10 Rekomendasi Cuka Apel (Apple Vinegar) Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Cuka Apel (Apple Vinegar) Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Cuka apel (apple vinegar) sangat baik dikonsumsi setiap hari karena bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Anda dapat mengonsumsinya untuk diet, menurunkan tekanan darah tinggi, dan cuka apel juga dapat digunakan untuk perawatan wajah. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan cuka apel sebagai campuran bumbu masakan.

Hanya saja, ada banyak jenis cuka apel yang dapat kita temui di pasaran dan membuat kita bingung dalam memilih. Untuk itu, kami akan membantu Anda dengan menjelaskan tips cara memilih cuka apel. Kami juga rekomendasikan cuka apel terbaik dari beberapa brand, seperti Bragg, Heinz, dan S&W. Nah sekarang, apakah Anda siap menemukan cuka apel lezat yang sesuai dengan selera?

Daftar isi

Apa itu cuka apel?

Ada berbagai jenis cuka yang digolongkan berdasarkan bahan bakunya, seperti cuka beras, cuka hitam, cuka biji-bijian, cuka buah, dan lain-lain. Cuka apel dibuat dari jus buah apel sehingga digolongkan sebagai cuka buah.

Cuka apel mengandung potasium berlimpah serta memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Sebut saja, seperti memperbaiki nafsu makan, memulihkan stamina, menangkal pilek, mencegah hipertensi, memperindah kulit, diet, dan sebagainya. Anda hanya perlu menambahkan air jika ingin meminumnya secara langsung atau dapat juga Anda tambahkan pada masakan. Bisa dikatakan bahwa cuka apel adalah jenis cuka yang baik dikonsumsi setiap hari.

Meskipun bagus untuk tubuh, Anda tidak disarankan untuk meminum cuka apel  terlalu banyak. Mengonsumsi cuka apel sebelum makan mungkin akan menyebabkan perut terasa tidak nyaman. Anda disarankan untuk mengonsumsi 30 ml per hari atau kurang dari itu. Selain itu, cuka apel juga sebaiknya dikonsumsi setelah makan.

Pilih cuka apel berdasarkan jenisnya

Meskipun sama-sama disebut cuka apel, jenisnya akan berbeda tergantung dari bahan baku yang digunakan. Di sini kami akan memperkenalkan jenis-jenis cuka apel. Silakan gunakan sebagai referensi saat Anda memilih cuka apel untuk konsumsi Anda sehari-hari.

Cuka sari apel murni yang kuat dengan rasa dan aroma apel

Cuka sari apel murni yang kuat dengan rasa dan aroma apel

Cuka apel murni dibuat dengan hanya menggunakan jus apel dan bulirnya. Karena tidak menggunakan bahan lain selain apel, cuka ini kaya akan cita rasa dan aroma dari buah apel.

Cuka apel jenis ini umum digunakan sebagai tambahan bumbu masakan atau dapat diminum langsung dengan tambahan air ataupun madu.

Jika mencari produk dengan harga lebih murah, cuka apel beralkohol dapat menjadi pilihan

Jika mencari produk dengan harga lebih murah, cuka apel beralkohol dapat menjadi pilihan

Cuka apel ini dibuat dengan menambahkan alkohol ke dalam jus apel. Dalam satu liter cuka apel, terdapat kandungan jus apel sekitar 300 ml atau lebih.

Sama seperti cuka apel murni, cuka jenis ini juga dapat digunakan untuk masakan atau diminum langsung. Oleh karena harganya lebih murah daripada cuka apel murni, cuka apel beralkohol termasuk jenis yang cukup banyak dibeli.

Minuman berbahan dasar yang cuka apel yang menyegarkan

Minuman berbahan dasar yang cuka apel yang menyegarkan

Dengan menambahkan pemanis seperti madu dan gula, Anda akan merasakan kesegaran minuman berbahan dasar cuka apel. Dilihat dari bahan-bahannya, produk ini dapat digolongkan sebagai minuman ringan atau soft drinks.

Untuk jenis ini, ada tipe yang perlu diencerkan terlebih dahulu sebelum diminum dan ada juga yang dapat langsung diminum tanpa perlu diencerkan.

Cuka hitam dengan rasa apel yang sama bermanfaat dengan cuka apel biasa

Cuka hitam dengan rasa apel yang sama bermanfaat dengan cuka apel biasa

Produk ini bukan cuka apel, melainkan cuka hitam dengan rasa apel agar Anda mudah untuk meminumnya. Dikarenakan jenis ini dijual dengan nama cuka apel hitam (black apple vinegar), berhati-hatilah agar tidak salah mengiranya sebagai cuka apel.

Cuka hitam kaya akan asam amino, vitamin, dan mineral yang sangat baik untuk kesehatan. Peran jus apel pada produk ini adalah untuk menetralkan rasa dari cuka hitamnya sehingga Anda yang baru pertama kali mencobanya tidak akan kaget dengan rasanya sehingga mudah meminumnya. Namun sayangnya, black apple vinegar ini sangat jarang ditemukan di pasaran Indonesia.

Cara memilih cuka apel

Selanjutnya, kami akan menunjukkan cara memilih cuka apel. Tentunya sekarang Anda telah mengetahui jenis-jenis cuka apel, pilihlah yang sesuai dengan keperluan Anda.

Pilihlah ukuran kemasan yang pas

Pilihlah ukuran kemasan yang pas

Meski tanggal expired produk bervariasi, tetapi sebaiknya cuka apel digunakan paling lambat setengah tahun setelah segelnya dibuka. Pilihlah ukuran yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan habiskan dalam waktu setengah tahun agar kualitas produknya tetap terjaga.

Periksa dan kenali bahan bakunya

Periksa dan kenali bahan bakunya

Dengan melihat bagian komposisi, Anda bisa mengetahui kandungan dalam cuka apel yang akan Anda beli. Cuka apel murni hanya terdiri dari apel. Cuka apel beralkohol mengandung apel dan alkohol. Minuman cuka apel berisi cuka sari apel, pemanis, dan bahan lainnya. Sementara itu, cuka apel hitam terdiri dari cuka hitam dan jus apel. Ingatlah untuk selalu memeriksa komposisi bahan baku sebelum membeli dan tentukan jenis cuka apel yang sesuai dengan selera Anda.

Prioritaskan cuka apel dengan kandungan mother yang kaya nutrisi

Prioritaskan cuka apel dengan kandungan mother yang kaya nutrisi

Kehadiran bakteri asam asetat atau yang lebih dikenal dengan dengan sebutan mother adalah kandungan penting dalam produk cuka apel. Mother memiliki sifat kaya akan nutrisi dan berperan dalam membantu penguraian alkohol yang membuatnya baik untuk tubuh.

Sayangnya, kandungan mother dapat menyebabkan cuka apel terlihat keruh dan timbul endapan. Oleh sebab itu, banyak cuka apel produksi lokal yang dipanaskan dan disaring untuk menghilangkan endapan tersebut agar penampilan dan rasanya menjadi lebih baik. Padahal, endapan di dasarnya kaya akan nurisi. Jika Anda ingin mengonsumsi banyak nutrisi dari endapan inang atau mother ini, pastikan Anda memilih cuka apel yang tidak mengalami penyaringan dan pemanasan agar kandungan mother-nya tidak hilang. Biasanya tertera kata unfiltered atau with mother di bagian kemasannya.

10 Rekomendasi cuka apel (apple vinegar) terbaik

Kini, kami akan merekomendasikan sepuluh cuka apel yang mungkin akan menjadi favorit Anda. Termasuk di dalamnya cuka apel murni, cuka apel dengan campuran, cuka apel yang dapat langsung diminum, dan sebagainya. Tentukanlah pilihan Anda sekarang!

10. Miwon Chung Jung Won Apple Vinegar (Sagwa Sikcho)

10. Miwon Chung Jung Won Apple Vinegar (Sagwa Sikcho)

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 17.500

Rasakan segarnya cuka apel asal negeri ginseng

Cuka apel yang berasal dari Korea ini diminati banyak orang karena berkhasiat bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Manfaat produk ini di antaranya adalah untuk melancarkan pencernaan, mengurangi berat badan, detoksifikasi tubuh, menjaga kesehatan kulit, dan banyak khasiat lainnya.

Bagi Anda yang mencari cuka apel beralkohol, cuka apel ini dapat menjadi pilihan karena mengandung 0,13% alkohol. Anda dapat mengonsumsi cuka apel ini sebagai pelengkap salad atau digunakan sebagai bumbu untuk memanggang daging. Campurkan pada masakan sehat Anda untuk menambah cita rasa yang menyegarkan. Masakan menjadi sehat dan tubuh pun semakin sehat!

9. Dehealth Supplies Vinega Apple Vinegar

9. Dehealth Supplies Vinega Apple Vinegar

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 75.000

Dua kali fermentasi dengan khasiat melimpah!

Vinega Apple Vinegar adalah sari apel yang difermentasi alami sebanyak dua kali tanpa proses pemanasan dan tambahan zat kimia apa pun. Produk ini diproses secara raw-unfiltered dan unpasteurized sehingga mempertahankan kandungan mother yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Walaupun tampak keruh, tetapi rasanya pas untuk diminum.

Terbuat dari apel organik yang tentunya bebas dari pestisida, produk ini akan memaksimalkan manfaat yang bisa Anda dapatkan dari cuka apel. Mengonsumsi cuka apel ini berguna untuk mencegah berbagai penyakit, seperti menormalkan kadar gula darah, mengatasi gangguan kulit, dan mengurangi sakit tenggorokan. Produk ini cocok untuk Anda yang ingin memiliki tubuh yang sehat dan bugar!

8. S&W Premium Food Apple Cider Vinegar

8. S&W Apple Cider Vinegar

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 42.000

Dapatkan kulit halus dan cerah bak beauty blogger!

S&W Apple Cider Vinegar terbuat dari campuran air dan cuka apel yang jernih karena sudah difilter. Produk ini berasal dari USA dan sudah terjamin kualitasnya. Cuka apel ini terkenal juga di kalangan beauty blogger karena kandungan asamnya yang berfungsi sebagai antibakteri menjadikan produk ini dapat digunakan sebagai toner wajah alami.

Dengan menggunakan cuka apel ini sebagai toner, Anda akan merasakan efek positif terhadap kulit, seperti menghaluskan wajah, menghilangkan jerawat, noda hitam, dan mengurangi minyak di wajah. Produk ini cocok untuk Anda yang menginginkan kulit wajah mulus dan cerah alami.

7. Dynamic Health Apple Cider Vinegar With Mother Certified Organic

7. Dynamic Health Apple Cider Vinegar With Mother Certified Organic

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 121.500

Kemasan kecil dengan bahan plastik menjadikan produk ini praktis dibawa bepergian

Manfaat cuka apel memang tidak diragukan lagi. Selain untuk kesehatan, cuka apel juga banyak digunakan sebagai skin care. Seperti produk berikut ini, klaimnya mampu menurunkan kadar kolesterol, membantu mengontrol gula darah, menurunkan berat badan, dapat digunakan sebagai toner wajah, dan menghilangkan bau mulut.

Tentunya, berbagai manfaat baik yang ditawarkan tersebut didapat dari kandungan mother dalam cuka apel ini. Selain itu, produk ini menggunakan bahan-bahan organik dalam komposisinya sehingga lebih terjaga kualitasnya. Dengan botol berukuran kecil yang terbuat dari bahan plastik, cuka apel ini adalah pilihan tepat untuk menemani Anda selama berlibur karena kemasannya yang praktis. Jadi, stamina Anda akan tetap terjaga selama bepergian.

6. Cuka Apel Batu

6. Cuka Apel Batu

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 22.000

Sahabat untuk Anda yang ingin selalu sehat dan bugar

Cuka Apel Batu ini terbuat dari apel organik yang difermentasi tanpa menggunakan bahan pengawet sehingga mengoptimalkan kandungan enzim dan asam amino yang ada di dalamnya. Produk ini cocok untuk Anda yang menginginkan cuka apel lokal dengan kualitas terjamin. Tidak hanya itu, mengonsumsi produk ini juga bermanfaat untuk detoksifikasi tubuh, penyembuhan, dan pencegahan berbagai macam penyakit.

Produk ini dapat menjadi solusi terbaik untuk Anda yang peduli akan kadar gula darah karena kandungan serat buah alaminya dapat mengendalikan penyerapan gula dalam tubuh. Dengan ukuran 300 ml, tentunya produk ini tidak akan cepat habis untuk Anda konsumsi sendirian dan dapat Anda bawa saat travelling. Kesegaran cuka apel organiknya akan terjaga hingga tetes terakhir!

5. Pure & Simple Apple Cider Vinegar

8. Pure & simple apple cider vinegar5. Pure & Simple Apple Cider Vinegar

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 91.000

100% cuka sari apel Bali organik yang berkualitas

Produk selanjutnya yang kami rekomendasikan ini terbuat dari campuran air, gula, dan 100% cuka sari apel organik asli berkualitas yang diproduksi di Bali. Dikarenakan terdapat kandungan mother, Anda akan menemukan endapan kekuningan yang pada produk ini. Selain itu, cuka apel ini juga mengandung berbagai zat-zat menyehatkan, seperti asam asetat, enzim, dan vitamin.

Kandungan mother dalam cuka apel akan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh sehingga dapat mencegah penyakit jantung dan hipertensi. Berbagai macam khasiat bisa Anda dapatkan hanya dengan membeli satu botol produk ini. Anda dapat meminumnya langsung atau menambahkan air, teh, jus, ataupun madu sesuai selera Anda!

4. Bragg Organic Apple Cider Vinegar Drink — Limeade

4. Bragg Organic Apple Cider Vinegar Drink -- Limeade

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 60.000

Paduan rasa limeade yang unik dan menyegarkan!

Bosan dengan rasa cuka apel biasa? Produk berikut dapat menjadi pilihan tepat bagi Anda. Produk keluaran Bragg ini memadukan sari cuka apel dengan rasa jeruk nipis yang menyegarkan. Namun, jika Anda kurang menyukai rasa asam dari jeruk nipis, Anda dapat memilih varian lainnya. Cuka apel ini juga telah tersertifikasi sebagai produk bebas gluten dan non-GMO (Genetic Modified Organism) sehingga sehat dan aman bagi seluruh keluarga.

Meskipun memiliki rasa yang berbeda dari cuka apel pada umumnya, tetapi cuka apel ini memiliki manfaat yang tidak kalah dari cuka apel biasa. Oleh karena produk ini adalah jenis minuman cuka apel, maka kekentalannya pun berbeda dari cuka apel biasa agar memungkinkan Anda meminumnya langsung. Bagi Anda yang mencari minuman penambah energi dengan kandungan bahan-bahan alami, produk ini pas untuk Anda!

3. Kühne Apple Cider Vinegar

3. Kühne Apple Cider Vinegar

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 39.900

Serbaguna dan ideal untuk dikombinasikan dengan makanan sehat

Kühne Apple Cider Vinegar merupakan cuka apel yang diimpor dari Jerman. Cuka apel ini terbuat dari satu kilogram sun rippened apples dengan proses fermentasi alami. Selain itu, produk ini juga gluten free, lactose freedan memiliki rasa buah fruity mild yang cocok disantap dengan sayuran dan dicampurkan dengan resep makanan sehat lainnya.

Cuka apel ini dapat dijadikan salad dressing sebagai kombinasi yang sempurna untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Jika Anda rutin mengonsumsi kombinasi salad dan cuka apel, Anda akan merasakan efek menurunkan berat badan, menormalkan kadar gula darah dalam tubuh, dan juga menjaga tekanan darah. Dikarenakan botolnya terbuat dari kaca, berhati-hatilah saat menyimpannya agar tidak pecah, ya!

2. Heinz Apple Cider Vinegar

2. Heinz Apple Cider Vinegar

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 40.000

Cuka apel jernih tanpa alkohol!

Anda mencari cuka apel yang jernih serta berkualitas tinggi? Tidak perlu bingung! Heinz Apple Cider Vinegar dengan teknologi ultrafiltered termuktahir menghadirkan cuka apel jernih berkadar keasaman 5% dan tidak mengandung alkohol. Produk ini cocok untuk Anda yang menginginkan manfaat cuka apel, tetapi tidak menginginkan alkohol di dalam cuka apel Anda.

Produk ini juga dapat dikreasikan dengan berbagai resep masakan sehat andalan Anda, seperti salad, marinade, ataupun resep lainnya. Dikemas dalam botol plastik yang tidak mudah pecah, Anda tidak perlu pusing-pusing mencari tempat yang aman untuk menyimpannya, terlebih jika Anda memiliki anak kecil di rumah.

1. Bragg Organic Raw Apple Cider Vinegar

1. Bragg Organic Raw Apple Cider Vinegar

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 32.000

Diperkaya kandungan enzim dan potasium untuk membantu menjaga berat badan

Bragg mungkin menjadi brand produk cuka apel yang paling dikenal. Produk istimewa ini diproses tanpa filtrasi sehingga kaya dengan mother, enzim, dan potasium. Tingkat keasaman dan rasa manis yang seimbang menjadikan produk ini amat disukai. Bragg juga menawarkan tiga varian ukuran yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan. Bagi para wanita, produk ini ampuh untuk menjaga berat badan, lho!

Manfaat lain juga dapat Anda rasakan, seperti menjaga keseimbangan sistem imun, menyembuhkan sakit tenggorokan, mengeluarkan racun di dalam tubuh, dan menghaluskan kulit. Walau harganya di atas rata-rata, cuka apel dengan klaim mengandung true mother ini sangat layak untuk Anda pilih karena berbagai manfaat yang tak diragukan lagi. Bukan hanya untuk kesehatan dari dalam tubuh, melainkan juga kesehatan akan terpancar dari kulit Anda.

Kesimpulan

Dari sepuluh rekomendasi cuka apel yang kami berikan, apakah Anda sudah menemukan produk yang Anda cari? Banyak sekali cara untuk mengonsumsi cuka apel seperti yang sudah kami jelaskan di atas. Oleh sebab itu, pilihlah produk yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Semoga artikel ini dapat membantu Anda pada saat memilih produk cuka apel terbaik di pasaran. Sampai bertemu di artikel-artikel lainnya!