• 10 Rekomendasi Vacuum Cleaner Tabung Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 1
  • 10 Rekomendasi Vacuum Cleaner Tabung Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 2
  • 10 Rekomendasi Vacuum Cleaner Tabung Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 3
  • 10 Rekomendasi Vacuum Cleaner Tabung Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 4
  • 10 Rekomendasi Vacuum Cleaner Tabung Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 5

10 Rekomendasi Vacuum Cleaner Tabung Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Vacuum cleaner merupakan salah satu peralatan rumah tangga yang memiliki banyak tipe seperti tipe handy, robot, maupun tipe tanpa kabel. Namun, mungkin banyak di antara Anda yang lebih menyukai vacuum cleaner tipe tabung.

Kali ini, kami akan memberikan poin-poin penting yang perlu diperhatikan saat akan membeli vacuum cleaner tipe tabung dan merekomendasikan 10 vacuum cleaner tabung terbaik yang telah kami pilih. Temukan vacuum cleaner idaman Anda disini!
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 1.857 Views
Daftar isi

Cara memilih vacuum cleaner tabung

Vacuum cleaner tabung merupakan salah satu jenis vacuum cleaner yang populer di masyarakat. Meskipun vacuum cleaner jenis ini tergolong cukup kuno, namun produk ini terus mengalami peningkatan kualitas dari tahun ke tahun. Di bawah ini kami akan menerangkan cara memilih vacuum cleaner tabung yang baik.

Memilih sistem penampung debu

Berdasarkan sistem penampung debunya, vacuum cleaner tabung dibagi menjadi dua, yaitu tipe cyclone dan tipe dust bag.

Tidak perlu membuang debu terlalu sering, tipe dust bag

Sistem pembuangan dengan tipe ini merupakan tipe klasik yang ada sejak dulu. Anda hanya perlu memasang dust bag pada vacuum cleaner dan membuangnya debunya jika telah penuh. Salah satu kelebihannya, saat membuang debu yang telah terkumpul, Anda tidak perlu bersentuhan langsung dengan debunya, debu yang telah terkumpul pun tidak akan beterbangan.
Cara penggunaan vacuum cleaner jenis ini pun sangat mudah, bahkan orang lanjut usia pun dapat menggunakannya. Namun, salah satu kekurangannya adalah, udara yang disedot akan keluar setelah melewati sampah dan debu yang ada di dalam mesin. Hal ini dapat menyebabkan rumah berbau, juga berbahaya bagi Anda yang memiliki alergi. Sebaiknya Anda tidak menghirup secara langsung udara yang dikeluarkan dari vacuum cleaner dan menjauhkannya dari bayi yang rentan alergi.

Tipe cyclone dengan clean exhaust

Tipe cyclone dengan clean exhaust
Vacuum cleaner tipe cyclone menyedot debu dan memasukkannya ke dalam tabung khusus. Anda tidak perlu membeli dust bag untuk menampung debu sehingga lebih ekonomis. Udara yang disedot pun dipisahkan dengan debu dengan gaya sentrifugal, sehingga udara yang dikeluarkan lebih bersih dan tidak berbau.
Namun, dibandingkan tipe dust bag, Anda harus lebih sering membuang debu jika menggunakan tipe cyclone ini. Bagi Anda yang lebih menyukai udara yang bersih atau alergi terhadap debu, kami sarankan memilih vacuum cleaner tipe ini. Kelemahannya, karena vacuum cleaner tipe ini memisahkan debu dan udara dengan gaya sentrifungal, daya hisapnya cenderung lebih lemah daripada tipe dust bag.

Debu yang disedot mempengaruhi daya hisap

Debu yang disedot mempengaruhi daya hisap
Meskipun kita sering menemui vacuum cleaner dengan tulisan daya hisap seperti “600 W”, namun sebaiknya kita tidak hanya menilai kualitas vacuum cleaner tersebut berdasarkan angka. Daya hisap dari vacuum cleaner tipe dust bag maupun cyclone akan berkurang bila debu di dalam alat telah menumpuk.
Pada tipe dust bag, debu akan terus menumpuk di dalam dan daya hisapnya akan semakin memburuk apabila Anda tidak segera mengganti dust bag di dalamnya. Di sisi lain, tipe cyclone menampung debu di dalam tabung khusus sehingga debu yang ditampung tidak bisa sebanyak tipe dust bag. Anda harus membuang debunya setiap kali selesai menggunakannya. Oleh sebab itu, performa daya hisap untuk tipe ini tidak akan berubah setiap kali Anda menggunakannya.
Namun perlu diingat, daya hisap tipe dust bag lebih kuat daripada tipe cyclone. Oleh karena itu, pertimbangkan baik-baik sebelum memilih tipe yang tepat untuk Anda.

Perbedaan daya hisap berdasarkan head vacuum cleaner

Selanjutnya, kami akan menjelaskan pada Anda head vacuum cleaner yang terdiri dari turbin head dan motor head (atau disebut juga power head). Masing-masing head memiliki perbedaan, mari kita simak penjelasannya di bawah ini.

Baik untuk membersihkan lantai, tipe turbin head

Baik untuk membersihkan lantai, tipe turbin head
Meskipun dari bentuknya kelihatan seperti motor head, namun turbin head memiliki mekanisme sendiri, yaitu memutar sikat di dalam head dengan tenaga angin. Head jenis ini banyak didesain untuk membersihkan lantai. Berbeda dengan karpet, debu di lantai tidak terlalu banyak dan tidak ada kotoran yang membelit seperti di permukaan karpet. Oleh karena itu, untuk membersihkan lantai sudah cukup dengan turbin head saja. Harganya pun lebih terjangkau dibanding motor head.

Dapat membersihkan kotoran karpet,tipe motor head

Dapat membersihkan kotoran karpet,tipe motor head
Head jenis ini menggerakkan sikat di dalam mesin dengan tenaga motor. Anda dapat menggunakan head jenis ini untuk membersihkan karpet, lantai, dan lain-lain. Daya hisapnya lebih kuat daripada tipe turbin dan beberapa produk dapat bergerak maju otomatis hanya dengan menekan tombol ON.

Pilih yang ringan dan mudah dilipat

Pilih yang ringan dan mudah dilipat
Vacuum cleaner tabung umumnya dibuat dengan bobot ringan dan mudah dilipat. Namun yang perlu diperhatikan, apakah berat yang tertera merupakan berat keseluruhan atau berat tabung saja tanpa nozzle dan selang. Jika berat tersebut hanya untuk tabung, maka tentu saja bobotnya akan bertambah jika dipasang nozzle dan selang.
Berat standar vacuum cleaner tabung adalah 3,5 kg. Oleh karena itu, jika ada vacuum cleaner tabung dengan berat di bawah 3 kg, maka vacuum cleaner tersebut tergolong ringan. Dewasa ini pun telah banyak muncul vacuum cleaner tabung dengan berat 2 kg, sehingga lebih ringan dan mudah dipakai siapapun.
Dibandingkan dengan vacuum cleaner tabung, vacuum cleaner stick mungkin terlihat lebih ringan. Namun, pada vacuum cleaner stick, head, tabung penampung debu, motor dan lain-lain dipasangkan bersamaan pada stick-nya sehingga terkadang vacuum cleaner tabung bisa lebih ringan daripada tipe stick.

Perhatikan fitur tambahan pada vacuum cleaner

Perhatikan fitur tambahan pada vacuum cleaner
Memilih vacuum cleaner yang memiliki fitur tambahan juga dapat menguntungkan bagi Anda. Fitur tambahan ini contohnya seperti bubble brush yang dapat membersihkan bakteri dan debu terkecil pada lantai. Juga ada vacuum cleaner yang memiliki sensor lampu yang mendeteksi adanya sampah tertinggal. Ada pula vacuum cleaner yang mengeluarkan ion saat digunakan.
Fitur-fitur tersebut dapat memudahkan Anda saat membersihkan rumah. Membersihkan rumah pun jadi kegiatan yang menyenangkan dan tidak melelahkan lagi!

10 Rekomendasi vacuum cleaner tabung terbaik

Di bawah ini kami akan merekomendasikan 10 vacuum cleaner yang telah kami pilih untuk Anda. Dengan referensi cara memilih di atas, temukanlah vacuum cleaner terbaik pilihan Anda.

10. IDEALIFE IL-150V Vacuum cleaner & Blow Cleaner

Rp774.000,00

9. Panasonic MCCG240

Rp755.000,00

8. Modena Sano VC 015

Rp933.000,00

7. Sharp Low Wattage EC-8305

Rp783.000,00

6. Philips FC8291

Rp850.997,00

5. Denpoo VC 0017

Rp950.000,00

4. Electrolux ZMO – 1510

Rp825.000,00

3. Mayaka VC-1306HJ

Rp515.000,00

2. Black & Decker VM2825

Rp1.128.000,00

1. Samsung VC15K4110VR Vacuum Cleaner

Rp1.603.000,00

Tips menggunakan vacuum cleaner tabung

Yang terakhir, kami akan memberikan pada Anda tips-tips yang berguna saat menggunakan vacuum cleaner tabung. Terkadang hal kecil pun perlu kita perhatikan agar mendapatkan hasil yang maksimal saat membersihkan ruangan dengan vacuum cleaner tabung.

Bersihkan head sebulan sekali

Bersihkan head sebulan sekali
Jika Anda tidak membersihkan head vacuum cleaner dan membiarkan debu serta kotoran terkumpul, daya hisap vacuum cleaner akan menjadi buruk meskipun Anda menggunakan vacuum cleaner dengan daya hisap tinggi. Oleh karena itu, biasakan membersihkan head vacuum cleaner tiap sebulan sekali.

Menjaga ritme saat menggunakan vacuum cleaner

Menjaga ritme saat menggunakan vacuum cleaner
Ritme yang baik untuk mendorong dan menarik vacuum cleaner ialah sekitar 5 sampai 6 detik untuk setiap gerakan. Jika Anda terlalu cepat menggerakkan vacuum cleaner, bisa jadi vacuum cleaner tidak akan menghisap debu secara maksimal.

Dorong vacuum cleaner dengan jarak setengah tinggi badan Anda

Dorong vacuum cleaner dengan jarak setengah tinggi badan Anda
Jarak yang baik untuk mendorong vacuum cleaner adalah jarak yang sama dengan setengah tinggi badan Anda. Jika Anda mendorong vacuum cleaner lebih jauh, head vacuum cleaner akan sedikit terangkat dan menyebabkan penghisapan debu tidak maksimal. Oleh karena itu sebaiknya Anda mendorong head vacuum cleaner dengan jarak setengah tinggi badan Anda.

Lebih teliti saat membersihkan karpet

Karpet tidak hanya lebih mudah menyerap debu, namun juga lebih mudah menjadi tempat berkembang biak tungau. Oleh karena itu, Anda harus lebih teliti saat membersihkan karpet dengan mengarahkan vacuum cleaner secara horizontal dan vertikal sebanyak 2 kali. Pertama, Anda perlu membersihkan berlawanan arah dengan bulu karpet, lalu yang kedua searah dengan bulu karpet. Dengan begitu, Anda dapat mencegah penumpukan debu dan tungau pada karpet.

Kesimpulan

Demikianlah tips-tips dalam memilih vacuum cleaner serta 10 rekomendasi vacuum cleaner terbaik dari kami. Apakah Anda telah menemukan vacuum cleaner yang cocok untuk rumah Anda? Membersihkan rumah sangatlah penting karena kesehatan keluarga berawal dari rumah yang bersih. Pastikan Anda memilih vacuum cleaner yang sesuai kebutuhan dan dapat membersihkan maksimal area di rumah Anda.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Dewasa ini, teknologi mesin cuci berkembang semakin pesat. Di pasaran, terdapat tiga jenis mesin cuci, yaitu mesin cuci top loading, front loading, dan dua tabung. Dari sisi penggunaan, kini ada pula mesin cuci yang dapat dioperasikan melalui smartphone!Kali ini, kami akan mengulas rekomendasi produk-produk mesin cuci pilihan, seperti Samsung, Panasonic, Sharp, dan lainnya. Sebelum itu, simaklah cara memilih mesin cuci yang tepat agar Anda dapat menemukan mesin cuci idaman.
    Elektronik rumah tangga
    11.206 Views
  • 10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Bagi banyak orang, mendengarkan musik adalah salah satu kegiatan untuk mengisi waktu luang, salah satunya menggunakan smartphone yang disambungkan ke in-ear headphone atau disebut juga earphone. Oleh sebab itu, in-ear headphone menjadi produk penting bagi mereka yang hobi mendengarkan musik melalui smartphone.Berbagai produk in-ear headphone dari brand ternama seperti Sony, Philips, dan JBL berlomba menarik konsumen dengan fitur yang diberikan. Namun, seperti apa kriteria memilih produk yang tepat? Untuk membantu Anda, kami akan memberi tips dalam memilih in-ear headphone yang bagus beserta rekomendasi produk terbaik untuk Anda.
    Elektronik rumah tangga
    8.465 Views
  • 10 Rekomendasi Mesin Cuci Front Loading Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Mesin Cuci Front Loading Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Mesin cuci merupakan alat elektronik yang digunakan dalam keseharian. Salah satu jenisnya adalah mesin cuci front loading yang praktis. Beragamnya fitur dan teknologi yang hadir dalam mesin cuci barangkali malah membuat Anda bingung memilih yang sesuai.Kali ini, kami akan merekomendasikan produk-produk pilihan, seperti Panasonic, LG, dan lain sebagainya. Namun, sebelum itu, simaklah terlebih dahulu cara memilihnya. Jangan lewatkan rekomendasinya untuk menemukan mesin cuci front loading idaman Anda!
    Elektronik rumah tangga
    2.843 Views
  • 10 Rekomendasi AC (Pendingin Ruangan) Terbaik Seharga 2-3 Jutaan (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi AC (Pendingin Ruangan) Terbaik Seharga 2-3 Jutaan (Terbaru Tahun 2019)
    Ada banyak merek AC atau pendingin ruangan terkenal, seperti Sharp, Samsung, Polytron, Panasonic, dan sebagainya yang dijual di pasaran. Harga dan fitur-fitur yang dimiliki setiap AC pun sangat bervariasi satu sama lain. Hal tersebut mungkin membuat Anda bingung untuk menentukan pilihan, bukan?Kali ini, kami akan merekomendasikan beberapa produk AC terbaik seharga 2-3 jutaan. Kami juga akan menjelaskan cara membersihkan AC yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Jadikan artikel ini sebagai referensi dan temukan AC yang sesuai untuk ruangan Anda!
    Elektronik rumah tangga
    8.793 Views
  • 10 Rekomendasi Catok Pelurus Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Catok Pelurus Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Mempunyai rambut lurus tentunya menjadi idaman banyak wanita. Untuk itu, catok pelurus rambut diperlukan agar rambut dapat tergerai lurus, rapi, dan berkilau. Ada berbagai produsen yang menawarkan catok pelurus rambut terbaik, seperti Philips, Panasonic, atau Revlon. Namun, Anda akan menemukan perbedaan material pelat pemanas di antaranya keramik, titanium, atau teflon. Kali ini kami akan membagi beberapa tips cara memilih catok pelurus rambut sekaligus memperkenalkan sepuluh produk terbaik yang akan menyempurnakan penampilan Anda. Anda dapat membeli produk-produk catok pelurus tersebut secara online di Lazada, Tokopedia, atau Bukalapak.
    Elektronik rumah tangga
    8.576 Views
  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Siapa sih yang tidak ingin makan nasi putih pulen yang baru matang dengan nikmat? Produk rice cooker yang ada di pasaran saat ini sudah sangat bervariasi, mulai dari rice cooker keluaran merek ternama seperti Cosmos, Miyako, Yong Ma, Kirin, rice cooker yang juga memiliki fitur penghangat nasi, sampai rice cooker yang dilengkapi dengan teknologi induction heating (IH). Tidak hanya untuk memasak nasi putih, rice cooker juga bisa digunakan untuk memasak bubur, menggoreng telur, membuat agar-agar, dan berbagai jenis makanan lainnya.Kali ini kami akan memperkenalkan 10 produk rice cooker yang direkomendasikan dengan membandingkan harga dan keunggulan yang dimiliki masing-masing produk, kemudian mengurutkannya dalam format ranking. Kami juga akan memperkenalkan produk rice cooker yang bisa dibeli dengan harga murah namun memiliki kualitas yang tidak kalah dengan merek terkenal yang harganya lebih mahal! Silakan jadikan artikel ini sebagai referensi bagi Anda, ya!
    Elektronik rumah tangga
    5.223 Views
  • 10 Rekomendasi Radio Terbaik untuk Kondisi Darurat (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Radio Terbaik untuk Kondisi Darurat (Terbaru Tahun 2019)
    Radio untuk kondisi darurat sangat berguna untuk mengumpulkan informasi atau kabar yang Anda perlukan disaat kondisi darurat, misalnya bencana alam, mati listrik, tersesat di alam bebas, dan sebagainya. Saat ini, terdapat produk dengan berbagai fitur yang diperlukan dalam kondisi darurat, seperti senter, pengisian daya tenaga solar, atau melalui hand cranking, bahkan powerbank.Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih radio untuk kondisi darurat serta memperkenalkan sepuluh rekomendasi produk terbaik untuk Anda, seperti produk dari Kaito dan Sony. Simaklah terus informasi dan ulasan dari kami agar Anda dapat memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan!
    Elektronik rumah tangga
    67 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori