10 Rekomendasi Game Controller Terbaik untuk Smartphone (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Game Controller Terbaik untuk Smartphone (Terbaru Tahun 2018)

Dewasa ini, banyak orang yang gemar bermain game dengan iPhone dan Android. Namun, ada beberapa jenis game yang sulit dimainkan dengan sistem kontrol touch screen pada smartphone. Tentunya akan lebih baik jika ada controller untuk smartphone yang menyerupai controller pada game console seperti Nintendo, Playstation, Xbox, dan lain sebagainya.

Kini telah hadir berbagai macam game controller untuk smartphone yang disebut smart controller, alat yang dapat membantu anda para gamer untuk bermain game di smartphone Anda dengan lebih baik. Selain tips cara memilihnya,  kami juga akan memberikan 10 rekomendasi smart controller terbaik. Mari disimak!

Daftar isi

Cara memilih smart controller

Sebelum memperkenalkan rekomendasi smart controller, terlebih dahulu kami akan menjelaskan poin penting untuk memilih smart controller. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan dengan seksama setiap poinnya, untuk memudahkan Anda memilih smart controller yang sesuai dengan keinginan Anda.

Memilih berdasarkan tipenya, dengan kabel atau tanpa kabel

Smart controller memiliki dua tipe, yaitu dengan kabel dan tanpa kabel. Dan masing-masing tipe memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi, pilihlah yang sesuai dengan keinginan Anda, setelah membandingkan masing-masing kelebihan dari kedua tipe smart controller tersebut.

Tipe dengan kabel, respon lebih cepat untuk game ber-genre shooting dan fighting

Tipe dengan kabel, respon lebih cepat untuk game ber-genre shooting dan fighting

Tipe dengan kabel adalah tipe smart controller yang dapat disambungkan langsung pada smartphone dengan menggunakan kabel data. Tipe ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang suka bermain game cepat seperti game yang ber-genre fighting dan shooting, karena controller tipe ini memiliki respon yang lebih cepat daripada  controller dengan konektivitas Bluetooth.

Namun, tipe ini juga memiliki kelemahan, yaitu kurang praktis dan tidak dapat digunakan secara bersamaan saat Anda mengisi daya smartphone.

Tipe tanpa kabel, lebih praktis dan nyaman

Tipe tanpa kabel, lebih praktis dan nyaman

Tipe tanpa kabel adalah tipe controller yang dapat disambungkan pada smartphone melalui Bluetooth. Karena tanpa kabel, tipe ini lebih praktis dan nyaman saat Anda membawa dan menggunakannya. Selain itu, tipe ini juga dapat digunakan secara bersamaan saat Anda mengisi daya smartphone.

Memang saat bermain game yang ber-genre RPG atau visual novel, tipe ini tetap nyaman digunakan dan tidak ada masalah. Jika digunakan untuk bermain game yang membutuhkan respon cepat seperti game yang ber-genre fighting dan shooting, akan ada sedikit masalah pada kecepatan responnya, karena respon perintah akan lebih lambat dari yang seharusnya  (saatAnda menekan tombol-tombolnya), maka permainan Anda menjadi kurang maksimal.

Memilih berdasarkan tipe OS-nya, Android atau iOS

Memilih berdasarkan tipe OS-nya, Android atau iOS

Pada dasarnya smartphone memiliki dua macam OS, yaitu Android dan iOS, dan masing-masing OS memerlukan tipe controller yang berbeda supaya dapat berfungsi pada masing-masing OS. Sebaiknya Anda memastikan terlebih dahulu apakah controller tersebut sesuai dengan OS smartphone Anda sebelum membelinya. Namun, ada juga tipe  controller tanpa kabel yang dapat digunakan pada kedua OS, Android maupun iOS.

Pilihlah berdasarkan bentuknya

Pilihlah berdasarkan bentuknya

Ada lebih dari satu jenis bentuk controller untuk smartphone. Desainnya bervariasi, ada yang menyerupai controller game console yang seperti Super Nintendo, dan ada juga yang menyerupai controller untuk game console 3D seperti Playstation dan Xbox. 

Tentunya akan lebih mudah dan nyaman menggenggam controller yang menyerupai controller pada video game daripada menggenggam smartphone secara langsung saat bermain game. Dengan menggunakan smart controller, tangan tidak mudah lelah saat bermain game dalam waktu yang lama. Selain itu, pegangan dan stand smartphone pada controller dapat memberikan sensasi bermain game layaknya bermain menggunakan game machine, dan meningkatkan stabilitas layar saat smartphone dipasangkan. Controller jenis ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang tidak memiliki stand pada smartphone .

Pilihlah bentuk controller sesuai dengan genre game yang Anda mainkan, kenyamanan saat menggenggam, dan seberapa lama Anda bermain.

Pilihlah yang sesuai dengan game yang Anda mainkan

Beberapa aplikasi game tidak mendukung pengoperasian eksternal dari controller, begitu juga sebaliknya, beberapa tipe controller hanya dapat beroperasi pada aplikasi tertentu saja. Biasanya hal ini cenderung diabaikan saat memilih smart controller. Karenanya, sebaiknya Anda memilih controller yang benar-benar dapat bekerja pada aplikasi yang ingin Anda mainkan.

10 Rekomendasi game controller terbaik

Berikut adalah rekomendasi smart controller terbaik berdasarkan tipe dan kelebihannya. Setiap kelebihan pada controller sangat berpengaruh pada performa Anda saat bermain. Karena itu, pilihlah yang sesuai dengan kenyamanan Anda dan sesuai dengan jenis game yang Anda mainkan!

10. GameSir G3W Smart Controller

10. GameSir G3W Smart Controller

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 300.000

Controller berkonektivitas kabel yang dilengkapi dengan stand smartphone

Stand pada controller ini dapat diatur dan disesuaikan ukurannya, sehingga memungkinkan Anda untuk menggunakannya pada berbagai ukuran smartphone. GameSir G3W dilengkapi dengan stand smartphone yang dapat dipasang dan dilepas, sehingga memberikan sensasi seperti bermain menggunakan game machine saat Anda memasangnya .

Selain itu controller ini dilengkapi dengan dual vibriation motor yang dapat memberikan sensasi getar saat bermain game. Tombol-tombolnya juga cukup lunak, sehingga sangat nyaman untuk ditekan dan tidak mudah membuat jari Anda cepat lelah saat menggunakannya. Kalau Anda suka berlama-lama main game, cobalah controller ini!

9. 8 Bitdo Zero Smart Controller

9. 8 Bitdo Zero Smart Controller

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 221.400

Controller tanpa kabel berukuran mini dengan desain klasik

Jika Anda pecinta Nintendo dan menyukai controller yang berukuran cukup kecil, maka 8 Bitdo Zero adalah pilihan yang sangat tepat. Controller ini memiliki bentuk dan susunan tombol yang menyerupai controller pada Nintendo, dan ukurannya cukup kecil, bahkan dapat digunakan untuk gantungan kunci, membuat controller sangat praktis untuk dibawa.

Controller ini menggunakan konektivitas Bluetooth 3.0, sehingga cukup praktis dan nyaman saat digunakan. Tidak hanya itu, controller ini juga cukup serbaguna, karena dapat beroperasi pada Android dan juga iOS, bahkan dapat juga digunakan pada PC.

8. Moga Hero Power Smart Controller

8. Moga Hero Power Smart Controller

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 999.000

Controller berdesain portable dengan daya baterai yang besar

Dengn ukurannya yang cukup kecil, Moga Hero Power memiliki kapasitas baterai yang cukup besar, yaitu 1800 mAh. Sangat cocok untuk Anda yang ingin bermain game dalam waktu yang lama dengan daya baterai yang tahan lama. Untuk menambah kenyamanan saat bermain, controller ini dilengkapi dengan stand smartphone dan kabel yang juga dapat mengisi daya baterai disambungkan pada smartphone Anda.

Controller ini memiliki desain yang menyerupai controller pada game console dan dilengkapi dengan susunan tombol yang komplit, termasuk analog,  L1/L2, dan R1/R2, sehingga cukup nyaman saat digenggam dan mempunyai tombol yang cukup lengkap untuk memenuhi semua kebutuhan Anda saat bermain game.

7. Mocute 504 Smart Controller

7. Mocute 504 Smart Controller

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 228.000

Controller untuk Android dan iOS dengan pengkoneksian otomatis

Dengan sistem automatic recognition, membuat controller ini sangat mudah dikoneksikan pada Android maupun iOS. Jika Anda pengguna Android dan juga iOS, maka Anda tidak perlu membeli dua jenis controller untuk digunakan pada smart phone Anda. Mocute 504 akan secara otomatis mendeteksi OS smartphone yang anda koneksikan tanpa ada pengaturan secara manual. Sehingga sangat mudah untuk Anda yang suka berganti smarphone.

Selain itu, controller dengan konektivitas Bluetooth ini juga dilengkapi dengan fitur support map custom keysyang memungkinkan Anda dapat mengatur sendiri fungsi tombol yang disesuaikan dengan game yang Anda mainkan. Desainnya juga disesuaikan dengan bentuk genggaman tangan, sehingga lebih nyaman dan tidak mudah lelah saat menggenggamnya.

6. Escabyss Ipega Dark Knight PG-9067 Smart Controller

6. Ipega Dark Knight PG-9067 Smart Controller

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 366.000

Controller berkualitas premium dengan harga yang relatif terjangkau

Dengan harga yang cukup terjangkau, Ipega Dark Knight PG-9067 menawarkan banyak kelebihan yang tak kalah dengan controller lain yang harganya lebih mahal. Controller ini bisa menjadi pilihan yang pas untuk Anda yang memiliki dana terbatas, namun mendambakan controller dengan kualitas diatas ekspektasi. Desainnya yang dinamis dan menyerupai controller pada game console, membuatnya lebih nyaman dan familiar saat digenggam.

Tidak hanya itu, controller dengan konektivitas Bluetooth  ini juga sangat mudah untuk dikoneksikan. Anda cukup memasangkan smartphone  saja tanpa harus meng-install aplikasi, baterai, dan lain-lain. Ipega Dark Knight PG-9067 ini sangat multifungsi karena dapat dioperasikan pada OS Android dan juga iOS. Selain itu controller ini juga  dapat beroperasi pada banyak macam game termasuk game berjenis VR.

5. PXN iPhone Controller

5. PXN iPhone Controller

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 826.000

Controller khusus iPhone yang mudah dikoneksikan dengan respon yang cepat

PXN adalah controller khusus iPhone yang mudah dikoneksikan tanpa pengaturan apapun. Meskipun tanpa kabel, controller ini memiliki respon yang cukup cepat, sehingga dapat menutupi kelemahan pada tipe controller tanpa kabel. Bagi Anda pengguna iPhone dan menginginkan controller tanpa kabel dengan respon cepat, maka tidak perlu ragu lagi untuk memilih PXN iPhone controller.

Desainnya yang menyerupai controller pada game console, membuatnya sangat nyaman untuk digenggam dan tidak membuat tangan Anda mudah lelah. Selain itu, controller ini juga memiliki daya tahan yang cukup baik, cocok untuk digunakan pada game yang menuntut pemain untuk sering menekan tombol secara cepat dan berulang .

4. Mad Catz CTRL.R Smart Controller

4. Mad Catz CTRL.R Smart Controller

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 800.000

Konektivitas dual Bluetooth dan dilengkapi dengan tiga mode kontrol

Dengan konektivitas yang dilengkapi dual Bluetooth 4.0, memberikan Anda kontrol yang lebih akurat dan respon yang cepat. Mad Catz CTRL.R juga dilengkapi dengan tiga mode kontrol yang dapat memberikan operabilitas dengan komputer, baik Mac maupun Windows, Android, dan juga sebagai kontrol mouse. Sangat cocok untuk Anda yang membutuhkan controller tanpa kabel dengan respon cepat yang serba guna.

Mad Catz CTRL.R juga dapat berfungsi sebagai remote control, karena dilengkapi dengan satu set tombol multimedia yang memungkinkan Anda dapat menggunakannya untuk memutar film, mengganti lagu, menyesuaikan volume, dan lain sebagainya. Praktis kan!

3. Razer Serval Smart Controller

3. Razer Serval Smart Controller

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.029.888

Sensasi Xbox pada smartphone dengan konektivitas USB dan Bluetooth

Desain controller yang menyerupai Xbox pada Razer Serval memungkinkan Anda yang terbiasa bermain Xbox dapat merasa lebih nyaman dan terbiasa saat bermain menggunakan smartphone. Anda juga dapat memilih untuk menggunakan konektivitas 1.5 micro USB atau Bluetooth, sehingga dapat disesuaikan dengan kondisi Anda saat bermain.

Selain itu, untuk mendukung performa Anda saat bermain game pada Android, controller ini juga dilengkapi dengan 4 hyperrespon action buttons optimized, sehingga dapat mempercepat respon perintah saat Anda menekan tombolnya, bahkan pada saat Anda menggunakan konektivitas Bluetooth sekalipun.

2. Gamevice iPhone Controller

2. Gamevice iPhone Controller

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 2.344.000

Controller iPhone dengan sensasi PSP yang dapat mengisi daya saat digunakan

Jika Anda pengguna iPhone dan penggemar PSP, maka Gamevice adalah controller yang cocok untuk Anda. Dengan desain penjepit smartphone yang memungkinkan Anda memasang iPhone di antara kedua sisi tombol kanan dan kirinya, akan membuat Anda merasa seperti bermain PSP menggunakan iPhone. Controller ini juga dilengkapi dengan earphone jack.

Konektivitasnya memang tidak menggunakan Bluetooth, namun controller ini memiliki charging terminal untuk mengisi daya pada saat Anda menggunakannya. Desain penjepit smartphone di tengah controller juga dapat disesuaikan ukurannya, sehingga Anda dapat menggunakannya untuk segala ukuran smartphone.

1. Steelseries Stratus XL Smart Controller

1. Steelseries Stratus XL Smart Controller

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.982.864

Controller dengan konektivitas Bluetooth yang tahan lama

Apakah Anda penggemar Xbox dan suka memainkan banyak macam game? Jika iya, Steelseries Stratus XL adalah jawabannya. Desain controller dan posisi tombol yang menyerupai Xbox yang dimiliki Steelseries Stratus XL akan memanjakan tangan Anda. Controller ini dilengkapi dengan 2 baterai AA yang memungkinkan Anda untuk bermain dalam waktu lama, karena memiliki daya tahan hingga lebih dari 40 jam.

Selain itu Steelseries Stratus XL dapat digunakan untuk bermain lebih dari 2000 game pada Android, jadi Anda dapat memainkan banyak game yang Anda inginkan tanpa ada masalah. Bahkan controller ini juga mendukung perangkat game berjenis VR.

Kesimpulan

Demikian tips-tips dari kami dalam memilih smart controller yang baik serta 10 rekomendasi smart controller terbaik yang telah kami pilih berdasarkan masing-masing kelebihannya. Apakah Anda sudah menentukan pilihan Anda? Bagi Anda para gamer, pasti sangat penting memilih smart controller yang tepat untuk mendukung performa permainan Anda, karena hanya dengan dengan smart controller, permainan game di smartphone akan jauh lebih nyaman. Selamat bermain game!