10 Rekomendasi Mesin Jahit Komputer Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Mesin Jahit Komputer Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Jika Anda memiliki hobi menjahit dan menginginkan sesuatu yang berbeda pada hasil kreasi Anda, mungkin mesin jahit komputer adalah jawabannya. Anda dapat membuat bordir nama maupun bordir gambar yang dapat diaplikasikan pada kreasi jahit Anda.

Namun, bagaimana cara memilih mesin jahit komputer yang tepat bagi Anda? Ada banyak pilihan yang ditawarkan, seperti dari Singer, Janome, Brother, Juki, dan lain sebagainya. Kini, kami akan memberikan 10 rekomendasi mesin jahit komputer yang dapat Anda gunakan sebagai referensi.

Daftar isi

Apa itu mesin jahit komputer?

Apa itu mesin jahit komputer?

Mesin jahit komputer adalah sebuah teknologi baru pada mesin jahit yang masih terus berkembang. Namun, apakah yang menjadi perbedaan antara mesin jahit komputer dengan mesin jahit listrik biasa? Apa sebenarnya mesin jahit komputer?

Mesin jahit komputer memiliki kelebihan pada berbagai jenis jahitan dan pola jahit yang dikendalikan oleh komputer di dalamnya. Jenis ukuran dan pola jahitan dapat Anda ubah hanya dengan menekan satu buah tombol. Pemasangan benang pada mesin dan jarum bisa sangat mudah, dilakukan secara otomatis dengan satu sentuhan saja. Sistem otomatis ini juga dapat mengatur tingkat kekencangan dari benang atas dan benang bawah yang Anda gunakan. Untuk pengaturan tombol otomatis tersebut, dapat dilakukan pada layar sentuh atau layar LCD pada mesin jahit komputer.

Sedangkan pada mesin jahit listrik biasa, Anda harus memutar setiap tombol dan mengubah setiap pengaturan yang ada. Memasukkan benang pada mesin jahit dan jarum, mengatur tingkat kekencangan benang atas dan bawah, memilih jenis jahitan, semuanya dilakukan dengan berbagai macam tahapan secara manual. Hal ini tentunya lebih memakan waktu daripada melakukan satu sentuhan saja pada mesin jahit komputer.

Cara memilih mesin jahit komputer

Berikut ini kami akan menjelaskan hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam memilih mesin jahit komputer. Masa pakai mesin jahit dapat mencapai 10 sampai 20 tahun. Maka dari itu, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal ini sebelum melakukan pembelian mesin jahit komputer yang tepat untuk Anda.

Pertimbangan yang paling penting saat memilih mesin jahit adalah kemampuan menjahit Anda dan seberapa sering Anda akan menggunakannya. Pikirkanlah terlebih dahulu sebelum membelinya.

Untuk pemula sampai yang sudah mahir

Untuk pemula sampai mahir

Mesin jahit komputer dapat digunakan oleh penjahit pemula maupun penjahit dengan tingkat kemahiran yang tinggi. Seorang penjahit pemula tentunya lebih baik menggunakan tipe mesin jahit komputer yang diperuntukkan untuk pemula. Untuk penjahit yang sudah mahir, dapat menggunakan tipe mesin jahit komputer dengan spesifikasi yang lebih tinggi, untuk penggunaan tingkat mahir.

Namun, ada pula penjahit pemula yang membeli mesin jahit komputer dengan spesifikasi untuk penggunaan tingkat mahir, dengan anggapan ia dapat mempelajari dan menguasainya. Hal ini tentu saja merupakan tindakan yang berisiko.

Frekuensi penggunaan mesin jahit

Frekuensi penggunaan mesin jahit

Terlepas dari apakah Anda seorang penjahit pemula atau bukan, frekuensi penggunaan mesin jahit juga merupakan hal penting dalam pertimbangan pembelian mesin jahit. Apabila Anda hanya sesekali saja melakukan pemotongan celana jeans, maka Anda tidak perlu membeli mesin jahit dengan harga yang terlalu tinggi.

Jika Anda sering menggunakan mesin jahit komputer dan membuat kreasi tangan dengannya, serta dapat menjualnya, maka lebih baik Anda membeli produk yang memiliki fitur lebih banyak dan lengkap. Hal ini adalah sebuah investasi bagi Anda.

Saat ini, di pasaran juga tersedia mesin jahit komputer yang dapat terhubung dengan mesin bordir secara terpisah. Walaupun terlihat rumit, hal ini menjadi suatu yang biasa bagi mereka yang sering menggunakan mesin jahit komputer.

Ukuran mesin jahit

Ukuran mesin jahit

Mesin jahit saat ini tersedia dalam berbagai macam ukuran. Yang menjadi favorit saat ini adalah mesin jahit dengan ukuran kecil karena mudah dalam hal penyimpanannya. Jika Anda tidak terbiasa menggunakan mesin jahit komputer, maka mesin jahit biasa dengan ukuran yang kecil pun sudah cukup untuk Anda gunakan.

Ketika Anda memiliki rencana untuk membeli mesin jahit komputer dan akan sering menggunakannya, lebih baik Anda memilih mesin jahit dengan ukuran standar. Supaya ketika Anda menjahit kain besar atau jumlah jahitan sedang banyak, maka ruang menjahit Anda pada mesin jahit pun menjadi lebih lega dan nyaman. Hal ini tentunya akan mempengaruhi kualitas jahitan Anda.

Pada saat memilih mesin jahit di internet, Anda terkadang lupa memperhatikan ukuran mesin jahit secara detail. Jangan lupa untuk melihat ukuran tersebut, apakah ukuran mesin tersebut kecil atau standar.

Tersedia atau tidaknya pedal injakan kaki

Tersedia atau tidaknya pedal injakan kaki

Pada beberapa mesin jahit, terdapat pedal injakan kaki yang memiliki fungsi untuk menjalankan dan memberhentikan mesin jahit dengan kaki Anda. Namun, ada juga mesin jahit yang tidak menggunakan pedal injakan ini.

Bayangkan letak penempatan mesin jahit Anda. Jika Anda menempatkan mesin jahit komputer di atas meja dan duduk di kursi untuk menjahit, maka pekerjaan Anda akan lebih mudah dengan adanya pedal injakan kaki. Namun, saat Anda menempatkan mesin jahit pada lantai, tentunya akan sangat sulit dalam menggunakan pedal tersebut.

Sebelum membeli mesin jahit, sebaiknya Anda periksa terlebih dahulu, apakah mesin jahit tersebut dapat menggunakan pedal injakan kaki yang dapat dibeli terpisah. Dan sebaliknya, apakah mesin jahit tersebut dapat digunakan tanpa menggunakan pedal injakan kaki.

Pola jahitan dan pola bordir yang bisa dijahit

Pola jahitan dan pola bordir yang bisa dijahit

Keunggulan dari mesin jahit komputer adalah, mesin ini dapat menjahit pola bordir yang rumit dengan langkah yang sederhana. Kekurangannya adalah, Anda tidak dapat menambahkan gambar pola pada saat pengerjaan, sehingga Anda harus memikirkan dari awal mengenai pola bordir seperti apa yang Anda inginkan.

Ketika Anda memilih jenis jahitan lurus biasa, jahitan zigzag, Anda tidak memerlukan pola tertentu. Namun, saat Anda ingin membuat bordir huruf atau gambar tertentu, maka pilihlah pola yang sesuai dengan keinginan Anda. Cek kembali pola yang tersedia pada mesin jahit komputer pilihan Anda sebelum membelinya.

Adanya fungsi tambahan

Adanya fungsi tambahan

Salah satu langkah sebelum menjalankan mesin jahit adalah memasukkan benang, mengatur tingkat kekencangan benang, serta mengatur kecepatan jalannya mesin jahit. Hal tersebut terlihat seperti merepotkan dan menghabiskan banyak waktu bukan?

Solusi yang ditawarkan oleh mesin jahit komputer adalah adanya fitur automatic threading, yaitu benang yang dapat dipasang pada jarum dan mesin dengan satu sentuhan saja. Fitur ini tentunya akan menghemat waktu dan tenaga Anda.

Dalam beberapa tahun terakhir, terjadi perkembangan dalam teknologi mesin jahit, salah satunya pada fitur pengendali kecepatan mesin jahit. Kecepatan mesin jahit dapat diatur dengan menekan tombol atau menggeser tuas tertentu. Pada mesin jahit komputer, fitur pengendali kecepatan ini dapat diatur secara bertahap, kecepatan meningkat pada awal menjahit sampai pada kecepatan tertentu yang ditetapkan, dan akan melambat pada saat jahitan akan selesai. Untuk mendapatkan pekerjaan yang efisien, fitur ini perlu ada pada mesin jahit komputer Anda.

10 Rekomendasi mesin jahit komputer terbaik

Manakah mesin jahit komputer yang cocok untuk menciptakan kreasi Anda? Mari kita lihat bersama-sama mesin jahit yang kami rekomendasikan, secara berurutan.

10. Brother FS50

10. Brother FS50

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 3.400.000

Fitur dasar untuk pemula

Brother FS50 adalah mesin jahit komputer yang memiliki seluruh fitur dasar yang cocok bagi penjahit pemula maupun penjahit mahir. Apabila seorang pemula ingin mempelajari jahit tingkat dasar, maka kemampuan mesin ini dirasa sudah cukup. Mesin ini memiliki 50 pola jahitan, 5 model lubang kancing, serta adanya pemasang benang otomatis.

Kecepatan jahitan tentunya dapat dikendalikan, dan dapat mencapai 850 jahitan per menitnya. Pengoperasian pun dapat dijalankan dengan menyentuh tombol mulai dan selesai, tanpa adanya pedal injakan kaki. Kelemahan dari mesin ini adalah kemampuannya yang hanya untuk menjahit, tanpa adanya fitur untuk membordir.

9. Singer Superb EM200

9. Singer Superb EM200

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 12.750.000

Dapat mewujudkan kreasi indah Anda

Singer Superb EM200 merupakan mesin bordir komputer yang memiliki 200 pola bordir dan 6 jenis alphabet, serta memiliki area bordir yang luas. Sistem pengoperasiannya menggunakan layar sentuh, dan dapat dihubungkan dengan komputer Anda melalui jaringan USB. Mesin ini dapat membuat 700 jahitan per menitnya, menjadikan pekerjaan membordir Anda menjadi lebih efisien.

Jadi tak ragu lagi, impian membordir Anda akan lebih mudah terwujud dengan adanya mesin bordir ini. Satu kelemahan dari mesin ini adalah tidak adanya fitur jahitan, hanya fitur bordir saja yang dimiliki olehnya.

8. Singer Quantum Stylist 9960

8. Singer Quantum Stylist 9960

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 6.500.000

Mesin praktis yang mudah dioperasikan

Ada 600 jenis jahitan yang disediakan oleh mesin jahit komputer ini, yang dapat Anda gunakan untuk membuat kreasi pakaian, quilting, hiasan rumah, dan kreasi lainnya. Mesin jahit ini mudah digunakan oleh para penjahit pemula serta memiliki fitur tombol mulai dan selesai yang akan memudahkan penggunanya, sehingga tidak perlu lagi menginjak pedal injakan kaki untuk menjalankan mesin jahit. Tingkat kecepatan penjahitan pun dapat Anda kendalikan dengan adanya fitur speed lever.

Kelemahannya adalah mesin jahit komputer ini hanya menyediakan pola jahitan saja, tidak terdapat pola bordir bergambar di dalamnya. Dan mesin ini tidak memiliki penunjuk jarak jahitan dengan ukuran 3/4″ yang dapat digunakan sewaktu membuat kreasi quilting.

7. CNY E900

7. CNY E900

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 8.299.000

Hemat energi dan lengkap fungsi jahitnya

Mesin jahit CNY E900 ini dapat digunakan untuk membuat bordir nama, logo perusahaan, sekolah, name tag, gambar, dan motif yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Area bordir yang dimiliki seluas 230 mm x 110 mm. Konsumsi listrik yang dipakai pun terbilang efisien, yaitu sebesar 85 watt. Fitur-fitur ini dirasa cocok bagi Anda yang ingin belajar sebagai pemula maupun yang sudah mahir dan ingin membuka usaha bordir.

Kelemahan yang dimiliki adalah merek ini belum banyak beredar di pasaran. Sehingga apabila setelah pemakaian beberapa lama terdapat spare part yang perlu diganti, mungkin Anda akan kesulitan dalam mencari pengganti spare part tersebut.

6. Janome 6260QC

6. Janome 6260QC

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 7.500.000

Hobi quilting Anda akan semakin mudah

Janome 6260QC dirancang bagi Anda yang menyenangi kegiatan quilting. Fitur-fitur yang dimilikinya akan mendukung hobi quilting Anda. Seperti kekuatannya dalam menjahit bahan yang tebal, 60 pola jahitan dasar dan dekoratif, 4 tipe lubang kancing, sistem pemasangan benang otomatis, serta lampu LED yang terang akan membuat Anda nyaman dalam berkreasi.

Apabila kualitas jahitan Anda dengan mesin ini menurun, mungkin itu saatnya Anda untuk mengganti jarum dan sesuaikanlah dengan jenis kain yang Anda jahit. Suka quilting? Coba yang satu ini!

5. Janome Memory Craft 9900

5. Janome Memory Craft 9900

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 23.000.000

Tampilan yang modern untuk kreasi Anda

Kreasi dengan kain akan menjadi lebih menyenangkan dengan kehadiran Janome MC9900. Mesin ini memiliki fitur 200 pola jahitan, 6 jenis lubang kancing, 3 jenis huruf, 171 pola bordir, dan adanya fitur editing untuk menggabungkan desain dan huruf, mengubah ukuran, menggandakan pola, memilih warna, drag & drop pola, memperbesar pola, serta memperbanyak pola. Mesin ini dapat terhubung dengan komputer melalui koneksi USB.

Tampilan modern dari mesin ini dilengkapi oleh adanya layar sentuh LCD dengan resolusi yang tinggi dan adanya 5 lampu LED pada 3 titik. Dengan segala fitur yang dimiliki, tentunya Anda dapat menghasilkan kreasi yang lebih modern, sesuai dengan mesin yang Anda gunakan ini.

4. Messina Disney D7500

4. Messina Disney D7500

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 9.000.000

Hadirkan tokoh-tokoh Disney di jahitan Anda

Mesin jahit dan bordir komputer ini mampu menghasilkan 404 pola jahitan, 40 pola gambar bordir (termasuk 15 karakter Disney), dan 97 pola huruf. Sempurna untuk Anda pecinta Disney, atau yang ingin membuat baju anak Anda lebih meriah. Pembuatan lubang kacing pun dapat bervariasi hingga 10 macam lubang kancing. Pemasangan serta pengaturan kekencangan benang diatur secara otomatis oleh mesin ini.

Keseluruhan pengaturan otomatis tersebut dilakukan dengan sentuhan pada layar LCD yang terdapat pada mesin jahit ini. Hanya saja, hoop (alat bantu pada saat membuat bordiran supaya kain tidak miring) yang dimiliki tidak besar, yaitu sebesar 110 mm x 170 mm saja.

3. Juki HZL K85-XT

3. Juki HZL K85-XT

Lihat produk ini di Lazada

Harga Rp 4.500.000

Kegiatan menjahit jadi cepat, praktis dan menyenangkan

Juki HZL K85-XT ini memiliki kecepatan hingga 720 jahitan per menit, dan kecepatan ini lebih cepat dibandingkan dengan mesin sejenis pada kelasnya. Selain itu, mesin ini dapat menjahit dengan suara yang minim, tanpa mempengaruhi kualitas jahitan. Mesin ini dilengkapi dengan 150 pola jahitan (100 pola bordir huruf dan angka, 12 jahitan dasar, 30 jahitan dekoratif, dan 8 tipe lubang kancing).

Mesin jahit ini juga dilengkapi dengan hard case yang dapat digunakan pada saat penyimpanan atau pemindahan mesin, sehingga kondisi mesin akan lebih terjaga. Meja tambahan pun sudah tersedia untuk melakukan penjahitan yang memerlukan bidang lebih luas. Praktis dan menyenangkan, bukan?!

2. Brother FS101

2. Brother FS101

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 4.400.000

Fitur lengkap dengan harga terjangkau

Brother FS101 ini memiliki berbagai fitur yang akan membuat kinerja menjahit dan membordir Anda menjadi efisien. Mesin ini memiliki 100 pola jahitan, 55 pola bordir huruf, dan 8 model lubang kancing. Pengoperasiannya dilakukan dengan menyentuh layar LCD, dan dikendalikan dengan tombol mulai dan selesai, tanpa adanya injakan pedal kaki. Pengendali kecepatan pun tersedia pada mesin ini.

Kecepatan mesin adalah sampai dengan 900 jahitan per menit dengan suara mesin yang minim. Dengan harga yang ditawarkan dan fitur yang ada pada Brother FS101 ini, tentunya pilihan ini merupakan pilihan yang efisien bagi Anda.

1. Singer Futura XL580

1. Singer Futura XL580

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 23.000.000

Untuk kreasi tanpa batas Anda

Mesin jahit Singer Futura XL580 adalah mesin jahit dan bordir komputer yang memiliki fitur-fitur inovatif yang belum ada di mesin jahit lainnya. Mesin jahit ini memiliki 215 pola jahitan, 250 pola bordir yang menarik, 3 hoop untuk bordir, dan 5 jenis huruf alphabet yang menarik.

Pemasangan benang pada mesin dan jarum pun dapat dilakukan secara otomatis dengan swift smart system. Mesin jahit ini pun dapat dihubungkan dengan PC melalui koneksi USB. Selain itu, mesin ini memiliki tuas lutut untuk menaikkan atau menurunkan sepatu, sehingga kegiatan menjahit Anda lebih nyaman. Anda yang hobi menjahit wajib punya mesin yang satu ini!

Kesimpulan

Mesin jahit dapat dikatakan sebagai salah satu sarana untuk menciptakan kreasi imajinasi Anda. Anda perlu mempertimbangkan berbagai hal sebelum membelinya, agar barang yang Anda dapat benar-benar sesuai dengan kebutuhan Anda.

Dengan adanya mesin jahit komputer yang semakin berkembang ini, tentunya menjadi salah satu motivasi bagi Anda untuk menghasilkan kreasi secara terus-menerus dan tentunya lebih bagus lagi. Proses kreativitas ini pun akan menjadi lebih menyenangkan. Selamat berkreasi dengan menggunakan mesin jahit komputer!