10 Rekomendasi Minyak Argan (Argan Oil) Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Minyak Argan (Argan Oil) Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Di antara berbagai macam minyak kosmetik, argan oil yang berasal dari Maroko merupakan salah satu minyak yang memiliki manfaat yang sangat menakjubkan! Argan oil ini dapat digunakan untuk seluruh tubuh seperti wajah, rambut, kulit kepala, dan kuku.

Kali ini, kami akan menjelaskan khasiat dari argan oil yang populer ini, dan memperkenalkan produk argan oil yang direkomendasikan. Tidak lupa, kami juga akan menjelaskan poin penting dalam memilih argan oil beserta cara penggunaan yang disarankan agar Anda bisa mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

Daftar isi

Pengetahuan dasar tentang argan oil

Meski argan oil sudah populer di kalangan pecinta kecantikan, saat ini tingkat pengetahuan masyarakat tentang manfaat argan oil sendiri masih rendah. Oleh karena itu, pertama-tama kami akan membahas pengetahuan dasar tentang argan oil.

Berasal dari Maroko

Berasal dari Maroko

Argan oil adalah minyak yang diperoleh dari biji pohon argan yang tumbuh secara alami di bagian barat daya Maroko. Argan oil adalah minyak yang sangat langka yang hanya bisa diperoleh sekitar 1 liter dari 100 kilogram biji argan, setelah melalui proses yang sangat sulit.

Minyak yang berkilau seperti warna emas ini disebut “gold of Morocco” dan telah dimanfaatkan sejak zaman dahulu oleh masyarakat lokal untuk berbagai keperluan seperti obat-obatan atau digunakan pada makanan.

Daya tarik argan oil

Pada bagian ini, kami akan menjelaskan manfaat argan oil yang tidak boleh Anda lewatkan!

Dapat digunakan untuk seluruh bagian tubuh

Dapat digunakan untuk seluruh bagian tubuh

Argan oil adalah minyak multifungsi yang bisa digunakan untuk seluruh bagian tubuh mulai dari wajah, badan, hingga rambut. Hal ini karena argan oil hanya mengakibatkan sedikit rangsangan pada kulit dan memiliki daya penetrasi yang tinggi. Argan oil juga bisa digunakan di kulit sekitar mata dan mulut yang tipis. Minyak ini mudah meresap dan menyatu dengan kulit, tidak akan menempel pada rambut dan tidak mengakibatkan rambut lepek sehingga Anda bisa menggunakannya dengan nyaman. Argan oil juga dapat digunakan pada kulit bayi yang halus karena tidak menimbulkan rangsangan yang kuat pada kulit.

Saat Anda mengoleskan argan oil, Anda mungkin khawatir dengan risiko terjadinya apa yang disebut “kulit terbakar akibat penggunaan minyak”. Namun, argan oil memiliki karakteristik phototoxicity yang rendah terhadap sinar ultraviolet sehingga minyak ini dapat digunakan di mana saja di seluruh tubuh dengan aman. Bahkan sejak zaman kuno di Maroko, terdapat rekam jejak yang menunjukkan penggunaan argan oil sebagai obat untuk kulit yang terbakar sinar matahari.

Memiliki kemampuan anti-aging yang tinggi

Memiliki kemampuan anti-aging yang tinggi

Seiring bertambahnya usia, tubuh kita mengalami apa yang disebut oksidasi yang terus berlanjut, dan hal-hal semacam karat pun akan terakumulasi. Hal ini akan membawa pada penuaan, dan untuk menghentikannya “antioksidan”.  Nah, argan oil ini dikatakan kaya akan kandungan zat antioksidan!

Argan oil mengandung 2 hingga 3 kali lipat vitamin E dibandingkan minyak zaitun, serta mengandung karoten yang juga memiliki efek antioksidan. Selain itu, argan oil juga mengandung asam lemak esensial untuk menjaga kulit agar tetap lembap, dan saponin yang berfungsi melembutkan kulit. Bisa dibilang, argan oil merupakan minyak yang memiliki kandungan seimbang.

Dengan menyingkirkan oksigen radikal yang menyebabkan penuaan, hal ini dapat memperlancar sirkulasi darah sehingga kesegaran kulit pun bisa lebih terjaga.

Dapat dikonsumsi sebagai makanan

Dapat dikonsumsi sebagai makanan

Argan oil adalah minyak yang bisa Anda rasakan manfaatnya bahkan jika Anda mengkonsumsinya sebagai makanan. Asam oleic yang terkandung dalam argan oil dapat menekan insulin, baik untuk Anda yang ingin mengurangi berat bada. Selain itu, argan oil memiliki manfaat untuk meredakan sembelit dan menghilangkan pembengkakan.

Argan oil memiliki aroma yang mirip dengan hazelnut. Aroma ini akan tetap terjaga bahkan saat minyak dipanaskan, dan aroma inilah yang meningkatkan nafsu makan. Selain bisa digunakan untuk memasak, Anda juga bisa mengonsumsinya mentah-mentah misalnya untuk raw dressing seperti halnya penggunaan olive oil.

Cara memilih argan oil

Selanjutnya, kami akan menjelaskan beberapa poin penting yang dapat Anda gunakan dalam memilih argan oil secara benar.

Pilih sesuai penggunaan

Pilih sesuai penggunaan

Yang dimaksud dengan penggunaan argan oil adalah apakah “untuk makanan” atau “untuk kosmetik”. Meskipun jika Anda menggunakan argan oil yang diperuntukkan untuk makanan sebagai perawatan kulit, sebetulnya tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Akan tetapi, kedua jenis minyak ini telah disempurnakan sesuai dengan penggunaannya, jadi Anda akan mendapatkan manfaat yang lebih banyak jika menggunakan sesuai fungsinya.

Misalnya, argan oil yang disuling untuk digunakan pada makanan telah diolah untuk menjaga kekayaan rasa. Sementara, argan oil untuk perawatan kulit diproses agar dapat menghilangkan impurity yang terkandung di dalamnya untuk lebih mengurangi rangsangan pada kulit. Dapat dikatakan bahwa minyak argan untuk produk kosmetik memiliki tingkat kemurnian yang lebih tinggi daripada minyak argan untuk makanan.

Pilih yang disertifikasi oleh negara atau lembaga sertifikasi resmi

Meski kepopuleran akan manfaat argan oil telah menyebar, saat ini ada juga produk argan oil dengan kualitas rendah yang beredar di pasaran. Untuk menghindari risiko timbulnya masalah pada kulit, mari pilih argan oil yang disertifikasi oleh organisasi yang memiliki otoritas mengatur kualitas argan oil yang boleh dipasarkan.

Berikut adalah beberapa contoh dari jenis otoritas sertifikasi yang ada.

ECOCERT, COSMEBIO

ECOCERT, COSMEBIO

Tahukah Anda tentang institusi “ECOCERT”? ECOCERT adalah badan sertifikasi organik internasional yang beroperasi di lebih dari 20 negara di seluruh dunia, terutama Eropa.

Sertifikasi ECOCERT tidak dapat diperoleh kecuali 95% atau lebih produk berasal dari alam. Sedangkan “COSMEBIO” adalah label produk kosmetik organik yang diberikan untuk produk yang memenuhi kriteria tertentu sebagai tambahan setelah menerima sertifikasi ECOCERT.

NATURE&PROGRES (Nature et Progrès)

NATURE&PROGRES (Nature et Progrès)

NATURE&PROGRES adalah organisasi yang mempromosikan gerakan pertanian organik terbesar di Prancis. Untuk mendapatkan sertifikasi dari lembaga ini, produsen tidak hanya diharuskan menggunakan bahan baku dari budi daya pertanian organik, tetapi juga perlindungan lingkungan sekitarnya harus memenuhi standar.

Certified Natural Cosmetics (BDIH)

Certified Natural Cosmetics (BDIH)

BDIH adalah lembaga sertifikasi yang dibawahi oleh lembaga publik Jerman German Cosmetics, Pharmaceuticals and Commerce Federation. Sertifikasi ini menetapkan standar ketat seperti penggunaan bahan baku alami dan tidak melakukan uji coba terhadap hewan.

Pilih berdasarkan metode penyulingan

Pilih berdasarkan metode penyulingan

Ada dua cara untuk mengekstraksi minyak dari biji argan, yaitu “metode pemerasan dengan suhu tinggi” dan “metode pemerasan dengan suhu rendah”.

Metode pemerasan dengan suhu tinggi adalah metode ekstrasi minyak yang dilakukan sambil memanaskan biji argan. Jumlah minyak yang bisa diambil dari setiap biji dengan metode ini memiliki efisiensi yang tinggi. Namun, proses memanaskan biji argan bisa merusak nutrisi atau mengurangi rasanya.

Metode pemerasan dengan suhu rendah adalah metode ekstrasi minyak sambil memberikan tekanan secara perlahan pada biji untuk mencegah kerusakan jaringan karena panas. Anda bisa mendapatkan minyak berkualitas tinggi dengan metode ini, tetapi membutuhkan waktu yang lebih lama dan hanya sedikit minyak yang bisa diambil dari jumlah biji tertentu.

Ekstraksi minyak dengan metode pemerasan suhu tinggi lebih murah karena efisiensi produksi yang baik. Namun jika Anda mengutamakan kualitas, sebaiknya gunakanlah minyak yang diekstraksi dengan metode pemerasan suhu rendah.

Pilih berdasarkan warna

Pilih berdasarkan warna

Argan oil yang baru diekstraksi memiliki warna keemasan yang transparan. Tetapi seiring terjadinya oksidasi dari waktu ke waktu, warnanya akan berubah menjadi agak gelap. Pilihlah warna emas yang indah jika Anda menginginkan argan oil yang segar.

10 Rekomendasi argan oil terbaik

Setelah Anda memahami cara memilih argan oil, sekarang kami akan memberikan 10 rekomendasi argan oil terbaik. Anda dapat menggunakan referensi ini untuk menemukan argan oil yang paling cocok dengan selera dan kebutuhan Anda.

10. Nature Republic Real Nature Argan Oil

10. Nature Republic Real Nature Argan Oil

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 200.000

Mengandung ekstrak teratai untuk kulit lebih kenyal

Jika Anda pecinta produk skincare dari  Korea, Anda pasti akan jatuh cinta dengan Nature Republic Real Nature Argan Oil yang diformulasikan dengan 99% argan oil dari Maroko ini! Khasiat argan oil diolah dengan baik untuk menghasilkan ampoule yang dapat merevitalisasi, menutrisi, serta mencerahkan dan memutihkan kulit.

Produk olahan argan oil ini diperkaya dengan ekstrak akar, daun, dan bunga teratai yang mampu melindungi kulit dari risiko timbulnya kerusakan. Hanya dengan 200 ribuan rupiah untuk ukuran 30ml, Anda dapat merubah kulit kasar dan kusam menjadi lebih cerah dan kenyal!

9. Organic Supply Co Argan Oil

9. Organic Supply Co Argan Oil

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 180.000

Produk argan oil yang disertifikasi Soil Association

Organic Supply Co Argan Oil merupakan produk yang disertifikasi oleh Soil Association, organisasi sertifikasi dari Inggris untuk produk berbahan organik. Jadi, Anda tidak perlu khawatir dengan keaslian dan kualitas argan oil dari brand satu ini! Produk ini menggunakan biji argan dari Maroko yang diekstraksi dengan metode cold pressed.

Argan oil dari Organic Supply Co dapat digunakan sebagai pelembap pada tubuh dan rambut yang kering. Anda cukup menuangkan beberapa tetes argan oil dan mengoleskan serta memijat bagian yang Anda inginkan. Selain itu produk argan oil ini juga dapat memperbaiki beberapa masalah kulit seperti stretch mark, eczema, psoriasis, dan luka parut.

8. Moreish Pure Argan Oil

8. Moreish Pure Argan Oil

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 239.300

Argan oil dengan efek menenangkan kulit kepala

Moreish merupakan salah satu merek yang menjamin semua produk yang mereka keluarkan menggunakan bahan organik. Moreish Pure Argan Oil terbuat dari 100% argan oil murni dan tidak mengandung bahan-bahan berbahaya seperti paraben, pewangi, pewarna, sulfat, ataupun mineral oils.

Produk argan oil dari Moreish ini mampu mengurangi peradangan pada kulit yang iritasi dan mengembalikan kondisi kulit seperti semula. Anda juga dapat menggunakan produk ini untuk mendapatkan rambut yang lebih kuat, berkilau, lembut, dan memberikan efek tenang pada kulit kepala.

7. The Ordinary Organic Cold Pressed Argan Oil

7. The Ordinary Organic Cold Pressed Argan Oil

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 219.000

Argan oil dengan tambahan kacang argan

Argan oil dari The Ordinary ini menggunakan minyak biji argan murni yang diektrasi dengan metode pemerasan suhu rendah untuk menjaga kualitas dan kandungan manfaat dalam minyak. The Ordinary Organic Cold Pressed Argan Oil juga tidak melalui proses pemurnian sehingga masih mengandung aroma alami dari argan oil.

Sejak tanggal 1 Mei 2017, produk The Ordinary ini juga diperkaya dengan kacang argan, tapi tetap dengan spesifikasi minyak yang sama. Oleh karena itu, bagi Anda yang memiliki alergi terhadap kacang, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada ahlinya sebelum menggunakan minyak argan ini.

6. Kiod Argan 100% Pure Moroccan Argan Oil

6. Kiod Argan 100% Pure Moroccan Argan Oil

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 450.000

Minyak Argan organik tanpa bahan aditif

Kiod Argan 100% Pure Moroccan Argan Oil merupakan salah satu produk minyak argan yang disertifikasi oleh Ecocert. Kiod Argan menjamin produknya menggunakan 100% biji argan organik dengan kualitas premium, tidak dimurnikan, tidak diencerkan, dan tidak mengandung bahan aditif!

Argan oil dari Kiod Argan ini dapat digunakan pada kulit wajah untuk menyamarkan keriput, pada kulit tubuh untuk melembapkan area yang kering, bahkan pada rambut untuk melindungi rambut dari sinar ultraviolet. Dengan harga kurang dari 500 ribu rupiah untuk ukuran 60ml, Anda sudah bisa menikmati manfaat yang luar biasa dari argan oil ini!

5. Josie Maran Argan Oil

5. Josie Maran Argan Oil

 

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 380.000

100% murni, 100% organik, 100% argan oil!

Josie Maran memproduksi minyak argan yang dijamin mengandung 100% argan oil, 100% organik, dan 100% murni! Josie Maran Argan Oil tidak menggunakan satu pun bahan tambahan. Oleh karena itu, tidak heran jika minyak ini ditawarkan dengan harga yang cukup tinggi bahkan untuk ukuran kecil 15 ml saja.

Minyak alami yang memiliki banyak manfaat dari Josie Maran ini mampu menyembuhkan luka pada kulit, melembapkan dan menutrisi seluruh tubuh mulai dari kulit hingga rambut dan kuku. Argan oil ini juga mudah diserap, dan akan menghidrasi serta memberikan efek berkilau pada kulit dan rambut Anda.

4. Shiny Leaf Cold Pressed Organic Argan Oil

4. Shiny Leaf Cold Pressed Organic Argan Oil

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 583.000

Argan oil untuk melindungi rambut dari proses styling

Shiny Leaf Cold Pressed Organic Argan Oil adalah produk minyak argan yang diproses dengan metode pemerasan suhu rendah yang disertifikasi oleh USDA Organic. Jadi, Anda tidak perlu meragukan produk ini karena dijamin menggunakan bahan-bahan alami, murni dan tanpa tambahan bahan aditif.

Bagi Anda yang sering melakukan styling dan menggunakan bahan kimia pada rambut, Anda dapat mengoleskan minyak argan ini untuk mencegah kerusakan dan melindungi rambut agar tidak rontok. Penggunaannya pun tidak perlu dibilas dan Anda tidak perlu khawatir karena argan oil ini tidak akan meninggalkan rasa lengket dan berminyak.

3. Insta Natural Organic Argan Oil

3. Insta Natural Organic Argan Oil

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 750.000

Argan oil dengan tekstur ringan pengontrol jerawat

Argan oil dari Insta Natural terkenal karena memiliki tekstur minyak yang ringan, mudah diserap tubuh, serta tidak mengandung pewangi, pengawet maupun bahan kimia. Hanya dengan penggunaan 1-4 tetes, manfaat dari kemurnian argan oil yang diproses dengan pemerasan suhu rendah ini sudah bisa Anda rasakan!

Insta Natural Organic Argan Oil dapat digunakan sebagai pelembap sehari-hari dan bahkan untuk mengendalikan jerawat. Namun, karena minyak argan ini mengandung kacang, Anda harus menghentikan pemakaian jika terjadi reaksi alergi atau mengkonsultasikannya kepada ahli.

2. Pura D’or Argan Oil Body, Hair & Face Treatment

2. Pura D'or Argan Oil Body, Hair & Face Treatment

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 655.000

Menjadikan kulit dan rambut lebih lembut dan sehat

Pura D’or Argan Oil Body, Hair & Face Treatment adalah minyak argan yang dapat digunakan untuk seluruh anggota tubuh. Produk ini mengandung 100% minyak argan yang diimpor dari Maroko dan telah disertifikasi oleh USDA Organic, serta mendapatkan sertifikat Doctor Trusted.

Anda hanya memerlukan beberapa tetes dari argan oil ini untuk mengembalikan nutrisi sel kulit, mengurangi stretch mark dan bekas luka, serta memberikan efek kulit dan rambut yang lebih lembut dan sehat. Untuk penggunaan pada rambut sebaiknya gunakan setelah sampo dan kondisioner. Sedangkan untuk kulit, sebaiknya lakukan pijatan pada bagian yang Anda olesi untuk membantu penyerapan minyak.

1. VoilaVe Organic Argan Oil

1. VoilaVe Organic Argan Oil

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 654.000

Argan oil dengan kemasan pump untuk penggunaan yang lebih efisien

Jika Anda ragu dengan banyaknya klaim produk argan oil organik, Anda bisa memilih VoilaVe Organic Argan Oil karena produk ini telah mendapatkan sertifikasi dari Ecocert dan USDA Organic. Artinya produk ini diperiksa oleh pemerintah Amerika dan dinyatakan menggunakan bahan 100% organik dan bebas dari kontaminasi pestisida.

Tidak seperti produk minyak argan yang lain, VoilaVe menyajikan pengemasan dengan tutup pump sehingga lebih efisien dan menghindari pengambilan minyak yang berlebih. Selain itu, VoilaVe juga memberikan garansi kepuasan kepada konsumennya sehingga Anda akan mendapatkan 100% uang kembali apabila produk ini tidak memberikan manfaat seperti yang dijanjikan.

Saran penggunaan

Sekarang kami akan menjelaskan cara penggunaan argan oil yang disarankan untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal. Anda bisa menggunakannya di berbagai kesempatan pada beberapa bagian seperti tubuh dan rambut.

Cara penggunaan pada wajah

Cara penggunaan pada wajah

Setelah mencuci muka, sebelum menggunakan essence, oleskanlah satu tetes argan oil dalam rangkaian perawatan kulit Anda. Dengan melakukan ini, essence dan serum kecantikan Anda akan menyerap dengan lebih baik! Terutama jika Anda memiliki kulit yang sangat kering, penggunan minyak ini akan membuat kulit Anda akan terasa lembap.

Memberikan pijatan juga bermanfaat untuk kulit yang sangat kering. Ambil sedikit argan oil dan pijat ke seluruh wajah, lalu tutup dengan handuk hangat dan seka sisa minyak berlebih. Penggunaan dengan cara ini akan memperlancar sirkulasi darah mengurangi risiko terjadinya kulit kering.

Cara penggunaan pada rambut

Cara penggunaan pada rambut

Setelah mencuci rambut, balurkan 1 hingga 3 tetes argan oil ke rambut sebelum Anda mengeringkannya. Hal ini berfungsi untuk melindungi rambut dari panasnya pengering rambut dan juga melembapkan ujung rambut yang kasar.

Dianjurkan juga untuk melakukan pemiijatan pada kulit kepala. Setelah membasahi seluruh rambut, tuangkan 5 hingga 6 tetes argan oil ke seluruh kulit kepala. Pijat dengan gerakan membentuk lingkaran pada seluruh kepala dan leher. Setelah itu, tutup dengan handuk hangat selama sekitar 5 menit dan bilas dengan shower. Sampo favorit Anda bisa saja sudah memiliki efek melembapkan, tetap argan oil akan menambah efek tersebut untuk mendapatkan rambut yang lebih lembap.

Cara penggunaan pada badan

Cara penggunaan pada badan

Pernahkah Anda berpikir untuk menggunakan argan oil sebagai pengganti body lotion? Dengan manfaat melembapkannya yang tinggi, lutut, siku dan tumit yang kasar dan kering akan dilapisi dengan baik, dan perlahan Anda akan mendapatkan kembali kelembutan kulit semula.

Anda juga bisa membuat sendiri body scrub dari argan oil untuk perawatan tubuh. Campurkan minyak argan dengan garam hingga menjadi bentuk pasta, kemudian pijatkan ke area yang kering. Setelah dibilas, kulit pun akan terasa kenyal dan lembab. Mengingat argan oil hanya mengakibatkan rangsangan yang sedikit terhadap kulit, minyak ini dapat digunakan untuk segala macam kebutuhan tanpa mengkhawatirkan risiko efek samping yang mungkin terjadi.

Catatan penggunaan

Meski argan oil mudah digunakan dan banyak manfaatnya, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam pemakaiannya. Anda harus mengingatnya agar mendapatkan hasil yang maksimal dan menghindari terjadinya penyalahgunaan!

Jangan gunakan sebagai pembersih

Jangan gunakan sebagai pembersih

Argan oil adalah minyak yang sangat menyerap pada kulit. Bila Anda menggunakannya sebagai pembersih untuk menghilangkan makeup atau kotoran, minyak argan akan semakin menyerap ke dalam kulit dan kotoran akan semakin menempel di kulit. Untuk mencegah hal tersebut, gunakanlah minyak argan setelah Anda membersihkan makeup atau setelah mencuci muka.

Tanggal kedaluwarsa produk argan oil

Tanggal kedaluwarsa argan oil

Karena argan oil adalah minyak, maka oksidasi tetap terjadi. Meskipun argan oil merupakan minyak dengan tingkat kestabilan yang tinggi, sebaiknya Anda menggunakannya selama 2 hingga 3 bulan setelah dibuka. Selain itu, lakukan penyimpanan dengan menutup rapat kemasannya dan letakkan di tempat yang sejuk dan tidak terkena sinar matahari langsung.

Gambar “3M” di atas merupakan indikasi masa kedaluwarsa argan oil yaitu “3 months”, atau 3 bulan sejak kemasan dibuka.

Kesimpulan

Banyaknya produk argan oil yang dijual di pasaran harus membuat Anda lebih waspada. Anda tentu tidak ingin kalau Anda justru mengalami masalah kulit karena menggunakan minyak dengan kualitas rendah, bukan? Untuk itu, pengetahuan tentang cara memilih minyak argan dan penggunaan yang tepat akan sangat membantu Anda dalam mendapatkan efek yang maksimal.

Nah, bagaimana pendapat Anda tentang produk argan oil yang kami rekomendasikan kali ini? Apakah Anda tertarik mencobanya? Semoga Anda dapat menemukan argan oil yang sesuai dengan kebutuhan Anda, ya!