10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Usia 40-an (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Usia 40-an (Terbaru Tahun 2018)

Usia 40-an adalah masa dimana kulit cenderung menjadi lebih bermasalah, khususnya dengan tanda penuaan. Masalah pada usia ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya adalah gangguan hormonal. Cara mengatasinya adalah dengan melakukan perawatan intensif dengan serum anti-aging.

Merek serum anti-aging seperti Wardah, Olay, Pond’s, dan sebagainya, memiliki manfaat untuk mengatasi tanda penuaan seperti flek hitam, garis halus, hingga kulit kering. Namun, dari banyak pilihan tersebut, manakah yang bagus dan cocok untuk kulit Anda? Di sini, kami akan membantu Anda memilih serum perawatan anti-aging yang bisa Anda beli dengan mudah secara online. Silahkan disimak!

Daftar isi

Beragam masalah kulit di usia 40-an

Tahukah Anda tanda penuaan sebenarnya sudah muncul dari hari ke hari? Tubuh yang mudah lelah, mata yang mudah kering dan pori-pori yang membesar adalah sedikit dari banyak tanda penuaan di tubuh Anda. Lalu, bagaimana dengan tanda penuaan di kulit? Tanda-tandanya sangat beragam.

Seiring dengan berjalannya waktu, kondisi kulit usia 40-an mulai menurun. Tanda penuaan akan muncul dan semakin terlihat apabila Anda tidak segera mengatasinya. Namun, jika Anda merasa kulit Anda sudah terlanjur dalam kondisi serius, mulailah melakukan perawatan anti-aging dengan serum sesegera mungkin.

Namun, sebelum menentukan pilihan produk, mari simak cara-cara yang tepat dalam memilih serum yang cocok untuk Anda terlebih dahulu. Selamat membaca!

Cara memilih serum wajah untuk usia 40-an

Dari banyak serum yang menawarkan solusi untuk mengatasi masalah penuaan kulit Anda, apa saja yang perlu Anda perhatikan sebelum menjatuhkan pilihan? Berikut penjelasannya.

Kandungan pelembap yang penting bagi kulit kering

Kandungan pelembap yang penting bagi kulit kering

Pelembap adalah kunci untuk kulit senantiasa sehat di usia 40 tahun. Jika tingkat kelembapan kulit Anda rendah, kulit akan menjadi kering yang berujung pada menurunnya kekencangan dan lemahnya perlindungan kulit. Kulit lama-kelamaan menjadi kusam, muncul flek hitam, atau bahkan jerawat dewasa. Beberapa bahan dikenal efektif sebagai pelembap, diantaranya adalah :

  • Ceramide : berfungsi sebagai pelembap dan pelindung;
  • Asam hialuronat : berfungsi untuk melembapkan dengan kandungan air yang tinggi;
  • Proteoglycan : memiliki kandungan air serta elastitas yang tinggi.

Proteoglycan adalah unsur yang terdapat pada jaringan tulang rawan. Unsur ini populer dalam produk kecantikan akhir-akhir ini karena kandungan air dan elastisitasnya yang tinggi, serta efek meningkatkan kolagen yang baik untuk melawan penuaan.

Perhatikan efek dari bahan yang terkandung dalam serum

Perhatikan efek dari bahan yang terkandung dalam serum

Selain merawat satu masalah saja, perawatan penuaan akan lebih efektif apabila dapat mengatasi masalah lain secara bersamaan. Anda bisa mencoba serum dengan bahan tambahan yang dapat mengatasi beberapa masalah sekaligus. Bahan yang perlu Anda perhatikan adalah :

  • Elastin : untuk mencegah keriput kendur dan garis halus.
  • Squalane: melembapkan, merawat pori-pori dan mengaktifkan metabolisme kulit.
  • Retinol : memperbaiki kekusaman dan mengencangkan kulit.
  • Hydroquinone : memudarkan bintik-bintik hitam.

Namun perlu Anda ingat, beberapa bahan dapat mengandung efek samping. Contohnya retinol yang sedikit menurunkan perlindungan kulit terhadap sinar matahari, sehingga pemilik kulit sensitif disarankan melakukan tes terlebih dahulu. Kemudian ada hydroquinone yang memiliki sifat sensitif terhadap sinar UV, sehingga lebih baik dipakai hanya pada malam hari.

Gunakanlah sesuai aturan yang dianjurkan

Gunakanlah sesuai aturan yang dianjurkan

Ingatlah untuk selalu menggunakan produk perawatan kulit sesuai dengan aturan dan dosis yang dianjurkan. Sebuah langkah perawatan akan memberikan hasil optimal jika digunakan sesuai aturannya. Produk dengan efektivitas yang tinggi tidak akan memberi hasil yang optimal jika Anda menggunakannya secara berlebihan.

Selain itu, terkadang ada serum perawatan mahal yang menawarkan banyak manfaat dan beragam formula dalam satu kemasan. Namun, jangan tergiur dulu. Pertama, Anda harus memeriksa keseimbangan antara harga dan komposisinya. Kemudian, pastikan apakah formulanya cocok di kulit Anda. Anda bisa mencari tahu dengan mencoba tester jika tersedia, atau memilih paket starter pack lebih dahulu.

10 Rekomendasi serum wajah terbaik untuk usia 40-an

Berikut ini, kami akan memperkenalkan beberapa serum dengan fungsi yang berbeda-beda. Serum untuk kulit kering dan pori yang kendur, serum untuk mengurangi garis halus dan keriput, serta serum untuk menghilangkan kusam dan bintik hitam di wajah. Pilihlah produk yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kulit Anda.

10. Mineral Botanica Age Defying Serum

10. Mineral Botanica Age Dfying Serum

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 105.900

Serum dengan bahan aktif berkonsentrasi tinggi

Di urutan ke-10 kami perkenalkan serum produksi lokal dari Mineral Botanica untuk Anda. Serum ini memiliki kandungan bahan aktif yang berkonsentrasi tinggi. Formulanya yang ringan akan diserap dengan mudah oleh kulit Anda dengan cepat, nyaman digunakan sehari-hari.

Serum ini mengandung collagen, hyaluronic acid, adansonia extract, aloe vera dan arbutin. Kulit Anda akan terjaga elastisitasnya, lembap, terlindungi dari radikal bebas, dan cerah alami. Dalam pemakaian 2 bulan, Anda akan merasakan tanda penuaan seperti garis halus, kerutan dan flek hitam berkurang. Kulit terasa halus dan tampak muda. Untuk Anda yang menyukai tekstur serum yang ringan namun dengan manfaat yang optimal, serum ini rekomendasi kami untuk Anda.

9. Sariayu Econature Nutreage Face Serum

9. Sariayu Ecoature Nutreage Face Serum

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 103.500

Serum dengan 90% bahan alami

Selanjutnya, ada serum dari merek lokal yang sudah dikenal sejak lama. Sariayu Econature merupakan rangkaian anti-aging pertama dari Sariayu. Untuk Anda yang baru mencoba serum anti-aging pertama kali, Anda bisa mencoba serum ini. Harganya terjangkau dengan kualitas yang tidak diragukan.

Serum ini hadir dengan 90% natural origin dengan kandungan pomegranate extract, marine collagen, dan kemampuan menghidrasi dengan intensif. Formulanya akan meresap hingga lapisan kulit terdalam. Anda akan mendapatkan kulit yang ternutrisi, kenyal, lembap, dan kerutan yang berangsur-angsur berkurang.

8. La Tulipe Anti-Aging Serum

8. La Tulipe Anti Aging Serum

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 75.000

Serum anti-aging dengan kandungan yang mampu mengikat kelembapan

Satu lagi serum dari merek lokal yang akan membantu Anda dalam melawan penuaan. La Tulipe juga menghadirkan produk serum dalam rangkaian perawatan anti-aging. Anda tak perlu merogoh kocek terlalu dalam, karena serum ini bisa Anda bawa pulang dengan harga di bawah seratus ribu rupiah saja.

Namun, jangan khawatir, Anda tetap akan mendapatkan formula yang mengatasi masalah penuaan Anda. Serum ini memasukkan kandungan methylsilanol mannuronate yang merupakan ektrak dari brown algae yang mengikat kelembapan di dalam kulit, croton lechleri resin extract yang berperan sebagai antioksidan, dan panicum miliaceum seed extract yang mengatasi kerutan dan garis halus Anda.

7. Wardah Renew You Anti-Aging Intensive Serum

7. Wardah Renew You Anti Aging Intensive Serum

Lihat produk ini di Lazada

Harga : 65.000

Serum anti-aging dengan harga bersahabat

Banyak serum antipenuaan berharga mahal yang menawarkan hasil yang optimal. Jika Anda mencari serum dengan harga yang terjangkau, Wardah Renew You adalah rekomendasi kami. Meskipun harganya terjangkau, Anda akan mendapatkan manfaat perlindungan dan regenerasi sel kulit yang lebih cepat.

Serum Wardah ini mengandung 10 bahan aktif untuk melawan tanda-tanda penuaan dan 5 botanicals extracts yang membantu mengeksfoliasi sel kulit mati dan menstimulasi pembentukan sel kulit yang baru. Wajah Anda bebas kusam dan terbebas dari tanda penuaan. Dengan harga terjangkau, produk ini cocok untuk Anda yang baru mencoba perawatan anti-aging.

6. Pond’s Age Miracle Intensive Cell ReGen Serum

6. Pond's Age Miracle Intensive Serum

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 157.500

Serum yang mengurangi kerut dan noda hitam dalam 7 hari

Kerutan dan noda hitam bisa sangat mengganggu penampilan. Tanda penuaan tersebut dapat muncul dengan cepat, namun Anda akan butuh waktu yang lama untuk menghilangkannya. Sekarang Anda tidak perlu khawatir. Anda bisa mencoba serum Pond’s Age Miracle ini. Hanya dalam waktu 7 hari, Anda akan melihat kerutan dan noda hitam berkurang secara signifikan.

Serum ini bekerja dengan 6 bahan bioactive dan 20 kali konsentrasi anti-aging yang membantu kulit Anda beregenerasi 3 kali lebih cepat. Wajah tampak 10 tahun lebih muda bukan lagi impian. Namun, serum ini mengandung retinol, bagi Anda yang memiliki kulit sensitif disarankan untuk mencoba sedikit terlebih dahulu guna menghindari iritasi di kulit Anda.

5. Olay Regenerist Revitalising Serum

5. Olay Regenerist Revitalising Serum

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 198.000

Serum yang menyerap ke dalam kulit dengan sempurna

Produk dari Olay ini termasuk produk serum wajah dengan harga yang cukup terjangkau. Tanpa perlu merogoh kantong terlalu dalam, Anda akan mendapatkan produk berkualitas yang akan merawat tanda penuaan Anda. Serum dari Olay ini memiliki tekstur yang ringan, sehingga mudah diserap oleh kulit dan mampu menutrisi hingga ke lapisan kulit terdalam.

Serum ini mengandung bahan utama amino-peptide dan B3 complex, serta pelembap yang menjaga kulit tetap terhidrasi dan senantiasa kencang. Selain itu, garis halus dan kerutan juga akan berkurang, serta wajah Anda tidak kusam lagi. Jika Anda memiliki kulit yang sensitif, Anda tidak perlu khawatir,  karena serum ini tidak mengandung pewarna maupun pewangi. Aman untuk semua jenis kulit.

4. L’Oreal Revitalift Laser Renewing Anti-Aging Serum

4. Loreal Laser Renewing Anti Aging Serum

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 229.500

Serum anti-aging dengan hasil seperti perawatan laser

Anda ingin serum anti-aging yang memberikan hasil seperti perawatan laser? Gunakanlah serum dari Loreal ini. Loreal terinspirasi perawatan laser dari dermatologis. Serum ini akan memberikan perawatan intensif terhadap kulit kering dan pori-pori yang mengendur, dengan aksi menyamarkan pori-pori dan kerut serta merawat elastisitas kulit.

Serum ini mengandung konsentrasi pro-xylane dan ceramide pro yang memperbaiki sekaligus menjadikan kulit Anda kenyal, adenosine yang mengencangkan, serta formula yang memudahkan penyerapan bahan aktif untuk mempercepat regenerasi kulit. Untuk Anda yang membutuhkan perawatan intensif untuk pori-pori yang mengendur, kami rekomendasikan serum ini untuk Anda.

3. Laneige Perfect Renew Regenerator

3. Laneige Perfect Renew Regenerator

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 699.000

Serum yang dapat mengembalikan kulit rusak

Inilah rekomendasi kami untuk mengatasi kulit kering dan pori-pori yang mengendur. Laneige Perfect Regenerator Serum mengandung ceramide water sebagai komposisi utamanya. Ceramide water adalah formula yang meniru lapisan kulit dengan efek menghidrasi yang kuat. Namun, tidak hanya untuk Anda yang memiliki jenis kulit kering, serum ini juga dapat digunakan untuk jenis kulit lainnya.

Teksturnya yang ringan dengan konsentrat yang tinggi akan meresap dengan mudah dan efek yang tahan lama di kulit Anda. Dalam waktu tujuh hari penggunaan produk ini, Anda akan mendapatkan hasil nyata, kulit yang lebih lembap dan cerah bersinar. Pada pemakaian selanjutnya, Anda akan merasakan tekstur kulit yang lebih baik, kenyal, dan lebih halus.

2. The Ordinary Retinol 0.2% In Squalane

2. The Ordinary Retinol 0.2% In Squalane

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 149.000

Serum dengan kandungan retinol dan squalane murni

Retinol berfungsi mengatasi kulit yang kusam agar terlihat lebih cerah dan segar. Untuk Anda yang fokus mengatasi masalah kulit kusam dan membutuhkan perawatan intensif, Anda dapat mencoba serum dari The Ordinary. Serum ini mengandung retinol dan squalane murni dengan konsentrasi tinggi.

Retinol pada serum The Ordinary ini akan mengatasi kulit kusam dengan membantu mengeksfoliasi sel kulit mati, sedangkan squalane akan melembapkan serta merawat pori-pori Anda. Wajah Anda akan bersih dari sel kulit mati tanpa khawatir kulit menjadi kering. Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, kami ingatkan untuk mencoba serum ini sedikit terlebih dahulu. Hal ini untuk menghindari efek samping iritasi atau kemerahan pada kulit Anda.

1. Sensatia Anti-Wrinkle Serum For 40+ Years

1. Sensatia Anti-Wrinkle For 40+ Years

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 360.000

Serum perawatan khusus kerutan di usia 40-an

Dan inilah peringkat satu kami! Sensatia Botanica merupakan serum yang secara spesifik diperuntukan bagi Anda yang sudah berusia 40-an. Serum ini cocok untuk semua kondisi kulit. Penggunaannya pun juga cukup praktis, hanya sekali sehari pada malam hari. Selain formula yang mengatasi kerut, serum ini juga menambahkan squalane dan vitamin E dalam komposisinya.

Kandungan bahannya aman untuk kulit Anda, karena tidak mengandung kimia berbahaya, paraben, dan silikon. Serum ini tidak melalui tes terhadap binatang, dan cocok untuk Anda yang vegan, serta tidak mengandung bahan yang berasal dari kelapa sawit ataupun karang laut, sehingga sangat ramah lingkungan. Sangat cocok untuk Anda yang membutuhkan produk yang dapat mengatasi kerut secara spesifik, dan praktis digunakan.

Kesimpulan

Apakah sekarang Anda sudah menemukan serum yang cocok dengan kebutuhan Anda? Tanda penuaan yang muncul pada setiap orang bisa saja berbeda tergantung pada kondisi kulit masing-masing. Apapun tanda penuaan yang muncul, mari segera atasi dengan cara yang tepat dan benar.

Temukan produk yang sesuai dengan masalah Anda. Lakukanlah perawatan dalam jangka waktu tertentu, dan dapatkan wajah yang lebih muda dari usia Anda. Good luck!