• 10 Cuka Apel (Apple Vinegar) Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Cuka Apel (Apple Vinegar) Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Cuka Apel (Apple Vinegar) Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Cuka Apel (Apple Vinegar) Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Cuka Apel (Apple Vinegar) Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Cuka Apel (Apple Vinegar) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Cuka apel (apple vinegar) adalah sari buah apel yang sudah difermentasi. Cuka apel bisa dipakai untuk masakan, diminum, atau perawatan wajah. Manfaat cuka apel juga ada banyak, seperti menurunkan tekanan darah, untuk diet, dan sebagainya. Nah, di artikel ini kami akan membantu Anda mendapatkan cuka apel terbaik.


Namun, kami akan menjelaskan cara memilih cuka apel terbaik dan sesuai kebutuhan terlebih dahulu. Setelah itu, kami akan merekomendasikan beberapa merek cuka apel yang bagus, seperti Bragg, Heinz, serta S&W. Anda juga dapat mengetahui aturan tentang cuka apel halal. Bacalah artikelnya sampai selesai!

  • Pembaharuan terakhir: 19 Mei 2022
Daftar isi

Mengenal lebih jauh tentang cuka apel

Mengenal lebih jauh tentang cuka apel

Ada berbagai jenis cuka, seperti cuka beras, cuka hitam, cuka biji-bijian, cuka buah, dan lain-lain tergantung bahan bakunya. Nah, cuka apel sendiri adalah salah satu jenis dari cuka buah.

Apa itu cuka apel?

Cuka apel adalah sari buah apel yang sudah difermentasi. Proses fermentasi cuka apel biasanya berlangsung selama dua kali. Pertama adalah penambahan ragi dan gula ke dalam ekstrak sari apel. Proses fermentasi akan mengubah air apel menjadi alkohol. Kedua, penambahan bakteri di dalam alkohol akan mengubahnya menjadi asam asetat atau senyawa aktif utama cuka.

Manfaat cuka apel

Kandungan di dalam cuka apel adalah magnesium, zat besi, fosfor, asam amino, dan antioksidan. Itu sebabnya cuka apel memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan serta kecantikan. Untuk kesehatan, manfaat cuka apel antara lain dapat membantu:

  • Memulihkan stamina
  • Menurunkan kadar gula darah dan mengontrol diabetes
  • Mencegah hipertensi
  • Menjaga kesehatan jantung
  • Membantu proses diet
  • Memperlambat pertumbuhan sel kanker

Anda tidak perlu khawatir menggunakan cuka apel untuk kecantikan kulit wajah. Kandungan asam suksinat di dalamnya dapat membantu proses eksfoliasi kulit. Karena itu, tidak ada salahnya Anda menggunakan cuka apel untuk kecantikan karena manfaatnya sebagai berikut.

  • Eksfoliasi dan menenangkan kulit
  • Mengurangi bintik hitam
  • Mengencangkan kulit
  • Mengatasi dan memudarkan jerawat
  • Menetralisir bau tidak sedap
  • Meredakan sengatan matahari
  • Mengurangi ketombe
  • Merawat bekas gigitan serangga
  • Mengatasi memar

Cara penggunaan cuka apel bisa juga dengan dicampurkan ke dalam masakan, meminumnya secara langsung, atau dioleskan ke kulit. Jika Anda ingin meminum cuka apel, sebaiknya minumlah setelah makan dengan dosis 30 ml per hari. Dengan begitu, perut tetap terasa nyaman.

Cara memilih cuka apel (apple vinegar)

Selanjutnya, kami akan menunjukkan cara memilih cuka apel (apple vinegar). Dengan mengetahui cara memilihnya, Anda akan mendapatkan produk yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan.

Pilihlah cuka apel berdasarkan jenisnya

Meskipun sama-sama disebut cuka apel, jenisnya akan berbeda tergantung pada bahan baku yang digunakan. Di sini kami akan memperkenalkan jenis-jenis cuka apel. Silakan jadikan penjelasan kami sebagai referensi saat Anda memilih cuka apel untuk konsumsi sehari-hari.

Cuka apel murni: Hanya terbuat dari buah apel

Cuka apel murni: Hanya terbuat dari buah apel

Cuka apel murni dibuat dengan hanya menggunakan jus apel dan bulirnya. Berhubung tidak menggunakan bahan lain selain apel, cuka ini kaya akan cita rasa dan aroma dari buah apel. Cuka apel jenis ini umum digunakan sebagai tambahan bumbu masakan atau dapat diminum langsung dengan tambahan air ataupun madu.

Cuka apel beralkohol: Memiliki kandungan etanol kadar tertentu

Cuka apel beralkohol: Memiliki kandungan etanol kadar tertentu
Karena diproses dengan cara difermentasikan, cuka apel memiliki kandungan etanol atau alkohol. Namun, kadar etanol dalam cuka apel berbeda-beda. Untuk di Indonesia sendiri, MUI memberikan aturan bahwa kandungan etanol dalam cuka apel tidak boleh lebih dari 0,5%. Bila lebih dari itu, cuka apel tersebut tidak halal.

Jika Anda termasuk orang yang memperhatikan kehalalan pada produk cuka, sebaiknya cek label halal dalam cuka. Selain itu, Anda juga bisa mengecek besaran kandungan alkohol di dalamnya. Biasanya setiap merek cuka apel selalu mencantumkan keterangan kandungan secara rinci di setiap balik kemasannya. Jika Anda kesulitan mencari informasinya, Anda bisa menanyakan langsung ke pihak seller.

Cuka apel minuman ringan: Manis dan menyegarkan

Cuka apel minuman ringan: Manis dan menyegarkan
Dengan menambahkan pemanis seperti madu dan gula, Anda akan merasakan kesegaran minuman berbahan dasar cuka apel. Jika dilihat dari bahan-bahannya, produk ini dapat digolongkan sebagai minuman ringan atau soft drinks, bukan cuka apel


Terdapat dua tipe dari minuman jenis ini. Ada tipe yang perlu diencerkan terlebih dahulu sebelum diminum dan ada juga yang dapat langsung diminum tanpa perlu diencerkan. Silakan pilih yang sesuai dengan keinginan Anda.


Namun, jika Anda mencari jus apel yang segar dan bisa langsung diminum, kami sudah mengulasnya pada tautan berikut ini. Yuk, dapatkan minuman apel untuk melegakan dahaga.

Cuka apel hitam: Memiliki rasa apel yang kaya asam amino, vitamin, dan mineral

Cuka apel hitam: Memiliki rasa apel yang kaya asam amino, vitamin, dan mineral
Produk ini bukan cuka apel, melainkan cuka hitam dengan rasa apel agar Anda mudah untuk meminumnya. Dikarenakan jenis ini dijual dengan nama cuka apel hitam (black apple vinegar), Anda harus berhati-hati. Jadi, Anda tak salah mengiranya sebagai cuka apel.

Cuka hitam kaya akan asam amino, vitamin, dan mineral yang sangat baik untuk kesehatan. Peran jus apel dari produk ini adalah untuk menetralkan rasa dari cuka hitamnya. Jadi, Anda yang baru pertama kali mencobanya tidak akan kaget dengan rasanya sehingga mudah meminumnya. Namun, sayangnya black apple vinegar ini sangat jarang ditemukan di pasaran Indonesia.

Periksa kemurnian kandungannya

Periksa kemurnian kandungannya

Dengan melihat bagian komposisi, Anda bisa mengetahui kandungan dalam sebuah cuka apel. Misalnya, cuka apel murni hanya terdiri dari sari buah apel saja. Cuka apel beralkohol mengandung apel dan alkohol dengan kadar etanol yang berbeda-beda. 


Selain itu, minuman cuka apel juga berisi bahan yang bermacam-macam, seperti cuka sari apel, pemanis, madu, lemon, dan lainnya. Di samping itu, cuka apel hitam terdiri dari cuka hitam dan jus apel. Dari informasi komposisi kandungan tersebut, Anda jadi bisa menentukan produk mana yang paling sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, cara konsumsi atau penggunaannya pun bisa disesuaikan. 

Pertimbangkan cuka apel with mother yang kaya nutrisi

Pertimbangkan cuka apel with mother yang kaya nutrisi
Dalam proses pembuatan cuka apel akan muncul endapan keruh. Endapan ini adalah kumpulan bakteri dan asam asetat. Nah, inilah yang disebut dengan "mother" di dalam cuka apel. Anda mungkin akan menemukan cuka apel with mother. Itu berarti cuka apel tersebut memiliki endapan yang tinggi asam asetat.

Proses pembuatan cuka apel with mother adalah unfiltered atau tidak disaring. Warna cuka apel with mother biasanya lebih keruh dan terdapat serabut-serabut halus. Sebaliknya, bila Anda menemukan cuka apel yang bening dan bersih, berarti ada proses penyaringan untuk menghilangkan mother-nya.

Sekalipun mungkin terlihat keruh, cuka apel with mother dipercaya memiliki nutrisi yang tinggi. Pasalnya di dalam mother tersebut terdapat asam asetat, enzim, dan probiotik yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Bila Anda mengutamakan cuka dengan nutrisi tinggi, bisa mempertimbangkan cuka apel with mother.

10 Rekomendasi cuka apel (apple vinegar) terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk cuka apel (apple vinegar) terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10

Genki PlantGenki Drinks ACV & Honey

Mulai dari Rp 28.000,00

TipeCuka apel minuman
Berat bersih250 ml
KandunganCuka apel, madu, jahe merah, chia seeds, lemon
9
TipeCuka apel murni
Berat bersih750 ml
KandunganBuah apel
8

Dynamic Health Organic Raw Apple Cider Vinegar With Mother

Mulai dari Rp 115.000,00

TipeCuka apel murni
Berat bersih473 ml
KandunganBuah apel organik
7
TipeCuka apel murni
Berat bersih250 ml, 1000 ml
KandunganApel, gula
6
TipeCuka apel murni
Berat bersih473 ml, 946 ml
KandunganBuah apel
5

Natusari Food IndonesiaMakkata Cuka Apel Batu

Mulai dari Rp 22.000,00

TipeCuka apel murni
Berat bersih300 ml
KandunganBuah apel organik
4
TipeCuka apel beralkohol
Berat bersih500 ml, 900 ml
KandunganEkstrak buah apel, sirup oligosakarida, spirits, pencita rasa apel, dan ragi ekstrak
3
TipeCuka apel murni
Berat bersih473 ml, 896 ml
KandunganJus apel, 5% acidity
2

Dehealth Supplies Cuka Apel Vinega

Mulai dari Rp 30.000,00

Tipe Cuka apel murni
Berat bersih100 ml, 250 ml, 500 ml, 1000 ml
Kandungan Buah apel
1
TipeCuka apel murni
Berat bersih473 ml, 946 ml, 3790 ml
KandunganCuka apel organik

Tabel perbandingan produk cuka apel (apple vinegar) terbaik

Gambar produk
1
Bragg  Apple Cider Vinegar 1

Bragg

2
Dehealth Supplies  Cuka Apel Vinega 1

Dehealth Supplies

3
Heinz  Apple Cider Vinegar 1

Heinz

4
Daesang  Chung Jung One Apple Vinegar 1

Daesang

5
Natusari Food Indonesia Makkata Cuka Apel Batu  1

Natusari Food Indonesia

6
S&W Premium Apple Cider Vinegar 1

S&W Premium

7
Pure & Simple  Apple Cider Vinegar 1

Pure & Simple

8
Dynamic Health  Organic Raw Apple Cider Vinegar With Mother  1

Dynamic Health

9
Kühne Cider Vinegar 1

Kühne

10
Genki Plant Genki Drinks ACV & Honey 1

Genki Plant

Nama produk

Apple Cider Vinegar

Cuka Apel Vinega

Apple Cider Vinegar

Chung Jung One Apple Vinegar

Makkata Cuka Apel Batu

Apple Cider Vinegar

Apple Cider Vinegar

Organic Raw Apple Cider Vinegar With Mother

Cider Vinegar

Genki Drinks ACV & Honey

Keunggulan

Yuk! Jaga keseimbangan berat badan Anda dengan produk ini

Dua kali fermentasi dengan khasiat melimpah!

Cuka apel jernih non alkohol, cocok untuk lengkapi berbagai resep

Rasakan segarnya cuka apel asal negeri ginseng

Sahabat harian untuk menjaga tubuh sehat dan bugar

Dapatkan kulit halus dan cerah bak beauty vlogger!

Diolah dari cuka sari apel Malang organik nan berkualitas

Cuka apel berkualitas yang telah tersertifikasi organik!

Serbaguna dan ideal untuk dikombinasikan dengan makanan sehat

Paduan rasa apel, jahe merah, serta lemonnya unik dan menyegarkan

Harga mulai dariRp 93.000,00Rp 30.000,00Rp 39.000,00Rp 14.690,00Rp 22.000,00Rp 44.800,00Rp 34.900,00Rp 115.000,00Rp 33.800,00Rp 28.000,00
TipeCuka apel murniCuka apel murniCuka apel murniCuka apel beralkoholCuka apel murniCuka apel murniCuka apel murniCuka apel murniCuka apel murniCuka apel minuman
Berat bersih473 ml, 946 ml, 3790 ml100 ml, 250 ml, 500 ml, 1000 ml473 ml, 896 ml500 ml, 900 ml300 ml473 ml, 946 ml250 ml, 1000 ml473 ml750 ml250 ml
KandunganCuka apel organikBuah apelJus apel, 5% acidityEkstrak buah apel, sirup oligosakarida, spirits, pencita rasa apel, dan ragi ekstrakBuah apel organikBuah apel Apel, gulaBuah apel organikBuah apelCuka apel, madu, jahe merah, chia seeds, lemon
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar cuka apel

Pertanyaan umum seputar cuka apel

Jika dari ulasan di atas Anda masih menyimpan pertanyaan tentang cuka apel, kami akan mengulasnya lebih lanjut. Mari disimak kumpulan pertanyaan tentang cuka apel yang sering ditanyakan berikut ini

Apa efek samping minum cuka apel?

Cuka apel memang memiliki banyak manfaat, tetapi bukan berarti bisa dikonsumsi secara berlebihan. Jika terlalu banyak mengonsumsinya, Anda bisa mengalami gangguan pencernaan seperti mag, mual, hingga muntah. Selain itu, rasa asam pada cuka bisa merusak lapisan enamel gigi sehingga gigi lebih sensitif dan mudah berlubang.

Apakah cuka apel memiliki masa kedaluwarsa?

Cuka apel bersifat asam sehingga umur simpannya lebih lama atau dengan kata lain hampir tidak memiliki masa kedaluwarsa. Meskipun begitu, tanggal kedaluwarsa pada kemasan cuka apel tetap harus diperhatikan. Umumnya, umur simpan cuka apel adalah 2–5 tahun setelah dibuka dan bisa digunakan lebih dari itu, tetapi kualitasnya menurun.

Cuka apel sebaiknya disimpan di mana?

Cara penyimpanan yang salah bisa menurunkan kualitas cuka apel. Simpan cuka apel di dalam botol kaca dan letakkan di tempat yang sejuk serta jauh dari matahari. Jangan menyimpan cuka apel dalam botol plastik karena bahan dasar plastik dapat luruh dan bercampur dalam cuka.

Baca juga rekomendasi cuka lainnya di sini!

Selain cuka apel, mungkin Anda juga sedang mencari cuka lain untuk konsumsi sehari-hari. Karena itu, kami juga menyiapkan artikel mengenai cuka buah yang kaya akan kandungan gizi dan manfaat bagi tubuh. Selain itu, ada juga rekomendasi cuka makan yang bisa memberi kesegaran pada masakan. Simaklah informasi selengkapnya pada artikel di bawah ini!

Kesimpulan

Manfaat cuka apel yang melimpah membuatnya dicari oleh banyak orang. Selain itu, cara untuk mengonsumsinya juga beragam, mulai dari diminum langsung hingga dicampur salad. Dari sepuluh produk yang kami rekomendasikan, sudahkah Anda menemukan cuka apel (apple vinegar) terbaik? 


Anda bisa pilih produk mana pun, tetapi jangan lupa perhatikan jenis dan kandungan lainnya. Semoga artikel ini dapat membantu Anda memilih cuka apel yang sesuai dengan kebutuhan. Stay healthy and be safe!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Tepung terigu protein rendah menjadi salah satu bahan masakan yang sering digunakan. Hal ini tidak terlepas dari manfaatnya yang dapat digunakan untuk membuat berbagai macam penganan. Misalnya saja, Anda bisa menggunakannya sebagai bahan untuk membuat kue kering hingga gorengan.Di pasaran Anda dapat menemukan berbagai merek tepung terigu protein rendah, yakni merek Lencana Merah, Kunci Biru, dan banyak lagi. Agar Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilihnya. Kami juga akan merekomendasikan produk yang bagus. Simak ulasannya berikut, yuk! Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Anda yang hobi memasak pasti sudah tidak asing lagi dengan tepung terigu. Tepungini banyak digunakan untuk membuat kue, gorengan, pasta, dan makanan ringan lain. Tepung terigu sendiri dibagi menjadi tiga jenis, yaitu tepung dengan protein tinggi, protein sedang, dan protein rendah.Apabila Anda membutuhkan tepung yang serbaguna, gunakan tepung terigu protein sedang. Di sini kami akan merekomendasikan beberapa merek tepung terigu protein sedang yang bagus dengan harga ekonomis. Contohnya, Segitiga Biru, Kompas, dan Bola Salju. Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata. Jadi, simak sampai habis, ya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Butter Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Butter Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    Jika Anda gemar membuat cake, Anda pasti sudah tidak asing dengan butter. Selain untuk bahan dasar bolu dan nastar, butter juga biasa digunakan untuk olesan roti. Butter mudah ditemui di pasaran dan terbagi menjadi dua jenis, yakni salted butter dan unsalted butter.Kami akan membahas cara memilih butter yang disertai informasi tambahan dari cooking influencer, Inov Pelawi. Beberapa merek butter yang bagus, seperti Anchor, Wijsman, Orchid, dan Golden Churn, ada dalam rekomendasi kami. Ingin tahu perbedaannya? Temukan butter terbaik yang murah, enak, dan pastinya halal untuk masakan Anda di sini!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Minyak Goreng Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2022)
    10 Minyak Goreng Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2022)
    Makanan yang digoreng memiliki hasil akhir yang renyah dan gurih. Rasanya pun jauh lebih nikmat dibanding dengan makanan yang direbus atau dikukus. Supaya menghasilkan gorengan yang lezat, diperlukan minyak goreng dengan kualitas yang bagus. Saat ini, ada banyak sekali merek minyak goreng yang bagus, seperti Bimoli, SunCo, Fortune, hingga Barco. Setiap produk memiliki keunggulan masing-masing.Guna mendapatkan produk yang bagus, kami akan memberikan info mengenai cara memilih minyak goreng sekaligus merekomendasikan produk untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh foodie kami, Dionisius Denizar. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda gemar membuat roti? Tepung terigu yang digunakan akan memengaruhi rasa dan tekstur roti yang dibuat. Untuk membuat roti biasa, Anda membutuhkan jenis tepung terigu yang berbeda dengan yang digunakan untuk roti keras. Namun, sebagian orang mungkin masih bingung memilih tepung terigu yang sesuai dengan kebutuhan.Untuk itu, kami akan mengulas berbagai poin penting mengenai tepung terigu. Kami juga akan memberikan rekomendasi tepung terigu yang bagus untuk dijadikan referensi. Anda dapat memilih di antara beberapa merek, seperti Cakra Kembar Emas, Komachi, Kabuki, Golden Eagle, dan lain-lain. 
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Extra virgin olive oil atau sering disingkat EVOO merupakan minyak zaitun murni dengan kualitas tertinggi. Tidak heran jika manfaat extra virgin olive oil lebih banyak dibandingkan minyak zaitun biasa. Anda dapat menggunakan EVOO untuk berbagai macam jenis masakan. Dikonsumsi secara langsung juga bisa. Bahkan, ada produk yang aman untuk diminum ibu hamil.Agar Anda tidak bingung, kali ini kami akan membahas tentang cara memilih extra virgin olive oil yang bagus. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Bertolli, Borges, hingga Filippo Berio. Jadi, mari disimak!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Bumbu Sate Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2022)
    10 Bumbu Sate Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2022)
    Selera sate setiap orang mungkin berbeda, ada yang suka sate ayam, sate kambing, ataupun sate daging lainnya. Apa pun dagingnya, kelezatan sate tak luput dari bumbunya. Meracik bumbu sendiri memang terasa lebih homemade. Namun, saat butuh cepat, bumbu sate instan bisa diandalkan. Banyak bumbu sate instan yang enak di pasaran. Sebut saja bumbu sate Munik dan Enak Eco. Selain kedua merek tersebut, ada beberapa merek lainnya yang akan kami ulas. Kami juga akan berbagi tips memilih bumbu sate terbaik untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh foodie kami, Dionisius Denizar.
    Bumbu & bahan masakan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori