1. TOP
  2. >
  3. Outdoor & sports
  4. >
  5. Gym & fitness
  6. >
  7. 10 Treadmill Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Treadmill Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Treadmill Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Treadmill Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Treadmill Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Treadmill Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Treadmill Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2023)

Anda ingin bugar atau mungkin ingin menurunkan berat badan? Kalau begitu, coba lakukan olahraga jalan cepat, lari, atau jogging dengan treadmill. Dengan memiliki treadmill, Anda dapat berolahraga kapan pun tanpa harus ke gym. Apabila Anda tertarik untuk membeli treadmill, kami akan membagikan cara memilih treadmill yang bagus.

Rekomendasi merek treadmill terbaik, seperti Jaco, Total Fitness, dan Xiaomi akan Anda temukan, lengkap dengan harganya. Beberapa treadmill murah, tetapi tidak murahan akan Anda temukan juga. Selain itu, simak juga komentar dari ahli injury and rehabilitation kami, Dr. Andy, untuk menambah wawasan Anda.

Diperbaharui 06-23-2022
Pakar
Injury and rehabilitation specialist
Dr. Andy Widjaja

Physiotherapist ini mendapatkan gelar Doctor of Physiotherapy (DPT) di Australia. Sebagai injury and rehabilitation specialist, dr. Andy menangani segala macam kondisi dan masalah yang berhubungan dengan pergerakan manusia. Strength and performance coach ini juga aktif melatih orang-orang yang ingin bertambah kuat dan ingin meningkatkan kapasitas gerak mereka. Di waktu luangnya, ia aktif memberikan informasi dan mengedukasi masyarakat tentang exercise, injury, dan rehabilitasi melalui akun Instagram-nya yaitu @theindophysio.

Profil Dr. Andy Widjaja
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Berolahraga dengan treadmill di rumah

Berolahraga dengan treadmill di rumah

Treadmill adalah alat kebugaran untuk digunakan dalam ruangan sehingga Anda bisa berlari dengan nyaman sembari menonton TV. Treadmill memiliki fitur yang beragam, mulai dari pengukur waktu, pengukur jarak, pengatur kecepatan, pengukur detak jantung, dan sebagainya. Semua fitur tersebut dapat mendukung program penurunan berat badan dan menjaga kebugaran Anda.


Treadmill dengan fitur lengkap biasanya dapat Anda temui di pusat-pusat kebugaran. Harga treadmill semacam itu memang relatif mahal. Namun, Anda tak perlu khawatir, banyak treadmill yang memang diperuntukkan bagi pemakaian di rumah. Biasanya treadmill untuk di rumah memiliki harga yang lebih terjangkau.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih treadmill

Sebelum mengulas alat treadmill yang bagus, kami akan jelaskan cara memilihnya terlebih dahulu. Jadi, Anda tahu poin apa-apa saja yang perlu diperhatikan saat memilih treadmill. Simak dengan saksama untuk mendapatkan treadmill yang paling pas untuk Anda!

① Ketahui dahulu jenis-jenis treadmill

Ada dua jenis treadmill yang banyak beredar di pasaran, yaitu treadmill manual dan elektrik. Agar Anda tidak salah beli, ketahui dahulu perbedaan keduanya.

Treadmill manual, digunakan tanpa tenaga listrik

Treadmill manual, digunakan tanpa tenaga listrik
Sumber: jaco.co.id

Kalau biaya listrik menjadi perhatian Anda ketika mencari treadmill, pilih saja treadmill manual. Cara kerja treadmill manual tidak membutuhkan tenaga listrik. Area lari akan bergerak menggunakan tenaga Anda sendiri, yaitu saat Anda berlari atau berjalan di atasnya.


Karena tidak ada motor mesin, perawatan treadmill manual relatif lebih mudah. Harganya pun lebih ekonomis ketimbang treadmill elektrik. Akan tetapi, penampilannya mungkin kurang modern. Apabila Anda tidak terlalu mempermasalahkan hal tersebut, treadmill jenis ini layak dipertimbangkan.

Treadmill elektrik, fitur dan mode latihan lebih beragam

Treadmill elektrik, fitur dan mode latihan lebih beragam

Sesuai dengan namanya, treadmill elektrik bekerja dengan menggunakan tenaga listrik. Anda hanya perlu menekan tombol start atau memilih program latihan tertentu, kemudian berlatih mengikuti putaran area lari.


Fitur dan mode latihan pada treadmill listrik lebih beragam. Anda bisa sekaligus mengecek detak jantung, kalori terbakar, jarak lari, dan juga kecepatan lari. Namun, harga treadmill elektrik relatif lebih mahal dibandingkan treadmill manual. Selain itu, perawatannya juga harus lebih ekstra.

② Periksa bahan dan ukuran sabuk konveyor atau area lari

Periksa bahan dan ukuran sabuk konveyor atau area lari

Saat berlari dengan treadmill, seluruh bobot badan Anda akan bertumpu pada sabuk konveyor yang berjalan seiring langkah kaki. Karena itu, seluruh bagian treadmill harus terbuat dari bahan berkualitas dan dapat menahan beban penggunanya saat berlari. Jika bahan baku treadmill berkualitas rendah, bisa-bisa treadmill rusak dalam beberapa kali pemakaian. Risiko cedera pun bisa jadi lebih tinggi.

 
Selanjutnya, ukuran sabuk konveyor atau lebar area lari juga tidak boleh luput dari perhatian. Panjang sabuk konveyor yang ideal agar dapat berlari dengan aman dan nyaman adalah sekitar 120 cm. Jika Anda ingin berlari lebih cepat, pilih treadmill dengan panjang area lari sekitar 140 cm.

 
Sementara itu, ukuran lebar yang optimal adalah sekitar 35–40 cm. Jika digunakan berjalan santai, pilih treadmill yang lebarnya sekitar 35 cm. Untuk berlari atau jogging, pilih treadmill dengan lebar sabuk konveyor sekitar 40 cm. Bagaimana jika perawakan tubuh Anda besar atau Anda menggunakan treadmill untuk berlari dengan kecepatan tinggi? Kalau begitu, pertimbangkan treadmill berukuran lebih panjang dan lebih lebar.

Dr. Andy Widjaja
Injury and rehabilitation specialist
Dr. Andy Widjaja

Salah satu hal yang menjadi konsiderasi dari harga treadmill adalah keamanan dari pemakaian treadmill tersebut. Jika Anda ingin menggunakan treadmill untuk aktivitas yang intensif, saya sangat menyarankan untuk membeli treadmill dengan kualitas yang bagus. 


Salah satu aktivitas yang intensif dengan menggunakan treadmill adalah sprinting atau berlari dengan kecepatan yang tinggi. Jika harganya terlalu murah dan kualitasnya jelek, risiko cedera lebih tinggi ketika Anda sprinting atau berlari dengan cepat.

③ Cek kecepatan lari maksimalnya

Cek kecepatan lari maksimalnya

Kecepatan untuk jogging santai umumnya adalah 12 km/jam dan kecepatan berlari cepat adalah 16 km/jam. Akan tetapi, kecepatan berlari atau berjalan pada setiap individu berbeda-beda. Untungnya treadmill elektrik dilengkapi tombol untuk mengatur kecepatan sabuk konveyor sehingga ritme lari Anda dapat diatur sesuai kemampuan.


Jika Anda berencana membeli treadmill elektrik, perhatikan kecepatan lari maksimalnya. Hal ini sangat penting, khususnya bagi Anda yang terbiasa berlari cepat. Namun, jika Anda baru pertama kali menggunakan treadmill elektrik, cara yang baik adalah melakukannya secara bertahap. Anda akan mengalami cedera apabila langsung menggunakannya dalam kecepatan tinggi.

Dr. Andy Widjaja
Injury and rehabilitation specialist
Dr. Andy Widjaja

Ada jenis treadmill yang dikategorikan sebagai manual, artinya treadmill ini tidak menggunakan listrik untuk menggerakan konveyor atau area larinya. Kecepatan treadmill akan sesuai dengan kecepatan lari Anda. Treadmill tipe manual ini bisa tergolong lebih natural seperti Anda berlari di luar.

④ Pilih treadmill yang bisa digunakan berlari lebih dari 30 menit

Pilih treadmill yang bisa digunakan berlari lebih dari 30 menit
Khusus untuk treadmill elektrik biasanya memiliki fitur waktu yang dapat mengatur berapa lama Anda akan menggunakan mesin tersebut. Waktu penggunaan tersebut bisa ditentukan selama 30 menit, 45 menit, 60 menit, dan 99 menit.

Beberapa treadmill dengan mesin yang bagus bahkan dapat digunakan secara terus menerus. Hal ini juga menunjukkan daya tahan treadmill yang tinggi. Treadmill yang bisa digunakan selama lebih dari 60 menit adalah treadmill yang paling sesuai digunakan untuk berolahraga di rumah.

Dr. Andy Widjaja
Injury and rehabilitation specialist
Dr. Andy Widjaja

Dua manfaat utama yang didapatkan dari berlari lebih dari 30 menit adalah Anda menguatkan otot jantung dan membakar kalori. Ketika berlari dalam waktu yang lama, otot jantung dipaksa untuk bekerja.


Dengan demikian, otot jantung bisa menjadi lebih kuat dan efisien dalam memompa darah. Otot jantung yang kuat sangatlah bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan untuk mencegah serta mengurangi risiko terkena serangan jantung.

⑤ Pertimbangkan treadmill dengan kemiringan area berlari yang bisa diatur

Pertimbangkan treadmill dengan kemiringan area berlari yang bisa diatur
Berlari di atas mesin treadmill yang bergerak otomatis akan membuat Anda dapat berlari secara terus-menerus. Hal ini tentu akan terasa berbeda dibanding dengan berlari di atas permukaan yang benar-benar datar. Berlari di atas mesin treadmill otomatis memberikan beban seolah Anda berlari melewati tanjakan landai di jalan biasa.

Jika Anda ingin berlari tanpa memberikan beban berlebih pada kaki, coba berlari di atas permukaan yang datar. Akan tetapi, kalau tujuan Anda adalah menurunkan berat badan, pilihlah treadmill dengan area berlari yang tingkat kemiringannya dapat diatur. Kemiringan sebanyak 3% akan memberikan beban yang sama ketika Anda berlari di jalan datar biasa.


Untuk treadmill manual, biasanya Anda harus mengatur kemiringan area lari sebelum mulai berolahraga. Sementara itu, kemiringan treadmill elektrik biasanya dapat diatur otomatis meskipun Anda sedang berlari di atasnya. Akan tetapi, ada juga treadmill elektrik yang kemiringannya harus diatur manual sebelum digunakan.

Dr. Andy Widjaja
Injury and rehabilitation specialist
Dr. Andy Widjaja

Ketika berlatih dengan treadmill di posisi incline atau menanjak, Anda akan menggunakan otot-otot paha dan pinggul dengan lebih keras. Jika Anda ingin membentuk dan melatih kekuatan otot paha atau pinggul, cobalah gunakan treadmill menanjak di setiap latihan Anda.

⑥ Carilah treadmill yang bisa dilipat dan mudah disimpan

Carilah treadmill yang bisa dilipat dan mudah disimpan
Treadmill bisa menjadi benda yang menghalangi di rumah Anda, apalagi jika ruangannya tidak begitu luas. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena saat ini ada treadmill yang didesain sedemikian rupa sehingga bisa dilipat. Ketika treadmill tidak digunakan, Anda hanya perlu melipatnya dan treadmill dapat digunakan kembali saat tiba waktunya olahraga.

10 Rekomendasi treadmill terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk treadmill terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Dr. Andy Widjaja, DPT. 
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

RedPanda

Manual Treadmill

RedPanda Manual Treadmill  1枚目

Kokoh dan kuat, bisa dipakai untuk orang dengan berat 100 kg

2

Twen

Treadmill Elektrik

Twen Treadmill Elektrik 1枚目

Hubungkan dengan aplikasi untuk tampilan VR dan buat berlari lebih menyenangkan

3

Speeds

Elektrik Walking Pad

Speeds Elektrik Walking Pad 1枚目

Aman dengan fitur on off otomatis

4

Xiaomi

WalkingPad R1 Pro

Xiaomi WalkingPad R1 Pro 1枚目

Ringkas penyimpanannya dan mudah penggunaannya

5

Total Fitness

Electric Treadmill

Total Fitness Electric Treadmill 1枚目

Dapatkan tubuh bugar dengan treadmill hemat listrik

6

iReborn

Moscow M1 Motorized Treadmill

iReborn Moscow M1 Motorized Treadmill 1枚目

Lebih semangat berlatih dengan diiringi musik!

7

Jaco

Treadmill Cure Flex

Jaco Treadmill Cure Flex  1枚目

Satu alat dengan berbagai fungsi

8

Kettler

Treadmill Ecorun R1

Kettler  Treadmill Ecorun R1 1枚目

Tampilan lebih modern dan simpel dengan layar LCD

9

Kingsmith

WalkingPad C2

Kingsmith WalkingPad C2  1枚目

Pilihan warna yang ceria, makin semangat berolahraga

10

Ritcher

Treadmill Explore M

Ritcher Treadmill Explore M 1枚目

Maksimalkan latihan Anda dengan 36 pilihan program

Perincian produk
Close
No.1

RedPandaManual Treadmill 131

Mulai dari Rp1.399.000,00

Kokoh dan kuat, bisa dipakai untuk orang dengan berat 100 kg

Memiliki berat badan berlebih bukan berarti Anda tak bisa berolahraga menggunakan treadmill. Gunakan saja treadmill dari RedPanda yang mampu menahan berat hingga 100 kg berkat rangka besinya yang kuat. Area larinya juga terbuat dari bahan PVC dengan permukaan tekstur diamond sehingga tidak licin saat digunakan.

Adanya tiga fitur protective rail di atas karpet, samping, dan bawah karpet juga bisa mengurangi risiko terjepit. Jadi, sekalipun memiliki tubuh yang berat, Anda tetap bisa berlatih dengan aman dan nyaman.

No.2

TwenTreadmill ElektrikT390M

Mulai dari Rp3.300.000,00

Hubungkan dengan aplikasi untuk tampilan VR dan buat berlari lebih menyenangkan

Jogging di dalam rumah mungkin membosankan karena Anda tidak bisa melihat pemandangan. Itulah sebabnya treadmill yang satu ini melengkapi kecanggihan produknya dengan teknologi VR atau virtual reality


Untuk menjalankannya, Anda harus menghubungkannya terlebih dahulu dengan aplikasi Fitshow. Setelah berhasil terhubung, tampilan VR yang terlihat nantinya pasti bisa membuat lari jadi lebih menyenangkan.

No.3

SpeedsElektrik Walking Pad042-18A

Mulai dari Rp2.350.000,00

Aman dengan fitur on off otomatis

Untuk Anda yang mengutamakan keamanan, pertimbangkan produk yang satu ini. Speeds melengkapinya dengan fitur on off otomatis. Bila Anda sudah menyalakan treadmill, tetapi tidak menggunakannya dalam waktu delapan detik, mesin treadmill akan otomatis mati. Jadi, tidak lagi khawatir sabuk konveyor akan bergerak sendiri padahal belum dinaiki.


Treadmill ini terbuat dari material yang digunakannya adalah rangka kuat dan stabil sehingga suara bising bisa diredam. Dengan menggunakan alat ini, Anda bisa berlatih tanpa khawatir mengganggu orang lain di rumah.

No.4

XiaomiWalkingPad R1 Pro

Mulai dari Rp3.899.000,00

Ringkas penyimpanannya dan mudah penggunaannya

Menyimpan treadmill bisa menjadi PR tersendiri, terlebih jika Anda memiliki space yang terbatas. Sekarang tak perlu ribet seperti itu lagi. Dengan menggunakan walking pad treadmill Xiaomi yang bentuknya compact, Anda bisa melipatnya, lalu menyimpannya dengan sangat mudah.


Seperti produk-produk Xiaomi pada umumnya, walking pad ini juga terintegrasi dengan smartphone. Jadi, Anda bisa mengatur kecepatan atau target latihan dengan menggunakan aplikasi dari Mi Home. Bahkan, progress latihan Anda pun bisa dicek melalui aplikasi tersebut, lho.

No.5

Total FitnessElectric TreadmillTL-619

Mulai dari Rp5.478.000,00

Dapatkan tubuh bugar dengan treadmill hemat listrik

Jika treadmill kebanyakan membutuhkan daya listrik yang besar, tidak dengan alat yang satu ini. Daya listrik yang dibutuhkan hanya 400 watt sehingga menjadikannya lebih hemat listrik. Meski hemat listrik, kemampuan treadmill low watt ini tetaplah patut diperhitungkan. 


Adanya penahan di bagian belakang bisa digunakan untuk sit up. Tambahan massager atau belt pemijat bisa Anda pakai untuk meluruhkan lemak di perut. Memiliki kebiasaan olahraga tak harus boros biaya!

No.6

iRebornMoscow M1 Motorized Treadmill

Mulai dari Rp6.100.000,00

Lebih semangat berlatih dengan diiringi musik!

Treadmill elektrik ini dilengkapi dengan pengeras suara dan MP3 player agar Anda bisa lebih semangat berlatih. Anda dapat berlari dengan cepat dan nyaman di atas area larinya yang berukuran 45 cm x 125 cm. Olahraga pun jadi lebih menyenangkan.

Moscow M1 Motorized Treadmill dilengkapi sabuk konveyor dengan fitur pelumas otomatis agar lebih tahan lama. Anda juga tidak perlu khawatir dengan timbulnya cedera karena alat ini dilengkapi peredam kejut dan alas pegas. Patut dicoba, bukan?
No.7

JacoTreadmill Cure Flex 111

Mulai dari Rp6.680.000,00

Satu alat dengan berbagai fungsi

Memiliki tubuh indah adalah idaman banyak orang dan mungkin Anda adalah salah satunya. Namun, memiliki banyak alat olahraga sekaligus tidak hanya boros biaya, tetapi juga memakan tempat penyimpanan. Karena itu, kami merekomendasikan alat olahraga dari Jaco ini. 

Pada area lari treadmill manual ini terdapat papan refleksi untuk terapi kaki saat dipakai berjalan. Selain itu, terdapat pula fungsi stepper yaitu gerakan naik turun seperti menaiki tangga. Fungsi ini untuk mengencangkan otot paha, bokong, dan betis. Tambahan lagi, alat ini juga dilengkapi twister untuk mengencangkan otot perut dan membentuk pinggul, lho!

No.8

Kettler Treadmill Ecorun R1

Mulai dari Rp9.950.000,00

Tampilan lebih modern dan simpel dengan layar LCD

Nah, kalau Anda mencari treadmill yang tampilannya keren dan tampak futuristik, produk Kettler ini bisa masuk dalam pilihan. Layarnya LCD memiliki tampilan yang simpel dan tombolnya tidak terlalu banyak. Saat Anda berlari, layar LCD tersebut secara otomatis menampilkan waktu, jarak, kecepatan, detak jantung, dan jumlah kalori terbakar. Latihan kardio Anda jadi lebih terukur!

No.9

KingsmithWalkingPad C2

Mulai dari Rp8.890.000,00

Pilihan warna yang ceria, makin semangat berolahraga

Ingin membuat aktivitas olahraga lebih menyenangkan? Gunakan saja treadmill warna cerah ini. Pilihan warna treadmill Kingsmith ini beragam, yaitu hitam, kuning, merah, dan putih. Semuanya dapat menaikkan mood Anda untuk olahraga. Hal menarik lainnya dari produk ini adalah tidak ada handle sehingga area penyimpanannya tidak terbatas. Suaranya juga tidak akan mengganggu karena treadmill ini low noise.

No.10

RitcherTreadmill Explore M

Mulai dari Rp7.450.000,00

Maksimalkan latihan Anda dengan 36 pilihan program

Treadmill ini memberi Anda kemudahan dan kepraktisan saat berlatih. Ada 36 program lari yang bisa Anda pilih dan sangat memudahkan ritme Anda berlatih. Pilihan ini sangat banyak sehingga Anda tak perlu repot mengatur kecepatannya lagi. Namun, bila Anda ingin mengatur kecepatan lari sendiri, cukup tekan tombol pada bagian handle tangan kanan. Lebih mudah dan tidak mengganggu ritme lari Anda.

Tips menggunakan treadmill

Treadmill merupakan alat bantu olahraga yang mudah digunakan. Namun, alat ini bukan alat yang murah. Perhatikanlah tips berikut supaya treadmill tahan lama, dan Anda bisa berolahraga dengan lebih baik.

Pasang alas di bawah treadmill

Pasang alas di bawah treadmill
Treadmill merupakan alat berat. Alat ini akan bergeser, meskipun tak terlihat, saat digunakan. Besarnya berat yang menekan ke lantai dan pergerakan tersebut akan memberikan dampak pada lantai. Kemungkinan besar akan ada garis yang muncul akibat pergeseran tersebut. Hal ini akan lebih terlihat di lantai kayu.

Untuk menghindari kerusakan lantai, pasanglah alas di bawah treadmill. Alas juga akan membantu mengurangi suara yang timbul saat Anda berlari. Jika mesin treadmill Anda berukuran besar, Anda bisa memasang alas di bawah keempat sudut treadmill saja.

Kenakan sepatu setiap menggunakan treadmill

Kenakan sepatu setiap menggunakan treadmill

Selain matras, tentunya Anda perlu menyiapkan sepatu olahraga. Sepatu yang ideal untuk dipakai berolahraga di atas mesin treadmill adalah sepatu lari. Jika tidak memiliki sepatu lari, Anda bisa menggunakan sepatu sneaker biasa. Cukup bersihkan bagian bawah sepatu Anda sebelum dipakai di atas mesin treadmil.


Sabuk konveyor biasanya memiliki sifat antilicin sehingga permukaannya cukup kasar. Saat Anda berlari di atasnya, sabuk konveyor akan berputar dengan kecepatan tinggi. Jika Anda berlari di atasnya tanoa memakai sepatu, kemungkinan besar telapak kaki dan tumit akan lecet. Gesekan yang terjadi sangatlah besar dan kemungkinan besar luka tidak dapat dihindari meskipun Anda memakai kaus kaki.


Mengenakan sepatu juga akan membantu meredam guncangan pada kaki saat berlari. Pastikan Anda memilih sepatu yang sesuai dan nyaman untuk dipakai. Dengan sepatu yang tepat dan sesuai selera, Anda dapat mengejar target olahraga dengan baik.

Semprot silikon sebulan sekali

Semprot silikon sebulan sekali
Treadmill harus dirawat agar tetap nyaman, aman digunakan, dan tahan lama. Anda perlu menyemprotkan silikon secara rutin ke bagian sabuk konveyor treadmill. Silikon semprot ini akan berfungsi sebagai pelumas. Gesekan antara sabuk konveyor dengan mesin dalam waktu yang lama akan menyebabkan mesin rusak. Namun, Anda perlu berhati-hati karena semprotan ini akan licin apabila belum kering.

Tips dari injury and rehabilitation specialist kami, Dr. Andy Widjaja, DPT

Tips dari injury and rehabilitation specialist kami, Dr. Andy Widjaja, DPT

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika berlari di atas treadmill. Pertama, pastikan Anda berlari dengan suara seminim mungkin, tidak gedebak-gedebuk ketika berlari


Ketika Anda menapak atau berlari dengan suara yang kencang, berarti Anda menempatkan beban yang lebih pada tubuh Anda. Jika diteruskan dalam waktu yang lama, hal ini bisa meningkatkan risiko terkena cedera. Jadi harus diingat, usahakan menapak dengan soft dan tidak menimbulkan suara yang keras.


Hal kedua yang harus diperhatikan adalah pelan-pelan dalam meningkatkan kecepatan dan jarak lari Anda. Ketika Anda baru mulai berlari, janganlah langsung memforsir dan memaksa kecepatan atau jarak larinya. Hal ini dapat menyebabkan badan Anda kaget dan bisa meningkatkan risiko terkena cedera.

Baca juga rekomendasi alat olahraga lainnya di sini

Alat treadmill dapat diandalkan dalam mendukung kegiatan berolahraga cardio. Namun, peralatan olahraga lainnya mungkin dibutuhkan untuk mendukung program olahraga Anda di rumah. Untuk itu, kami mengulas rekomendasi alat gym, dumbbell, dan matras yoga. Klik tautan-tautan di bawah ini untuk membacanya secara lengkap!

Kesimpulan

Latihan dengan treadmill merupakan olahraga untuk melatih cardio yang berguna memperkuat otot jantung. Selain itu, fungsi lainnya adalah membakar lemak dan menurunkan berat badan.


Karena treadmill mudah dan praktis digunakan, alat ini akan memudahkan Anda untuk olahraga rutin di rumah. Selesai sudah pembahasan mengenai treadmill. Kami harap artikel ini akan membantu Anda menemukan treadmill yang sesuai dengan kebutuhan. Selamat memilih dan berbelanja! Yuk, mulai gaya hidup sehat dengan rajin olahraga.

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer