• 10 Rekomendasi In-Ear Headphone (Earphone) Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi In-Ear Headphone (Earphone) Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi In-Ear Headphone (Earphone) Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi In-Ear Headphone (Earphone) Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi In-Ear Headphone (Earphone) Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi In-Ear Headphone (Earphone) Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Dengan menggunakan earphone gaming, Anda dapat menyelami dunia game lebih dalam. Tak hanya itu, saat bermain game TPS dan FPS, Anda dapat mendengarkan suara sekecil apa pun. Saat ini, ada banyak merk earphone gaming yang bagus dan terkadang membuat Anda bingung dalam memilih.

Melalui artikel ini kami akan memberikan sepuluh rekomendasi produk-produk terkenal, seperti JBL, SoundPEATS, Razer, dan lainnya. Tak hanya itu, kami juga akan menyajikan tips memilih earphone yang cocok untuk menemani Anda bermain game. Temukan produk pilihan Anda di sini!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Bai Ruindra
  • Pembaharuan terakhir: 28 Februari 2021
  • 182.783 Views
Daftar isi

Apa keuntungan menggunakan earphone gaming?

Apa keuntungan menggunakan earphone gaming?

Earphone gaming yang dapat berfokus pada sumber suara sangatlah penting supaya permainan menjadi lebih seru. Tak seperti earphone biasa, earphone gaming dilengkapi dengan driver yang lebih unggul sehingga Anda dapat mendengar suara lebih detail.


Tak hanya sempurna untuk penikmat game yang membutuhkan ketepatan suara, earphone gaming juga dibutuhkan penikmat game RPG (role playing game). Dengan menggunakan earphone gaming, Anda dapat lebih menyelami dunia game dengan suara latar pertunjukan orkestra. 


Jika Anda menggunakan earphone yang kompatibel dengan 7.1 Surround Sound, Anda dapat mendengarkan dari mana arah datangnya suara. Tentu saja sangat ideal untuk game shooter, seperti TPS (third person shooter), FPS (first person shooter), dan lain-lain. Anda dapat mendengarkan secara akurat darimana asal suara langkah kaki musuh akan datang saat bermain PUBG mobile.


Daya tarik lain dari earphone gaming adalah bobotnya yang lebih ringan dan ringkas dibandingkan dengan headset gaming. Meski digunakan dalam waktu lama, Anda tidak akan mudah lelah. Selain itu, ia mudah dibawa sehingga sangat berguna ketika ingin bermain game di smartphone atau mobile console. Dapatkan earphone gaming yang mudah digunakan dan nikmati game favorit Anda di mana saja!

Cara memilih in-ear headphone (earphone) gaming

Kali ini, kami akan memberikan tips memilih earphone gaming yang tepat. Simak penjelasannya berikut ini!

Gunakan metode koneksi sesuai dengan game yang dimainkan

Ada dua tipe earphone gaming, yaitu tipe berkabel (wired) dan tipe nirkabel (wireless). Pahami dan cari tahu masing-masing karakteristik dari keduanya. Kemudian, pilih yang sesuai dengan game dan penggunaan Anda.

Untuk rhythm game dan FPS, pilih tipe wired yang lebih sedikit delay

Untuk rhythm game dan FPS, pilih tipe wired yang lebih sedikit delay

Tipe wired sangat nyaman digunakan untuk game yang mementingkan suara. Hal ini karena tidak adanya delay sehingga Anda dapat mendengarkan suara secara real time. Tipe ini sangat cocok untuk shooter game, TPS, dan FPS. Tak hanya PUBG dan PUBG Mobile, rhythm game juga memerlukan earphone wired karena sedikit pun delay tidak diperbolehkan. Selain itu, tipe ini juga tidak membutuhkan baterai sehingga cocok untuk permainan jangka panjang.


Akan tetapi, panjang kabel yang terbatas mungkin dapat mengganggu Anda. Saat earphone tersambung jauh dengan perangkat, earphone akan rawan lepas dan menyulitkan Anda. Oleh karenanya, periksa panjang kabel terlebih dahulu sebelum memilih.

Untuk game yang tidak terlalu terpengaruh oleh suara, pilih tipe wireless

Untuk game yang tidak terlalu terpengaruh oleh suara, pilih tipe wireless

Untuk game yang tidak memerlukan ketepatan suara dalam permainannya, pertimbangkanlah earphone gaming tipe wireless. Tipe wireless memiliki delay dalam transmisi suara. Namun, game yang berupa simulation game tidak terpengaruh dengan hal tersebut. Anda masih dapat menikmati game meskipun terdapat delay suara. 


Anda dapat menyambungkannya ke smartphone, tablet, konsol game, dan perangkat lainnya menggunakan Bluetooth atau Wi-Fi. Jadi, earphone jenis ini ideal untuk Anda yang memprioritaskan kegunaan.


Namun, delay suara dapat menjadi kerugian saat bermain rhythm atau shooter game. Untuk game yang mementingkan suara, pilih earphone yang sudah mendukung codec, seperti aptX dan aptX LL. Kedua codec tersebut lebih rendah delay sehingga dapat digunakan untuk rhythm atau shooter game.

Pilih berdasarkan perbedaan struktur

Secara garis besar, struktur earphone gaming dibagi menjadi dua tipe, yaitu sealed dan open. Saat ini, tipe struktur earphone yang populer adalah tipe sealed atau biasa disebut tipe kanal. Meskipun demikian, tipe open juga masih dicari. Pahami keunggulan dan kekurangan dari kedua tipe dan pilih yang sesuai dengan gaya bermain Anda.

Jika ingin fokus terhadap game, tipe kanal memiliki kualitas suara yang sangat baik

Jika ingin fokus terhadap game, tipe kanal memiliki kualitas suara yang sangat baik

Tipe kanal direkomendasikan bagi Anda yang mengutamakan suara dalam game dan sering menggunakannya di luar ruangan. Anda akan merasakan sensasi yang berbeda karena dapat mencegah suara-suara dari luar masuk ke telinga. Ia juga memudahkan Anda untuk mendengar bisikan karakter, bahkan efek suara sekecil apa pun. Kemungkinan kebocoran suara juga kecil sehingga sangat nyaman digunakan saat bepergian.


Namun, kekurangan dari tipe ini adalah dapat membuat telinga Anda mudah lelah jika digunakan terlalu lama. Jadi, tipe kanal ini lebih cocok digunakan untuk bermain dalam waktu singkat dan ingin mengutamakan kualitas suara.

Jika sering bermain dalam waktu yang lama, tipe open tidak melelahkan saat digunakan

Jika sering bermain dalam waktu yang lama, tipe open tidak melelahkan saat digunakan

Tipe open tidak dapat meredam suara sekaligus tidak melelahkan telinga Anda. Cocok bagi yang sering bermain dalam waktu lama. Tipe ini mudah melewatkan suara-suara yang kecil. Meski begitu, Anda tetap dapat merasakan sensasi suara tiga dimensi.


Sayangnya, earphone gaming tipe open sangat sedikit di pasaran. Tipe earphone gaming yang umum di pasaran adalah tipe kanal sehingga tipe open sulit ditemukan. Selain itu, suara earphone gaming tipe ini mudah bocor. Jadi, lebih cocok digunakan untuk Anda yang biasa bermain game di rumah.

Bila ingin sambil menikmati voice chat, pilih yang dilengkapi dengan mikrofon

Bila ingin sambil menikmati voice chat, pilih yang dilengkapi dengan mikrofon

Apabila Anda juga ingin menikmati voice chat, pilihlah earphone yang dilengkapi dengan mikrofon. Saat ini, ada banyak game dengan fitur voice chat di game MOBA, FPS, TPS, dan online fighting game. Fungsi mikrofon sangat diperlukan untuk game semacam itu.


Penempatan mikrofon berbeda-berbeda tergantung dengan produknya, ada yang menjadi satu dengan earphone, kontrol audio, dan di dekat mulut. Penempatan mikrofon juga berpengaruh dengan kemudahan pihak lain mendengar suara Anda. Earphone mikrofon yang terletak di dekat mulut biasanya dapat mendukung panggilan suara. Jika Anda membutuhkan fungsi voice chat, pilih earphone khusus yang mendukung fungsi tersebut.

Pilih berdasarkan perangkat yang digunakan

Sesuaikan earphone dengan perangkat yang akan disambungkan. Jadikan informasi berikut sebagai referensi untuk memilih earphone yang paling cocok dengan perangkat gaming Anda.

Smartphone: Cari yang nyaman untuk mendengarkan musik dan menelepon

Smartphone: Cari yang nyaman untuk mendengarkan musik dan menelepon

Jika Anda sering memainkan game di smartphone, kami merekomendasikan earphone yang  nyaman digunakan untuk mendengarkan musik dan menelepon. Apalagi jika earphone tersebut memiliki mikrofon, Anda dapat dengan mudah menjawab panggilan saat bermain game. Earphone gaming tipe kanal sangat sempurna digunakan untuk mendengarkan musik. Pilihlah satu yang dapat digunakan untuk berbagai hal.

PC: Sesuaikan metode koneksi dengan genre game yang dimainkan

PC: Sesuaikan metode koneksi dengan genre game yang dimainkan

Bagi Anda yang biasa bermain game di PC, sesuaikan metode koneksi earphone berdasarkan genre game yang dimainkan. Earphone dengan koneksi USB memiliki kualitas input suara yang bagus sehingga cocok untuk voice chat. Sementara itu, earphone dengan stereo mini jack dapat menghasilkan output suara yang bagus, cocok untuk game yang mementingkan sound effect.


Earphone dengan koneksi stereo mini jack umumnya tipe wired. Jika ingin disambungan ke PC, pastikan terlebih dahulu ketersediaan stereo mini jack atau sediakan adaptor terpisah.

Konsol game stasioner (PS4 dan Switch): Pilih koneksi jack 4 pole

Konsol game stasioner (PS4 dan Switch): Pilih koneksi jack 4 pole

Jika ingin menggunakan earphone pada game konsol, seperti PS4 atau Nintendo Switch, pilihlah koneksi jack 4 pole. Anda dapat mencolokkannya dengan mudah ke dalam earphone jack. Tak hanya itu, earphone dengan koneksi jack 4 hole kompatibel dengan beragam konsol game


Terdapat banyak varian earphone dengan koneksi ini sehingga Anda dapat menemukan produk favorit secara mudah. Beberapa lokasi earphone jack terdapat pada konsol game dan ada pula yang terdapat di joystick. Jadi, pastikan juga lokasi earphone jack-nya!

Disarankan juga untuk membandingkan dan memilih dari merek-merek ternama

Beragam merek earphone gaming dijual di pasaran. Jika Anda bimbang untuk memilih produk dengan harga dan kinerja yang sama, bandingkan karakteristik dari masing-masing merek. Setelah itu, pilih satu yang paling sesuai.

Razer, pilihan klasik untuk game PC

Razer, pilihan klasik untuk game PC

Razer merupakan merek yang memproduksi peralatan gaming untuk komputer, seperti mousepad, keyboard, mouse, dan lain-lain. Ia juga menyediakan sepaket peralatan gaming sehingga memudahkan Anda untuk melakukan sinkronisasi. Merek ini direkomendasikan untuk semua gamer, mulai dari gamer level pemula hingga mahir.


Selain itu, Razer menjalin kerjasama dengan berbagai game, baik game profesional maupun amatir. Jadi, ia memiliki banyak varian produk yang dapat disesuaikan dengan genre game yang Anda mainkan.

HyperX, memiliki produk berlimpah untuk gamer profesional

HyperX, memiliki produk berlimpah untuk gamer profesional

HyperX merupakan merek populer yang menyediakan berbagai produk untuk gamers, khususnya gamer profesional. Merek ini telah menjadi merek peralatan gaming yang mapan dan telah memikat banyak pengguna. Rahasianya adalah, ia memiliki banyak produk yang menekankan kenyamanan pengguna, seperti headset dan earphone.

ROCCAT, performa harganya sangat baik dan ideal untuk mendengarkan musik

ROCCAT, performa harganya sangat baik dan ideal untuk mendengarkan musik

Earphone ROCCAT tak hanya nyaman digunakan untuk bermain game, tetapi juga mendengarkan musik. Daya tarik lainnya adalah performa harganya yang baik. Banyak model dilengkapi dengan tombol yang dapat digunakan untuk memutar musik dan menerima panggilan. Jadi, merek ini sangat cocok jika Anda ingin menggunakan earphone untuk bermain game sekaligus mendengarkan musik.

Rexus, harga terjangkau dengan spesifikasi mumpuni

Rexus, harga terjangkau dengan spesifikasi mumpuni

Rexus sudah dikenal luas karena ia menjual perangkat gaming dengan harga yang lebih terjangkau. Spesifikasinya cukup mumpuni dan tak kalah jika dibandingkan dengan merek-merek besar lainnya. Tak hanya itu, Rexus juga memiliki garansi 1 tahun untuk semua produk yang mereka jual. Garansi tersebut dapat Anda klaim dengan mudah secara online di laman resminya. Merek ini sangat cocok untuk Anda yang mengutamakan efisiensi performa dan harga.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

Armaggeddon WASP-5 Dual Microphone

Mulai dari Rp 195.000,00

10 Rekomendasi in-ear headphone (earphone) gaming terbaik

Sekarang, kami akan memberikan rekomendasi earphone gaming terbaik. Anda bisa memilih yang paling sesuai dengan preferensi Anda.
10
KonektivitasWired (3,5 mm)
Panjang kabel1,2 m
TipeKanal
Mikrofon✓ (Audio kontrol)
9
KonektivitasWired (3,5 mm)
Panjang kabel1,2 m
TipeKanal
Mikrofon✓ (Dekat mulut dan audio kontrol)
8
KonektivitasWired (3,5 mm)
Panjang kabel1,3 m
TipeKanal
Mikrofon✓ (Audio kontrol)
7

UiiSiiC8 Dual Dynamic Driver USB C In Ear Headphone

Mulai dari Rp 486.910,00

KonektivitasWired (USB-C)
Panjang kabel1,2 m
TipeKanal
Mikrofon✓ (Audio kontrol)
6

RazerHammerhead True Wireless Earbuds Pikachu Limited Edition

Mulai dari Rp 2.799.000,00

KonektivitasWireless
Panjang kabelX
TipeKanal
Mikrofon
5

steelseriesTUSQ In-ear mobile gaming headset

Mulai dari Rp 590.000,00

KonektivitasWired (3,5 mm)
Panjang kabel1,2 m
TipeKanal
Mikrofon✓ (Dekat mulut dan audio kontrol)
4
KonektivitasWireless
Panjang kabelX
TipeKanal
Mikrofon
3
KonektivitasWired (3,5 mm)
Panjang kabel1,2 m
TipeKanal
Mikrofon✓ (Audio kontrol)
2
KonektivitasWired (3,5 mm)
Panjang kabel1,2 m
TipeKanal
Mikrofon✓ (Audio kontrol)
1
KonektivitasWired (3,5 mm)
Panjang kabelTidak disebutkan
TipeKanal
Mikrofon✓ (Dekat mulut)

Tabel perbandingan produk in-ear headphone (earphone) gaming terbaik

Gambar produk
1
JBL by HARMAN JBL Quantum 50 1

JBL by HARMAN

2
Kingstone HyperX Cloud Earbuds 1

Kingstone

3
Razer Hammerhead Duo Console 1

Razer

4
SoundPEATS TrueAir2 1

SoundPEATS

5
steelseries TUSQ In-ear mobile gaming headset 1

steelseries

6
Razer Hammerhead True Wireless Earbuds Pikachu Limited Edition 1

Razer

7
UiiSii C8 Dual Dynamic Driver USB C In Ear Headphone 1

UiiSii

8
ROCCAT Syva 1

ROCCAT

9
Rexus Earphone Gaming Vonix ME4 1

Rexus

10
SADES Wings 10 Gaming Earphone 1

SADES

Nama produk

JBL Quantum 50

HyperX Cloud Earbuds

Hammerhead Duo Console

TrueAir2

TUSQ In-ear mobile gaming headset

Hammerhead True Wireless Earbuds Pikachu Limited Edition

C8 Dual Dynamic Driver USB C In Ear Headphone

Syva

Earphone Gaming Vonix ME4

Wings 10 Gaming Earphone

Keunggulan

Kualitas suara memukau dengan harga yang lebih bersahabat

Inovasi Signature HypeX Comfort menjadikannya nyaman digunakan dalam waktu lama

Rasakan suara bass yang lebih dalam dengan teknologi dual driver

Dilengkapi dengan codec aptX yang rendah delay

Earphone tidak mudah jatuh karena bentuknya ergonomis

Gotta catch 'em all! Desain unik khusus penggemar Pokemon

Rentang frekuensinya luas berkat sertifikasi Hi-Res Audio dari SONY

Hasilkan suara lebih jelas dengan fitur noise cancelling pada mikrofon

Earphone spesial dari Rexus untuk gamer wanita!

Dilengkapi case stylish, mudah dibawa ke mana saja

Harga mulai dariRp 399.000,00Rp 695.000,00Rp 949.000,00Rp 1.499.000,00Rp 590.000,00Rp 2.799.000,00Rp 486.910,00Rp 864.000,00Rp 219.000,00Rp 160.000,00
KonektivitasWired (3,5 mm)Wired (3,5 mm)Wired (3,5 mm)WirelessWired (3,5 mm)WirelessWired (USB-C)Wired (3,5 mm)Wired (3,5 mm)Wired (3,5 mm)
Panjang kabelTidak disebutkan1,2 m1,2 mX1,2 mX1,2 m1,3 m1,2 m1,2 m
TipeKanalKanalKanalKanalKanalKanalKanalKanalKanalKanal
Mikrofon✓ (Dekat mulut)✓ (Audio kontrol)✓ (Audio kontrol)✓ (Dekat mulut dan audio kontrol)✓ (Audio kontrol)✓ (Audio kontrol)✓ (Dekat mulut dan audio kontrol)✓ (Audio kontrol)
Tautan produk

Baca juga rekomendasi perlengkapan gaming lainnya di sini!

Banyak game keren yang bisa Anda mainkan di laptop atau PC. Supaya permainan lebih seru, Anda pasti memerlukan beragam perangkat gaming , seperti gaming mouse, keyboard gaming, dan lainnya. Ingin tahu cara memilih dan rekomendasi produk terbaik? Silakan baca artikelnya pada tautan ini!

Kesimpulan

Masuk dan menjelajahi dunia game sangatlah menyenangkan. Agar permainan lebih seru, Anda wajib memiliki earphone gaming yang mumpuni. Karena itu, di atas kami telah menjelaskan cara memilih sekaligus merekomendasikan produk terbaik.

Anda bisa memilih earphone gaming dengan kabel, wireless, atau yang dilengkapi mikrofon bila memang menginginkannya. Pastikan Anda memilih earphone gaming yang sesuai dengan jenis game dan gaya bermain Anda! Selamat bermain!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Gamepad Android Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Gamepad Android Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Menggunakan gamepad Android akan membuat permainan Anda makin kompetitif. Pasalnya, Anda tidak perlu memasukkan perintah lewat layar lagi. Tombol-tombolnya bertindak sebagai shortcut sehingga permainan Anda makin cepat. Alhasil, mengalahkan lawan bakal jadi lebih mudah.Kali ini kami akan membagikan poin cara memilih gamepad Android terbaik untuk Anda. Rekomendasi produk dari merk yang bagus seperti Logitech dan Rexus juga ada. Ulasannya pun sudah kami siapkan. Ada yang cocok untuk smartphone, ada yang untuk Android TV. Main PUBG Mobile dengan gamepad Android via Bluetooth? Pastinya bisa. Yuk, lanjutkan membacanya!
    Aksesori mobile gaming
    3.005 Views
  • 10 Gaming Headset Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2021)
    10 Gaming Headset Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2021)
    Menggunakan headphone saja tentu belum terasa cukup sebagai perangkat audio saat bermain game. Anda perlu menggunakan gaming headset untuk mendapatkan pengalaman terbaik. Produknya memungkinkan Anda untuk berkomunikasi dengan teman satu tim.Merek headset gaming terbaik seperti Logitech, Asus, Razer, dan lainnya banyak digunakan para gamer. Produknya ada yang menggunakan kabel, ada juga yang wireless via Bluetooth. Kami akan menjelaskan cara memilih gaming headset yang bagus untuk Anda. Rekomendasi produk beserta ulasannya juga sudah kami siapkan. Artikel ini sudah ditinjau oleh tech enthusiast kami, Joshua Pandu. Simak sampai habis, ya!
    Aksesori mobile gaming
    13.375 Views
  • 10 Rekomendasi Game Terbaik untuk Nintendo Switch (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Game Terbaik untuk Nintendo Switch (Terbaru Tahun 2021)
    Bermain game bersama keluarga atau teman-teman adalah cara yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu luang. Namun, game yang tidak sesuai dengan pemainnya mungkin bisa membuat suasana bermain tidak nyaman. Selain karena tingkat kesulitannya, game bisa menampilkan unsur kekerasan yang tidak sesuai dimainkan anak-anak.Nah, di sini kami akan menjelaskan cara memilih dan berbagai rekomendasi sepuluh game terbaik untuk Nintendo Switch. Selain game dari Nintendo, produk dari Supergiant Games dan ConcernedApe tidak bisa dilewatkan. Setiap game memiliki cara yang berbeda untuk dinikmati. Jadi, sesuaikan game yang akan dipilih dengan kebutuhan Anda!
    CD game
    8.995 Views
  • 10 Rekomendasi Konsol Game Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Konsol Game Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Memiliki konsol game yang tepat akan memberi pengalaman gaming maksimal. Tak melulu soal audio jernih atau grafis tajam, konsol game jadul juga menawarkan kenikmatan tersendiri bagi beberapa orang. Bahkan, game Android dan iOS bisa Anda nikmati di layar televisi.Produk konsol game bervariasi, dari yang terpasang di rumah hingga yang portable. Kami akan memandu Anda memilih konsol game yang sesuai kebutuhan. Tak lupa, kami juga telah mengulas rekomendasi produknya untuk Anda. Ada konsol dari Nintendo, Sony, dan lainnya. Simak artikel ini untuk menemukannya.
    Game console
    2.638 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori