-PRO hadir dengan panel SuperClear® IPS yang memberikan sudut pandang lebar dan warna yang cerah. Panel ini juga memungkinkan Anda bermain game tanpa merasa silau. Dengan demikian, pengalaman bermain game Anda jadi lebih hidup dan menyenangkan. Selain performa, desain monitor yang ramping akan meningkatkan estetika di ruang gaming Anda.

Ukuran24 inch
Resolusi layarFull HD (1920p x 1080p)
Refresh rate165 Hz
Response time1 ms
Brightness250 cd/m²
PanelIPS
Adaptive syncTidak diketahui
Color depthTidak diketahui
Color gamut72% NTSC
HDRTidak diketahui
Aspect ratio16:9
Input terminalHDMI, DisplayPort
Viewing angle (horizontal)178 derajat
Viewing angle (vertikal)178 derajat
Flicker-free
Low blue light
Stand adjusmentTilt
Height adjustmentTidak diketahui
Tilt5 derajat
Swivel20 derajat
Pivot
Ukuran VESA mountTidak diketahui
Dimensi panjang21,3 cm
Dimensi tinggi16,2 cm
Dimensi kedalaman7,1 cm
Bobot3,2 kg
View all
No.5

GigabyteGaming MonitorG24F2

Harga referensi
Rp2.669.000
Menengah

Dengan berbagai fitur permainan yang beragam

Gigabyte Gaming Monitor G24F2 memiliki desain yang cukup stylish dengan dudukan kokoh dan finishing matte. Selain itu, monitor ini menyediakan berbagai fitur yang dapat mendukung Anda dalam bermain game. Fitur OSD Sidekick memungkinkan Anda mengatur opsi tampilan dengan keyboard dan mouse. Sementara itu, fitur Dasbor memungkinkan Anda melihat informasi perangkat keras secara real time.

Ukuran24 inch
Resolusi layarFull HD (1920p x 1080p)
Refresh rate165 Hz
Response time1 ms
BrightnessTidak diketahui
PanelIPS
Adaptive syncTidak diketahui
Color depthTidak diketahui
Color gamut95% DCI-P3, 125% sRGB
HDRYa
Aspect ratio16:9
Input terminalHDMI, DisplayPort, USB Type-C
Viewing angle (horizontal)178 derajat
Viewing angle (vertikal)178 derajat
Flicker-free
Low blue lightTidak diketahui
Stand adjusmentHeight, tilt
Height adjustment13 cm
Tilt-5 derajat hingga 20 derajat
SwivelTidak diketahui
PivotTidak diketahui
Ukuran VESA mount100 x 100
Dimensi panjang54,1 cm
Dimensi tinggi13,6 cm
Dimensi kedalaman51,9 cm
Bobot4,8 kg
View all
No.6

SamsungOdyssey G3LF24G35TFWEXXD

Harga referensi
Rp2.599.000
Menengah

Eksklusif untuk gaming dengan refresh rate tinggi dan response time rendah

Monitor gaming sering kali memiliki harga yang tinggi karena spesifikasi yang mereka tawarkan sangatlah istimewa. Namun, jika Anda memiliki keterbatasan anggaran, jangan khawatir karena monitor Samsung ini dapat menjadi pilihan yang tepat.


Monitor ini dilengkapi dengan refresh rate 165 Hz dan response time 1 ms yang cocok untuk berbagai jenis permainan. Tidak hanya itu, desainnya juga modern dan menarik. Semua fitur unggulannya dapat dinikmati dengan harga yang cukup terjangkau.

Ukuran24 inch
Resolusi layarFull HD (1920p x 1080p)
Refresh rate165 Hz
Response time1 ms
BrightnessTidak diketahui
PanelVA
Adaptive syncFreeSync
Color depthTidak diketahui
Color gamut72% NTSC
HDRTidak diketahui
Aspect ratio16:9
Input terminalHDMI, DisplayPort
Viewing angle (horizontal)178 derajat
Viewing angle (vertikal)178 derajat
Flicker-free
Low blue light
Stand adjusmentHeight, swivel, tilt, pivot
Height adjustment12 cm
Tilt-5 derajat hingga 20 derajat
Swivel-15 derajat hingga 20 derajat
Pivot
Ukuran VESA mountTidak diketahui
Dimensi panjang54,4 cm
Dimensi tinggi49,8 cm
Dimensi kedalaman23,4 cm
Bobot4,5 kg
View all
No.7

BenQZOWIEXL2546K

Harga referensi
Rp9.999.000
Lebih Mahal

Memiliki refresh rate tinggi dan response time cepat

Monitor BenQ ZOWIE XL2546K menawarkan pengalaman gaming yang unggul dengan refresh rate tinggi, yakni 240 Hz. Selain itu, response time yang dimiliki juga hanya 0,5 ms sehingga kinerjanya mulus dan responsif. Teknologi DyAc+ dapat mengurangi blur gerakan.


Sementara itu, fitur Black eQualizer meningkatkan visibilitas dalam kondisi gelap. Desain bezel tipis dan stand yang dapat disesuaikan memberikan kenyamanan dan fleksibilitas. Dengan berbagai fitur tersebut, tidak salah rasanya jika produk ini cocok untuk para pemain e-sport.

Ukuran24,5 inch
Resolusi layarFull HD (1920p x 1080p)
Refresh rate240 Hz
Response time0,5 ms
Brightness320 nits
PanelTN
Adaptive syncTidak diketahui
Color depthTidak diketahui
Color gamut72% NTSC
HDRTidak diketahui
Aspect ratio16:9
Input terminalHDMI, DisplayPort
Viewing angle (horizontal)Tidak diketahui
Viewing angle (vertikal)Tidak diketahui
Flicker-free
Low blue light
Stand adjusmentHeight, swivel, tilt, pivot
Height adjustment15,5 cm
Tilt-5 derajat hingga 23 derajat
Swivel45 derajat
Pivot
Ukuran VESA mount100 x 100
Dimensi panjang36,6-52,1 cm
Dimensi tinggi20 cm
Dimensi kedalaman57,1 cm
Bobot6,2 kg
View all
No.8

MSICurved Gaming MonitorG2422C

Harga referensi
Rp2.409.000
Menengah

Refresh rate tinggi, tandem yang cocok untuk memainkan fast-paced game

Produk ini hadir dengan panel VA, refresh rate 180 Hz, dan response time 1 ms. Anda yang menggemari fast-moving games sebaiknya tidak melewatkan monitor gaming curved MSI yang satu ini. Dengan produk ini, bersiap-siaplah untuk memenangkan game Call of Duty, Overwatch, Apex Legends, Street Fighter, hingga Devil May Cry.


Warna dan detail monitor gaming lengkung ini pun tetap tajam pada sudut-sudutnya. Dengan begitu, Anda tidak perlu mengorbankan pengalaman menikmati visual yang mengagumkan. Anda pun dapat terhindar dari rasa pusing dan mata lelah berkat adanya teknologi Anti-Flicker MSI dan Blue Light Reduction.

Ukuran23,6 inci
Resolusi layarFull HD (1920p x 1080p)
Refresh rate180 Hz
Response time1 ms
Brightness250 nits
PanelVA
Adaptive syncAdaptive-Sync
Color depth8 bit
Color gamutAdobe RGB 85%, DCI-P3 81%, sRGB 108%
HDRTidak diketahui
Aspect ratio16:9
Input terminalHDMI, DisplayPort
Viewing angle (horizontal)178 derajat
Viewing angle (vertikal)178 derajat
Flicker-free
Low blue light
Stand adjusmentTilt
Height adjustmentTidak
Tilt-5˚ hingga 20˚
SwivelTidak
Pivot
Ukuran VESA mount75 x 75
Dimensi panjang53,74 cm (termasuk penyangga)
Dimensi tinggi41,47 cm (termasuk penyangga)
Dimensi kedalaman21,56 cm (termasuk penyangga)
Bobot3,3 kg
View all
No.9

AOCGaming Monitor24G4

Harga referensi
Rp2.279.000
Agak Murah

Gaming monitor 1 ms dengan fitur adjustable position, bisa diatur sesuai kenyamanan

Anda tidak akan gampang capek saat gaming apabila posisi monitor bisa disesuaikan dengan tingkat kenyamanan Anda. Keuntungan tersebut bisa Anda dapatkan jika memiliki monitor gaming AOC 1 ms yang satu ini. Selain sudut kemiringan vertikal dan horizontalnya dapat disesuaikan, monitor gaming ini juga bisa diputar 90 derajat menjadi tampilan portrait.

 

Menariknya lagi, Anda dapat mengatur ketinggian monitor menurut kenyamanan mata. Berkat color gamut yang lebih tinggi, produk ini dapat menghasilkan gambar yang lebih realistis dengan rentang kontras lebih luas. Hal tersebut membuat Anda dapat menikmati visual yang tajam dan detail saat bermain game dan menonton video.
Ukuran23,8 inci
Resolusi layarFull HD (1920p x 1080p)
Refresh rate180 Hz
Response time1 ms
Brightness300 nits
PanelIPS
Adaptive syncAdaptive-Sync
Color depthTidak diketahui
Color gamutNTSC 113% (CIE1976), sRGB 126% (CIE1931), DCI-P3 103% (CIE1976)
HDRYa (HDR10)
Aspect ratio16:9
Input terminalHDMI, DisplayPort
Viewing angle (horizontal)178 derajat
Viewing angle (vertikal)178 derajat
Flicker-free
Low blue lightTidak diketahui
Stand adjusmentHeight, tilt, swivel, pivot
Height adjustment13 cm
Tilt-5° hingga 23°
Swivel-30° hingga 30°
Pivot(hingga 90°)
Ukuran VESA mount100 x 100
Dimensi panjang54 cm (termasuk penyangga)
Dimensi tinggi38,21-49,51 cm (termasuk penyangga)
Dimensi kedalaman23,97 cm (termasuk penyangga)
Bobot3,96 kg (termasuk penyangga)
View all
No.10

KTCMonitor GamingH27T22

Harga referensi
Rp4.999.000
Agak Mahal

Memberikan pengalaman imersif dengan visual tajam

Monitor Gaming H27T22 hadir dengan layar lebar 27 inci yang memukau, memberikan pengalaman gaming imersif dan detail visual tajam. Didesain dengan teknologi canggih untuk mengurangi ghosting dan motion blur, memastikan respons yang cepat dalam setiap aksi game


Fitur HDR menciptakan gambar yang hidup dan realistis. Produk ini cocok untuk gamer hardcore yang mengutamakan performa dan kualitas visual tinggi dalam setiap sesi bermain. Selain itu, produk ini cocok untuk Anda yang menginginkan pengalaman multimedia yang memikat dengan layar besar.

Ukuran27 inch
Resolusi layar2K (2560p x 1440p)
Refresh rate165 Hz
Response time1 ms
BrightnessTidak diketahui
PanelIPS
Adaptive syncAMD FreeSync Premium
Color depthTidak diketahui
Color gamut131% sRGB, 97% DCI-P3, 93% NTSC
HDRYa
Aspect ratio16:9
Input terminalHDMI, DisplayPort, USB 2.0
Viewing angle (horizontal)178 derajat
Viewing angle (vertikal)178 derajat
Flicker-free
Low blue light
Stand adjusmentHeigh, swivel, tilt, pivot
Height adjustment9 cm
Tilt-5 derajat hingga 20 derajat
Swivel30 derajat
Pivot
Ukuran VESA mount100 x 100
Dimensi panjang49,77 cm
Dimensi tinggi25,18 cm
Dimensi kedalaman6,6 cm
Bobot6 kg
View all

5 Rekomendasi Monitor Gaming terbaik

No. 1: LG24'' UltraGear24GN60R-B

No. 2: KOORUICurved Gaming Monitor34E6UC

No. 3: XiaomiGaming MonitorG27i

No. 4: ViewSonic24” 165Hz Gaming MonitorVX2479-HD-PRO

No. 5: GigabyteGaming MonitorG24F2

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Komputer & laptop
  3. Aksesori komputer & laptop
  4. 10 Rekomendasi Monitor Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Gadget Reviewer]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.