• 10 Rekomendasi Produk Tabir Surya (Sunscreen) Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Produk Tabir Surya (Sunscreen) Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Produk Tabir Surya (Sunscreen) Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Produk Tabir Surya (Sunscreen) Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Produk Tabir Surya (Sunscreen) Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Produk Tabir Surya (Sunscreen) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Sinar matahari berlebihan diketahui berpotensi menyebabkan kanker kulit. Karena itu, penting sekali untuk melindungi kulit Anda dengan pengaplikasian tabir surya secara rutin. Beragam sunscreen untuk badan dan muka telah banyak beredar di pasaran. Produk mancanegara, seperti Nivea dan Vaseline, maupun produk lokal seperti Wardah dan Joylab, bisa menjadi referensi Anda.


Kali ini, kami akan merekomendasikan sepuluh sunscreen terbaik untuk Anda. Mulai dari produk dengan SPF 30 sampai 50, akan kami bahas di sini. Kami juga akan menjelaskan perbedaan antara sunscreen dan sunblock. Jadi, mari simak sampai akhir, ya!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Adinda Sekarwangi
Aidacht
Iva Asih
  • Pembaharuan terakhir: 12 April 2021
  • 330.381 Views
Daftar isi

Kenali perbedaan sunscreen dan sunblock

Kata-kata sunscreen dan sunblock sering terlihat wara-wiri di ranah skincare dan kecantikan. Kedua produk ini memang sama-sama melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Namun, ternyata sunscreen dan sunblock memberikan perlindungan dengan cara yang berbeda.


Sunblock bekerja dengan cara memberi lapisan pelindung kulit untuk menangkal sinar matahari sebelum meresap ke kulit. Sifat sunblock yang membuat lapisan pelindung pada kulit membuatnya cocok dipakai oleh anak-anak dan pemilik kulit sensitif.


Di sisi lain, sunscreen memberikan perlindungan pada kulit dengan menyerap sinar matahari yang terlanjur masuk ke dalam kulit. Sunscreen terbagi atas dua jenis yaitu chemical dan physical. Keunggulan dari kedua jenis sunscreen tersebut juga akan dibahas di artikel ini.

Cara memilih tabir surya (sunscreen)

Mulai dari pilihan SPF (sun protection factor) sampai tekstur, beberapa poin berikut penting untuk Anda pahami sebelum membeli sunscreen. Yuk, simak baik-baik!

Gunakan tingkat perlindungan yang sesuai kebutuhan

Gunakan tingkat perlindungan yang sesuai kebutuhan

Sunscreen memiliki satuan tingkat perlindungan yang disebut dengan SPF dan PA. SPF merupakan tingkat perlindungan sunscreen terhadap sinar ultraviolet B atau UVB. UVB merupakan gelombang sinar matahari yang menyebabkan kulit tampak gelap dan terasa terbakar. Makin tinggi angka SPF yang tertera pada kemasan sunscreen, maka makin lama perlindungan yang Anda dapatkan.


Sementara itu, PA adalah tingkat perlindungan terhadap sinar UVA. UVA adalah penyebab penuaan dini dan berkurangnya elastisitas kulit. Perhatikanlah label PA+ pada sunscreen pilihan Anda. Makin banyak label + yang tertera pada kemasan sunscreen menandakan makin besar perlindungan yang diberikan.


Namun, tingginya SPF/PA pada sunscreen juga membawa efek terhadap kulit. Berikut panduan memilih SPF/PA sunscreen sesuai kebutuhan:


  • SPF 30 – SPF 50+ PA++++: Sesuai untuk pergi ke pantai atau kegiatan di bawah sinar matahari terik.
  • SPF 20 – SPF 30 dengan atau tanpa PA++: Sesuai untuk olahraga dan aktivitas outdoor yang sederhana.
  • SPF 10 – SPF 20 PA+ hingga PA++: Sesuai untuk aktivitas sehari-hari di rumah dan keluar rumah sejenak.

Temukan tekstur yang sesuai dengan kondisi kulit

Tekstur sunscreen kini makin beragam. Setiap tekstur tentu memiliki karakteristik dan kegunaan yang berbeda-beda. Mari pilih sesuai kebutuhan dan selera Anda!

Sunscreen lotion: Tekstur halus dan tahan air

Sunscreen lotion: Tekstur halus dan tahan air

Sunscreen berbentuk lotion adalah tipe yang paling mudah dijumpai. Tipe lotion merupakan perpaduan antara komposisi berbahan dasar minyak dan air. Perpaduan tersebut biasanya tidak dapat menyatu dengan sempurna. Sebab itu, sangat disarankan untuk mengocok kemasan sebelum sunscreen digunakan.


Sunscreen tipe lotion memiliki tekstur halus dan tidak lengket. Beberapa produk sunscreen lotion bahkan memiliki klaim water resistant. Banyak orang mengkhawatirkan sensasi gatal saat memakai sunscreen tipe ini. Namun, di era modern ini banyak produsen terus berinovasi agar sunscreen tetap terasa nyaman di kulit.

Sunscreen gel: Terasa segar dan tidak lengket

Sunscreen gel: Terasa segar dan tidak lengket

Sunscreen berbentuk gel belakangan juga makin digemari oleh banyak orang. Gel merupakan tekstur yang terbuat dari komposisi berbahan dasar air sehingga ringan, tidak lengket, dan terasa segar.


Dari segi ketahanan, sunscreen gel ini memang cenderung mudah hilang jika terkena air dan keringat. Namun, hal tersebut juga menandakan bahwa sunscreen ini akan mudah dihapus saat Anda membasuhnya.

Sunscreen krim: Baik digunakan pada kulit kering

Sunscreen krim: Baik digunakan pada kulit kering

Sunscreen dengan tekstur krim belakangan juga mulai bermunculan meskipun belum setenar sunscreen lotion dan gel. Krim memiliki karakteristik yang mudah dicampurkan dengan bahan-bahan yang mengandung minyak.


Sunscreen tipe ini tidak hanya memberikan sensasi lembut saat dipakai, tetapi juga sekaligus menjadi pelembap kulit Anda. Jika kulit Anda merupakan tipe kulit kering, sunscreen krim ini dapat menjadi pilihan yang tepat.

Sunscreen spray: Praktis untuk area yang sulit dijangkau

Sunscreen spray: Praktis untuk area yang sulit dijangkau

Saat mengoleskan sunscreen, terkadang ada bagian tubuh yang sulit dijangkau, seperti punggung atau kulit kepala. Sunscreen dengan bentuk spray ini akan memudahkan Anda menjangkau area tersebut. Pengaplikasiannya pun cepat hanya dengan sekali semprot. 


Namun, bentuk semprotan semacam ini juga berpotensi untuk membuat sunscreen tidak tersebar merata. Karena itu, akan lebih baik jika sunscreen nonspray tetap menjadi pilihan utama Anda. Sunscreen spray bisa Anda pilih untuk menjangkau bagian tubuh yang sulit atau saat mengulang penggunaan sunscreen.

Pertimbangkan yang berlabel wateproof dan mudah dibersihkan

Pertimbangkan yang berlabel wateproof dan mudah dibersihkan

Saat bermain di pantai atau kolam renang, sunscreen kerap hilang terkikis air. Perlindungan kulit tentu menjadi tidak maksimal. Waterproof sunscreen biasanya juga memiliki ketahanan yang baik terhadap keringat. Pas untuk dipakai saat beraktivitas outdoor, bukan? Sebab itu, penting untuk memilih sunscreen yang tahan air dan keringat.


Selain memilih sunscreen dengan perlindungan yang maksimal, pertimbangkan pula produk yang mudah dibersihkan. Sebagai contoh, sunscreen gel yang berbahan dasar air akan mudah sekali untuk dibersihkan.

Ketahui perbedaan chemical sunscreen dan physical sunscreen

Ketahui perbedaan chemical sunscreen dan physical sunscreen

Secara umum, sunscreen terbagi menjadi dua jenis, yaitu chemical sunscreen dan physical sunscreen. Beberapa produk sunscreen bahkan memadukan kedua jenis sunscreen tersebut. Lalu, apa perbedaan kedua jenis sunscreen tersebut?


Chemical sunscreen bekerja dengan cara menyerap sinar matahari dan mengubahnya menjadi panas. Jenis sunscreen ini memiliki tekstur cair sehingga dapat menembus lapisan epidermis dan dermis kulit. Teksturnya yang ringan membuat chemical sunscreen nyaman digunakan sehari-hari dan harganya pun relatif lebih terjangkau.


Pemakaian chemical sunscreen perlu diulang setidaknya setiap dua jam karena sifat kandungannya mudah rusak akibat sinar matahari. Namun, chemical sunscreen kurang dianjurkan untuk kulit sensitif karena kandungan yang terserap kulit dapat memicu iritasi dan alergi. Chemical sunscreen ditandai dengan kandungan aminobenzoic acid, avobenzone, cinoxate, dan dioxybenzone.


Sementara itu, physical sunscreen bekerja dengan membentuk lapisan penghalang agar sinar UV tidak mengenai lapisan epidermis. Physical sunscreen memiliki kandungan UV filter, seperti zinc oxide, titanium dioxide, dan iron oxide. Sunscreen ini umumnya bertekstur berat, meninggalkan white cast, dan harganya relatif lebih mahal. Namun, jenis ini cenderung lebih ditoleransi oleh semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

Nivea Sun Protect & White Instant Aura Serum SPF50+ PA+++

Mulai dari Rp 46.000,00

Spesialis
mybest
Spesialis
mybest

Kao Biore UV Aqua Rich Watery Essence

Mulai dari Rp 121.000,00

10 Rekomendasi tabir surya (sunscreen) terbaik

Setelah mengetahui cara memilih sunscreen, mari pilih produk yang paling tepat untuk Anda di bawah ini! Pilih yang sesuai kebutuhan Anda, ya.

10

BeiersdorfNivea Men Extra White Anti-Dark Spot Serum

Mulai dari Rp 26.000,00

JenisChemical sunscreen
UV protectionSPF 50 PA+++
TeksturLotion
Isi15 ml
Waterproof×
9
JenisTidak disebutkan
UV protectionSPF 50 PA++++
TeksturLosion
Isi35 ml
Waterproof
8

Vaseline®Healthy White™ Sun+Pollution Protection Lotion

Mulai dari Rp 21.800,00

JenisChemical sunscreen
UV protectionSPF 24 PA++
TeksturLosion
Isi100 ml, 200 ml, 400 ml
Waterproof×
7

Maharis BeautyVotre Peau Skin Care Daily Facial Sun Shield

Mulai dari Rp 265.000,00

Jenis Kombinasi chemical dan physical sunscreen
UV protectionSPF 50 PA++
TeksturKrim
Isi30 ml
Waterproof×
6

Kao Bioré UV Athlizm Skin Protect Essence

Mulai dari Rp 195.000,00

JenisChemical sunscreen
UV protectionSPF 50 PA++++
TeksturGel
Isi70 gr
Waterproof
5
JenisPhysical sunscreen
UV protectionSPF 30
TeksturSpray
Isi30ml, 100ml
Waterproof×
4
Jenis Kombinasi chemical dan physical sunscreen
UV protectionSPF 50 PA++
TeksturGel
Isi50 gr
Waterproof×
3

For Skin's SakeWeightless Sunscreen

Mulai dari Rp 40.000,00

Jenis Chemical sunscreen
UV protectionSPF 50 PA++++
TeksturGel
Isi7 ml, 45 ml
Waterproof×
2
JenisKombinasi chemical dan physical sunscreen
UV protectionSPF 50 PA++
TeksturKrim
Isi20 ml
Waterproof
1
Jenis Kombinasi chemical dan physical sunscreen
UV protectionSPF 100 PA++++
TeksturKrim
Isi40 ml
Waterproof

Tabel perbandingan produk tabir surya (sunscreen) terbaik

Gambar produk
1
Bioderma Photoderm MAX Fluide  1

Bioderma

2
LACOCO Daily UV Counter 1

LACOCO

3
For Skin's Sake Weightless Sunscreen 1

For Skin's Sake

4
Joylab Aqua Sun-Day 1

Joylab

5
Jarte Beauty Sunscreen Spray 1

Jarte Beauty

6
Kao  Bioré UV Athlizm Skin Protect Essence  1

Kao

7
Maharis Beauty Votre Peau Skin Care Daily Facial Sun Shield  1

Maharis Beauty

8
Vaseline® Healthy White™ Sun+Pollution Protection Lotion 1

Vaseline®

9
Wardah  UV Shield Active Protection Serum 1

Wardah

10
Beiersdorf Nivea Men Extra White Anti-Dark Spot Serum 1

Beiersdorf

Nama produk

Photoderm MAX Fluide

Daily UV Counter

Weightless Sunscreen

Aqua Sun-Day

Sunscreen Spray

Bioré UV Athlizm Skin Protect Essence

Votre Peau Skin Care Daily Facial Sun Shield

Healthy White™ Sun+Pollution Protection Lotion

UV Shield Active Protection Serum

Nivea Men Extra White Anti-Dark Spot Serum

Keunggulan

Melindungi 99,8% sel kulit dari intensitas cahaya matahari maksimum

Bahan yang aman untuk ibu hamil dan menyusui

Menyerap cepat dan terasa ringan

Melindungi dari sinar UV sekaligus mengandung antiaging

Multifungsi, sunscreen sekaligus setting spray!

Perlindungan kondisi ekstrem yang lebih tahan air, keringat, dan gesekan

Formula bebas minyak dan noncomedogenic

Lindungi kulit Anda dari sinar matahari dan polusi kendaraan

Ideal untuk aktivitas dinamis di pantai atau kolam renang

Pudarkan noda gelap dan mencerahkan kulit pria

Harga mulai dariRp 319.000,00Rp 150.000,00Rp 40.000,00Rp 180.000,00Rp 55.000,00Rp 195.000,00Rp 265.000,00Rp 21.800,00Rp 73.500,00Rp 26.000,00
Jenis Kombinasi chemical dan physical sunscreenKombinasi chemical dan physical sunscreenChemical sunscreenKombinasi chemical dan physical sunscreenPhysical sunscreenChemical sunscreenKombinasi chemical dan physical sunscreenChemical sunscreenTidak disebutkanChemical sunscreen
UV protectionSPF 100 PA++++SPF 50 PA++SPF 50 PA++++SPF 50 PA++SPF 30SPF 50 PA++++SPF 50 PA++SPF 24 PA++SPF 50 PA++++SPF 50 PA+++
TeksturKrimKrimGelGelSprayGelKrimLosionLosionLotion
Isi40 ml20 ml7 ml, 45 ml50 gr30ml, 100ml70 gr30 ml100 ml, 200 ml, 400 ml35 ml15 ml
Waterproof×××× × ×
Tautan produk

Tips menggunakan sunscreen dengan benar

Pemakaian sunscreen yang kurang tepat tentu membuat hasil yang Anda dapat tidak maksimal. Pastikan cara pemakaian Anda sudah benar dengan mengikuti tips berikut ini!

Pakailah sunscreen setiap hari!

Pakailah sunscreen setiap hari!

Banyak orang mengabaikan penggunaan sunscreen saat cuaca dirasa tidak terik atau sedang mendung. Nyatanya, sinar UV dapat menembus lapisan ozon hingga 30%, bahkan saat hujan. Maka dari itu, sangatlah penting memakai sunscreen tiap hari pada musim apa pun agar kulit Anda senantiasa terlindungi.


Sunscreen perlu Anda pakai setiap hari di mana saja. Agar terasa lebih nyaman dan menyenangkan, pakailah produk sunscreen favorit Anda. Beberapa jenis sunscreen yang kami jelaskan sebelumnya bisa menjadi referensi Anda.


Sunscreen bertipe losion seperti produk keluaran Vaseline bisa menjadi pilihan bila Anda menginginkan tekstur yang halus. Sementara itu, sunscreen gel seperti produk Biore UV Aqua Rich cocok apabila Anda menyukai tekstur yang ringan.


Ulangi pemakaian sunscreen tiap 2–3 jam

Ulangi pemakaian sunscreen tiap 2–3 jam

Saat terkena keringat dan air terus-menerus, sunscreen menjadi tidak efektif lagi. Karena itu, Anda sangat disarankan untuk mengulang pemakaian sunscreen setiap 2–3 jam.


Anda bahkan tetap membutuhkan pengulangan pemakaian sunscreen saat Anda berada di dalam ruangan. Saat di dalam ruangan, Anda bisa mengaplikasikan bedak yang mengandung UV protection atau menyemprotkan sunscreen spray agar lebih praktis.

Pakai skincare, makeup, dan sunscreen dengan urutan yang tepat

Pakai skincare, makeup, dan sunscreen dengan urutan yang tepat

Jika Anda ingin memakai skincare, sunscreen, dan makeup bersamaan, Anda memerlukan urutan yang tepat. Anda bisa menggunakan skincare pada urutan pertama, lalu disusul dengan sunscreen. Kemudian, pakailah makeup pada urutan terakhir.

Cermati keterangan jangka waktu penggunaan sunscreen

Cermati keterangan jangka waktu penggunaan sunscreen

Produk sunscreen yang telah dibuka terlalu lama rentan terhadap proses oksidasi. Untuk menghindari hal tersebut, Anda disarankan untuk segera menggunakan sunscreen setelah dibuka. Jika melihat pada bagian belakang kemasan, Anda bisa menemukan label seperti yang ada pada gambar di atas. 


Angka dan huruf "M" pada label tersebut bisa dijadikan referensi rekomendasi jangka waktu pemakaian setelah kemasan dibuka. Huruf "M" mengindikasikan keterangan bulan (month). Contohnya, jika pada kemasan tertulis 3M, maka Anda disarankan untuk menghabiskan produk maksimal 3 bulan setelah kemasan dibuka.

Baca juga rekomendasi sunscreen lainnya di sini!

Selain dapat memilih sunscreen terbaik, Anda juga bisa memilih sunscreen berdasarkan jenis kulit Anda. Kami telah menyediakan artikel menarik untuk Anda. Silakan klik link di bawah ini!

Kesimpulan

Ancaman kesehatan kulit akibat sinar UV sangat beragam, mulai dari iritasi ringan hingga risiko kanker kulit. Cegah hal tersebut dengan rajin memakai sunscreen di mana pun Anda berada. 


Pada artikel di atas, kami sudah menyediakan beragam rekomendasi produk sunscreen terbaik. Temukan produk yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kulit Anda. Jangan lupa untuk menggunakan sunscreen meski cuaca sedang mendung, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sunscreen/Sunblock Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sunscreen/Sunblock Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2021)
    Paparan sinar matahari dapat menyebabkan flek-flek hitam pada kulit wajah Anda. Kulit juga menjadi rentan iritasi, terbakar, atau kemerahan. Oleh karenanya, Anda disarankan menggunakan suncreen setiap kali berkegiatan di luar ruangan. Namun, mahalnya harga suncreen sering kali membuat orang memilih mengesampingkannya.Untuk itu, kali ini kami akan membahas suncreen terbaik dengan harga terjangkau. Beberapa produk, seperti keluaran Skin Aqua, Nivea, dan Parasol dapat Anda temukan pada poin rekomendasi produk di bawah ini. Kalau begitu, langsung saja kita simak tips cara memilih suncreen dengan harga terjangkau.
    Perawatan badan
    317.399 Views
  • 10 Rekomendasi Lotion Terbaik untuk Kulit Kering (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Lotion Terbaik untuk Kulit Kering (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit kering merupakan persoalan penting yang harus segera ditangani. Jika dibiarkan, hal tersebut bisa menyebabkan masalah yang lebih serius seperti kulit kasar, bersisik, kemerahan, dan gatal. Cara mengatasi kulit kering bisa dengan perawatan dari dalam dan dari luar.Untuk perawatan dari luar, Anda bisa memakai lotion yang dikhususkan untuk kulit kering. Namun, dari sekian banyak lotion yang beredar di pasaran, manakah yang paling cocok untuk kulit Anda? Melalui artikel ini, kami akan memandu Anda menemukan lotion terbaik. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk seperti Vaseline, Nivea, dan Cetaphil. Selamat membaca!
    Perawatan badan
    155.258 Views
  • 10 Rekomendasi Body Scrub Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Body Scrub Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Scrub bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati agar kulit menjadi lebih halus. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat membeli body scrub, seperti tekstur butiran, bahan baku, dan khasiatnya untuk kulit. Anda dapat memilih di antara beberapa merek, antara lain Mustika Ratu, The Body Shop, dan lainnya. Dengan banyaknya merek yang ada, mungkin Anda jadi bingung dalam memilih.Untuk membantu Anda, kami akan memberikan informasi mengenai cara memilih body scrub yang sesuai kebutuhan. Setelahnya, kami juga merekomendasikan produk terbaik sehingga Anda dapat membandingkan harga dan kualitasnya. Silakan baca hingga tuntas!
    Perawatan badan
    184.005 Views
  • 10 Rekomendasi Body Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Body Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Body lotion dapat memberi kelembapan dan kesegaran pada kulit Anda yang kering akibat terpaan panas matahari. Selain sebagai pelembap, terdapat pula body lotion yang menawarkan solusi untuk jerawat punggung dan memutihkan kulit. Banyaknya merek yang dijual mungkin akan membuat Anda bingung memilih produk yang sesuai.Untuk itu, kami akan menjelaskan cara memilih body lotion serta memberikan rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Produk dari Citra, Vaseline, Nivea, dan Cetaphil juga akan turut kami ulas. Simak terus informasi bermanfaat yang akan kami paparkan berikut ini!
    Perawatan badan
    205.998 Views
  • 10 Rekomendasi Bust Up Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Bust Up Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi para wanita, bicara perihal payudara tidak akan ada habisnya. Ada saja yang dikeluhkan, mulai dari tidak puas dengan ukurannya sampai payudara yang kendur. Karena itu, bust up cream hadir sebagai solusi yang dapat memberikan efek bust up dan mengembalikan kekencangan payudara.Produk bust up cream dari Mustika Ratu, Clinelle, dan Royalty mungkin sudah banyak dikenal publik. Namun, masih banyak produk lain yang juga tak kalah bagusnya. Agar tidak salah pilih, artikel ini akan membahas cara memilih bust up cream beserta produk rekomendasinya. Semoga bisa menjadi referensi untuk Anda.
    Perawatan badan
    153.656 Views
  • 10 Rekomendasi Produk Sukin Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Produk Sukin Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sejak diluncurkan pertama kali pada 2007, Sukin makin memperkaya khazanah perawatan kulit berbahan alami. Produk skincare yang disediakan oleh Sukin juga sangat beragam, mulai dari perawatan wajah sampai perawatan rambut. Selain itu, tersedia varian produk dari deodoran hingga rangkaian produk blemish control.Pilihan produk yang sangat bervariasi tersebut mungkin membuat Anda kesulitan dalam memilih produk Sukin. Jika demikian, bacalah artikel ini dengan saksama. Kami akan menjelaskan cara memilih produk Sukin sekaligus memberikan rekomendasi produknya. Selamat membaca!
    Perawatan badan
    939 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori