• 10 Rekomendasi Game Controller Terbaik untuk Smartphone (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Game Controller Terbaik untuk Smartphone (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Game Controller Terbaik untuk Smartphone (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Game Controller Terbaik untuk Smartphone (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Game Controller Terbaik untuk Smartphone (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Game Controller Terbaik untuk Smartphone (Terbaru Tahun 2020)

Dewasa ini, banyak orang yang gemar bermain game menggunakan iPhone dan Android. Namun, ada beberapa jenis game yang sulit dimainkan menggunakan touch screen pada smartphone. Sebagai solusi atas permasalahan tersebut, Anda bisa menggunakan game controller untuk smartphone.


Agar Anda semakin mudah menemukan produk yang tepat, kami akan menjelaskan terlebih dahulu cara memilihnya. Kami juga akan memberikan rekomendasi game controller terbaik keluaran Mad Catz, SteelSeries, dan sebagainya untuk Anda. Selamat membaca dan memilih produk!

  • Pembaharuan terakhir: 03 Desember 2019
  • 3.499 Views
Daftar isi

Cara memilih game controller untuk smartphone

Pertama-tama, kami akan menjelaskan terlebih dahulu cara memilih game controller untuk smartphone. Dengan begitu, Anda akan semakin mudah mengenali produk yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pilih produk berdasarkan ada tidaknya kabel

Secara umum terdapat dua tipe game controller untuk smartphone, yaitu berkabel (wired) dan tanpa kabel (wireless). Masing-masing tipe memiliki keunggulan tersendiri, Anda bisa memilih sesuai dengan preferensi Anda.

Tipe berkabel, memberikan respon lebih cepat

Tipe ini adalah pilihan tepat untuk Anda penggemar game yang mengutamakan kecepatan, seperti game action, fighting, atau shooting. Selain itu, Anda yang lebih banyak bermain game di rumah pun akan cocok menggunakan tipe ini.


Hal tersebut dimungkinkan karena tipe wired disambungkan langsung pada smartphone menggunakan kabel data melalui port USB atau lightning. Hal tersebut membuat tipe ini memiliki respon sangat cepat. Pastikan Anda juga mengecek panjang kabelnya agar Anda bisa bermain semakin nyaman.


Kelemahannya, dibanding tipe wireless produk tipe ini lebih menguras baterai smartphone Anda. Selain itu, produk ini juga tidak bisa digunakan saat smartphone sedang di-charge. Ukurannya pun kebanyakan tergolong besar.

Tipe wireless, mudah dibawa ke mana pun

Untuk Anda yang ingin menggunakan game controller saat bepergian, tipe wireless solusinya. Tipe ini biasanya dihubungkan ke smartphone melalui Bluetooth. Bebas kabel dan bisa digunakan bahkan saat smartphone di-charge, tipe ini sangat mudah digunakan dan dibawa.


Meski begitu, bisa jadi ada sedikit delay atau time lag saat menggunakan tipe ini. Hal tersebut mungkin tidak masalah ketika Anda memainkan game RPG atau visual novel. Lain halnya saat Anda memainkan game yang membutuhkan respon cepat semisal game fighting, delay-nya bisa memengaruhi permainan.


Cek juga versi Bluetooth dari produk pilihan Anda. Semakin baru versinya, semakin cepat pula responnya dan semakin rendah konsumsi listriknya. Produk dengan Bluetooth versi 4.1 bahkan diklaim dapat digunakan selama 10 hari per sekali pengisian daya.

Periksa kompatibilitas produk dengan smartphone Anda

Periksa kompatibilitas produk dengan smartphone Anda

Android, iOS, atau mungkin sistem lainkah yang menjadi OS dari smartphone Anda? OS dan ukuran smartphone tentu berbeda-beda antara satu produk dengan lainnya. Oleh karena itu, pilihlah game controller yang kompatibel dengan smartphone Anda.

Pilih bentuk game controller sesuai jenis game

Ada beragam jenis bentuk game controller untuk smartphone. Pertimbangkanlah genre game, kemudahan menggenggam, durasi bermain, dan pilihlah bentuk produk sesuai preferensi Anda.


Produk berbentuk joystick nyaman digunakan untuk bermain game racing. Sementara itu, untuk memainkan game RPG, produk dengan model cross key bisa Anda pertimbangkan. Bagaimana bila Anda gemar bermain game FPS? Produk yang memungkinkan Anda menekan banyak tombol sekaligus misalnya berbentuk seperti controller Xbox adalah opsi tepat. Produk seperti ini juga didesain khusus agar nyaman digunakan digunakan selama berjam-jam.

Periksa kesesuaian game dengan game controller

Apakah game yang Anda mainkan support penggunaan game controller? Hal ini merupakan poin terpenting yang perlu Anda ketahui saat memilih game controller untuk smartphone. Tergantung aplikasi game-nya, model game controller yang dapat Anda pilih pun bisa jadi lebih terbatas. Oleh karena itu, cek terlebih dahulu hal ini sebelum memutuskan untuk membeli.


Anda juga bisa mencari informasi tambahan mengenai hal ini di internet. Cobalah memasukkan keyword berupa nama game + nama controller. Akan ada beberapa nama atau merek controller yang muncul, Anda bisa memilih produk-produk tersebut. Jika tidak ada controller yang kompatibel dengan game favorit Anda, tidak perlu memaksakan diri untuk membelinya, ya!

10 Rekomendasi game controller terbaik

Sekarang, kami akan memberikan rekomendasi game controller terbaik untuk smartphone. Pilihlah yang paling Anda suka!

10
Panjang kabel/versi BluetoothTidak disebutkan
Smartphone yang kompatibelAndroid (4.0)
9
Panjang kabel/versi BluetoothTidak disebutkan
Smartphone yang kompatibelAndroid (3.2 ke atas) dan iOS (7 ke atas)
8

IpegaRed Spider Wireless Controller PG 9055

Rp 180.000,00

Panjang kabel/versi BluetoothBluetooth 3.0
Smartphone yang kompatibelAndroid (3.2 ke atas) dan iOS (7 ke atas)
7
Panjang kabel/versi BluetoothBluetooth 3.0
Smartphone yang kompatibelAndroid dan iOS
6
Panjang kabel/versi BluetoothTidak disebutkan
Smartphone yang kompatibelAndroid
5
Panjang kabel/versi BluetoothBluetooth 4.0
Smartphone yang kompatibelAndroid (4.0 ke atas) dan macOS (10.7 ke atas)
4
Panjang kabel/versi BluetoothTidak disebutkan
Smartphone yang kompatibeliPhone dan iPod (iOS 7 ke atas)
3
Panjang kabel/versi BluetoothTidak disebutkan
Smartphone yang kompatibelAndroid (3.1 ke atas)
2
Panjang kabel/versi Bluetooth1,5 meter/ Bluetooth 3.0
Smartphone yang kompatibelAndroid
1
Panjang kabel/versi BluetoothMenggunakan lightning port
Smartphone yang kompatibeliPhone (X, XS, XS Max, 8, 8 Plus, 7, 7 Plus, 6s, 6s Plus, 6, dan 6 Plus)

Tabel perbandingan produk game controller terbaik untuk smartphone

Gambar produk
1
Gamevice iPhone 1

Gamevice

2
Razer  Serval 1

Razer

3
Steelseries Stratus XL for Windows + Android 1

Steelseries

4
PXN iPhone Game Controller 6603 1

PXN

5
8BitDo ZERO 1

8BitDo

6
Mad Catz  CTRL R  1

Mad Catz

7
Mocute Gamepad 054 1

Mocute

8
Ipega Red Spider Wireless Controller PG 9055 1

Ipega

9
Ipega Gamepad Dark Knight PG 9067 1

Ipega

10
GameSir Gamepad Controller G3W 1

GameSir

Nama produk

iPhone

Serval

Stratus XL for Windows + Android

iPhone Game Controller 6603

ZERO

CTRL R 

Gamepad 054

Red Spider Wireless Controller PG 9055

Gamepad Dark Knight PG 9067

Gamepad Controller G3W

KeunggulanHadirkan keasyikan bermain ...Wired sekaligus wireless, u...Controller dengan konektivi...Dilengkapi clip, mainkan ga...Ukurannya hanya 7,3 cm, sup...Lebih versatile digunakan d...Ekonomis dan tahan hingga 3...Ubah ukuran holder-nya sesu...Makin antislip dengan handg...Bisa untuk PS3 juga, lho!
HargaRp 1.500.000,00Rp 1.080.000,00Rp 770.000,00Rp 536.860,00Rp 143.000,00Rp 243.000,00Rp 185.000,00Rp 180.000,00Rp 156.800,00Rp 320.000,00
Panjang kabel/versi BluetoothMenggunakan lightning port1,5 meter/ Bluetooth 3.0Tidak disebutkanTidak disebutkanBluetooth 4.0Tidak disebutkanBluetooth 3.0Bluetooth 3.0Tidak disebutkanTidak disebutkan
Smartphone yang kompatibeliPhone (X, XS, XS Max, 8, 8 Plus, 7, 7 Plus, 6s, 6s Plus, 6, dan 6 Plus)AndroidAndroid (3.1 ke atas)iPhone dan iPod (iOS 7 ke atas)Android (4.0 ke atas) dan macOS (10.7 ke atas)AndroidAndroid dan iOSAndroid (3.2 ke atas) dan iOS (7 ke atas)Android (3.2 ke atas) dan iOS (7 ke atas) Android (4.0)
Tautan produk

Baca juga rekomendasi perlengkapan smartphone lainnya di sini

Agar smartphone lebih stabil tertahan, Anda bisa menggunakan stand smartphone. Tergantung kebutuhan, Anda bahkan juga bisa menggunakan smartphone holder. Di samping itu, kami juga sudah merangkum smartphone Android dan VR headset agar pengalaman bermain game Anda lebih seru. Baca seluruhnya pada artikel berikut!

Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini, tentu Anda sudah mengetahui beragam tips dalam memilih game controller untuk smartphone. Apakah Anda sudah menemukan produk yang paling diinginkan?


Bermain game akan semakin menyenangkan dan mudah dilakukan dengan menggunakan game controller. Berbagai produk dengan spesifikasi dan bentuk berbeda juga tersedia di pasaran. Pilihlah produk yang paling disuka dan nikmati setiap momen bermain game dengan smartphone Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Pen Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pen Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pen tablet yang biasa digunakan untuk menggambar ilustrasi di komputer, kini hadir dengan berbagai merek, seperti Wacom, XP-PEN, dan HUION. Dengan harga dan fungsi yang bervariasi, barangkali akan membuat Anda kebingungan dalam memilih produk yang sesuai.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih pen tablet serta merekomendasikan produk terbaik, mulai dari untuk pemula hingga profesional. Seperti apakah pen tablet idaman Anda? Barangkali salah satunya ada dalam ulasan di bawah ini.
    Smartphones & handphones
    25.035 Views
  • 10 Rekomendasi Stylus Pen Terbaik untuk Tablet dan Smartphone (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Stylus Pen Terbaik untuk Tablet dan Smartphone (Terbaru Tahun 2020)
    Rutinitas di zaman sekarang yang sebagian besar menggunakan smartphone atau tablet, terkadang menuntut kecepatan dan ketepatan. Untuk meminimalkan terjadinya kesalahan, maka model smartphone dengan layar lebar yang dilengkapi dengan stylus pen akan memudahkan penggunanya dalam menjalankan beragam aplikasi.Saat ini sudah banyak beredar produk stylus pen dalam berbagai model, kegunaan, dan harga. Ada yang kompatibel dengan iPhone, iPod, Android, dan lainnya, atau bahkan ada juga stylus pen yang dibuat khusus untuk menggambar. Kali ini kami akan membahas poin-poin penting yang perlu diperhatikan dalam memilih stylus pen yang sesuai dengan kebutuhan Anda kemudian merekomendasikan beberapa stylus pen terbaik. Semoga bermanfaat!
    Smartphones & handphones
    20.379 Views
  • 10 Rekomendasi Kabel Data Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kabel Data Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kabel data biasanya digunakan untuk mengisi baterai dan memindahkan data dari iPhone atau iPad ke perangkat lain. Selain kabel data asli keluaran Apple, banyak pula produk yang diluncurkan oleh produsen seperti Anchor, Logitech, Amazon Basic, yang memiliki desain, ukuran, dan harga yang bervariasi.Kali ini kami akan memberikan poin penting yang perlu diperhatikan dalam memilih kabel data yang baik. Selain itu kami juga akan memberikan 10 rekomendasi kabel data terbaik yang mudah dipesan secara online!
    Smartphones & handphones
    26.938 Views
  • 10 Rekomendasi Tablet Android Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tablet Android Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Ukuran tablet Android yang lebih besar daripada smartphone memberikan kenyamanan saat Anda menonton atau membaca e-book. Namun, Anda perlu mempertimbangkan pemilihan tablet Android berdasarkan CPU, memori, frekuensi clock, dan lain sebagainya. Hal ini bisa menyulitkan bagi sebagian pengguna.Agar tidak bingung saat memilih tablet Android, Anda dapat membaca artikel ini. Kami akan menjabarkan poin penting cara memilih tablet Android. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi tablet Android yang bagus dari berbagai produsen, seperti Lenovo, Samsung, Teclast, HUAWEI, dan Chuwi. Selamat membaca!
    Smartphones & handphones
    21.267 Views
  • 10 Rekomendasi Tablet Windows Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tablet Windows Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Tablet Windows memiliki ukuran yang lebih besar dari smartphone dan dapat dioperasikan dengan touch panel. Sistem operasinya menggunakan Windows, dengan berbagai macam fitur seperti keyboard yang dapat dilepas, fitur anti air, memiliki berbagai macam aplikasi Office dan touch pen.Karena itu kali ini, kami akan merekomendasikan produk terbaru tablet Windows, termasuk yang sudah menggunakan sistem operasi Windows 10. Temukan tablet Windows yang cocok untuk Anda!
    Smartphones & handphones
    17.702 Views
  • 10 Rekomendasi Lensa Tambahan Terbaik untuk Smartphone (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Lensa Tambahan Terbaik untuk Smartphone (Terbaru Tahun 2020)
    Fitur kamera pada smartphone terus berkembang hingga sekarang. Meski begitu, Anda masih dapat meningkatkan kualitas foto menggunakan lensa tambahan. Ada banyak jenis lensa tambahan, mulai dari lensa wide angle, lensa telescope, hingga lensa makro. Masing-masing jenis tentu memiliki keistimewaan tersendiri.Kali ini, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi lensa tambahan dengan membandingkan performa, harga, serta ulasan produknya. Anda akan menemukan lensa berkualitas keluaran Aukey, Polaroid, Lieqi, dan sebagainya. Menarik bukan, jika bisa menikmati fotografi menggunakan lensa tambahan berkualitas pada smartphone Anda?
    Smartphones & handphones
    8.291 Views
  • 10 Rekomendasi Dust Plug Terbaik untuk Earphone HP (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Dust Plug Terbaik untuk Earphone HP (Terbaru Tahun 2020)
    Dust plug adalah aksesori yang berguna untuk mencegah masuknya debu atau air ke lubang earphone HP Anda. Di pasaran, aksesori ini juga sering disebut sebagai pluggy, earphone cover, atau earphone jack plug. Desain dan fungsinya pun beraneka macam! Manakah yang paling cocok menghiasi gadget Anda?Simak terus artikel ini karena kami akan membagikan tips memilih, serta merekomendasikan sepuluh dust plug terkeren. Anda bisa menemukan dust plug dari Xiaomi yang dapat dipakai untuk mengakses aplikasi smartphone, hingga model imut kerlap-kerlip yang disukai wanita. Selamat membaca!
    Smartphones & handphones
    640 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori