10 Rekomendasi In-Ear Earphone Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi In-Ear Earphone Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Permainan game seperti PS4, online game, dan sebagainya adalah hiburan yang sering dinikmati zaman sekarang ini. Saat sedang memainkan game kesukaan Anda, tentunya Anda ingin bisa fokus merasakan dunia game tanpa gangguan. Selain visual, suara juga merupakan faktor yang membuat kita dapat merasakan dunia game dengan optimal.

Agar dunia game terasa semakin nyata, Anda harus menggunakan earphone gaming yang berkualitas. Lalu apa yang harus diperhatikan saat memilih earphone gaming? Di sini kami akan membahas cara memilih earphone gaming dan rekomendasi produk yang paling diminati. Pilihlah yang sesuai dengan gaya bermain Anda!

Daftar isi

Cara memilih earphone gaming

Earphone gaming merupakan partner tak terpisahkan bagi para gamers saat menyelami dunia game. Terkadang sulit untuk memilih earphone gaming yang tepat dengan genre atau jenis game yang Anda mainkan. Online game atau offline game juga menjadi poin pertimbangan dalam pemilihan earphone gaming. Di sini kami akan membahas poin-poin dalam memilih earphone gaming.

Tipe dengan kabel atau tanpa kabel

Tipe dengan kabel atau tanpa kabel

Ada 2 tipe earphone gaming, yaitu tipe dengan kabel yang tersambung ke perangkat game dan tipe tanpa kabel yang tersambung ke perangkat game dengan Wi-Fi atau bluetooth.

Tipe yang dapat tersambung ke perangkat game melalui Wi-Fi atau bluetooth umumnya disebut dengan wireless. Jenis ini tidak akan bermasalah dengan kabel yang kusut. Akan tetapi, pada tipe ini kadang terjadi ketidaktepatan suara dengan gambar video. Untuk game simulasi atau yang sedikit action-nya, hal ini tidak akan menjadi masalah. Akan tetapi, pada game battle atau yang banyak action-nya, kita tidak akan bisa membaca serangan lawan dari suara game-nya. Ini sangat berpengaruh pada kepuasan gaming anda.

Tipe in-earphone atau on-earphone

Tipe in-earphone atau on-earphone

Beberapa tahun terakhir ini, tipe in-ear phone (canal type ) sangat populer. Kebanyakan earphone gaming juga merupakan tipe ini, meskipun ada juga pengguna yang merasa kurang nyaman dengan tipe ini. Hal ini karena saat digunakan, kanal earphone akan dimasukkan ke dalam kanal telinga. Tujuannya adalah agar suara bisa sampai hingga ke bagian dalam telinga. Akibatnya, telinga Anda akan cepat lelah karena terdapat benda asing di dalam telinga Anda. Walau begitu, tipe ini sangat diminati karena fitur noise cancelling-nya akan membuat Anda fokus bermain game tanpa terganggu suara dari luar.

Di sisi lain, tipe on-earphone tidak membuat telinga Anda cepat lelah dan bisa dipakai dengan nyaman. Hanya saja, suaranya bisa bocor dan terdengar keluar.

Gaya game Anda menjadi penentu dalam memilih earphone. Misalnya, Anda sering bermain  portable game yang bisa dimainkan di luar ruangan, maka mungkin Anda akan menyukai tipe in-earphone yang memblok suara bising dari luar. Akan tetapi, kelebihan ini juga akan membuat Anda jadi tidak perhatian dengan kondisi sekitar. Oleh karena itu, sangatlah penting memilih earphone gaming sesuai dengan kebutuhan Anda.

Dengan mikrofon atau tanpa mikrofon

Dengan mikrofon atau tanpa mikrofon

Jika Anda tidak memiliki mikrofon, Anda harus berkomunikasi dengan gamer online lainnya menggunakan chat. Padahal, banyak sekali online game yang bisa dimainkan ramai-ramai bersama dengan gamer online lainnya. Peran mikrofon sangat penting karena dapat memangkas waktu Anda untuk berkomunikasi. Daripada mengobrol melalui chat, tentunya akan lebih praktis bila dapat bicara langsung, bukan? Anda bersama teman game Anda pun dapat melancarkan strategi baru dengan cepat.

Namun, bila Anda jarang bermain online game, Anda dapat memilih earphone tanpa mikrofon. Jadi, sangat penting bagi Anda untuk melihat jenis game yang Anda mainkan sebelum membeli earphone gaming.

10 Rekomendasi in-ear earphone gaming terbaik

Berikut adalah varian produk earphone gaming rekomendasi kami untuk Anda. Produk-produk ini telah kami urutkan dalam rangking sesuai dengan performanya, sehingga memudahkan Anda dalam menentukan earphone yang Anda butuhkan.

10. Marshall Mode

10. Marshall Mode

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 879.120

Ukuran kecil dengan suara yang besar

Sesuai deskripsinya, earphone ini memiliki ukuran yang kecil. Meski kecil, kemampuannya tidak bisa diremehkan! Driver-nya mampu menghasilkan suara yang besar dan jernih. Kualitas bass-nya juga bagus! Kabel earphone ini berbentuk pipa dan berukuran kecil. Meski begitu, tidak akan mudah kusut, kok.

Earphone ini juga dilengkapi dengan in-line mic untuk berkomunikasi dan tombol kontrol untuk memainkan musik dan menjawab panggilan. Untuk eartips-nya, tersedia 4 ukuran yang dapat Anda pilih sesuai ukuran telinga Anda. Earphone ini cocok bagi Anda yang menyukai tampilan earphone yang imut.

9. PLEXTON G10

9. PLEXTON G10

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 145.000

Fleksibel dengan kabel yang panjang

Earphone ini dapat menghasilkan suara yang jernih dan bass yang dinamis. Tidak hanya untuk bermain game, earphone ini juga asyik untuk mendengarkan musik. Eartips pada earphone ini menggunakan bahan foam yang nyaman ditelinga. Earphone ini juga dilengkapi mikrofon. Anda pun dapat berkomunikasi dengan kawan bermain Anda.

Earphone ini memiliki kabel yang panjang, yaitu sekitar 1,7 m. Ditambah lagi, masih ada kabel tambahan yang memungkinkan earphone dihubungkan ke PC. Jadi, bila Anda memiliki masalah di mana earphone tidak dapat dihubungkan dengan PC karena kabelnya yang terlalu pendek, earphone ini dapat menjadi solusi Anda.

8. SADES Wings Gaming Earphone SA-608

8. SADES Wings Gaming Earphone SA-608

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 260.000

Mikrofon dengan sensitifitas suara yang tinggi

SADES merupakan salah satu produsen perangkat gaming yang terkenal di kalangan para gamers. Produknya yang paling diminati adalah earphone SADES Wings model SA-608, yang mampu menghasilkan suara kualitas tinggi. Kelebihan dari earphone ini adalah mikrofonnya yang memiliki sensitifitas tinggi sehingga mampu menangkap suara Anda dengan baik.

Earphone ini memiliki tampilan modis dengan warna emas yang eye-cacthing. Bila Anda mencari earphone gaming dengan kualitas baik dan memiliki tampilan modis, Anda dapat memasukkan earphone ini ke dalam list Anda.

7. QKZ KD 7 Earphones Dual Driver

7. QKZ KD 7 Earphones Dual Driver

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 135.000

Dengan dual driver untuk suara yang lebih lembut

Earphone ini sedikit berbeda dengan earphone pada umumnya. Untuk menghasilkan suara yang lembut dan nyaman ditelinga, earphone dilengkapi fitur dual driver sebagai high-pitched speaker dan subwoofer. Selain itu, eartips-nya juga mudah disesuaikan dengan bentuk telinga Anda, sehingga suara terisolasi dengan baik.

Kekurangan earphone ini adalah kabelnya didesain berbentuk pipa dan kecil sehingga mudah digulung. Walau begitu, masih banyak gamers yang menggemari earphone ini karena kualitas suaranya yang bagus. Jadi, jangan ragu untuk mencoba earphone ini untuk menemani Anda bermain game.

6. Turtle Beach Ear Force M1

6. Turtle Beach Ear Force M1

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 600.000

Harga murah dengan kualitas terbaik

Beach Turtle telah lama menjadi produsen perangkat audio untuk gaming. Oleh karena itu, kualitas perangkat audionya tidak bisa diremehkan. Earphone ciptaannya ini mampu menghasilkan suara dan bass dengan kualitas terbaik. Ditambah lagi, eartips dan kabelnya, yang didesain model braid, sehingga tidak mudah untuk rusak.

Untuk memudahkan komunikasi saat bermain game, earphone ini dilengkapi dengan mikrofon berkualitas. Terdapat juga in-line control untuk memudahkan mengatur volume suara dan menjawab panggilan. Sebagai earphone gaming dengan kualitas suara dan bass terbaik, earphone ini cukup terjangkau harganya. Cocok juga untuk smarphone Anda, lho!

5. COUGAR Megara

5. COUGAR Megara

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 1.105.000

Suara yang jelas dan jernih dengan 2 mikrofon

Earphone ini dilengkapi dengan 2 mikrofon, yaitu in-line mic dan mikrofon yang berada tepat di depan mulut Anda. Suara Anda selama berkomunikasi pun menjadi lebih jelas. Jadi, jika keperluan Anda hanya untuk bertelepon, Anda dapat melepas mic yang berada tepat di depan mulut Anda dan sebaliknya.

Untuk kualitas suaranya, earphone ini mampu menghasilkan suara yang jernih. Eartips-nya juga mampu mengisolasi suara dengan baik. Earphone ini sangat ringan dan dapat dihubungkan juga dengan smartphone, tablet, dan PC Anda. Jadi, bila Anda menginginkan earphone yang cocok untuk segala kegiatan Anda, earphone ini dapat menjadi solusinya.

4. SoundPEATS Q12

4. SoundPEATS Q12

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 1.063.590

Praktis tanpa kabel yang mengganggu

Earphone ini didesain khusus untuk digunakan saat berolahraga. Namun, karena suara yang dihasilkan tidak kalah dengan earphone gaming, akhirnya earphone ini juga digemari oleh para gamers. Ditambah lagi, eartips earphone ini dapat mengisolasi suara dengan baik. Sebagai pengganti kabel penghubung ke gadget, earphone ini menggunakan sistem bluetooth.

Earphone ini dapat bertahan hingga 150 jam bila baterai terisi penuh. Earphone ini juga waterproof, Anda tidak perlu lagi khawatir jika earphone Anda basah. Earphone ini memiliki keunikan sendiri, yaitu badan earphone-nya memiliki magnet yang dapat saling menempel sehingga dapat dijadikan kalung. Earphone pun jadi tidak mudah jatuh dari leher Anda.

3. SHURE SE 215 SPE

3. SHURE SE 215 SPE

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 2.100.000

Kualitas suara dan detail yang luar biasa

Earphone ini bekerja layaknya monitoring earphone yang biasa digunakan pemusik untuk mendengar penampilan mereka di atas panggung. Jadi, suara yang dihasilkan lebih mendetail dan jelas. Eartips-nya juga mampu mengisolasi suara berisik dari lingkungan sekitar dengan baik. Karena itulah, earphone ini diminati oleh para gamers.

Kekurangan earphone ini, yaitu tidak adanya in-line mic dan in-line control untuk berkomunikasi serta mengatur volume suara dan memainkan musik. Walau begitu, earphone ini masih menjadi idola para gamers karena kualitas dan detail suaranya yang tinggi. Jadi, bila anda ingin merasakan sensasi greget saat bermain game, Anda dapat mencoba earphone ini.

2. Armaggeddon Mark 5

2. Armaggeddon Mark 5

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 325.000

Dapat digunakan dalam pesawat

Fitur yang melengkapi earphone ini sangat nyaman digunakan untuk bermain game maupun sekedar mendengarkan musik. Kualitas suara yang dihasilkan tidak perlu diragukan lagi, begitu pula dengan sensitifitas mikrofonnya. Eartips-nya mampu mengisolasi suara sehingga Anda dapat lebih menikmati suara game dan musik.

Earphone ini didesain dengan tampilan sederhana dan warna khas gamer. Kelebihan dari earphone ini adalah adanya fitur in-flight adaptor yang memungkinkan Anda menggunakan earphone ini di dalam pesawat. Jadi, jika Anda merupakan salah satu gamer penggemar traveling, earphone ini dapat menemani perjalanan Anda.

1. Razer Hammerhead Pro V2

1. Razer Hammerhead Pro V2

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 309.000

Suara yang lebih nyata dan mendebarkan

Produsen ini terkenal dengan perangkat razer gaming ciptaannya yang berkualitas tinggi, seperti Hammerhead Pro V2 ini. Suara yang dihasilkannya sangat jernih dengan bass yang kuat. Namun, earphone ini lemah bila digunakan untuk mendengarkan musik karena suara bass-nya yang mendominasi. Untuk mencegah bocornya suara, earphone ini menggunakan bi-flange eartips yang dapat meningkatkan isolasi suara.

Earphone ini didesain dengan kabel pipih untuk memudahkan penyimpanan. Terdapat juga in-line mic dan 3 tombol kontrol untuk memudahkan Anda dalam mengatur volume suara dan menjawab panggilan. Jadi, jika Anda ingin merasakan debaran saat bermain game, Anda dapat memilih earphone ini.

Kesimpulan

Memasuki dan menjelajahi dunia game sangatlah menyenangkan. Karena itu, Anda membutuhkan earphone gaming yang dapat membawa Anda masuk ke dalamnya. Walaupun produk rekomendasi kami tidak semuanya dikhususkan untuk gaming, setidaknya produk-produk tersebut mampu menambah kepuasan Anda dalam bermain game.

Ketepatan dalam memilih earphone juga akan mempengaruhi kepuasan Anda dalam bermain game. Untuk itu, pastikan Anda memilih earphone gaming yang sesuai dengan jenis game dan gaya bermain Anda!