• 10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Usia 40-an (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Usia 40-an (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Usia 40-an (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Usia 40-an (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Usia 40-an (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Usia 40-an (Terbaru Tahun 2021)

Usia 40-an adalah masa ketika kulit cenderung bermasalah dengan tanda penuaan, seperti garis halus, flek hitam, dan kulit kering. Untuk mengatasinya, Anda dapat melakukan perawatan wajah menggunakan serum anti-aging. Namun, dari banyaknya produk serum anti-aging, manakah yang cocok untuk kulit Anda?

Melalui artikel ini, kami akan membantu Anda memilih serum wajah terbaik untuk usia 40 ke atas. Rekomendasi merek serum untuk usia 40 tahun yang bagus, seperti Wardah, Olay, dan Pond's juga kami sediakan. Tak ketinggalan, dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Dian Pratiwi, SpKK, juga akan memberikan informasi tambahan.

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

dr. Dian Pratiwi
  • Pembaharuan terakhir: 27 September 2021
  • 271.715 Views
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Dian Pratiwi, SpKK

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Dian Pratiwi, SpKK

dr. Dian Pratiwi menyelesaikan pendidikan dokter umum dan spesialis dari FKUI, Indonesia. Dokter yang telah 16 tahun berpraktek di ERHA DermaCenter Kemanggisan & Klinik Puspa Jakarta ini juga sering menjadi narasumber di berbagai media cetak dan elektronik.


Dengan minat pada Cosmeceuticals & Laser, dr. Dian telah menerbitkan 39 tulisan ilmiah dan menjadi co-author dari dua buku. Beliau juga aktif menjadi trainer dan pembicara di berbagai simposium ilmiah. Untuk informasi tentang kesehatan kulit, dr. Dian bisa disapa melalui Instagram-nya. 

Apa manfaat serum anti-aging?

Apa manfaat serum anti-aging?

Manfaat utama dari serum anti-aging adalah melembapkan. Hal ini karena penyebab utama dari berbagai masalah kulit di usia 40-an adalah kulit kering. Seiring bertambahnya usia, kemampuan kulit untuk menjaga kelembapan makin berkurang. Kulit kering tidak hanya menyebabkan keriput dan kendur, tetapi juga menurunkan fungsi barrier kulit. Alhasil, kulit mudah mengalami kusam, flek, dan masalah lainnya.


Untuk mengatasi masalah penuaan tersebut, Anda membutuhkan perawatan kulit yang dapat membantu menjaga kelembapan. Selain itu, kandungan yang menawarkan manfaat lain, misalnya mengatasi bintik hitam juga diperlukan. Namun, hal terpenting dari sebuah produk serum adalah kemampuan melembapkannya, terutama yang bisa melembapkan hingga lapisan stratum corneum.

dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

Serum merupakan jenis skincare yang diformulasi khusus untuk menghantarkan bahan aktif berkonsentrasi tinggi untuk masuk ke dalam kulit. Karena itu, serum baik ditambahkan untuk ritual skincare harian pada usia 40-an. 


Sesuai dengan kandungan spesifiknya, fungsi serum bisa bermacam-macam. Namun, secara umum, serum berfungsi untuk peremajaan kulit dan mencegah kerusakan sel-sel kulit akibat sinar matahari. Ia juga berfungsi untuk merangsang produksi kolagen dan elastin baru di dalam kulit.   

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih serum wajah untuk usia 40-an

Ada banyak serum yang menawarkan solusi untuk mengatasi masalah penuaan kulit untuk usia 40-an. Namun, apa saja yang perlu Anda perhatikan sebelum menjatuhkan pilihan? Berikut penjelasannya.

Pilihlah produk dengan daya pelembap yang tinggi

Pilihlah produk dengan daya pelembap yang tinggi

Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, daya pelembap adalah poin penting yang perlu diperhatikan ketika memilih serum anti-aging. Kulit yang lembap akan membantu meminimalkan masalah penuaan lainnya. Berikut ini adalah bahan-bahan yang efektif dalam melembapkan


  • Niacinamide: Menghidrasi, mengurangi kemerahan, mengatasi hiperpigmentasi, dan meningkatkan elastisitas kulit.
  • Hyaluronic acid: Berfungsi untuk melembapkan dengan kandungan air yang tinggi.
  • Allantoin: Melembapkan, mencegah iritasi, dan sebagai eksfoliator.
  • Proteoglycan: Memiliki kandungan air serta elastitas yang tinggi.

Proteoglycan adalah protein yang terdapat pada jaringan tulang rawan. Protein ini kian populer dalam berbagai produk kecantikan karena kandungan air dan elastisitasnya yang tinggi. Selain itu, proteoglycan juga dikatakan bisa mengencangkan dan mengembalikan kilau kulit. Kemampuan melawan penuaannya pun tidak perlu diragukan.


Di samping bahan-bahan di atas, masih ada kandungan pelembap lainnya, seperti butylene glycol dan glycerin. Bahan-bahan seperti ekstrak apel, squalane, dan trehalose juga patut dipertimbangkan karena kekuatannya dalam menahan air.

dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

Umumnya, kulit mulai menjadi kering pada usia 40-an. Karena itu, menggunakan produk yang highly moisturizing sangat pentingHyaluronic acid adalah salah satu bahan pelembap yang mampu mengikat air hingga seribu kali lipat dari beratnya. 


Tipsnya penggunaannya

Gunakan dua kali sehari, pagi dan malam, segera setelah mandi atau cuci muka saat kulit masih lembap. Hal ini bertujuan supaya molekul air yang tersisa di permukaan kulit dapat ditarik dan diikat di kulit. Kulit yang lembap dan kenyal lebih siap menyerap bahan aktif lain yang dioleskan setelahnya, misalnya moisturizer

Pilihlah produk yang bisa mengatasi masalah kulit Anda

Selain melembapkan, serum wajah untuk usia 40-an akan lebih efektif apabila dapat mengatasi masalah lain secara bersamaan. Pastikan Anda memilih produk dengan kandungan yang sesuai dengan permasalahan kulit yang dimiliki!

Bahan yang efektif mengatasi kulit kusam

Bahan yang efektif mengatasi kulit kusam

Salah satu kekhawatiran saat usia bertambah adalah wajah yang berubah menjadi kusam. Berikut ini adalah bahan-bahan yang efektif dalam mengatasi kulit kusam :


  • APPS (Ascorbyl 2-phosphate 6-palmitate stable hydrophobic): Turunan vitamin C dengan penetrasi tinggi yang dapat mencapai ke dalam stratum corneum. Memberi efek mencerahkan dan mengencangkan kulit.
  • Sodium ascorbyl phosphate: Salah satu turunan vitamin C yang stabil. Berfungsi dalam menjaga dan memperbaiki tekstur kulit.
  • Kojic acid: Mencegah kulit menjadi kering.
  • Fullerene: Selain melembapkan dan mengencangkan, juga mampu mengembalikan kilau dan tekstur kulit.
dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

Bila kulit kusam, pilih serum yang mengandung bahan aktif brightening, seperti arbutin, kojic acid, licorice, cysteamine, dan asam traneksamat. Vitamin C, terutama L-ascorbic acid juga bagus digunakan karena bermanfaat ganda untuk brightening dan anti-aging


Untuk serum L-ascorbic acid, pilih yang dikemas dalam botol berwarna gelap dan simpan jauh dari panas dan cahaya. Hal ini untuk mencegah reaksi akibat panas atau sinar matahari sehingga serum dapat bertahan lebih lama. 

Bahan yang mampu mengencangkan dan menjaga elastisitas kulit

Bahan yang mampu mengencangkan dan menjaga elastisitas kulit

Tanda-tanda penuaan lainnya yang biasa dijumpai adalah kerutan, serta kekencangan dan elastitas kulit yang menurun. Berikut ini adalah bahan-bahan yang efektif untuk mengatasi permasalahan tersebut:


  • Retinol (vitamin A): Meningkatkan elastisitas kulit, mengatasi kulit kendur, dan meratakan tekstur kulit.
  • Ekstrak pinus: Mengencangkan kulit.
  • Astaxanthin: Pigmen kemerahan alami yang mengurangi kerutan dan mempercantik kulit.
  • Peptide: Memproduksi kolagen, mengurangi kerutan, memperbaiki kulit yang rusak, dan menguatkan lapisan kulit.
dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

The holy grail of anti-aging ingredient, retinol, merupakan pilihan utama kandungan serum anti-aging. Tidak semua retinol stabil bila terkena sinar matahari. Karena itu, sebaiknya serum retinol digunakan pada malam hari


Selain itu, antioksidan, seperti astaxanthin, Coenzyme Q10, berbagai peptide, dan growth factor baik digunakan pada pagi atau malam hari. Ingat, butuh waktu 36 bulan untuk melihat perubahan yang bermakna. Kuncinya, Anda harus rajin, rutin, dan teratur merawat wajah.

Pilihlah tekstur, aroma, dan kemasan yang disukai

Pilihlah tekstur, aroma, dan kemasan yang disukai

Menggunakan serum anti-aging akan makin menyenangkan jika Anda memilih tekstur, aroma, dan kemasan yang disukai. Setiap produk serum memiliki tekstur yang berbeda, mulai dari kental, berminyak, hingga watery atau ringan. Begitu juga dengan aromanya, ada produk yang beraroma kuat dan lembut. Anda bisa memilihnya sesuai dengan aroma favorit.


Di samping itu, bentuk kemasan serum wajah untuk usia 40-an juga bervariasi, misalnya kemasan pipet dan pump. Karena itu, pilihlah produk yang sesuai dengan preferensi agar Anda lebih nyaman menggunakannya.

dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

"The best skincare are the ones you are willing to use everyday". Jadi, pilihlah serum yang tekstur dan aromanya nyaman digunakan. Utamakan juga kemasan dan penyimpanannya yang praktis sehingga Anda bisa rajin dan rutin menggunakannya. Khusus Anda yang berkulit sensitif, sebisa mungkin hindari produk yang mengandung pewangi, ya.

10 Rekomendasi serum wajah terbaik untuk usia 40-an

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk serum untuk usia 40-an terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee dan Tokopedia.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Dian Pratiwi, SpKK.

10

Martina BertoSariayu Face Serum Econature Nutreage

Mulai dari Rp 142.200,00

Isi30 ml
Bahan pelembapGlycerin, butylene glycol, hydrolyzed collagen, dan hyaluronic acid
Bahan lainnyaCitric acid, palmitoyl pentapeptide-4, dan dipotassium glycyrrhizate (antioksidan dan antiinflamasi)
Tekstur Agak kental
AromaBuah
KemasanPipet
9
Isi20 ml
Bahan pelembapGlycerin dan propylene glycol
Bahan lainnyaCitric acid (antioksidan)
Tekstur Ringan
AromaTidak ada keterangan
KemasanPipet
8

Garland Cantik IndonesiaDear Me Beauty Single Activator Face Serum - Retinol + Blueberry Extract

Mulai dari Rp 109.000,00

Isi12 ml dan 32 ml
Bahan pelembapEkstrak lidah buaya, propylene glycol, glycerin, dan soluble collagen
Bahan lainnyaRetinol, capric triglyceride, tocopherol, dan citric acid (antioksidan)
Tekstur Ringan
AromaTidak beraroma
KemasanPipet
7

EverwhitePeptide Anti Aging Serum

Mulai dari Rp 127.000,00

Isi15 ml
Bahan pelembapButylene glycol, glycerin, niacinamide, sodium hyaluronate, dan allantoin
Bahan lainnyaPalmitoyl tripeptide-1, palmitoyl tetrapeptide-7, collagen, dan licorice extract
Tekstur Agak kental
AromaLembut dan segar
KemasanPipet
6
Isi20 ml
Bahan pelembapAllantoin dan ekstrak lidah buaya
Bahan lainnyaRetinol, lipochroman-6, soybean oil, dan tocopherol
Tekstur Watery
AromaTidak beraroma
KemasanPipet
5

Procter and Gamble (P&G)Regenerist Retinol24 Night Serum

Mulai dari Rp 299.000,00

Isi40 ml
Bahan pelembapGlycerin dan niacinamide
Bahan lainnyaRetinol, retinyl propionate, dan palmitoyl pentapeptide-4 (anti-aging)
Tekstur Ringan
AromaTidak beraroma
KemasanPipet
4

L'Oréal ParisREVITALIFT 1,5% Hyaluronic Acid Serum

Mulai dari Rp 135.000,00

Isi15 ml dan 30 ml
Bahan pelembapGlycerin, sodium hyaluronate (hyaluronic acid), sodium acetylated hyaluronate, dan pentylene glycol
Bahan lainnyaDipeptide diaminobutyroyl benzylamide diacetete (anti-aging)
Tekstur Watery
AromaTidak beraroma
KemasanPipet
3

UnileverPond's Age Miracle Double Action Serum

Mulai dari Rp 175.000,00

Isi30 ml
Bahan pelembapGlycerin, pentylene glycol, niacinamide, butylene glycol, dan allantoin
Bahan lainnyaRetinol C-Complex (anti-aging) serta citric acid dan capric triglyceride (antioksidan)
Tekstur Lotion
AromaManis
KemasanPump
2
Isi20 ml
Bahan pelembapNiacinamide dan glycerin
Bahan lainnyaPalmitoyl tripeptide-1 dan palmitoyl tetrapeptide-7
Tekstur Kental dan agak lengket
AromaManis dan segar (fruity)
KemasanPump
1

Paragon Technology and InnovationWardah Renew You Anti Aging Intensive Serum

Mulai dari Rp 81.000,00

Isi17 ml
Bahan pelembapAloe barbadensis leaf extract, biosaccharide gum-1, pentylene glycol, glycerin, sugar cane extract, butylene glycol, allantoin, apple stem cell extract, tocopheryl acetate, ethylhexylglycerin, dan sodium hyaluronate
Bahan lainnyaUbiquinone dan resveratrol (antioksidan)
Tekstur Agak kental
AromaBuah dan lembut
KemasanPipet

Tabel perbandingan produk serum wajah terbaik untuk usia 40-an

Gambar produk
1
Paragon Technology and Innovation Wardah Renew You Anti Aging Intensive Serum 1

Paragon Technology and Innovation

2
Safi Age Defy Concentrated Serum 1

Safi

3
Unilever Pond's Age Miracle Double Action Serum 1

Unilever

4
L'Oréal Paris REVITALIFT 1,5% Hyaluronic Acid Serum 1

L'Oréal Paris

5
Procter and Gamble (P&G) Regenerist Retinol24 Night Serum 1

Procter and Gamble (P&G)

6
ERTO'S Retinol Serum 1

ERTO'S

7
Everwhite Peptide Anti Aging Serum 1

Everwhite

8
Garland Cantik Indonesia Dear Me Beauty Single Activator Face Serum - Retinol + Blueberry Extract 1

Garland Cantik Indonesia

9
La Tulipe Cosmetiques Anti Aging Serum 1

La Tulipe Cosmetiques

10
Martina Berto Sariayu Face Serum Econature Nutreage 1

Martina Berto

Nama produk

Wardah Renew You Anti Aging Intensive Serum

Age Defy Concentrated Serum

Pond's Age Miracle Double Action Serum

REVITALIFT 1,5% Hyaluronic Acid Serum

Regenerist Retinol24 Night Serum

Retinol Serum

Peptide Anti Aging Serum

Dear Me Beauty Single Activator Face Serum - Retinol + Blueberry Extract

Anti Aging Serum

Sariayu Face Serum Econature Nutreage

Keunggulan

Kulit wajah tetap awet muda dengan 10 bahan aktif

Diformulasikan menggunakan bahan alami yang bebas dari efek samping

Melawan tanda-tanda penuaan, bahkan yang belum terlihat sekalipun

Dengan 2 hyaluronic acid untuk kulit 42% lebih cerah

Menjaga kulit tetap terhidrasi selama 24 jam

Diformulasikan untuk mengatasi hiperpigmentasi dan mengecilkan pori

Meremajakan kulit tanpa menyebabkan iritasi

Efektif merawat kulit berjerawat dan menghilangkan bekasnya

Serum multifungsi dengan harga bersahabat

Menutrisi kulit Anda dengan 90% bahan alami

Harga mulai dariRp 81.000,00Rp 116.900,00Rp 175.000,00Rp 135.000,00Rp 299.000,00Rp 120.000,00Rp 127.000,00Rp 109.000,00Rp 68.000,00Rp 142.200,00
Isi17 ml20 ml30 ml15 ml dan 30 ml40 ml20 ml15 ml12 ml dan 32 ml20 ml30 ml
Bahan pelembapAloe barbadensis leaf extract, biosaccharide gum-1, pentylene glycol, glycerin, sugar cane extract, butylene glycol, allantoin, apple stem cell extract, tocopheryl acetate, ethylhexylglycerin, dan sodium hyaluronateNiacinamide dan glycerinGlycerin, pentylene glycol, niacinamide, butylene glycol, dan allantoinGlycerin, sodium hyaluronate (hyaluronic acid), sodium acetylated hyaluronate, dan pentylene glycolGlycerin dan niacinamideAllantoin dan ekstrak lidah buayaButylene glycol, glycerin, niacinamide, sodium hyaluronate, dan allantoinEkstrak lidah buaya, propylene glycol, glycerin, dan soluble collagenGlycerin dan propylene glycolGlycerin, butylene glycol, hydrolyzed collagen, dan hyaluronic acid
Bahan lainnyaUbiquinone dan resveratrol (antioksidan)Palmitoyl tripeptide-1 dan palmitoyl tetrapeptide-7Retinol C-Complex (anti-aging) serta citric acid dan capric triglyceride (antioksidan)Dipeptide diaminobutyroyl benzylamide diacetete (anti-aging)Retinol, retinyl propionate, dan palmitoyl pentapeptide-4 (anti-aging)Retinol, lipochroman-6, soybean oil, dan tocopherolPalmitoyl tripeptide-1, palmitoyl tetrapeptide-7, collagen, dan licorice extractRetinol, capric triglyceride, tocopherol, dan citric acid (antioksidan)Citric acid (antioksidan)Citric acid, palmitoyl pentapeptide-4, dan dipotassium glycyrrhizate (antioksidan dan antiinflamasi)
Tekstur Agak kentalKental dan agak lengketLotionWateryRinganWateryAgak kentalRinganRingan Agak kental
AromaBuah dan lembutManis dan segar (fruity)ManisTidak beraromaTidak beraromaTidak beraromaLembut dan segarTidak beraromaTidak ada keteranganBuah
KemasanPipetPumpPumpPipetPipetPipetPipetPipetPipetPipet
Tautan produk

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Dian Pratiwi, SpKK

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Dian Pratiwi, SpKK

Mulai usia 30 tahun-an, kulit mulai kehilangan kolagennya sekitar 13% per tahun. Tidak heran, seiring dengan pertambahan usia, kulit akan tampak kendur dan berkerut. 


Rutin menggunakan serum antioksidan pada pagi hari dan serum anti-aging pada malam hari akan membantu mempertahankan kolagen yang ada. Selain itu, rutinitas ini akan membantu kulit untuk memproduksi kolagen baru. Dengan demikian, kulit akan tampak kenyal dan awet muda lebih lama. 

Baca juga rekomendasi produk perawatan wajah lainnya untuk usia 40-an di sini

Agar mendapat hasil optimal, padukan penggunaan serum wajah dengan produk skincare lainnya yang juga ditujukan untuk usia 40-an. Anda bisa menambahkan essence, face emulsion, dan sabun muka di list perawatan kulit Anda. Ingin tahu lebih detail? Silakan baca artikelnya berikut ini!

Kesimpulan

Sampai di sini review serum untuk usia 40-an yang kami siapkan untuk Anda. Bagaimana pendapat Anda tentang rekomendasi yang diberikan? Apa pun tanda penuaan yang muncul, mari segera atasi dengan cara yang tepat dan benar.

Terkait hal ini, pilihlah produk yang kandungan bahannya mampu mengatasi masalah kulit Anda. Lakukanlah perawatan setiap hari untuk mendapatkan wajah yang terlihat lebih muda dari usia Anda. Good luck!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2021)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Meski begitu, facial wash yang cocok berbeda-beda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Garnier, Safi, dan SENKA juga bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
    956.369 Views
  • 10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Meski jerawat sudah hilang, bekas jerawat masih menghantui Anda. Noda bekas jerawat sulit disamarkan tanpa bantuan makeup. Daripada menggunakan makeup tebal, atasi saja dengan serum penghilang bekas jerawat. Kali ini, kami menyajikan rekomendasi serum untuk menghilangkan bekas jerawat yang bagus.Beragam review serum untuk menghilangkan bekas jerawat terbaik dari Wardah, SOMETHINC, Dear Me Beauty, dan Avoskin ada di sini. Tak ketinggalan, kami juga memberikan tips memilih serum bekas jerawat yang tepat berdasarkan jenis bekas jerawat Anda. Penasaran dengan beragam serum terbaik dari kami? Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
    539.159 Views
  • 10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit mata punya kondisi yang lebih rentan dibandingkan area wajah lainnya. Itulah sebabnya, area mata lebih mudah berkerut, menghitam, dan kering. Untuk mencegahnya, Anda memerlukan produk eye cream yang bagus. Saat ini telah banyak merek eye cream terbaik yang bisa dipakai untuk remaja hingga dewasa.Dari banyaknya produk yang beredar, bagaimana cara memilih eye cream yang benar? Untuk menjawabnya, kami punya tips dan info menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Tak lupa, kami juga punya rekomendasi eye cream dengan harga terjangkau, seperti SOMETHINC, Joylab, dan Wardah.
    Perawatan wajah
    728.441 Views
  •  10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Menghilangkan Flek Hitam (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Menghilangkan Flek Hitam (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu masalah yang dialami hampir oleh semua orang dewasa adalah munculnya flek hitam di wajah. Noda hitam yang satu ini memang terkadang membuat Anda jadi kurang percaya diri. Flek hitam terjadi akibat adanya penumpukan pigmen di permukaan kulit, baik di bagian terluar maupun di bagian dalam. Kali ini, kami akan mengulas beberapa produk Wardah yang dapat membantu Anda mengatasi flek hitam tersebut, mulai dari eye cream, facial scrub, hingga clay mask. Cari tahu cara memilihnya dan keunggulan masing-masing produk di artikel ini, ya! 
    Perawatan wajah
    89.081 Views
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit yang cerah dan sehat berawal dari sabun cuci muka yang bagus. Untuk mendapatkan kulit glowing, Anda bisa memilih sabun sabun cuci muka untuk mencerahkan wajah. Namun, dari banyaknya sabun pencerah wajah, mana yang tepat untuk Anda?Tak perlu cemas, kami punya cara memilih sabun muka untuk mencerahkan wajah sekaligus rekomendasi sabun cuci muka untuk Anda. Beragam merek sabun wajah terbaik, seperti Wardah, Avoskin, dan SENKA hadir dalam ulasan kami. Ada juga tips dari certified aesthetic doctor dan cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
    438.949 Views
  • 10 Rekomendasi Air Mawar/Rose Water Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Air Mawar/Rose Water Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Air mawar terkenal karena manfaat kecantikannya. Namun ternyata, di masa lampau air mawar juga sering digunakan untuk ritual keagamaan. Di Indonesia sendiri, air mawar cukup mudah didapatkan di pasaran dengan berbagai merek, seperti Viva, Mustika Ratu, Sariayu, dan lainnya. Namun, apakah Anda telah mengetahui produk mana yang terbaik?Kali ini, kami akan menjelaskan tentang cara memilih air mawar. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi produk yang dapat digunakan sebagai referensi. Mari baca secara saksama agar Anda bisa mendapatkan air mawar yang paling sesuai untuk Anda!
    Perawatan wajah
    96.911 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori