• 10 Rekomendasi Cuka Apel (Apple Vinegar) Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 1
  • 10 Rekomendasi Cuka Apel (Apple Vinegar) Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 2
  • 10 Rekomendasi Cuka Apel (Apple Vinegar) Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 3
  • 10 Rekomendasi Cuka Apel (Apple Vinegar) Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 4
  • 10 Rekomendasi Cuka Apel (Apple Vinegar) Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 5

10 Rekomendasi Cuka Apel (Apple Vinegar) Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Cuka apel (apple vinegar) sangat baik dikonsumsi setiap hari karena bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Anda dapat mengonsumsinya untuk diet, menurunkan tekanan darah tinggi, dan cuka apel juga dapat digunakan untuk perawatan wajah. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan cuka apel sebagai campuran bumbu masakan.

Hanya saja, ada banyak jenis cuka apel yang dapat kita temui di pasaran dan membuat kita bingung dalam memilih. Untuk itu, kami akan membantu Anda dengan menjelaskan tips cara memilih cuka apel. Kami juga rekomendasikan cuka apel terbaik dari beberapa brand, seperti Bragg, Heinz, dan S&W. Nah sekarang, apakah Anda siap menemukan cuka apel lezat yang sesuai dengan selera?
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 776 Views
Daftar isi

Apa itu cuka apel?

Ada berbagai jenis cuka yang digolongkan berdasarkan bahan bakunya, seperti cuka beras, cuka hitam, cuka biji-bijian, cuka buah, dan lain-lain. Cuka apel dibuat dari jus buah apel sehingga digolongkan sebagai cuka buah.
Cuka apel mengandung potasium berlimpah serta memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Sebut saja, seperti memperbaiki nafsu makan, memulihkan stamina, menangkal pilek, mencegah hipertensi, memperindah kulit, diet, dan sebagainya. Anda hanya perlu menambahkan air jika ingin meminumnya secara langsung atau dapat juga Anda tambahkan pada masakan. Bisa dikatakan bahwa cuka apel adalah jenis cuka yang baik dikonsumsi setiap hari.
Meskipun bagus untuk tubuh, Anda tidak disarankan untuk meminum cuka apel terlalu banyak. Mengonsumsi cuka apel sebelum makan mungkin akan menyebabkan perut terasa tidak nyaman. Anda disarankan untuk mengonsumsi 30 ml per hari atau kurang dari itu. Selain itu, cuka apel juga sebaiknya dikonsumsi setelah makan.

Pilih cuka apel berdasarkan jenisnya

Meskipun sama-sama disebut cuka apel, jenisnya akan berbeda tergantung dari bahan baku yang digunakan. Di sini kami akan memperkenalkan jenis-jenis cuka apel. Silakan gunakan sebagai referensi saat Anda memilih cuka apel untuk konsumsi Anda sehari-hari.

Cuka sari apel murni yang kuat dengan rasa dan aroma apel

Cuka sari apel murni yang kuat dengan rasa dan aroma apel
Cuka apel murni dibuat dengan hanya menggunakan jus apel dan bulirnya. Karena tidak menggunakan bahan lain selain apel, cuka ini kaya akan cita rasa dan aroma dari buah apel.
Cuka apel jenis ini umum digunakan sebagai tambahan bumbu masakan atau dapat diminum langsung dengan tambahan air ataupun madu.

Jika mencari produk dengan harga lebih murah, cuka apel beralkohol dapat menjadi pilihan

Jika mencari produk dengan harga lebih murah, cuka apel beralkohol dapat menjadi pilihan
Cuka apel ini dibuat dengan menambahkan alkohol ke dalam jus apel. Dalam satu liter cuka apel, terdapat kandungan jus apel sekitar 300 ml atau lebih.
Sama seperti cuka apel murni, cuka jenis ini juga dapat digunakan untuk masakan atau diminum langsung. Oleh karena harganya lebih murah daripada cuka apel murni, cuka apel beralkohol termasuk jenis yang cukup banyak dibeli.

Minuman berbahan dasar yang cuka apel yang menyegarkan

Minuman berbahan dasar yang cuka apel yang menyegarkan
Dengan menambahkan pemanis seperti madu dan gula, Anda akan merasakan kesegaran minuman berbahan dasar cuka apel. Dilihat dari bahan-bahannya, produk ini dapat digolongkan sebagai minuman ringan atau soft drinks.
Untuk jenis ini, ada tipe yang perlu diencerkan terlebih dahulu sebelum diminum dan ada juga yang dapat langsung diminum tanpa perlu diencerkan.

Cuka hitam dengan rasa apel yang sama bermanfaat dengan cuka apel biasa

Cuka hitam dengan rasa apel yang sama bermanfaat dengan cuka apel biasa
Produk ini bukan cuka apel, melainkan cuka hitam dengan rasa apel agar Anda mudah untuk meminumnya. Dikarenakan jenis ini dijual dengan nama cuka apel hitam (black apple vinegar), berhati-hatilah agar tidak salah mengiranya sebagai cuka apel.
Cuka hitam kaya akan asam amino, vitamin, dan mineral yang sangat baik untuk kesehatan. Peran jus apel pada produk ini adalah untuk menetralkan rasa dari cuka hitamnya sehingga Anda yang baru pertama kali mencobanya tidak akan kaget dengan rasanya sehingga mudah meminumnya. Namun sayangnya, black apple vinegar ini sangat jarang ditemukan di pasaran Indonesia.

Cara memilih cuka apel

Selanjutnya, kami akan menunjukkan cara memilih cuka apel. Tentunya sekarang Anda telah mengetahui jenis-jenis cuka apel, pilihlah yang sesuai dengan keperluan Anda.

Pilihlah ukuran kemasan yang pas

Pilihlah ukuran kemasan yang pas
Meski tanggal expired produk bervariasi, tetapi sebaiknya cuka apel digunakan paling lambat setengah tahun setelah segelnya dibuka. Pilihlah ukuran yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan habiskan dalam waktu setengah tahun agar kualitas produknya tetap terjaga.

Periksa dan kenali bahan bakunya

Periksa dan kenali bahan bakunya
Dengan melihat bagian komposisi, Anda bisa mengetahui kandungan dalam cuka apel yang akan Anda beli. Cuka apel murni hanya terdiri dari apel. Cuka apel beralkohol mengandung apel dan alkohol. Minuman cuka apel berisi cuka sari apel, pemanis, dan bahan lainnya. Sementara itu, cuka apel hitam terdiri dari cuka hitam dan jus apel. Ingatlah untuk selalu memeriksa komposisi bahan baku sebelum membeli dan tentukan jenis cuka apel yang sesuai dengan selera Anda.

Prioritaskan cuka apel dengan kandungan mother yang kaya nutrisi

Prioritaskan cuka apel dengan kandungan mother yang kaya nutrisi
Kehadiran bakteri asam asetat atau yang lebih dikenal dengan dengan sebutan mother adalah kandungan penting dalam produk cuka apel. Mother memiliki sifat kaya akan nutrisi dan berperan dalam membantu penguraian alkohol yang membuatnya baik untuk tubuh.
Sayangnya, kandungan mother dapat menyebabkan cuka apel terlihat keruh dan timbul endapan. Oleh sebab itu, banyak cuka apel produksi lokal yang dipanaskan dan disaring untuk menghilangkan endapan tersebut agar penampilan dan rasanya menjadi lebih baik. Padahal, endapan di dasarnya kaya akan nurisi. Jika Anda ingin mengonsumsi banyak nutrisi dari endapan inang atau mother ini, pastikan Anda memilih cuka apel yang tidak mengalami penyaringan dan pemanasan agar kandungan mother-nya tidak hilang. Biasanya tertera kata unfiltered atau with mother di bagian kemasannya.

10 Rekomendasi cuka apel (apple vinegar) terbaik

Kini, kami akan merekomendasikan sepuluh cuka apel yang mungkin akan menjadi favorit Anda. Termasuk di dalamnya cuka apel murni, cuka apel dengan campuran, cuka apel yang dapat langsung diminum, dan sebagainya. Tentukanlah pilihan Anda sekarang!

10. Miwon Chung Jung Won Apple Vinegar (Sagwa Sikcho)

Rp27.000,00

7. Dynamic Health Apple Cider Vinegar With Mother Certified Organic

Rp121.500,00

4. Bragg Organic Apple Cider Vinegar Drink – Limeade

Rp77.000,00

Kesimpulan

Dari sepuluh rekomendasi cuka apel yang kami berikan, apakah Anda sudah menemukan produk yang Anda cari? Banyak sekali cara untuk mengonsumsi cuka apel seperti yang sudah kami jelaskan di atas. Oleh sebab itu, pilihlah produk yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.
Semoga artikel ini dapat membantu Anda pada saat memilih produk cuka apel terbaik di pasaran. Sampai bertemu di artikel-artikel lainnya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Mineral Water Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Mineral Water Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Air mineral, atau orang Indonesia lebih sering menyebutnya “aqua”, adalah minuman yang sudah menjadi bagian dari keseharian kita. Air dengan kandungan mineral yang tinggi sangat bermanfaat bagi kesehatan dan proses hidrasi dalam tubuh. Ternyata, ada macam-macam air mineral yang dijual di pasaran. Apa saja dan bagaimana cara membedakannya?Dalam artikel ini, kami membagi informasi tentang jenis, kandungan, serta manfaat dari air mineral. Kami juga akan memberikan rekomendasi air mineral terbaik di Indonesia seperti Aqua, Club, VIT, Nestle Pure Life, Le Minerale, Eternal Plus, hingga merek lokal Equil yang populer di kalangan menengah ke atas! Sebelum Anda membeli air mineral hari ini, yuk simak artikel ini sampai selesai!
    Makanan & minuman
    6.557 Views
  • 10 Rekomendasi Yoghurt Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Yoghurt Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Yoghurt merupakan makanan yang memiliki dampak baik bagi kesehatan, seperti membantu program diet, meringankan sembelit, bahkan ada juga yang bisa digunakan sebagai masker. Saat ini bermacam-macam produk yoghurt dengan berbagai rasa dijual di pasaran. Anda juga perlu mengetahui efek baik yang ditimbulkan oleh bakteri asam laktat bagi tubuh Anda.Kali ini, kami akan membagi tips tentang apa saja yang perlu diperhatikan ketika Anda akan memilih yoghurt. Kami juga merekomendasikan merek terbaik dari Elle & Vire, Heavenly Blush, Yummy, Cimory, dan lainnya. Dalam artikel ini juga terdapat tips mengonsumsi yoghurt agar Anda mendapatkan manfaat maksimal. Mari memilih yoghurt terbaik untuk mendukung gaya hidup sehat Anda!
    Makanan & minuman
    4.461 Views
  • 10 Rekomendasi Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Minyak zaitun saat ini menjadi salah satu bahan pelengkap masakan yang sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Di antara banyaknya produk yang dijual, ternyata hanya produk dengan label “extra virgin olive oil” yang benar-benar berkualitas tinggi dan memiliki banyak manfaat. Bahkan ada produk minyak zaitun palsu yang juga beredar di pasaran, lho!Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih extra virgin olive oil yang asli agar Anda dapat menikmati manfaat maksimal dari zaitun berkualitas tinggi. Tidak lupa, kami juga akan memberikan rekomendasi produk yang dapat menjadi referensi Anda. Temukanlah produk terbaik untuk melengkapi rasa hidangan di meja makan Anda!
    Makanan & minuman
    4.530 Views
  • 10 Rekomendasi Kopi Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Kopi Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Kopi instan merupakan salah satu cara termudah untuk menikmati kopi yang enak. Tidak hanya kopi panas, kopi instan juga ada yang bisa disajikan sebagai es kopi, kopi susu, atau kopi rendah kafein. Di Indonesia, banyak pilihan merek kopi instan terkenal seperti Nescafe, Torabika, dan Kapal Api yang mengeluarkan berbagai jenis produk.Kali ini, kami akan merekomendasikan kopi instan yang terbaik untuk Anda. Kami juga akan menjelaskan bagaimana cara memilih kopi instan agar Anda dapat menemukan produk yang terbaik bagi Anda. Di bagian akhir, kami juga akan menjelaskan cara menyajikan kopi hingga rasanya menjadi lebih nikmat. Selamat membaca!
    Makanan & minuman
    2.644 Views
  • 10 Rekomendasi Chia Seed Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Chia Seed Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Chia seed semakin populer karena dianggap kaya nutrisi dan cocok sebagai makanan pendamping saat menjalani diet. Chia seed awalnya dikonsumsi oleh selebriti dan model di luar negeri, serta sering disebut sebagai superfood.Bagaimanakah cara memilih chia seed yang berkualitas? Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih sekaligus merekomendasikan sepuluh chia seed terbaik dari Bioglan, Nutiva, dan lainnya. Jika Anda belum mahir mengolah chia seed, perhatikan juga cara mudah untuk mengonsumsinya di akhir artikel ini.
    Makanan & minuman
    1.897 Views
  • 10 Rekomendasi Snack (Makanan Ringan) Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Snack (Makanan Ringan) Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Siapa yang tidak suka bersantap snack atau makanan ringan? Snack dapat Anda nikmati kapan pun dan di mana pun. Baik saat santai menonton film maupun berpesta di rumah, pasti terasa kurang apabila Anda tidak melengkapinya dengan aneka makanan ringan.Dalam artikel ini, ada sepuluh rekomendasi snack terbaik yang dijamin membuat Anda ketagihan! Dari merek makanan ringan Cheetos, Pringles, Calbee, Lay’s, Tohato Caramel Corn, dan IRVINS dengan salted egg skin fish yang happening akhir-akhir ini. Yuk, simak artikel ini!
    Makanan & minuman
    1.892 Views
  • 10 Rekomendasi Jus Mengkudu Terbaik untuk Kesehatan (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Jus Mengkudu Terbaik untuk Kesehatan (Terbaru Tahun 2019)
    Dewasa ini, jus mengkudu mulai banyak diminati baik sebagai minuman kesehatan maupun dikonsumsi untuk tujuan diet sehat. Berbagai produsen, seperti Javanony, Solanoni, dan lainnya mengolah buah mengkudu yang memiliki aroma kurang sedap, namun kaya akan nutrisi ini menjadi jus yang nikmat untuk dikonsumsi.Dari beberapa produk jus mengkudu yang dijual di pasaran, kami akan merekomendasikan sepuluh jus mengkudu pilihan untuk Anda. Kami juga menyertakan penjelasan tentang cara memilih jus mengkudu. Semoga Anda menemukan minuman berkhasiat tinggi ini yang sesuai dengan kebutuhan, ya!
    Makanan & minuman
    136 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori