mybest
Minyak pengobatan & perawatan

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Kesehatan
  3. Essential oil
  4. 10 Argan Oil Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Argan Oil Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Argan Oil Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Argan Oil Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Argan Oil Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Argan Oil Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Argan Oil Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2024)

Di antara bermacam minyak kosmetik, argan oil yang berasal dari Maroko merupakan salah satu yang multifungsi. Minyak nabati ini dapat digunakan untuk seluruh tubuh, mulai dari wajah, rambut, hingga kuku. Tak heran apabila argan oil kian hari kian diminati.

Kali ini kami akan memaparkan cara memilih argan oil yang bagus dan memperkenalkan produk-produk terbaiknya kepada Anda. Berbagai merek ternama, seperti Biotalk, Eucalie, dan Organic Supply Co pun akan kami ulas. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh ahli aromaterapi kami, dr. Nova Primadina. Selamat menyimak!
Diperbaharui 14/07/2023
dr. Nova Primadina
Pakar
Dokter spesialis bedah plastik dan dosen
dr. Nova Primadina

dr. Nova adalah seorang dosen di Fakultas Kedokteran Muhammadiyah Surabaya. Beliau juga doktor peneliti yang berfokus pada efek essential oil lokal Indonesia serta aromaterapi pada manusia dan pengobatan herbal. dr. Nova juga seorang dokter spesialis bedah plastik dengan keahlian tambahan sebagai seorang formulator skincare natural, aromaterapi, dan hipnoterapi. dr. Nova memenangkan hibah penelitian efek essential oil asli Indonesia, Cananga latifolia, terhadap tingkat stres dan konsentrasi mahasiswa FK. Beliau juga meraih juara 1 UMKM binaan IPB dan Prima Kelola dengan skincare-nya yang merupakan essential oil asli Indonesia.

Profil dr. Nova Primadina
Lanjut membaca
Nisa Destiana
Penyunting
Editor mybest Indonesia
Nisa Destiana

Nisa Destiana adalah seorang apoteker yang sudah gemar menulis sedari kecil dan bercita-cita menjadikan hobi tersebut sebagai karier profesional. Usai bekerja di perusahaan farmasi multinasional selama hampir lima tahun, ia memutuskan untuk memulai karier sebagai content writer. Nisa banyak menulis artikel-artikel kesehatan untuk start-up telemedisin sebelum akhirnya menulis dan menjadi editor untuk mybest Indonesia. Di mybest Indonesia, Nisa banyak terhubung dengan pakar untuk menulis berbagai artikel perawatan tubuh, kecantikan, dan kesehatan sesuai latar belakang pendidikannya.

Profil Nisa Destiana
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Apa kegunaan argan oil?

Argan oil adalah minyak multifungsi yang bisa digunakan untuk seluruh bagian tubuh, mulai dari wajah, badan, hingga rambut. Berikut ini ulasan lengkap mengenai manfaat argan oil bagi tubuh Anda.

Manfaat minyak argan untuk rambut

Manfaat minyak argan untuk rambut

Tekstur minyak argan yang tidak meninggalkan kesan lengket membuatnya cocok digunakan pada rambut. Tentunya, minyak argan juga memiliki banyak manfaat untuk rambut, antara lain:


  • Menutrisi dan melindungi rambut

Minyak argan kaya akan asam oleat dan asam linoleat yang akan melindungi kulit kepala serta bagian terluar batang rambut. Karena efek perlindungan tersebut, minyak argan sangat direkomendasikan untuk Anda yang sering mencatok atau mewarnai rambut. Jadi, protein rambut Anda tak akan mudah rusak baik akibat heat styling maupun zat kimia dalam pewarna rambut.


  • Melembapkan serta membuat rambut halus

Apakah rambut Anda kusut dan sulit ditata? Jika iya, artinya rambut Anda perlu kelembapan ekstra. Nah, minyak argan mampu menjaga kelembapan rambut Anda sehingga rambut lebih halus dan mudah diatur. Bagi Anda yang sedang mencari kondisioner alami, minyak argan jawabannya.


  • Mencegah rambut rontok

Selain kaya akan kandungan asam lemak tak jenuh, minyak argan juga mengandung vitamin E. Kandungan vitamin E dalam minyak argan diduga bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan rambut dan memperkuat akar rambut. Dengan kata lain, minyak argan diduga bisa mencegah kerontokan rambut. Namun, manfaat yang satu ini disebut-sebut masih perlu dibuktikan dalam penelitian lebih lanjut.

Manfaat minyak argan untuk wajah dan badan

Manfaat minyak argan untuk wajah dan badan
Minyak ini disebut-sebut memiliki daya anti-aging yang baik untuk kulit wajah. Selain sebagai anti-aging, argan oil kerap digunakan sebagai pelembap untuk melindungi kulit dari kekeringan. Meskipun begitu, argan oil tidak menyumbat pori-pori karena memiliki skala komedogenik yang rendah.

Anda juga bisa mengaplikasikannya pada bagian kulit yang lebih tipis seperti di sekitar mata atau mulut. Selain itu, argan oil memiliki phototoxicity yang rendah sehingga Anda tak perlu ragu menggunakannya pada siang hari.

Cara memilih argan oil

Selanjutnya, kami akan menjelaskan beberapa tips penting yang dapat Anda jadikan referensi dalam memilih argan oil. Mari simak penjelasan di bawah ini!
1

Apabila kulit Anda tidak sensitif, utamakan minyak argan yang unrefined

Apabila kulit Anda tidak sensitif, utamakan minyak argan yang unrefined

Minyak unrefined adalah minyak yang tidak melalui proses pemurnian panjang. Karena tidak banyak diproses, kandungan mineral dan vitamin dalam minyak argan unrefined masih bisa dipertahankan. Unrefined argan oilkaya akan kandungan vitamin E. Bahkan, kandungan vitamin E yang dimilikinya berjumlah dua hingga tiga kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan minyak zaitun. 


Dengan kandungan antioksidan yang tinggi, minyak argan unrefined merupakan pilihan tepat untuk mencegah penuaan dini. Sayangnya, umur simpan unrefined argan oil relatif singkat dan kurang sesuai untuk pemilik kulit sensitif.

2

Jika kulit Anda sensitif, pilih minyak argan yang refined

Jika kulit Anda sensitif, pilih minyak argan yang refined

Meskipun unrefined argan oil memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, tipe ini tidak direkomendasikan untuk pemilik kulit sensitif. Alasannya karena minyak argan yang belum dimurnikan memiliki kandungan pengotor dalam jumlah cukup banyak Dengan begitu, tipe unrefined berpotensi menimbulkan iritasi pada jenis kulit yang skin barrier-nya tidak berfungsi dengan baik.


Tidak perlu khawatir! Jika Anda memiliki kulit yang sensitif, gunakanlah minyak argan yang telah dimurnikan atau refined argan oil. Minyak argan jenis ini lebih ramah di kulit karena mengandung lebih sedikit pengotor serta minim aroma. Selain cocok untuk kulit sensitif, refined argan oil sangat baik untuk melembapkan kulit.

3

Pertimbangkan produk bersertifikat organik atau telah tersertifikasi di institusi terkait

Pertimbangkan produk bersertifikat organik atau telah tersertifikasi di institusi terkait
Meski manfaat argan oil sudah makin populer, saat ini ada juga produk argan oil dengan kualitas rendah yang beredar di pasaran. Untuk menghindari risiko iritasi kulit, pilihlah minyak yang telah disertifikasi oleh institusi terkait. Institusi ini memiliki kewenangan dalam menetapkan standar kualitas argan oil yang boleh dipasarkan. Di bawah ini adalah beberapa contohnya.

  • ECOCERT

Sertifikasi dari ECOCERT hanya dapat diperoleh jika 95% atau lebih dari kandungan suatu produk menggunakan bahan organik atau alami.


  • COSMEBIO

Sama halnya dengan ECOCERT, COSMEBIO memberikan sertifikat organik apabila 95% atau lebih bahan yang digunakan adalah bahan organik.


  • Nature & Progrès

Untuk mendapatkan sertifikasi dari institusi ini, produsen tidak hanya diharuskan menggunakan bahan baku dari budi daya pertanian organik. Produsen juga harus memenuhi standar terkait perlindungan lingkungan di sekitarnya.


  • BDIH

Institusi ini dikelola oleh lembaga publik asal Jerman, yakni German Federation of Food Law and Food Science. BDIH menetapkan standar ketat, seperti penggunaan bahan baku alami dan tidak melakukan uji coba terhadap hewan.


Selain jenis-jenis sertifikasi di atas, ada juga label USDA Organic yang merupakan sertifikasi produk organik yang banyak digunakan di Amerika. Sudah banyak produk organik yang memiliki label ini.

4

Utamakan produk yang diekstraksi dengan metode cold-pressed

Utamakan produk yang diekstraksi dengan metode cold-pressed
Ada dua metode untuk mengekstraksi minyak dari biji argan. Kedua metode tersebut adalah pemerasan dengan suhu tinggi (hot-pressed) dan pemerasan dengan suhu rendah (cold-pressed). Simak perbedaan keduanya melalui poin-poin di bawah ini.

  • Metode pemerasan dengan suhu tinggi adalah metode ekstraksi minyak yang dilakukan sambil memanaskan biji argan. Metode ini memiliki efisiensi tinggi karena menghasilkan minyak dalam jumlah lebih banyak. Namun, proses memanaskan biji argan bisa merusak nutrisi atau mengurangi rasanya. Selain itu, beberapa senyawa aktif kandungannya akan rusak jika dipanaskan lebih dari 40°C.

  • Metode pemerasan dengan suhu rendah adalah metode ekstraksi minyak sambil memberikan tekanan secara perlahan di bagian biji. Gunanya ialah untuk mencegah kerusakan nutrisi akibat panas. Anda bisa mendapatkan minyak berkualitas tinggi dengan metode ini. Akan tetapi, proses ini membutuhkan waktu lebih lama dan jumlah minyak yang dihasilkan lebih sedikit.

Argan oil dari ekstraksi hot-pressed memiliki harga lebih murah karena efisiensi produksi yang baik. Pilihlah minyak yang diekstraksi dengan metode pemerasan suhu rendah apabila Anda mengutamakan kualitas.

5

Utamakan minyak argan yang dikemas dalam botol berwarna gelap

Utamakan minyak argan yang dikemas dalam botol berwarna gelap
Idealnya minyak argan perlu dikemas dalam botol berwarna gelap agar tidak mudah teroksidasi oleh cahaya. Selain itu, sebaiknya hindari produk yang menggunakan botol berbahan plastik karena zat kimia yang disebut BPA dapat larut. BPA atau bisphenol A akan berdampak buruk bagi kesehatan, misalnya menyebabkan gangguan hormon jika terserap oleh kulit.


Selain kemasan, Anda perlu memperhatikan warna minyak. Argan oil yang baru diekstraksi memiliki warna keemasan yang transparan. Namun, warnanya akan berubah menjadi agak gelap seiring dengan terjadinya oksidasi dari waktu ke waktu. Nah, pilihlah produk dengan warna emas transparan jika Anda ingin mendapatkan argan oil yang segar.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi argan oil terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sembilan produk argan oil terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Nova Primadina.
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin

Argavéll

Certified Organic Argan Oil

Argavéll Certified Organic Argan Oil 1

Rp130.000

Menengah

Menutrisi kulit dan rambut secara menyeluruh

BioTalk

Natural Organic Argan Oil

BioTalk Natural Organic Argan Oil 1

Rp75.000

Agak Murah

Elastisitas dan kelembapan kulit terjaga, cukup dengan satu produk!

Dancoly

Argan Repair Oil

Dancoly  Argan Repair Oil  1

Rp259.000

Agak Mahal

Perawatan andalan untuk Anda yang sering menggunakan hair dryer atau catokan

Organic Lab

Argan Oil Pure Organic Unrefined

Organic Lab Argan Oil Pure Organic Unrefined 1

Rp47.800

Lebih Murah

Lawan tanda penuaan kulit dengan minyak argan unrefined

Beorganik

Argan Oil Morocco - Cold Pressed 100%

Beorganik Argan Oil Morocco - Cold Pressed 100% 1

Rp65.000

Agak Murah

Efektif atasi masalah kekeringan pada kulit

Eucalie

Argan Oil Certified Organic Anti Aging Serum

Eucalie  Argan Oil Certified Organic Anti Aging Serum 1

Rp219.000

Agak Mahal

Mau kulit glowing dan tampak muda dengan perawatan alami? Bisa!

Organic Supply Co.

Argan Oil

Organic Supply Co. Argan Oil 1

Rp130.000

Menengah

Pilihan tepat untuk perawatan rambut setiap hari!

SeaHan Cosmetics

Elabore Argan Oil

SeaHan Cosmetics Elabore Argan Oil 1

Rp332.000

Lebih Mahal

Rahasia rambut sehat dan terawat ala wanita Maroko

Tamba Sanjiwani

TSb Argan 100% Pure & Natural Essential Oil

Tamba Sanjiwani TSb Argan 100% Pure & Natural Essential Oil 1

Rp200.000

Agak Mahal

Bantu atasi peradangan pada jerawat

REVOX B77

JUST Argán Oil 100%

REVOX B77  JUST Argán Oil 100% 1

Rp115.000

Menengah

Mari ucapkan selamat tinggal kepada kulit kering dan kusam!

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.

ArgavéllCertified Organic Argan Oil

Certified Organic Argan Oil 1
Sumber: shopee.co.id
Certified Organic Argan Oil 2
Sumber: shopee.co.id
Certified Organic Argan Oil 3
Sumber: shopee.co.id
Certified Organic Argan Oil 4
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp130.000
Menengah
Harga referensi
Rp130.000
Menengah

Menutrisi kulit dan rambut secara menyeluruh

Kelebihan:
  • Sudah tersertifikasi ECOCERT dan USDA Organic, Anda bisa lebih tenang menggunakan produk ini
  • Bahan 100% organik, diklaim aman untuk ibu hamil dan menyusui

Kekurangan:
  • Hanya tersedia dalam kemasan 20 ml sehingga Anda mungkin perlu sering repurchase bila penggunaannya untuk seluruh tubuh

Certified Organic Argan Oil dari Argavell telah mendapatkan sertifikat organik dari ECOCERT dan USDA Organic sehingga Anda tak perlu ragu untuk menggunakannya. Produk ini direkomendasikan untuk Anda yang ingin merawat kesehatan rambut dan kulit secara menyeluruh dengan bahan alami. 


Pemakaian produk ini secara rutin akan membuat kulit tampak sehat dan rambut terhindar dari kerontokan sebab lebih ternutrisi. Produk ini juga mampu mengurangi kemerahan akibat jerawat dan meningkatkan elastisitas kulit, lho.

Apakah pemilihan produk ini berguna sebagai referensi?

BioTalkNatural Organic Argan Oil

Harga referensi
Rp75.000
Agak Murah

Elastisitas dan kelembapan kulit terjaga, cukup dengan satu produk!

Kelebihan:
  • Asam lemak esensial dan antioksidan di dalamnya bisa menjaga elastisitas kulit, andalan untuk perawatan anti-aging

Kekurangan:

  • Izin produk hanya untuk perawatan kulit, tidak untuk hair care

BioTalk Organic Argan Oil mengandung asam lemak esensial dan antioksidan yang berfungsi untuk menjaga elastisitas kulit. Selain itu, kandungan-kandungan tersebut membuat produk ini cocok digunakan sebagai pelembap harian kulit wajah.


Tak hanya wajah, produk ini dapat melembapkan bagian-bagian kulit yang kasar, seperti siku, lutut, tumit, dan sebagainya. Pilihlah produk ini jika Anda mencari argan oil untuk mengatasi masalah kulit kering atau kulit yang mulai mengendur.

Dancoly Argan Repair Oil

Harga referensi
Rp259.000
Agak Mahal

Perawatan andalan untuk Anda yang sering menggunakan hair dryer atau catokan

Kelebihan:
  • Bahan tambahannya membantu mengoptimalkan perawatan rambut

Kekurangan:
  • Mengandung bahan tambahan lain, kurang cocok untuk Anda yang menginginkan 100% minyak argan murni

Apakah Anda sering menggunakan hair dryer atau catokan? Kalau begitu, Argan Repair Oil merupakan pilihan perawatan rambut yang tepat untuk Anda. Vitamin E di dalamnya bisa memperbaiki rambut rusak, bercabang, dan kering akibat sering terkena alat heat styling. Argan oil juga disebut mampu melindungi rambut dari efek buruk sinar UVA/UVB. Rambut yang lembut, berkilau, dan stylish pun bisa jadi milik Anda. 

Organic LabArgan Oil Pure Organic Unrefined

Argan Oil Pure Organic Unrefined 1
Sumber: shopee.co.id
Argan Oil Pure Organic Unrefined 2
Sumber: shopee.co.id
Argan Oil Pure Organic Unrefined 3
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp47.800
Lebih Murah
Harga referensi
Rp47.800
Lebih Murah

Lawan tanda penuaan kulit dengan minyak argan unrefined

Kelebihan:
  • Tersedia kemasan travel size, lebih praktis untuk dibawa bepergian

Kekurangan:

  • Beberapa review menyebutkan bahwa umur simpan produk pendek

Cobalah produk ini bila Anda bermasalah dengan tanda penuaan, tetapi tidak ingin menggunakan skincare berlebihan. Argan Oil Pure Organic Unrefined dari Organic Lab kaya akan vitamin E, asam lemak esensial omega-3, dan omega-6.


Kegunaan dari kandungan tersebut ialah untuk mengembalikan lapisan pelindung kulit sehingga tahan terhadap polusi serta radikal bebas. Yuk, lawan tanda-tanda penuaan pada kulit dengan rutin menggunakan produk ini!

BeorganikArgan Oil Morocco - Cold Pressed 100%

Harga referensi
Rp65.000
Agak Murah

Efektif atasi masalah kekeringan pada kulit

Kelebihan:

  • Dibuat secara cold-pressed, nutrien di dalam produk lebih terjaga

Kekurangan:

  • Berdasarkan keterangan brand, bahan diimpor dari beberapa negara sehingga kualitasnya mungkin tidak selalu sama

Jika Anda menghadapi masalah kekeringan di rambut, kulit kepala, dan kulit tubuh, produk inilah solusinya. Beorganik Argan Oil Morocco kaya akan asam lemak yang mampu melembapkan dan memperbaiki kondisi kulit serta rambut Anda.


Selain itu, kandungan 100% argan oil murni di dalamnya membuat produk ini mampu menutrisi dan melindungi kulit secara maksimal. Menariknya lagi, produk ini juga mampu mengurangi sekresi sebum berlebih pada jenis kulit berminyak.

Eucalie Argan Oil Certified Organic Anti Aging Serum

Harga referensi
Rp219.000
Agak Mahal

Mau kulit glowing dan tampak muda dengan perawatan alami? Bisa!

Kelebihan:

  • Unscented argan oil, bisa digunakan untuk kulit sensitif
  • Bisa dipakai untuk melembapkan kuku yang kering

Kekurangan:
  • Untuk hasil maksimal, Anda mungkin perlu menggunakan rangkaian produk Eucalie lainnya


Argan oil keluaran Eucalie diekstrak menggunakan metode bersuhu rendah dan telah tersertifikasi ECOCERT & COSMOS ORGANIC. Kelengkapan kandungan nutriennya membuat produk ini diklaim bisa memberikan instant glowing dan menjadikan kulit tampak muda dalam 30 detik. 


Meskipun demikian, untuk perbaikan kulit menyeluruh, penggunaannya tetap perlu dilakukan secara rutin. Gunakan minyak argan ini bila Anda ingin mendapatkan kulit sehat yang terawat serta tampak awet muda!

Organic Supply Co.Argan Oil

Harga referensi
Rp130.000
Menengah

Pilihan tepat untuk perawatan rambut setiap hari!

Kelebihan:
  • 100% organik, bisa digunakan oleh ibu hamil, ibu menyusui, dan anak-anak

Kekurangan:

  • Hanya untuk penggunaan luar, tidak tepat bila Anda perlu minyak argan untuk campuran makanan

Organic Supply Co. Argan Oil kaya antioksidan, maka produk ini baik digunakan untuk perawatan kulit baik kulit kering maupun kulit berminyak. Nah, nutrisi yang terkandung dalam argan oil juga dapat diaplikasikan untuk perawatan rambut.


Minyak ini bisa digunakan sebagai campuran conditioner untuk mendapatkan rambut sehat dan lembut. Pertimbangkan produk ini jika Anda mencari argan oil untuk meningkatkan kesehatan rambut Anda.

SeaHan CosmeticsElabore Argan Oil

Harga referensi
Rp332.000
Lebih Mahal

Rahasia rambut sehat dan terawat ala wanita Maroko

Kelebihan:

  • Tersedia dalam botol spray, lebih mudah mengaplikasikannya pada rambut
  • Diperkaya dengan tambahan minyak zaitun

Kekurangan:

  • Bukan minyak argan murni

Walaupun hair oil ini termasuk produk perawatan rambut asal Korea, bahan utamanya tetap berasal dari Maroko. Bukan rahasia lagi, ekstrak biji argan yang tumbuh di daratan Maroko banyak digunakan untuk merawat rambut. Argan oil sudah digunakan untuk perawatan rambut wanita Maroko sejak lama.


Produk ini mengandung banyak nutrien penting, mulai dari vitamin A, vitamin E, karotena, asam oleat, asam linoleat, dan xantofil. Karena itu, produk ini dapat membantu memperbaiki, melembutkan, dan melindungi rambut serta memberi kilau yang luar biasa. Bila Anda menginginkan rambut terasa lebih ringan, tidak kering, kuat, serta berkilau ala wanita Maroko, cobalah produk ini.

Tamba SanjiwaniTSb Argan 100% Pure & Natural Essential Oil

Harga referensi
Rp200.000
Agak Mahal

Bantu atasi peradangan pada jerawat

Kelebihan:
  • Multifungsi, bisa Anda gunakan untuk perawatan wajah, badan, dan rambut
  • Hadir dalam ukuran 100 ml, sesuai bagi Anda yang menggunakan produk ini untuk berbagai kebutuhan

Kekurangan:
  • Karena ukurannya relatif besar, kurang praktis bila Anda bawa bepergian

Produk ini mengandung linoleic acid atau asam linoleat yang cukup tinggi. Asam linoleat dikenal dengan daya anti-inflamasinya. Karena itu, minyak argan ini dapat diandalkan oleh Anda yang memiliki masalah jerawat. Selain membantu mengurangi peradangan pada jerawat, linoleic acid juga bisa mencegah pengerasan sebum sehingga tidak menyumbat pori-pori dan memicu jerawat baru.

REVOX B77 JUST Argán Oil 100%

Harga referensi
Rp115.000
Menengah

Mari ucapkan selamat tinggal kepada kulit kering dan kusam!

Kelebihan:
  • Dibekali tambahan vitamin E, efek antioksidan lebih optimal

Kekurangan:

  • Sesuai peringatan khusus pada produk, Anda yang sensitif atau memiliki alergi perlu berhati-hati


Bagi Anda yang memiliki masalah kulit kering dan kusam, tambahkan produk ini ke dalam rangkaian skincare Anda. JUST Argan Oil 100% dapat melembapkan sambil melindungi kelembapan alami kulit. Pada saat bersamaan, antioksidan di dalamnya membantu memperbaiki kondisi kulit yang kusam. Tambahan pula, produk ini bermanfaat juga untuk meningkatkan elastisitas kulit. Yuk, perbaiki kulit kering dan kusam Anda sekarang juga!

Saran penggunaan argan oil

Sekarang kami akan menjelaskan saran penggunaan argan oil untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal. Anda bisa menggunakannya untuk berbagai kebutuhan, misalnya untuk wajah, tubuh, atau rambut.

Tips penggunaan untuk wajah

Tips penggunaan untuk wajah
Oleskanlah satu tetes argan oil sebelum melakukan rangkaian perawatan kulit, yakni setelah mencuci muka dan sebelum menggunakan pelembap. Dengan begitu, pelembap dan essence kecantikan Anda dapat terserap dengan lebih baik sehingga kulit akan terasa lebih kenyal. Penggunaan minyak argan akan membuat kulit Anda terasa lembap dan tidak mudah kering.

Memberikan pijatan juga bermanfaat bagi kulit yang sangat kering. Ambillah argan oil secukupnya dan pijatkan ke seluruh wajah. Jika Anda ingin membuka pori-pori, cuci muka lebih dahulu dengan air hangat atau dengan kompres air hangat sebentar saja. Penggunaan minyak argan seperti ini akan membantu memperlancar sirkulasi darah serta mengurangi risiko terjadinya kulit kering.

Tips penggunaan untuk rambut

Tips penggunaan untuk rambut
Setelah mencuci rambut, balurkan satu hingga tiga tetes argan oil ke rambut sebelum Anda mengeringkannya. Hal ini berfungsi untuk melindungi rambut dari panas yang dihasilkan hair dryer dan juga melembapkan ujung rambut yang kering.

Selain itu, Anda dianjurkan untuk melakukan pemijatan di kulit kepala. Setelah membasahi seluruh rambut, tuangkan 5-6 tetes argan oil ke seluruh kulit kepala. Pijatlah dengan gerakan membentuk lingkaran di seluruh bagian kepala. Setelah itu, tutup dengan handuk hangat selama 5 menit, lalu bilas.

Tips penggunaan untuk badan

Tips penggunaan untuk badan
Pernahkah Anda berpikir untuk menggunakan argan oil sebagai pengganti body lotion? Anda bisa mengoleskan argan oil secara menyeluruh ke lutut, siku, dan tumit yang kasar serta kering. Berkat efek melembapkannya yang tinggi, Anda akan mendapatkan kembali kelembutan kulit seperti semula.

Anda juga bisa membuat sendiri body scrub dari argan oil untuk perawatan tubuh. Caranya adalah mencampurkan minyak argan dengan Epsom salt hingga menjadi bentuk pasta, kemudian pijatkan ke area kulit yang kering. Setelah dibilas, kulit akan terasa lebih kenyal dan lembap. Minyak ini dapat digunakan untuk segala macam kebutuhan tanpa perlu Anda khawatirkan soal risiko iritasi yang mungkin terjadi.

Perhatikanlah cara penggunaan argan oil

Meski argan oil mudah digunakan dan banyak manfaatnya, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam pemakaiannya. Anda perlu mengingat hal-hal di bawah ini agar mendapatkan hasil yang maksimal dan menghindari terjadinya penyalahgunaan.

Hindari menggunakan argan oil sebagai pembersih

Hindari menggunakan argan oil sebagai pembersih
Argan oil sangat mudah menyerap di kulit. Jika Anda menggunakannya sebagai pembersih untuk menghilangkan makeup atau kotoran, minyak argan justru akan membuat kotoran makin melekat. Untuk mencegah hal tersebut, gunakanlah minyak argan setelah Anda membersihkan makeup atau setelah mencuci muka.

Perhatikan tanggal kedaluwarsa produk argan oil

Perhatikan tanggal kedaluwarsa produk argan oil
Berhubung argan oil adalah minyak, oksidasi tetaplah terjadi. Meski tingkat kestabilan argan oil tinggi, sebaiknya gunakanlah selama 2-3 bulan setelah kemasannya dibuka. Selain itu, lakukan penyimpanan dengan menutup rapat kemasan dan letakkan di tempat yang sejuk. Pastikan juga agar produk tidak terkena sinar matahari langsung.

Tidak hanya argan oil, aturan masa pakai ini berlaku untuk berbagai produk kecantikan lainnya. Untuk itu, perhatikanlah keterangan seperti gambar di atas saat Anda membeli suatu produk.

Baca juga rekomendasi minyak nabati lainnya di sini

Mungkin Anda juga sedang mencari minyak nabati selain argan oil untuk memenuhi berbagai kebutuhan kesehatan Anda. Karena itu, kami sudah menyiapkan beberapa artikel mengenai minyak nabati yang bermanfaat untuk kesehatan dan perawatan. Simak informasi selengkapnya melalui tautan-tautan di bawah ini. 

Kesimpulan

Argan oil memiliki manfaat yang beragam untuk kesehatan tubuh, kulit, dan rambut. Kami sudah merekomendasikan sepuluh produk minyak argan pada Anda. Sudahkah Anda menemukan produk yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda?

Banyaknya produk argan oil yang dijual di pasaran membuat Anda harus lebih bijak dalam menentukan pilihan. Silakan jadikan artikel kami sebagai acuan bagi Anda dalam memilih produk. Selamat berbelanja!

Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Kesehatan
  3. Essential oil
  4. 10 Argan Oil Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.