1. TOP
  2. >
  3. Handphone & tablet
  4. >
  5. Aksesori handphone & tablet
  6. >
  7. 10 Game Controller Terbaik untuk Smartphone - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Game Controller Terbaik untuk Smartphone - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Game Controller Terbaik untuk Smartphone - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Game Controller Terbaik untuk Smartphone - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Game Controller Terbaik untuk Smartphone - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Game Controller Terbaik untuk Smartphone - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Game Controller Terbaik untuk Smartphone - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2023)

Bermain game adalah salah satu cara untuk bersantai dan menghilangkan stres. Namun, gaming tidak lengkap rasanya bila tidak menggunakan aksesoris tambahan. Saat ini, sudah banyak gaming gear di berbagai jenis platform termasuk smartphone. Salah satunya adalah controller atau gamepad khusus untuk ponsel.


Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih sekaligus memberikan rekomendasi game controller terbaik untuk smartphone. Game controller merek Razer, Rexus, GameSir, iPega, dan sebagainya yang bagus untuk smartphone juga ada dalam artikel ini. Sebagai informasi, artikel ini sudah ditinjau oleh gaming content creator kami, Faynilla. Selamat membaca!

Diperbaharui 01-30-2023
Pakar
Gaming content creator
Faynilla

Fay adalah seorang content creator di bidang gaming gear. Ia gemar me-review produk gaming gear kemudian mengunggahnya pada TikTok “Faynillaa” dan YouTube channel “Low Tech”. Ia mulai terjun menjadi content creator di YouTube tahun 2019 dan TikTok tahun 2020. Fay pernah memenangkan lomba review yang diadakan oleh brand “Digital Alliance” sebanyak dua kali. Selain itu, Fay juga menjuarai lomba modding keyboard yang diadakan oleh brand “Fantech” dan lomba pamer setup oleh “Enter Computer”.

Profil Faynilla
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 29 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Cara memilih game controller untuk smartphone

Pertama-tama, kami akan menjelaskan terlebih dahulu cara memilih game controller untuk smartphone. Dengan begitu, Anda akan makin mudah mengenali produk yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

① Pilih produk berdasarkan konektivitasnya

Secara umum, terdapat dua tipe game controller untuk smartphone, yaitu berkabel (wired) dan tanpa kabel (wireless). Masing-masing tipe memiliki keunggulan tersendiri, Anda bisa memilih sesuai dengan preferensi Anda.

Tipe berkabel, memberikan respons lebih cepat

Tipe berkabel, memberikan respons lebih cepat

Tipe ini adalah pilihan tepat untuk Anda penggemar game yang mengutamakan kecepatan, seperti game action, fighting, atau shooting. Selain itu, Anda yang lebih banyak bermain game di rumah pun akan cocok menggunakan tipe ini.


Kecepatan tersebut dapat terjadi karena tipe wired disambungkan langsung pada smartphone menggunakan kabel melalui port USB. Beberapa produk bahkan ada yang langsung menyambungkan holder-nya ke charging port ponsel. Hal ini menimbulkan efek low latency input sehingga respons ponsel terhadap sentuhan tombol menjadi lebih cepat.


Kelemahannya, dibanding tipe wireless produk berkabel lebih menguras baterai smartphone Anda. Selain itu, produk ini juga tidak bisa digunakan saat smartphone sedang di-charge. Ditambah dengan ukurannya yang tergolong besar, game controller wired pun makin langka ditemukan.

Tipe wireless, mudah dibawa ke mana pun

Tipe wireless, mudah dibawa ke mana pun

Untuk Anda yang ingin menggunakan game controller saat bepergian, tipe wireless solusinya. Tipe ini biasanya dihubungkan ke smartphone melalui Bluetooth. Bebas kabel dan bisa digunakan bahkan saat smartphone di-charge, tipe ini sangat mudah digunakan dan dibawa.


Meski begitu, bisa jadi ada sedikit delay atau time lag saat menggunakan tipe ini. Hal tersebut mungkin tidak masalah ketika Anda memainkan game RPG atau visual novel. Lain halnya saat Anda memainkan game yang membutuhkan respons cepat seperti game fighting, delay-nya bisa memengaruhi permainan.


Cek juga versi Bluetooth dari produk pilihan Anda. Makin baru versinya, makin cepat pula responsnya dan makin rendah konsumsi listriknya. Produk dengan Bluetooth versi 4.1 bahkan diklaim dapat digunakan selama 10 hari per sekali pengisian daya.

② Pilih bentuk game controller sesuai jenis game

Pilih bentuk game controller sesuai jenis game

Ada beragam jenis bentuk game controller untuk smartphone. Pertimbangkanlah genre game, kemudahan menggenggam, durasi bermain, dan pilihlah bentuk produk sesuai preferensi Anda.


  • Produk berbentuk joystick, nyaman digunakan untuk bermain game racing.

  • Produk dengan model cross key, tepat dipertimbangkan untuk memainkan game RPG.

  • Produk yang memungkinkan Anda menekan banyak tombol sekaligus seperti controller Xbox, cocok untuk game FPS. Produk seperti ini juga didesain khusus agar nyaman digunakan selama berjam-jam.

③ Periksa kesesuaian game dengan game controller

Periksa kesesuaian game dengan game controller

Apakah game yang Anda mainkan support penggunaan game controller? Hal ini merupakan poin terpenting yang perlu Anda ketahui saat memilih game controller untuk smartphoneTergantung aplikasi game-nya, model game controller yang dapat Anda pilih pun bisa jadi lebih terbatas. Oleh karena itu, cek terlebih dahulu hal ini sebelum memutuskan untuk membeli.


Anda juga bisa mencari informasi tambahan mengenai hal ini di internet dengan memasukkan keyword berupa nama game + nama controller. Akan ada beberapa nama atau merek controller yang muncul.

④ Pertimbangkan cara pengisian ulang dayanya

Pertimbangkan cara pengisian ulang dayanya

Sejauh ini, sekurang-kurangnya ada tiga jenis produk dengan cara pengisian daya yang berbeda. Ada game controller tipe baterai, rechargeable device, dan disambungkan langsung ke handphone. Ketiganya memiliki kelebihan tersendiri yang dapat Anda pertimbangkan.


  • Game controller yang menggunakan baterai, memiliki kesan simple serta praktis. Biasanya produk ini juga memiliki bobot yang ringan. Namun, hal ini berarti juga bahwa Anda harus mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli baterai.

  • Game controller rechargeable, lebih modern dan tahan lama. Penggunaannya juga tidak menguras baterai ponsel Anda karena controller ini punya baterainya sendiri. Meski begitu, biasanya produk ini lebih mahal daripada produk dengan baterai.

  • Game controller yang langsung disambungkan ke charging port smartphone, aktif selama ponsel Anda diaktifkan. Kekurangannya adalah produk ini menguras baterai smartphone yang digunakan sehingga waktu bermain Anda menjadi berkurang.

10 Rekomendasi game controller terbaik untuk smartphone

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk game controller terbaik untuk smartphone yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Faynilla.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Terios

Wireless Controller

Terios Wireless Controller 1枚目

Partner asyik untuk mainkan berbagai retro game

2

Rexus

Pro Gaming Gamepad Wireless

Rexus Pro Gaming Gamepad Wireless 1枚目

Fitur turbo untuk memaksimalkan performa device Anda

3

iPega

3in1 Wireless CONTROLLER

iPega 3in1 Wireless CONTROLLER 1枚目

Gagangnya terasa firm di tangan

4

GameSir

Mobile Gaming Controller

GameSir Mobile Gaming Controller 1枚目

Bisa memainkan emulator Nintendo Switch

5

iPega

Extending Game Controller

iPega Extending Game Controller 1枚目

Baterai tahan lama hingga 20 jam!

6

iPega

Double Spike Stretch Game Controller

iPega Double Spike Stretch Game Controller 1枚目

Handle kanannya bisa dilepas sesuai kebutuhan Anda

7

iPega

Demon Z Wireless Game Controller

iPega Demon Z Wireless Game Controller 1枚目

Gamepad wireless nan ergonomis yang harganya bersahabat

8

GameSir

Mini Multi-platform Game Controller

GameSir Mini Multi-platform Game Controller 1枚目

Tingginya hanya 8,3 cm, supermini!

9

Steelseries

Nimbus+

Steelseries Nimbus+ 1枚目

Ini dia game controller yang terbaik untuk iPhone!

10

Razer

Kishi V2

Razer  Kishi V2 1枚目

Gamepad universal fit dengan ultra-low latency gameplay

Perincian produk
Close
No.1

TeriosWireless ControllerT3

Mulai dari Rp93.800,00

Partner asyik untuk mainkan berbagai retro game

Kelebihan:

  • Kompatibel dengan berbagai emulator game lawas

Kekurangan:

  • Tidak support iOS

Dirancang khusus, produk ini mampu digunakan memainkan berbagai game smartphone, termasuk game VR. Tidak hanya itu, gamepad smartphone ini juga kompatibel dengan berbagai emulator game PS1, Nintendo, GBA Sega, dan PSP. Penggemar game lawas tentu sangat tepat mempertimbangkan gamepad controller Bluetooth Android murah terbaik ini.

No.2

RexusPro Gaming Gamepad WirelessGX100

Mulai dari Rp319.000,00

Fitur turbo untuk memaksimalkan performa device Anda

Kelebihan:

  • Ada fitur getar, main game makin asyik

Kekurangan:

  • Tidak support smartphone Redmi

Produk ini adalah solusi jika Anda memiliki dana minim, tetapi membutuhkan game controller wireless yang memiliki banyak fitur. Memiliki harga bersahabat, Anda bisa membeli produk ini tanpa takut dompet menjadi kosong. Fitur Turbo di gamepad ini dapat membuat perangkat Anda menjadi optimal.


Bukan hanya itu, ada juga fitur getar di holder-nya yang membuat suasana gaming Anda menjadi lebih hidup. Ditambah lagi, dalam sekali pengisian baterai selama 2–3 jam, Anda bisa menggunakannya untuk main game hingga 12 jam.

No.3

iPega3in1 Wireless CONTROLLER9156

Mulai dari Rp220.000,00

Gagangnya terasa firm di tangan

Kelebihan:

  • Sudah ada tombol turbo

Kekurangan:

  • Perlu waktu dua jam hingga baterainya terisi penuh

Bagian handle gamepad controller HP ini sengaja dibuat bertekstur agar makin lekat di tangan Anda. Anda yang tangannya mudah berkeringat atau kurang menyukai gamepad bertekstur licin sebaiknya memilih produk ini. Gamepad ini juga dilengkapi tombol turbo untuk memudahkan Anda memainkan game yang mengharuskan Anda memencet tombol dengan sangat cepat.

No.4

GameSirMobile Gaming ControllerX2 Type-C

Mulai dari Rp710.000,00

Bisa memainkan emulator Nintendo Switch

Kelebihan:

  • Memungkinkan Anda memainkan game Nintendo Switch

Kekurangan:

  • Hanya support Android

Salah satu gamepad (atau mungkin satu-satunya) yang dapat digunakan untuk emulator Nintendo Switch di Android Anda adalah GameSir X2 Type-C ini. Bahkan, desainnya sendiri dibuat mirip sekali dengan Nintendo Switch. Namun, tidak semua game Nintendo Switch dapat dimainkan di emulatornya.


Meskipun menggunakan daya ponsel, produk ini mengeklaim penggunaannya tidak akan menguras baterai ponsel Anda. Bahannya juga anti-slip sehingga produk ini aman di genggaman Anda. Wajib dipilih oleh Anda penggemar Nintendo Switch.

No.5

iPegaExtending Game Controller9023s

Mulai dari Rp280.000,00

Baterai tahan lama hingga 20 jam!

Kelebihan:

  • Kompatibel dengan gadget besar

Kekurangan:

  • Penuh tombol di bagian gagang, rentan tertekan saat bermain

Anda ingin bermain game berjam-jam tanpa khawatir gamepad kehabisan baterai? Mungkin ini salah satu solusi bagi Anda. Produk karya iPega ini memiliki ketahanan baterai yang tak tanggung-tanggung, yaitu hingga 20 jam. Menariknya lagi, produk ini bahkan kompatibel dengan gadget yang ukurannya mencapai 10 inci. Anda pun bisa menggunakannya untuk memainkan game di tablet.

No.6

iPegaDouble Spike Stretch Game Controller9167

Mulai dari Rp285.000,00

Handle kanannya bisa dilepas sesuai kebutuhan Anda

Kelebihan:

  • Diklaim dapat digunakan bermain 15 jam per sekali pengisian daya

Kekurangan:

  • Anda perlu download aplikasi khusus untuk setting tombol

Adanya audio module memungkinkan salah satu gamepad HP terbaru dan terbaik iPega ini Anda hubungkan ke speaker. Dengan begitu, pengalaman bermain pun akan terasa kian bombastis. Tidak cukup sampai di situ, gagang kanannya pun bisa Anda lepas sesuai kebutuhan dan jenis permainan yang dimainkan. Partner tepat untuk Anda yang menyukai produk versatile.

No.7

iPegaDemon Z Wireless Game Controller9129

Mulai dari Rp185.000,00

Gamepad wireless nan ergonomis yang harganya bersahabat

Kelebihan:

  • Wireless, tidak ada kabel yang mengganggu

Kekurangan:

  • Belum dilengkapi backlight

Bagi Anda pencari gamepad dengan harga yang sangat terjangkau, tanpa pikir panjang, kami merekomendasikan produk ini untuk Anda! Dengan harga yang sangat murah, Anda dapat memiliki produk wireless dan rechargeable. Selain itu, produk ini kompatibel dengan Android dan iOS, lho!


Produk ini dilengkapi dengan baterai 400 mAh yang tentu bisa menemani Anda menghabiskan waktu luang. Selain itu, desainnya yang ergonomis dan ringan juga membuat Anda nyaman. Fantastis, kan?

No.8

GameSirMini Multi-platform Game ControllerT4

Mulai dari Rp370.000,00

Tingginya hanya 8,3 cm, supermini!

Kelebihan:

  • Ukurannya kecil, makin mudah dibawa dan disimpan

Kekurangan:

  • Layout tombolnya menyerupai controller Nintendo, perlu pembiasaan bagi yang belum pernah menggunakannya

Apakah Anda seorang gamer pencinta barang mini dengan fungsionalitas tinggi? Jangan sampai melewatkan produk satu ini! Produk ini memiliki ukuran hanya sebesar 14,3 cm x 8,3 cm. Meski kecil, produk menggemaskan dengan dua varian warna ini nyatanya tetap fungsional. Produk ini dapat dimainkan hingga 10 jam per pengisian daya. Luar biasa, bukan?

No.9

Ini dia game controller yang terbaik untuk iPhone!

Kelebihan:

  • Kompatibel dengan semua produk Apple

Kekurangan:

  • Hanya tersedia satu varian warna

Bukan tanpa alasan kami menilai produk ini sebagai controller terbaik untuk iPhone. Kami menilainya karena kelebihan yang ditawarkan oleh produk ini sangat banyak. Pertama, baterainya dapat bertahan hingga 50 jam, sangat luar biasa! Setelah itu, ada mount yang sangat erat menjaga iPhone Anda agar aman ketika bermain.


Hal lainnya adalah kompatibilitas gamepad ini untuk semua produk iPhone dan juga aplikasinya. Anda tidak perlu khawatir lagi karena sudah ribuan aplikasi yang berjalan baik dengan produk ini. Para pemilik gadget Apple sebaiknya membeli game controller ini.

No.10

Gamepad universal fit dengan ultra-low latency gameplay

Kelebihan:

  • Tersedia varian yang kompatibel dengan Android dan iOS

Kekurangan:

  • Untuk kategori game controller smartphone, harganya tergolong tinggi

Bila mencari gamepad yang dapat memberikan respons cepat, sambungkan saja perangkat ini ke smartphone Anda. Hal ini disebabkan oleh produk ini tidak membutuhkan kabel, melainkan direct input ke USB port Anda. Dengan demikian, Anda tidak akan merasakan delay saat bermain.


Keunikan lain yang ditawarkan produk Razer ini adalah desainnya. Bentuk gamepad ini dibuat seperti PSP yang nyaman di tangan Anda. Selain itu, Anda bisa langsung memasukan charger ke controller sehingga Anda tetap bisa bermain ketika charging. Jangan khawatir, produk ini ada versi iOS dan Androidnya, lho! Sangat menjangkau semua kalangan.

Pertanyaan umum seputar game controller

Pertanyaan umum seputar game controller

Selain mengulas cara memilih dan rekomendasi produknya, kami sudah mengumpulkan pertanyaan-pertanyaan yang populer seputar game controller. Jika Anda masih penasaran dengan game controller, simak jawabannya di bawah ini.

Game seperti apa yang lebih enak dimainkan dengan game controller?

Racing game seperti Asphalt 9 dan Need for Speed sangat enak dimainkan dengan game controller

Baca juga rekomendasi perlengkapan smartphone lainnya di sini

Selain gamepad controller, ada berbagai perlengkapan smartphone yang fungsional untuk Anda miliki. Anda bisa membeli speaker, VR headset, bahkan microphone untuk melengkapi handphone kesayangan. Yuk, kenali lebih jauh seluruh produk tersebut melalui artikel di bawah ini.

Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini, tentu Anda sudah mengetahui beragam tips dalam memilih game controller untuk smartphone. Apakah Anda sudah menemukan produk yang paling diinginkan? Pastikan untuk memilih sesuai dengan kebutuhan Anda, ya!


Bermain game di smartphone akan makin menyenangkan dan mudah dilakukan dengan menggunakan game controller. Berbagai produk dengan spesifikasi dan bentuk berbeda juga tersedia di pasaran. Pilihlah produk yang paling disukai dan nikmati setiap momen permainan Anda. Selamat bermain!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer