• 10 Rekomendasi Tablet Windows Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Tablet Windows Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Tablet Windows Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Tablet Windows Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Tablet Windows Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Tablet Windows Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Tablet Windows memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan smartphone. Dengan begitu, tablet memiliki beberapa keunggulan, seperti lebih nyaman dipakai untuk membaca, browsing, dan lainnya. Tablet Windows juga mempunyai beragam fitur yang memudahkan Anda dalam urusan bisnis dan pekerjaan. 


Kali ini, kami akan membahas hal-hal yang perlu diperhatikan saat memilih tablet Windows. Kemudian, kami juga akan mengulas berbagai produk tablet yang direkomendasikan, seperti Lenovo, Microsoft, dan lainnya. Silakan pahami setiap poin yang kami jabarkan dan temukan produk sesuai kebutuhan Anda. Selamat membaca!

  • Pembaharuan terakhir: 14 September 2020
  • 44.632 Views
Daftar isi

Mengenal keunggulan tablet Windows

Mengenal keunggulan tablet Windows

Pada umumnya, ada tiga jenis sistem operasi (OS) yang terpasang pada tablet, yakni Android, iOS, dan Windows. Tiap-tiap produk memiliki fitur dan keunggulannya masing-masing. Pada kesempatan  ini, kami akan memperkenalkan sistem operasi Windows pada tablet beserta kelebihannya.


Sama seperti perangkat komputer, OS Windows cocok digunakan untuk urusan pekerjaan dan bisnis. Terlebih jika Anda sering bepergian, tablet Windows menjadi perangkat yang praktis dibawa dan digunakan di mana pun. Beberapa produk tablet Windows sudah langsung terinstal dengan Microsoft Office. Dengan begitu, Anda dapat menyelesaikan pekerjaan lebih mudah, seperti memeriksa presentasi sebelum bertemu mitra bisnis.


Kelebihan lainnya, tablet Windows kompatibel dengan Windows yang terpasang di PC. Dengan demikian, dokumen yang dibuat di komputer dapat diedit di tablet Windows tanpa gangguan. Sementara itu, jika Anda mengeditnya di tablet Android atau iOS, Anda mungkin tidak bisa menemukan fitur yang dibutuhkan. Hal ini tentu akan mengganggu pekerjaan dan produktivitas Anda.

Cara memilih tablet Windows

Selanjutnya, kami akan memperkenalkan beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum memilih tablet Windows. Bacalah dengan teliti setiap poinnya dan temukan jenis tablet yang Anda butuhkan. 

Sesuaikan ukuran tablet dengan tujuan penggunaan

Tablet Windows memiliki ukuran yang bervariasi, mulai dari ukuran kecil, menengah, dan besar. Ukuran yang sering ditemukan di pasaran adalah 7-9 inci dan 10 inci atau lebih besar. Jenis ukuran tablet ini disesuaikan dengan kepentingan Anda menggunakan tablet. 

Ukuran 7-9 inci, nyaman digunakan untuk browsing dan membaca

Ukuran 7-9 inci, nyaman digunakan untuk browsing dan membaca

Apabila Anda hendak menggunakan tablet untuk membaca atau browsing saat berada di perjalanan, ukuran 7-9 inci direkomendasikan. Jenis ukuran ini biasanya lebih compact, tidak terlalu besar sehingga mudah dibawa. Hal ini karena ukurannya tersebut hanya sebesar hardcover buku sehingga tidak merepotkan saat dibawa. 


Tablet dengan ukuran ini masih cukup nyaman jika Anda hendak memutar video di YouTube atau mengedit dokumen. Namun, apabila Anda melakukan browsing video dalam waktu lama atau melakukan pekerjaan kantor, ukurannya terasa terlalu kecil. Sayangnya, tablet Windows dengan kelas ukuran 7-9 inci ini sudah jarang ditemukan di Indonesia. 

Ukuran 10 inci atau lebih, untuk keperluan bisnis dan penggunaan yang lama

Ukuran 10 inci atau lebih, untuk keperluan bisnis dan penggunaan yang lama

Tablet berukuran 10 inci atau lebih direkomendasikan untuk urusan pekerjaan atau penggunaan dalam waktu lama. Anda dapat menggunakan tablet ini layaknya sebuah laptop sehingga dapat menyelesaikan pekerjaan lebih nyaman. Tablet dengan ukuran ini juga direkomendasikan untuk Anda yang bekerja dengan menggunakan software Microsoft Office. 


Meskipun demikian, tablet berukuran 10 inci atau di atasnya dirasa tipis tetapi terlalu lebar. Ukuran tablet ini juga cukup sulit jika dioperasikan dengan menggunakan satu tangan. Maka dari itu, tablet tidak nyaman dan sedikit mengganggu saat digunakan untuk membaca e-book atau melakukan browsing.


Ada tablet dengan ukuran ini mempunyai fitur 2-in-1 PC, yakni tablet yang juga bisa digunakan seperti laptop. Jadi, jangan lupa untuk memeriksa dengan teliti lagi.

Periksa performa dari tablet Windows

Periksa performa dari tablet Windows

Saat hendak membeli tablet, pilihlah produk dengan performa sesuai dengan kebutuhan Anda. Berdasarkan jenis aplikasinya, tablet Windows sering menjalankan aplikasi yang sama dengan Windows pada PC. Dengan demikian, kami menyarankan untuk menggunakan aplikasi yang tidak membutuhkan memori besar.


Jika untuk kepentingan pekerjaan kantor, direkomendasikan memilih tablet dengan RAM setidaknya 2 GB ke atas. Sementara itu, tablet RAM 4 GB atau lebih direkomendasikan untuk melakukan pekerjaan berat seperti memproses gambar dan editing video.


Kemudian, untuk jenis CPU tablet, tablet dengan CPU Atom untuk kepentingan bisnis atau sekadar browsing. Jika ingin tablet yang mampu memproses data berat seperti game PC atau mengedit video, pilihlah seri Core. Anda juga perlu mempertimbangkan kapasitas penyimpanan pada tablet. Apabila Anda tidak menggunakan layanan Cloud atau memori eksternal, pilihlah tablet dengan ROM 64 GB atau lebih.

Jangan lupa memeriksa ketersediaan Microsoft Office

Jangan lupa memeriksa ketersediaan Microsoft Office

Jika Anda hendak menggunakan tablet Windows untuk tujuan bisnis, periksa juga apakah Microsoft Office-nya sudah terinstal. Microsoft Office adalah sekelompok software yang sering digunakan dalam urusan pekerjaan, seperti Word, Excel, dan PowerPoint. Jika tablet sudah tersedia paket Office, Anda pun dapat melakukan pekerjaan kantor dengan baik dan tanpa gangguan.


Tidak hanya ketersediaan Microsoft Office-nya, Anda juga harus memeriksa jenis Office yang terpasang. Jika Office yang digunakan adalah versi untuk komputer, kemungkinan saat digunakan pada tablet terjadi masalah dalam tampilannya. Satu hal yang perlu diperhatikan, Office Mobile dapat melakukan pekerjaan-pekerjaan dasar, tetapi fungsinya terbatas. Dengan begitu, Anda perlu berhati-hati ketika akan melakukan pekerjaan dengan tingkatan yang sulit di Office.

Periksa jenis dan fitur OS yang digunakan pada tablet

Periksa jenis dan fitur OS yang digunakan pada tablet

Beberapa produk tablet Android mempunyai fitur dual OS. Dengan fitur ini, Anda dapat beralih dari Windows ke Android dan sebaliknya. Keunggulannya, Anda dapat menggunakan aplikasi dan game yang ada di Android di tablet Windows. Biasanya, aplikasi-aplikasi yang disediakan oleh Windows adalah aplikasi yang bersifat serius untuk kepentingan pekerjaan atau bisnis. Dengan begitu, Anda dapat memperluas penggunaan tablet, seperti bermain game atau menggunakan aplikasi yang ada di Android. 

Periksa jumlah dan jenis slot yang terpasang

Periksa jumlah dan jenis slot yang terpasang

Jika memakai tablet Windows, Anda mungkin juga akan menggunakan perangkat periferal PC, seperti USB flashdisk. Maka dari itu, penting untuk memastikan ketersediaan slot USB pada tablet. Hal ini akan membuat pekerjaan Anda menggunakan tablet menjadi lebih mudah.


Biasanya, pada tablet Windows sudah tersedia slot USB standar (USB Tipe-A). Slot USB Tipe-A ini sering digunakan untuk menghubungkan mouse dan keyboard portabel. Dengan begitu, tablet Windows dapat difungsikan layaknya komputer atau laptop.


Selain itu, beberapa produk dilengkapi dengan slot microUSB atau USB Tipe-C yang dapat terhubung dengan smartphone Anda. Dengan begitu, Anda dapat mentransfer data dan melakukan charging pada smartphone. Anda juga bisa melakukan hal tersebut di port USB Tipe-A dengan menggunakan kabel konversi. Jenis kabel ini ini dijual terpisah dan dapat ditemukan di toko online Indonesia.

10 Rekomendasi tablet Windows terbaik

Selanjutnya, kami akan memberikan rekomendasi sepuluh tablet Windows terbaik yang bisa jadi bahan referensi. Anda bisa menggunakan ini sebagai acuan untuk menemukan tablet Windows yang cocok dengan Anda.

10
Ukuran10,1 inci
OSWindows 10, Android 5.1
CPUIntel Atom® x5-Z8350 Processor
RAM/ROM4 GB/64 GB
Daya tahan bateraiTidak disebutkan
OfficeTidak disebutkan
SlotUSB-C, microUSB, headphone jack, microSD
NetworkWi-Fi, Bluetooth
9
Ukuran10,1 inci
OSWindows 10 Home, Android 5.1
CPUIntel Z8350
RAM/ROM4 GB/64 GB
Daya tahan bateraiHingga 8 jam
OfficeExcel, PPT, Word
SlotUSB-C, microUSB, headphone jack, TF card, microSD, HD video
NetworkWi-Fi, Bluetooth
8
Ukuran11,6 inci
OSWindows 10 Home
CPUIntel® Celeron® N4000 Processor
RAM/ROM6 GB/128 GB
Daya tahan bateraiHingga 10 jam
OfficeTidak disebutkan
SlotUSB-C, TF card, headphone jack, microSD
NetworkWi-Fi, Bluetooth
7
Ukuran12,3 inci
OSWindows 10 Home
CPUApollo lake N3450
RAM/ROM6 GB/64 GB, 6 GB/128 GB
Daya tahan bateraiHingga 8 jam
OfficeTidak disebutkan
SlotUSB, microUSB, headphone jack, TF card, microSD, HD video
NetworkWi-Fi, Bluetooth
6
Ukuran11,6 inci
OSWindows 10
CPUGemini Lake 8th Intel Core Processor
RAM/ROM8 GB/256 GB
Daya tahan bateraiHingga 7 jam
OfficeOffice Work
SlotUSB-C, USB-A, headphone jack, microSD, HDMI
NetworkWi-Fi, Bluetooth
5
Ukuran10,5 inci
OSWindows 10 Pro
CPUIntel® Pentium® Gold Processor 4425Y
RAM/ROM4 GB/64 GB, 8 GB/128 GB
Daya tahan bateraiHingga 10 jam
OfficeMicrosoft 365 30-day trial
SlotUSB-C, headphone jack, micro SDXC
NetworkWi-Fi, Bluetooth, nano SIM
4

LenovoThinkPad X1 Tablet (Generasi 3)

Rp 16.790.000,00

Ukuran13 inci
OSWindows 10 Home
CPUIntel® Core™
RAM/ROM8 GB/256 GB
Daya tahan bateraiHingga 9,5 jam
OfficeTidak disebutkan
SlotUSB Thunderbolt, microSD, headphone jack, nano sim
NetworkWi-Fi, Bluetooth
3
Ukuran10,1 inci
OSWindows 10 Home
CPUIntel® Atom™ x5-Z8550
RAM/ROM4 GB/64 GB
Daya tahan bateraiHingga 13 jam
OfficeOffice Mobile
SlotTidak disebutkan
NetworkWi-Fi, SIM card
2
Ukuran12,3 inci
OSWindows 10 Pro 64-bit
CPUIntel HD Graphics 620
RAM/ROM8 GB/256 GB
Daya tahan bateraiHingga 10 jam 15 menit
OfficeTidak disebutkan
SlotUSB-C, USB-A, headphone jack, microSD
NetworkWi-Fi, Bluetooth
1
Ukuran12,3 inci
OSWindows 10 Home
CPUQuad-core 10th Gen Intel® Core™ i5-1035G4 Processor
RAM/ROM8 GB/256 GB
Daya tahan bateraiHingga 10,5 jam
OfficeMicrosoft 365
SlotUSB-C, USB-A, headphone jack, microSDXC
NetworkWi-Fi, Bluetooth

Tabel perbandingan produk tablet windows terbaik

Gambar produk
1
Microsoft Surface Pro 7  1

Microsoft

2
HP  Elite x2 1012 G2 1

HP

3
Lenovo Yoga Book with Windows 1

Lenovo

4
Lenovo ThinkPad X1 Tablet (Generasi 3) 1

Lenovo

5
Microsoft  Surface Go 1

Microsoft

6
Teclast X4 1

Teclast

7
Chuwi SurBook 2in1 Convertible Tablet 1

Chuwi

8
Alldocube  KNote 5 pro 1

Alldocube

9
Chuwi  Hi10 Pro 1

Chuwi

10
Alldocube  iWork10 Pro  1

Alldocube

Nama produk

Surface Pro 7

Elite x2 1012 G2

Yoga Book with Windows

ThinkPad X1 Tablet (Generasi 3)

Surface Go

X4

SurBook 2in1 Convertible Tablet

KNote 5 pro

Hi10 Pro

iWork10 Pro

Keunggulan

Performa luar biasa, tetap kuat jalankan banyak aplikasi berat

Noise cancellation audio, virtual meeting lebih fokus

Tingkatkan produktivitas para ilustrator dan editor di mana saja

Aman simpan data rahasia dengan sistem security tingkat tinggi

Desain elegan dengan kesan mewah saat berada di mana saja

Layar tablet beresolusi tinggi, menonton film jadi lebih menyenangkan

Sistem canggih untuk jaga tablet tetap dingin saat bekerja

Bentuk simpel dan compact untuk kebutuhan aktivitas harian

Fast charging, tidak perlu menunggu lama saat mengisi daya

Dilengkapi berbagai fitur dengan harga terjangkau

HargaRp 19.000.000,00Rp 18.000.000,00Rp 12.898.000,00Rp 16.790.000,00Rp 7.750.000,00Rp 7.844.000,00Rp 6.880.000,00Rp 4.299.000,00Rp 3.789.000,00Rp 3.390.000,00
Ukuran12,3 inci12,3 inci10,1 inci13 inci10,5 inci11,6 inci12,3 inci11,6 inci10,1 inci10,1 inci
OSWindows 10 HomeWindows 10 Pro 64-bitWindows 10 HomeWindows 10 HomeWindows 10 ProWindows 10Windows 10 HomeWindows 10 HomeWindows 10 Home, Android 5.1Windows 10, Android 5.1
CPUQuad-core 10th Gen Intel® Core™ i5-1035G4 ProcessorIntel HD Graphics 620Intel® Atom™ x5-Z8550Intel® Core™Intel® Pentium® Gold Processor 4425YGemini Lake 8th Intel Core ProcessorApollo lake N3450Intel® Celeron® N4000 ProcessorIntel Z8350Intel Atom® x5-Z8350 Processor
RAM/ROM8 GB/256 GB8 GB/256 GB4 GB/64 GB8 GB/256 GB4 GB/64 GB, 8 GB/128 GB8 GB/256 GB6 GB/64 GB, 6 GB/128 GB6 GB/128 GB4 GB/64 GB4 GB/64 GB
Daya tahan bateraiHingga 10,5 jam Hingga 10 jam 15 menitHingga 13 jamHingga 9,5 jamHingga 10 jamHingga 7 jamHingga 8 jamHingga 10 jamHingga 8 jamTidak disebutkan
OfficeMicrosoft 365Tidak disebutkanOffice MobileTidak disebutkanMicrosoft 365 30-day trialOffice WorkTidak disebutkanTidak disebutkanExcel, PPT, WordTidak disebutkan
SlotUSB-C, USB-A, headphone jack, microSDXCUSB-C, USB-A, headphone jack, microSDTidak disebutkanUSB Thunderbolt, microSD, headphone jack, nano simUSB-C, headphone jack, micro SDXCUSB-C, USB-A, headphone jack, microSD, HDMIUSB, microUSB, headphone jack, TF card, microSD, HD videoUSB-C, TF card, headphone jack, microSDUSB-C, microUSB, headphone jack, TF card, microSD, HD videoUSB-C, microUSB, headphone jack, microSD
NetworkWi-Fi, Bluetooth Wi-Fi, BluetoothWi-Fi, SIM cardWi-Fi, BluetoothWi-Fi, Bluetooth, nano SIMWi-Fi, BluetoothWi-Fi, BluetoothWi-Fi, BluetoothWi-Fi, BluetoothWi-Fi, Bluetooth
Tautan produk

Baca juga rekomendasi perlengkapan tablet lainnya di sini

Tidak hanya tablet, Anda juga membutuhkan berbagai perlengkapan lainnya untuk memudahkan pekerjaan. Kami telah mengulas perlengkapan tablet, seperti stylus pen, mouse, keyboard, dan lainnya. Anda dapat membacanya pada tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Setelah membaca hal-hal yang menjadi acuan serta melihat berbagai rekomendasi produk, apakah Anda sudah menemukan pilihan? Ada beragam jenis tablet dengan ukuran dan kelebihannya masing-masing yang tersedia di pasaran. Pilihlah jenis tablet yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda.


Setelah itu, jangan lupa juga untuk menyesuaikan dengan budget yang Anda persiapkan. Dengan begitu, penggunaan tablet pun menjadi lebih efektif dan efisien. Semoga ulasan ini membantu Anda menemukan tablet Windows yang tepat.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Kabel Data Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kabel Data Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kabel data biasanya digunakan untuk mengisi baterai dan memindahkan data dari iPhone atau iPad ke perangkat lain. Selain kabel data asli keluaran Apple, banyak pula produk yang diluncurkan oleh produsen seperti Anchor, Logitech, Amazon Basic, yang memiliki desain, ukuran, dan harga yang bervariasi.Kali ini kami akan memberikan poin penting yang perlu diperhatikan dalam memilih kabel data yang baik. Selain itu kami juga akan memberikan 10 rekomendasi kabel data terbaik yang mudah dipesan secara online!
    Smartphones & handphones
    76.103 Views
  • 10 Rekomendasi Pen Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pen Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pen tablet yang biasa digunakan untuk menggambar ilustrasi di komputer, kini hadir dengan berbagai merek, seperti Wacom, XP-PEN, dan HUION. Dengan harga dan fungsi yang bervariasi, barangkali akan membuat Anda kebingungan dalam memilih produk yang sesuai.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih pen tablet serta merekomendasikan produk terbaik, mulai dari untuk pemula hingga profesional. Seperti apakah pen tablet idaman Anda? Barangkali salah satunya ada dalam ulasan di bawah ini.
    Smartphones & handphones
    87.102 Views
  • 10 Rekomendasi Stylus Pen Terbaik untuk Tablet dan Smartphone (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Stylus Pen Terbaik untuk Tablet dan Smartphone (Terbaru Tahun 2020)
    Untuk seorang karikatur, komikus, hingga ilustrator, stylus pen menjadi perlengkapan penting yang tidak boleh terlupakan. Tidak hanya itu, stylus pen juga akan memudahkan Anda mengoperasikan aplikasi smartphone dan tablet. Bahkan, beberapa game menjadi lebih mudah dimainkan dengan menggunakan stylus pen.Saat ini, ada berbagai jenis stylus pen dari beragam merek, mulai dari Baseus, Spigen, Adonit, dan lainnya. Agar Anda tidak kebingungan, kami akan membahas cara memilih stylus pen yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selanjutnya, kami juga akan memberikan beberapa rekomendasi produk yang bisa jadi pertimbangan Anda. Selamat membaca.
    Smartphones & handphones
    69.598 Views
  • 10 Rekomendasi Tempered Glass (Kaca Anti Gores) Terbaik untuk iPhone (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tempered Glass (Kaca Anti Gores) Terbaik untuk iPhone (Terbaru Tahun 2020)
    Tempered glass atau kaca antigores merupakan pelindung layar handphone yang terbuat dari kaca. Fungsinya untuk melindungi layar handphone agar tidak tergores atau pecah. Saat handphone tidak sengaja terjatuh, biasanya bagian yang retak adalah tempered glass yang menempel di layar handphone. Jadi, layar handphone Anda tetap aman.Ada beberapa merek terkenal, seperti Cafele, Otterbox dan Optimuz yang menawarkan tempered glass berkualitas. Lalu, produk manakah yang paling cocok untuk iPhone Anda? Kami akan memberikan tips memilih tempered glass terbaik agar tidak salah pilih. Anda juga bisa bisa menemukan sepuluh rekomendasi tempered glass terbaik pilihan kami di sini!
    Smartphones & handphones
    20.967 Views
  • 10 Rekomendasi Tablet Android Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tablet Android Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bagi Anda yang suka menonton video atau membaca e-book, tablet Android memberikan kenyamanan lebih. Hal ini karena tablet memiliki layar lebih lebar daripada smartphone dan praktis dibawa ke mana-mana. Saat ini, ada banyak pilihan tablet Android dengan beragam spesifikasi dan keunggulan masing-masing. Agar Anda tidak bingung memilih, kami akan mengulas beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui dahulu. Kemudian, kami juga akan mengulas beberapa rekomendasi produk, seperti Acer, Huawei, Samsung, dan lainnya yang bisa jadi referensi. Maka dari itu, bacalah dengan saksama dan temukan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 
    Smartphones & handphones
    67.062 Views
  • 10 Rekomendasi Lensa Tambahan Terbaik untuk Smartphone (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Lensa Tambahan Terbaik untuk Smartphone (Terbaru Tahun 2020)
    Fitur kamera pada smartphone terus berkembang hingga sekarang. Meski begitu, Anda masih dapat meningkatkan kualitas foto menggunakan lensa tambahan. Ada banyak jenis lensa tambahan, mulai dari lensa wide angle, lensa telescope, hingga lensa makro. Masing-masing jenis tentu memiliki keistimewaan tersendiri.Kali ini, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi lensa tambahan dengan membandingkan performa, harga, serta ulasan produknya. Anda akan menemukan lensa berkualitas keluaran Aukey, Polaroid, Lieqi, dan sebagainya. Menarik bukan, jika bisa menikmati fotografi menggunakan lensa tambahan berkualitas pada smartphone Anda?
    Smartphones & handphones
    20.157 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori