• 10 Rekomendasi Minyak Argan (Argan Oil) Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Minyak Argan (Argan Oil) Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Minyak Argan (Argan Oil) Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Minyak Argan (Argan Oil) Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Minyak Argan (Argan Oil) Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Minyak Argan (Argan Oil) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Di antara berbagai macam minyak kosmetik, argan oil yang berasal dari Maroko merupakan salah satu minyak dengan manfaat yang sangat menakjubkan! Argan oil ini dapat digunakan untuk seluruh tubuh, mulai dari wajah, rambut, kulit kepala, bahkan kuku.

Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih argan oil dan memperkenalkan rekomendasi produk terbaik kepada Anda. Berbagai merek ternama, seperti Pura D’Or, Eucalie, The Ordinary, Nature Republic, dan lainnya pun turut kami ulas. Mari simak terus artikel kami!
  • Pembaharuan terakhir: 03 April 2020
  • 27.148 Views
Daftar isi

Pengetahuan dasar tentang argan oil

Meski argan oil sudah populer di kalangan pencinta kecantikan, tetapi tingkat pengetahuan masyarakat tentang argan oil sendiri masih rendah. Karena itu, pertama-tama kami akan membahas pengetahuan dasar tentang argan oil.

Argan oil berasal dari Maroko

Argan oil berasal dari Maroko
Argan oil adalah minyak yang diperoleh dari biji pohon argan yang tumbuh secara alami di bagian barat daya Maroko. Argan oil merupakan minyak yang sangat langka. Minyak ini hanya bisa diperoleh sekitar 1 liter dari 100 kilogram biji argan, setelah melalui proses yang sangat sulit.

Minyak yang berkilau seperti emas ini disebut “gold of Morocco”. Argan oil juga telah dimanfaatkan sejak zaman dahulu oleh masyarakat lokal untuk berbagai keperluan seperti di bidang kuliner dan kecantikan. 

Apa saja daya tarik argan oil?

Di bagian selanjutnya, kami akan menjelaskan manfaat argan oil yang patut Anda simak!

Dapat digunakan untuk seluruh bagian tubuh

Dapat digunakan untuk seluruh bagian tubuh
Argan oil adalah minyak multifungsi yang bisa digunakan untuk seluruh bagian tubuh, mulai dari wajah, badan, hingga rambut. Hal ini dikarenakan argan oil aman untuk kulit dan mampu terserap dengan baik ke dalam lapisan kulit terdalam atau stratum corneum. Argan oil juga bisa digunakan di bagian kulit yang lebih tipis seperti di sekitar mata atau mulut. Selain itu, tekstur minyaknya tidak akan meninggalkan kesan lengket meski digunakan untuk rambut.

Saat Anda mengoleskan argan oil, Anda mungkin khawatir dengan risiko terjadinya apa yang disebut “kulit terbakar akibat penggunaan minyak”. Namun, argan oil memiliki karakteristik phototoxicity yang rendah terhadap sinar ultraviolet sehingga minyak ini dapat digunakan di seluruh bagian tubuh tanpa berisiko. Di Maroko, argan oil juga kerap digunakan sebagai pelembap untuk melindungi kulit dari kekeringan.

Memiliki kemampuan anti-aging yang tinggi

Memiliki kemampuan anti-aging yang tinggi
Seiring bertambahnya usia, tubuh kita mengalami oksidasi yang terus berlanjut, terakumulasi, dan berujung pada terjadinya penuaan. Proses penuaan ini bisa dicegah dengan bantuan antioksidan. Nah, argan oil sendiri disebut-sebut kaya akan kandungan zat antioksidan!


Argan oil terutama mengandung dua hingga tiga kali lipat vitamin E lebih banyak dibandingkan minyak zaitun. Selain itu, argan oil juga mengandung asam lemak esensial untuk menjaga kulit agar tetap lembap dan saponin yang berfungsi melembutkan kulit. Dengan melembapkan kulit yang kering, Anda juga bisa mendapatkan efek kulit yang lebih kencang serta berkilau. 

Dapat juga dikonsumsi langsung sebagai makanan

Dapat juga dikonsumsi langsung sebagai makanan
Argan oil merupakan minyak yang kaya akan nutrisi, salah satunya terdapat kandungan asam oleic. Asam oleic yang terkandung dalam minyak argan memiliki manfaat yang berlimpah untuk kecantikan dan kesehatan. 

Argan oil memiliki aroma yang mirip dengan hazelnut. Aromanya tetap terjaga, bahkan jika dipanaskan. Aroma ini juga dapat meningkatkan nafsu makan. Selain bisa digunakan memasak, Anda juga bisa mengonsumsinya mentah-mentah misalnya untuk raw dressing seperti halnya penggunaan minyak zaitun.

Cara memilih minyak argan (argan oil)

Selanjutnya, kami akan menjelaskan beberapa tips penting yang dapat Anda jadikan referensi dalam memilih argan oil. Mari disimak!

Pilihlah sesuai penggunaan

Pilihlah sesuai penggunaan
Yang dimaksud dengan penggunaan argan oil adalah apakah Anda akan menggunakannya sebagai makanan atau untuk kosmetik. Sebenarnya, argan oil yang dapat dikonsumsi sebagai makanan pun bisa juga dipakai untuk perawatan kulit. Namun, kedua jenis minyak ini telah melalui tahap penyulingan sesuai dengan fungsinya. Jadi, Anda akan mendapatkan manfaat yang lebih banyak jika menggunakan argan oil sesuai dengan fungsinya.

Misalnya, argan oil yang disuling untuk digunakan pada makanan telah diolah demi menjaga kekayaan rasanya. Di sisi lain, argan oil untuk perawatan kulit disuling agar dapat menghilangkan kotoran di dalamnya agar mengurangi risiko iritasi kulit. Dapat dikatakan bahwa argan oil untuk produk kosmetik memiliki tingkat kemurnian serta harga yang lebih tinggi dibandingkan argan oil untuk makanan.

Pilihlah yang disertifikasi oleh negara atau institusi sertifikasi resmi

Meski manfaat argan oil sudah makin populer, saat ini ada juga produk argan oil dengan kualitas rendah yang beredar di pasaran. Untuk menghindari risiko iritasi kulit, pilihlah minyak yang disertifikasi oleh institusi yang khusus mengatur kualitas argan oil yang boleh dipasarkan. Di bawah ini adalah beberapa contoh dari jenis institusi sertifikasi yang ada.

Ecocert, Cosmebio

Ecocert, Cosmebio
Tahukah Anda tentang institusi sertifikasi yang disebut Ecocert? Ini adalah badan sertifikasi organik internasional yang beroperasi di lebih dari dua puluh negara di seluruh dunia, terutama Eropa.

Sertifikasi dari Ecocert hanya dapat diperoleh jika 95% atau lebih dari kandungan suatu produk berasal dari alam atau diperoleh secara alami. Kemudian, Cosmebio adalah label produk kosmetik organik yang diberikan untuk produk yang memenuhi kriteria tertentu sebagai tambahan setelah menerima sertifikasi.

Nature & Progrès (Nature et Progrès)

Nature & Progrès (Nature et Progrès)

Nature & Progrès adalah organisasi yang mempromosikan gerakan pertanian organik terbesar di Prancis. Untuk mendapatkan sertifikasi dari institusi ini, produsen tidak hanya diharuskan menggunakan bahan baku dari budi daya pertanian organik. Akan tetapi, produsen juga harus memenuhi standar terkait perlindungan lingkungan di sekitarnya.

Certified Natural Cosmetics (BDIH)

Certified Natural Cosmetics (BDIH)
BDIH adalah institusi sertifikasi yang dikelola oleh lembaga publik asal Jerman yakni German Federation of Food Law and Food Science. Sertifikasi ini menetapkan standar ketat seperti penggunaan bahan baku alami dan tidak melakukan uji coba terhadap hewan.

Selain jenis-jenis sertifikasi di atas, ada juga label USDA Organic yang merupakan sertifikasi produk organik yang banyak digunakan di Amerika. Sudah banyak juga produk organik yang memiliki label ini.

Pilihlah berdasarkan metode ekstraksi

Pilihlah berdasarkan metode ekstraksi
Ada dua cara untuk mengekstraksi minyak dari biji argan yaitu metode pemerasan dengan suhu tinggi dan metode pemerasan dengan suhu rendah.

Metode pemerasan dengan suhu tinggi adalah metode ekstraksi minyak yang dilakukan sambil memanaskan biji argan. Jumlah minyak yang bisa diambil dari setiap biji dengan metode ini memiliki efisiensi yang tinggi. Namun, proses memanaskan biji argan bisa merusak nutrisi atau mengurangi rasanya.


Sementara itu, metode pemerasan dengan suhu rendah adalah metode ekstraksi minyak sambil memberikan tekanan secara perlahan di bagian biji. Gunanya ialah untuk mencegah kerusakan jaringan karena panas. Anda bisa mendapatkan minyak berkualitas tinggi dengan metode ini. Akan tetapi, proses ini membutuhkan waktu yang lebih lama dan hanya sedikit minyak yang bisa diambil dari jumlah biji tertentu.


Argan oil dengan ekstraksi minyak menggunakan metode pemerasan suhu tinggi memiliki harga yang lebih murah karena efisiensi produksi yang baik. Namun, apabila Anda mengutamakan kualitas, pilihlah minyak yang diekstraksi dengan metode pemerasan suhu rendah.

Pertimbangkan berdasarkan warnanya

Pertimbangkan berdasarkan warnanya
Argan oil yang baru diekstraksi memiliki warna keemasan yang transparan. Namun, seiring terjadinya oksidasi dari waktu ke waktu, warnanya akan berubah menjadi agak gelap. Pilihlah produk dengan warna emas yang indah jika Anda ingin mendapatkan argan oil yang segar.

10 Rekomendasi minyak argan (argan oil) terbaik

Setelah Anda memahami cara memilih argan oil, sekarang kami akan memberikan sepuluh rekomendasi produk terbaik. Gunakanlah referensi di bawah ini untuk menemukan argan oil yang paling cocok dengan selera dan kebutuhan Anda.
10
Institusi sertifikasiTidak dicantumkan
Metode ekstraksiTidak disebutkan
9
Institusi sertifikasiEcocert
Metode ekstraksiSuhu rendah
8
Institusi sertifikasiTidak dicantumkan
Metode ekstraksiTidak disebutkan
7

The Ordinary100% Organic Cold-Pressed Moroccan Argan Oil

Rp 127.571,00

Institusi sertifikasiTidak dicantumkan
Metode ekstraksiSuhu rendah
6
Institusi sertifikasiTidak dicantumkan
Metode ekstraksiSuhu rendah
5
Institusi sertifikasiTidak dicantumkan
Metode ekstraksiTidak disebutkan
4
Institusi sertifikasiQAI, USDA Organic
Metode ekstraksiSuhu tinggi
3
Institusi sertifikasiEcocert
Metode ekstraksiSuhu rendah
2
Institusi sertifikasiTidak dicantumkan
Metode ekstraksiSuhu rendah
1
Institusi sertifikasiEcocert, USDA Organic
Metode ekstraksiSuhu rendah

Tabel perbandingan produk minyak argan (argan oil) terbaik

Gambar produk
1
Pura d’or 4oz Gold Argan Oil 1

Pura d’or

2
Everpure 100% Organic Cold-Pressed Argan Oil 1

Everpure

3
Eucalie Argan Oil Certified Organic 1

Eucalie

4
Now Foods Argan Oil Organic 1

Now Foods

5
Josie Maran Pure Argan Oil Light 1

Josie Maran

6
Indoganic Argan Oil 1

Indoganic

7
The Ordinary 100% Organic Cold-Pressed Moroccan Argan Oil 1

The Ordinary

8
Moreish Liquid Gold Pure Argan Oil 1

Moreish

9
Organic Supply Co. Argan Oil 1

Organic Supply Co.

10
Nature Republic Real Nature Argan Oil 1

Nature Republic

Nama produk

4oz Gold Argan Oil

100% Organic Cold-Pressed Argan Oil

Argan Oil Certified Organic

Argan Oil Organic

Pure Argan Oil Light

Argan Oil

100% Organic Cold-Pressed Moroccan Argan Oil

Liquid Gold Pure Argan Oil

Argan Oil

Real Nature Argan Oil

Keunggulan

Menutrisi kulit dan rambut secara mendalam agar lebih halus dan sehat

Harganya terjangkau, pilihan tepat para pemula pengguna beauty oil!

Ukurannya kecil, mudah dibawa bepergian ke mana saja

Efektif atasi kekeringan kulit dan rambut Anda

Tekstur lebih ringan serta mudah meresap ke kulit

Jaga elastisitas dan kelembutan kulit cukup dengan satu produk saja!

Tanpa proses pemurnian untuk menjaga aroma alami argan oil

Lawan tanda penuaan kulit dengan produk ini

Pilihan tepat untuk perawatan rambut setiap hari!

Mengandung ekstrak teratai untuk kulit yang lebih kenyal

HargaRp 510.000,00Rp 99.000,00Rp 185.000,00Rp 276.000,00Rp 1.115.000,00Rp 169.000,00Rp 127.571,00Rp 297.500,00Rp 180.000,00Rp 270.000,00
Institusi sertifikasiEcocert, USDA OrganicTidak dicantumkanEcocertQAI, USDA OrganicTidak dicantumkanTidak dicantumkanTidak dicantumkanTidak dicantumkanEcocertTidak dicantumkan
Metode ekstraksiSuhu rendahSuhu rendahSuhu rendahSuhu tinggiTidak disebutkanSuhu rendahSuhu rendahTidak disebutkanSuhu rendahTidak disebutkan
Tautan produk

Saran penggunaan argan oil

Sekarang, kami akan menjelaskan saran penggunaan argan oil untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal. Anda bisa menggunakannya untuk berbagai kebutuhan, misalnya untuk wajah, tubuh, atau rambut.

Tips penggunaan untuk muka

Tips penggunaan untuk muka
Setelah mencuci muka dan sebelum menggunakan pelembap, oleskanlah satu tetes argan oil sebelum melakukan rangkaian perawatan kulit Anda seperti biasa. Dengan begitu, pelembap dan essence kecantikan Anda dapat menyerap dengan lebih baik dan kulit pun akan terasa lebih kenyal! Penggunaan minyak argan akan membuat kulit Anda terasa lembap dan tidak mudah kering.

Memberikan pijatan juga bermanfaat bagi kulit yang sangat kering. Ambillah argan oil secukupnya dan pijatkan ke seluruh wajah. Kemudian, bungkus kulit dengan handuk hangat dan seka sisa minyak berlebih. Penggunaan dengan cara ini akan membantu memperlancar sirkulasi darah serta mengurangi risiko terjadinya kulit kering.

Tips penggunaan untuk rambut

Tips penggunaan untuk rambut
Setelah mencuci rambut, balurkan satu hingga tiga tetes argan oil ke rambut sebelum Anda mengeringkannya. Hal ini berfungsi untuk melindungi rambut dari panas yang dihasilkan pengering rambut dan juga melembapkan ujung rambut yang kering.

Selain itu, dianjurkan juga untuk melakukan pemijatan di kulit kepala. Setelah membasahi seluruh rambut, tuangkan lima 5-6 tetes argan oil ke seluruh kulit kepala. Pijatlah dengan gerakan membentuk lingkaran di seluruh bagian kepala, kemudian ke arah leher. Setelah itu, tutup dengan handuk hangat selama sekitar lima menit, lalu bilas. Bagi Anda yang merasa tidak cukup jika hanya dibilas dengan air, Anda bisa juga mencuci rambut dengan sampo setelah penggunaan argan oil.

Tips penggunaan untuk badan

Tips penggunaan untuk badan
Pernahkah Anda berpikir untuk menggunakan argan oil sebagai pengganti body lotion? Anda bisa mengoleskan argan oil secara menyeluruh ke lutut, siku, dan tumit yang kasar serta kering. Berkat efek melembapkan yang tinggi, Anda pun akan mendapatkan kembali kelembutan kulit seperti semula.

Anda juga bisa membuat sendiri body scrub dari argan oil untuk perawatan tubuh. Caranya adalah mencampurkan minyak argan dengan garam hingga menjadi bentuk pasta, kemudian pijatkan ke area kulit yang kering. Setelah dibilas, kulit pun akan terasa lebih kenyal dan lembap. Minyak ini dapat digunakan untuk segala macam kebutuhan tanpa perlu mengkhawatirkan risiko iritasi yang mungkin terjadi.

Perhatikanlah cara penggunaan argan oil

Meski argan oil mudah digunakan dan banyak manfaatnya, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam pemakaiannya. Anda harus mengingatnya agar mendapatkan hasil yang maksimal dan menghindari terjadinya penyalahgunaan!

Hindari menggunakan argan oil sebagai pembersih

Hindari menggunakan argan oil sebagai pembersih
Argan oil adalah minyak yang sangat mudah menyerap di kulit. Jika Anda menggunakannya sebagai pembersih untuk menghilangkan makeup atau kotoran, minyak argan yang mudah terserap ke kulit justru akan membuat kotoran makin melekat. Untuk mencegah hal tersebut, gunakanlah minyak argan setelah Anda membersihkan makeup atau setelah mencuci muka.

Perhatikan tanggal kedaluwarsa produk argan oil

Perhatikan tanggal kedaluwarsa produk argan oil
Berhubung argan oil adalah minyak, oksidasi tetaplah terjadi. Meskipun argan oil merupakan minyak dengan tingkat kestabilan yang tinggi, sebaiknya Anda menggunakannya selama 2-3 bulan setelah kemasannya dibuka. Selain itu, lakukan penyimpanan dengan menutup rapat kemasannya dan letakkan di tempat yang sejuk. Pastikan juga agar tidak terkena sinar matahari langsung.

Gambar “3M” di atas merupakan indikasi masa kedaluwarsa argan oil yaitu “3 months” atau 3 bulan sejak kemasan dibuka. Tidak hanya argan oil, aturan masa pakai ini juga berlaku untuk berbagai produk kecantikan lainnya. Untuk itu, perhatikanlah keterangan seperti gambar di atas saat Anda membeli suatu produk.

Baca juga rekomendasi minyak nabati lainnya di sini!

Selain minyak argan (argan oil), mungkin Anda juga sedang mencari minyak nabati lainnya untuk memenuhi berbagai kebutuhan kesehatan Anda. Karena itu, kami juga sudah menyiapkan beberapa artikel mengenai minyak nabati lainnya. Penasaran bagaimana cara memilih serta apa saja produk rekomendasi pilihan kami? Simak informasi selengkapnya dari artikel di bawah ini. 

Kesimpulan

Kami sudah merekomendasikan sepuluh produk minyak argan (argan oil) kepada Anda. Sudahkah Anda menemukan produk paling sesuai dengan kebutuhan? Argan oil memiliki manfaat yang beragam untuk kesehatan tubuh, kulit, dan rambut Anda. 

Banyaknya produk argan oil yang dijual di pasaran membuat Anda harus lebih bijak dalam menentukan pilihan. Silakan jadikan artikel kami sebagai referensi dan acuan bagi Anda dalam memilih produk. Selamat berbelanja! 

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Mencuci muka menjadi aktivitas penting agar Anda selalu terhindar dari jerawat. Cara mengatasi jerawat pun berbeda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang. Karena itu, pemilihan sabun muka tak boleh sembarangan!Kali ini, kami akan memberikan tips memilih dan merekomendasikan produk-produk sabun muka bermutu untuk menghilangkan jerawat. Selain Pond’s dan Acnes, masih banyak produk yang dapat Anda pilih sesuai dengan jenis kulit. Simak terus informasinya!
    Kosmetik & kesehatan
    552.513 Views
  • 10 Rekomendasi Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2020)
    Eye cream digunakan untuk merawat kulit di sekitar mata yang mulai menunjukkan tanda-tanda penuaan, menghitam, kendur, dan kering. Karena memiliki manfaat yang luar biasa, tidak heran produk ini dijual dengan harga yang relatif mahal. Namun, beberapa merek, seperti Pond's, SAFI, dan L'Oreal meluncurkan produk dengan harga yang terjangkau. Kali ini, kami akan mengulas cara memilih eye cream yang harganya terjangkau, tetapi memiliki formula yang ampuh mengatasi permasalahan Anda. Kami juga memberikan rekomendasi produk sehingga Anda dapat menjadikannya sebagai bahan referensi. Yuk, temukan eye cream yang ideal untuk kulit Anda!
    Kosmetik & kesehatan
    428.902 Views
  • 10 Rekomendasi Krim Penghilang Bekas Jerawat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Krim Penghilang Bekas Jerawat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Noda hitam bekas jerawat memang sangat mengganggu penampilan Anda. Jangan biarkan noda tersebut terlalu lama di wajah Anda karena akan sulit untuk menghilangkannya di kemudian hari. Untuk menghilangkannya, Anda bisa menggunakan krim khusus penghilang noda bekas jerawat agar kulit wajah bersih dan cantik Anda kembali lagi.Di antara banyaknya produk penghilang bekas jerawat, kami akan memberikan tips memilih krim yang tepat untuk Anda. Simak juga berbagai rekomendasi produk dari kami, mulai dari Verile, Kiehl's, Neutrogena, sampai Mineral Botanica. Temukan yang paling pas untuk Anda, ya. Selamat membaca!
    Kosmetik & kesehatan
    362.866 Views
  • 10 Rekomendasi Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Noda di wajah atau yang lebih dikenal dengan flek hitam memang sangat menggangu penampilan. Flek hitam dapat terjadi akibat bekas jerawat, paparan sinar UV, dan pigmentasi berlebih. Menggunakan krim merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan tampilan flek hitam pada wajah Anda.Memilih krim untuk menghilangkan flek hitam harus dilakukan dengan saksama. Kami sudah menyiapkan tips untuk memilih krim yang pas untuk mengatasi flek hitam. Kami juga akan memberi rekomendasi produk terbaiknya, seperti Olay, L'Oreal Paris, Kojie San, Shiseido, dan lainnya. Simak terus sampai habis, ya!
    Kosmetik & kesehatan
    410.922 Views
  • 10 Rekomendasi Masker Organik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Masker Organik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Masker organik adalah masker wajah yang menggunakan 100% bahan alami. Berbeda dengan masker biasa, masker organik tidak menggunakan tambahan bahan kimia. Semua bahannya berasal dari alam sehingga tidak menjadi racun pada tubuh dan tidak merusak lingkungan bila digunakan dalam jangka waktu lama.Ada banyak produk masker organik yang dijual di pasaran, seperti dari The Bath Shop, Sensatia Botanicals, dan Skin Dewi. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan tentang cara memilih masker organik yang tepat serta beberapa rekomendasi produknya. Dengan masker organik, Anda bisa cantik tanpa efek samping!
    Kosmetik & kesehatan
    118.914 Views
  • 10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    Jika jerawat sulit disembuhkan, cobalah menggunakan pelembap wajah untuk kulit berjerawat. Saat ini, tersedia banyak pelembap wajah yang memiliki kandungan antiseptik dan anti-inflamasi untuk melawan jerawat. Namun, setiap jenis jerawat membutuhkan perawatan yang berbeda-beda.Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih pelembap wajah khususnya untuk kulit berjerawat. Tak ketinggalan, kami pun akan memberikan rekomendasi produk yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan kulit. Produk-produk ternama dari merek The Body Shop, Wardah, Shiseido, dan lainnya pun akan kami ulas. Mari simak terus artikel ini!
    Kosmetik & kesehatan
    426.674 Views
  • 10 Rekomendasi Highlight Powder Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Highlight Powder Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Highlight powder berfungsi untuk memberi sentuhan cerah dan kilau pada wajah Anda setelah menggunakan makeup. Tampilan makeup Anda akan jauh berbeda jika menggunakan highlight powder dibandingkan tidak memakainya. Namun, banyaknya variasi produk dengan tingkat kilau berbeda mungkin akan membuat Anda bingung dalam memilih. Nah, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih highlight powder yang tepat untuk Anda. Setelah itu, kami akan memperkenalkan produk rekomendasi yang dapat Anda gunakan sebagai referensi, seperti merek Focallure, L'oreal, dan sebagainya. Selamat membaca!
    Kosmetik & kesehatan
    19.012 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori