• 10 Rekomendasi Produk Tabir Surya (Sunscreen/Sunblock) Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Produk Tabir Surya (Sunscreen/Sunblock) Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Produk Tabir Surya (Sunscreen/Sunblock) Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Produk Tabir Surya (Sunscreen/Sunblock) Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Produk Tabir Surya (Sunscreen/Sunblock) Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Produk Tabir Surya (Sunscreen/Sunblock) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Pemakaian produk tabir surya perlu dilakukan sepanjang tahun untuk menjaga kulit senantiasa cantik dan sehat. Saat ini sudah banyak produk sunscreen dan sunblock yang dijual di pasaran, mulai dari produk keluaran merek Biore, Shiseido, Neutrogena, Kiehl’s, sampai produk tabir surya dalam bentuk spray yang praktis.

Kali ini, kami akan merekomendasikan produk tabir surya terbaik di pasaran. Ada produk tabir surya dengan kandungan SPF dan PA sangat tinggi, tabir surya yang bisa dipakai sebagai foundation, sampai yang tahan air sehingga dapat dipakai berenang. Nah, produk tabir surya seperti apa yang paling direkomendasikan, ya?!
  • Pembaharuan terakhir: 15 September 2020
  • 243.053 Views
Daftar isi

Pentingnya penggunaan produk tabir surya

Sinar UV sering kali disebut sebagai penyebab utama dari penuaan dini pada kulit. Jika Anda menggunakan tabir surya secara benar dan merawat kulit dengan perlindungan sinar UV setiap hari, kulit Anda akan terjaga kesehatannya. Pertama-tama, ketahuilah apa saja pengaruh buruk sinar UV terhadap kulit Anda dan bagaimana langkah-langkah penanganannya.

Sinar UV menyebabkan wajah menjadi kering

Sinar UV menyebabkan wajah menjadi kering
Ada data yang menyebutkan bahwa kadar air dalam kulit akan berkurang walaupun hanya terkena sinar UV selama 20-30 menit. Apabila saat itu Anda tidak menggunakan produk tabir surya, kulit akan terkena dampak dari sinar UV meskipun hanya dalam waktu sepuluh menit yang terbilang sebentar.
Apabila kandungan air di dalam kulit berkurang, sel lapisan terluar kulit akan sulit untuk berkembang. Hal ini mengakibatkan menurunnya fungsi pelindung kulit Anda sehingga kulit menjadi kering. Sel kering yang berada di lapisan terluar epidermis akan bertambah jumlahnya dan menyebabkan tekstur kulit menjadi kasar.
Dari situ, kulit bisa terjebak dalam siklus buruk yang mana kulit yang kasar akan membuat wajah terlihat gosong dan meradang akibat sinar UV.

Sinar UV menjadi penyebab timbulnya flek dan bintik-bintik pada wajah

Sinar UV menjadi penyebab timbulnya flek dan bintik-bintik pada wajah
Ketika wajah terbakar sinar matahari, kulit bagian dalam akan menghasilkan melanin. Apabila melanin tidak bisa disekresi dengan baik, kulit akan terus-menerus berupaya memproduksi melanin dan membuat melanin tersebut mengakar pada kulit bagian dalam. Hal ini mengakibatkan munculnya flek dan bintik-bintik pada wajah.
Di samping itu, tubuh memproduksi hormon luteinizing lebih banyak dari biasanya saat wanita mengalami menstruasi. Karena hormon luteinizing ini memiliki fungsi yang dapat meningkatkan kepekaan terhadap sinar UV, kulit Anda menjadi lebih mudah terbakar. Fenomena ini juga terjadi pada orang hamil atau yang sedang mengonsumsi pil selama kehamilan. Oleh sebab itu, menjelang masa menstruasi, gunakanlah produk perlindungan terhadap UV lebih rutin.

Ketahui perbedaan antara kandungan SPF dan PA

Ketahui perbedaan antara kandungan SPF dan PA
Mungkin banyak dari Anda yang sering melihat tulisan “SPF” dan “PA” di kemasan produk. Namun, tak banyak orang yang mengetahui arti atau perbedaan dari kedua komponen tersebut. Berikut ini adalah perbedaannya.
– SPF: Komponen dengan indikator yang memblokir sinar UVB. SPF mampu mencegah kulit Anda dari terbakar matahari (sunburn)
– PA: Komponen dengan indikator yang memblokir sinar UVA. PA akan mencegah kulit Anda mengalami perubahan warna menjadi cokelat (suntan) akibat matahari
Ketika mendapat paparan sinar ultraviolet yang kuat, kulit kita akan berubah kemerahan atau menjadi lecet. Yang menjadi penyebab utamanya adalah sinar UVB. Kondisi demikian disebut sunburn atau kulit terbakar matahari karena terpaan sinar ultraviolet. Kulit yang merah meradang ini akan terasa pedih dan berlangsung hingga beberapa hari. Memang pada akhirnya kulit Anda akan terkelupas dan sembuh dari sakit, tetapi kulit Anda akan menghitam. Kondisi demikian disebut suntan dan penyebab utamanya adalah sinar UVA.
Tergantung masing-masing orang, Anda mungkin akan mengalami sunburn dan suntan yang berbeda. Oleh sebab itu, tabir surya memainkan peran yang penting untuk mencegah penyakit kulit yang diakibatkan oleh sinar ultraviolet.

Cara memilih produk tabir surya

Saat hendak memilih produk tabir surya, kira-kira poin apa saja yang sebaiknya diperhatikan? Selain memperhitungkan indikator jumlah SPF dan PA, periksa juga komposisi bahan dan bentuk produk tersebut. Simak poin-poin di bawah ini.

Pilih produk dengan jumlah SPF dan PA yang tepat sesuai keperluan

Pilih produk dengan jumlah SPF dan PA yang tepat sesuai keperluan
Sebaiknya Anda memilih produk dengan komponen jumlah SPF dan PA yang tepat sesuai dengan keperluan. Semakin tinggi jumlah angka indikatornya, semakin tinggi pula efek perlindungannya. Akan tetapi, berhati-hatilah sebab produk dengan komponen SPF dan PA yang tinggi dapat memicu iritasi kulit. Sebelum memilih, tentukan terlebih dahulu kapan dan untuk apa tujuan penggunaannya. Silakan mengacu pada saran pakai berikut ini.
– Untuk kegiatan sehari-hari: SPF 15 / PA +
– Untuk kegiatan seperti berolahraga ringan dan rekreasi di luar ruangan: SPF 15-30 / PA ++
– Untuk kegiatan di pantai, berlibur ke resort, atau beraktivitas di bawah terik matahari yang kuat: SPF 30-50+ / PA +++
Produk tabir surya sebaiknya diterapkan sebanyak 2 mg per sentimeter persegi pada kulit Anda. Tuangkan kira-kira seukuran koin 1000 rupiah di atas kulit Anda. Akan tetapi, banyak orang yang mengaplikasikan produk hanya setengah dari takaran tersebut. Apabila Anda mengoleskan setengah dari patokan koin 1000 rupiah tadi, efek perlindungan UV yang dihasilkan akan turun sampai hanya seperempatnya! Oleh karenanya, perhatikanlah kadar produk tabir surya yang akan dioleskan.
Pada umumnya, banyak yang berpendapat bahwa tabir surya dengan kandungan SPF 15 / PA + sudah cukup untuk digunakan berkegiatan sehari-hari. Namun, jika Anda hanya memakainya sedikit saja, khasiat perlindungannya tidak akan maksimal. Jadi, gunakanlah produk dengan takaran jumlah yang tepat.

Jika Anda pergi ke pantai atau kolam renang, pilih produk dengan fitur waterproof

Jika Anda pergi ke pantai atau kolam renang, pilih produk dengan fitur waterproof
Pada saat Anda berkegiatan di pinggir pantai atau kolam renang, serta beraktivitas berat di bawah terik matahari, pilih produk tabir surya dengan fitur waterproof. Fitur waterproof berarti produk tersebut memiliki kandungan antiair dan tahan air sehingga tidak mudah luntur meskipun terkena air dan keringat.
Akan tetapi, karena produk waterproof ini tahan air, produk ini juga tidak mudah dibersihkan dengan sabun mandi atau sabun pencuci muka biasa. Karena sulit dibersihkan, ada beberapa merek tabir surya yang juga menyediakan produk cleanser khususnya. Jangan lupa memperhatikan hal ini sebelum Anda membeli.
Selain itu, ketika Anda pergi ke laut atau kolam renang, produk yang sudah Anda aplikasikan biasanya mudah luntur. Jadi, ada kemungkinan Anda perlu mengoleskannya lebih dari sekali dalam sehari. Anda mungkin tidak dapat mengaplikasikannya selama beberapa jam sekali. Jadi, gunakan kembali produk tabir surya ketika kulit Anda basah atau terhapus karena gesekan pakaian.
Perlu diperhatikan bahwa bagian kulit yang tergesek pakaian renang sering kali menjadi kemerahan akibat terbakar matahari. Oleskanlah produk secara berhati-hati ke bagian kulit tersebut.

Mudah alergi atau memiliki kulit sensitif? Pilih produk dengan kandungan anorganik (tanpa bahan kimia)

Mudah alergi atau memiliki kulit sensitif? Pilih produk dengan kandungan anorganik (tanpa bahan kimia)
Terdapat dua jenis produk tabir surya berdasarkan kandungan bahannya yaitu anorganik dan organik. Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif dan mudah alergi, kami menganjurkan Anda untuk memilih produk berbahan anorganik (non-chemicals alias bebas dari bahan kimia). Jenis ini akan meminimalkan iritasi kulit.
Produk tabir surya anorganik umumnya terdiri dari titanium oxide, zinc oxide, iron oxide, dan aluminium. Beberapa merek tabir surya anorganik ini dijual dengan harga yang tinggi, tetapi kualitas dan keamanannya tak perlu diragukan.
Secara umum, produk tabir surya terbagi menjadi dua. Yang pertama adalah produk tabir surya dengan bahan organik (ultraviolet absorber) yang mampu menyerap sinar UV. Yang kedua adalah produk tabir surya berbahan anorganik (ultraviolet light scattering agent) yang mampu menghamburkan dan memantulkan sinar UV. Namun karena adanya kandungan bahan logam, produk anorganik juga memiliki efek penyerap sinar ultraviolet.
Dengan demikian, agak sulit membedakan mana yang absorber dan scattering agent. Jadi, akan lebih mudah bagi Anda untuk memilih produk berbahan organik atau anorganik saja. Di dalam beberapa produk tabir surya organik juga terdapat zat oxybenzone-3 yang menyerap baik sinar UVA maupun sinar UVB. Namun, karena produk ini mengandung hormon bagi wanita, berhati-hatilah untuk tidak menggunakannya kepada anak Anda yang masih berusia di bawah dua tahun.
Selain itu, di luar negeri ada beberapa larangan menggunakan produk tabir surya berbahan organik oxybenzone-3 dan octinoxate (Ethylhexyl methoxycinnamate). Bahan yang banyak digunakan saat berenang di laut ini dapat merusak ekosistem terumbu karang. Jika Anda ingin produk yang aman untuk diri dan lingkungan, pastikan produk Anda tidak mengandung bahan-bahan tersebut.

Pilih produk tabir surya yang nyaman dan mudah dipakai

Produk tabir surya terdiri dari jenis dan tekstur yang berbeda. Masing-masing tipe memiliki ciri khas dan sensasi kenyamanan yang berbeda-beda. Oleh karenanya, mari pilih produk dengan menyesuaikan selera dan cara pakainya.

Untuk pemakaian dasar, pilih produk berbentuk krim, lotion, atau gel

Untuk pemakaian dasar, pilih produk berbentuk krim, lotion, atau gel
Produk tabir surya berbentuk krim, lotion, dan gel direkomendasikan untuk dipakai sebagai perlindungan utama. Hal ini dikarenakan teksturnya yang mudah dibaurkan ke kulit Anda dalam jumlah banyak. Selain itu, bagi kaum pria yang tidak terbiasa mengaplikasikan produk kosmetik bisa memilih gel tabir surya yang mudah dioleskan secara langsung. Produk tabir surya dengan bentuk-bentuk yang kami sebutkan barusan cocok digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.
Di samping itu, banyak produk krim tabir surya atau jenis emulsion yang memiliki kandungan bahan pelembap terbaik, seperti asam hyaluronic, kolagen, dan lainnya. Anda yang memiliki kulit kering dapat memilih tipe ini.
Akan tetapi, karena gel tabir surya memiliki tekstur yang tipis dan transparan, orang-orang jari meragukan efek perlindungannya. Anda tidak perlu khawatir sebab warna atau kebeningan produk tabir surya tidak memengaruhi khasiatnya. Semua produk tabir surya berbentuk gel memiliki efek yang sama dengan produk berbentuk krim dan lotion.

Untuk pemakaian kedua (pengaplikasian ulang), pilih jenis spray, sheet, atau bedak

Untuk pemakaian kedua (pengaplikasian ulang), pilih jenis spray, sheet, atau bedak
Produk tabir surya berbentuk spray, sheet, dan sejenisnya sangat praktis diaplikasikan sebab tidak ada takaran yang pas untuk penggunaannya. Anda dapat menggunakannya sebagai produk tabir surya cadangan untuk pemakaian ulang dalam satu hari. Akan tetapi, dikarenakan produk tabir surya tipe ini mudah disemprotkan ke kulit, sisa semprotannya sering kali menempel di area tubuh atau benda lain di sekitar Anda. Oleh karena itu, perhatikanlah saat menggunakannya. Khususnya untuk tipe spray, ada juga yang bisa digunakan untuk rambut!
Apabila Anda sering bolak-balik mengaplikasikan produk tabir surya dalam sehari, gunakan tabir surya tipe krim atau emulsion sebagai dasar. Kemudian, gunakan spray atau sheet tabir surya pada saat pengaplikasian ulang.
Sementara itu, produk tabir surya bubuk atau bedak lebih cocok digunakan secara tipis-tipis. Khasiat tabir suryanya mungkin kurang terasa. Selain untuk retouch, Anda dapat menggunakan tipe bedak tabir surya plus base makeup.
Akan tetapi, produk tabir surya dalam bentuk bedak dan sheet masih jarang ditemukan di toko online di Indonesia.

Berhati-hatilah dengan produk tabir surya yang dapat diminum

Berhati-hatilah dengan produk tabir surya yang dapat diminum
Akhir-akhir ini, produk tabir surya dalam bentuk tablet atau kapsul cukup populer di kalangan wanita yang sangat memperhatikan kecantikan. Tipe ini tidak perlu dioleskan langsung ke kulit sehingga tidak perlu khawatir soal sisa produk yang menempel di area tubuh atau benda lain di sekitar Anda.
Namun, tabir surya berbentuk obat minum itu belum terbukti khasiatnya secara ilmiah dapat membantu perlindungan terhadap sinar UV. Oleh karena itu, kami lebih menganjurkan Anda untuk memilih produk tabir surya tipe lainnya.

10 Rekomendasi produk tabir surya (sunscreen/sunblock) terbaik

Di bawah ini, kami akan merekomendasikan sepuluh produk tabir surya yang sudah terkenal di kalangan konsumen dunia. Nah, produk seperti apa yang paling unggul dalam segi harga dan fungsinya, ya?!
10
9
8
7

Kao Biore UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50+ PA++++

Rp 102.900,00

6
5
4
3
2
1

Johnson & Johnson Neutrogena Ultra Sheer® Dry-Touch Sunscreen Broad Spectrum SPF 100+

Rp 200.000,00

Tabel perbandingan produk sunscreen/sunblock terbaik

Gambar produk
1
Johnson & Johnson  Neutrogena Ultra Sheer® Dry-Touch Sunscreen Broad Spectrum SPF 100+ 1

Johnson & Johnson

2
La Roche-Posay  Uvidea XL Melt-In Tinted Cream SPF 50 1

La Roche-Posay

3
Kao  Nivea Sun Water Gel SPF 35 1

Kao

4
Shiseido  Anessa Perfect UV Spray Sunscreen Aqua Booster 1

Shiseido

5
Eau Thermale Avene  Mineral Lotion SPF 50+ 1

Eau Thermale Avene

6
Beach Hut  MAX 100++ SPF 1

Beach Hut

7
Kao Biore  UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50+ PA++++ 1

Kao Biore

8
Rohto  Skin Aqua UV Moisture Gel 1

Rohto

9
Kiehl’s Ultra Light Daily Defense SPF 50 1

Kiehl’s

10
Loreal  UV Perfect Aqua Essence City Mist SPF50|PA++++ 1

Loreal

Nama produk

Neutrogena Ultra Sheer® Dry-Touch Sunscreen Broad Spectrum SPF 100+

Uvidea XL Melt-In Tinted Cream SPF 50

Nivea Sun Water Gel SPF 35

Anessa Perfect UV Spray Sunscreen Aqua Booster

Mineral Lotion SPF 50+

MAX 100++ SPF

UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50+ PA++++

Skin Aqua UV Moisture Gel

Ultra Light Daily Defense SPF 50

UV Perfect Aqua Essence City Mist SPF50|PA++++

Keunggulan

Perlindungan maksimum dan formula teraman bagi kulit sensitif

Krim tabir surya yang dapat digunakan sebagai base makeup sekaligus foundation

Gelnya sangat ringan dan mudah merata seperti lotion!

Kulit Anda berkeringat atau terciprat air kolam renang? Perlindungan UV dari produk ini malah semakin kuat!

Perlindungan tingkat tinggi dari sebuah mineral lotion yang diciptakan khusus untuk kulit alergi

Proteksi maksimal di bawah terik sinar UV

Kandungan bahan alami untuk menjaga wajah tetap terhidrasi

Elastisitas kulit tetap terjaga berkat kandungan kolagen dan vitaminnya

Krim perlindungan UV yang tidak menyebabkan komedo

Spray pelindung wajah paling tahan lama untuk Anda yang sibuk di luar rumah

HargaRp 200.000,00Rp 194.000,00Rp 150.000,00Rp 337.000,00Rp 551.000,00Rp 143.000,00Rp 102.900,00Rp 38.990,00Rp 510.000,00Rp 220.000,00
Tautan produk

Hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan produk tabir surya

Setelah menemukan produk tabir surya yang cocok untuk Anda, selanjutnya adalah mengetahui poin yang perlu diperhatikan saat menggunakan produk tersebut. Dengan menggunakan produk tabir surya secara benar, Anda akan terlindungi dari sinar UV secara lebih efektif.

Meski kandungan tabir suryanya tinggi, tetap diperlukan pengolesan ulang saat beraktivitas outdoor

Meski kandungan tabir suryanya tinggi, tetap diperlukan pengolesan ulang saat beraktivitas outdoor
Apabila Anda menghabiskan waktu seharian di kantor atau di dalam ruangan, sebenarnya Anda cukup mengoleskan tabir surya pada pagi hari lalu melakukan touch-up seperti biasa. Berbeda jika Anda menghabiskan waktu seharian di luar ruangan yang rentan terkena sinar UV. Dalam kondisi seperti ini, tabir surya yang sudah dioleskan di kulit akan mudah luntur terkena keringat yang mengucur atau terhapus saat Anda mengelap keringat. Oleh karena itu, oleskan kembali produk tabir surya tiap 2-3 jam sekali.
Nilai SPF dan PA yang tertera di tiap produk tabir surya dihitung berdasarkan perkiraan saat mengoleskan produk tabir surya, yaitu 2 mg untuk tiap 1 cm persegi luas permukaan kulit. Dengan berjalannya waktu, ada kalanya produk ikut luntur. Oleh karena itu, jangan lupa melakukan pengolesan ulang dengan memperhitungkan waktu dari sejak terakhir kali Anda mengoleskannya.
Di samping menggunakan krim tabir surya, kami juga menyarankan Anda untuk selalu menggunakan payung, topi, kacamata hitam di luar rumah. Benda-benda ini dibutuhkan untuk semakin memaksimalkan perlindungan terhadap sinar UV.

Setelah kemasan dibuka, gunakan sampai habis dalam rentang waktu tertentu

Setelah kemasan dibuka, gunakan sampai habis dalam rentang waktu tertentu
Pemakaian produk tabir surya sampai habis dalam kurun waktu tertentu sebetulnya berbeda-beda tergantung pada produk dan pemakaiannya. Namun, pada umumnya produk tabir surya dapat bertahan selama 6 bulan hingga 1 tahun setelah kemasannya dibuka.
Akan tetapi, tentunya produk dalam kondisi yang masih baru akan lebih unggul dari segi apa pun. Produk yang tersisa di dalam kemasannya lama-kelamaan akan teroksidasi. Oleh karena itu, hindari pemakaian yang terlalu lama untuk satu buah produk tabir surya.

Mari oleskan produk tabir surya dengan benar!

Di bawah ini, kami akan menjelaskan cara mengoleskan produk tabir surya yang benar berdasarkan area pengolesannya. Silakan jadikan ini sebagai panduan!

Lindungi wajah dari terpaan sinar ultraviolet

Lindungi wajah dari terpaan sinar ultraviolet
Tuangkan lotion tabir surya secukupnya di telapak tangan, lalu oleskan di kedua pipi, kening, hidung, dan dagu. Setelahnya, oleskan sampai merata ke seluruh permukaan wajah. Apabila Anda tidak menggunakan foundation setelahnya, ulangi sekali lagi pengolesan produk seperti cara tadi. Oleskan secara berulang mulai dari area wajah yang mudah terbakar yaitu pipi.

Jangan lupa melindungi daerah leher Anda juga

Jangan lupa melindungi daerah leher Anda juga
Tuangkan produk secukupnya di telapak tangan, lalu oleskan mulai dari leher sampai bagian belakang leher di beberapa tempat. Kemudian, ratakan produk tabir surya dengan mengoleskannya secara melebar. Langkah terakhir adalah mengoleskan dari arah bawah ke atas secara lembut dan berhati-hati.

Oleskan secara merata ke seluruh bagian badan yang terlihat

Oleskan secara merata ke seluruh bagian badan yang terlihat
Untuk penggunaan ke badan, oleskan dengan menyentuhkan langsung mulut kemasan produk tabir surya ke kulit Anda. Apabila dituangkan dahulu ke telapak tangan, porsi produk yang terambil hanya sedikit sehingga menyebabkan pengolesan tidak merata di seluruh permukaan tubuh. Apabila Anda ingin mengoleskan produk tabir surya secara melebar, oleskan dengan menggerakkan tangan seperti sedang membuat lingkaran.

Tangan adalah bagian tubuh yang paling mudah terbakar!

Tangan adalah bagian tubuh yang paling mudah terbakar!
Sebetulnya, tangan adalah bagian tubuh yang paling mudah terbakar, lho! Untuk pengolesan di area lengan, oleskan dari pangkal lengan sampai ujung jari. Sela jari, jempol, dan kelingking adalah bagian tangan yang sering lupa dioleskan dengan produk tabir surya. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mengoleskan di bagian-bagian tersebut juga, ya!

Kesimpulan

Produk-produk tabir surya yang kami rekomendasikan terdiri dari berbagai jenis, mulai dari yang lembut di kulit sampai yang memberi perlindungan supertinggi dari sinar UV. Kami harap ulasan dari kami bisa menjadi referensi. Temukanlah produk tabir surya yang paling tepat untuk Anda dengan memilah berdasarkan tipe produk yang tersedia dan sesuaikanlah dengan aktivitas Anda masing-masing!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Mencuci muka menjadi aktivitas penting agar Anda selalu terhindar dari jerawat. Cara mengatasi jerawat pun berbeda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang. Karena itu, pemilihan sabun muka tak boleh sembarangan!Kali ini, kami akan memberikan tips memilih dan merekomendasikan produk-produk sabun muka bermutu untuk menghilangkan jerawat. Selain Pond’s dan Acnes, masih banyak produk yang dapat Anda pilih sesuai dengan jenis kulit. Simak terus informasinya!
    Kosmetik & kesehatan
    504.356 Views
  • 10 Rekomendasi Krim Penghilang Bekas Jerawat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Krim Penghilang Bekas Jerawat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Noda hitam bekas jerawat memang sangat mengganggu penampilan Anda. Jangan biarkan noda tersebut terlalu lama di wajah Anda karena akan sulit untuk menghilangkannya di kemudian hari. Untuk menghilangkannya, Anda bisa menggunakan krim khusus penghilang noda bekas jerawat agar kulit wajah bersih dan cantik Anda kembali lagi.Di antara banyaknya produk penghilang bekas jerawat, kami akan memberikan tips memilih krim yang tepat untuk Anda. Simak juga berbagai rekomendasi produk dari kami, mulai dari Verile, Kiehl's, Neutrogena, sampai Mineral Botanica. Temukan yang paling pas untuk Anda, ya. Selamat membaca!
    Kosmetik & kesehatan
    332.262 Views
  • 10 Rekomendasi Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2020)
    Eye cream digunakan untuk merawat kulit di sekitar mata yang mulai menunjukkan tanda-tanda penuaan, menghitam, kendur, dan kering. Karena memiliki manfaat yang luar biasa, tidak heran produk ini dijual dengan harga yang relatif mahal. Namun, beberapa merek, seperti Pond's, SAFI, dan L'Oreal meluncurkan produk dengan harga yang terjangkau. Kali ini, kami akan mengulas cara memilih eye cream yang harganya terjangkau, tetapi memiliki formula yang ampuh mengatasi permasalahan Anda. Kami juga memberikan rekomendasi produk sehingga Anda dapat menjadikannya sebagai bahan referensi. Yuk, temukan eye cream yang ideal untuk kulit Anda!
    Kosmetik & kesehatan
    395.136 Views
  • 10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    Jika jerawat sulit disembuhkan, cobalah menggunakan pelembap wajah untuk kulit berjerawat. Saat ini, tersedia banyak pelembap wajah yang memiliki kandungan antiseptik dan anti-inflamasi untuk melawan jerawat. Namun, setiap jenis jerawat membutuhkan perawatan yang berbeda-beda.Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih pelembap wajah khususnya untuk kulit berjerawat. Tak ketinggalan, kami pun akan memberikan rekomendasi produk yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan kulit. Produk-produk ternama dari merek The Body Shop, Wardah, Shiseido, dan lainnya pun akan kami ulas. Mari simak terus artikel ini!
    Kosmetik & kesehatan
    400.617 Views
  • 10 Rekomendasi Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Noda di wajah atau yang lebih dikenal dengan flek hitam memang sangat menggangu penampilan. Flek hitam dapat terjadi akibat bekas jerawat, paparan sinar UV, dan pigmentasi berlebih. Menggunakan krim merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan tampilan flek hitam pada wajah Anda.Memilih krim untuk menghilangkan flek hitam harus dilakukan dengan saksama. Kami sudah menyiapkan tips untuk memilih krim yang pas untuk mengatasi flek hitam. Kami juga akan memberi rekomendasi produk terbaiknya, seperti Olay, L'Oreal Paris, Kojie San, Shiseido, dan lainnya. Simak terus sampai habis, ya!
    Kosmetik & kesehatan
    383.974 Views
  • 10 Rekomendasi Masker Organik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Masker Organik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Masker organik adalah masker wajah yang menggunakan 100% bahan alami. Berbeda dengan masker biasa, masker organik tidak menggunakan tambahan bahan kimia. Semua bahannya berasal dari alam sehingga tidak menjadi racun pada tubuh dan tidak merusak lingkungan bila digunakan dalam jangka waktu lama.Ada banyak produk masker organik yang dijual di pasaran, seperti dari The Bath Shop, Sensatia Botanicals, dan Skin Dewi. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan tentang cara memilih masker organik yang tepat serta beberapa rekomendasi produknya. Dengan masker organik, Anda bisa cantik tanpa efek samping!
    Kosmetik & kesehatan
    92.483 Views
  • 10 Rekomendasi Shampo Anti Ketombe Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Shampo Anti Ketombe Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Munculnya ketombe bisa disebabkan oleh kulit kepala yang kering, sekresi sebum yang berlebih, atau lainnya. Jika Anda merasa kulit kepala sudah bersih, tetapi masih muncul ketombe, mungkin Anda perlu meninjau kembali sampo yang digunakan. Namun, saat ini tersedia banyak merek sampo antiketombe di pasaran dengan berbagai keunggulan masing-masing.Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan bagaimana caranya menemukan sampo yang efektif menghilangkan ketombe berdasarkan gejala yang Anda rasakan atau kandungan dalam suatu produk. Kami juga akan merekomendasikan produk yang dapat Anda beli di toko-toko terdekat maupun secara online. Temukan sampo antiketombe yang tepat untuk mendapatkan manfaat menyeluruh!
    Kosmetik & kesehatan
    89.001 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori