1. TOP
  2. >
  3. Peralatan kantor & alat tulis
  4. >
  5. Alat tulis
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Correction Tape Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Correction Tape Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Correction Tape Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Correction Tape Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Correction Tape Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Correction Tape Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Correction Tape Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Correction tape, disebut juga tipe x kertas atau stipo kertas, berguna untuk menghapus tulisan dan cetakan yang salah. Ada berbagai merek correction tape yang dapat Anda temukan, seperti Tombow, Faber-Castell, Debozz, dan Joyko. Setiap merek tentunya memiliki keunggulan dan karakteristik masing-masing.

Namun, Anda mungkin kebingungan memilih produk yang sesuai. Karena itu, kami ingin menjelaskan beberapa cara memilih yang harus diperhatikan sebelum membeli. Kami juga akan mencantumkan beberapa rekomendasi produk untuk membantu Anda menemukan correction tape yang bagus. Simak tips-tips di bawah ini sampai tuntas, ya!
Diperbaharui 04-04-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih correction tape

Sebelumnya, kami akan menjelaskan kiat-kiat memilih correction tape yang terbaik bagi Anda. Silakan gunakan poin-poin berikut ini sebagai referensi agar Anda bisa membeli produk yang sesuai.

① Periksa arah penggunaan tape

Dilihat dari cara menggunakannya, terdapat dua tipe correction tape. Ada correction tape yang dapat digunakan secara searah (horizontal dan vertikal) serta tipe ganda. Untuk membantu Anda menentukan pilihan, akan kami jelaskan karakter keduanya.

Tipe searah, mudah digunakan di berbagai bidang

Tipe searah, mudah digunakan di berbagai bidang

Kebanyakan produk correction tape di pasaran adalah tipe searah. Tipe ini mudah digunakan pada berbagai bidang, seperti buku atau dokumen. Baik tipe vertikal maupun horizontal, keduanya memiliki pita yang hanya bisa ditarik ke satu arah saja.


Tipe vertikal serta horizontal memiliki cara penggunaan yang mirip. Namun, cara penggunaan ke arah lainnya akan lebih menyulitkan. Misalnya, produk tipe vertikal akan lebih sulit dipakai secara horizontal, begitu juga sebaliknya. Kedua correction tape tipe ini juga sulit digunakan oleh orang kidal.

Tipe ganda, cocok untuk mengoreksi tabel dan grafik

Tipe berikutnya adalah tipe ganda yang dapat dengan mudah mengoreksi tabel dan grafik yang bertulisan detail. Tabel dan grafik sering kali memiliki banyak data dengan tulisan yang berdempet dan tersebar ke berbagai arah. 


Nah, tipe ini memiliki kepala yang dapat digunakan ke dua arah sehingga Anda bebas menyesuaikan arah tarikannya. Dengan menggunakan tipe ini, Anda tidak perlu repot mengganti tangan untuk menggenggam correction tape saat mengoreksi dokumen.


Apabila Anda kidal, tipe ini akan lebih mudah digunakan. Kebanyakan correction tape memiliki desain yang lebih cocok untuk pengguna tangan kanan. Karena itu, orang kidal sering kesulitan menggunakan correction tape tipe vertikal maupun horizontal. Dengan adanya correction tape tipe ganda, Anda dapat dengan mudah menggenggam produk dengan tangan mana pun.

② Sesuaikan tape dengan lebar karakter atau huruf

Sesuaikan tape dengan lebar karakter atau huruf

Kami sarankan Anda untuk memilih lebar pita sesuai dengan ukuran karakter yang akan dikoreksi. Jika ukurannya lebih kecil dari karakter, tulisan tak bisa sepenuhnya tertutupi oleh pita. Sebaliknya, pita yang terlalu lebar akan menutupi tulisan lain sehingga tidak bisa dibaca dengan baik.


Beberapa dari Anda mungkin kesulitan menentukan lebar pita correction tape yang tepat. Dalam hal ini, Anda harus mengetahui bahwa lebar standar pita correction tape adalah 5 mm. Pita dengan lebar 5 mm dapat menutupi font dengan ukuran 11 pt (3,8 mm) dan 12 pt (4,2 mm). Kedua ukuran font ini merupakan ukuran standar yang sering dipakai pada dokumen.


Selain itu, gunakanlah pita selebar 2,5 mm pada notebook dengan jarak antarspasi yang sempit. Pita berukuran 4 mm dapat dipakai untuk menutupi huruf kecil. Sementara itu, untuk mengoreksi huruf berukuran cukup besar, gunakan pita yang berukuran 6 mm.

③ Perhatikan ukuran kepala correction tape

Perhatikan ukuran kepala correction tape
Sumber: tombow.com

Jangan lupa untuk mengecek berbagai ukuran dan jenis kepala dari produk pilihan Anda. Kami merekomendasikan kepala yang transparan dengan ukuran yang kecil. Apabila kepala terlalu besar, Anda akan kesulitan untuk melihat tulisan yang ingin dikoreksi. Sebisa mungkin pilihlah produk dengan kepala yang memiliki tutup agar pita tak mudah kotor. Selain itu, penutup juga melindungi pita saat tak digunakan.


Belakangan ini, ada juga correction tape yang berbentuk seperti pena. Bagian tape-nya bisa dimasukkan dan dikeluarkan dengan satu tangan. Tipe ini direkomendasikan untuk orang yang ingin menggunakan correction tape dengan lebih mudah dan efisien.

④ Pilih yang pas di tangan dan nyaman digenggam

Pilih yang pas di tangan dan nyaman digenggam
Sumber: tombow.com

Pastinya Anda menginginkan produk yang nyaman digunakan. Produk yang memiliki banyak sudut akan sulit dipegang. Dalam hal ini, Anda dapat mempertimbangkan correction tape yang wadahnya bundar atau berbentuk serupa pena yang mudah digunakan. Tipe ini memiliki cara penggunaan mirip seperti memegang pena biasa.


Correction tape juga akan sulit digunakan apabila ukurannya tidak sesuai dengan besar tangan Anda. Jadi, pilihlah ukuran yang pas digenggam tangan dengan sedikit bagian yang menonjol. Bentuk seperti ini akan memudahkan penggunaan. Berhati-hatilah agar tidak memilih produk yang terlalu besar atau terlalu kecil untuk ukuran tangan Anda.

⑤ Periksa kemampuan isi ulang

Periksa kemampuan isi ulang
Sumber: tombow.com

Correction tape terbagi menjadi dua tipe berdasarkan kemampuannya untuk digunakan kembali setelah isinya habis. Tipe pertama adalah tipe yang dapat diisi ulang dan kedua adalah tipa sekali pakai. Kalau Anda sering menggunakannya, kami menyarankan Anda memilih tipe yang dapat diisi ulang. Tipe ini lebih ekonomis dan bersahabat untuk lingkungan karena mengurangi sampah.


Namun, jika Anda suka mencoba berbagai produk, gunakanlah tipe sekali pakai. Ketika habis, Anda bisa langsung menggantinya dengan produk baru, tanpa perlu repot mengganti pitanya. 

⑥ Perhatikan kemudahan dalam mengencangkan pita

Perhatikan kemudahan dalam mengencangkan pita

Pita yang kendur akan memperlambat pekerjaan Anda karena correction tape jadi sulit diposisikan untuk menghapus area yang diinginkan. Apabila Anda sering menggunakan correction tape, pilih produk yang pitanya mudah dikencangkan.


Produk yang dapat mengencangkan pita secara otomatis setelah digunakan akan memperlancar pekerjaan Anda. Jika sulit menemukan produk dengan mekanisme otomatis ini, pilihlah produk yang pitanya dapat dikencangkan dari luar casing secara manual. Kemampuan tersebut dapat membantu Anda bekerja dengan lebih efisien.

10 Rekomendasi correction tape terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk correction tape terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Faber-Castell

Correction Tape

Faber-Castell Correction Tape 1枚目

Adanya mekanisme retractable memastikan pita selalu terlindungi

2

Deli

Correction Tape Design Sakura

Deli Correction Tape Design Sakura 1枚目

Kelembutan bunga sakura sebagai teman belajar

3

JOYKO

Correction Tape Batik Series

JOYKO Correction Tape Batik Series 1枚目

Desain batik yang terinspirasi dari kearifan lokal

4

Tombow

Correction Tape

Tombow Correction Tape 1枚目

Desain ergonomis, lebih mudah digenggam tangan

5

Debozz

Correction Tape Debozz

Debozz Correction Tape Debozz 1枚目

Heat resistant dan harga bersahabat

6

Faber-Castell

Correction Tape QDR

Faber-Castell Correction Tape QDR 1枚目

Dua macam penghapus dalam satu produk

7

Joyko

Correction Tape

Joyko Correction Tape 1枚目

Koreksinya begitu menyatu hingga tidak tampak pada fotokopi

8

PLUS

Plus Whiper MR

PLUS Plus Whiper MR  1枚目

Kegunaan ganda yang memudahkan pemakaian

9

TOMBOW

Correction Tape

TOMBOW Correction Tape 1枚目

Antikusut berkat adanya mekanisme anti-backwind!

10

Macro

Correction Tape Macro

Macro Correction Tape Macro 1枚目

Desain menggemaskan terinspirasi dari karakter LINE

Perincian produk
Close
No.1

Faber-CastellCorrection Tape QJR-506

Mulai dari Rp43.700,00

Adanya mekanisme retractable memastikan pita selalu terlindungi

Bagian kepala pada correction tape merupakan salah satu part yang terpenting. Apabila kepalanya rusak, produk otomatis menjadi tidak bisa digunakan. Untungnya produk ini memiliki mekanisme retractable yang memberikan perlindungan ekstra pada bagian kepala. Dengan begitu, bagian kepalanya dapat dengan mudah dimasukkan kembali saat tidak digunakan.


Selain itu, fungsi retractable memudahkan Anda menggunakan correction tape dengan satu tangan. Anda cukup menekan satu tombol saja untuk menggunakannya, layaknya menggunakan pulpen biasa!

No.2

DeliCorrection Tape Design Sakura71540

Mulai dari Rp8.500,00

Kelembutan bunga sakura sebagai teman belajar

Mungkin Anda berencana menghadiahkan correction tape kepada putri atau adik yang masih duduk di bangku sekolah. Jika demikian, pilih yang kemasannya apik seperti produk ini, ya. Gambar bunga sakuranya memancarkan kelembutan dan ketenangan. Warnanya juga menenangkan.


Tipe x ini bukan sekadar menjual keindahan kemasan. Para pembeli kerap memuji performanya yang lancar dan jarang macet. Jadi, tunggu apa lagi? Segera masukkan produk ini ke daftar alat tulis yang harus dimiliki.

No.3

JOYKOCorrection Tape Batik SeriesCT-549

Mulai dari Rp10.900,00

Desain batik yang terinspirasi dari kearifan lokal

Correction tape ini dihiasi dengan corak batik khas Indonesia. Produk ini menyediakan tiga varian motif batik yang klasik. Apakah Anda mencintai budaya Indonesia? Bangkitkan rasa nasionalisme Anda setiap kali menggunakan produk ini!


Hal menarik lainnya dari produk ini ialah panjang pita yang mencapai 30 meter. Meski termasuk correction tape sekali pakai, produk ini awet dipakai untuk jangka waktu lama, lho! Memakai produk ini dapat membantu menjaga lingkungan karena mengurangi sampah.

No.4

TombowCorrection TapeCT-CC5

Mulai dari Rp8.000,00

Desain ergonomis, lebih mudah digenggam tangan

Apakah Anda menginginkan correction tape yang nyaman digunakan dan awet? Produk ini menawarkan desain ergonomis yang pas untuk digenggam tangan! Bentuk pegangan yang sedikit lebih lancip pada ujungnya membuat produk ini tetap stabil di genggaman tangan Anda. 

Karena desainnya yang unik dan nyaman, Anda tidak akan merasa pegal saat menggunakannya dalam waktu lama. Di pihak lain, correction tape ini juga didesain supaya pitanya tidak mudah kendur dan bergerak mundur. Produk ini cocok untuk menemani pekerjaan Anda sehari-hari.

No.5

DebozzCorrection Tape DebozzDB-CT007

Mulai dari Rp4.500,00

Heat resistant dan harga bersahabat

Jika Anda mencari correction tape dengan harga terjangkau, merek ini bisa menjadi pilihan tepat. Debozz mengeluarkan correction tape dengan harga yang sangat bersahabat. Meskipun begitu, kualitas dan fungsionalitasnya tetap terjamin. 


Selain itu, produk ini dibuat dengan teknologi terkini sehingga lebih tahan terhadap suhu panas. Pita tidak akan menempel satu sama lain meski disimpan untuk waktu yang lama pada suhu hangat. Kalau Anda sekadar ingin melengkapi alat tulis dengan correction tape, tetapi jarang menggunakannya, produk ini sangat cocok Anda miliki!

No.6

Faber-CastellCorrection Tape QDR

Mulai dari Rp20.100,00

Dua macam penghapus dalam satu produk

Alat tulis yang berbeda membutuhkan penghapus yang berbeda pula. Jika Anda kerap berganti alat tulis, mungkin Anda akan merasa repot jika harus membawa berbagai penghapus. Dalam konteks ini, Anda perlu meninjau produk yang memiliki fungsi ganda.


Salah satu produk tersebut dikeluarkan oleh Faber-Castell. Selain tipe x kertas untuk menghapus pena, Anda akan menjumpai penghapus pensil. Produk ini juga dilengkapi double wings yang mencegah pita terbelit. Correction tape Anda pun akan lebih awet.

No.7

JoykoCorrection TapeCT-557

Mulai dari Rp7.800,00

Koreksinya begitu menyatu hingga tidak tampak pada fotokopi

Kehadiran stipo kertas memang bertujuan merapikan tulisan Anda saat ada kesalahan. Namun, terkadang Anda masih belum puas karena jejaknya masih kentara. Untuk itu, kami merekomendasikan produk ini.


Produk dari Joyko ini mengeklaim bahwa hasil koreksinya tidak akan tampak saat difotokopi. Selain itu, stipo kertas ini cepat kering sehingga Anda bisa langsung menulis di atasnya. Alat tulis yang digunakan tidak terbatas pada pena, tetapi juga pensil dan marker. Nah, pencinta kerapian harus punya produk ini di kotak alat tulis!

No.8

PLUSPlus Whiper MR WH-605

Mulai dari Rp20.000,00

Kegunaan ganda yang memudahkan pemakaian

Produk yang satu ini sudah tidak asing di Indonesia. Selain kualitasnya yang superior, terdapat mekanisme yang membuatnya lebih efisien. Ya! Correction tape ini dapat dipakai dalam dua cara. Dorong untuk menghapus area sempit, tarik untuk menghapus area yang lebih panjang. Sungguh menarik!

Hal menarik lainnya adalah pita yang dapat langsung menyerap tinta. Jika Anda harus banyak menulis, produk ini layak Anda miliki. Anda bisa langsung menulis tanpa khawatir kertas ternodai oleh tinta yang belum kering. Kedua keunggulan inilah yang menjadikan produk ini menjadi makin menarik.

No.9

TOMBOWCorrection TapeCT-CF6

Mulai dari Rp14.400,00

Antikusut berkat adanya mekanisme anti-backwind!

Terkadang correction tape bermasalah saat pita mendadak diputar ke arah berlawanan. Akhirnya, pita menjadi kusut dan Anda harus memperbaiki dengan cara membuka casing-nya. 


Nah, produk ini memiliki mekanisme anti-backwind untuk mencegah terjadinya kekusutan pita. Dengan mekanisme tersebut, pita yang macet dapat teratasi. Anda dapat bekerja dengan lebih mulus dan efisien berkat produk antikusut ini.

No.10

MacroCorrection Tape MacroBrown dan Sally

Mulai dari Rp18.000,00

Desain menggemaskan terinspirasi dari karakter LINE

Brown dan Sally siap menemani hari-hari Anda! Karakter favorit dari aplikasi LINE kini hadir dalam bentuk correction tape yang menggemaskan. Dengan alat-alat tulis berdesain imut, tentunya Anda akan lebih bersemangat mengerjakan berbagai tugas.


Di balik desainnya yang simpel, produk ini memiliki kegunaan unik. Terdapat satu tombol yang dapat Anda geser untuk menyimpan ujung kepala correction tape saat tidak digunakan. Karena itu, kepalanya dapat selalu terlindungi dengan sempurna! Anda yang suka desain praktis dan fungsional perlu mempertimbangkan produk ini.

Cara memperbaiki tipe x kertas

Cara memperbaiki tipe x kertas

Jika correction tape Anda rusak, apakah Anda harus membuangnya? Padahal, bisa jadi Anda baru saja membelinya. Jika demikian, coba Anda cek cara memperbaiki correction tape atau tipe x yang rusak berikut ini: 


  1. Bongkar tipe x kertas Anda. Setelah itu, lepas roda yang lebih kecil (biasanya berada di tengah). Sisakan sedikit pita pada roda kecil tersebut. Pisahkan sejenak.
  2. Mari perhatikan kembali roda gulungan pita. Rentangkan pita yang terlipat, lalu potong bagian tersebut hingga menyisakan bagian pita yang masih halus. Selanjutnya, buang pita yang sudah terlipat.
  3. Rapikan sisa pita dan rentangkan mengikuti jalur pita hingga tiba di kepala tipe x
  4. Dengan menggunakan selotip, rekatkan kedua ujung pitanya dan pasang roda kecil ke tempat semula.
  5. Pasang kembali penutup tipe x dan tipe x pun bisa kembali digunakan.

Baca juga rekomendasi alat tulis lainnya di sini

Selain memilih correction tape yang tepat, Anda memerlukan macam-macam alat tulis lainnya untuk bekerja dengan lebih efisien. Untuk itu, silakan baca berbagai artikel di bawah ini untuk mengetahui rekomendasi peralatan tulis lainnya. 

Kesimpulan

Correction tape merupakan alat penting yang dapat membantu Anda mengerjakan tugas sekolah maupun kantor dengan lebih efektif. Dengan menggunakan produk yang tepat, pekerjaan Anda dapat lebih cepat selesai.

Walau sekilas terlihat sama, setiap produsen pastinya memiliki karakteristik, struktur, dan kegunaan tambahan yang menarik. Semoga rekomendasi kami dapat membantu Anda menemukan correction tape terbaik yang sesuai dengan kebutuhan. Selamat memilih dan berbelanja!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer