1. TOP
  2. >
  3. Perawatan tubuh & kecantikan
  4. >
  5. Makeup mata
  6. >
  7. 10 Eyeliner Waterproof Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Eyeliner Waterproof Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Eyeliner Waterproof Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Eyeliner Waterproof Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Eyeliner Waterproof Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Eyeliner Waterproof Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Eyeliner Waterproof Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023)

Eyeliner merupakan salah satu makeup yang dapat memperkuat riasan wajah. Eyeliner waterproof yang tahan lama tentunya baik untuk dipilih. Namun, apakah Anda tahu cara memilih waterproof eyeliner yang pas untuk Anda? Kali ini, kami akan membagikan cara memilih waterproof eyeliner yang bagus.


Kami juga merangkum rekomendasi waterproof eyeliner terbaik yang dapat dibeli secara online. Waterproof eyeliner, baik merek lokal maupun Korean brand, seperti Wardah, Maybelline, HOLIKA HOLIKA, hingga Y.O.U juga ada. Baca juga informasi tambahan dari makeup artist, Fithrah Al Insani Javanica dan temukan eyeliner recommended untuk Anda!

Diperbaharui 09-14-2022
Pakar
Makeup Artist
Fithrah Al Insani

Fithrah Al Insani atau yang lebih akrab dipanggil Miss Insan mengawali kariernya sebagai makeup artist sejak 2013. Dengan berbekal riasan airbrush, Miss Insan yang telah berpengalaman selama delapan tahun dalam dunia makeup kini berfokus pada riasan pengantin. Makeup artist dari Karawang ini pernah menjalani berbagai pelatihan dari para MUA profesional, seperti Nanathnadia, Anpasuha, sampai Dean MUA. Bersama timnya, @bymissinsan, menjadi salah satu MUA ternama di Karawang dan sekitarnya.

Profil Fithrah Al Insani
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Pakar yang ada di artikel ini meninjau cara memilih dan tidak berkontribusi dalam pemilihan produk atau layanan yang ada di dalam artikel.Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Apa itu eyeliner waterproof?

Apa itu eyeliner waterproof?

Waterproof eyeliner adalah eyeliner yang memiliki ketahanan yang sangat baik terhadap air. Dengan begitu, riasan mata Anda tidak akan mudah luntur meski terkena air. Formula waterproof ini dinilai lebih tahan lama sehingga cocok dipakai saat Anda berlibur ke pantai atau kolam renang. Selain waterproof, kini hadir eyeliner yang memiliki fungsi lainnya seperti eyeliner smudgeproof yang tidak luntur terkena sebum. 

Fithrah Al Insani
Makeup Artist
Fithrah Al Insani

Karena memiliki daya ketahanan terhadap air yang sangat baik, eyeliner ini jadi tidak mudah luntur. Bukan hanya air, eyeliner waterproof juga tahan lebih lama pada kulit yang berminyak.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih eyeliner waterproof

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat ingin memilih eyeliner yang tepat. Berikut ini kami jelaskan empat poin yang perlu Anda perhatikan saat memilih waterproof eyeliner. Simak dengan saksama, ya!

① Pilih berdasarkan hasil riasan yang diinginkan

Waterproof Eyeliner pada umumnya terbagi menjadi tiga jenis, yaitu cair, pensil, dan gel. Mari bahas satu per satu dan temukan yang paling pas sesuai kebutuhan Anda!

Waterproof liquid eyeliner, untuk garis mata yang terlihat jelas

Waterproof liquid eyeliner, untuk garis mata yang terlihat jelas
Apakah Anda mencari waterproof eyeliner yang bisa menggambarkan garis mata dengan jelas? Jika iya, waterproof eyeliner liquid adalah jawabannya. Eyeliner jenis ini dapat diaplikasikan dengan lembut tanpa harus ditekan aplikatornya.

Ada dua jenis eyeliner liquid, yaitu eyeliner brush dan eyeliner pen. Eyeliner brush biasanya memiliki aplikator lentur yang berupa rambut halus dengan ketebalan 0,01 sampai 0,1 milimeter. 


Dengan eyeliner ini, Anda dapat menggambar garis dengan mudah. Waterproof eyeliner liquid direkomendasikan untuk pemula karena Anda dapat dengan mudah menggambar garis yang jelas dan rapi. 


Namun, kekurangan dari eyeliner ini adalah ujung brush-nya terkadang sulit ditekuk sehingga Anda sulit mengatur ketebalan garis. Jika Anda menggunakan eyeliner liquid, sebaiknya jangan menggambar satu garis sekaligus. Cobalah gambar dengan posisi kuas berbaring dan hubungkan garis secara perlahan.

Fithrah Al Insani
Makeup Artist
Fithrah Al Insani

Eyeliner sangat dibutuhkan dalam riasan karena dapat membingkai mata dengan intens dan mengubah penampilan secara drastis. Untuk kelopak mata yang mudah berkeringat, cobalah gunakan waterproof eyeliner liquid yang tidak mudah pudar. Produk ini bisa Anda temukan di mana saja, baik di toko kosmetik maupun online shop.

Waterproof pencil eyeliner, untuk hasil yang lebih natural

Waterproof pencil eyeliner, untuk hasil yang lebih natural

Waterproof eyeliner pencil dapat memberikan efek blur pada mata Anda. Selain itu, eyeliner jenis ini dapat digunakan untuk mengisi celah di antara bulu mata. Waterproof eyeliner pencil banyak disukai karena mudah digunakan dan hasilnya natural. 


Keunggulan waterproof eyeliner ini adalah Anda dapat mengatur ketebalan garis mata sesuai keinginan Anda. Namun, berhati-hatilah saat menggunakan eyeliner pencil yang diserut karena eyeliner ini cenderung mudah patah jika terlalu panjang. Ada juga beberapa eyeliner pencil yang agak keras dan terasa kasar saat diaplikasikan ke kulit. 


Selain berbentuk pensil yang diserut, ada juga waterproof eyeliner berbentuk pensil mekanis yang dapat diisi ulang. Bagian inti pada waterproof eyeliner mekanis lebih lunak sehingga mudah digunakan. Produk jenis ini juga disarankan untuk pemula karena Anda tidak perlu repot menyerutnya. Untuk hasil yang memuaskan, Anda bisa menggambar garis mulai dari bagian luar ke bagian dalam mata. 

Fithrah Al Insani
Makeup Artist
Fithrah Al Insani

Berbeda dengan liquid eyeliner, pencil eyeliner menghasilkan kesan yang tidak terlalu tegas. Tipe ini termasuk yang paling mudah digunakan oleh pemula. Namun, perlu diketahui bahwa eyeliner ini mudah pudar apalagi jika kulit kelopak mata mudah berminyak. Saat menggunakannya, pencil eyeliner harus diraut dahulu supaya runcing dan tipis.

Waterproof eyeliner gel, hasilnya soft dan pengaplikasiannya mudah

Waterproof eyeliner gel, hasilnya soft dan pengaplikasiannya mudah
Waterproof eyeliner gel memiliki tekstur cair, tetapi padat sehingga mudah diaplikasikan. Dengan eyeliner ini, Anda dapat menciptakan garis mata yang indah tanpa perlu menggunakan banyak teknik. Ada dua jenis waterproof eyeliner gel, yaitu waterproof eyeliner gel pencil dan waterproof eyeliner gel dalam jar

Kebanyakan eyeliner gel pencil dapat diatur panjangnya. Sama halnya dengan eyeliner pensil biasa, eyeliner gel pencil juga dapat digunakan untuk mengisi celah antarbulu mata. Namun, eyeliner gel pencil mudah patah karena intinya yang empuk.

 

Sebaliknya, waterproof eyeliner gel dalam jar biasanya dilengkapi dengan kuas untuk pengaplikasiannya. Meskipun mudah untuk digunakan menggambar garis yang tebal, waterproof eyeliner gel dalam jar cenderung mudah mengeras. Selain itu, Anda juga sulit mengontrol banyaknya eyeliner sehingga eyeliner ini tidak direkomendasikan untuk pemula.


Untuk hasil yang lebih nyata, aplikasikan waterproof eyeliner pada bagian waterline (bagian bawah bulu mata). Namun, saat melakukan hal tersebut, usahakan untuk tidak berkedip sebelum eyeliner mengering. 

Fithrah Al Insani
Makeup Artist
Fithrah Al Insani

Gel eyeliner biasanya digunakan menggunakan kuas supaya hasil lebih presisi dan rapi. Eyeliner ini juga lebih mudah diaplikasikan sebelum penggunaan bulu mata, terutama di area tight liner. Area tight liner adalah area di bawah bulu mata atas yang apabila diberi sentuhan eyeliner akan memberikan efek dramatis.

② Pertimbangkan eyeliner smudgeproof yang tidak mudah luntur

Pertimbangkan eyeliner smudgeproof yang tidak mudah luntur

Smudgeproof artinya produk tersebut tidak mudah luntur meski terkena minyak wajah atau sebum. Eyeliner smudgeproof sangat pas untuk Anda yang memiliki kulit yang cenderung berminyak. Namun, perlu diingat bahwa eyeliner smudgeproof hanya tahan terhadap sebum, bukan fading. Jika Anda mencari produk yang tidak rusak saat terkena gesekan, carilah yang memiliki klaim no-fading pada kemasannya. 

③ Tentukan berdasarkan cara membersihkannya

Tentukan berdasarkan cara membersihkannya

Ada dua cara untuk membersihkan waterproof eyeliner, yaitu menggunakan makeup remover atau hanya dengan air hangat. Cara membersihkannya ini dapat Anda ketahui dari informasi pada kemasannya. 


Meskipun bisa dibersihkan dengan air, Anda tetap harus membersihkan wajah dengan cleanser agar kulit tetap bersih dan sehat. Selain itu, saat membersihkan eyeliner, gosoklah kelopak mata secara perlahan agar kulit mata tidak iritasi.

④ Utamakan produk yang nyaman digunakan

Utamakan produk yang nyaman digunakan

Waterproof eyeliner yang tidak nyaman saat diaplikasikan akan memengaruhi hasil akhir riasan. Maka dari itu, periksa juga ukuran eyeliner saat digenggam dan tekstur kuas atau inti eyeliner. Berikut ini karakteristik waterproof eyeliner yang nyaman digunakan:


  • Kuas atau inti eyeliner terasa lembut saat bersentuhan dengan kelopak mata
  • Tutup eyeliner mudah dibuka dan tidak longgar
  • Eyeliner cepat kering setelah diaplikasikan
  • Saat diaplikasikan, warna produk mudah keluar, tetapi tidak berlebihan
  • Pegangan eyeliner pas di tangan dan mudah digenggam

Selain poin di atas, Anda juga perlu berhati-hati saat menggunakan eyeliner yang keras. Hal ini bertujuan agar kulit mata Anda tidak sakit dan iritasi. Bagi Anda yang memiliki double eyelid, pilihlah eyeliner yang mudah kering agar produk tidak transfer saat Anda berkedip. 

Fithrah Al Insani
Makeup Artist
Fithrah Al Insani

Pilih eyeliner bukan hanya sekadar dari hasilnya yang bagus saja. Anda juga harus memperhatikan apakah produknya sudah terdaftar di BPOM dan kandungannya sesuai dengan yang Anda cari.

10 Rekomendasi eyeliner waterproof terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk eyeliner waterproof terbaik untuk yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Fithrah Al Insani Javanica.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Maybelline

Line Tattoo High Impact Liner

Maybelline Line Tattoo High Impact Liner 1枚目

Diklaim tahan hingga 36 jam, makin awet untuk digunakan seharian

2

Maybelline

HyperSharp Liner

Maybelline HyperSharp Liner 1枚目

Hadir dengan ujung kuas 0,01 mm, Anda bisa menggambar eyeliner lebih detail

3

Wardah

EyeXpert Optimum Hi-Black Liner

Wardah EyeXpert Optimum Hi-Black Liner 1枚目

Eyeliner lokal dengan warna hitam pekat dan glossy yang menawan

4

SISTER ANN

Double Effect Waterproof Eyepencil

SISTER ANN Double Effect Waterproof Eyepencil 1枚目

Eyeliner bertekstur creamy yang tersedia dalam 11 varian warna menarik

5

Y.O.U Beauty

Stay All Day Pen Eyeliner

Y.O.U Beauty Stay All Day Pen Eyeliner 1枚目

Tahan lama hingga 24 jam, riasan mata tetap on sepanjang hari!

6

Jacquelle

Eyetractive Multitasking Eyeliner (Double-Tip Eyeliner Pen)

Jacquelle Eyetractive Multitasking Eyeliner (Double-Tip Eyeliner Pen) 1枚目

Makin puas berkat pencil tip dan brush tip dalam satu produk

7

SOMETHINC

FOREVER STAY Waterproof Liquid Eyeliner

SOMETHINC FOREVER STAY Waterproof Liquid Eyeliner 1枚目

Eyeliner harga bersahabat yang formulanya cepat kering

8

Enprani

HOLIKA HOLIKA Tail Lasting Sharp Pen Liner

Enprani HOLIKA HOLIKA Tail Lasting Sharp Pen Liner 1枚目

Lebih mudah memperjelas garis mata dengan ujung tip yang runcing

9

L'Oréal Paris

Flash Cat Eye Waterproof Brush Tip Liquid Eyeliner

L'Oréal Paris Flash Cat Eye Waterproof Brush Tip Liquid Eyeliner 1枚目

Ciptakan wing yang sempurna dengan bantuan wing stencil-nya!

10

Bobbi Brown

Long-Wear Gel Eyeliner

Bobbi Brown  Long-Wear Gel Eyeliner 1枚目

Buat berbagai riasan mata memikat dengan produk yang memenangkan penghargaan ini!

Perincian produk
Close
No.1

MaybellineLine Tattoo High Impact Liner

Mulai dari Rp79.000,00

Diklaim tahan hingga 36 jam, makin awet untuk digunakan seharian

Kelebihan:

  • Diklaim tahan hingga 36 jam, superawet!
  • Pengguna mengatakan kuasnya lembut dan nyaman digunakan dengan warna hitam yang intens

Kekurangan:

  • Ujung tip-nya lebih besar daripada produk HyperSharp Liner, kurang cocok untuk Anda yang ingin membuat eyeliner tipis

Maybelline punya satu lagi eyeliner berkualitas terbaik yang sayang untuk Anda lewatkan. Produk tersebut ialah Line Tattoo High Impact Liner yang diklaim tahan hingga 36 jam! Anda pun jadi makin yakin akan ketahanan produk ini meski seharian berkeringat sekalipun. Selain itu, harganya juga lebih terjangkau, lho. Coba dan buktikan sendiri ketahanannya!

No.2

MaybellineHyperSharp Liner

Mulai dari Rp129.000,00

Hadir dengan ujung kuas 0,01 mm, Anda bisa menggambar eyeliner lebih detail

Kelebihan:

  • Ujung kuasnya sangat tipis, bisa menggambar garis tipis dengan lebih presisi
  • Kuasnya cukup lembut dan eyeliner ini tahan seharian menurut review pengguna

Kekurangan:

  • Karena kuasnya tipis, Anda harus mengoleskan berulang kali jika ingin warna lebih nyata

Apabila Anda menyukai riasan mata yang natural dan tipis, Maybelline HyperSharp Liner sangat pas untuk Anda. Produk ini hadir dengan kuas tipis berukuran 0,01 milimeter sehingga lebih mudah untuk digunakan menggambar detail garis.


Warna yang dikeluarkan oleh produk ini memang tidak setebal produk lain. Namun, hal tersebut bisa menjadi poin plus karena Anda bisa menciptakan riasan mata yang lebih natural. Selain itu, Anda juga dapat mengatur ketebalan garis sesuka Anda. 

No.3

WardahEyeXpert Optimum Hi-Black Liner

Mulai dari Rp80.500,00

Eyeliner lokal dengan warna hitam pekat dan glossy yang menawan

Kelebihan:

  • Mudah dibersihkan dengan air hangat
  • Pigmentasi warnanya bagus menurut pengguna, warna langsung keluar saat diaplikasikan

Kekurangan:

  • Ketika diaplikasikan, produk cepat kering sehingga Anda harus menggambar eyeliner dengan cepat

Wardah merupakan salah satu brand lokal yang produk-produknya halal, termasuk produk waterproof eyeliner ini. Wardah EyeXpert Optimum Hi-Black Liner adalah eyeliner dengan desain felt tip khusus sehingga memudahkan Anda saat menggambar garis.


Warna eyeliner ini langsung keluar dalam sekali pengaplikasian. Anda suka eyeliner tahan air dengan hasil glossy? Produk Wardah ini adalah jawabannya. Meskipun waterproof, eyeliner ini bisa dibersihkan dengan air hangat. Namun, Anda tetap disarankan menggunakan remover untuk hasil yang lebih bersih.

No.4

SISTER ANNDouble Effect Waterproof Eyepencil

Mulai dari Rp141.500,00

Eyeliner bertekstur creamy yang tersedia dalam 11 varian warna menarik

Kelebihan:

  • Varian warna-warnanya sangat menarik dan tidak membosankan
  • Sudah termasuk rautan mini, Anda tidak perlu menyediakan secara terpisah

Kekurangan:

  • Produk cukup lunak dan mudah patah, sebaiknya tidak dikeluarkan terlalu banyak

Anda bosan dengan warna dan finish eyeliner yang itu-itu saja? Tenang saja, SISTER ANN menghadirkan solusinya untuk Anda. Produk ini hadir dalam sebelas pilihan warna dengan berbagai finish, mulai dari matte, satin, hingga shimmer. Tekstur eyeliner ini juga creamy sehingga mudah untuk Anda aplikasikan. Yuk, koleksi semua warnanya!

No.5

Y.O.U BeautyStay All Day Pen Eyeliner

Mulai dari Rp82.000,00

Tahan lama hingga 24 jam, riasan mata tetap on sepanjang hari!

Kelebihan:

  • Diklaim waterproof, smudgeproof, sweatproof, dan transferproof
  • Color Lock Formula menjadikan eyeliner ini tahan hingga 24 jam

Kekurangan:

  • Menurut pengguna, jika terkena air terus-menerus eyeliner-nya akan memudar sedikit demi sedikit
  • Teksturnya ketika kering agak kasar menurut penggunanya

Produk ini memiliki ujung yang runcing sehingga cocok untuk mengisi celah bulu mata. Waterproof eyeliner ini sangat pas bagi Anda yang mencari eyeliner presisi untuk tightlining. Dengan eyeliner tipe pen ini, Anda tidak perlu repot menyerut. Berkat Color Lock Formula, eyeliner ini jadi tahan dari gesekan dan smudging sehingga mampu bertahan hingga 24 jam.

No.6

JacquelleEyetractive Multitasking Eyeliner (Double-Tip Eyeliner Pen)

Mulai dari Rp109.000,00

Makin puas berkat pencil tip dan brush tip dalam satu produk

Kelebihan:

  • Brush-nya lentur dan lembut

Kekurangan:

  • Mudah kering jika tidak cepat ditutup sehabis digunakan

Terdapat dua tipe eyeliner dalam satu produk ini. Salah satu sisinya berupa eyeliner pencil yang cocok untuk mengisi waterline. Sementara itu, sisi lainnya berupa eyeliner pen dengan brush yang panjang. Brush pada produk ini sangat lentur dan lembut sehingga akan membuat Anda mudah menggambar garis. Produk ini cocok untuk digunakan sehari-hari dan dibawa bepergian.

No.7

SOMETHINCFOREVER STAY Waterproof Liquid Eyeliner

Mulai dari Rp59.000,00

Eyeliner harga bersahabat yang formulanya cepat kering

Kelebihan:

  • Harganya tergolong ekonomis, mudah dijangkau oleh pelajar dan mahasiswa
  • Formulanya cepat kering sehingga tidak transfer saat Anda berkedip

Kekurangan:

  • Karena cepat kering, harus menggambar eyeliner dengan cepat

Produk ini mempunyai formula yang cepat kering sehingga Anda tidak perlu takut eyeliner akan transfer saat Anda berkedip. Namun, karena formula ini juga, Anda harus cepat jika ingin menggambar beberapa lapisan garis.


Produk ini memiliki desain sponge tip unik yang akan memberikan hasil yang tebal dan jelas. Selain waterproof, eyeliner ini juga smudgeproof dan oilproof. Jadi, Anda tidak perlu takut mengalami mata panda saat mulai berkeringat dan berminyak. Produk ini direkomendasikan bagi Anda yang tidak punya banyak waktu untuk makeup.

No.8

EnpraniHOLIKA HOLIKA Tail Lasting Sharp Pen Liner

Mulai dari Rp168.000,00

Lebih mudah memperjelas garis mata dengan ujung tip yang runcing

Kelebihan:

  • Mudah dibersihkan menggunakan air hangat
  • Warnanya tergolong cukup intens menurut para pengguna

Kekurangan:

  • Menurut review pengguna, eyeliner ini kurang tahan lama

Anda pencinta brand Korea dan sedang mencari waterproof eyeliner pen? Jika iya, produk inilah yang Anda cari! Tail Lasting Sharp Pen Liner adalah waterproof eyeliner dari merek kosmetik Korea, HOLIKA HOLIKA. Eyeliner ini dapat dibersihkan hanya dengan menggunakan air hangat, tanpa perlu remover.


Produk ini memiliki warna yang pekat, tahan air, tahan minyak, dan tahan keringat sehingga riasan mata dapat bertahan lebih lama. Produk ini dilengkapi tip lembut dan runcing yang akan memudahkan Anda saat menggambar garis mata. 

No.9

L'Oréal ParisFlash Cat Eye Waterproof Brush Tip Liquid Eyeliner

Mulai dari Rp170.000,00

Ciptakan wing yang sempurna dengan bantuan wing stencil-nya!

Kelebihan:

  • Dilengkapi stencil, memudahkan pemula untuk membuat wing eyeliner
  • Para pengguna memuji warna hitamnya yang pekat

Kekurangan:

  • Untuk pemilik kelopak mata berminyak, ketahanan produknya kurang

Banyak orang yang menggambar wing saat menggunakan eyeliner untuk membuat kesan cat eye. Namun, membuat wing bukanlah hal yang mudah. Kini Anda tidak akan kesusahan lagi. Produk dari L'Oréal Paris ini menghadirkan inovasi baru dengan menyediakan removable wing stencil pada bagian tutup produk. 


Stencil tersebut berfungsi untuk membantu Anda menggambar wing yang sempurna dengan mudah. Anda hanya perlu melepaskan stencil dari tutup produk, lalu tempelkan stencil ke ujung luar kelopak mata. Setelah itu, gambar garis eyeliner dan isi penuh bagian dalam stencil. Produk ini sangat cocok untuk Anda yang masih belajar atau sering kesulitan menggambar wing.

No.10

Bobbi Brown Long-Wear Gel Eyeliner

Mulai dari Rp415.000,00

Buat berbagai riasan mata memikat dengan produk yang memenangkan penghargaan ini!

Kelebihan:
  • Klaim smudgeproof yang diberikan diakui oleh para penggunanya
  • Teksturnya nyaman digunakan

Kekurangan:

  • Harganya mahal, tidak cocok untuk kantong pelajar dan mahasiswa atau orang yang baru ingin mencoba
  • Beberapa pengguna mengatakan cukup repot membawanya saat bepergian karena harus membawa kuasnya juga

Jika Anda sering gagal membuat line yang rapi, Anda perlu mencoba produk dari Bobbi Brown ini. Produk ini dibuat dengan tekstur gel yang lembut dan mudah diaplikasikan untuk menciptakan garis sempurna. Eyeliner ini juga tidak akan luntur meski Anda berada di tempat yang panas atau lembap.


Bobbi Brown menawarkan lima pilihan warna yang sangat pekat dan intens. Anda pun bisa membuat berbagai riasan mata, mulai dari riasan mata yang halus hingga riasan yang dramatis. Tidak heran, dengan keunggulannya ini, Long-Wear Gel Eyeliner bisa memenangkan banyak penghargaan.

Cara menggunakan waterproof eyeliner

Agar waterproof eyeliner yang Anda gunakan tepat, kami akan memberikan cara penggunaannya untuk Anda. Baca sampai akhir, ya!

Bersihkan keringat dan sebum sebelum menggunakan eyeliner

Bersihkan keringat dan sebum sebelum menggunakan eyeliner

Jika Anda menggunakan eyeliner saat kelopak mata berkeringat atau berminyak, eyeliner akan mudah luntur meski produknya tahan air. Karena itu, bersihkan kelopak mata dari keringat dan sebum dengan kapas dan gunakan powder foundation untuk menyerap minyak. Menggambar eyeliner saat kelopak mata kering akan membuat eyeliner lebih awet dan tidak mudah luntur. 

Fithrah Al Insani
Makeup Artist
Fithrah Al Insani

Ada baiknya sebelum menggunakan eyeliner, area mata harus bersih dari keringat supaya memudahkan penggunaannya. Para makeup artist biasanya mengaplikasikan eyeliner setelah penggunaan eyeshadow.

Hapus dengan lip balm atau petroleum jelly jika eyeliner luntur

Hapus dengan lip balm atau petroleum jelly jika eyeliner luntur

Saat makeup sudah digunakan dalam waktu yang cukup lama, eyeliner terkadang luntur dan merusak riasan wajah Anda. Jika hal itu terjadi, Anda dapat membersihkan noda eyeliner yang luntur menggunakan lip balm atau petroleum jelly. Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu Anda lakukan:


  1. Ambil lip balm atau petroleum jelly menggunakan jari
  2. Oleskan lip balm atau petroleum jelly tersebut ke kelopak mata hingga noda eyeliner meleleh
  3. Seka bekas lip balm atau petroleum jelly dan noda eyeliner dengan tisu atau kapas
  4. Gambar ulang eyeliner 

Ketika mengoleskan lip balm atau petroleum jelly ke kelopak mata, Anda harus berhati-hati agar tidak mengenai mata. Silakan dicoba!

Fithrah Al Insani
Makeup Artist
Fithrah Al Insani

Ada beberapa langkah membersihkan waterproof eyeliner.


  1. Pertama, tuang baby oil atau minyak zaitun pada kapas atau cotton bud secukupnya.
  2. Oleskan pada eyeliner dan usap perlahan hingga bersih.
  3. Jika kulit terasa lengket karena bekas minyak, basuh dengan air hangat, lalu keringkan dengan handuk bersih. 
  4. Selain baby oil atau minyak zaitun, eyeliner juga bisa dibersihkan dengan menggunakan micellar water.
  5. Tuang micellar water pada kapas atau cotton bud, kemudian usap eyeliner perlahan sampai sisa eyeliner bersih.

Baca juga rekomendasi produk kosmetik waterproof lainnya di sini

Agar riasan Anda makin sempurna dan tahan lama, Anda membutuhkan kosmetik yang tahan air. Di bawah ini kami telah menyajikan sederet artikel rekomendasi kosmetik yang waterproof, baik untuk mata maupun bibir. Simak, yuk!

Kesimpulan

Jadi, bagaimana pendapat Anda setelah membaca artikel di atas? Karakter seseorang dapat terpancar dari mata yang mereka miliki. Waterproof eyeliner yang baik adalah eyeliner yang tidak mudah luntur dan tahan lama.

Dengan memakai eyeliner yang tepat, Anda dapat menunjukkan penampilan yang lebih kuat dan menarik. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam memilih waterproof eyeliner. Selamat berbelanja!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer