• 10 Rekomendasi Vacuum Cleaner Tabung Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Vacuum Cleaner Tabung Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Vacuum Cleaner Tabung Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Vacuum Cleaner Tabung Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Vacuum Cleaner Tabung Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Vacuum Cleaner Tabung Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Vacuum cleaner terdiri dari beberapa jenis, di antaranya adalah handy, robotic, hingga tanpa kabel. Namun, jenis yang memiliki daya isap paling kuat adalah vacuum cleaner tabung Vacuum cleaner tabung pun memiliki model penampung debu dan head yang berbeda-beda.

Ada beberapa merek yang memproduksi vacuum cleaner tabung, antara lain Panasonic, Philips, Sharp, dan lainnya. Kualitas masing-masing merek tidak perlu diragukan lagi sehingga mungkin Anda bingung dalam memilih. Untuk itu, kami akan memberi informasi cara memilih vacuum cleaner tabung, serta merekomendasikan produk terbaik. Yuk, temukan produk yang ideal untuk Anda!

  • Pembaharuan terakhir: 25 Maret 2020
  • 51.600 Views
Daftar isi

Cara memilih vacuum cleaner tabung

Hingga saat ini, vacuum cleaner jenis tabung tetap banyak dicari orang. Meskipun tergolong jenis yang cukup kuno, teknologi vacuum cleaner ini makin berkembang. Simaklah cara memilih vacuum cleaner jenis tabung di bawah ini untuk menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda!

Pilihlah berdasarkan sistem penampung debu

Berdasarkan sistem penampung debu, vacuum cleaner tabung dibagi menjadi dua yaitu tipe dust bag dan tipe cyclone. Mari baca penjelasannya di bawah ini.

Tipe dust bag, tidak perlu terlalu sering mengosongkan penampung

Tipe dust bag, tidak perlu terlalu sering mengosongkan penampung

Sistem pembuangan debu jenis ini tergolong klasik yaitu dengan menggunakan kantong kertas yang diletakkan di dalam vacuum cleaner. Untuk membersihkannya, Anda hanya perlu membuang debu bersama dengan kantong penampungnya. Dengan demikian, cara ini mengurangi potensi debu beterbangan yang dapat mengotori ruangan Anda.


Banyak produk tipe ini yang kantong penampungnya mudah dipasang dan dilepaskan, bahkan oleh orang lanjut usia. Namun, udara yang tersedot oleh vacuum cleaner akan keluar lagi setelah terpapar sampah dan debu yang ada di dalam mesin. Hal ini dapat menyebabkan rumah berbau, juga berbahaya bagi Anda yang memiliki alergi. Sebaiknya, Anda tidak menghirup secara langsung udara yang dikeluarkan dari vacuum cleaner, serta menjauhkannya dari bayi yang rentan alergi.

Tipe cyclone, penampung debunya dapat dibilas

Tipe cyclone, penampung debunya dapat dibilas

Vacuum cleaner tipe ini dilengkapi dengan tabung khusus sebagai tempat penampungan debu. Adanya tabung khusus itu tentu akan membuat Anda lebih hemat karena tidak perlu membeli dust bag untuk menampung debu. Pada saat bekerja, udara yang masuk dipisahkan dari debu dengan gaya sentrifugal. Karena itu, udara yang dikeluarkan dari tabung cenderung lebih bersih dan tidak berbau dibandingkan tipe dust bag


Namun, tipe ini membuat Anda harus lebih sering membuang debu dibanding dengan tipe dust bag. Selain itu, daya isap tipe ini cenderung lebih lemah dibandingkan tipe dust bag. Hal itu terjadi karena mesin juga digunakan untuk memisahkan debu dan udara. Meski demikian, tipe ini sangat cocok bagi Anda yang lebih menyukai udara bersih atau memiliki alergi terhadap debu. 

Debu di dalam tempat penampungan akan memengaruhi daya isap

Debu di dalam tempat penampungan akan memengaruhi daya isap

Seringkali, daya yang tercantum dalam spesifikasi vacuum cleaner tertulis sebesar 600 watt. Akan tetapi, angka tersebut biasanya adalah daya maksimum yang dapat dicapai oleh mesin. Karena itu, sebaiknya Anda tidak menilai kualitas vacuum cleaner berdasarkan angka tersebut. Daya isap vacuum cleaner, baik tipe dust bag maupun cyclone akan menurun saat digunakan. Hal itu terjadi apabila debu dan sampah di dalam tempat penyimpanan telah menumpuk.


Pada tipe dust bag, daya isap akan makin buruk apabila Anda tidak segera mengganti dust bag saat debu di dalamnya sudah banyak. Di sisi lain, tabung khusus pada vacuum cleaner tipe cyclone tidak dapat menampung debu sebanyak tipe dust bag. Untuk itu, Anda harus segera membersihkan tabung penampungan setiap kali selesai digunakan. Dengan demikian, performa daya isapnya kembali stabil setiap kali Anda menggunakannya. 


Bagaimanapun, daya isap tipe dust bag cenderung lebih kuat dibandingkan tipe cyclone. Oleh karena itu, pertimbangkan baik-baik sebelum memilih produk yang tepat untuk Anda. 

Perbedaan daya isap berdasarkan head vacuum cleaner

Selanjutnya, kami akan menjelaskan head vacuum cleaner yang terdiri dari turbine head dan motor head/power head. Masing-masing head memiliki perbedaan. Simak penjelasannya di bawah ini!

Turbine head, cocok untuk membersihkan lantai

Meskipun bentuknya terlihat sama seperti motor head, turbine head memiliki mekanisme kerja yang berbeda. Turbine head bekerja dengan memutar sikat di dalam head dengan tenaga angin. Untuk itu, turbine head banyak didesain untuk membersihkan lantai. Tentunya, debu di lantai cenderung tidak terlalu banyak dan tidak ada kotoran yang membelit seperti pada permukaan karpet. Oleh karena itu, Anda cukup menggunakan turbine head untuk membersihkan lantai. Harganya pun cukup terjangkau jika dibanding dengan motor head

Motor head, tepat untuk membersihkan kotoran pada karpet

Head yang satu ini menggerakkan sikat yang ada di dalam mesin dengan tenaga motor. Anda dapat menggunakan head jenis ini untuk membersihkan karpet, lantai, dan lain-lain. Selain memiliki daya isap yang kuat, beberapa produk dapat bergerak maju secara otomatis hanya dengan menekan tombol ON

Pilih yang ringan dan mudah dilipat

Pilih yang ringan dan mudah dilipat
Saat ini, vacuum cleaner tabung telah diproduksi dengan bobot yang ringan dan mudah dilipat. Namun, perhatikanlah berat vacuum cleaner yang tertera di dalam spesifikasinya. Pastikan, apakah berat yang tertera merupakan berat keseluruhan atau berat tabung saja tanpa nozzle dan selang? Apabila berat yang tertulis hanya untuk tabung, bobotnya akan lebih berat saat dipasang nozzle dan selang. 

Pada umumnya, berat standar vacuum cleaner tabung adalah 3 kilogram. Karena itu, sebuah vacuum cleaner tergolong ringan apabila beratnya kurang dari tiga kilogram. Kini, beberapa produsen juga telah memproduksi vacuum cleaner tabung dengan berat dua kilogram. Dengan demikian, bobotnya lebih ringan dan mudah dipakai oleh siapa pun. 


Jika dibandingkan dengan vacuum cleaner tabung, vacuum cleaner stick mungkin terlihat lebih ringan. Namun, seringkali head, tabung penampung debu, motor, dan kelengkapan lain pada beberapa vacuum cleaner stick harus dipasang bersamaan. Alhasil, sering kali vacuum cleaner tabung jadi lebih ringan dibandingkan jenis stick

Perhatikan fitur tambahan pada vacuum cleaner

Jika vacuum cleaner tabung yang Anda pilih memiliki fitur tambahan, hal itu tentu lebih menguntungkan. Fitur tambahan seperti filter pembersih udara akan membuat rumah lebih higienis. Selain itu, ada pula produk yang tidak hanya bisa menyedot debu, tetapi juga air.

Keberadaan fitur tambahan akan memudahkan Anda membersihkan rumah. Dengan begitu, kegiatan bersih-bersih menjadi lebih menyenangkan dan tidak melelahkan lagi. 

10 Rekomendasi vacuum cleaner tabung terbaik

Di bawah ini, kami akan merekomendasikan sepuluh vacuum cleaner tabung yang telah kami pilih untuk Anda. Dengan mengacu pada cara memilih di atas, temukanlah produk yang paling tepat untuk Anda.

10

IDEALIFEVacuum 2 In 1 Wet Dry Blow 15 Litre - Penyedot Debu

IL-150V

Rp 900.000,00

Sistem penampung debuDust bag
Panjang kabel2,3 m
Kapasitas penampung debu15 L
Berat 8 kg
Daya1000 W
9

HitachiVacuum Cleaner Cylinder - Bagged

CV-BM16

Rp 845.000,00

Sistem penampung debuDust bag
Panjang kabel5 m
Kapasitas penampung debu1,5 L
Berat 3 kg
Daya700 W
8
Sistem penampung debuDust bag
Panjang kabel5 m
Kapasitas penampung debu1,4 L
Berat 2,8 kg
DayaInput: 850 W . Isapan: 250 W
7
Sistem penampung debuDust bag
Panjang kabel5 m
Kapasitas penampung debuTidak disebutkan
Berat ±7 kg
Daya400 W
6
Sistem penampung debuCyclone
Panjang kabel4,5 m
Kapasitas penampung debu2 L
Berat 5,1 Kg
Daya400-1200 W
5

PhilipsPowerPro Compact - Penyedot Debu Tanpa Kantung

FC9330/09

Rp 1.699.000,00

Sistem penampung debuCyclone
Panjang kabel6 m
Kapasitas penampung debuTidak disebutkan
Berat ±9 kg
Daya750-900 W
4
Sistem penampung debuCyclone
Panjang kabel5 m
Kapasitas penampung debu1,8 L
Berat 4,5 kg
Daya1800 W
3

Black & Decker2000W Bagless Cyclonic Vacuum Cleaner

VM2825

Rp 1.499.000,00

Sistem penampung debuCyclone
Panjang kabel5 m
Kapasitas penampung debu1,8 liter
Berat 6,5 kg
Daya2000 W
2
Sistem penampung debuTidak disebutkan
Panjang kabel5 m
Kapasitas penampung debu15 L
Berat 7 kg
Daya1000 W
1

SamsungCanister with Cyclone Force and Anti-Tangle Turbine

VC18M2120SB/SE

Rp 1.075.000,00

Sistem penampung debuCyclone
Panjang kabel6 m
Kapasitas penampung debu1,5 L
Berat 4,6 kg
Daya380-1800 W

Tabel perbandingan produk vacuum cleaner tabung terbaik

Gambar produk
1
Samsung Canister with Cyclone Force and Anti-Tangle Turbine 1

Samsung

2
Multi Mayaka Vacuum Cleaner 1

Multi Mayaka

3
Black & Decker 2000W Bagless Cyclonic Vacuum Cleaner 1

Black & Decker

4
Electrolux Ease C4 1

Electrolux

5
Philips PowerPro Compact - Penyedot Debu Tanpa Kantung 1

Philips

6
MODENA PRECISO 1

MODENA

7
SHARP Dry Vacuum Cleaner 1

SHARP

8
Panasonic Vacuum Cleaners - Bagged Type 1

Panasonic

9
Hitachi Vacuum Cleaner Cylinder - Bagged 1

Hitachi

10
IDEALIFE Vacuum 2 In 1 Wet Dry Blow 15 Litre - Penyedot Debu 1

IDEALIFE

Nama produk

Canister with Cyclone Force and Anti-Tangle Turbine

Vacuum Cleaner

2000W Bagless Cyclonic Vacuum Cleaner

Ease C4

PowerPro Compact - Penyedot Debu Tanpa Kantung

PRECISO

Dry Vacuum Cleaner

Vacuum Cleaners - Bagged Type

Vacuum Cleaner Cylinder - Bagged

Vacuum 2 In 1 Wet Dry Blow 15 Litre - Penyedot Debu

Keunggulan

Kinerja turbin lebih konsisten dan bebas tersumbat!

Dapat diandalkan membersihkan berbagai tempat

Membersihkan ruangan jadi lebih cepat dengan head yang lebar

Membuang debu tanpa mengotori tangan? Bisa!

Paket lengkap untuk membebaskan Anda dari segala macam alergi

Udara lebih bersih dengan 5 lapis filter

Daya isap tetap kuat tanpa menghabiskan banyak daya listrik

Desain portabel, mudah dibawa naik-turun tangga

Bergerak ke mana pun, selang tidak akan kusut

Memiliki dua fungsi yang membuat lingkungan Anda makin higienis

HargaRp 1.075.000,00Rp 700.000,00Rp 1.499.000,00Rp 1.580.000,00Rp 1.699.000,00Rp 1.040.000,00Rp 729.000,00Rp 900.000,00Rp 845.000,00Rp 900.000,00
Sistem penampung debuCycloneTidak disebutkanCycloneCycloneCycloneCycloneDust bagDust bagDust bagDust bag
Panjang kabel6 m5 m5 m5 m6 m4,5 m5 m5 m5 m2,3 m
Kapasitas penampung debu1,5 L15 L1,8 liter1,8 LTidak disebutkan2 LTidak disebutkan1,4 L1,5 L15 L
Berat 4,6 kg7 kg6,5 kg4,5 kg±9 kg5,1 Kg±7 kg2,8 kg3 kg8 kg
Daya380-1800 W1000 W2000 W1800 W750-900 W400-1200 W400 WInput: 850 W . Isapan: 250 W700 W1000 W
Tautan produk

Tips menggunakan vacuum cleaner tabung

Pada artikel ini, kami juga akan memberikan tips yang berguna saat Anda menggunakan vacuum cleaner tabung. Silakan memperhatikan hal-hal kecil berikut supaya Anda mendapatkan hasil optimal saat membersihkan ruangan dengan vacuum cleaner tabung. 

Bersihkan head sebulan sekali

Bersihkan head sebulan sekali

Daya isap vacuum cleaner tabung akan memburuk apabila Anda tidak rutin membersihkan bagian head-nya. Hal itu akan tetap terjadi meskipun Anda menggunakan vacuum cleaner tabung yang memiliki daya isap tinggi. Oleh karena itu, sebaiknya Anda rutin membersihkan head vacuum cleaner satu kali dalam sebulan. 

Menjaga ritme saat menggunakan vacuum cleaner tabung

Menjaga ritme saat menggunakan vacuum cleaner tabung

Ritme yang terbaik untuk setiap gerakan mendorong dan menarik vacuum cleaner tabung adalah sekitar 5-6 detik. Apabila Anda terlalu cepat menggerakkan vacuum cleaner, ada kemungkinan vacuum cleaner tidak bekerja maksimal dalam mengisap debu.

Dorong vacuum cleaner dengan jarak setengah tinggi badan Anda

Dorong vacuum cleaner dengan jarak setengah tinggi badan Anda
Jarak yang ideal untuk mendorong vacuum cleaner tabung adalah sekitar setengah dari tinggi badan Anda. Apabila Anda mendorong vacuum cleaner lebih jauh, head vacuum cleaner Anda akan sedikit terangkat. Hal ini dapat menyebabkan proses penyedotan debu menjadi tidak optimal. Karena itu, saat mendorong vacuum cleaner tabung, berilah jarak sekitar setengah dari tinggi badan Anda. 

Lebih teliti saat membersihkan karpet

Lebih teliti saat membersihkan karpet
Tidak hanya lebih mudah menyerap debu, karpet juga bisa menjadi tempat berkembang biak tungau. Untuk itu, Anda harus benar-benar teliti saat membersihkan karpet dengan vacuum cleaner tabung. Sebaiknya, Anda mendorong vacuum cleaner secara vertikal dan horizontal saat membersihkan karpet. 

Langkah pertama, jalankan vacuum cleaner berlawanan dengan arah bulu karpet. Selanjutnya, jalankan vacuum cleaner searah dengan pola bulu karpet. Dengan cara ini, Anda dapat mencegah penumpukan debu dan tungau pada karpet. 

Baca juga rekomendasi vacuum cleaner lainnya di sini

Selain vacuum cleaner tabung, masih ada jenis vacuum cleaner lainnya yang dapat mempermudah rutinitas Anda dalam bersih-bersih ruangan. Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih mendalam mengenai vacuum cleaner jenis lain, silakan cek artikel di bawah ini. Temukan berbagai produk terbaik di dalamnya!

Kesimpulan

Demikianlah tips dan rekomendasi produk vacuum cleaner tabung dari kami. Setelah membaca artikel ini, kami berharap Anda dapat menemukan produk yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan lupa untuk memperhatikan berbagai spesifikasinya, ya!

Pilihlah vacuum cleaner tabung yang bisa membuat kegiatan bersih-bersih jadi lebih menyenangkan dan tidak melelahkan. Dengan begitu, kesehatan Anda pun ikut terjaga! Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Dewasa ini, teknologi mesin cuci berkembang semakin pesat. Di pasaran, terdapat tiga jenis mesin cuci, yaitu mesin cuci top loading, front loading, dan dua tabung. Dari sisi penggunaan, kini ada pula mesin cuci yang dapat dioperasikan melalui smartphone!Kali ini, kami akan mengulas rekomendasi produk-produk mesin cuci pilihan, seperti Samsung, Panasonic, Sharp, dan lainnya. Sebelum itu, simaklah cara memilih mesin cuci yang tepat agar Anda dapat menemukan mesin cuci idaman.
    Elektronik rumah tangga
    269.832 Views
  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sebagai orang Indonesia yang sumber karbohidratnya adalah nasi, tentu rice cooker adalah item yang wajib dimiliki. Tidak hanya untuk memasak nasi, rice cooker juga bisa digunakan untuk memasak bubur, mengukus, dan memasak berbagai jenis makanan lainnya.. Pada artikel ini, kami akan memperkenalkan rekomendasi produk rice cooker, seperti Cosmos, Panasonic, dan Philips. Sebelum itu, kami juga akan memberitahukan cara memilih rice cooker yang tepat untuk kebutuhan Anda. Silakan jadikan artikel ini sebagai referensi Anda, ya!
    Elektronik rumah tangga
    181.150 Views
  • 10 Rekomendasi AC (Pendingin Ruangan) Terbaik Seharga 2-3 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi AC (Pendingin Ruangan) Terbaik Seharga 2-3 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    Ada banyak merek AC atau pendingin ruangan terkenal, seperti Sharp, Samsung, Polytron, Panasonic, dan sebagainya yang dijual di pasaran. Harga dan fitur-fitur yang dimiliki setiap AC pun sangat bervariasi satu sama lain. Hal tersebut mungkin membuat Anda bingung untuk menentukan pilihan, bukan?Kali ini, kami akan merekomendasikan beberapa produk AC terbaik seharga 2-3 jutaan. Kami juga akan menjelaskan cara membersihkan AC yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Jadikan artikel ini sebagai referensi dan temukan AC yang sesuai untuk ruangan Anda!
    Elektronik rumah tangga
    146.966 Views
  • 10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bagi banyak orang, mendengarkan musik adalah opsi menarik untuk mengisi waktu luang. Salah satunya dengan menggunakan smartphone yang disambungkan ke in-ear headphone atau disebut juga earphone. Oleh sebab itu, in-ear headphone menjadi produk penting bagi mereka yang hobi mendengarkan musik melalui smartphone.Berbagai produk in-ear headphone dari brand ternama seperti Sony, Philips, dan JBL berlomba menarik konsumen dengan fitur yang diberikan. Namun, seperti apa kriteria memilih produk yang tepat? Untuk membantu Anda, kami akan memberi tips dalam memilih in-ear headphone yang tepat beserta rekomendasi produk terbaik.
    Elektronik rumah tangga
    143.203 Views
  • 10 Rekomendasi Wireless Router Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Wireless Router Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Anda dapat menikmati pengalaman browsing di dunia internet yang bebas dari kendala, seperti putusnya koneksi atau buffering, dengan menjaga kestabilan koneksi internet di rumah dengan memasang wireless router. Wireless router adalah solusi untuk mendapatkan kualitas jaringan ketika menggunakan internet. Namun, sekarang ini sudah banyak produsen menjual wireless router dengan berbagai fitur dan keunggulan yang bervariasi sehingga sulit bagi pembeli untuk menentukan wireless router yang pas sesuai kebutuhan.Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dijelaskan bagaimana memilih wireless router, membandingkan produk yang terbaik dari sisi performa dan harga, serta merekomendasikan produk yang terbaik untuk Anda. Selain itu, juga akan dijelaskan tips memasang wireless router. Temukan wireless router terbaik Anda yang dapat memberikan kenyamanan ketika menggunakan internet.
    Elektronik rumah tangga
    107.682 Views
  • 10  Rekomendasi Penguat Sinyal Wi-Fi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Penguat Sinyal Wi-Fi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Saat ini internet bisa dikategorikan sebagai kebutuhan sekunder manusia. Sinyal Wi-Fi yang lemah atau tidak stabil seringkali menghambat aktivitas atau produktivitas kerja Anda. Jaringan internet yang tidak stabil bisa disebabkan oleh struktur bangunan, provider internet, dan faktor cuaca.Anda bisa menambahkan penguat sinyal Wi-Fi atau Wi-Fi repeater agar aktivitas tidak terhambat. Penguat sinyal juga mampu memperkuat jaringan Wi-Fi lebih luas yang sebelumnya tidak terjangkau oleh router. Ada beragam penguat sinyal yang bisa jadi pilihan . Sebelum membeli, ada baiknya mempelajari terlebih dulu jenis penguat sinyal Wi-Fi yang Anda butuhkan. Selamat membaca !
    Elektronik rumah tangga
    88.181 Views
  • 10 Rekomendasi Speaker Center Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Speaker Center Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Seiring bertambahnya jumlah orang yang menggunakan televisi layar lebar, speaker center semakin diminati. Jika Anda hubungkan speaker berkualitas tinggi ke LCD televisi, Anda akan mendapatkan efek suara yang luar biasa. Anda dapat menikmati audio dari konten musik atau film dengan kualitas yang lebih baik..Karena itu, kali ini kami akan menjelaskan mengenai cara memilih speaker center yang baik. Setelah itu, kami juga akan memperkenalkan produk yang direkomendasikan dalam format ranking. Silahkan baca artikel ini hingga akhir!
    Elektronik rumah tangga
    3.363 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori