1. TOP
  2. >
  3. Handphone & tablet
  4. >
  5. Tablet
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Tablet Windows Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Tablet Windows Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Tablet Windows Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Tablet Windows Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Tablet Windows Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Tablet Windows Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Tablet Windows Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Tablet Windows memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan smartphone. Dengan begitu, tablet memiliki beberapa keunggulan, seperti lebih nyaman dipakai untuk membaca, browsing, dan lainnya. Tablet Windows juga mempunyai beragam fitur yang memudahkan Anda dalam urusan bisnis dan pekerjaan. 


Kali ini, kami akan membahas hal-hal yang perlu diperhatikan saat memilih tablet Windows. Kemudian, kami juga akan mengulas dan merekomendasikan sepuluh produk tablet Windows yang bagus, seperti Lenovo, Microsoft, dan merek lainnya. Silakan pahami setiap poin yang kami jabarkan dan temukan produk sesuai kebutuhan Anda. Selamat membaca!

Diperbaharui 08-11-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Mengenal keunggulan tablet Windows

Mengenal keunggulan tablet Windows

Pada umumnya, ada tiga jenis sistem operasi (OS) yang terpasang pada tablet, yakni Android, iOS, dan Windows. Tiap-tiap produk memiliki fitur dan keunggulannya masing-masing. Pada kesempatan  ini, kami akan memperkenalkan sistem operasi Windows pada tablet beserta kelebihannya.


Sama seperti perangkat komputer, OS Windows cocok digunakan untuk urusan pekerjaan dan bisnis. Terlebih jika Anda sering bepergian, tablet Windows menjadi perangkat yang praktis dibawa dan digunakan di mana pun. Beberapa produk tablet Windows sudah langsung terinstal dengan Microsoft Office. Dengan begitu, Anda dapat menyelesaikan pekerjaan lebih mudah, seperti memeriksa presentasi sebelum bertemu mitra bisnis.


Kelebihan lainnya, tablet Windows kompatibel dengan Windows yang terpasang di PC. Dengan demikian, dokumen yang dibuat di komputer dapat diedit di tablet Windows tanpa gangguan. Sementara itu, jika Anda mengeditnya di tablet Android atau iOS, Anda mungkin tidak bisa menemukan fitur yang dibutuhkan. Hal ini tentu akan mengganggu pekerjaan dan produktivitas Anda.

Cara memilih tablet Windows

Selanjutnya, kami akan memperkenalkan beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum memilih tablet Windows. Bacalah dengan teliti setiap poinnya dan temukan jenis tablet yang Anda butuhkan. 

① Sesuaikan ukuran tablet dengan tujuan penggunaan

Tablet Windows memiliki ukuran yang bervariasi, mulai dari ukuran kecil, menengah, dan besar. Ukuran yang sering ditemukan di pasaran adalah 7–9 inci dan 10 inci atau lebih besar. Jenis ukuran tablet ini disesuaikan dengan kepentingan Anda menggunakan tablet. 

Ukuran 7–9 inci, nyaman digunakan untuk browsing dan membaca

Ukuran 7–9 inci, nyaman digunakan untuk browsing dan membaca

Apabila Anda hendak menggunakan tablet untuk membaca atau browsing saat berada di perjalanan, ukuran 7–9 inci direkomendasikan. Jenis ukuran ini biasanya lebih compact, tidak terlalu besar sehingga mudah dibawa. Hal ini karena ukurannya hanya sebesar hardcover buku sehingga tidak merepotkan saat dibawa


Tablet dengan ukuran ini masih cukup nyaman jika Anda hendak memutar video di YouTube atau mengedit dokumen. Namun, apabila Anda melakukan browsing video dalam waktu lama atau melakukan pekerjaan kantor, ukurannya terasa terlalu kecil. Sayangnya, tablet Windows dengan kelas ukuran 7–9 inci ini sudah jarang ditemukan di Indonesia. Artikel rekomendasi berikut mungkin dapat Anda jadikan referensi. 

Ukuran 10 inci atau lebih, untuk keperluan bisnis dan penggunaan dalam durasi lama

Ukuran 10 inci atau lebih, untuk keperluan bisnis dan penggunaan dalam durasi lama

Tablet berukuran 10 inci atau lebih direkomendasikan untuk urusan pekerjaan atau penggunaan dalam waktu lama. Anda dapat menggunakan tablet ini layaknya sebuah laptop sehingga dapat menyelesaikan pekerjaan lebih nyaman. Tablet dengan ukuran ini juga direkomendasikan untuk Anda yang bekerja dengan menggunakan software Microsoft Office


Meskipun demikian, tukuran tablet ini cukup sulit jika dioperasikan dengan menggunakan satu tangan. Itulah mengapa beberapa produk sudah dilengkapi tab stand yang mudah dibuka bila perlu. Lalu, ada juga tablet dengan ukuran ini mempunyai fitur 2-in-1 PC, yakni tablet yang bisa digunakan seperti laptop. Jadi, jangan lupa untuk memeriksa dengan teliti lagi. Beberapa produk dari artikel di bawah ini dapat Anda jadikan referensi.

② Periksa kapasitas memori dari tablet Windows

Periksa kapasitas memori dari tablet Windows

Saat hendak membeli tablet, pilihlah produk dengan performa sesuai dengan kebutuhan Anda. Berdasarkan jenis aplikasinya, tablet Windows sering menjalankan aplikasi yang sama dengan Windows pada PC. Dengan demikian, kami menyarankan untuk menggunakan aplikasi yang tidak membutuhkan memori besar.


  • RAM minimal 2GB dan CPU Celeron atau Pentium Gold, untuk browsing atau mengerjakan pekerjaan kantor. 
  • RAM 4 GB ke atas dan CPU seri Core, untuk pekerjaan berat, seperti memproses gambar, mengedit video, atau bermain game.

Anda juga perlu mempertimbangkan kapasitas penyimpanan pada tablet. Apabila Anda tidak menggunakan layanan Cloud atau memori eksternal, pilihlah tablet dengan ROM 64 GB atau lebih.

③ Jangan lupa cek ketersediaan Microsoft Office

Jangan lupa cek ketersediaan Microsoft Office

Jika Anda hendak menggunakan tablet Windows untuk tujuan bisnis, periksa juga apakah Microsoft Office-nya sudah terinstal. Microsoft Office adalah sekelompok software yang sering digunakan dalam urusan pekerjaan, seperti Word, Excel, dan PowerPoint. Jika tablet sudah tersedia paket Office, Anda pun dapat melakukan pekerjaan kantor dengan baik dan tanpa gangguan.


Sebagai tambahan, Anda juga harus memeriksa jenis Office yang terpasang. Jika Office yang digunakan adalah versi untuk komputer, kemungkinan saat digunakan pada tablet terjadi masalah dalam tampilannya. Perlu Anda perhatikan, Office Mobile dapat melakukan pekerjaan-pekerjaan dasar, tetapi fungsinya terbatas. Dengan begitu, Anda perlu berhati-hati ketika akan melakukan pekerjaan dengan tingkatan yang sulit di Office.

④ Pastikan jumlah dan jenis port yang tersedia sesuai dengan kebutuhan Anda

Pastikan jumlah dan jenis port yang tersedia sesuai dengan kebutuhan Anda

Jika memakai tablet Windows, Anda mungkin juga akan menggunakan perangkat periferal PC, seperti USB flashdisk. Maka dari itu, penting untuk memastikan ketersediaan slot USB pada tablet. Hal ini akan membuat pekerjaan Anda menggunakan tablet menjadi lebih mudah.


Biasanya, pada tablet Windows sudah tersedia slot USB standar (USB Tipe-A). Slot USB Tipe-A ini sering digunakan untuk menghubungkan mouse dan keyboard portabel. Dengan begitu, tablet Windows dapat difungsikan layaknya komputer atau laptop.


Selain itu, beberapa produk dilengkapi dengan slot microUSB atau USB Tipe-C yang dapat terhubung dengan smartphone Anda. Dengan begitu, Anda dapat mentransfer data dan melakukan charging pada smartphone. Anda juga bisa melakukan hal tersebut di port USB Tipe-A dengan menggunakan kabel konversi. Jenis kabel ini ini dijual terpisah dan dapat ditemukan di toko online Indonesia.

10 Rekomendasi produk tablet Windows terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk tablet Windows terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

ASUS

Vivobook Flip 14

ASUS Vivobook Flip 14 1枚目

Lebih durable dengan engsel superkuat!

2

HP

Pavilion x360

HP  Pavilion x360 1枚目

Noise cancellation audio, virtual meeting lebih fokus

3

Microsoft

Surface Pro 7

Microsoft Surface Pro 7  1枚目

Performa luar biasa, tetap kuat jalankan banyak aplikasi berat

4

Microsoft

Surface Go 2

Microsoft  Surface Go 2 1枚目

Desain elegan dengan kesan mewah saat berada di mana saja

5

Axioo

MyBook Go

Axioo MyBook Go 1枚目

RIngan dan sangat praktis untuk dibawa bepergian

6

Lenovo

Yoga 7i

Lenovo Yoga 7i 1枚目

Tingkatkan produktivitas para ilustrator dan editor di mana saja

7

Alldocube

iWork20 Pro

Alldocube  iWork20 Pro  1枚目

Dilengkapi berbagai fitur dengan body metal yang kukuh

8

Lenovo

ThinkPad X12 Detachable Tablet

Lenovo ThinkPad X12  Detachable Tablet 1枚目

Aman simpan hingga 1 TB data dengan sistem keamanan terbaik

9

Chuwi

SurBook 2in1 Convertible Tablet

Chuwi SurBook 2in1 Convertible Tablet 1枚目

Sistem canggih untuk jaga tablet tetap dingin saat bekerja

10

Teclast

X16

Teclast X16 1枚目

Layar tablet beresolusi tinggi, menonton film jadi lebih menyenangkan

Perincian produk
Close
No.1

ASUSVivobook Flip 14TP412

Mulai dari Rp7.099.000,00

Lebih durable dengan engsel superkuat!

Kebanyakan user mengkhawatirkan kekuatan engsel pada laptop konvertibel yang dibelinya. Namun, Anda tak perlu memiliki kekhawatiran yang sama apabila menggunakan ASUS Vivobook ini. Diklaim tahan dibuka tutup hingga 20.000 kali, laptop ini akan setia menemani kesibukan Anda. Ditenagai prosesor Core i5, semua pekerjaan kantor atau tugas kuliah tentu bisa Anda kerjakan dengan lebih nyaman.

No.2

Noise cancellation audio, virtual meeting lebih fokus

Produk ini bisa menjadi pilihan jika Anda sering bekerja dengan melakukan virtual meeting. Salah satu keunggulan dari tablet ini adalah sistem audio dari Bang & Olufsen dengan fitur noise cancellation. Anda pun dapat mendengar lawan bicara seolah-olah seperti sedang berhadapan langsung. Dengan begitu, Anda bisa lebih fokus saat rapat bersama rekan kerja atau partner bisnis Anda.

No.3

MicrosoftSurface Pro 7

Mulai dari Rp11.875.000,00

Performa luar biasa, tetap kuat jalankan banyak aplikasi berat

Microsoft Surface Pro 7 menghapus stigma bahwa tablet tidak bisa melakukan pekerjaan berat seperti laptop. Tablet ini mempunyai processor i5 yang mampu mengoperasikan aplikasi berat seperti Adobe Premier Pro dan sejenisnya. Produk ini direkomendasikan untuk Anda yang mencari tablet dengan kinerja tinggi.


Tidak hanya performanya, ketahanan daya baterainya pun luar biasa, diklaim dapat terus menyala selama 10,5 jam. Daya tahan baterai tablet ini tertinggi di kelasnya. Bentuknya yang ramping dan ringan hanya berkisar 775 gram sehingga Anda membawa tablet ini dengan mudah.

No.4

Microsoft Surface Go 2

Mulai dari Rp7.750.000,00

Desain elegan dengan kesan mewah saat berada di mana saja

Untuk Anda yang menginkan produk dengan tampilan mewah dan memiliki performa luar biasa, tablet ini bisa jadi pilihan. Microsoft Surface Go 2 terbuat dari material magnesium dengan warna perak, membuatnya tampak modern. Tablet ini memiliki portabilitas yang tinggi, Anda dapat menggunakannya untuk kepentingan pekerjaan ataupun menjadi teman perjalanan.

No.5

RIngan dan sangat praktis untuk dibawa bepergian

Bagi Anda yang suka traveling atau suka bekerja dengan berpindah-pindah tempat, tablet Axioo ini solusinya. Pasalnya, berat tablet ini hanyalah 640 gram. Dengan berat seringan itu, tablet ini tentu tak akan terlalu membebani bawaan Anda. Selain itu, tablet ini juga sudah dilengkapi penyangga serta kamera yang cukup komplet. Hal itu memungkinkan Anda melakukan online meeting dengan rapi di mana dan kapan saja. 

No.6

Tingkatkan produktivitas para ilustrator dan editor di mana saja

Lenovo Yoga 7i didesain agar para ilustrator atau editor tetap produktif di mana pun. Kami menyarankan tablet ini jika Anda bekerja di bidang kreatif, seperti ilustrator, komikus, atau sejenisnya. Tablet ini mempunyai create pad yang sensitif dengan layar yang didukung Intel®Iris®Xegraphics. Anda pun dapat bekerja di mana saja sehingga produktivitas Anda meningkat.

No.7

Alldocube iWork20 Pro

Mulai dari Rp4.999.000,00

Dilengkapi berbagai fitur dengan body metal yang kukuh

Jika Anda membutuhkan tablet dengan harga relatif terjangkau, kami menyarankan salah satu produk dari Alldocube ini. Meskipun demikian, tablet ini mempunyai beragam keunggulan, salah satunya adalah pogopin magnetic keyboard yang mudah dilepas-pasang. Hal ini akan memudahkan Anda untuk bekerja di mana saja. Kemudian, tablet ini terbuat dari metal premium sehingga diklaim cukup kuat dan tahan lama.

No.8

LenovoThinkPad X12 Detachable Tablet

Mulai dari Rp15.499.000,00

Aman simpan hingga 1 TB data dengan sistem keamanan terbaik

Apabila Anda membutuhkan tablet dengan tingkat keamanan tinggi, Lenovo ThinkPad X1 bisa jadi pertimbangan. Tablet ini memiliki fitur ThinkShield security solutions. Sistem ini membangun keamanan berlapis sehingga data-data penting Anda tidak mudah diretas.


Kemudian, tablet ini juga memiliki kapasitas memori hingga 1 TB. Bayangkan, Anda bisa menyimpan banyak dokumen yang bervariasi. Itulah mengapa tablet ini cocok untuk Anda yang supersibuk dan aktif.

No.9

ChuwiSurBook 2in1 Convertible Tablet

Mulai dari Rp6.880.000,00

Sistem canggih untuk jaga tablet tetap dingin saat bekerja

Salah satu keunggulan dari Chuwi SurBook 2in1 Convertible Tablet adalah memiliki sistem pelepas panas. Maka dari itu, saat tablet sedang menjalankan banyak aplikasi, panas pada mesin dapat diminimalisir. Selain itu, dengan fanless design, sistem pelepas panas ini tidak membebankan daya pada tablet.


Kemudian, produk ini mempunyai kickstand 125 derajat sehingga tablet dapat berdiri dengan posisi yang disesuaikan. Dengan begitu, Anda tidak perlu membeli aksesori tambahan. Anda juga dapat bereksplorasi mencari posisi tablet yang tepat untuk kenyamanan Anda saat menggunakannya.

No.10

Layar tablet beresolusi tinggi, menonton film jadi lebih menyenangkan

Apakah Anda suka streaming film, menonton video, dan sejenisnya? Tablet dari Teclast menjadi produk yang bisa jadi pertimbangan. Teclast X4 didukung dengan UHD Graphics 600 sehingga dapat menikmati gambar beresolusi tinggi. Layar 11,6 incinya juga sudah Full HD IPS Screen. Dengan demikian, Anda dapat menikmati warna dan clarity gambar pada tablet dengan sensasi berbeda.

Baca juga rekomendasi perlengkapan tablet lainnya di sini

Tidak hanya tablet, Anda juga membutuhkan berbagai perlengkapan lainnya untuk memudahkan pekerjaan. Kami telah mengulas perlengkapan tablet, seperti stylus pen, case, dan keyboard. Anda dapat membacanya pada tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Setelah membaca hal-hal yang menjadi acuan serta melihat berbagai rekomendasi produk, apakah Anda sudah menemukan pilihan? Beragam jenis tablet dengan ukuran dan kelebihannya masing-masing tersedia di pasaran. Pilihlah jenis tablet yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda.


Setelah itu, jangan lupa juga untuk menyesuaikan dengan budget yang Anda persiapkan. Dengan begitu, penggunaan tablet pun menjadi lebih efektif dan efisien. Semoga ulasan ini membantu Anda menemukan tablet Windows yang tepat.

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer