10 Rekomendasi Correction Tape Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Correction Tape Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Correction tape berguna untuk menghapus tulisan tangan atau hasil print yang salah. Ada berbagai merek correction tape yang dapat Anda temukan seperti Tombow, Faber Castell, Debozz, Joyko, Kenko dan lain-lain. Tiap merek tentunya memiliki keunggulan dan karakteristik masing-masing.

Mari simak beberapa rekomendasi correction tape terbaik yang telah kami rangkum. Barangkali salah satunya akan menjadi pilihan favorit Anda! Sebelum membeli, Anda juga perlu mempertimbangkan beberapa poin penting dalam memilih correction tape. Jadi, jangan lewatkan tipsnya!

Daftar isi

Cara memilih correction tape

Correction tape sangat berguna untuk siswa, karyawan kantor atau pekerja yang sehari-harinya bersentuhan dengan kertas dan aktivitas menulis. Akan tetapi, tiap produk pasti memiliki perbedaan. Misalnya dalam hal kenyamanan serta kemudahan saat digunakan, kemudahan untuk dibawa atau disimpan, dan lain sebagainya.

Berikut adalah tips cara memilih correction tape yang dapat Anda sesuaikan dengan prioritas Anda.

Kemudahan dan kenyamanan saat digunakan

Semua correction tape dapat digunakan untuk menghapus, namun jika hasilnya terlihat kotor maka tidak akan banyak gunanya. Perhatikan beberapa hal di bawah ini jika Anda menginginkan hasil akhir yang bersih!

Pita yang kendur bisa dikencangkan

Pita yang kendur bisa dikencangkan

Pita yang kendur akan membuat Anda kesulitan untuk menghapus di posisi yang Anda inginkan sehingga hasil koreksinya pun tidak akan terlihat baik.

Agar Anda dapat menghapus di tempat yang tepat, kami sarankan untuk memilih jenis correction tape yang dapat dikencangkan kembali jika pitanya menjadi kendur atau posisinya bergeser.

Merekat dengan baik dan tidak banyak mengelupas

Merekat dengan baik dan tidak banyak mengelupas

Pada saat menggunakan correction tape adakalanya pita saling menempel atau terlipat sehingga permukaan kertas menjadi tidak rata dan malah membuat tampilan tampak kotor. Demikian pula jika pita tidak merekat dengan baik pada kertas.

Jika Anda menginginkan hasil koreksi yang bersih, maka Anda perlu memilih ujung kepala correction tape yang memudahkan Anda menggunakannya tanpa perlu khawatir pita akan terpilin atau terbelit. Selain itu tentunya Anda perlu menetapkan pilihan pada jenis pita tipis yang dapat merekat sempurna serta tidak mudah mengelupas.

Hasil potongan bersih dan jelas

Hasil potongan bersih dan jelas

Pita yang bergerigi akibat tidak terpotong secara sempurna akan menjadi masalah tersendiri pada saat akan digunakan kembali di lain waktu.

Oleh karena itu, pemilihan correction tape yang dapat memberikan potongan akhir dengan baik merupakan salah satu faktor yang perlu Anda perhatikan untuk memperoleh hasil koreksi bersih sempurna.

Dapat mengeringkan tinta dengan cepat

Dapat mengeringkan tinta dengan cepat

Adalah hal yang wajar bila Anda menulis kembali di atas tulisan yang telah dikoreksi. Akan tetapi, jika pita tidak dapat menyerap tinta pena dengan cepat, maka akan membuat kertas dan tangan menjadi kotor manakala tersentuh tangan secara tidak sengaja. Untuk mencegah hal ini, pilihlah jenis correction tape yang mampu membuat tinta mengering dengan cepat.

Pita jenis ini sangat baik digunakan dan akan memberikan hasil akhir yang bersih bahkan jika Anda memakai tinta pena yang lambat mengeringnya.

Tidak menutupi bagian yang perlu dihapus

Tidak menutupi bagian yang perlu dihapus

Ujung kepala correction tape yang terlalu besar akan membuat Anda kesulitan melihat bagian yang akan dikoreksi dan meletakkan ujung kepala di posisi yang tepat. Bila memungkinkan, pilihlah ujung kepala dengan ukuran sekecil mungkin agar tidak menutupi bagian yang perlu dihapus.

Berbagai kemudahan lainnya

Berbagai kemudahan lainnya

Ada beberapa hal lain yang menjadikan correction tape memiliki keunggulan dan kemudahan bagi penggunanya. Misalnya, jenis pita tertentu yang membuat kata yang dikoreksi tidak terlihat dari belakang, mudah dikelupas menggunakan karet penghapus, desain yang detail dan menarik ataupun kemudahan menghapus kesalahan kecil.

Meskipun correction tape jenis ini bergantung kepada kebutuhan si pengguna, berbagai kemudahan yang ditawarkan dapat menjadi pilihan yang patut untuk dipertimbangkan.

Bentuk dan ukuran

Bentuk correction tape tentu beraneka ragam. Bentuk correction tape ini umumnya diciptakan produsen dengan tujuan dan fungsi masing-masing.

Untuk memutuskan correction tape mana yang paling cocok untuk Anda, coba bayangkan kondisi saat akan digunakan dan bagaimana cara memegang yang nyaman dengan mengacu kepada poin-poin berikut.

Posisi horizontal atau vertikal

Posisi horizontal atau vertikal

Correction tape dapat dibagi menjadi tipe vertikal dan horizontal. Model lama biasanya adalah tipe vertikal dan bentuknya dirancang agar dapat mudah digunakan secara vertikal. Tentu Anda dapat menggunakannya ke arah lain, tapi bagi orang tertentu hal ini akan terasa menyulitkan.

Posisi horizontal atau vertikal

Tipe horizontal cocok untuk mengoreksi kata atau kalimat secara horizontal, karena lebih mudah dipegang pada saat Anda menarik secara horizontal.

Ada juga tipe correction tape yang dapat digerakkan bebas secara vertikal dengan memutar bagian kepalanya. Anda dapat menghapus tulisan ke arah yang berbeda. Correction tape jenis ini sangat nyaman dipakai khususnya bila anda sering berhubungan dengan grafik yang memerlukan keluwesan dalam menghapus bagian yang salah .

Posisi horizontal atau vertikal

Sebagai informasi tambahan, correction tape berbentuk pena cenderung lebih stabil dan mudah dipakai secara vertikal maupun horizontal.

Mudah dipegang dan pas di tangan

Mudah dipegang dan pas di tangan

Correction tape yang mudah dipegang akan mudah digunakan. Sebaliknya, jika Anda kesulitan untuk memegang dengan stabil maka Anda akan sulit untuk memakainya dengan baik pula.

Sebagai patokan, pilihlah yang berbentuk agak bulat dan pas di lekukan tangan serta jari Anda. Terutama bagi orang-orang yang belum mahir atau terbiasa menggunakan correction tape, lebih baik memilih correction tape dengan detil seperti yang telah disebutkan tadi.

Mudah untuk dibawa

Mudah untuk dibawa

Correction tape berukuran besar dengan isi pita yang panjang adalah hal yang bagus. Tapi akan menjadi tidak praktis bila ukurannya besar dan tidak muat dalam kotak pensil. Bukannya tidak boleh memilih correction tape berukuran besar, tetapi jika ada ukuran yang lebih kecil, sebaiknya Anda memilih yang ukuran kecil demi kepraktisan. 

Correction tape bentuk pena adalah bentuk yang kami sarankan untuk ditaruh di dalam kotak pensil atau tempat alat tulis.

Dilengkapi dengan tutup

Dilengkapi dengan tutup

Jika ujung kepala dalam posisi terbuka (tidak ada penutup), maka pita dapat menjadi kotor. Tas atau kotak pensil pun bisa ikut menjadi kotor. Jadi sebisa mungkin pilihlah correction tape yang dilengkapi dengan penutup.

Karena tutup dengan ukuran kecil akan mudah hilang, kami menyarankan model correction tape yang tutupnya menyatu dengan bodi atau sistem geser. Model seperti ini lebih memudahkan karena menghemat waktu dan tenaga untuk membuka serta menutupnya.

Dapat diisi ulang

Dapat diisi ulang

Jika Anda tergolong orang yang sering menggunakan correction tape, maka akan sangat menguntungkan apabila Anda memilih pita yang dapat diisi ulang. Selain itu, Anda juga berperan serta dalam pelestarian lingkungan karena telah mengurangi sampah. Untuk itulah, kami sangat merekomendasikan jenis correction tape yang dapat diisi ulang!

Untuk Anda yang kidal

Untuk Anda yang kidal

Banyak modifikasi bentuk correction tape, khususnya tipe horizontal, dengan asumsi digunakan oleh orang yang tidak bertangan kidal. Meskipun bentuknya telah dirancang sedemikian rupa agar mudah digunakan, hal ini tetaplah sulit bagi orang yang kidal.

Bila Anda termasuk orang yang kidal, sebaiknya pilihlah model secara umum tanpa memedulikan tipe vertikal-horizontal atau pertimbangan tangan dominan.

10 Rekomendasi correction tape terbaik

Berdasarkan poin-poin penting di atas maka inilah 10 correction tape terbaik yang kami rekomendasikan untuk Anda miliki. Silakan disimak karena mungkin salah satunya adalah yang Anda cari!

10. Tombow CT-PGX4PGR4

10. Tombow CT-PGX4PGR4

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 15.000

Kuat dan nyaman digunakan

Apakah Anda menginginkan correction tape yang menawarkan kenyamanan dalam pemakaian, stabil dalam genggaman, dan awet digunakan? Correction tape merek Tombow akan jadi pilihan yang tepat untuk Anda. Produk buatan Jepang ini tampil semakin praktis dengan tutup pelindung pada bagian ujung kepala yang menjamin pita akan tetap bersih selama penyimpanan.

Selain itu, correction tape ini juga dapat dikencangkan bila pitanya kendur serta dapat diisi ulang. Produk ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang memprioritaskan produk ramah lingkungan dalam daftar kebutuhan Anda!

9. M&G Dr. Clean 

9. M&G Dr. Clean 

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 169.000

Hasil rapi dan bersih

Kualitas pita yang prima merupakan kelebihan utama dari M&G Dr. Clean. Kelebihannya terletak pada pita yang tipis, bersih, dan dapat langsung ditulis setelah diaplikasikan. Pita dapat menyerap tinta dengan cepat sehingga hasil koreksi pun menjadi bersih dan dapat digunakan pada dokumen hasil fotocopy maupun faks.

Dengan lebar pita 5 mm, correction tape ini juga cocok untuk menghapus tulisan berukuran besar. Tidak hanya itu, dengan M&G Dr. Clean ini Anda akan mendapatkan hasil akhir yang rapi karena pita dapat diputus dengan mudah. ​​Betul-betul sebuah pilihan yang menarik, bukan?

8. Zhilixing Block DIY Creative Puzzle Correction Tape

8. Zhilixing Block DIY Creative Puzzle Correction Tape

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 37.000

Perpaduan fungsi dan kesenangan

Bosan dengan bentuk correction tape yang biasa saja? Apakah Anda mengharapkan keunikan yang lain daripada yang lain? Zhilixing Block DIY Creative Puzzle Correction Tape adalah jawabannya! Produk ini terdiri atas 60 buah keping lego dalam 3 varian warna yang dapat dibongkar pasang.

Menggunakan correction tape tidak pernah mengasyikan seperti ini! Itulah alasan mengapa produk ini amat disukai oleh anak-anak, remaja maupun orang dewasa. Selain itu, produk ini sangat cocok dijadikan sebagai hadiah, suvenir pernikahan, suvenir ulang tahun ataupun isi goodie bag.

7. Debozz DB-CT015

7. Debozz DB-CT015

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 7.000

Harga terjangkau dan awet

Jika Anda mencari correction tape dengan harga terjangkau dan berkualitas, maka produk ini adalah pilihan yang sangat pas bagi Anda. Dengan panjang pita 32 meter dan bahan bodi yang kokoh, membuat Debozz DB-CT015 layak disebut sebagai produk super ekonomis yang awet.

Di bagian samping terdapat kenop untuk memunculkan ujung kepala pita. Kenop tersebut juga sekaligus berfungsi sebagai pelindung agar pita tidak rusak saat disimpan. Material yang nyaman dipegang serta tidak selip di tangan merupakan kelebihan lain dari produk ini. Sungguh suatu pilihan yang patut dipertimbangkan!

6. Tombow CT-CF6

6. Tombow CT-CF6

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 18.000

Pocket size dengan desain imut

Hemat tempat adalah kesan pertama yang akan Anda dapatkan saat melihat correction tape ini. Tidak seperti correction tape kebanyakan, Tombow CT-CF6 hadir dengan desain imut, mini, dan muat untuk di masukkan ke dalam kotak pensil berukuran kecil.

Untuk memanjakan konsumen, Tombow mengusung produk yang nyaman dipakai, pita anti kusut, dan memiliki penutup di ujung kepala untuk mencegah pita menjadi kotor selama penyimpanan. Dengan panjang 6 meter dan lebar 6 mm, produk keluaran Tombow ini siap untuk menjadi pilihan favorit Anda!

5. Kenko Fujiline CT-878

5. Kenko Fujiline CT-878

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 12.000

Merek lawas dengan tampilan kekinian

Siapa yang tidak tahu Kenko? Hampir semua pelajar akrab dengan merek yang satu ini. Seakan tidak mau ketinggalan dengan merek lain, Kenko pun menggandeng Fujicopian untuk menghadirkan kualitas pita yang mumpuni. Dengan ukuran pita 5 mm x 6 meter, Kenko Fujiline CT-878 mampu memberikan hasil koreksi yang bersih dan mulus.

Produk ini dapat diisi ulang dan memiliki sistem retractable yang memudahkan Anda dalam memakai correction tape. Anda tidak perlu lagi repot-repot untuk membuka dan menutup jika ingin memakainya.

4. Faber Castell QJR-506

4. Faber Castell QJR-506

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 26.500

Teknologi canggih dengan harga ekonomis

Bukan Faber Castell namanya jika tidak menghadirkan produk terbaik. Dengan teknologi double wings, Faber Castell QJR-506 menghasilkan pita yang tidak mudah terbelit dan dapat menempel sempurna pada kertas. Dilengkapi juga dengan sistem rectractable yang dapat mencegah ujung correction tape patah.

Faber Castell mendukung gerakan ramah lingkungan dengan produknya yang dapat diisi ulang. Model correction tape berbentuk pena yang mudah digenggam keluaran Faber Castell ini patut dinobatkan sebagai salah produk unggulan yang layak Anda pilih!

3. Plus Whiper MR WH-605 

3. Plus Whiper MR WH-605

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 20.000

Fungsi ganda yang memudahkan pemakaian

Bentuknya yang simpel membuat Plus WH-605 banyak diminati. Dengan ukuran pita 5 mm x 6 meter dan berujung kepala kecil, produk ini akan sangat memudahkan Anda dalam mengoreksi tulisan. Tinta hasil koreksi pun cepat kering karena diserap oleh pita berkualitas baik.

Ujung kepalanya yang fleksibel membuat pita menempel kuat pada kertas. Yang lebih spesial lagi, correction tape ini dapat dipakai dalam dua cara. Tarik untuk menghapus kalimat, dorong untuk menghapus huruf. Sungguh menarik!

2. Kenko CT-821

2. Kenko CT-821

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 13.000

Hadir dengan kapasitas isi lebih banyak

Kemudahan demi kemudahan dihadirkan oleh Kenko demi kenyamanan Anda. Mulai dari jenis pita berkualitas baik hingga ke sistem retractable yang membuat ujung kepala menjadi aman dan tidak mudah patah. Bukan hanya itu, Kenko CT-821 semakin unggul dengan isi yang lebih panjang plus bonus isi ulang di dalam setiap paket penjualan.

Selain itu, karena bentuknya yang menyerupai pena, correction tape ini mudah digenggam dan tidak memerlukan banyak ruang untuk penyimpanan. Desain bodi yang transparan membantu Anda melihat kondisi correction tape apakah akan segera habis atau belum.

1. Joyko CT-554

1. Joyko CT-554

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 12.000

Super long life correction tape

Correction tape yang satu ini betul-betul tahan lama. Bagaimana tidak, dengan panjang yang fantastis yakni 40 meter, produk keluaran Joyko ini tak pelak lagi mengungguli produk lainnya. Tidak berlebihan jika Joyko CT-554 disebut sebagai super long life correction tape.

Bodinya yang kokoh menjadikan produk ini awet dipakai. Bertambah istimewa dengan kualitas pita yang tidak mudah mengelupas dan memiliki penutup kepala. Tersedia dalam 3 pilihan warna yaitu biru, hijau, dan merah. Produk Joyko ini sangat cocok untuk Anda yang sering menggunakan correction tape.

Tips untuk menghilangkan noda correction tape atau correction fluid

Tips untuk menghilangkan noda correction tape atau correction fluid

Adakalanya correction tape maupun correction fluid meninggalkan noda pada meja ataupun baju Anda. Oleh karena itu, ada baiknya Anda mengetahui cara yang tepat untuk membersihkannya.

Correction tape mudah dikelupas setelah kering. Namun berhati-hatilah saat Anda melakukan pengelupasan agar tidak merusak objek tempatnya menempel.

Correction fluid yang menempel pada kaca, logam, plastik atau kulit dapat dibersihkan dengan mudah memakai kain basah. Akan tetapi, jika masih belum hilang sepenuhnya, Anda dapat menyekanya kembali dengan menggunakan kain yang dicelup alkohol.

Harap diperhatikan bahwa membersihkan noda correction fluid menggunakan pelarut seperti benzena atau bahan pengencer lainnya, karena bisa jadi malah semakin mengotori benda yang akan dibersihkan. Benda yang terbuat dari kayu, kulit, batu, dan kertas akan sangat sulit dibersihkan bila terkena correction fluid. Jadi sebaiknya Anda lebih berhati-hati saat menggunakannya di dekat bahan-bahan tersebut.

Kesimpulan

Bagaimana menurut Anda? Correction tape banyak digunakan di mana-mana. Sekilas terlihat sama, tapi tiap produsen pasti mempunyai karakteristik tersendiri. Masing-masing memiliki struktur dan fungsi yang ingin ditonjolkan. Semoga rekomendasi kami membantu Anda untuk menemukan correction tape terbaik yang sesuai dengan keinginan Anda!