• 9 Minyak Argan (Argan Oil) Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 9 Minyak Argan (Argan Oil) Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 9 Minyak Argan (Argan Oil) Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 9 Minyak Argan (Argan Oil) Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 9 Minyak Argan (Argan Oil) Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2022) 5

9 Minyak Argan (Argan Oil) Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2022)

Di antara bermacam minyak kosmetik, argan oil yang berasal dari Maroko merupakan salah satu minyak dengan manfaat menakjubkan. Minyak nabati ini juga fungsional karena dapat digunakan untuk seluruh tubuh, mulai dari wajah, rambut, hingga kuku. Karena itu, tak heran apabila argan oil kian hari kian diminati.

Kali ini kami akan memaparkan cara memilih argan oil yang bagus dan memperkenalkan produk-produk terbaiknya kepada Anda. Berbagai merek ternama, seperti Biotalk, Eucalie, dan Organic Supply Co pun akan kami ulas. Artikel ini sudah ditinjau oleh ahli aromaterapi kami, dr. Nova Primadina. Selamat menyimak!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Nova Primadina
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 24 November 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis bedah dan ahli aromaterapi, Dr. Nova Primadina, dr., Sp.BP-RE, CH, CHt

Profil pakar: Dokter spesialis bedah dan ahli aromaterapi, Dr. Nova Primadina, dr., Sp.BP-RE, CH, CHt
dr. Nova Primadina
Dokter spesialis bedah plastik dan dosen
dr. Nova Primadina

dr. Nova adalah seorang dosen di Fakultas Kedokteran Muhammadiyah Surabaya. Beliau juga doktor peneliti yang berfokus pada efek essential oil lokal Indonesia serta aromaterapi pada manusia dan pengobatan herbal. dr. Nova juga seorang dokter spesialis bedah plastik dengan keahlian tambahan sebagai seorang formulator skincare natural, aromaterapi, dan hipnoterapi.

dr. Nova memenangkan hibah penelitian efek essential oil asli Indonesia, Cananga latifolia, terhadap tingkat stres dan konsentrasi mahasiswa FK. Beliau juga meraih juara 1 UMKM binaan IPB dan Prima Kelola dengan skincare-nya yang merupakan essential oil asli Indonesia.

Manfaat argan oil

Meski argan oil cukup dikenal luas, beberapa orang mungkin belum mengetahui dengan jelas manfaat dari minyak ini. Karena itu, pertama-tama kami akan membahas mengenai manfaat yang akan Anda dapatkan saat menggunakan argan oil.

Dapat digunakan untuk seluruh bagian tubuh

Dapat digunakan untuk seluruh bagian tubuh
Argan oil adalah minyak multifungsi yang bisa digunakan untuk seluruh bagian tubuh, mulai dari wajah, badan, hingga rambut. Minyak ini disebut-sebut memiliki daya anti-aging yang baik untuk kulit wajah. Selain sebagai anti-aging, argan oil kerap digunakan sebagai pelembap untuk melindungi kulit dari kekeringan. Meskipun begitu, argan oil tidak menyumbat pori-pori karena memiliki skala komedogenik yang rendah.

Anda juga bisa mengaplikasikannya pada bagian kulit yang lebih tipis, seperti di sekitar mata atau mulut. Tambahan lagi, teksturnya yang tidak meninggalkan kesan lengket membuat minyak ini cocok digunakan pada rambut. Selain itu, argan oil memiliki phototoxicity yang rendah sehingga Anda tak perlu ragu menggunakannya pada siang hari.

Dapat dikonsumsi langsung sebagai pelengkap makanan

Dapat dikonsumsi langsung sebagai pelengkap makanan
Argan oil merupakan minyak yang kaya akan nutrisi, salah satunya terdapat kandungan asam oleic. Asam oleic yang terkandung dalam minyak argan memiliki manfaat yang berlimpah untuk kecantikan dan kesehatan. 

Argan oil juga memiliki aroma yang mirip dengan hazelnut. Aromanya tetap terjaga, bahkan jika dipanaskan. Aroma ini pun dapat meningkatkan nafsu makan. Namun, ada beberapa senyawa aktif dalam kandungannya yang akan rusak bila dipanaskan lebih dari 40°C.


Selain bisa digunakan memasak, Anda juga bisa mengonsumsinya mentah-mentah. Misalnya, untuk raw dressing seperti halnya penggunaan minyak zaitun.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih minyak argan (argan oil)

Selanjutnya, kami akan menjelaskan beberapa tips penting yang dapat Anda jadikan referensi dalam memilih argan oil. Mari simak penjelasan di bawah ini!

Sesuaikan dengan tujuan penggunaan

Saat hendak memilih argan oil, pertama-tama tentukanlah tujuan penggunaannya lebih dahulu. Hal ini penting karena tujuan penggunaan yang berbeda memerlukan tipe minyak yang berbeda pula. Berikut penjelasan selengkapnya.

Unrefined: Ideal untuk perawatan anti-aging

Unrefined: Ideal untuk perawatan anti-aging

Jika Anda mencari minyak argan yang dapat mencegah penuaan dini atau berfungsi sebagai anti-aging, kami merekomendasikan tipe unrefined. Unrefined argan oil atau minyak argan yang tidak melalui proses pemurnian kaya akan kandungan vitamin E. Bahkan kandungan vitamin E yang dimilikinya berjumlah dua hingga tiga kali lipat lebih banyak dibandingkan minyak zaitun.

Refined: Cocok untuk pemilik kulit sensitif atau untuk melembapkan kulit

Refined: Cocok untuk pemilik kulit sensitif atau untuk melembapkan kulit

Meskipun unrefined argan oil memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, tipe ini tidak direkomendasikan untuk pemilik kulit sensitif. Alasannya karena minyak argan yang belum dimurnikan memiliki kandungan pengotor dalam jumlah cukup banyak Dengan begitu, tipe unrefined berpotensi menimbulkan iritasi pada jenis kulit yang skin barrier-nya tidak berfungsi dengan baik.


Tidak perlu khawatir! Jika Anda memiliki kulit yang sensitif, gunakanlah minyak argan yang telah dimurnikan atau refined argan oil. Minyak jenis ini lebih ramah di kulit karena mengandung lebih sedikit pengotor serta minim aroma. Selain cocok untuk kulit sensitif, refined argan oil sangat baik untuk melembapkan kulit.

Pertimbangkan produk bersertifikat organik atau telah tersertifikasi di institusi terkait

Pertimbangkan produk bersertifikat organik atau telah tersertifikasi di institusi terkait
Meski manfaat argan oil sudah makin populer, saat ini ada juga produk argan oil dengan kualitas rendah yang beredar di pasaran. Untuk menghindari risiko iritasi kulit, pilihlah minyak yang telah disertifikasi oleh institusi terkait. Institusi ini memiliki kewenangan dalam menetapkan standar kualitas argan oil yang boleh dipasarkan. Di bawah ini adalah beberapa contohnya.

  • ECOCERT

Sertifikasi dari ECOCERT hanya dapat diperoleh jika 95% atau lebih dari kandungan suatu produk menggunakan bahan organik atau alami.


  • COSMEBIO

Sama halnya dengan ECOCERT, COSMEBIO memberikan sertifikat organik apabila 95% atau lebih bahan yang digunakan adalah bahan organik.


  • Nature & Progrès

Untuk mendapatkan sertifikasi dari institusi ini, produsen tidak hanya diharuskan menggunakan bahan baku dari budi daya pertanian organik. Produsen juga harus memenuhi standar terkait perlindungan lingkungan di sekitarnya.


  • BDIH

Institusi ini dikelola oleh lembaga publik asal Jerman, yakni German Federation of Food Law and Food Science. BDIH menetapkan standar ketat, seperti penggunaan bahan baku alami dan tidak melakukan uji coba terhadap hewan.


Selain jenis-jenis sertifikasi di atas, ada juga label USDA Organic yang merupakan sertifikasi produk organik yang banyak digunakan di Amerika. Sudah banyak produk organik yang memiliki label ini.

Utamakan produk yang diekstraksi dengan metode cold-pressed

Utamakan produk yang diekstraksi dengan metode cold-pressed
Ada dua metode untuk mengekstraksi minyak dari biji argan. Kedua metode tersebut adalah pemerasan dengan suhu tinggi (hot-pressed) dan pemerasan dengan suhu rendah (cold-pressed). Simak perbedaan keduanya melalui poin-poin di bawah ini.

  • Metode pemerasan dengan suhu tinggi adalah metode ekstraksi minyak yang dilakukan sambil memanaskan biji argan. Metode ini memiliki efisiensi tinggi karena menghasilkan minyak dalam jumlah lebih banyak. Namun, proses memanaskan biji argan bisa merusak nutrisi atau mengurangi rasanya. Selain itu, beberapa senyawa aktif kandungannya akan rusak jika dipanaskan lebih dari 40°C.

  • Metode pemerasan dengan suhu rendah adalah metode ekstraksi minyak sambil memberikan tekanan secara perlahan di bagian biji. Gunanya ialah untuk mencegah kerusakan nutrisi akibat panas. Anda bisa mendapatkan minyak berkualitas tinggi dengan metode ini. Akan tetapi, proses ini membutuhkan waktu lebih lama dan jumlah minyak yang dihasilkan lebih sedikit.

Argan oil dari ekstraksi hot-pressed memiliki harga lebih murah karena efisiensi produksi yang baik. Pilihlah minyak yang diekstraksi dengan metode pemerasan suhu rendah apabila Anda mengutamakan kualitas.

Perhatikan bahan dan warna kemasan yang digunakan

Perhatikan bahan dan warna kemasan yang digunakan
Idealnya minyak argan perlu dikemas dalam botol berwarna gelap agar tidak mudah teroksidasi oleh cahaya. Selain itu, sebaiknya hindari produk yang menggunakan botol berbahan plastik karena zat kimia yang disebut BPA dapat larut. BPA atau bisphenol A akan berdampak buruk bagi kesehatan, misalnya menyebabkan gangguan hormon jika terserap oleh kulit.


Selain kemasan, Anda perlu memperhatikan warna minyak. Argan oil yang baru diekstraksi memiliki warna keemasan yang transparan. Namun, warnanya akan berubah menjadi agak gelap seiring dengan terjadinya oksidasi dari waktu ke waktu. Nah, pilihlah produk dengan warna emas transparan jika Anda ingin mendapatkan argan oil yang segar.

PR

Herbal EssencesBio:Renew Repair Argan Oil Of Morocco Shampoo

Mulai dari Rp 88.000,00

KemasanBotol plastik
Isi400ml

Mengandung Essential Argan Oil dari Morocco, Lindungi Rambut dari Kerusakan

Apakah rambut Anda rusak karena sering di-bleach atau dikeriting? Rambut yang rusak tentunya menjadi lebih mudah kusut, patah, atau bahkan rontok. Untungnya, Herbal Essence hadir dengan Bio:Renew Repair Argan Oil Of Morocco Shampoo yang dapat menyelamatkan rambut rusak parah. 


Dengan kandungan utama minyak argan dari Morocco, sampo ini efektif menenangkan serta menghaluskan kembali rambut yang rusak. Minyak argan sendiri dikenal efektif untuk mencegah kerusakan serta memperkuat rambut sehingga sering digunakan dalam perawatan rambut rontok, lho! Dengan pemakaian rutin, rambut Anda pastinya akan menjadi lebih sehat, halus, dan berkilau!

Produk rekomendasi pakar

The Ordinary100% Organic Cold-Pressed Moroccan Argan Oil

Mulai dari Rp 169.000,00

TipeUnrefined
Institusi sertifikasiTidak ada keterangan
Metode ekstraksiCold-pressed
KemasanBotol kaca gelap
Isi30 ml

9 Rekomendasi minyak argan (argan oil) terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sembilan produk minyak argan (argan oil) terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sembilan produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Nova Primadina.

Gambar produk
1
Argavéll Certified Organic Argan Oil 1

Argavéll

2
BIOTALK Organic Argan Oil 1

BIOTALK

3
Everpure Argan Oil - 100% Organic Cold-Pressed 1

Everpure

4
Organic Lab Argan Oil Pure Organic Unrefined 1

Organic Lab

5
Beorganik Argan Oil Morocco 1

Beorganik

6
Eucalie Argan Oil Certified Organic 1

Eucalie

7
Organic Supply Co. Argan Oil 2

Organic Supply Co.

8
Nu Aroma Argan Oil 1

Nu Aroma

9
Happy Green  Organic Argan Oil 1

Happy Green

Nama produk

Certified Organic Argan Oil

Organic Argan Oil

Argan Oil - 100% Organic Cold-Pressed

Argan Oil Pure Organic Unrefined

Argan Oil Morocco

Argan Oil Certified Organic

Argan Oil

Argan Oil

Organic Argan Oil

Keunggulan

Menutrisi kulit dan rambut secara menyeluruh

Elastisitas dan kelembapan kulit terjaga cukup dengan satu produk!

Jadikan kulit kenyal dengan bahan alami dan organik

Lawan tanda penuaan kulit dengan minyak argan unrefined

Efektif atasi masalah kekeringan pada kulit

Kandungan nutrisi terjaga berkat cold-pressed method

Pilihan tepat untuk perawatan rambut setiap hari!

Teksturnya ringan serta mudah meresap ke kulit

Ukurannya kecil, cocok untuk dibawa traveling

Harga mulai dariRp 130.000,00Rp 75.000,00Rp 100.000,00Rp 47.800,00Rp 65.000,00Rp 219.000,00Rp 130.000,00Rp 87.500,00Rp 65.000,00
TipeTidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak ada keteranganUnrefinedTidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak ada keterangan
Institusi sertifikasiECOCERT, USDA organicECOCERTTidak ada keteranganUSDA OrganicTidak ada keteranganECOCERTECOCERTTidak ada keteranganTidak ada keterangan
Metode ekstraksiTidak ada keteranganTidak ada keteranganCold-pressedCold-pressedCold-pressedCold-pressedCold-pressedCold-pressedTidak ada keterangan
KemasanBotol kaca gelapBotol kaca gelapBotol kaca gelapBotol kaca beningBotol kaca beningBotol kaca gelapBotol kaca gelapBotol kaca gelapBotol plastik gelap
Isi20 ml10 ml20 ml12 ml, 20 ml30 ml20 ml20 ml30 ml10 ml, 30 ml, 80 ml
Tautan produk
9
TipeTidak ada keterangan
Institusi sertifikasiTidak ada keterangan
Metode ekstraksiTidak ada keterangan
KemasanBotol plastik gelap
Isi10 ml, 30 ml, 80 ml
8
TipeTidak ada keterangan
Institusi sertifikasiTidak ada keterangan
Metode ekstraksiCold-pressed
KemasanBotol kaca gelap
Isi30 ml
7
TipeTidak ada keterangan
Institusi sertifikasiECOCERT
Metode ekstraksiCold-pressed
KemasanBotol kaca gelap
Isi20 ml
6

EucalieArgan Oil Certified Organic

Mulai dari Rp 219.000,00

TipeTidak ada keterangan
Institusi sertifikasiECOCERT
Metode ekstraksiCold-pressed
KemasanBotol kaca gelap
Isi20 ml
5
TipeTidak ada keterangan
Institusi sertifikasiTidak ada keterangan
Metode ekstraksiCold-pressed
KemasanBotol kaca bening
Isi30 ml
4

Organic LabArgan Oil Pure Organic Unrefined

Mulai dari Rp 47.800,00

TipeUnrefined
Institusi sertifikasiUSDA Organic
Metode ekstraksiCold-pressed
KemasanBotol kaca bening
Isi12 ml, 20 ml
3

EverpureArgan Oil - 100% Organic Cold-Pressed

Mulai dari Rp 100.000,00

TipeTidak ada keterangan
Institusi sertifikasiTidak ada keterangan
Metode ekstraksiCold-pressed
KemasanBotol kaca gelap
Isi20 ml
2
TipeTidak ada keterangan
Institusi sertifikasiECOCERT
Metode ekstraksiTidak ada keterangan
KemasanBotol kaca gelap
Isi10 ml
1
TipeTidak ada keterangan
Institusi sertifikasiECOCERT, USDA organic
Metode ekstraksiTidak ada keterangan
KemasanBotol kaca gelap
Isi20 ml

Saran penggunaan argan oil

Sekarang kami akan menjelaskan saran penggunaan argan oil untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal. Anda bisa menggunakannya untuk berbagai kebutuhan, misalnya untuk wajah, tubuh, atau rambut.

Tips penggunaan untuk wajah

Tips penggunaan untuk wajah
Oleskanlah satu tetes argan oil sebelum melakukan rangkaian perawatan kulit, yakni setelah mencuci muka dan sebelum menggunakan pelembap. Dengan begitu, pelembap dan essence kecantikan Anda dapat terserap dengan lebih baik sehingga kulit akan terasa lebih kenyal. Penggunaan minyak argan akan membuat kulit Anda terasa lembap dan tidak mudah kering.

Memberikan pijatan juga bermanfaat bagi kulit yang sangat kering. Ambillah argan oil secukupnya dan pijatkan ke seluruh wajah. Jika Anda ingin membuka pori-pori, cuci muka lebih dahulu dengan air hangat atau dengan kompres air hangat sebentar saja. Penggunaan minyak argan seperti ini akan membantu memperlancar sirkulasi darah serta mengurangi risiko terjadinya kulit kering.

Tips penggunaan untuk rambut

Tips penggunaan untuk rambut
Setelah mencuci rambut, balurkan satu hingga tiga tetes argan oil ke rambut sebelum Anda mengeringkannya. Hal ini berfungsi untuk melindungi rambut dari panas yang dihasilkan hair dryer dan juga melembapkan ujung rambut yang kering.

Selain itu, Anda dianjurkan untuk melakukan pemijatan di kulit kepala. Setelah membasahi seluruh rambut, tuangkan 5-6 tetes argan oil ke seluruh kulit kepala. Pijatlah dengan gerakan membentuk lingkaran di seluruh bagian kepala. Setelah itu, tutup dengan handuk hangat selama 5 menit, lalu bilas.

Tips penggunaan untuk badan

Tips penggunaan untuk badan
Pernahkah Anda berpikir untuk menggunakan argan oil sebagai pengganti body lotion? Anda bisa mengoleskan argan oil secara menyeluruh ke lutut, siku, dan tumit yang kasar serta kering. Berkat efek melembapkannya yang tinggi, Anda akan mendapatkan kembali kelembutan kulit seperti semula.

Anda juga bisa membuat sendiri body scrub dari argan oil untuk perawatan tubuh. Caranya adalah mencampurkan minyak argan dengan Epsom salt hingga menjadi bentuk pasta, kemudian pijatkan ke area kulit yang kering. Setelah dibilas, kulit akan terasa lebih kenyal dan lembap. Minyak ini dapat digunakan untuk segala macam kebutuhan tanpa perlu Anda khawatirkan soal risiko iritasi yang mungkin terjadi.

Perhatikanlah cara penggunaan argan oil

Meski argan oil mudah digunakan dan banyak manfaatnya, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam pemakaiannya. Anda perlu mengingat hal-hal di bawah ini agar mendapatkan hasil yang maksimal dan menghindari terjadinya penyalahgunaan.

Hindari menggunakan argan oil sebagai pembersih

Hindari menggunakan argan oil sebagai pembersih
Argan oil sangat mudah menyerap di kulit. Jika Anda menggunakannya sebagai pembersih untuk menghilangkan makeup atau kotoran, minyak argan justru akan membuat kotoran makin melekat. Untuk mencegah hal tersebut, gunakanlah minyak argan setelah Anda membersihkan makeup atau setelah mencuci muka.

Perhatikan tanggal kedaluwarsa produk argan oil

Perhatikan tanggal kedaluwarsa produk argan oil
Berhubung argan oil adalah minyak, oksidasi tetaplah terjadi. Meski tingkat kestabilan argan oil tinggi, sebaiknya gunakanlah selama 2-3 bulan setelah kemasannya dibuka. Selain itu, lakukan penyimpanan dengan menutup rapat kemasan dan letakkan di tempat yang sejuk. Pastikan juga agar produk tidak terkena sinar matahari langsung.

Tidak hanya argan oil, aturan masa pakai ini berlaku untuk berbagai produk kecantikan lainnya. Untuk itu, perhatikanlah keterangan seperti gambar di atas saat Anda membeli suatu produk.

Baca juga rekomendasi minyak nabati lainnya di sini

Mungkin Anda juga sedang mencari minyak nabati selain argan oil untuk memenuhi berbagai kebutuhan kesehatan Anda. Karena itu, kami sudah menyiapkan beberapa artikel mengenai minyak nabati yang bermanfaat untuk kesehatan. Simak informasi selengkapnya melalui tautan-tautan di bawah ini. 

Kesimpulan

Kami sudah merekomendasikan sembilan produk minyak argan pada Anda. Sudahkah Anda menemukan produk paling sesuai dengan kebutuhan? Argan oil memiliki manfaat yang beragam untuk kesehatan tubuh, kulit, dan rambut.

Banyaknya produk argan oil yang dijual di pasaran membuat Anda harus lebih bijak dalam menentukan pilihan. Silakan jadikan artikel kami sebagai acuan bagi Anda dalam memilih produk. Selamat berbelanja!

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Essence Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Essence Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Essence oil adalah produk serbaguna yang memiliki banyak manfaat. Selain untuk perawatan wajah, produk ini juga dapat digunakan untuk merawat rambut, tubuh, dan kuku. Namun, banyaknya produk keluaran berbagai merek, seperti EVERPURE, Bio Essence, serta Haple tentu akan membingungkan Anda.Jadi, kami akan menjelaskan tentang cara memilih essence oil yang bagus dan membahas jenis bahan minyak utamanya. Setelah itu, kami akan merekomendasikan produk essence oil terbaik berdasarkan berbagai pertimbangan. Mari tambahkan essence oil dalam rangkaian perawatan kulit untuk mempertahankan kesehatan kulit Anda!
    Essential oil
  • 10 Rosehip Oil Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rosehip Oil Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2022)
    Rosehip oil adalah salah satu bahan alami yang saat ini banyak digunakan dalam produk skincare. Rosehip oil tidak hanya digunakan untuk merawat kulit wajah, tetapi juga untuk menutrisi rambut dan kulit kepala. Kali ini kami akan menjelaskan poin-poin penting dalam memilih minyak rosehip.Kami juga akan memberikan rekomendasi produk rosehip oil terbaik dan tips cara mengaplikasikanya. Anda dapat menemukan rosehip oil yang bagus dengan harga bervariasi, seperti dari merek Trilogy, The Ordinary, Everpure, Essano, dan Sukin. Artikel ini sudah ditinjau oleh ahli aromaterapi kami, dr. Nova Primadina. Selamat membaca!
    Essential oil
  • 10 Essential Oil Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Essential Oil Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2022)
    Essential oil sangat bermanfaat, mulai dari menyegarkan suasana hati, merawat kulit, meringankan kelelahan fisik, dan sebagainya. Salah satu yang terpopuler adalah essential oil. Jenis ini dapat membuat Anda merasa nyaman dan segar dengan aroma yang khas.Ada berbagai macam jenis essential oil, seperti cedarwood, sandalwood, dan lainnya dengan beragam manfaat. Nah, kami akan memperkenalkan cara memilih essential oil. Rekomendasi produk pilihan dari berbagai merek, seperti Young Living, Doterra, Nusaroma, dan lainnya pun ada. Artikel ini sudah ditinjau oleh ahli aromaterapi kami, dr. Nova Primadina. Yuk, disimak!
    Essential oil
  • 10 Rekomendasi Minyak Peppermint Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Minyak Peppermint Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Selain bisa memberikan sensasi menyegarkan, minyak peppermint merupakan minyak serbaguna yang dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan. Melegakan hidung tersumbat, meredakan sakit kepala, hingga menghalau serangga adalah contoh manfaat dari penggunaan minyak peppermint. Agar Anda tidak salah memilih, kami akan menjelaskan cara memilih produk yang tepat. Tidak lupa, kami juga akan merekomendasikan produk dari merek terkemuka, seperti Young Living, Nusaroma, Happy Green, dan lainnya. Nah, mari simak informasinya dan temukan minyak peppermint yang bagus serta paling cocok untuk Anda!
    Essential oil
  • 10 Minyak Almond Terbaik untuk Kesehatan dan Kecantikan - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Minyak Almond Terbaik untuk Kesehatan dan Kecantikan - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2022)
    Minyak almond merupakan salah satu minyak kecantikan yang banyak menarik perhatian. Selain baik untuk kulit, minyak almond juga dapat digunakan pada wajah dan rambut, bahkan perawatan bayi. Karena kandungan vitaminnya yang tinggi, minyak almond bahkan dapat dikonsumsi sebagai bahan tambahan makanan.Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih minyak almond yang bagus sesuai dengan penggunaannya. Tidak lupa, kami juga akan memberikan rekomendasi produk dari merek ternama, seperti Now Foods, Organic Supply, dan Nusaroma yang dapat dijadikan referensi. Artikel ini sudah ditinjau oleh ahli aromaterapi kami, dr. Nova Primadina.
    Essential oil
  • 10 Rekomendasi Essential Oil Young Living Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Essential Oil Young Living Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pada zaman modern yang supersibuk ini banyak orang mencari ketenangan pikiran dan mental dengan memakai essential oil. Essential oil adalah konsentrat minyak dengan berbagai aroma yang diekstrak dari tanaman. Salah satu merek essential oil yang merajai pasar di Indonesia adalah Young Living.Apakah Anda sudah pernah memakai essential oil Young Living? Jika belum, kali ini kami akan merekomendasikan beberapa produk essential oil yang bagus dari Young Living. Berbagai varian aroma, seperti lavender, lemon, atau peppermint, bisa Anda dapatkan. Mari cari tahu best essential oil Young Living untuk Anda!
    Essential oil
  • 10 Rekomendasi Minyak Angin Cap Lang Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Minyak Angin Cap Lang Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Minyak angin bukanlah jenis obat yang asing bagi masyarakat Indonesia. Sebaliknya, jenis obat yang satu ini telah digunakan secara turun-temurun. Di antara berbagai produk minyak angin yang tersedia di pasaran, minyak angin Cap Lang termasuk yang sangat populer. Dengan harga dan ukuran yang beragam, minyak angin Cap Lang siap membantu redakan berbagai keluhan kesehatan. Anda yang kesulitan memilih produk minyak angin Cap Lang dapat membaca tips memilihnya berikut ini. Tak ketinggalan, kami juga akan memberikan rekomendasi produknya, seperti Minyak Angin Lang, VFresh, dan Telon Lang. Simak sampai selesai, ya!
    Essential oil
  • 10 Rekomendasi Minyak Angin Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Minyak Angin Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Minyak angin merupakan salah satu jenis ramuan tradisional yang akrab bagi masyarakat Indonesia. Variasinya pun beragam, ada minyak aromatic hingga medicated oil. Ada minyak angin yang dibekali rasa hangat, ada pula minyak angin yang panas. Berhubung kemasan, jenis, dan aromanya bervariasi, Anda mungkin akan kesulitan menemukan produk yang sesuai.Kali ini, kami akan memberikan tips memilih minyak angin yang bagus dan sesuai kebutuhan Anda. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk minyak angin terbaik dari merek terkenal, seperti Cap Lang, Cap Kapak, dan FreshCare. Selamat membaca!
    Essential oil
  • 10 Rekomendasi Minyak Sereh Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Minyak Sereh Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Minyak sereh adalah minyak asiri yang proses pembuatannya diekstrak dari batang serai. Namun, serai yang digunakan berbeda dengan serai untuk bumbu. Untuk membuat minyak sereh, dibutuhkan batang serai wangi karena lebih harum dan manfaatnya lebih melimpah. Anda bisa memakai minyak sereh untuk bayi, untuk gatal-gatal, atau sebagai antinyamuk.Kami akan membantu Anda menemukan minyak sereh terbaik dengan menjelaskan tips memilihnya. Kami juga akan berbagi rekomendasi produk dari berbagai merek minyak sereh yang bagus, seperti Cap Lang dan Walikukun. Yuk, temukan minyak sereh asli dan murni yang sesuai kebutuhan Anda!
    Essential oil
  • 10 Minyak Cengkeh Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Minyak Cengkeh Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2022)
    Minyak cengkeh adalah minyak esensial hasil ekstraksi dari kuncup bunga cengkeh. Minyak ini berwarna kuning atau cokelat keemasan dan aromanya pedas. Minyak cengkeh menyimpan banyak manfaat untuk permasalahan gigi, kulit, hingga pernapasan. Jadi, menyimpan minyak cengkeh di kotak obat adalah ide yang bagus.Kali ini kami akan membagikan tips memilih minyak cengkeh terbaik dan cara memakainya yang benar. Kami juga akan merekomendasikan serta mengulas minyak cengkeh dari beberapa merek, seperti Cap Gajah dan Cap Burung Kakak Tua. Artikel ini sudah ditinjau oleh ahli aromaterapi kami, dr. Nova Primadina. Selamat membaca!
    Essential oil
  • Artikel populer

  • 10 Minyak Kemiri Terbaik untuk Rambut  - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Minyak Kemiri Terbaik untuk Rambut - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2022)
    Salin digunakan sebagai bumbu dapur, ternyata kemiri bisa diolah menjadi minyak. Minyak kemiri menyimpan banyak manfaat, salah satunya untuk menutrisi rambut. Anda bisa membuat minyak kemiri sendiri dengan cara menyangrai, merebus, atau memanggang biji kemiri hingga minyaknya keluar.  Namun, bila ingin praktis Anda bisa membeli minyak kemiri berkualitas tinggi yang tersedia di pasaran. Kami akan membagikan tips memilih serta merekomendasikan merek-merek minyak kemiri asli seperti Cantiqa, Cussons, dan KUKUi. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh ahli aromaterapi kami, dr. Nova Primadina. Silakan disimak dan dapatkan minyak kemiri yang bagus!
    Essential oil
  • 10 Rekomendasi Essential Oil Young Living Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Essential Oil Young Living Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pada zaman modern yang supersibuk ini banyak orang mencari ketenangan pikiran dan mental dengan memakai essential oil. Essential oil adalah konsentrat minyak dengan berbagai aroma yang diekstrak dari tanaman. Salah satu merek essential oil yang merajai pasar di Indonesia adalah Young Living.Apakah Anda sudah pernah memakai essential oil Young Living? Jika belum, kali ini kami akan merekomendasikan beberapa produk essential oil yang bagus dari Young Living. Berbagai varian aroma, seperti lavender, lemon, atau peppermint, bisa Anda dapatkan. Mari cari tahu best essential oil Young Living untuk Anda!
    Essential oil
  • 10 Rekomendasi Minyak Kayu Putih Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Minyak Kayu Putih Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Minyak kayu putih adalah ramuan khas yang hampir selalu dimiliki oleh banyak orang Indonesia. Minyak ini dibuat melalui proses penyulingan daun dan ranting kayu putih yang berkhasiat memberikan kehangatan bagi tubuh. Tidaklah heran jika minyak kayu putih bisa dipakai oleh anak-anak hingga orang dewasa.Saat ini minyak kayu putih dikemas dalam berbagai macam bentuk dan merek, seperti Balpirik, Cap Lang, serta Fresh Care. Apakah Anda sedang mencari minyak kayu putih yang bagus? Ini dia artikel yang tepat untuk Anda. Bacalah sampai selesai dan temukan produk pilihan Anda.
    Essential oil
  • 10 Rekomendasi Minyak Bidara Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Minyak Bidara Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Minyak bidara adalah minyak dari ekstrak daun bidara yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh serta kecantikan. Bahkan, minyak bidara juga dipercaya dapat mengatasi gangguan nonmedis. Karena khasiatnya yang lengkap, minyak bidara sering dipakai sebagai minyak untuk bayi, ibu hamil, sarana ruqyah, dan perawatan rambut.Cara penggunaan minyak bidara cukup beragam. Ada yang digunakan dengan cara dioleskan, diminum, hingga ditaburkan ke dalam air. Di artikel ini kami akan membagikan rekomendasi minyak bidara yang bagus dari berbagai merek seperti Sidra99, Al-Khodry, dan Zeeida. Sebelumnya, yuk, ketahui dahulu apa khasiat minyak bidara berikut ini!
    Essential oil
  • 9 Minyak Aromaterapi Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2022)
    9 Minyak Aromaterapi Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2022)
    Menghilangkan lelah, mengurangi stres, dan membuat tidur lebih nyenyak merupakan beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari penggunaan aromatherapy oil. Tidak jarang, minyak aromaterapi hadir dalam bentuk essential oil sehingga bisa digunakan secara atopik maupun diuapkan dengan diffuser.Selain Young Living, merek lokal seperti NU Aroma dan Bali Ratih pun mengeluarkan produk dengan wangi aromaterapi terbaik. Ada aromaterapi lavender, minyak kayu putih, dan lainnya. Agar lebih praktis, kami akan menyajikan cara memilih dan rekomendasi produk aromaterapi yang bagus untuk Anda! Artikel ini sudah ditinjau oleh ahli aromaterapi kami, dr. Nova Primadina.
    Essential oil
  • 10 Body Oil Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Body Oil Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2022)
    Body oil dapat mencegah kulit kering karena memiliki kadar minyak dan kelembapan yang tinggi. Dengan minyak nabati sebagai bahan utamanya, body oil populer di kalangan orang-orang yang berorientasi hidup sehat. Body oil juga dapat digunakan untuk perawatan rambut, mencerahkan kulit, minyak pijat, serta aromaterapi.Kali ini, kami akan membagikan rekomendasi body oil dari merek-merek yang bagus, seperti Clarins, Azarine, Wardah, dan Think Skin. Tak lupa, ada juga panduan memilih body oil yang tepat untuk Anda dan keluarga! Artikel ini sudah ditinjau oleh ahli aromaterapi kami, dr. Nova Primadina. Selamat membaca!
    Essential oil
  • 10 Minyak Cengkeh Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Minyak Cengkeh Terbaik - Ditinjau oleh Dokter dan Ahli Aromaterapi (Terbaru Tahun 2022)
    Minyak cengkeh adalah minyak esensial hasil ekstraksi dari kuncup bunga cengkeh. Minyak ini berwarna kuning atau cokelat keemasan dan aromanya pedas. Minyak cengkeh menyimpan banyak manfaat untuk permasalahan gigi, kulit, hingga pernapasan. Jadi, menyimpan minyak cengkeh di kotak obat adalah ide yang bagus.Kali ini kami akan membagikan tips memilih minyak cengkeh terbaik dan cara memakainya yang benar. Kami juga akan merekomendasikan serta mengulas minyak cengkeh dari beberapa merek, seperti Cap Gajah dan Cap Burung Kakak Tua. Artikel ini sudah ditinjau oleh ahli aromaterapi kami, dr. Nova Primadina. Selamat membaca!
    Essential oil
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori